Makanan Khas Sulawesi Barat Jepa

Makanan Khas Sulawesi Barat

Buat para pecinta kue tradisional, Sulawesi Barat adalah surga yang wajib Kamu kunjungi. Mengapa sampai disebut surganya kue tradisional? Sebab Kamu akan banyak menjumpai makanan khas Sulawesi Barat berupa kue tradisional.

Bukan hanya siap memanjakan lidah, tapi bikin Kamu tak bisa berhenti ngunyah. Tentunya bisa banget bagi yang mau dibawa sebagai makanan oleh-oleh khas  daerah Sulawesi.

Tentunya selain kue manis, Sulawesi Barat juga punya makanan khas lain yang tak kalah menggugah selera. Jadi saat Kamu berkunjung ke daerah ini, tak perlu risau lagi dengan wisata kuliner yang recommended buat dicoba deh.

Makanan khas Sulawesi Barat pun kebanyakan sangat bersahabat dengan lidah orang Indonesia secara keseluruhan, yakni dengan cita rasa gurih, manis, pedas. Nah dari pada penasaran, yuk lihat apa saja kuliner khas Sulawesi Barat yang menggugah selera.

1. Roti Pawa

Makanan Khas Sulawesi Barat Roti Pawa

Jika dilihat dari bentuk dan tampilannya, kue ini terlihat tak jauh berbeda dengan kue bakpao asal Tionghoa. Hanya saja kue tradisional Sulawesi Barat ini memiliki permukaan yang mengkilap karena terbuat dari tepung terigu dan tepung beras.

Tekstur yang empuk dan lembut menjadikan kue ini sangat digemari masyarakat setempat. Ditambah lagi dengan kehadiran kacang halus yang dicampur gula merah atau gula pasir di balik daging kuenya.

Proses pembuatannya sendiri cukup mudah, yakni adonan diuleni kemudian dibentuk bulat dan diberi isian kacang halus dan gula. Kemudian roti pawa dikukus sampai matang dengan dialasi daun pisang terlebih dahulu.

2. Apang

Makanan Khas Sulawesi Barat Apang

Buat Kamu yang suka kue dengan cita rasa super manis, kue apang khas Sulawesi Barat ini wajib banget buat Kamu coba. Rasa manis ini didapatkan dari gula aren yang cukup mendominasi pada kue apang.

Sementara untuk bahan utama adalah tepung beras. Tekstur kue apang sendiri begitu lembut dan empuk, tapi bukan menggunakan pengembang kue melainkan menggunakan tuak manis pada adonannya.

Setelah dicampur dengan tuak manis adonan akan didiamkan beberapa saat hingga mengembang sempurna. Setelah itu adonan dituangkan dalam cetakan daun pisang yang berbentuk persegi, kemudian kue dikukus sampai matang sempurna dan merekah.

Tapi untuk saat ini masyarakat sudah sering menggantikan arak manis dengan baking powder sebagai pengembangnya. Nah sebagai pelengkap, kue apang biasa disajikan dengan taburan parutan kelapa mudah. Jadi rasanya manis berpadu dengan gurih.

3. Paso

Makanan Khas Sulawesi Barat Paso

Dalam bahasa Mandar, paso artinya adalah paku. Penamaan kue ini diambil karena bentuk kue paso yang ujungnya lancip. Tekstur lembut dan rasa manisnya yang tidak terlalu tajam menjadikan kue ini sangat difavoritkan.

Kue paso sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur santan dan gula aren cair. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan didiamkan beberapa saat agar mengembang. Selanjutnya dimasukkan ke cetakan dari daun pisang.

Berbeda dengan cetakan kue apang, cetakan kue paso ini berbentuk kerucut. Jadi saat mengukusnya pun harus ditata dengan rapi agar adonan tidak tumpah. Setelah adonan tampak mengembang itu menandakan kue sudah matang.

Setelah matang, tuangkan santan kental di atas kue. Biar makin gurih, santan ditambahkan dengan sedikit garam. Sayangnya kue lezat ini sudah cukup jarang dijumpai di pasar-pasar tradisional Sulbar.

4. Bolu Paranggi

Makanan Khas Sulawesi Barat Bolu Paranggi

Masih dari jenis kue-kuean, bolu paranggi ini menyerupai kue mangkok namun dengan ukuran yang lebih kecil alias mungil. Pada bagian atasnya, kue ini tampak merekah dan bagian bawahnya berbentuk bulat.

