Makanan Khas Kalimantan Amparan Tatak

Makanan Khas Kalimantan

Makanan Khas Kalimantan – Melakukan perjalanan ke suatu daerah yang baru rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas yang ada. Selain destinasi wisatanya yang menarik, kuliner khas juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Untuk Kamu para pecinta kuliner dan sedang melakukan perjalanan ke Kalimantan maka sempatkan untuk menikmati makanan khas Kalimantan yang sudah terkenal kelezatannya.

Kelezatan makanan khas Kalimantan akan membuat Kamu ketagihan untuk memakannya lagi.

Recommended Nama Makanan Khas Kalimantan

Setiap daerah yang ada di Kalimantan memiliki makanan khasnya tersendiri. Berikut ini makanan khas Kalimantan yang terkenal enak dan wajib Kamu coba:

1. Soto Banjar

Makanan Khas Kalimantan Soto Banjar

Soto memang menjadi jenis makanan khas yang ada di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan. Makanan khas Jawa Tengah juga banyak yang berbentuk soto berkuah.

Soto Kalimantan yang memiliki rasa unik dan berbeda dengan soto lainnya adalah Soto Banjar. Berikut ini fakta tentang Soto Banjar:

  • Soto ini memiliki kuah yang bening dengan bumbu rempah-rempahnya yang khas
  • Kayu manis menjadi bumbu rempah-rempah yang dominan, sehingga terasa segar.

Bisanya soto di daerah lain tidak dimasak menggunakan kayu manis. Adanya tambahan bumbu kayu manis ini menjadi ciri khas tersendiri untuk Soto Banjar. Sudah banyak orang yang membuktikan kelezatan soto khas Kalimantan yang satu ini loh.

2. Kalumpe

Makanan Khas kalimantan Kalumpe

Menurut Julia Child, “Orang yang suka dengan makan adalah orang-orang terbaik”. Memang makanan akan membuat seseorang merasa bahagia dan suasana hati menjadi lebih baik.

Kalumpe dengan bahan dasar daun singkong juga turut menjadi makanan khas Kalimantan yang lezat. Kalumpe merupakan sayur daun singkong yang dimasak dengan santan.

Sayur daun singkong yang dimasak menggunakan santan juga bisa Kamu temui di masakan Padang atau Sumatera. Namun, khusus di Kalimantan, sayur daun singkong tersebut diberi nama Kalumpe.

Cara mengolahnya juga sedikit berbeda, daun singkong diolah dengan cara ditumbuk, kemudian dimasak bersama santan. Tidak lupa diberi bumbu rempah-rempah agar rasanya semakin maknyus.

3. Bingka Barandam

Makanan Khas Kalimantan Bingka Barandam

Penasaran dengan makanan khas Kalimantan yang satu ini? Bingkai Barandam merupakan jenis kuliner khas Kalimantan yang berbentuk kue. Saat Kamu berada di Kalimantan, jangan lupa untuk menikmati kuliner kue yang satu ini.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Bingka Barandam adalah tepung, telur, kayu manis, dan gula. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, seperti kue-kue pada umumnya.

Bingka Barandam memiliki rasa yang manis legit, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai camilan di sore hari. Kue yang satu ini juga menjadi hidangan yang selalu disajikan saat kedatangan tamu bagi warga Banjar.

4. Nasi Bekepor

Makanan Khas Kalimantan Nasi Bekepor

Ingin menikmati makanan khas Kalimantan yang sedap sekaligus mengenyangkan? Nah, Nasi Bekepor inilah jawabannya. Nasi Bekepor bahkan menjadi hidangan yang sangat disukai raja-raja di Kalimantan.

Nasi Bekepor dimasak seperti nasi liwet, namun dengan tambahan santan, sehingga lebih gurih rasanya. Jika biasanya nasi liwet dihidangkan bersama ayam goreng, maka berbeda dengan Nasi Bekepor ini yang disajikan dengan daging masak bumi hangus.

Untuk rasanya dijamin akan membuat Kamu tidak bisa melupakan kelezatannya. Segera datang ke Kalimantan dan buktikan sendiri kelezatan Nasi Bekepor.

Saat berada di Pulau Kalimantan, ada juga menu makanan khas dari Kalimantan Barat yang tidak kalah lezatnya lho.

5. Mie Sagu

Makanan Khas Kalimantan Mie Sagu

Sagu banyak dijadikan sebagai makanan pokok di Indonesia bagian timur dengan diolah menjadi berbagai jenis makanan. Ternyata di Kalimantan Kamu juga bisa menemukan olahan sagu dalam bentuk Mie Sagu.

