Kain Tile

Ada banyak jenis bahan yang digunakan dalam membuat pakaian. Salah satunya yakni bahan kain tile. Biasanya jenis bahan ini sering digunakan dalam variasi pembuatan gaun pesta, kebaya, rok tutu, gamis, tunik, dan blus.

Hanya saja masih banyak orang yang belum mengenali jenis kain ini. Hal ini wajar karena memang kain ini masih kalah populer dengan jenis jenis kain katun. Padahal masih ada jenis lainnya yang juga banyak dipakai dalam sebuah variasi pakaian.

Oleh karena itulah sangat penting buat kalian untuk mengetahui lebih banyak terkait karakteristik, jenis, ciri, macam beserta harga kain tile. 

Dengan demikian kalian akan paham dalam menggunakan kain ini. Lalu seperti apa bentuk kainnya? Yuk simak penjelasan bosmeal.com secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Kain Tile

Kain Tile Pengertian Kain Tile

Di dalam bahasa Inggris, kain tile disebut dengan tulle. Kain tile adalah kain yang permukaannya berlubang-lubang sehingga menjadikan tampilannya tampak transparan. Walaupun demikian, nyatanya bahan tulle bisa dibilang cukup kuat dan tahan lama.

Dibuat dengan menggunakan bermacam-macam bahan seperti nilon, sutra, polyester dan juga rayon sehingga membuatnya ringan, lembut dan memiliki lubang-lubang kecil pada permukaannya. 

Dari berbagai jenis bahan tersebut, penggunaan jenis kain rayon merupakan jenis kain tulle yang paling langka. Sementara kebanyakan kain tulle dibuat dengan menggunakan bahan dasar sintetis polyester.

Dikatakan paling langka karena dulunya tile jenis rayon hanya dijual dalam satu varian warna saja, yakni putih. Hanya saja sekarang sudah banyak tulle jenis rayon yang dijual dengan bermacam-macam warna.

Dari berbagai bahan tersebut, tulle jenis nilon, rayon, atau sutra bisa kalian tambahkan warna sesuai selera. Berbeda dengan bahan tile jenis polyester yang sangat sulit ditambahkan warna. 

Macam Macam Kain Tile

Kain Tile Macam Macam Kain Tile

Ada beberapa jenis kain tile dan harganya yang beredar dipasaran. Perbedaan jenis ini bisa dilihat berdasarkan karakteristik kain, jenis bahan serta perpaduannya.

Berdasarkan Karakteristiknya

Adapun jenis kain tile berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi 3 yakni:

1. Bahan Tile Halus

Kain Tile Halus

Jenis kain ini memiliki karakteristik tekstur yang halus, lembut dan lemas saat dipegang. Umumnya digunakan sebagai bahan dasar pakaian resmi seperti kebaya untuk pernikahan maupun untuk dalaman brokat. Harga jual kain tile halus sendiri berada di kisaran mulai dari harga 6000-an.

2. Medium

Kain Tile Medium

Jenis kain ini memiliki karakteristik tekstur yang tidak terlalu lembut, lemas dan juga tidak terlalu kaku. Posisinya berada di tengah-tengah. Umumnya tulle medium digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dress tutu, rok tutu, serta veil untuk aksesoris rambut pengantin wanita.

3. Kain Tile Kaku

Kain Tile Kaku

Sesuai namanya, kain ini memiliki tekstur yang sangat kaku dan berada ditingkatan paling bawah. Biasanya tulle kaku digunakan sebagai bungkus aksesoris pernikahan atau detail dekorasi rumah tangga. 

Selain itu, ada juga beberapa pakaian yang menggunakan bahan tile kaku, namun hanya digunakan pada bagian tertentu saja.

Berdasarkan Bahannya

Selain dibedakan menurut karakteristiknya, bahan tulle juga dikelompokkan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Adapun pembagian jenis tile berdasarkan bahannya dibedakan menjadi 5 jenis, yakni:

1. Silk Tulle (Tile Sutra)

Kain Tile Sutra

Jenis tulle sutra merupakan kain dengan kualitas paling halus dan lembut diantara jenis lainnya. Karakternya pun sangat mirip dengan karakteristik kain sutra. ssehingga wajar jika kalian akan sangat jarang menemukannya di pasaran. Kalaupun ada, pasti harganya sangat mahal.

