Makanan Khas Jawa Tengah Lumpia

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah – Banyaknya suku dan etnis yang ada di Indonesia membuat budaya yang dimiliki juga semakin beragam. Tak hanya itu, bahkan hal tersebut juga membuat kuliner khas Indonesia terdiri atas berbagai macam makanan khas yang berasal dari berbagai daerah.

Salah satunya yaitu Jawa Tengah. Selain terkenal dengan budayanya yang sebagian besar masih melekat di masyarakat, kuliner yang ada di provinsi ini pun tampaknya tak pernah punah.

Hal tersebut terbukti dengan adanya berbagai macam makanan khas Jawa Tengah yang masih ada hingga saat ini.

Ada banyak sekali makanan dari Jawa Tengah yang berasal dari berbagai daerah. Nah, makanan dari provinsi ini identik dengan rasanya yang manis. Namun, ada pula makanan dengan cita rasa pedas, asin dan gurih.

Penasaran dengan berbagai macam makanan khas Jawa Tengah yang recommended untuk Kamu cicipi? Nah, Kamu bisa langsung menyimak daftar makanan dan minuman khas Jawa Tengah di bawah ini.

Makanan Tradisional Khas Jawa Tengah

“Tak ada cinta yang lebih tulus dari pada cinta terhadap makanan.”

George Bernard Show

Kuliner dari Jawa Tengah menjadi salah satu makanan khas Nusantara yang banyak digandrungi baik oleh masyarakat Indonesia sendiri maupun luar negeri.

Hal ini karena penggunaan rempahnya yang membuat makanan tersebut masih memiliki cita rasa yang kuat. Tak hanya itu, bahkan ada juga beberapa tempat yang masih mengolah makanan khas mereka dengan cara tradisional sehingga tidak meninggalkan rasa makanan khas masakan nenek moyang.

Berikut daftar makanan khas Jawa Tengah yang bisa Kamu coba;

1. Nasi Gandul

Makanan Khas Jawa Tengah Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan berat yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Untuk menciptakan cita rasa yang khas, nasi tersebut disajikan dengan menggunakan daun pisang. Jika dibandingkan dengan lainnya, nasi gandul Jawa Tengah rasanya yang lebih gurih.

Rahasia dari lezatnya Nasi Gandul tersebut ialah ketika nasi dimasak dengan menggunakan daun pandan. Sehingga menimbulkan aroma yang wangi dan sedap untuk menggugah selera makan.

Biasanya, Nasi Gandul akan disiram dengan kuah yang segar dan tambahan lauk seperti daging sapi. Nasi tersebut akan lebih nikmat jika langsung dinikmati di Pati.

Jadi, bagi Kamu yang sedang berkunjung ke Kota Pati jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

2. Nasi Liwet

Makanan Khas Jawa Tengah Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang wajib untuk Kamu coba. Berbeda dengan Nasi Gandul, Nasi Liwet ini disajikan dengan daging ayam dan terkadang ditambahkan dengan labu siam.

Nah, bagi Kamu yang belum pernah mencoba nasi liwet, berikut beberapa fakta yang terdapat di nasi liwet:

  • Nasi liwet menjadi salah satu nasi yang paling populer di Solo
  • Meski hampir sama dengan nasi uduk, namun rasa dari nasi liwet lebih gurih
  • Nasi liwet dimasak dengan menggunakan santan kelapa
  • Rasanya yang lezat dan murah bisa dijadikan pilihan yang tepat buat Kamu yang ingin tetap kenyang namun kantong tipis.

Buat Kamu yang belum pernah mencoba nasi yang satu ini, tentu akan sangat sayang jika dilewatkan bukan?

3. Soto Kudus

Makanan Khas Jawa Tengah Soto Kudus

Tentunya Kamu sudah tidak asing dengan soto satu ini bukan? Ya, Soto Kudus merupakan salah satu kuliner yang sudah terkenal di hampir seluruh nusantara.

Nah, yang membuat soto ini unik dan berbeda dari soto biasanya adalah daging yang digunakan. Jika umumnya soto menggunakan daging sapi atau daging ayam, namun di Kudus Kamu akan menemukan soto dengan daging kerbau.

