Makanan Khas Bekasi

Makanan Khas Bekasi Bandeng Rorod

Bekasi bukan hanya menjadi sentral industri di Indonesia, melainkan juga menyimpan sebuah potensi yang tersembunyi. Ya, di bidang kuliner, Kota Patriot ini ternyata memiliki sederet daftar nama makanan khas Bekasi yang lezat.

Pasti Kamu pernah mendengar jokes yang berbunyi, “Bekasi bukan termasuk planet bumi”. Nah, jangan salah, kota ini sebenarnya cukup istimewa dengan ciri khasnya tersendiri.

Mungkin, kamu jarang mendengar perihal makanan khas Bekasi. Untuk itu, tambah referensimu agar tidak bingung memilih oleh-oleh saat berkunjung ke tempat ini.

Ciri Khas Makanan Bekasi Yang Tak Mudah Dilupakan

Jenis Makanan khas Bekasi asli Jawa Barat ini terdiri atas ragam lauk pauk, kue, minuman, dan masih banyak lagi. Silakan catat menu paling menarik untukmu dan cicipi citarasanya.”

Apa sih, yang membuat makanan khas Bekasi layak untuk dicicipi? Tentu saja dikarenakan keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Nah, keunikan apa sajakah? Berikut beberapa yang harus kamu tahu!

  • Jika banyak kota yang memiliki olahan ikan presto atau tulang lunak, Bekasi justru memiliki olahan ikan tanpa duri, lho!
  • Beberapa kudapannya memang agak mirip dengan makanan Betawi. Maklum saja, Bekasi, kan, masih sekitar DKI Jakarta juga!
  • Makanan berkuahnya juga memiliki citarasa yang khas dengan bahan yang tidak terduga seperti tangkar.
  • Kalau Padang punya rendang daging, Bekasi punya rendang ayam!

Penasaran informasi selengkapnya? Langsung saja penjelasan jenis jenis makanan khas Bekasi berikut ini:

Bandeng Rorod

Makanan Khas Bekasi Bandeng Rorod

Bandeng sih, pastinya kamu sudah kerap mendengarnya. Namun, bagaimana dengan Bandeng Rorod? Anyway, makanan khas Bekasi yang satu ini bahkan menjadi ikon kuliner dari kota ini, lho!

Bandeng rorod sendiri cukup berbeda dengan bandeng presto. Yang mana bandeng presto merupakan ikan bandeng dengan duri yang lunak. Namun, Bandeng rorod ini justru merupakan bandeng tanpa duri.

Jika kamu menikmatinya langsung di Bekasi, maka sajian ini akan diolah dengan berbagai bumbu dan condiment yang khas. Sehingga citarasanya semakin mantap.

Silakan membelinya langsungd ari produsen yakni di Jalan Maluku Raya Blok C1 no. 5 Perumnas 3 Bekasi Timur, Aren Jaya, Bekasi Timur.

Catat baik-baik agar kamu tidak menuju ke produsen yang salah, ya! Makanan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan keluarga di rumah.

Kue Rangi

Makanan Khas Bekasi Kue Rangi

Mungkin, banyak yang mengira kalau kue rangi merupakan makanan khas Betawi. Namun, makanan ini juga bisa masuk ke makanan khas Bekasi. Kue dengan bahan dasar kelapa ini sebenarnya sudah lumayan sulit ditemukan. Namun, citarasanya selalu digemari.

For your information, kue rangi ini terbuat dari tepung kanji dan parutan kelapa. Lantas, dicetak dalam cetakan khusus. Bentuk cetakannya sendiri tak jauh beda dengan kue pukis dengan lubang yang lebih dangkal.

Jiika sudah dibuat adonan, maka kue rangi dibakar dan dibaluri dengan saus gula merah. Sehingga, aroma kelapanya semakin harum semerbak. Kamu benar-benar harus mencoba kue rangi di Bekasi utara ini.

Wajik Ketan

Makanan Khas Bekasi Wajik Ketan

Olahan dari beras ketan ini selalu disukai oleh lidah orang Indonesia. Sebab cita rasanya cenderung manis dan legit. Setiap daerah memiliki wajik dengan ciri khasnya masing-masing, lho! Bekasi juga punya.