Banyak dibaca:  Jenis Kain Katun

2. Nylon Tulle (Tile Nilon)

Kain Tile Nilon

Jenis tile nilon merupakan jenis yang paling banyak dijumpai di pasaran. Hal ini karena harganya yang relatif terjangkau sehingga banyak digunakan pada berbagai jenis pakaian.

Kalian bisa memadukan gaun dari bahan velvet dengan bahan tile nilon. Pastinya akan membuat penampilan kalian menjadi semakin cantik.

3. Polyester Tulle (Tile Polyester)

Kain Tile Polyester

Jenis polyester memiliki karakteristik cenderung kaku. Sehingga biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aksesoris dan kerajinan tangan.

4. Illusion Tulle

Kain Illusion Tile

Jenis kain ini dibuat dari pencampuran serat polyester dan nilon. Selain disebut dengan Illusion tile juga sering dikenal sebagai bridal illusion tile. Hal ini karena permukaannya yang membentuk lubang jaring yang halus sehingga sering digunakan pada gaun dan penutup wajah pengantin.

5. Stretch Illusion Tulle

Kain Stretch Illusion Tile

Kain jenis ini memiliki sifat mudah direnggangkan. Sifat ini berasal dari spandeks atau elastane yang digunakan sebagai campuran bahan pembuatan tulle. Jenis tulle ini sangat pas jika digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gaun.

Berdasarkan Hiasannya

Selain dilihat dari bahan pembuatannya, tulle juga dibedakan berdasarkan hiasannya. Hiasan ini berupa pernak-pernik dengan tujuan untuk menghasilkan pakaian yang berkualitas. Adapun jenisnya yaitu:

1. Kain Tile Glitter

Kain Tile Glitter

Bahan tile ini dibuat dengan variasi glitter sehingga memunculkan kesan sangat mewah dan berkilau bila terkena cahaya. Jenis bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gaun malam maupun kerajinan lainnya.

2. Kain Tile Mutiara

Kain Tile Mutiara

Jenis bahan tile mutiara memiliki tekstur jaring-jaring yang diberi dengan hiasan manik-manik. Tujuannya agar memberikan tampilan mewah dan elegan. umumnya jenis bahan ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kebaya, gaun pengantin, blus dan juga gamis.

3. Kain Tile Akar

Kain Tile Akar

Merupakan kain tile motif merambat seperti akar. Jenis bahan ini sangat mungkin untuk dipadukan dengan motif lain seperti bunga  atau mutiara-mutiara kecil.

4. Kain Tile Bordir

Kain Tile Bordir

jenis bordir merupakan kain tile motif yang dibuat dengan bordir. Untuk bahan tile motif bordirnya sendiri sangat beragam, salah satunya yaitu motif bunga. motif ini bisa kalian kreasikan bersama dengan payet.

Negara Penghasil Tile

Walaupun tile diproduksi oleh banyak negara, namun sudah tahukah kalian dimana negara penghasil tile terbesar di dunia? Sedikitnya ada empat negara produsen tile terbesar di dunia, yakni:

1. Perancis

Negara fashion ini merupakan produsen berbagai macam kain yang mewah dan mahal. Salah satu perusahaan yang memproduksi tulle tersebut bernama Dentelle De Calais yang sudah ada sejak tahun 1809.

2. Inggris

Negara Inggris sendiri pun juga tak mau kalah dengan Perancis. Mereka juga memproduksi kain tulle dengan aksen atau motif tambahan.

Bukan hanya itu saja, mereka juga memproduksi tile dengan sentuhan modifikasi pada tekstur dan tampilan lain. Mungkin kalian sudah pernah melihat tile yang dipenuhi dengan hiasan manik-manik yang membuat lebih elegan.

Biasanya produksi Inggris ini digunakan sebagai bahan dasar pakaian acara-acara formal, seperti gaun pernikahan.

3. China

Tahukah kalian jika kebanyakan tile yang ada di Indonesia ini merupakan produk import dari China? China sendiri memproduksi tile dengan menggunakan bahan sintetis sehingga membuatnya lebih murah.