Akan tetapi, buat Kamu yang ingin makan soto dengan daging ayam pun juga tersedia. Ingin mencoba lezatnya Soto Kudus yang satu ini? Kamu bisa langsung datang ke Kota Kudus, Jawa Tengah.

4. Mangut Beong

Makanan Khas Jawa Tengah Mangut Beong

Jika Kamu sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya untuk mampir ke Magelang dan mencoba kuliner khas satu ini. Mangut Beong merupakan salah satu makanan khas terbaik dari Jawa Tengah yang bisa Kamu coba.

Mangut Beong terbuat dari Ikan Beong yang dimasak dengan bumbu khas sehingga menciptakan rasa yang kaya akan bumbu rempahnya. Meski daging dari Ikan Beong tidak begitu lembut, namun daging ikan yang satu ini tidak mudah hancur.

Selain itu, rasanya akan bertambah menjadi semakin lezat setelah dimasak dengan aneka bumbu pilihan.

5. Brekecek

Makanan Khas Jawa Tengah Brekecek

Ingin menikmati kuliner yang murah namun mengenyangkan? Brekecek merupakan salah satu kuliner dari Jawa Tengah yang wajib untuk Kamu coba.

Makanan yang berasal dari Cilacap tersebut memiliki cita rasa yang tidak biasa dan dijamin akan membuat Kamu nambah.

Kuliner yang satu ini juga menyehatkan karena terdiri dari berbagai macam sayuran seperti tauge, rebusan daun bayam dan ketimun. Kemudian disiram dengan menggunakan kuah kacang yang gurih.

Brekecek juga cukup mengenyangkan karena adanya tambahan nasi di dalamnya. Ingin langsung mencoba makanan khas Jawa Tengah tersebut?

6. Nasi Grombyang

Makanan Khas Jawa Tengah Nasi Grombyang

Pernahkah Kamu mendengar kuliner khas Jawa Tengah yang satu ini? Nasi Grombyang merupakan makanan khas yang berasal dari Pemalang.

Nama dari makanan tersebut ternyata berasal dari cara penyajiannya. Dimana kuah yang disiramkan pada makanan lebih banyak jika dibandingkan dengan isinya sehingga terlihat “grombyang-grombyang”.

Nasi Grombyang disajikan pada sebuah mangkuk kecil yang berisi nasi, daging kerbau dan disiram dengan menggunakan kuah yang khas. Tak cukup sampai disitu, Nasi Grombyang juga ditambahkan dengan beberapa tusuk sate kerbau.

7. Mie Ongklok

Makanan Khas Jawa Tengah Mie Ongklok

Mie Ongklok merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Wonosobo. Udara Wonosobo yang dingin membuat Mie Ongklok menjadi lebih nikmat.

Kuliner yang satu ini disajikan dengan mie rebus yang diracik bersama kol dan potongan daun kucai.

Yang unik dari kuah Mie Ongklok satu ini ialah teksturnya yang lebih kental karena terbuat dari kanji. Agar lebih lezat, Kamu bisa menikmatinya bersama dengan sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo.

8. Garang Asem

Makanan Khas Jawa Tengah Garang Asem

Jika beberapa makanan di atas berasal dari salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah, berbeda dengan makanan yang satu ini.

Garang Asem merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari beberapa daerah seperti Kudus, Semarang, Pekalongan, Demak dan juga Pati. Makanan dengan bahan dasar daging ayam tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Sementara itu, rasa dari makanan yang satu ini ialah asam sesuai dengan namanya. Tak hanya asam, Garang Asam ini juga memiliki cita rasa pedas yang akan menggugah selera makan.

Aneka Jajanan Khas Jawa Tengah

Selain makanan, ada pula jajanan khas Jawa Tengah yang tak kalah lezatnya. Mulai dari jajanan dengan rasa yang manis, pedas, asin hingga gurih. Setiap daerah yang ada di Jawa Tengah tentu memiliki jajanan dengan rasa yang khas.

Bahkan, jajanan khas Jawa Tengah ini bisa juga untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta. Penasaran ada apa saja jajanan dari Jawa Tengah yang sayang untuk dilewatkan? Berikut daftar jajanan yang bisa Kamu coba.