Teksturnya yang begitu empuk dan lembut menandakan jika bahan utama bolu paranggi adalah tepung terigu. Tapi bukan hanya empuk, tekstur legit juga cukup mendominasi rasa bolu paranggi.

Tekstur legit inid hasilkan dari tambahan gula aren yang dicampur dengan terigu dan pengembang. Setelah itu adonan akan dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari alumunium dan dimasak di atas bara.

Untuk penyajiannya sendiri bolu paranggi biasa disajikan dengan parutan kelapa muda yang sebelumnya sudah dikukus dengan garam.

5. Kue Cucur

Makanan Khas Sulawesi Barat Kue Cucur

Siapa sih yang tak kenal makanan khas Sulawesi Barat satu ini? Ya kue cucur, salah satu kue yang sudah populer hingga di seluruh daerah di Indonesia. Kue berwarna coklat ini memiliki rasa manis dengan tekstur cukup lembut.

Hanya saja karena proses pembuatannya dengan digoreng, sering kali kue cucur memiliki lemak yang cukup banyak. Jadi buat Kamu yang lagi diet, sebaiknya pilih kue cucur yang digoreng menggunakan minyak kelapa murni.

Kue yang banyak dijadikan menu sarapan ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Selanjutnya adonan dicampur dengan air hingga setengah cair. Setelah itu adonan digoreng dengan menggunakan sendok sayur berbentuk bulat.

6. Kue Kui-Kui

Makanan Khas Sulawesi Barat Kue Kui-Kui

Dilihat dari bentuknya, kue kui-kui tampak menyerupai pukis, hanya saja ukurannya lebih kecil dan panjang. Kui-kui atau yang lebih akrab disebut buroncong pun sudah banyak menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan dengan nama berbeda.

Tak jauh berbeda dengan makanan khas Sulawesi lainnya, kue kui-kui juga terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Hanya saja juga ditambah dengan parutan kelapa muda.

Selanjutnya adonan kue dituangkan dalam cetakan logam yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin. Tunggu cetakan sampai panas dan panggang kue di atas bara sampai bagian pinggirnya tampak kering dan bagian tengahnya sudah tidak lembek.

Kue tradisional ini banyak dijual di pasar-pasar ataupun di pusat kuliner Sulawesi Barat.

7. Tetu

Makanan Khas Sulawesi Barat Tetu

Biasaya, kue berbentuk persegi panjang ini menjadi salah takjil favorit saat bulan Ramadhan. Dengan alas daun pandan yang dibentuk persegi panjang, kue tetu bukan hanya memiliki rasa yang lezat, akan tetapi juga beraroma harum.

Bahan dasar kue tetu adalah tepung terigu kemudian dicampur dengan santan encer dan ditambahkan sedikit garam agar rasanya lebih gurih. Setelah itu adonan dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus sampai matang.

Jangan lupa, tuangkan adonan setengah cetakan saja karena nanti pada bagian atasnya akan dituangkan santan kental yang sudah dicampur dengan garam. Tekstur dari kue ini pun sangat lembut, karena adonan kue dibuat encer.

8. Bikang

Makanan Khas Sulawesi Barat Bikang

Kue lezat lain yang tak boleh Kamu lewatkan ketika berkunjung ke Sulawesi Barat adalah bikang. Jika di daerah lain kue semacam ini disebut kue serabi, tapi di Sumatera Barat disebut bikang.

Hanya saja bikang khas Sulawesi Barat tak sama persis dengan serabi Solo atau serabi Bandung. Sebab bikang Sulbar ini teksturnya lebih kering dan legit. Bentuknya pun menyerupai pizza yang tampak merekah.

Kue bikang ini terbuat dari tepung beras yang kemudian dicampur dengan santan. adonan kue selanjutnya dituangkan di atas cetakan tanah liat berbentuk bulat. Setelah merekah kemudian adonan kue diberi topping lelehan gula aren.

9. Sambusa

Makanan Khas Sulawesi Barat Sambusa

Makanan khas Sulawesi Barat selanjutnya yang wajib Kamu coba adalah sambusa. Kue berbentuk segitiga ini berbeda dengan kue-kue khas Sulawesi Barat lain yang memiliki cita rasa manis.

Yups sambusa sendiri dibuat dengan rasa gurih karena kue ini menggunakan daging ikan sebagai isiannya. Daging ikan sebelumnya akan dimasak dengan beberapa bahan lain dan bumbu khas Sulawesi Barat.

Selanjutnya bahan isian akan dibungkus dengan kulit sambusa yang terbuat dari tepung terigu (menyerupai kulit lumpia) dan dibentuk segitiga. Setelah itu, kue sambusa digoreng di dalam minyak panas hingga warnanya kecoklatan.

Kue sambusa ini paling nikmat disantap saat masih hangat dengan saus sambal atau cabai rawit segar.

10. Jepa

Makanan Khas Sulawesi Barat Jepa

Selanjutnya ada jepa, yakni makanan khas dari suku Mandar. Bentuk jepa sendiri bulat pipih menyerupai sagon makanan khas Wonosobo. Sementara bahan utamanya adalah sagu atau singkong.

Kemudian di bagian tengahnya diberi siraman gula aren yang sudah disisir sehingga meleleh dan membuat rasanya lumer. Sebagai tambahan rasa, kue jepa juga diberi campuran sedikit garam sehingga rasanya sempurna antara manis dan gurih.

11. Bau PIapi

Makanan Khas Sulawesi Barat Bau PIapi

Setelah puas mencoba berbagai jenis kue asal Sulawesi Barat, sekarang Kamu bisa mencoba makanan utama dari daerah ini. Sama seperti makanan khas Sulawesi Selatan yang berbahan baku dari ikan dan daerah Sulawesi lainnya, dari Sulawesi Barat bahan utama kuliner tradisional ini juga ikan.

Daging ikan segar dimasak bersama kuah kuning yang diperkaya rempah khas Indonesia. Rasa gurih sangat mendominasi lauk yang biasa disantap bersama nasi putih hangat atau ketupat ini.

Buat Kamu yang suka pedas juga bisa memesan bau plapi dengan tambahan cabai atau menyantapnya dengan sambal colo-colo. Kuliner lezat ini paling mantap Kamu santap untuk menu makan siang atau makan malam.

12. Lawar Kacci

Makanan Khas Sulawesi Barat Lawar Kacci

Sekilas mungkin Kamu akan mengira makanan tradisional ini termasuk makanan ekstrim karena terbuat dari kelelawar. Eits tapi jangan salah sangka, karena lawar kecci adalah makanan yang terbuat dari mangga muda, bahkan bisa dibilang gado-gadonya Sulbar.

Di tengah teriknya sinar matahari, lawar kecci memang jadi kuliner yang paling sempurna untuk menemani Kamu menjelajah Sulawesi Barat. Irisan mangga muda yang dicampur dengan sambal gula nan pedas, dijamin akan membuat harimu makin seru.

Sambal mangga muda ini juga biasa disantap bersama ikan goreng atau ikan bakar dan tentunya sepiring nasi putih hangat.

13. Binte Biluhuta

Makanan Khas Sulawesi Barat Binte Biluhuta

Binte biluhuta atau sup jagungnya Sulawesi Barat. Makanan yang memang menggunakan jagung kuning sebagai bahan utamanya ini memiliki cita rasa yang khas dan cukup unik lho.

Bagaimana tidak, jagung akan dimasak bersama ikan atau udang dan bumbu khas Sulawesi Barat yang begitu gurih. Alhasil, cita rasa yang didapatkan yakni perpaduan antara gurih, asin, pedas sekaligus manis dari biji jagungnya.

Binte biluhuta atau sup jagungnya Sulawesi Barat ini paling nikmat disantap saat masih hangat baik dengan nasi atau tanpa nasi.

14. Tumpi-Tumpi

Makanan Khas Sulawesi Barat Tumpi-Tumpi

Makanan khas Sulawesi Barat lainnya adalah tumpi-tumpi atau yang biasa disebut juga dengan nuggetnya masyarakat Sulawesi Barat. Tapi bukan daging ayam atau sapi yang digunakan disini, melainkan daging ikan.

Uniknya, daging ikan yang sudah dihaluskan juga akan dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu khas Sulawesi. Selanjutnya bahan-bahan tersebut dikukus dan dihidangkan dengan digoreng terlebih dahulu.

Tumpi-tumpi sendiri sering dihidangkan pada acara-acara adat masyarakat Sulawesi Barat.

Yakin Kamu nggak ngiler tahu kuliner lezat di atas? Jangan sampai deh saat Kamu berkunjung ke Sulawesi Barat ada satu saja makanan khasnya yang terlewatkan. Dijamin bakal nyesel.

Meskipun sebagian besar makanan khas Sulawesi Barat di atas termasuk jenis kue basah, tapi Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah kok.

Kalaupun tidak, Kamu juga bisa mencari makanan khas Sulawesi Tengah yang sudah banyak juga dijumpai di daerah Sulawesi barat.

Leave a Reply