Seperti apa ya rasa Mie Sagu ini? Di Kalimantan, Mie Sagu dimasak dengan cara digoreng atau diberi kuah. Tentu saja dengan tambahan bumbu rempah-rempah yang membuat rasa mie sagu ini menjadi begitu menggiurkan.

Untuk Kamu yang suka jenis olahan mie sebaiknya cobalah kuliner khas Kalimantan yang satu ini. Rasanya yang sedap dan gurih akan membuat Kamu merem melek. Untuk Kamu yang suka pedas juga bisa memesan dengan extra cabai agar rasanya lebih pedas.

6. Juhu Umbut Sawit

Makanan Khas Kalimantan Juhu Umbut Sawit

Nama kuliner khas kalimantan yang satu ini mungkin masih asing di telinga Kamu ya. Namun, tahukah Kamu jika Juhu Umbut Sawit ini dibuat dari pohon kelapa yang masih muda atau biasa disebut dengan umbut.

Kuliner yang satu ini banyak terdapat di Kalimantan Tengah. Tidak semua daerah yang ada di Kalimantan terdapat Juhu Umbut Sawit, karena memang pohon kelapa tidak biasanya dijadikan sebagai bahan makanan.

Cara membuat Juhu Umbut Sawit juga tidak terlalu susah, yakni dengan dimasak menggunakan santan. Tidak lupa diberi berbagai jenis rempah-rempah agar rasanya semakin lezat. Kuliner yang satu ini banyak terdapat di acara-acara pernikahan.

7. Sate Payau

Makanan Khas Kalimantan Sate Payau

Khusus untuk para penggemar sate cobain deh makanan khas Kalimantan yang satu ini, yakni Sate Payau. Kuliner ini sangat terkenal di Kalimantan Timur, khususnya Kutai Kartanegara dan menjadi makanan favorit masyarakat di sana.

Berbeda dengan jenis sate lainnya, Sate Payau dibuat dari dari bahan dasar daging rusa. Untuk bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang dan kecap, sehingga rasanya gurih, pedas, dan manis.

Banyak orang yang dibuat penasaran dengan rasa sate yang satu ini, karena menggunakan daging rusa. Bagaimana penasaran dengan rasa satenya? Buruan datang ke Kutai Kartanegara dan buktikan sendiri kelezatan satenya.

8. Iwak Pakasam

Makanan Khas Kalimantan Iwak Pakasam

Ini dia makanan khas Kalimantan lainnya yang harus Kamu coba saat berkunjung ke Kalimantan. Jika biasanya ikan dihidangkan dalam keadaan segar, maka berbeda dengan kuliner yang satu ini.

Iwak Pakasam dibuat dari ikan sungai yang difermentasikan. Cara mengawetkan Iwak Pakasam juga menggunakan bahan-bahan alami, yakni dengan garam dan beras ketan.

Setelah digoreng hingga kering, Iwak Pakasam berasa sedap dan gurih. Sangat cocok dijadikan sebagai camilan ataupun sebagai lauk nasi.

9. Amparan Tatak

Makanan Khas Kalimantan Amparan Tatak

 

Makanan khas Kalimantan yang selanjutnya yaitu berupa kue Amparan Tatak. Kue khas Banjar ini selalu disuguhkan saat ada acara pernikahan ataupun syukuran.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Amparan Tatak juga tidak terlalu sulit, yaitu tepung beras dan santan. Untuk rasanya mirip dengan kue pisang yang dibungkus dengan daun pisang.

Yang membedakan ada pada ukurannya, dimana Amparan Tatak dibuat dalam ukuran yang lebih besar. Untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi, karena akan membuat Kamu ketagihan untuk menyantapnya kembali.

10. Ketupat Kandangan

Makanan Khas Kalimantan Ketupat Kandangan

Pastinya banyak sekali orang Indonesia yang familiar dengan makanan bernama ketupat ini. Pasalnya hampir di setiap daerah di Indonesia ada yang membuat ketupat, khususnya saat hari raya tiba.

Nah, di Kalimantan sendiri, khususnya Kalimantan Selatan terdapat kuliner yang terkenal yaitu, Ketupat Kandangan. Diberi nama ini karena memang berasal dari daerah Kandangan.

Ciri khas dari Ketupat Kandangan adalah ada pada penyajian ketupat. Jika biasanya ketupat disajikan dengan daging sapi atau ayam, maka berbeda dengan ketupat yang satu ini. Ketupat Kandangan disajikan bersama ikan gabus.