4. Italia

Italia sendiri seakan tak mau kalah dengan Perancis. negara ini juga merupakan salah satu produsen tile terbesar di dunia. Adapun produksi tile Italia kebanyakan menggunakan bahan dasar berupa nilon.

Banyak dibaca:  Bahan Kain Drill: Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Pemanfaatan Kain Tile

Kain Tile Pemanfaatan kain Tile

Bahan tile sendiri bisa dibuat berbagai macam model pakaian, mulai dari acara formal hingga informal. Adapun busana yang menggunakan bahan tile ini diantaranya:

1. Gaun Pesta

Banyak gaun pesta yang menggunakan bahan tile, baik itu polos, gliter, mutiara, akar maupun bordir. Biasanya tile pada gaun pesta digunakan untuk menciptakan kesan mengembang. Selain itu juga seringkali digunakan sebagai underskirts agar menciptakan bentuk kaku.

2. Kebaya

Penggunaan tile sebagai bahan dasar pembuatan kebaya bertujuan untuk membentuk siluet tubuh jadi lebih anggun, elegan, mewah dan menawan.

3. Rok Tutu

Rok Tutu dari tile memiliki bentuk kaku dan mengembang. Biasanya digunakan sebagai pelengkap gaya busana anak serta wanita dewasa.

4. Veil Pengantin

Veil pengantin merupakan sepotong kain yang digunakan untuk menutupi beberapa bagian dari kepala maupun wajah. Umumnya veil ini dibuat dari tile polos maupun motif.

5. Gamis

Ada banyak gamis yang dibuat dengan menggunakan tulle maupun gamis kain balotelli. Bahkan ada banyak gamis tile yang didesain untuk berbagai kebutuhan, misalnya gamis busui.

6. Tunik

Tunik merupakan pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dengan panjang pakaian bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

7. Blus Wanita

Blus merupakan pakaian atasan yang longgar Blus bermodel longgar dengan bagian bawah nampak menggantung ketika dikenakan. 

Perawatan Bahan Tile

Kain Tile Cara Mencuci Kain Tile

Dikarenakan memiliki tekstur yang tidak begitu tebal dan permukaan yang berlubang maka dibutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati, seperti halnya kain moscrepe premium. Sehingga jika kalian tidak hati-hati akan dapat merusak kain, bahkan berpotensi robek.

Adapun tips untuk merawat bahan tile agar tetap awet yakni:

  1. Hindari mencuci pakaian bahan tile dengan menggunakan mesin cuci agar serat tidak rusak dan bentuknya tidak berubah.
  2. Sebaiknya gunakan sabun cuci berjenis cair dan jangan mengucek pakaian tile terlalu kuat. Selain itu tidak dianjurkan untuk memeras kain setelah dicuci.
  3. Hindari untuk menjemur pakaian tile di bawah sinar matahari langsung.
  4. Sebaiknya jangan pernah setrika pakaian berbahan tile agar serat tidak rusak. Jika kalian terpaksa, sebaiknya gunakan suhu yang paling rendah.
  5. Jika pakaian terlanjur kusut, sebaiknya bawa saja ke tempat laundry yang memang sudah terpercaya dan berpengalaman dalam merawat kain.

Harga Bahan Tile di Indonesia

Bahan tile yang dijual di pasaran Indonesia sendiri ada yang dijual dalam bentuk gulungan maupun meteran.  Sebagai gambaran, tile China memiliki harga yang lebih murah daripada Prancis.

Kalian bisa menemukannya di toko offline dan online. Untuk toko offline memiliki harga yang berbeda-beda, sesuai dengan tempat masing-masing. 

Sementara jika kalian ingin membeli tile kain di toko online, kalian bisa membelinya di toko yang tersedia di bawah:

Cek di Tokopedia

Cek di Shopee

Hanya saja kalian mesti cermat dalam membeli barang secara online. Bisa jadi bahan yang ditampilkan terkadang tidak sesuai dengan aslinya. Untuk itu tetaplah cermat dalam berbelanja agar nantinya kalian tidak kecewa saat barang tersebut sampai ke tempat kalian. 

Selain itu, jangan lupa bertanya kepada penjual sebelum membelinya. Bisa jadi warna yang ditampilkan sudah habis dan warna yang dikirim tidak sesuai dengan aslinya. Nah itu tadi sedikit pembahasan tentang tile/kain. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply