Category: Makanan Khas

Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia – Bukan hanya budayanya saja, kuliner Indonesia pun sangat kaya dengan berbagai keunikannya. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi makanan terlezat di dunia. Pantaslah kalau turis mancanegara pun tak pernah lelah menelusuri ragam kuliner di seluruh penjuru Nusantara.

Coba bayangkan, makanan khas Indonesia akan berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Indonesia menjadi negara yang paling kaya dengan khazanah kuliner di seluruh dunia.

Nah, bagi para traveler akan selalu menarik memperbincangkan tentang makanan. Sebab, kuliner tidak akan terlepas dari destinasi wisata.

Baik bagi wisatawan dalam atau luar negeri, mencari tahu ragam makanan khas Indonesia tidak akan ada habisnya. Itu berarti, Kamu harus menelusuri setiap sudut keunikan negara ini.

Ciri Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia


Video Makanan Khas Indonesia yang Dibandrol dengan Harga Mahal di Luar Negeri

“Kamu tidak akan mampu menghitung dengan jari kekayaan kuliner Nusantara. Mulai dari makanan pembuka, makanan inti, hingga dessert tak terhitung jumlahnya. Sebuah berkah yang tak terhingga dari Tuhan untuk bumi pertiwi”

Sebagai negara dengan kekayaan budaya, Indonesia juga memiliki makanan-makanan yang menggugah selera. Tak heran jika beberapa diantaranya dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia. Jangan heran! Sebab, Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari segi kulinernya. Apa saja kah?

  • Kaya akan rempah sehingga aromanya sangat kuat
  • Indonesia juga terkenal dengan makanan-makanannya yang pedas. Sehingga, jenis sambal yang ada pun sangat beragam
  • Memiliki citarasa gurih dengan penambahan santan
  • Masakan Nusantara juga identik dengan citarasa manis
  • Penggunaan santan pada kebanyakan masakan membuat makanan Indonesia juga cenderung berlemak.

Nah, kali ini akan kami ulas secuil kekayaan Nusantara pada ranah kulinernya. Berikut makanan khas daerah Indonesia dan penjelasannya!

Kerak Telur

Oleh oleh Makanan Khas Indonesia Kerak Telur

Gambar Makanan Khas Indonesia Kerak Telur

Dimulai dari Ibukota Indonesia, Jakarta. Ada kerak telur yang sudah menjadi ikon bagi masyarakat Betawi sendiri. Makanan khas Indonesia yang satu ini akan mudah Kamu dapatkan di acara-acara tertentu seperti Pekan Raya Jakarta.

Kuliner yang satu ini sudah ada semenjak zaman kolonial Belanda. Bahkan, kerak telur menjadi primadona di masa Jakarta masih bertajuk Batavia. Jadi, bisa dibilang juga kalau kerak telur adalah fast-food warga Jakarta.

Makanan ini bisa disajikan dalam waktu yang singkat dengan bahan berupa beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi sangrai, serta bawang goreng. Tak luput bumbu halus berupa jahe, cabe merah, garam, kencur, dan gula pasir.

Cara memasaknya dengan memasukkan bahan-bahan tersebut di dalam wajan. Uniknya, tidak dibutuhkan minyak untuk membuat makanan ini menjadi matang.

Saat telur setengah matang, wajan akan dibalik sehingga menghadap pada panas arang. Sehingga teksturnya menjadi keras sehingga disebut dengan kerak.

Jika permukaan sudah gosong, kerak telur akan diangkat dan ditambahkan bumbu-bumbu. Cara memasaknya dengan memakai arang dan anglo. Sehingga aromanya tetap khas dan rasanya menjadi lebih gurih.

Karee Kameng

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Karee Kameng

Gambar 10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Karee Kameng

Sedikit beralih ke kota serambi mekah, Aceh. Makanan khas Aceh ini adalah sajian yang paling digemari oleh masyarakat di berbagai perayaan.

Ya, bernama Karee Kameng, kuliner ini dapat ditemui di kedai-kedai makan hingga di perhelatan. Karee Kameng sendiri adalah kari kambing yang biasa dipampang dalam wajan besar atau kuali yang tak pernah berhenti dipanaskan.

Mirip dengan gulai kambing biasa, kuah dari Karee Kameng berwarna kuning pekat ditambah dengan daging kambing dan tulangnya.

Uniknya, daging dan tulang ini dimasak bersamaan. Meski terbuat dari daging kambing, tetapi tidak menimbulkan bau prengus yang mengganggu. Melainkan aroma rempah yang menguar sempurna.

Karena rempahnya yang sangat kaya, sehingga menjadikan lauknya menjadi lebih keruh. Pun, dicampur dengan sumsum tulang kambing.

Penyajian Karee Kameng ini kerap kali dipadukan dengan potongan daging kambing bakar, potongan rawit, dan tak lupa nasi putih hangat.

Bika Ambon

Oleh oleh Makanan Khas Indonesia beserta daerahnya Bika Ambon

Gambar Makanan Khas Indonesia beserta Daerahnya Bika Ambon

Masih di bagian timur, makanan khas Indonesia yang satu ini berasal dari Sumatera Utara. Tepatnya dari Ambon. Mungkin, jika mendengar nama kue ini Kamu akan berpikir berasal dari Ambon, Maluku.

Namun salah besar ya, kue bika terinspirasi dari kue Melayu yang dibuat dengan modifikasi bahan pengembang. Sehingga menghasilkan sebuah kue dengan rongga yang cukup berbeda dengan kue aslinya.

Hubungan kue bika ini dengan Ambon adalah dijual pertama kali di Jalan Ambon, Medan. Bahan utama untuk membuat kue ini menggunakan tepung terigu, santan, telur, pandan wangi, gula, dan sebagainya.

Saat dijual di daerah Sei Kera kue ini menjadi sangat populer dan terkenal di seluruh medan. Hingga akhirnya bisa diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Bika Ambon mempunyai serat sempurna pada bagian dalamnya. Serta memiliki tekstur yang lembut saat digigit.

Untuk menikmati bika Ambon, Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Medan. Saat ini, resepnya banyak beredar di Internet, sehingga bisa membuat sendiri di rumah.

Makanan Khas Indonesia Kue Serabi

Resep Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dibuat Kue Serabi

Gambar Resep Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dibuat Kue Serabi

Si Kecil, pipih, dengan tekstur berpori ini tidak lagi menjadi makanan khas Sunda. Sebab, kepopulerannya menjadikan kue serabi sudah tersedia di berbagai tempat di Indonesia. Bahkan, sudah menjadi salah satu warisan kuliner Nusantara yang begitu berharga.

Pembuatan kue serabi menggunakan bahan berupa tepung beras yang dicampurkan dengan santan. Kemudian, diproses secara tradisional yakni dibakar di atas tungku. Alat pembakarannya pun menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat.

Sampai kini, pembuat serabi masih menggunakan cara tradisional tersebut. Sehingga, dari zaman dahulu pun cita rasa gurih dan aromanya tidak berubah. Sekilas, makanan khas Sunda ini mirip dengan pancake tetapi mempunyai ukuran yang lebih tebal dan lebih kecil.

Menyesuaikan dengan perubahan zaman, penjual kue serabi pun memadukannya dengan berbagai varian rasa dan topping.

Mulai dari keju, cokelat, daging ayam, pisang cokelat, stroberi, vanilla, dan masih banyak lagi. Namun, satu yang tak pernah pudar oleh zaman adalah serabi santan dengan rasa gurih yang begitu terasa.

Makanan Khas Indonesia Nasi Goreng

50 Makanan Khas Indonesia yang Sudah Mendunia Nasi Goreng

Gambar 50 Makanan Khas Indonesia yang Sudah Mendunia Nasi Goreng

Tak hanya merakyat, nasi goreng juga menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia.

Hal ini berkat Barack Obama yang pernah menyebutkan makanan ini sebagai makanan yang terkenal di kancah Internasional. Bahkan, ia juga mengakui rasa lezat dari makanan khas Indonesia ini.

Selain itu, nasi goreng semakin mendunia tersebab disajikan pada ajang World Expo Shanghai China 2010. Acara bertaraf internasional ini semakin mengenalkan nasi goreng di mata dunia.

Pada acara ini, ada banyak respon positif dari pengunjung. Dalam sehari, nasi goreng bisa terjual sampai 700 porsi.

Nasi goreng sendiri merupakan makanan dengan bahan dasar berupa nasi dengan bumbu rempah khas. Ditambah dengan sayuran, daging, telur, dan sebagainya.

Saat ini, nasi goreng mempunyai banyak varian dan campuran. Mulai dari sosis, kecap, sambal, cumi, dan masih banyak lagi.

Gado gado

Beberapa Makanan Khas Indonesia yang dihasilkan dari Bahan Pangan Setengah Jadi Gado gado

Gambar Makanan Khas Indonesia yang dihasilkan dari Bahan Pangan Setengah Jadi Gado gado

Siapa sih yang tidak tahu perihal salad-nya orang Indonesia ini? Selain itu, gado-gado juga sangat diminati karena cita rasanya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Nah, FYI, gado gado berasal dari Betawi dan sudah ada sejak abad ke-16.

Tak berbeda dengan pecel dari Jawa, makanan khas Indonesia ini juga terbuat dari ragam sayuran yang dicampur serta disiram menggunakan saus kacang. Gado-gado juga dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan irisan telur.

Kuliner ini mempunyai cita rasa manis, gurih, dan pedas. Untuk menikmatinya, Kamu bisa menambahkan potongan lontong ataupun nasi. Kamu bisa menemukan gado-gado di pinggir jalan, hingga di restoran sekalipun.

Gado-gado sangat populer di kalangan wisatawan asing. Sehingga, kerap disebut sebagai “Carte de Kour” (salah satu daftar kuliner wajib).

Bahkan, memenangkan kategori tampilan sajian estetika pada perlombaan memasak internasional di Napoli tahun 2010. Tak heran jika gado-gado menjadi makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.

Makanan Khas Indonesia Sambal

Resep Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia Sambal

Gambar Resep Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia Sambal

Wah, kalau yang satu ini sih menu wajib yang harus ada di tiap kali makan orang Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum kalau masyarakat Nusantara memang paling jago menahan rasa panas dan pedas dari cabai.

Sehingga, sambal sangat populer dan menjadi salah satu nama makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Saat ini, ada banyak varian sambal yang dibuat dengan perpaduan resep, bahan dan metode pengolahan yang berbeda.

Namun, original-nya sambal dibuat dengan cara mengulek cabai sampai sarinya keluar. Sehingga, cita rasa pedasnya semakin mantap. Sambal juga ditambahkan dengan bahan lain berupa bawang putih, bawang merah, terasi, dan juga garam.

Tak hanya memiliki cita rasa yang bikin nagih, sambal juga dikenal mempunyai konsistensi bahan yang padat serta kaya akan rempah-rempah.

Jenis sambal yang ada di Indonesia sangat beragam. Mulai dari sambal manis, sambal kecap, sambal terasi, sambal korek, sambal pecit, sambal matah makanan khas Bali, sambal petis, sambal jeruk, dan sebagainya.

Bahkan, bisa dibilang kalau masing-masing daerah di Indonesia memiliki jenis sambal dengan ciri khas tertentu.

Makanan Khas Indonesia Bakso

Oleh oleh Makanan Khas Indonesia beserta Daerahnya Bakso

Gambar Makanan Khas Indonesia beserta Daerahnya Bakso

Bakso juga masuk sebagai makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Makanan berkuah melimpah ini memang disukai berbagai kalangan usia.

Bola daging atau meat ball ini disajikan bersama dengan mie kuning dan mie putih. Serta ditambahkan dengan sayuran, bawang goreng, dan seledri untuk menambah kesegarannya.

Terkadang, bakso juga dilengkapi dengan topping berupa pangsit atau tahu. Saking populernya makanan ini, Kamu akan mendapati kedai-kedai bakso di sepanjang jalan di seluruh penjuru Nusantara.

Saat ini, bakso juga kian banyak variasinya dengan ukuran yang beragam. Ada yang diberi isian berupa telur, daging, sambal, dan sebagainya.

Ada pula yang berukuran jumbo dengan berat yang tidak lazim. Harganya pun sangat terjangkau oleh masyarakat.

Makanan Khas Indonesia Nasi Uduk

Resep Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dibuat Nasi Uduk

Gambar Resep Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dibuat Nasi Uduk

Rasanya belum lengkap membahas tentang kuliner khas Nusantara jika belum mengulik nasi. Ya, makanan pokok warga +62 ini tak pernah ketinggalan untuk disantap sebagai menu utama.

Seperti yang Kamu tahu, ada tagline “belum terasa makan kalau belum mengonsumsi nasi”. Jadi, olahan nasi Indonesia pun sangat banyak jenisnya.

Salah satunya adalah nasi uduk yang berasal dari suku Betawi. Berbeda cara pengolahan dengan nasi biasa, nasi uduk harus diadon dulu menggunakan daun salam, air santan, serai, laos, dan daun jeruk. Jika sudah, beras tersebut kemudian dikukus sampai matang sempurna.

Tak heran jika aroma dan cita rasanya lebih harum dan gurih. Sebagai tambahan lauknya, nasi uduk disajikan bersama dengan tempe orek, telur dadar, empal, udang goreng, sayur asem, serta lalapan.

Namun, jangan heran kalau satu daerah dengan daerah lain memiliki ciri khas berbeda dalam penyajiannya.

Di beberapa daerah, nasi uduk biasa disajikan bersama ayam goreng, tempe, tahu, sambal kacang, dan taburan bawang goreng.

Bakmie

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Bakmie

Gambar Makanan Khas Tradisional Daerah di Indonesia yang Mendunia Bakmie

Warga Tionghoa tersebar secara pesat ke seluruh negara Asia Tenggara. Sehingga, sangat berpengaruh pada berbagai aspek negara, termasuk juga kulinernya.

Sehingga tak heran kalau terjadi akulturasi budaya dan menyebabkan berpadunya makanan khas Tionghoa dengan Indonesia.

Salah satu makanan khas yang dibawa pedagang Tiongkok adalah bakmi. Makanan ini juga dikenal dengan nama yahun atau yamien.

Karena sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia, maka bakmie mudah untuk diterima dan menyatu dalam jantung perkulineran.

Bakmie yang menjadi makanan khas Indonesia diolah menggunakan bumbu dan rempah khas Nusantara dengan bahan yang lebih mudah untuk ditemui. Seperti sayur sawi dan ayam. Bahan utama pembuatannya adalah dari bakmi kuning dan tepung terigu.

Sedangkan penyajian bakmi adalah diletakkan pada mangkuk dengan berbagai isian, kuah, dan juga sambal. Saat ini, ada dua varian bakmi yakni bakmi kuah dan bakmi goreng.

Makanan Khas Indonesia Opor Ayam

50 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya Opor Ayam

Gambar 50 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya Opor Ayam

Kalau makanan khas Indonesia yang satu ini sih, identik banget dengan hari raya Idul Fitri. Ya, perayaan besar bagi agama mayoritas masyarakat Indonesia.

Nah, salah satu sajian yang wajib ada di setiap meja keluarga adalah opor ayam. Penyajian opor ayam bertujuan untuk menjamu saudara dan tetangga yang akan bersilaturahmi.

Opor ayam berasal dari Jawa Tengah serta Jawa Timur. Makanan ini merupakan ayam yang diolah dengan cara direbus menggunakan bumbu yang kental serta santan.

Ditambah pula dengan rempah lain seperti kencur dan serai. Biasanya, opor ayam disajikan bersama dengan nasi atau lontong dan ketupat.

Agar lebih terasa mantap, opor ayam biasa juga disajikan bersama sambal goreng. Kalau ingin menjajal menu ini, Kamu bisa mendapatkannya secara gratis di rumah seseorang pada hari lebaran.

Makanan Khas Indonesia Pepes

10 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya Pepes

Gambar Makanan Khas Indonesia dan Asalnya yang Mudah Dibuat Pepes

Makanan yang diolah dengan cara tradisional memang tidak pernah membosankan. Sebab, memiliki aroma dan rasa yang sulit untuk dijelaskan kelezatannya.

Hal ini dikarenakan cara pengolahannya masih menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu contohnya adalah makanan pepes.

Pepes atau kerap juga disebut dengan pais merupakan cara memasak dengan cara membungkusnya menggunakan daun pisang.

Sehingga, aromanya menjadi lebih harum. Nah, bahan bakunya juga cukup beragam. Ada yang menggunakan ikan, ayam, tahu, atau jamur.

Selain bahan utama tersebut, di dalam pepes biasa dimasukkan tomat, kemangi, serta cabai. Bumbunya sendiri menggunakan rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, dan masih banyak lagi.

Setelah semua bahan dimasukkan dalam bungkus daun pisang, selanjutnya dibakar di atas api. Sehingga, bagian dalamnya menjadi lebih kering serta matang sempurna.

Makanan Khas Indonesia Rendang

Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia Rendang

Gambar Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia Rendang

Jangan lewatkan rendang ketika membahas tentang kuliner Nusantara. Sebab, salah satu makanan khas indonesia yang menjadi makanan internasional yang telah diakui dunia yaitu rendang. Bahkan, rendang sudah dimasukkan dalam 50 hidangan terlezat dunia (50 most delicious foods).

Panganan ini terbuat dari daging sapi dengan cita rasa yang pedas. Namun, saat ini, rendang juga terbuat dari berbagai jenis daging. Seperti itik, ayam, serta hati sapi.

Rasa lezat dari rendang juga disebabkan karena proses pengolahannya yang mencapai berjam-jam. Bahkan, bisa mencapai 4 jam hingga kuahnya benar-benar mengering.

Selain itu, pembuatan rendang menggunakan bahan-bahan berupa santan dan rempah pilihan. Mulai dari bawang putih, kunyit, cabe, jahe, bawang merah, dan lengkuas.

Jika rendang sudah mengering, maka baru bisa disajikan dengan berbagai bahan. Biasanya, masyarakat Indonesia menyantapnya bersama dengan nasi dan lauk pauk yang lain. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan rendang di rumah makan Padang.

Semua pembahasan di atas sebenarnya belum ada seujung kuku dari seluruh makanan khas Indonesia. Sebab, jika ingin ditelusuri lebih jauh, masakan Nusantara sangat banyak sekali.

Mungkin bisa mencapai ribuan. Namun, ulasan di atas setidaknya memberikan gambaran kecil tentang betapa kayanya resep Nusantara.

Tak hanya membuat lidah terpuaskan, tetapi makanan Indonesia bisa membekas rindu pada siapa pun yang bersua untuk pertama kalinya.

Kamu harus benar-benar bangga akan fakta ini. Untuk itu, share tulisan ini agar semakin banyak orang yang mencintai warisan resep nenek moyangnya.

Makanan Khas Papua

Makanan Khas Papua – Sebagai sebuah negara yang besar, Indonesia terdiri atas banyak daerah dan beraneka ragam. Hal ini juga yang memberikan sumbangsih atas hadirnya berbagai makanan khas Daerah yang bisa ditemukan di Indonesia.

Saking banyaknya, ada banyak orang yang belum pernah mencicipi khasanah makanan khas Indonesia. Meskipun merupakan masyarakat Indonesia sendiri.

Kalau makanan khas Bali sih, sudah pasti banyak yang tau ya. Bagaimana tidak, siapa yang tidak tau Pulau Bali. Walau mungkin belum pernah datang langsung, seenggaknya sedikit banyak sudah tau.

Sangat berbeda kasus dengan Papua. Walau mungkin banyak yang “sekedar tau”, namun belum tentu ada keinginan untuk datang.

Eitss, jangan salah yaa. Untuk urusan kuliner khas tradisional, Papua tidak mau kalah dong. Meskipun harus bersanding dengan makanan khas Sunda yang sudah terkenal di manca negara sekalipun.

Makanan khas Papua memiliki rasa khas yang begitu kuat. Kamu gak bakal tau sebelum nyobain sendiri deh. Masih belum greget?

Alasan Makanan Khas Papua Harus Kamu Cobain

Sebuah kuliner tidak melulu tentang bentuknya yang indah dan dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas. Kuliner sederhana namun mengena seperti makanan khas Papua juga bisa kamu cicipi.

Ya, Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang letaknya berada di paling ujung dan berbatasan dengan negara Papua Nugini. Tahukah Kamu, jika di Papua ini ada banyak sekali kuliner yang enak dan wajib untuk dicicipi.

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan kahs Papua. Mau tahu apa saja? simak selengkapnya di sini.

  • Makanan dari Papua dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana namun rasanya outentik.
  • Sangat unik karena ada yang dibuat menggunakan bahan ulat sagu dan cacing laut.
  • Rasnaya juga sangat khas rempah-rempah dari Papua.
  • Bumbu yang digunakan sangat sederhana.

Penasaran ingin tahu apa saja makanan khas Papua yang bisa Kamu coba? Dari pada Kamu penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya yang ada di bawah ini;

Kue Lontar

Makanan Khas Papua Kue Lontar

Makanan khas Papua yang pertama bisa Kamu cicipi jika berada di Papua adalah kue lontar. Apa sih itu kue lontar?

Sebuah kue yang bentuknya mirip dengan pir susu. Pie susu sendiri saat ini sedang menjadi salah satu makanan yang hits di Indonesia.

Nah, untuk rasa kue lontar sendiri juga sangat enak lho. Tidak heran jika makanan ini banyak dicari oleh wisatawan yang datang. Bahkan, banyak orang yang sudah mencicipinya merasa ketagihan dan ingin mencicipinya lagi.

Sate Ulat Sagu

Makanan Khas Papua Sate Ulat Sagu

Mendengar nama makanan yang dibuat dengan menggunakan ulat sagu tentunya terdengar sangat ekstrem.

Namun, di Papua, nyatanya sate ulat sagu menjadi makanan yang banyak disukai dan bahkan dianggap sebagai makanan yang paling lezat.

Meskipun terlihat menjijikkan, sate ulat sagu ini memang mengandung banyak gizi dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Untuk Kamu yang penasaran dengan makanan khas ini, tentunya Kamu bisa banget lho, untuk menjumpainya jika datang ke Papua.

Ikan Bakar Manokwari

Makanan Khas Papua Ikan Bakar Manokwari

Kamu tentunya sudah sering makan yang namanya ikan bakar. Namun, sudahkah Kamu mencicipi ikan bakar yang satu ini?

Nama ikan bakar ini adalah ikan bakar Manokwari. Ada hal yang menarik dari ikan bakar ini dimana rasanya sangat enak dan juga memiliki aroma yang khas lho.

Selain itu, ikan bakar ini juga memiliki rasa yang pedas dan tentunya sangat cocok untuk Kamu yang doyan banget dengan makanan pedas. Jika Kamu ingin mencicipi makanan ini, maka Kamu bisa langsung datang ke Papua untuk mencicipinya.

Ikan Bungkus

Makanan Khas Papua Ikan Bungkus

Makanan khas Papua selanjutnya yang bisa Kamu coba adalah ikan bungkus. Sesuai dengan namanya, penyajian dari ikan ini adalah dengan dibungkus daun.

Hanya saja, daun yang digunakan untuk membungkus ikan bukanlah daun pisang melainkan daun talas. Tidak hanya itu saja, jenis ikan yang digunakan juga bukan ikan air tawar melainkan ikan air laut.

Bicara soal rasa, makanan yang satu ini tentunya sangat enak dan Kamu wajib untuk mencobanya jika datang ke Papua.

Martabak Sagu

Makanan Khas Papua Martabak Sagu

Martabak sagu merupakan salah satu jenis kue khas Papua. Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah martabak, namun hanya saja tepung yang digunakan untuk membuat adonan adalah tepung sagu.

Tidak hanya tepung sagu saja sebagai bahan utama untuk membuat martabak ini. namun, martabak ini juga menggunakan gula merah yang membuat rasanya masih sangat khas.

Nah, untuk membuat martabak sagu juga mudah lho. Yang pastinya, jika Kamu datang ke Papua, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Papeda Sagu

Makanan Khas Papua Papeda Sagu

Kamu tentunya sudah sering mendengar papeda. Ya, papeda menjadi salah satu makanan khas Papua yang sangat terkenal dan bahkan sudah sangat sering masuk televisi.

Makanan tradisional yang satu ini ternyata dibuat dengan menggunakan bahan sagu yang kemudian diolah menjadi sebuah bubur.

Ada yang unik dari makanan ini karena teksturnya yang lengket dengan warna putih dan untuk rasanya juga tawar.

Oleh sebab itu, kebanyakan masyarakat Papua ketika akan menyantap bubur papeda ini biasanya ditambah dengan ikan tongkol yang sudah dibumbui agar rasanya semakin enak.

Udang Selingkuh

Makanan Khas Papua Udang Selingkuh

Nama makanan yang satu ini cukup unik karena namanya adalah udang selingkuh. Ini adalah salah satu makanan khas Papua yang berasal dari kawasan Papua Timur. Disebut dengan udang selingkuh karena udang di sini ditata saling berhimpitan dan rapat.

Nah, untuk masalah rasa, udang ini juga enak lho. Bahkan ia juga digoreng dan dibumbui dengan bumbu rahasia yang membuat Kamu akan merasa ketagihan saat mencicipinya.

Sagu Lempeng

Makanan Khas Papua Sagu Lempeng

Sagu menjadi salah satu bahan makanan khas Papua. Tidak heran jika banyak makanan yang berasal dari daerah ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu. Nah, salah satu olahan sagu yang enak dan wajib Kamu cicipi adalah sagu lempeng.

Pada dasarnya, sagu lempeng bukan hanya makanan khas Papua. Namun, makanan ini juga merupakan maknanya khas Riau, Maluku dan juga Kalimantan.

Untuk membuat sagu lempeng ini caranya tidak jauh berbeda seperti Kamu membuat roti basah pada umumnya. Hanya saja seharusnya menggunakan terigu namun diganti menggunakan tepung sagu.

Perlu Kamu tahu bahwa makanan yang satu ini sangat jarang ditemukan di toko roti ataupun warung. Sebab, masyarakat Papua hanya membuat makanan ini untuk dikonsumsi sendiri. Akan lebih enak jika kue ini dimakan dalam keadaan yang hangat lho.

Aunu Senebre

Makanan Khas Papua Aunu Senebre

Masih bingung mencari daftar makanan khas Papua yang enak dan wajib dicoba?

Jika Kamu masih bingung, maka Kamu harus mencicipi Aunu Senebre. Ini adalah salah satu makanan yang bahan dasarnya dibuat dari nasi dan juga ikan teri.

Makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak dijual di warung dekat pantai. rasanya juga enak lho, tidak heran jika Kamu wajib mencicipinya jika datang ke Papua.

Kue Bagea

Makanan Khas Papua Ikan Kue Bagea

Makanan khas Papua selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Kue Bagea. Ini adalah sebuah makanan yang berasal dari Ternate dan termasuk dalam jenis kue. Adapun kue ini sendiri dibuat dengan menggunakan perpaduan antara tepung sagu dan juga kenari.

Kue ini juga sangat enak lho, dan bahkan ketika Kamu mencicipinya mungkin Kamu akan merasa ketagihan. Adapun bentuknya sendiri seperti batang pohon yang baru saja dipotong-potong.

Colo-Colo

Makanan Khas Papua Colo-Colo

Makanan khas Papua selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Colo-Colo. Colo-colo ini adalah sebuah sambal yang menjadi sambal favorit di Papua.

Sambal colo-colo ini sangatlah sederhana dimana dibuat dengan menggunakan bahan cabai rawit, tomat dan juga bawang merah yang diiris kasar.

Kemudian ditambah dengan jeruk nipis dan gula pasir serta air selanjutnya. Akan lebih enak lagi jika sambal ini dimakan dengan ikan bakar.

Hmm, rasanya itu lho yummy banget. Karena itu, jika Kamu datang ke Papua, maka Kamu wajib untuk mencoba sambal colo-colo ini.

Petatas

Makanan aKhas Papua Petatas

Ini adalah salah satu makanan khas Papua yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat di sana. Petatas juga dikenal dengan nama ubi jalar. Di sana, petatas dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

Pasalnya, di Papua sering terjadi yang namanya krisis beras. Selain itu, harga beras di Papua juga relatif mahal. Karena hal ini juga petatas menjadi makanan pokok khas Papua.