1. Lumpia

Makanan Khas Jawa Tengah Lumpia

Lumpia adalah salah satu jajanan khas Kota Semarang yang memiliki cita rasa gurih. Jajanan yang satu ini berisi berbagai macam isian seperti daging ayam, sayuran, telur ataupun udang.

Lumpia ini akan lebih lezat jika dinikmati bersama dengan saus khusus ataupun cabai rawit segar.

2. Tahu Petis

Makanan Khas Jawa Tengah Tahu Petis

Mungkin Kamu sudah tidak asing dengan jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang satu ini bukan? Untuk menemukan jajanan yang satu ini memang cukup mudah. Apalagi, beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah juga menjual tahu petis ini.

Namun, Tahu Petis merupakan jajanan yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya lezat dijadikan sebagai camilan. Namun, Tahu Petis nikmat jika dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

3. Telur Asin

Makanan Khas Jawa Tengah Telur Asin

Telur asin ini dibuat dengan menggunakan telur bebek melalui proses pengasinan. Akan sangat pas jika dijadikan lauk saat makan. Meskipun juga akan tetap nikmat saat dimakan tanpa nasi.

Jajanan tradisional khas Jawa Tengah ini akan mudah dan banyak Kamu temukan saat berkunjung ke kota Brebes. Kamu juga bisa melihat langsung proses pengasinan telur disana.

4. Enting-Enting Gepuk

Makanan Khas Jawa Tengah Enting-Enting Gepuk

Makanan khas Jawa Tengah berikutnya ada Enting-Enting Gepuk. Berbeda dengan beberapa jajanan sebelumnya, jajanan yang satu ini memiliki rasa yang manis karena tersebut dari kacang tanah yang dipadatkan dan telah dicampur dengan menggunakan gula jawa.

Meski memiliki rasa yang manis, namun Enting-Enting Gepuk juga memiliki rasa yang gurih. Selain itu, makanan satu ini juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena lebih awet dan tahan lama.

5. Tempe Mendoan

Makanan Khas Jawa Tengah Tempe Mendoan

Apakah Kamu pecinta tempe? Kandungan protein yang cukup baik di dalam tempe membuat makanan tersebut memiliki banyak penggemar. Beberapa daerah di Indonesia pun mengkombinasikan tempe menjadi kuliner yang khas.

Salah satunya adalah Tempe Mendoan. Camilan khas ini berasal dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Tentunya, Tempe Mendoan akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan cabai rawit segar atau kecap pedas.

Yang unik dari camilan tersebut adalah tempe akan digoreng dengan menggunakan tepung hingga setengah matang. Namun, ada pula yang menggorengnya hingga matang.

6. Tempe Kemul

Makanan Khas Jawa Tengah Tempe Kemul

Jika di Purwokerto dan Banyumas memiiliki Tempe Mendoan, Wonosobo memiliki Tempe Kemul yang sangat khas. Hampir sama dengan tempe mendoan.

Akan tetapi, Tempe Kemul dibuat dengan menggunakan bumbu kuning yang khas dan campuran daun kucai. Tempe akan digoreng dengan menggunakan tepung yang sudah dicampur bumbu kuning hingga kering.

Rasanya yang gurih membuat tempe ini tidak hanya cocok dinikmati sebagai camilan, namun juga cocok untuk dinikmati bersama dengan mie ongklok, bakso ataupun soto.

7. Rondo Royal

Makanan Khas Jawa Tengah Rondo Royal

Masih ingin jajanan khas Jawa Tengah yang memiliki cita rasa manis? Tenang saja, masih ada banyak jajanan dengan rasa manis yang wajib untuk Kamu coba. Rondo Royal merupakan makanan yang berasal dari Jepara.

Jika dalam bahasa Indonesia, “Rondo” memiliki arti “Janda”. Namun, alasan penyebutan jajanan yang satu ini masih belum ada yang tau.

Rondo Royal terbuat dari tape singkong yang digoreng. Nah, buat Kamu yang belum pernah mencicipi Rondo Royal ini, camilan tersebut akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan segelas teh hangat.

8. Gethuk

Makanan Khas Jawa Tengah Gethuk

Siapa yang tak kenal dengan gethuk? Mungkin, makanan yang satu ini hanya berada di Jawa Tengah. Sama dengan makanan sebelumnya, gethuk memiliki cita rasa yang manis. Gethuk merupakan jajanan tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari singkong.