Ikan gabus tersebut dipanggang terlebih dahulu, kemudian dimasak bersama santan dan bumbu rempah-rempah. Rasanya sungguh lezat dan gurih, sehingga mampu menggugah selera siapapun untuk menyantapnya.

Selain menikmati makanan khas Kalimantan yang lezat, Kamu juga bisa melakukan perjalanan ke Bali, lalu nikmati makanan khas Bali yang tidak kalah lezatnya.

11. Chai Kue

Makanan Khas Kalimantan Chai Kue

Ingin menikmati makanan khas Kalimantan yang berbentuk kue? Nah, ini dia pilihan kuliner untuk Kamu, yak benar sekali, Chai Kue. Chai Kue juga sering disebut sebagai Choi Pan.

Dari namanya Kamu sudah bisa menebak jika kue yang satu merupakan kue khas Kalimantan yang terpengaruh budaya Tiongkok. Chai Kue memiliki cita  rasa yang unik dan gurih, karena isiannya berupa ebi dan lobak.

Penasaran kan ingin mencoba kuliner yang satu ini? Kamu juga bisa memakan Chai Kue bersama sambalnya yang berasa pedas asam. Dijamin akan membuat Kamu tidak mau berhenti untuk mengunyahnya.

12. Manday

Makanan Khas Kalimantan Manday

Jika di Jogja terdapat Gudeg sebagai makanan khas yang terbuat dari buah nangka, maka di Kalimantan juga terdapat makanan khas yang terbuat dari cempedak. cempedak merupakan buah yang mirip dengan buah nangka.

Yang membedakan ialah, Manday yang dibuat dari kulit buah cempedak. Cara membuatnya juga berbeda, yakni dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Kemudian, Manday akan digoreng sebelum dikonsumsi.

Bagaimana? Tertarik mencicipi rasa Manday yang terbuat dari cempedak ini? Dijamin Kamu tidak akan melupakan kenikmatan rasa Manday yang satu ini. Bahkan kuliner ini termasuk yang paling terkenal di Kalimantan.

13. Bubur Pedas

Makanan Khas Kalimantan Bubur Pedas

Untuk Kamu yang tidak suka jenis kuliner yang berasa pedas, maka bisa memilih makanan khas Kalimantan yang satu ini. Meskipun namanya Bubur Pedas, namun rasanya tidak pedas seperti yang Kamu bayangkan.

Bubur ini juga berbeda dengan jenis bubur yang biasa Kamu makan. Bubur Pedas mirip dengan bubur Manado yang berisi banyak sayuran di dalamnya. Dengan banyaknya sayuran di dalam Bubur Pedas pasti akan membuat Kamu semakin sehat.

Orang Kalimantan Barat biasa menyajikan Bubur Pedas sebagai menu sarapan. Kuliner yang satu ini akan lebih nikmat jika disantap bersama ikan teri dan jeruk nipis.

14. Pengkang

Makanan Khas Kalimantan Pengkang

Ternyata di Kalimantan banyak sekali jenis kue yang unik dan lezat. Salah satunya adalah kue Pengkang yang berada di Kalimantan Barat. Kue yang satu ini terbuat dari ketan yang diisi dengan udang ebi.

Jika dilihat sekilas mirip dengan lemper, namun memiliki bentuk segitiga. Pengkang biasanya disajikan bersama saus kerang dengan rasa pedas. Pastinya akan membuat Kamu ketagihan untuk memakannya lagi.

Pengkang juga termasuk jenis kuliner yang awet, sehingga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Datanglah ke Kalimantan dan buktikan sendiri kelezatan kue khas yang satu ini.

15. Ayam Cincane

Makanan Khas Kalimantan Ayam Cincane

Buat Kamu yang suka jenis kuliner dengan bahan dasar ayam, maka bisa mencoba jenis kuliner yang satu ini. Benar sekali, Ayam Cincane yang rasanya lezat dan gurih. Ayam Cincane banyak terdapat Kalimantan Timur, karena merupakan makanan khasnya.

Rasanya juga termasuk unik, seperti halnya namanya. Jika dilihat sekilas, Ayam Cincane mirip dengan ayam balado, namun warnanya merah dengan banyaknya bumbu rempah-rempah.

Untuk rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang yang sudah mengakui kelezatan Ayam Cincane ini. Saat acara-acara penting di Kalimantan Timur selalu menyediakan Ayam Cincane sebagai hidangannya.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke Kalimantan. Mendatangi objek wisata sekaligus kulineran merupakan pilhan yang tepat untuk Kamu, sehingga liburan menjadi lebih seru.

Leave a Reply