Aunuve Habre

Makanan Khas Papua Aunuve Habre

Bisa dikatakan bahwa makanan khas Papua ini sama dengan ikan bungkus. Adapun daun yang digunakan untuk membungkus juga sama yakni daun talas. Yang membuatnya berbeda adalah isiannya dimana isiannya terbuat dari ikan cakalang.

Saat dimakan, makanan ini akan sangat enak. Sebab, bumbunya juga sederhana namun meresap seperti asam jawa, garam dan bumbu rempah-rempah khas Papua lainnya.

Keripik Keladi

Makanan Khas Papua Keripik Keladi

Untuk Kamu yang suka dengan camilan, maka Kamu wajib mencoba camilan khas Papua yang satu ini. ini adalah camilan yang gurih dan sangat cocok untuk menemani waktu bersantai Kamu dengan keluarga.

Nah, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan ubi atau di sana disebut dengan keladi. Ada banyak rasa yang ditawarkan dari keripik yang satu ini. Mulai dari rasa pedas, gurih dan juga manis ada.

Adapun keripik keladi ini biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Papua ho khususnya untuk wilayah Sorong. Bahkan, Kamu juga bisa dengan mudahnya menemukan makanan ini di warung atau toko-toko yang ada di sana.

Sarang Semut

Makanan Khas Papua Sarang Semut

Di Papua Kamu juga bisa menemukan makanan yang cukup aneh namun bisa dikonsumsi. Nama makanan ini adalah sarang semut. Makanan yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Hal inilah yang menjadikan makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai obat di Papua. Nah, makanan ini juga sering diolah menjadi kue.

Untuk khasiatnya sendiri sama dengan sarang semut, hanya saja karena dibuat kue rasanya sudah tidak pahit lagi.

Roti Abon Gulung

Makanan Khas Papua Roti Abon Gulung

Makanan khas Papua lainnya yang bisa Kamu cicipi dan bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh adalah roti abon gulung. Ini adalah salah satu makanan yang paling terkenal karena rasanya memang sangat enak dan cocok untuk dijadikan camilan.

Bahkan, roti abon gulung juga sudah terkenal sampai di mana-mana lho. Yang menarik dari makanan ini adalah ia tidak sama seperti roti gulung pada umumnya.

Sebab, ukuran roti ini cukup besar dan abon yang ada di dalamnya. Bahkan, jumlah abonnya juga banyak yang membuat rasanya sangat enak dan bikin ketagihan.

Sayangnya, roti abon gulung bukanlah jenis makanan yang tahan lama. Karena itu jika membelinya maka bisa langsung diawetkan di dalam kulkas agar makanan ini bisa bertahan lebih lama lagi.

Cacing Laut

Makanan Khas Papua Cacing Laut

Mendengar kata cacing tentunya Kamu akan merasa jijik. Namun, tahukah Kamu jika di Papua, cacing laut menjadi salah satu makanan yang sangat lezat dan disukai oleh masyarakat Papua.

Cacing laut ini ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan, cacing laut juga dipercaya sebagai makanan untuk meningkatkan kejantanan dan keperkasaan.

Es Buah Matoa

Makanan Khas Papua Es Buah Matoa

Cari minuman yang segar di Papua, maka Kamu bisa mencoba es buah matoa. Es buah ini dibuat dengan menggunakan bahan campuran kolang-kaling merah, cincau hitam, agar-agar hijau, dan juga buah matoa khas Papua.

Kemudian makanan ini juga ditambah dengan biji selasih dan biji pala. Ditambah lagi dengan jeruk limau dan daun pandan yang membuat rasanya asam manis dan juga segar. Hmm, Kamu pokoknya wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Es Kelapa Muda Asam Manis

Makanan Khas Papua Es Kelapa Muda Asam Manis

Siapa sih yang tidak suka dengan es kelapa muda. Minuman yang satu ini tentunya sangat menyegarkan dan rasanya sudah dijamin nikmat.

Berbeda dengan es kelapa muda pada umumnya, di Papua es kelapa muda ini ditambah dengan jeruk nipis. Sudah terbayangkan rasanya?

Nah, dari situ makanyanya nama minuma khas Papua ini menjadi es kelapa muda asam manis. Jika Kamu belum bisa mencoba langsung minuman khas Papua ini, Kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah yaa.

Resep dan cara membuatnya juga gampang bukan? Silahkan mencoba.

Minuman Sunset Papua

Makanan Khas Papua Minuman Sunset Papua

Ini adalah sebuah minuman yang dibuat dengan menggunakan campuran antara jus jeruk dengan jus wortel. Hal inilah yang membuat minuman ini warnanya seperti matahari yang terbenam.

Untuk Kamu yang suka dengan rasa jeruk dan wortel, maka Kamu tidak perlu lagi menambahkan gula. Namun, jika Kamu merasa minuman ini kurang enak tanpa tambah gula, Kamu juga bisa menambahkan gula ataupun lainnya.

Bandeng Kuah Kuning

Makanan Khas Papua Bandeng Kuah Kuning

Teman-teman pasti sudah biasa makan ikan bandeng. Akan tetapi tidak dengan bandeng kuah kuning yang satu ini. Bandeng kuah kuning  ini merupakan makanan khas Papua yang memiliki rasa yang berbeda dengan olahan ikan bandeng lainnya.

Pasalnya, bandeng kuah kuning ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan papeda. Menjadi paling unik karena saat cara memakannya menggunakan sumpit.

Caranya dengan memutar sumpit pada papeda kemudian dicampur ke piring yang ada kuah kuning ini. Kemudian siap di nikmati.

Sambal Dabu-Dabu Papua

Makanan Khas Papua Sambal Dabu-Dabu Papua

Di Papua juga terdapat sambal yang tidak kalah enak untuk Kamu cicipi. Nama sambal ini adalah sambal dabu-dabu. Biasanya sambal dabu-dabu disajikan bersama dengan ikan goreng yang dimasak khas sehingga rasanya benar-benar maknyus.

Nah, sambal ini sendiri bahan-bahannya tidak dihaluskan melainkan hanya diiris tipis saja. Adapun bahannya sendiri sama yakni dibuat dengan menggunakan cabai, bawang merah, dan juga bahan pelengkap lainnya. Tahukah Kamu jika sambal ini sangat enak dan wajib untuk dicicipi lho.

Mungkin beberapa makanan khas Papua terdengar aneh dan asing di telinga. Namun, tidak ada salahnya jika Kamu datang ke Papua dan mencicipi makanan khas tradisional tersebut. Pastinya ada kok banyak makanan dari sini yang enak dan bikin Kamu ketagihan.

Jadi, jangan lupa untuk mencoba rekomendasi makanan khas Papua dari Bosmeel.com yaa. Semoga bisa bermanfaat dan jadi referensi buat temen-temen semua yaa.

Makanan Khas Toraja

Toraja merupakan salah satu daerah yang letaknya berada di Sulawesi Selatan. Terdapat banyak sekali hal yang bisa Kamu dapatkan saat berada di wilayah ini. Mulai dari melihat keunikan budaya hingga mencicipi makanan khas Toraja yang sangat lezat.

Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata alam yang indah lho. Nah, bagi Kamu yang belum memiliki rencana liburan, buruan datang ke daerah Sulawesi dan mengelilingi berbagai wisatanya.

Salah satu hal yang paling utama dan selalu diburu wisatawan setelah sampai ditempat baru adalah kulinernya. Penasaran dengan apa saja jenis makanan khas Toraja halal yang bisa Kamu cicipi saat di Sulawesi Selatan?

Macam macam Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan


Video Makanan Khas Toraja Pa’piong Halal dan Cara Membuatnya

“Kamu tidak perlu garpu perak untuk mendampingimu makan. Tapi kamu perlu tangan kosong untuk menikmati makanan khas Toraja ini.”

Nah, setelah sampai di Toraja Kamu bisa beristirahat sebentar dan melanjutkan perjalanan ke tempat wisata. Disela-sela peristirahatan, Kamu juga bisa sambil memakan beberapa kuliner khas yang dijual di sepanjang jalan, seperti:

1. Makanan Khas Toraja Pantollo Lendong

Jenis Makanan Khas Toraja Halal Pantollo Lendong

Gambar Makanan Khas Toraja Halal Pantollo Lendong

Nah, jenis makanan khas Toraja halal yang wajib Kamu coba adalah pantollo lendong. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan pantollo lendong adalah belut yang sudah dimasak menggunakan resep makanan khas Toraja.

Sekilas, bumbu yang digunakan hampir mirip dengan bumbu untuk membuat rawon. Tapi, perlu Kamu ketahui bahwa bumbu yang digunakan mengandung banyak sekali rempah. Oleh karena itu, cita rasa dari makanan ini sangat lezat.

Selain menjadi makanan khas Toraja Sulawsi, ternyata pantollo lendong merupakan makanan favorit masyarakat setempat lho. Biasanya menu kuliner pantollo lendong disajikan dalam acara upacara adat daerah Toraja.

2. Makanan Khas Toraja Pa’piong Manuk

Jenis Makanan Khas Toraja Papiong Manuk

Gambar Makanan Khas Toraja Papiong Manuk

Bahan utama yang digunakan untuk membuat resep makanan khas Toraja papiong manuk adalah daging ayam. Di daerah Jawa, nama manuk diartikan sebagai burung. Akan tetapi, di daerah Toraja maksud dari manuk adalah ayam.

Jadi, Kamu tidak perlu bingung lagi jika Kamu memesan pa’piong manuk dan yang tersaji adalah ayam. Cita rasa dari  makanan khas Toraja pa’piong manuk sangat lezat dan tentu saja tidak akan mengecewakan.

Cara membuat papiong manuk sangat mudah dan praktis. hanya dengan membersihkan ayam lalu dipotong dadu. Kemudian, campurkan ayam tersebut dengan bumbu yang kaya akan rempah serta daun mayana.

Setelah itu, tambahkan juga cabai rawit hingga ayam terasa pedas. Setelah itu masak hingga matang. Nah, bagi Kamu para pecinta pedas, makanan yang satu ini sangat direkomendasikan.

3. Jenis Makanan Khas Toraja Kririk / Karirik

Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan Karirik atau Kririk

Gambar Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan Karirik atau Kririk

Jenis makanan tradisional karirik hampir mirip dengan pokon makanan khas Toraja halal. Perbedaannya hanya terdapat dan yang digunakan untuk membungkusnya. Karirik dibungkus menggunakan daun aren, sehingga terlihat lebih menarik para peminat kuliner.

Pada zaman dahulu, umumnya makanan khas Toraja halal karirik ini bisa Kamu temui hanya saat ada hajatan saja.

Akan tetapi, sekarang ini sudah tidak lagi. Banyaknya orang yang menjual jenis makanan khas Toraja karirik, membuat Kamu bisa menemukannya dimana saja.

4. Makanan Khas Toraja Tutuk Utan

Oleh oleh Makanan Khas Toraja Tutuk Utan

Gambar Makanan Khas Toraja Tutuk Utan

Makanan khas Toraja Sulawesi Selatan yang satu ini dibuat menggunakan bahan dasar sayur sayuran. Tutuk artinya yaitu ditumbuk, sedangkan utan artinya sayuran. Jadi, cara membuat resep makanan khas Toraja halal tutuk utan adalah dengan cara ditumbuk.

Sayuran yang digunakan untuk membuat tutuk utan adalah daun singkong yang sudah ditumbuk. Kemudian dimasak bersama dengan daging yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan juga kelapa yang sudah diparut dan cabai rawit ke dalamnya.

Rasa dari jenis makanan khas Toraja tutuk utan yang satu ini sangat lezat dan pedas. Kuliner ini sangat cocok untuk teman-teman yang menyukai rasa pedas.

Bagi teman-teman yang sedang berlibur di Toraja, jangan lupa untuk berburu kuliner makanan khas Toraja hala tutuk utan ya.

Macam macam Makanan Khas Maluku

Setelah puas berkeliling seputar makanan khas Toraja halal, kini saatnya Kamu berpindah ke makanan tradisional khas Maluku. Daerah yang satu ini juga tidak kalah dengan daerah lain yang memiliki berbagai kuliner unik. Berikut beberapa makanan khas Maluku seperti:

1. Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Toraja Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Makanan khas Maluku papeda merupakan salah satu makanan pokok masyarakat setempat. Ya, bisa dibilang papeda adalah makanan pengganti nasi. Sebab, bahan utama yang digunakan untuk membuatnya adalah sagu.

Bentuk makanan ini adalah putih seperti lem dan rasanya tawar. Oleh karena rasanya yang tawar, membuat makanan yang satu ini cocok digunakan sebagai pengganti nasi. Meski rasanya tawar, namun makanan ini akan terasa dingin diperut.

Kamu bisa menyantapnya bersama dengan ikan kuah kuning. Menu yang satu ini bisa Kamu temui di beberapa restoran atau rumah makan di daerah Maluku. Nah, untuk Kamu yang sedang berada di wilayah Maluku buruan coba makanan yang satu ini!

2. Ikan Asar

Makanan Khas Toraja Ikan Asar

Ikan asap atau yang bisa disebut sebagai ikan asar ini merupakan salah satu makanan khas Maluku yang wajib Kamu coba. Selain itu, Kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah lho.

Ya, hal ini dikarenakan ikan asap mampu bertahan hingga sepekan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat menu ini adalah ikan seperti ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cakalang.

Cara pengolahannya juga sangat unik lho. Ya, pertama-tama ikan utuh dibumbui terlebih dahulu. Kemudian ditusuk menggunakan bambu lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, asapi hingga ikan tersebut matang.

3. Gohu Ikan

Makanan Khas Toraja Gohu Ikan

Tak kalah dengan negara Jepang yang memiliki makanan dengan bahan mentah. Ternate juga memilikinya juga lho. Ya, nama makanan dengan bahan mentah tersebut adalah gohu ikan.

Nah, ikan yang digunakan untuk membuatnya adalah ikan tuna. Yang kemudian dicampur dengan beberapa bumbu dengan rempah pilihan. Tentunya rasa yang diciptakan sangat lezat dan unik.

Makanan ini sangat cocok disantap dengan nasi atau makanan pokok lainnya. Bagi Kamu yang suka kuliner unik, buruan beli makanan khas Maluku yang satu ini.