Agar memiliki cita rasa yang gurih, gethuk akan ditaburi dengan menggunakan parutan kelapa. Jajanan yang satu ini juga terlihat cukup menarik, karena terdiri dari beberapa warna seperti merah, putih dan hijau.

9. Wajik

Makanan Khas Jawa Tengah Wajik

Tak hanya gethuk, wajik juga menjadi salah satu jajanan yang cukup populer. Wajik sendiri mudah untuk ditemukan di beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah. Jadi, Kamu akan lebih mudah menemukannya dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sementara itu, beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah hanya menghidangkan wajik pada saat menggelar hajatan saja. Itu karena pembuatan wajik sendiri membutuhkan tenaga yang banyak dan waktu yang tidak sedikit.

Dulunya, wajik hanya memiliki warna coklat saja. Hal tersebut karena wajik terbuat dari beras ketan dan gula jawa. Nah, warna coklat itu sendiri berasal dari gula jawa.

Namun, saat ini Kamu bisa menemukan wajik dengan berbagai macam warna mulai dari hijau, merah muda atau beberapa warna lainnya. Rasanya manis dan legit.

Minuman Khas Jawa Tengah

Tak hanya makanan dan jajanannya saja yang telah terkenal hingga berbagai daerah. Jawa Tengah juga memiliki minuman khas yang wajib untuk Kamu coba.

Ada yang hangat dan juga ada yang menyegarkan. Buat Kamu yang sudah penasaran, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini;

1. Bajigur

Makanan Khas Jawa Tengah Bajigur

Meski berasal dari makanan khas Sunda dan bukan minuman khas asli dari Jawa Tengah, namun lambat laun minuman satu ini mudah untuk ditemukan di beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah. Bajigur merupakan minuman yang cocok dinikmati saat udara sedang dingin atau saat hujan.

Hampir sama seperti Bir Pletok, Bajigur juga terbuat dari jahe. Akan tetapi, komposisinya berbeda. Dimana, Bajigur tak hanya terbuat dari jahe namun juga dari campuran santan, gula, dan sedikit garam.

2. Wedang Uwuh

Makanan Khas Jawa Tengah Wedang Uwuh Imogiri

Buat Kamu yang pernah berlibur ke Jawa Tengah tentu sudah tidak asing dengan minuman yang satu ini bukan?

Wedang Uwuh sendiri merupakan minuman yang sangat terkenal karena mampu menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

Wedang Uwuh ini terbuat dari campuran jahe, kayu manis, cengkeh, pala, kayu secang, gula batu dan kapulaga. Karena terbuat dari berbagai macam rempah membuat minuman yang satu ini sangat berkhasiat bagi tubuhmu.

Tak hanya itu, rasa dari Wedang Uwuh juga bisa dibilang cukup unik. Bagaimana? Apakah Kamu ingin mencoba minuman yang satu ini?

Kamu bisa mendapati wedang uwuh ini daerah Karanganyar atau di jalanan lereng Gunung Lawu. Wedang uwuh terasa lebih nikmat karena suhu udara disana begitu dingin terlebih dengan nuansa alam yang natural.

3. Sekoteng

Makanan Khas Jawa Tengah Sekoteng

Tak hanya Wedang Uwuh, Sekoteng juga menjadi salah satu minuman yang banyak digandrungi. Bahkan, minuman kha Jawa Tengah yang satu ini banyak digandrungi oleh sebagian besar orang.

Di dalam Sekoteng terdapat berbagai macam campuran seperti potongan roti tawar, pacar cina, kacang hijau dan kacang tanah. Salah satu manfaat dari sekoteng ini dapat menghangatkan tubuh saat suasana sedang dingin.

Itu dia berbagai macam makanan khas Jawa Tengah, jajanan beserta minuman khas yang dimilikinya. Selain budaya yang masih kental dengan masyarakat, Jawa Tengah juga kaya akan kuliner bukan.

Rasanya yang khas karena bumbu rempah asli nusantara. Bahkan, sebagian dari makanan dan minuman tersebut masih dibuat dengan cara yang tradisional sehingga membuatnya rasa yang kuat dan tak terlupakan.

Leave a Reply