Macam macam Makanan Khas Maluku Utara

Liburan ke Maluku jangan lupa mampir ke Maluku Utara. Daerah yang satu ini patut Kamu kunjungi. Selain memiliki berbagai wisata alam yang indah, juga memiliki wisata kuliner yang lezat lho.

Memang sih, makanan khas Maluku Utara gohu ikan yang terkenal. Namun, beberapa makanan khas berikut ini rasanya juga enak dan bisa Kamu cicipi:

1. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Toraja Ikan Kuah Pala Banda

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berasal dari pulau Banda. Dimana daerah yang satu ini sangat terkenal akan penghasil rempah terbanyak di Indonesia. Kepopulerannya ini sudah terlihat jelas sejak zaman penjajahan Belanda.

Nah, bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan kerapu atau ikan kakap.

Makanan ini diolah menggunakan berbagai rempah pilihan seperti lada, pala, bawang dan lain-lain. Selain diolah menggunakan rempah pilihan makanan ini juga memiliki keunikan lain lho, seperti:

  • Nama makanan ini diangkat dari nama sebuah pulau
  • Cita rasa dan tampilan dari makanan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner
  • Bahan racikan khusus yang digunakan menjadi salah satu faktor yang membuat cita rasa makanan ini terlihat lebih unik.

2. Gatang Kenari

Makanan Khas Toraja Gatang Kanari

Berbeda dengan menu sebelumnya yang bahan dasarnya adalah ikan. Gatang kenari ini dibuat menggunakan bahan utama kepiting. Meski sempat dilarang pemerintah untuk mengolah kepiting, karena populasinya semakin sedikit.

Namun, untuk mempertahankan makanan khas, pihak restaurant meminta izin pada pengurus setempat agar bisa mendapatkan kepiting tersebut. yang akan digunakan untuk membuat gatang kenari.

Hingga saat ini, makanan khas yang satu ini masih bisa ditemui di beberapa resto. Meski tidak semua resto menyediakan, tapi Kamu masih bisa menikmatinya di beberapa resto yang menyediakan menu ini lho.

3. Nasi Kuning Begadang

Makanan Khas Toraja Nasi Kuning Begadang

Sama seperti namanya, nasi kuning yang satu ini hanya ada pada malam hari. Yaitu mulai dari jam 18.00 hingga jam 03.00 waktu setempat. Jadi, untuk Kamu yang sering kelaparan tengah malam, kini Kamu bisa mengisi perut dengan makanan khas ini.

Meski bentuknya hampir sama seperti nasi kuning yang ada pada umumnya. Tapi cita rasa dari nasi ini berbeda dan tentu saja sangat lezat. Untuk Kamu yang penasaran dengan keunikan rasanya, buruan beli sekarang juga!

Macam macam Makanan Khas Ambon

Jika Kamu sedang berwisata ke Ambon hal yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah kuliner khasnya. Ya, karena Kamu tidak akan menemukan makanan ini di daerah manapun kecuali Ambon.

Benar, sebagian makanan khas Ambon dari sagu. Tapi jangan salah, masih banyak lagi makanan tradisional lain seperti beberapa menu yang wajib untuk Kamu coba ini:

1. Sambal Colo-Colo

Makanan Khas Toraja Sambal Colo-colo

Dari tadi pasti Kamu penasaran mengenai sambal yang satu ini. Sebab, hampir semua makanan jika disantap dengan sambal colo-colo akan menjadi lebih nikmat.

Nah, cara membuat sambal ini sangat mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa bahan. Seperti bawang merah, cabai rawit, perasan jeruk nipis, tomat, gula dan garam. Jika semua bahan sudah halus, tabahkan daun kemangi segar untuk menambah cita rasanya.

Selain mudah dibuat, rasa dari sambal colo-colo ini sangat lezat dan cocok untuk dimakan bersama menu apapun lho. Untuk Kamu yang belum pernah mencobanya, buruan beli dan santap bersama makanan khas Ambon yang lain.

2. Bagea

Makanan Khas Toraja Bagea

Kue yang satu ini merupakan salah satu kue yang recommended banget untuk Kamu coba. Teksturnya yang sangat keras membuat orang yang mengkonsumsinya lebih tertantang. Selain itu, makanan ini juga memiliki beberapa kelebihan lain lho, seperti:

  • Bisa dibawa kemana-mana
  • Bisa disantap kapan saja dan dimana saja
  • Cocok digunakan untuk makanan ringan atau cemilan saat di perjalanan.

3. Kopi Sibu sibu

Makanan Khas Toraja Kopi Sibu-sibu

Jika biasanya saat malam hari Kamu minum teh jahe atau semacamnya. Di daerah Ambon, Kamu bisa mencoba minuman yang satu ini. Rasanya tidak kalah dengan teh jahe atau minuman apapun.

Ya, minuman khas Ambon yang harus Kamu coba adalah kopi sibu-sibu. Kamu bisa meminumnya bersama dengan beberapa makanan lain. Seperti ketan yang sudah ditaburi kelapa dan disiram gula aren, getuk dan makanan kecil lainnya.

Selain bisa menambah nikmatnya minum kopi, Kamu juga bisa kenyang dan lebih sehat setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Selain malam hari, Kamu juga bisa menikmatinya pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi.

Nah, saat liburan ke Toraja jangan lupa mampir ke beberapa warung makanan yang menyediakan jenis makanan khas Toraja halal. Selain terdapat menu makanan khas, daerah ini juga menyediakan beberapa minuman khas lho.

Mengenai cita rasa, tidak perlu diragukan lagi. seperti yang sudah dijelaskan di atas setiap makanan khas daerah yang ada pasti rasanya lezat.

Makanan Khas Riau

Makanan Khas Riau – Mengunjungi suatu daerah rasanya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khasnya. Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang memiliki banyak daerah dimana setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing.

Mulai dari makanan khas Sunda, makanan khas Bali atau bahkan makanan khas dari Papua dan masih banyak makanan khas daerah lainnya.

Nah, bagi Kamu yang sedang berada di Riau baik untuk perjalanan bisnis atau liburan, maka Kamu juga wajib untuk mencicipi makanan khas daerah ini.

Kuliner Khas Riau Yang Wajib Kamu Cicipi

Mengapa makanan kahs Riau banyak digemari? Tentunya karena ada alasan yang ada di dalamnya. Untuk kamu yang penasaran dengan alasannya, langsung saja simak penjelasannya di sini.

  • Ada gulai ikan patin yang terkenal dengan rasnaya yang nikmat.
  • Dibuat dengan sepenuh hati dan dimasak dengan bumbu rempah pilihan untuk mendapatkan rasa yang terbaik.
  • Bahan-bahan yang digunakan juga berkualiats sehingga untuk masalah rasa tidak diragukan lagi.
  • Dibuat dengan menggunakan resep turun temurun.

Makanan khas Riau sendiri ada banyak sekali dan untuk masalah rasa tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. makanan-makanan ini juga tentunya akan membangkitkan selera makan Kamu.

Bagi Kamu yang berada di Riau, jangan lupa untuk mencicipi beberapa rekomendasi makanan khas Riau di bawah ini;

Gulai Ikan Patin

Makanan Khas Riau Gulai Ikan Patin

Makanan khas Riau pertama yang harus Kamu cicipi jika datang ke Riau adalah gulai ikan patin. Ya, makanan yang satu ini menang menjadi primadona kuliner di Riau.

Gulai ikan patin akan semakin enak jika Kamu menyantapnya bersama keluarga baik pada saat makan siang ataupun makan malam.

Untuk masalah kelezatan, gulai ikan patin tentunya rasanya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, jika Kamu datang ke Riau, maka Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini.

Adapun ciri khas dari gulai ini adalah warna kuahnya yang kuning pekat dan juga kental. Akan terasa lebih nikmat jika Kamu menyantap makanan yang satu ini dengan ubi dan juga nasi hangat.

Nasi Lemak

Makanan Khas Riau Nasi Lemak

Selain gulai ikan patin, Kamu juga bisa mencicipi nasi lemak khas Riau. Tentunya sudah sering mendengar istilah nasi lemak bukan. Namun boleh jadi kamu belum pernah mencicipinya.

Kuliner khas Riau satu ini sangat cocok untuk menemanimu sarapan di daerah tengah Pantai Timur Pulau Sumatra atau yang biasa kita kenal Selat Melaka. Nasi lemak ini juga memiliki rasa gurih yang khas. Rasa gurih ini hadir dari santan dan daun pandan yang dicampurkan dengan beras.

Adapun nasi lemak ini juga biasanya disantap dengan lauk pauk pelengkap seperti ikan teri, mentimun, dan juga irisan sambal.

Ikan Baung Asam Pedas

Makanan Khas Riau Ikan Baung Asam Pedas

Di Riau, Kamu juga bisa menemukan makanan yang tak kalah enak yakni ikan baung asam pedas. Makanan khas Riau ini wajib Kamu cicipi jika datang ke Riau karena rasanya yang lezat.

Ikan baung asam pedas juga menawarkan kuah yang tidak terlalu kental, sehingga lebih rendah kolesterol. Selain itu ikan baung juga dimasak dengan menggunakan rempah-rempah khusus yang membuat cita rasanya semakin kuat.

Adapun rasa asam yang muncul dari masakan ini dihasilkan dari air asam jawa dan juga asam gendis yang digunakan untuk merendam ikan terlebih dahulu agar tidak amis.

Tidak hanya enak, namun ikan baung ini juga bisa dimakan oleh anak-anak lho. Sebab, ikan baung tidak memiliki duri. Selain itu, teksturnya juga sangat lembut, sehingga anak-anak bisa mencicipinya tanpa harus merasa khawatir.

Miso

Makanan Khas Riau Miso

Miso merupakan sebuah makanan tradisional yang bahan utamanya adalah mie. Biasanya campuran dari mie kuning, mie putih, tauge dan kerupuk merah diatasnya. Makanan khas yang ini menjadi favorit karena menawarkan kuah gurih yang kaya akan rempah-rempah.

Kalau di daerah lain mungkin hampir mirip seperti mie ayam. Hampir mirip yaa. Namun tetap saja berbeda.

Karena untuk tahu kering, ayam suwir, kulit ayam, sayur sawi atau pentol bakso maupun ati ampela menjadi bagian tambahan. Dimana kalau beberapa toping tambahan tersebut untuk di makanan khas daerah lain menjadi wajib.

Sebagai contoh mie ayam. Sudah pasti ada daging ayam atau pun ayam suwirnya bukan?

Nah, seperti itu. Namun untuk urusan rasa, saya saranin langsung coba aja deh. Soalnya untuk rasa makanan, lidah emang ngga bisa bohong.

Sop Tunjang

Makanan Khas Riau Sop Tunjang

Mau cari kuliner khas Riau yang hangat dan cocok untuk menghangatkan badan? Jika iya, maka sop Tunjang ini adalah solusi yang paling tepat. Sop Tunjang menjadi salah satu makanan khas Riau yang sangat cocok dinikmati saat santap bersama dengan keluarga.

Sop ini memiliki kuah yang sangat gurih dan pastinya rasanya juga sangat khas. Selain itu, dalam sop ini juga terdapat tulang yang membuat cita rasanya semakin mantap.

Adapun jenis tulang yang biasanya digunakan adalah tulang kaki sapi yang masih segar dan masih ada dagingnya meskipun sedikit.

Nah, daging tulang ini juga sangat lembut dan enak karena sebelum dibuat sop sudah direndam terlebih dahulu dengan menggunakan rempah-rempah yang khas.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa menemukan toping lainnya seperti daun bawang, kentang, wortel, dan juga tomat yang akan membuat cita rasanya semakin mantap.

Bagi Kamu yang ingin mencicipi sumsumnya, Kamu bisa mencicipinya menggunakan sedotan dengan cara langsung disedot.

Sop dan Sate Rusa

Makanan Khas Riau Sop dan Sate Rusa

Pernahkah Kamu makan daging rusa? Jika belum, maka Kamu bisa mencicipinya di Riau. Pasalnya, di Riau ada makanan khas yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar Rusa. Nah, daging rusa ini diolah menjadi sop dan sate.

Daging rusa sendiri juga sangat enak dijadikan sop dan sate karena teksturnya yang sangat empuk. Bahkan, daging ini juga sangat cocok untuk dinikmati semua kalangan lho.

Nah, kedua makanan ini akan lebih mantap jika disantap dengan nasi putih. Oh iya, sop dan sate ini juga dimasak dengan rempah khas sehingga rasanya juga khas banget. Untuk Kamu yang penasaran, maka saat datang ke Riau Kamu harus mencicipinya.

Mie Sagu

Makanan Khas Riau Mie Sagu

Makanan khas Riau selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah mie sagu. Ini adalah salah satu makanan khas Riau yang unik, kreatif dan juga sangat inovatif.

Jika biasanya Kamu menemukan mie yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung terigu, maka mie yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung sagu.

Karena keunikan nya inilah menjadikan mie sagu menjadi salah satu makanan yang paling sering diburu oleh para wisatawan. Apalagi untuk para penderita diabetes, adanya mie sagu ini tentunya sangat membantu dan bisa mengontrol gula darah mereka tanpa harus susah-susah dalam memilih makanan yang enak.

Salah satu hal yang membuat mie ini banyak disukai adalah rasanya yang enak banget. Apalagi mie ini juga dilengkapi dengan ikan teri goreng, daun kucai dan juga taoge rebus. Tidak hanya enak, namun mie sagu juga memiliki kandungan gizi yang tinggi lho.

Roti Jala

Makanan Khas Riau Roti Jala

Datang ke Riau jangan lupa untuk mampir dan mencicipi makanan khas Riau selanjutnya yang disebut dengan Roti Jala. Sesuai dengan namanya, makanan ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu.

Roti ini akan semakin enak jika dijadikan camilan yang disantap di sore hari untuk menikmati waktu bersantai.

Namun, tahukah Kamu jika ada awalnya roti jala hanya menjadi sebuah hidangan yang dibuat dan disajikan pada acara-acara pesta saja.

Seiring berjalannya waktu, saat ini Kamu bisa dengan mudah menemukan keberadaan roti ini bahkan di setiap sudut kota. Biasanya, roti ini juga sudah dilengkapi dengan kuah kari baik itu kari ayam, kari daging sapi, ataupun kari daging kambing.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa menikmati makanan yang satu ini dengan menggunakan saus ataupun kuah durian. Hmm, dijamin deh rasanya enak banget dan tidak akan membuat Kamu menyesal telah mencicipinya.

Cincalok

Makanan Khas Riau Cincalok

Bisa dikatakan cincalok merupakan makanan khas Riau yang terbuat dari olahan ikan laut. Cincalok sendiri dibuat dari udang kecil yang sudah difermentasi terlebih dahulu. Hal inilah yang menjadikan cincalok memiliki roma serta rasa yang begitu khas.

Biasanya banyak orang yang menjadikan cinalok sebagai pelengkap sambal. Bahkan, Kamu juga bisa langsung menyantapnya dengan nasi putih hangat. Hmm dijamin rasanya enak banget dan akan membuat nafsu makan Kamu meningkat.

Ikan Selais Asap

Makanan Khas Riau Ikan Selapis Asap

Makanan khas Riau berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah ikan selais asap. Sebuah kuliner tradisionah daerah yang dimasak dengan cara diasap terlebih dahulu.

Setelah diasap, baru deh ikan ini bisa diolah kembali baik dengan cara dipindang ataupun digulai juga bisa.

Jenis ikan yang satu ini juga memiliki rasa yang sangat khas lho. Sebab, sebelum diolah kembali, proses pengasapan yang dilakukan memakan waktu kurang lebih  8 jam.

Hal inilah yang menjadikan teksturnya sangat renyah dan mudah untuk dimakan. Tidak hanya itu saja, namun Kamu juga bisa membawa makanan khas Riau ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah.

Kue Asidah

Makanan Khas Riau Kue Asidah

Selain makanan khas Riau di atas, Kamu juga bisa mencicipi makanan khas lainnya yang rasanya juga tidak kalah enak. Nama makanan ini adalah kue asidah. Kue ini memiliki rasa yang manis dan bisa dikatakan sebagai makanan yang langka.

Untuk membuat kue ini, maka bahan yang harus dimasukkan seperti kayu manis, daun pandan, dan juga cengkeh untuk mengeluarkan aroma harumnya. Tidak hanya itu saja, namun kue ini juga memiliki bentuk yang cantik lho, sehingga sayang untuk dimakan.

Gulai Belacan

Makanan Khas Riau Gulai Belacan

Salah satu makanan khas Riau yang bisa Kamu coba selanjutnya adalah gulai belacan. Kuliner gulai yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar udang segar yang kemudian dimasak dengan menggunakan santan sehingga kuahnya sangat kental.

Tidak hanya itu, dalam proses memasaknya juga diperlukan beberapa bumbu yang pas seperti kemiri, asam lada dan juga gula jawa. Nah, untuk jenis udangnya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang pastinya menu yang satu ini sangat enak.

Minuman Es Air Mata Pengantin

Makanan Khas Riau Minuman Es Air Mata Pengantin

Butuh yang segar-segar saat berada di Riau, jika iya maka Kamu harus mencicipi es air mata pengantin. Minuman yang satu ini hanya bisa Kamu temukan di Riau saja dimana rasanya enak dan menyegarkan banget.

Sebab, dalam penyajiannya sudah dicampur dengan es batu, blewah, biji selasih dan juga sirup yang membuat rasanya semakin mantap.

Bacah Daging

Makanan Khas Riau Bacah Daging

Jika orang minang terkenal dengan olahan rendangnya. Maka masyarakat Riau juga memiliki rasa yang enak yakni bacah daging. Adapun makanan ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi segar.

Agar lebih mantap. Kamu bisa mencicipi makanan yang satu ini dengan ditambah ketupat. Di hari raya atau acara pesta, Kamu akan lebih mudah untuk menemukan makanan khas Riau ini.

Ikan Cuka

Makanan Khas Riau Ikan Cuka

Di Rau, kebanyakan makanan khasnya berasal dari olahan ikan. Nah, salah satu olahan ikan terbaik yang bisa Kamu makan adalah ika cuka.

Makanan khas yang satu ini sebelum dimasak akan digoreng terlebih dahulu. Baru deh setelah itu ikan digoreng dan bisa langsung disantap.

Gulai Cipuik

Makanan Khas Riau Gulai Cipuik

Kamu suka makanan yang terbuat dari seafood? Jika Kamu suka, maka Kamu harus banget untuk mencicipi yang namanya gulai cipuik.

Sebuah kuliner tradisional asli Riau yang nantinya akan memanjakan lidah Kamu. Bagaimana tidak rasanya yang sangat enak dan khas membuat siapa saja yang mencicipinya pasti akan ketagihan.

Tidak hanya itu saja, namun makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang lembut dan juga enak lho. Sebab, olahan siputnya sudah benar-benar dicuci bersih.

Mie Siantar atau Tarempa

Mie Siantar atau Tarempa

Ini adalah sebuah makanan khas Riau yang berasal dari bahan dasar mie. Mie ini sendiri dimasak dengan telur, udang, taoge, cabai rawit dan juga kecap.

Ada dua jenis mie tarempa yakni mie kuah basah dan mie goreng. Pastinya setiap mie memiliki rasa khas yang berbeda-beda.

Lakse Kuah

Makanan Khas Riau Lakse Kuah

Makanan khas Riau selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah lakse kuah. Kuliner tradisional asli Riau yang terbuat dari olahan ikan laut dan juga dijamin ikannya adalah ikan yang segar.

Adapun jenis ikan yang sering digunakan untuk memasak masakan ini adalah jenis ikan tongkol. Jika tidak ada, Kamu juga bisa menggantinya dengan menggunakan ikan teri. Setelah itu, jenis ikan ini akan ditumbuk dengan tujuan untuk menghaluskan nya.

Jika sudah halus, baru deh diberi kuah dengan menggunakan lakse kuah, maka Kamu akan mendapatkan kuah yang terbaik. Sebab, rasa dari makanan ini sangatlah enak.

Lopek Bugi

Makanan Khas Riau Lopek Bugi

Apa itu lopek bugi? Lopek bugi merupakan makanan khas Riau yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan. Biasanya makanan yang satu ini bisa dengan mudah Kamu menemukannya di gerai-gerai yang dekat dengan kota Riau.

Tidak hanya itu saja lho, ternyata kuliner tradisional yang satu ini juga sering dijadikan oleh-oleh lho. Pastinya oleh-olehnya oke banget, sehingga keluarga di rumah juga bisa mencicipi nikmat yang Kamu rasakan.

Mie Lendir

Makanan Khas Riau Mie Lendir

Mendengar namanya saja sudah aneh. Seperti apa gambar dari kulier khas Riau ini. Terus mengapa diberi nama mie lendir? Disebut dengan mie lendir karena kuah mie ini sangatlah kental dan tidak seperti mie pada umumnya.

Nah, tekstur kental pada kuah ini juga dikarenakan cara membuatnya dicampur dengan ubi, bumbu khas dan juga kacang goreng saja. sedangkan untuk sisa-sisanya adalah bumbu khas Riau yang masih menjadi rahasia.

Yang pastinya, mie ini sangat enak dan akan menunda lapar Kamu dengan mencicipi mie ini. nah, untuk tingkat kepedasan nya sendiri belum diketahui, namun makanan ini menjadi salah satu makanan pedas.

Ada banyak makanan yang bisa Kamu coba selama berada di Riau. Jika Kamu masih bingung mau mencicipi makanan yang mana, maka pastikan Kamu memilih salah satu atau semuanya dari makanan yang ada di sini.

Semoga dengan adanya informasi seputar makanan khas Riau ini memberikan banyak manfaat untuk Kamu yang masih bingung berburu kuliner di Riau. Selamat mencari dan semoga info ini memberikan manfaat.

Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya – Bicara makanan khas Indonesia, ternyata negara ini memiliki banyak kuliner lezat yang menggugah selera makan lho. Mulai dari makanan khas Bali dengan cita rasanya, makanan khas Sumatera, dan hingga makanan khas Jawa.

Nah, kali ini Kamu akan diajak untuk mengenal makanan khas Surabaya, yang mana kota ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia yang letaknya berada di provinsi Jawa Timur. Jika Kamu pecinta kuliner dan sedang berada di Surabaya, maka wajib hukumnya untuk mencoba makanan ini.

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Yang Enak


Video Review Makanan Paling Enak di Surabaya Jawa Timur

Jika hidup itu untuk makan, maka aku akan keliling Surabaya untuk menikmati kenikmatan kuliner di sana

Ada banyak alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan dari Surabaya. Sebuah kota yang terkenal dengan ikon gambar hiu dan buaya ini memang menawarkan kuliner yang sangat nikmat dan menggugah selera. Beberapa alasan yang harus kamu tahu diantaranya sebagai berikut:

  • Banyak makanan unik yang ditemukan di sini, seperti rujak cingur.
  • Rasnaya yang enak dan dibuat dengan rempah pilihan yang pas di lidah.
  • Harganya yang ekonomis
  • Sehat, nergizi dan pastinya halal

Mengapa? Sebab, Surabaya memiliki cita rasa yang khas yang menjadikan makanannya bisa diterima di lidah daerah manapun.

Mau tahu makanan apa saja yang bisa Kamu cicipi di Surabaya? Yuk langsung saja simak beberapa makanan khas Surabaya yang enak ada di bawah ini;

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Makanan Khas Surabaya yang Enak Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya yang Enak Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Jika Kamu mampir ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih. Di sini, Kamu akan menemukan sate kelapa yang dibuat dari bahan dasar daging ayam, sapi, udang, usus dan juga sum-sum.

Sate ini menawarkan rasa yang gurih dan bahkan menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang banyak dicari oleh masyarakat maupun para wisatawan. Sate ini tentunya sangat enak dan khas.

Jika Kamu ingin mencobanya, maka Kamu bisa datang ke jalan Walikota Mustahab No 36. Surabaya, Jawa Timur. Nah, untuk bisa mencicipi makanan ini, Kamu cukup sedia budget antara Rp. 20 ribu sampai Rp. 35 ribu saja.

Kepiting Cak Gundul 1992

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Kepiting Cak Gundul 1992

Gambar Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Kepiting Cak Gundul 1992

Jangan ngaku pecinta seafood jika Kamu belum mencicipi kepiting Cak Gundul ini. ini adalah salah satu seafood yang terkenal di Surabaya dan bahkan sudah buka sejak tahun 1992 lho. Setia harinya, kuliner ini selalu ramai karena terkenal dengan kelezatannya.

Bahkan, abangnya juga sudah dibuka dimana-mana lho. Ciri khas dari makanan yang satu ini adalah ukurannya yang besar dan seafood-nya masih dalam keadaan segar. Sehingga cita rasanya benar-benar lezat dan mantap.

Nah, untuk masalah harga, tenang saja karena di sini harganya sangat bersahabat. Selain kepiting, Kamu juga bisa memesan makanan lainnya di sini seperti ikan kerapu, ayam ataupun udang. Untuk makan di sini, Kamu bisa sedia budget mulai dari Rp. 35 ribu sampai Rp. 150 ribu.

Mie Pecun

Makanan Khas Surabaya Malam Hari Mie Pecun

Gambar Makanan Khas Surabaya Mie Pecun

Nama makanan yang satu ini cukup unik bukan? Lalu apa arti dari nama mie pecun?

Mie pecun merupakan singkatan dari mie pedas beracun. Sesuai dengan namanya, mie ini rasanya pedas dan sangat cocok untuk Kamu yang gila cabai.

Nama makanan di sini unik-unik dan tergolong vulgar. Namun, untuk masalah rasa tenang saja juara dan lezat banget jadi dijamin tidak akan mengecewakan.

Jika Kamu ingin mencicipi makanan yang satu ini, maka Kamu cukup sedia budget antara Rp. 10 ribu sampai Rp. 20 ribu saja. oh iya, alamat mie ini berada di jalan Anjasmoro lebih tepatnya di depan hotel Widodaren.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Makanan Khas Surabaya yang Enak Rujak Cingur Ahmad Jais

Gambar Makanan Khas Surabaya yang Enak Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur memang menjadi makanan khas Surabaya yang sangat melegenda. Nah, untuk Kamu yang ingin mencicipi rujak cingur, maka Kamu bisa mencoba rujak cingur ahmad jais.

Rujak cingur di sini porsi nya lebih besar dan harganya juga terbilang lebih mahal dibandingkan dengan tempat lainnya.

Namun, harga yang mahal ini tentu sesuai dengan rasa yang ditawarkan. Rasanya enak banget, dimana dalam satu porsi ini Kamu akan menemukan irisan tempe, cingur, buah-buah, tahu, bumbu yang khas dan cara membuatnya rujak ini begitu istimewa.

Zangrandi Ice Cream

5 Makanan Khas Surabaya yang Enak Zangrandi Ice Cream

Gambar Makanan Khas Surabaya Jawa TImur Zangrandi Ice Cream

Suka dengan es krim? Jika Kamu datang ke Surabaya, maka Kamu harus mencicipi es krim khas Surabaya yang satu ini. ini adalah es krim yang dibuat homemade dan memiliki cita rasa yang sangat khas.

Kamu juga bisa memilih beberapa rasa yang tersedia seperti macadonia, banana split, tuty fruity dan masih banyak lainnya.

Bahkan, ini juga menjadi salah satu es krim yang legend di Surabaya lho. Jika Kamu ingin mencicipinya, Kamu bisa langsung datang ke Jalan Yos Sudarso No 15 Surabaya.

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Tahu Campur Kalasan

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Tahu Campur Kalasan

Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Tahu Campur Kalasan

Ke Surabaya rasanya belum lengkap jika Kamu belum mencicipi makanan khas daerah tahu campur. Nah, untuk Kamu yang bingung mencari tahu campur Surabaya yang enak, maka Kamu bisa datang saja ke Tahu Campur Kalasan.

Tahu campur kalasan merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang enak dan legend banget dengan kelezatannya. Satu porsi tahu campur ini terdiri atas sayuran, irisan daging, perkedel, taoge, mie kuning, kuah kaldu daging, petis yang membuat rasanya sangat enak.

Tidak hanya rasanya yang enak, namun tahu campur di sini juga terjangkau dan dijamin tidak akan mengecewakan. Jika Kamu ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi kuliner khas Kota Surabaya yang satu ini ya.

Bebek Goreng Sinjay

Makanan Khas Surabaya yang Enak Bebek Goreng Sinjay

Gambar Makanan Khas Surabaya Untuk Oleh oleh Bebek Goreng Sinjay

Suka dengan olahan bebek? Jika Kamu suka maka Kamu harus mencicipi makanan khas Surabaya yang disebut dengan bebek goreng Sinjay.

Pada dasarnya kuliner tradisional ini adalah makanan khas Madura namun cabangnya ada di Surabaya, sehingga Kamu juga bisa mencicipi makanan ini di Surabaya lho.

Olahan bebek yang satu ini tentunya berbeda dengan olahan bebek lainnya. Sebab, daging bebek ini sangat empuk, selain itu tidak ada bau amis dan bahkan bumbunya juga meresap sampai ke tulang-tulang.

Apalagi dipadukan dengan sambal pencit yang mantap sekali menjadikan makanan ini sangat luar biasa untuk dicicipi.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi bebek sinjay ini, maka Kamu bisa saja langsung datang ke jalan Ahmad yani tepatnya di ruko grand Ahmad Yani Blok K No 151.

Makanan Khas Surabaya Rawon Setan

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Rawon Setan

Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Rawon Setan

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya rawon. Namun, sudahkah Kamu mencicipi rawon setan? Jadi, dada makanan khas Surabaya yang sangat enak dan pedas dan bisa Kamu cicipi yang disebut dengan rawon setan.

Rawon ini memiliki rasa yang enak dan mantap, tidak heran jika untuk mencicipinya kadang Kamu harus antre terlebih dahulu. Daging sapi yang ada di sini juga empuk dan besar lho. Hal inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk makan rawon setan.

Nasi Krawu Hj. Sufayah

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Nasi Krawu Hj Sufayah

Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Nasi Krawu Hj Sufayah

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah nasi Krawu. Nah, untuk Kamu yang ingin mencoba nasi krawu yang enak, maka Kamu bisa mencobanya di Nasi Krawu Hj. Sufayah. Nasi krawu di sini memiliki rasa yang gurih pedas dan enak banget.

Selain itu, di sini Kamu juga bisa menemukan beberapa jenis nasi krawu sesuai selera lho. Ada nasi krawu kikil, nasi krawu daging, dan masih ada lagi lainnya. Yang pastinya saat Kamu mencicipi nasi krawu di sini Kamu tidak akan kecewa karena memang rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Roti Tissue di Kedai Sabindo

Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Roti Tissue di Kedai Sabindo

Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Roti Tissue di Kedai Sabindo

Kamu pasti belum pernah mencicipi yang namanya roti tissue. Nah, di Surabaya, Kamu bisa menemukan makanan ini dengan mudahnya. Sesuai dengan namanya, roti ini begitu unik seperti martabak namun berbeda.

Ada banyak rasa yang bisa Kamu cicipi lho, mulai dari manis, gurih dan banyak lainnya. Jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan yang unik satu ini, Kamu bisa langsung datang ke kedai sabindo yang berada di jalan Gayungan Sari Timur.

Bakso Beranak

Makanan Khas Surabaya Malam Hari Bakso Beranak

Gambar Makanan Khas Surabaya Malam Hari Bakso Beranak

Bakso beranak sempat menjadi trending topic atau yang banyak dibicarakan beberrapa waktu lali. Bagi Kamu yang pecinta kuliner bakso, maka Kamu perlu mencicipi bakso beranak yang ada di daerah Surabaya.

Secara umum, bakso ini hampir sama dengan bakso beranak lainnya dimana dalam bakso besar terdapat banyak bakso kecil.

Namun untuk urusan rasa, tentunya sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, harganya yang terjangkau banget, juga ngga akan bikin Kamu berfikir panjang untuk mencoba mencicipinya.

Makanan Khas Surabaya Ta Wan

Makanan Khas Surabaya yang Enak Bubur Ta Wan

Gambar Makanan Khas Surabaya yang Enak Bubur Ta Wan

Untuk Kamu yang sedang berada di Surabaya namun tidak boleh makan nasi atau makanan yang keras, maka di sini Kamu bisa mencoba Ta Wan. Ta Wan ini adalah sebuah bubur enak yang bisa Kamu cicipi.

Rasanya yang khas ini membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan lho. Tidak hanya bubur saja, namun di sini Kamu juga bisa menemukan makanan khas Surabaya lainnya yang tak kalah enak.

Sego Sambel Mak Yeye

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Sego Sambel Mak yeye

Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Sego Sambel Mak yeye

Untuk Kamu yang sedang mencari makanan khas Surabaya malam hari yang pedas, maka Sego sambel Mak yeye ini adalah pilihan yang paling tepat. Untuk bisa makan makanan ini, Kamu bisa datang ke daerah Jagir Wonokromo.

Ada yang unik dari warung ini karena hanya dibuka menjelang tengah malam hari dan akan tutup di waktu subuh. Meskipun demikian, nyatanya setiap harinya warung Segi Sambel Mak Yeye ramai lho. Hal ini karena memang cita rasanya yang enak dan membuat siapa saja ketagihan.

Apalagi untuk Kamu yang kerja di jam malam dan lapar di jam genting ini. Maka, makanan tradisional khas daerah ini adalah solusi paling tepat untuk mengobati rasa laparmu.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Surabaya juga memiliki makanan khas yang disebut dengan lontong balap. Nah, untuk Kamu yang sedang mencari lontong balap yang enak, maka lontong balap garuda Pak gendut adalah solusi yang paling tepat.

Ini adalah sebuah warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 dan menjual lontong dengan rasa yang sama dari generasi ke generasi. Hal inilah yang menjadikan lontong balap garuda Pak Gendut banyak dicari orang, bahkan dari luar kota juga lho.

Tahu Telor dan Tahu Tek Pak Jayen

Makanan Khas Surabaya yang Enak Tahu Telor dan Tahu Tek Pak Jayen

Gambar Makanan Khas Surabaya yang Enak Tahu Telor dan Tahu Tek Pak Jayen

Lagi di Surabaya, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi tahu telor dan tahu tek Pak jayen. Di sini Kamu bisa makan tahu yang dikocok dengan telur dna kemudian digoreng dan dipotong dadu.

Kemudian tahu tersebut dicampurkan dengan tauge, kentang dan disiram dengan saus kacang yang pedas serta dicampur dengan petis. Hmm, tentunya ini enak banget. Tak lupa di bagian atasnya juga ditambah dengan kerupuk udang yang kriuk.

Membayangkannya saja sudah berliur. Nah, jika Kamu ingin mencicipinya, maka Kamu bisa datang langsung ke Jalan Dharmahusada No 112, Mojo, Gubeng, Surabaya. Dijamin deh Kamu tidak akan merasa kecewa karena rasanya memang benar-benar lezat banget.

Soto Lamongan Cak Har

Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Lamongan Cak Har

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Lamongan Cak Har

Mau cari soto lamongan di Surabaya yang rasanya enak?

Kamu wajib datang ke Soto Lamongan cak Har. Di sini, Kamu bisa menikmati lezatnya soto lamongan yang dibuat dengan menggunakan daging ayam kampung lho.

Tidak hanya itu saja, keistimewaan lain dari salah satu makanan khas Jawa Timur yang satu ini adalah Kamu akan menemukan taburan koya yang gurih.

Sehingga akan menambah kelezatan dari makanan ini. Biar lebih mantap. Kamu juga bisa menambahkan sambal lengkap dengan perasan jeruk nipis. Hmm. Jadi pingin deh.

Karena soto ini sangat populer, oleh karena itu jika Kamu ingin mencicipinya pastikan angan sampai jam makan siang ya. Sebab, biasanya soto lamongan ini sudah habis sebelum jam makan siang.

Soto Gubeng Pojok

Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Gubeg Pojok

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Gubeg Pojok

Masih dengan soto di Surabaya, untuk Kamu yang suka dengan soto, maka Kamu bisa mencicipi Soto Gubeng Pojok. Hal yang membedakan soto ini dengan soto milik Cah Har adalah soto ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging dan jeroan sapi.

Kaldu yang mantap dan gurih menjadikan soto ini sangat enak untuk dinikmati selagi panas. Hanya saja porsi soto ini bisa dikatakan sedikit, sehingga Kamu harus pesan dua porsi jika ingin puas menyantap soto ini.

Makanan Khas Surabaya Kupang Lontong Cak Kartolo

Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Kupang Lontong Cak Kartolo

Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Kupang Lontong Cak Kartolo

Masih dengan makanan khas Surabaya. Bagi Kamu yang masih bingung mau kuliner tradisional apa di Surabaya, bisa mencoba Kupang Lontong Cak Kartolo.

Kupang lontong ini terdiri dari lontong dan kupang yang diapudakan dengan kuah campuran dari petis. Kupang ialah binatang sejenis kerang yang berbentuk kecil-kecil berwarna pucat.

Kuliner yang satu ini memang bukan kuliner asli Surabaya. Namun tidak ada salahnya jika Kamu mencicipinya karena letaknya yang berada di Sidoarjo dan cukup dekat kok.

Pastinya Kamu akan dimanjakan dengan kupang yang sangat enak. Jika Kamu tertarik, Kamu bisa datang ke Terminal Larangan, Candi, Sidoarjo.

Bubur Madura Pasar Atom

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Bubur Madura Pasar Atom

Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Bubur Madura Pasar Atom

Jika tadi adi atas sudah dibahas makanan khas Surabaya yang berat-berat. Maka, kini saatnya Kamu tahu desert satu makanan penutup yang bisa dicari di Surabaya. Salah satu makanan yang bisa Kamu coba adalah  Bubur Madura yang ada di pasar atom.

Jika Kamu ingin mencicipi maknanya yang satu ini, Kamu bisa datang ke lantai dasar pasar atom tahap II. Di sana Kamu akan menemukan banyak penjual bubur madura, apa sih sebenarnya bubur Madura itu?

Bubur madura adalah bubur sum-sum yang disiram dengan sirup gula merah. Tidak hanya itu, namun juga ditambah dengan ketan hitam, ketan putih, mutiara, klanting, biji salak yang manis membuat rasanya enak dan khas banget.

Bubur ini sangat cocok untuk menemani sarapan Kamu di Surabaya lho. Nah, untuk Kamu yang masih bingung dengan lokasinya, Kamu bisa datang saja ke jalan Bunguran No 45, Bongkaran, Pabean Cantia, Surabaya.

Ada banyak makanan khas Surabaya yang bisa Kamu cicipi saat berkunjung ke Ibukota Jawa Timur. Pastinya makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas sudah dijamin rasanya dan tidak akan membuat Kamu menyesal saat mencoba.

Bahkan, mungkin Kamu akan rindu dan ingin mencicipinya lagi dan lagi. Oh iya, untuk masalah harga, tenang saja makanan di atas harganya masih sangat terjangkau kok.

Selain itu, lokasinya juga mudah untuk ditemukan sehingga Kamu tidak perlu khawatir ngga ketemu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk langsung berburu makanan di Surabaya sekarang juga.

Makanan Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya – Kurang pas rasanya kalau kamu berkunjung ke suatu tempat tidak menikmati makanan khas daerah dan asli dari tempat yang kamu kunjungi.


Video Review Makanan Khas Tasikmalaya Bakso Gejrot

Nah, apabila kamu mengunjungi Kota Tasikmalaya, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Tasikmalaya yang sangat menggugah selera berikut ini:

1. Makanan Khas Tasikmalaya Nasi Cikur

makanan khas tasikmalaya nasi cikur

Gambar Makanan Tradisional Kota Tasikmalaya Nasi Cikur

Nasi Cikur adalah nasi yang dibuat dengan campuran kencur. Biasanya kencur yang digunakan adalah kencur muda atau kencur yang umbinya masih berwarna putih.

Tambahan kencur ini ternyata yang membuat makanan khas Tasikmalaya nasi cikur menjadi terasa lebih renyah, walaupun sedikit getir.

Cara membuatnya hampir mirip dengan nasi goreng. Bumbu yang digunakan untuk menggoreng nasi cikur yaitu bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng, dan kencur muda.

Selain itu juga ditambah minyak sayur dan cabai merah besar. Nasi digoreng dengan bumbu tersebut yang sudah dihaluskan, diaduk rata sampai matang.

Nasi cikur khas Tasikmalaya biasanya disajikan dengan tambahan beragam lauk seperti telur dadar, suwiran daging ayam, serundeng, tahu goreng, acar wortel, dan keripik tempe.

Untuk yang suka pedas, bisa juga ditambah dengan sambal goang khas Tasikmalaya. Kamu bisa menikmati nasi cikur di Rumah Makan Ny. Iyen di Kantin 43 Tasikmalaya.

2. Makanan Khas Tasikmalaya Kolontong

makanan khas tasikmalaya kolontong

Gambar Makanan Khas Tasikmalaya Kolontong

Kolontong adalah makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan. Kudapan ini menjadi salah satu makanan yang selalu ada di rumah warga Tasikmalaya saat Lebaran.

Tempat pembuatan kolontong yang terkenal dan masih eksis yaitu di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kolontong mentah yang sebelumnya dikeringkan di bawah sinar matahari , dijemur sampai benar-benar kering. Setelah itu, kolontong dipanggang. Produksi kolontong saat bulan puasa dan menjelang Idul Fitri pasti naik berlipat-lipat.

3. Rengginang Oyek

oleh-oleh makanan khas tasikmalaya rengginang oyek

Gambar Oleh-oleh Makanan Khas Tasikmalaya Rengginang Oyek

Salah satu kawasan pembuat rengginang oyek yang paling enak di Tasikmalaya adalah Tenjowaringin. Rengginang oyek khas Tasikmalaya teksturnya renyah dan enak. Hal ini karena proses pengolahannya cukup panjang dan lama.

Bahan baku rengginang oyek adalah singkong. Cara membuatnya yaitu singkong dikupas sampai bersih. Setelah itu diris tipis-tipis, lalu ditambah bumbu seperti ketumbar dan kencur.

Setelah dicampur dengan bumbu, singkong tadi dijemur sampai kering, lalu digoreng dan bisa dikonsumsi untuk sajian di meja tamu.

4. Bubur Ayam Haji Zaenal

makanan khas tasikmalaya bubur ayam zaenal

Gambar Makanan Tradisional di Kota Tasikmalaya Bubur Ayam Zaenal

Pecinta bubur ayam kalau ke Tasikmalaya, wajib mampir mencicipi Bubur Ayam Haji Zainal yang letaknya di Jalan Kalektoran, Kabupaten Tasikmalaya. Bubur di tempat ini terkenal enak dan bikin orang ketagihan ingin balik lagi.

Bubur ayam khas Tasikmalaya ini sangat legendaris karena sudah berdri sejak tahun 1969, dan rasanya tidak pernah berubah dari dulu.

Tekstur buburnya tidak terlalu kental dan toppingnya sangat melimpah. Ada banyak varian toping seperti ayam kampung suwir, hati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Harganya untuk porsi kecil Rp 15.000 dan porsi besar Rp 25.000. Memang terlihat mahal untuk harga bubur ayam dibandingkan dengan bubur ayam gerobakan pada umumnya.

Tapi harga ini sangat sebanding karna porsi bubur ayamnya sangat banyak, bisa sampai satu mangkuk full. Warung ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang atau sampai habis.

Rekomendasi makanan khas daerah yang unik dan jarang diketahui banyak orang ada disini:

Contoh Nama Makanan Khas Sunda Jawa Barat yang Unik
Nama Makanan Khas Bandung yang Murah di Malam Hari
Nama Makanan Khas Kuningan Jawa Barat yang Terkenal

5. Sale Pisang

oleh oleh makanan khas tasikmalaya jawab barat sale pisang

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Tasikmalaya Sale Pisang

Sale pisang adalah makanan khas Tasikmalaya yang dibuat dengan cara menyisir pisang dengan tidak terlalu tebal.

Setelah disisir, kemudian dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah itu, sale pisang bisa dikonsums langsung atau bisa dgoreng dulu dengan tepung agar lebih renyah.

6. Soto Ayam Pataruman

minuman dan makanan khas tasikmalaya soto pataruman

Gambar Minuman dan Makanan Tradisional di Kota Tasikmalaya Soto Pataruman

Soto Ayam Pataruman merupakan warung soto  paling legendaris di Tasikmalaya. Pemiliknya, Ibu Rina, sudah berjualan soto sejak tahun 1960-an. Hayo, kamu sudah lahir belum?

Sebenarnya soto ayam pataruman ini hampir sama dengan soto biasanya, tapi karena rasanya yang khas tidak berubah sejak dulu, yang menjadikan banyak orang selalu ingin makan lagi di tempat ini.

Satu porsi soto ayam pataruman berisi suwiran dagian ayam bagian paha, dada, kulit, ati ampela, telur, ceker, dan kepala. Selain itu juga ditambah kedelai goreng, irisan daun bawang, bawang goreng, dan jeruk nipis bagi yang suka.

Untuk kamu yang penasaran dengan kelegendarisan rasanya, langsung menuju lokasinya yang terletak di Jalan Pataruman nomor 23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya. Bukanya biasanya mulai jam enam pagi sampai jam 8 malam.

7. Mie Baso Laksana

Makanan Khas Tasikmalaya Mie Baso Laksana

Gambar Makanan Paling Khas di Kota Tasikmalaya Mie Baso Laksana

Tasikmalaya katanya dikenal dengan kota “seribu bakso”. Tidak heran di daerah ini banyak sekali gerobak bakso dan warung bakso yang berjualan, dan herannya selalu laris dibeli pembeli.

Bakso yang dijual pun banyak variannya, ada bakso mercon, bakso kikil, bakso gejrot, dan masih banyak lagi.

Namun yang paling terkenal adalah Mie Baso Laksana. Letak warungnya ada di  Jl. Pemuda nomor 5 Tasikmalaya, tepatnya di belakang Masjid Agung  Tasikmalaya.

Menunya juga banyak ragamnya, ada bakso pangsit, bakso kuah, bakso babat, mie yamin, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari sisi harganya, memang harga mie dan bakaso laksana bisa dua kali lipat lebih mahal dibanding bakso lainnya.

Tapi harga ini sebanding dengan rasa bakso dan mienya yang gurih serta sudah bersertifikat halal MUI. Selain itu nuansa warung yang jadul tapi bersih dan rapi menjadi nilai tambah juga kenapa warung bakso ini sangat ramai dan laris.

Semua menu disajikan secara terpisah, 1 mangkok mie, 1 mangkok bakso dan kuah serta 1 mangkok pangsitnya.

Yang khas dari mie dan bakso laksana adalah sambal bawangnya disajikan diatas meja. Apabila dicampur dengan mie atau baksonya akan menambah cita rasa khas dan enak.

8. Keripik Sukun

oleh-oleh makanan khas tasikmalaya keripik sukun

Gambar Oleh-oleh Camilan Tradisional Daerah Tasikmalaya Keripik Sukun

Dari namanya saja kita sudah tahu kalau keripik sukun adalah keripik yang terbuat dari sukun. Buah sukun yang sudah dibersihkan, diiris tipis lalu dicampur bumbu-bumbu, dan terakhir digoreng sampai garing.

9. Tahu Bulat

oleh oleh makanan khas tasikmalaya tahu bulat

Gambar Oleh-oleh Makanan Khas Tasikmalaya Tahu Bulat

Tahu bulat yang biasa dijajakn dengan harga lima ratusan per bijinya ternyata adalah makanan khas Tasikmalaya yang sangat terkenal.

Tahu ini bentuknya bulat, tidak seperti tahu biasa yang berbentuk kotak. Rasanya gurih, dan biasanya dgoreng garing.

Sekarang banyak penjual tahu bulat yang memberi inovasi rasa. Ada yang menambah tahu bulat dengan bumbu rasa pedas, manis, barbeque, dan masih banyak rasa lagi. Tahu bulat sangta nikmat dimakan saat masih hangat.

10. Cilok Goang

nama makanan khas tasikmalaya cilok goang

Gambar Makanan Khas Tasikmalaya Cilok Goang

Cilok adalah singkatan dari aci yang dicolok, Tapi, cilok goang khas Tasikmalaya ini tidak dicolok atau ditusuk acinya, melainkan dibiarkan begitu saja lalu disiram dengan kuah sambal goang.

Sambal goang adalah sambal khas sunda yang terbuat dari cabai, bawang putih, garam dan kencur.

Cilok goang juga biasanya disajikan dengan tambahan mie kering, ceker ayam, tahu, dan taburan bawang goreng. Makanan khas Tasikmalaya ini cocok dijadikan kudapan sore atau biasanya dijajakan pedagang kaki lima di sekitar sekolah.

11. Oleh-oleh Makanan Khas Tasikmalaya Wajit

Oleh-oleh Makanan Khas Tasikmalaya Wajit

Gambar Oleh-oleh Makanan Tradisional Daerah di Kota Tasikmalaya Jawa Barat Wajit

Wajit merupakan makanan ringan khas Tasikmalaya yang terbat dari ketan yang dicampur denga kelapa yang dihaluskan dan dimasak dengan gula merah. Setelah masak, wajit dibungkus dengan daun jagung yang berwarna putih.

Cita rasa wajit khas Tasikmalaya cenderung manis karena menggunakan gula merah. Makanan ini sangat cocok dinikmati untuk para pecinta manis.

12. Makanan Khas Tasikmalaya Tutug Oncom

makanan khas tasikmalaya nasi tutug oncom

Gambar Makanan Khas Tasikmalaya Tutug Oncom

Tutug dalam bahasa sunda artinya menumbuk. Makanan khas Tasikmalaya ini disebut Nasi Tutug Oncom karena memang dibuat dengan cara dItumbuk dan diaduk dengan oncom.

Warung yang menjual nasi tutug oncom terletak di Jalan Cikarang Girang nomor 56 Tasikmalaya. Warung ini buka sampai 24 jam dan konsepnya sangat santai duduk lesehan.

13. Oleh-oleh Camilan Tradisional Khas Tasikmalaya Citruk

Oleh-oleh Makanan Khas Tasikmalaya Citruk

Gambar Oleh-oleh Camilan Tradisional Khas Tasikmalaya Citruk

Citruk adalah salah satu makanan tradisional jadul khas Tasikmalaya yang masih diminati masyarakat lokal atau para wisatawan sampai sekarang.

Kata citruk sendiri adalah singkatan dari aci ngagetruk, yang artinya aci atau tepung kanji yang bertekstur agak keras tapi renyah. Bentuk citruk bundar mirip seperti koin logam dan rasanya gurih..

14. Makanan Khas Tasikmalaya Godeblag

oleh oleh makanan khas tasikmalaya godeblag

Gambar Godeblag Makanan Paling Khas Tasikmalaya

Godeblag adalah makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari singkong yang berkualitas baik dan tidak terkena hama. Apabila singkong yang digunakan kurang bagus, rasanya juga akan aneh setelah diolah.

15. Noga Kacang

makanan khas di kota tasikmalaya noga kacang

Gambar Noga Kacang Makanan Khas Sunda di Kota Tasikmalaya

Noga kacang khas Tasikmalayang dibuat dari bahan dasar alami yang terdiri dari kacang tananh dan gula manis. Cita rasanya manis, gurih, dan renyah.

Kualitas noga kacang ini sangat terjamin karena tidak menggunakan pewarna dan pemanis buatan. Noga kacang sudah diproduksi sejak tahun 1982 di daerah Indihiang, Tasikmalaya.

16. Es Bojong

Minuman khas tasikmalaya es bojong

Gambar Minuman Khas Tasikmalaya Es Bojong

Es Bojong terbuat dari campuran air sirup dan santan lalu ditambah dengan potobgan nangka, nanas, kelapa muda, alpukat, tape ketan, cincau hitam, dan buah durian. Banyak sekali isiannya ya!

Rasa unik es bojong terletak di rasa santan pekat yang khas dan gurih, sangat cocok dipadukan dengan sirup dan susu kental manis. Es bojong khas tasikmalaya sangat cocok dinikmat saat cuaca Tasikmalaya semakin panas akhir-akhir ini.

17. Makanan Khas Tasikmalaya Kue Aci

makanan khas tasikmalaya kue aci

Gambar Kue Aci Camilan Tradisional Khas Tasikmalaya

Kue aci terbuat dari bahan sederhana diantaranya tepung tapioka, gula, mentega, dan juga telur yang dicampur menjadi satu adonan. Adonan tersebut kemudian diolah lagi menjadi kue aci. Kue aci dijual dengan harga 20 ribu rupiah saja per bungkusnya.

18. Ladu

oleh-oleh makanan khas tasikmalaya ladu

Gambar Makanan Tradisional Daerah Sunda di Kota Tasikmalaya

Ladu merupakan makanan ringan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan. Sekilas mirip seperti dodol, rasanya manis dan teksturnya agak kenyal. Makanan khas tradisional ini sudah banyak dijual di gerai oleh-oleh untuk dijadikan olleh-oleh khas Tasikmalaya.

Ladu banyak disajikan saat lebaran tiba. Meskipun begitu sekarang sudah banyak toko oleh oleh yang menjual ladu untuk dijadikan oleh oleh khas Tasikmalaya.

19. Kalua Jeruk

oleh-oleh makanan khas tasikmalaya kalua jeruk

Gambar Oleh-oleh Kalua Jeruk Camilan Tradisional di Kota Tasikmalaya

Kalua jeruk adalah manisan dari kulit jeruk yang diberikan perasa unik seperti durain atau strawberi. Cita rasanya sangat unik, manis dan aromanya khas. Kamu harus coba ini!

Kalua jeruk adalah manisan kulit jeruk yang dipadukan dengan gula dan perasa unik seperti durian ataupun strawberry. Hal ini membuat kalua jeruk menjadi makanan yang bercita rasa unik.

20. Sate Maranggi

Oleh oleh makanan paling khas di kota tasikmalaya sate maranggi

Gambar Sate Maranggi Kuliner Khas di Kota Tasikmalaya

Sate maranggi merupakan sate daging sapi yang dipotong secara besar-besar. Dagingnya dibakar dengan menggunakan sambal kecap dan beberapa bumbu seperti cabai, irisan tomat, merica, dan bawang goreng.

Selain sambal kecap, sate maranggi juga bisa disajikan dengan sambal bumbu kacang.

Itulah 20 daftar nama makanan khas Tasikmalaya yang bisa jadi referensi temen-temen. Semoga ulasan dari kami bermanfaat untuk semuanya yaa. Sampai ketemu di ulasan makanan khas di kota-kota lain yaa

Makanan Khas Aceh

Satu lagi corak kekayaan makanan khas Indonesia yang punya rasa kuat akan rempah-rempahnya. Betul, makanan khas Aceh ini sudah terkenal dengan rasanya yang begitu enak.

Meskipun keberadaannya cukup jauh, bahkan ada di ujung barat Negara Indonesia. Namun, tidak ada salahnya untuk mencicipi nikmatnya sajian bumbu rempah khas Aceh Darussalam yang tiada duanya.

Ada banyak alasan mengapa banyak orang rela jauh-jauh ke Aceh untuk berburu kuliner. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah:

  • Makanan khas Aceh sangat enak dan tidak ada duanya.
  • Kaya akan rempah-rempah yang membuat cita rasnaya semakin mantap.
  • Rasanya yang kahs membuat siapa saja akan ketagihan dan ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Tidak hanya mie Aceh saja lho. Ada banyak menu lainnya yang wajib Kamu cicipi jika datang ke Aceh.


Video Nama Makanan Khas Aceh Nasi Goreng Daus Paling Legend Sejak Tahun 1970

Mau tahu apa saja makanan khas Aceh Besar yang recommended? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Mie Aceh

Nama Makanan Khas Aceh Mie

Gambar Nama Makanan Khas Aceh Mie

Makanan khas Aceh pertama yang legendaris, fenomenal dan tentunya enak untuk dicoba adalah mie Aceh. Mie ini sangat menarik dan enak, bahkan sampai di buat versi mie instan juga lho. Di Aceh sendiri, mie Aceh terdiri dari dua jenis yakni mie Aceh kuah dan Mie Aceh Goreng.

Kuliner mie satu ini sangat cocok untuk Kamu yang doyan banget dengan makanan pedas. Apalagi saat ini mie Aceh juga bervariasi lho dimana kerap disajikan dengan seafood ataupun daging.

Untuk masalah rasa, Kamu sudah tidak perlu meragukan lagi. Dijamin deh enak banget, sebab dibuat dengan menggunakan rempah-rempah asli khas Aceh.

Tahu sendiri kan makanan Aceh itu enaknya kaya apa. Jadi, Kamu juga bisa banget mencicipi makanan ini dan bahkan makanan ini juga sudah banyak ditemukan di daerah lain, tidak hanya di Aceh saja.

Apabila Kamu pecinta berat makanan mie, bisa coba nih makanan khas Riau yang asli berbeda dengan daerah lain. Karena mie disini berbahan dasar sagu lho. Cobain deh!

Kuah Pliek U

Makanan Khas Aceh Kuah Pliek U

Gambar Makanan Khas Aceh Kuah Pliek U

Selain mie Aceh, makanan khas Aceh lainnya yang bisa Kamu cicipi adalah kuah pliek U. Ini adalah sebuah makanan yang melambangkan keberagaman, keeratan masyarakat Aceh.

Adapun makanan ini sendiri dibuat dengan berbagai jenis olahan hasil bumi sehingga rasanya sangat khas. Oh iya, makanan yang satu ini hanya ditemukan di Aceh saja ya.

Jadi, jika Kamu datang ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi kuah Pliek U, rasanya enak kok.

Sate Matang

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Sate Matang

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Sate Matang

Kamu suka makanan jenis sate? Jika Kamu suka, maka Kamu wajib untuk mencoba sate yang berasal dari Aceh ini. Nama sate ini adalah sate matang.

Sate matang sendiri dibuat dari bahan dasar daging kambing dan daging sapi yang sudah diungkep menggunakan bumbu khas Aceh.

Setelah itu, baru deh daging ini dibakar hingga dagingnya benar-benar empuk. Untuk misah rasa, sate ini juara banget lho dan bahkan Kamu bisa ketagihan saat mencicipinya.

Lebih enak lagi jika sate ini dimakan dengan kuah soto khas Aceh yang dilengkapi dengan bumbu khas yang istimewa.

Kuah Masam Keu-Eung

Makanan Khas Aceh Kuah Masam Keu eung

Gambar Nama Makanan Khas Aceh Kuah Masam Keu eung

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah kuah Masam Keu-eung. Ini adalah sebuah makanan yang bisa Kamu temukan di mana saja, namun kadang namanya saja yang berbeda.

Adapun makanan ini sendiri dibuat dari olahan daging yang dimasak asam pedas dan sangat enak di lidah. Akan lebih nikmat lagi jika dimakan dengan nasi putih hangat. Karena itu kuah masam ini sangat cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam.

Gulai Kambing

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Gulai Kambing

Gambar Makanan Khas Aceh Gulai Kambing

Kamu pasti sudah biasa dengan menu gulai kambing, namun gulai kambing khas Aceh ini agaknya berbeda dan jauh lebih mantap lho.

Apa yang membuat gulai ini berbeda? Jawabannya adalah karena gulai ini dimasak dengan rempah-rempah Aceh yang khas yang tentunya memiliki cita rasa yang khas juga.

Lebih uniknya lagi, gulai ini juga dimasak dengan menggunakan kuali besar lho. Sehingga dagingnya jauh lebih empuk serta tidak berbau. Makanan yang satu ini sangat enak jika disajikan dengan nasi hangat dan dalam keadaan yang panas. Jadi ngiler!

Kuah Sie Itek

Sebutkan Makanan Khas Aceh Kuah Sie Itek

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Kuah Sie Itek

Jika Kamu suka daging bebek, tentunya Kamu juga akan suka dengan makanan khas Aceh yang satu ini. Kuah Sie Itek merupakan sebuah makanan khas Aceh yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar itik atau bebek.

Tentunya cara memasak kuah sie itek satu ini berbeda dengan makanan khas Bali bebek betutu ya. Bumbu yang berbeda pula sehingga rasanya khas Aceh banget. Bahkan, bumbu masakan ini juga sudah ada turun temurun dari nenek moyang masyarakat Aceh lho.

Saking enaknya, saat ini juga sudah banyak restoran di Aceh yang juga menyediakan makanan yang satu ini.

Rujak Aceh

Sebutkan Nama Makanan Khas Aceh Rujak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Rujak

Kamu suka makan rujak? Pernah cobaan rujak Aceh? Jika belum saat datang ke Aceh, maka Kamu wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. rujak Aceh ini tentunya berbeda dengan rujak pada umumnya ya.

Pasalnya, rujak ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah rumbia Aceh yang kemudian disiram dengan saus rujak. Rasanya enak banget lho dan sangat enak dimakan dalam keadaan dingin.

Bahkan, Kamu juga bisa menambahkan es serut agar rasanya lebih pas. Makan rujak Aceh juga akan semakin nikmat jika Kamu menyantapnya di cuaca yang panas.

Ayam Tangkap

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Ayam Tangkap

Gambar Makanan Khas Aceh Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh selanjutnya yang bisa Kamu coba adalah ayam tangkap. Apa itu ayam tangkap?

Ayam tangkap merupakan olahan makanan khas Aceh yang dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dicincang kecil, kemudian ditumbuk dengan menggunakan daun temurun dan cabai hijau serta ditaburi dengan bawang goreng.

Setelah itu ayam tangkap dicampur dengan bumbu khas dan digoreng sampai matang.

Untuk masalah rasa, tentunya makanan yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Kamu bisa menjadikannya camilan atau bahkan untuk lauk makan siang dan malam.

Martabak Aceh

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Martabak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Martabak

Tahukah Kamu jika martabak Aceh ternyata berbeda dengan martabak lain yang biasa Kamu temukan di daerah-daerah. Makanan yang satu ini ternyata dibuat dengan menggunakan bahan dasar roti canai untuk bagian luarnya.

Sedangkan di bagian dalamnya tidak hanya telur dan daging saja, namun juga ada toping lain seperti bawang merah, cabai hijau, dan juga kuah sambal.

Setelah itu, martabak ini digoreng dan sangat cocok dijadikan menu untuk bersantai bersama keluarga.

Ungkot Kemamah

Nama Makanan Khas Aceh Ungkot Kemamah

Gambar Nama Makanan Khas Aceh Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah sebuah makanan yang jika Kamu nikmati akan menawarkan cita rasa yang menantang.

Bagaimana tidak, bahan dasar dari masakan ini adalah ikan tuna yang dikeringkan dan kemudian dicincang.

Nah, ungkot kemamah inilah yang nantinya akan dimasak dengan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan juga bahan masakan lainnya.

Pada zaman Belanda dahulu, jenis makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang populer karena cara memasaknya yang berbeda.

Kue Adee atau Kue Bingkang

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Kue Adee

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Kue Adee

Berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kue adee. Ada juga yang menyebutnya dengan nama kue bingkang. Kue tradisional ini merupakan makanan khas daerah Aceh yang hanya bisa Kamu temukan di Aceh saja.

Kue ini memiliki rasa yang enak dimana teksturnya sangat lembut, manis, legit dan sangat cocok disajikan untuk tamu atau pada saat berkumpul bersama dengan keluarga.

Salah satu lokasi yang banyak menjajakan kue ade ada di kawasan Kabupaten Pidie Jaya.  Jika Kamu mampir ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi kuliner tradisional yang satu ini ya.

Kopi Aceh Gayo

Oleh Oleh Makanan Khas Aceh Kopi Gayo

Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Aceh Kopi Gayo

Untuk Kamu para pecinta kopi maka Kamu harus cobain yang namanya kopi Aceh. Hal ini karena daerah Aceh terkenal sebagai penghasil kopi terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu, cita rasa dan aroma dari kopi ini juga khas banget lho.

Salah satu kopi Aceh yang begitu populer adalah kopi Aceh Gayo. Pada dasarnya, setia kopi itu memiliki rasa yang sama. Yang membuat kopi itu berbeda adalah cara mengolahnya.

Nah, kopi Aceh sendiri kaya akan antioksidan yang bisa digunakan untuk menambah stamina dan mengencangkan kulit lho.

Kue Timphan

Kue Tradisional Makanan Khas Aceh Kue Timphan

Gambar Kue Tradisional Khas Aceh Kue Timphan

Masih dengan makanan khas Aceh, untuk Kamu yang ingin mencoba kuliner Aceh dalam bentuk desert, maka Kamu bisa mencoba kue Timphan.

Kue tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung ketan dicampur dengan buah pisang beranang dan srikaya.

Bagi masyarakat Aceh, kue yang satu ini menjadi hidangan yang wajib ada untuk tamu yang datang ke rumah baik di hari raya idul fitri ataupun hari raya Idul Adha.

Tidak heran jika lebaran, hampir semua orang membuat kue yang satu ini untuk disajikan kepada setiap tamu yang datang berkunjung untuk silaturahmi.

Sanger

Oleh oleh Miuman Khas Aceh Sanger

Gambar Miuman Khas Aceh Sanger

Selain Kopi Gayo Aceh, kota berjulukan Serambi Mekah ini juga memiliki minuman khas yang biasa disebut sanger. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kopi hitam, gula dan susu kental manis.

Jika dilihat sepertinya minuman ini hampir sama dengan minuman kopi susu yang biasa Kamu temukan di kafe. Namun, tahukah Kamu jika ternyata hal ini berbeda, sebab tidak semua orang bisa membuat sanger lho.

Hal ini karena dalam membuat sanger kopi akan diseduh dan kemudian disaring menggunakan saringan kain yang berbentuk kerucut.

Kemudian baru deh ditambah dengan susu kental manis dan sedikit saja gula. Hal inilah yang membuat kopi sanger ini berbeda dengan kopi biasa.

Manisan Pala

Makanan Kue Tradisional Khas Aceh Manisan Pala

Gambar Kue Tradisional Oleh oleh Khas Aceh Manisan Pala

Selanjutnya yang bisa Kamu temukan dan bahkan bisa dijadikan oleh-oleh adalah manisan pala. Bahkan, di Aceh ada banyak masyarakat yang memproduksi manisan yang satu ini.

Hal ini karena ala menjadi komoditas terbesar terutama di wilayah Aceh Selatan. Jika Anda berlibur ke Aceh Selatan, maka Anda bisa menemukan banyak manisan pala yang pastinya bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Kembang Loyang

Makanan Oleh oleh Khas Aceh Kembang Loyang

Gambar Oleh oleh Kue Tradisional Khas Aceh Kembang Loyang

Ada juga lho makanan khas Aceh yang bernama kembang loyang. Ini adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Aceh Tamiang.

Jenis makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan tepung roti yang dicampur dengan gula. Biasanya makanan yang satu ini bisa dengan mudah Kamu temukan di acara-acara besar atau hajatan yang dibuat oleh masyarakat Aceh.

Pisang Sale

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Pisang Sale

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Pisang Sale

Di Aceh, Kamu juga bisa menemukan pisang sale terutama di wilayah Aceh Timur. Daerah ini menjadi sentra pisang sale terbesar yang ada di Aceh. Nah, makanan tradisional yang satu ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

Adapun ia sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang yang sudah matang yang kemudian diiris tipis dan dijemur hingga kering. Agar lebih tahan lama, maka pisang yang kering akan diasap.

Nah, pisang sale ini juga bisa langsung disantap setelah diasapi atau jika Kamu suka yang digoreng juga bisa menggorengnya terlebih dahulu. Oleh oleh Makanan khas Aceh yang satu ini termasuk yang populer lho.

Lepat

Makanan Kue Tradisional Khas Aceh Lepat

Gambar Kue Tradisional Khas Aceh Lepat

Kebanyakan masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini.

Ya, lepat adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dimana di bagian tengahnya diisi dengan parutan kelapa yang sudah ditambah dengan gula.

Kemudian, lepat ini akan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Nah, di Aceh sendiri, lepat menjadi salah satu makanan tradisional yang banyak dihidangkan pada acara besar atau hari raya.

Kue Bhoi

Makanan Tradisional Kue Kering Khas Aceh Kue Bhoi

Gambar Kue Kering Khas Aceh Kue Bhoi

Masih dengan makanan khas Aceh, untuk Kamu yang suka dengan kue maka Kamu bisa mencoba kue Bhoi yang satu ini. Ini adalah sebuah kue yang memiliki bentuk unik seperti bentuk bunga, ikan atau binatang lainya.

Kue ini sendiri termasuk dalam jenis kue tradisional. Jika Anda ingin mencicipinya, kue ini dijual dengan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per kemasannya. Namun, ada juga lho kue yang dijual dengan harga ratusan ribu.

Nah, kue ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan jika Kamu datang berkunjung ke Aceh. Untuk menemukan kue ini juga mudah lho dimana Kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional di daerah Aceh.

Jadah Lemang

Camilan Tradisional Oleh oleh Makanan Khas Aceh Jadah Lemang

Gambar Makanan Khas Aceh Jadah Lemang

Makanan khas Aceh selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Jadah lemang. Ini adalah salah satu makanan khas Aceh yang memiliki rasa yang gurih.

Adapun makanan ini sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan kelapa yang sudah digarami.

Karena rasanya yang gurih, jadah lemang ini sangat cocok jika disantap bersama dengan rendang. Jadah lemang juga menjadi menu wajib yang harus dibuat ketika hari raya Idul Adha telah tiba.

Bohromrom

Minuman dan Makanan Khas Aceh Bohromrom

Gambar Minuman dan Makanan Khas Aceh Bohromrom

Bohromrom menjadi salah satu makanan khas Aceh yang memiliki nama lain boh duek buedeh. Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang dicari oleh banyak orang karena rasanya yang enak.

Tidak hanya itu saja, makanan yang satu ini juga sangat cocok untuk disantap bersama dengan keluarga saat bersantai.

Adapun kue ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan, kelapa parut dan jika dilihat mirip dengan kelepon yang berasal dari Jawa. Adapun yang membuat berbeda adalah rasa dan cara membuatnya.

Melihat informasi berbagai makanan Aceh di atas, ternyata daerah ini memiliki banyak sekali makanan khas yang bisa cicipi. Selain itu, cita rasa rempah-rempah yang kuat dari makanan Aceh menjadikan makanan ini sangat banyak peminatnya.

Jadi, bagi Kamu yang berencana untuk datang ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang sudah direkomendasikan di atas ya. Dijamin deh Kamu tidak akan menyesal karena rasanya emang enak banget.