Nah, di Bekasi, wajik memiliki filosofi yang cukup mendalam yakni sebagai simbol untuk merekatkan silaturahmi. Kue dengan bahan berupa gula merah, campuran beras ketan, serta santan ini sangat cocok untuk menemani kudapan soremu!

Cara mengolah wajik adalah dengan mengukus ketan lalu dimasak lagi dengan gula merah dan santan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Di Bekasi, warung yang menjual wajik ketan yang paling terkenal adalah Warung Mpok Nini.

Kue Duit

Makanan Khas Bekasi Kue Duit

Siapa sih, yang tidak menyukai duit? Eh, salah ding, kalau duit yang satu ini justru bisa dimakan. Sebagai makanan khas Bekasi, kue duit memang memiliki bentuk serupa uang logam. Nah, hal ini pula lah yang menyebabkan kue renyah ini diberi nama duit.

Bahan utama pembuatan kue ini adalah menggunakan tepung. Pengolahannya sendiri dengan digoreng pada minyak yang panas. Tekstur dari kue cukup kering, sehingga cocok dijadikan cemilan.

Dengan rasa yang manis, resep kue duit khas Bekasi menjadi semakin populer. Mau tahu dimana bisa membeli kue ini? Cukup datang saja ke Butri Cake & Bakery atau Dennis Cake. Harganya murah banget, hanya sekitar Rp 15 ribu saja untuk satu pack-nya.

Kue Sagon

Makanan Khas Bekasi Kue Sagon

Kue ini sebenarnya sebelas dua belas dengan kue rangi. Proses pembuatannya cukup mudah dengan bahan dasar berupa tepung beras. Nah, campuran lainnya menggunakan kelapa parut. Hampir sama kan?

Hanya saja, kue sagon ini lebih kering. Sebab, sebelum diolah, tepung akan disangrai terlebih dahulu. Lantas dibentuk persegi panjang, bulat pipih, dan sebagainya.

Kue ini memiliki cita rasa manis gurih dan renyah. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh makanan khas Bekasi. Jika ingin mendapatkannya, Anda bisa menyambangi Veni Bakery atau Roti Sagon Monas. Harga satu pack kue sagon adalah sekitar Rp 15 ribu saja.

Sayur Gabus Pucung

Makanan Khas Bekasi Sayur Gabus Pucung

Dari kue-kuean, mari beralih ke sayur-sayuran. Sebagaimana daerah lain, Bekasi juga memiliki masakan sayur andalan. Disebut dengan sayur gabus pucung karena menggunakan bahan dasar berupa ikan gabus goreng.

Diolah dengan resep dan rempah khusus sehingga menghasilkan rasa yang menakjubkan. Salah satu bahan yang digunakan adalah kluwek. Yang kemudian bisa membuat kuah menjadi berwarna hitam laiknya rawon.

Kamu bisa mengunjungi warung makan terbaik dengan menu sayur gabus pucung di Rumah Makan Udin Kombo yang lokasinya di ujung Harapan Indah. Jangan lupa datangi untuk merasakan menu spesial ini!

Kue Jalabia

Makanan Khas Bekasi Kue Jalabia

Donatnya orang Bekasi ya, Jalabia ini! Yup, bentuknya mirip sekali dengan kudapan asal Amerika tersebut. Bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Bedanya, jalabia menggunakan bahan berupa tepung beras, tepung ketan, gula merah, dan santan.

Sehingga, teksturnya keras dan lengket. Kue ini berwarna hitam dengan citarasa manis. Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh sebagai kudapan teman teh dan kopi panas.

Tertarik untuk memilikinya sebagai buah tangan? Silakan membelinya di Jalabia Po Murnie atau Jalabiya Q. Perbuahnya, kue unik ini dijual dengan harga Rp 2 ribu saja.

Kue Cucur

Makanan Khas Bekasi Kue Cucur

Kue Cucur juga bisa kamu temukan di Bekasi. Meski biasanya dikenal sebagai makanan khas Betawi. Nah, kue ini memiliki bentuk yang cukup unik lho! Yakni bulat dengan bagian tengah yang lebih tebal.

Meski begitu, bagian pinggirnya memilki tekstur yang lebih renyah dan kering. Sehingga kontras dengan bagian dalam yang tebal dan empuk. Pun, bersarang atau memiliki pori-pori yang kenyal.

Bentuknya, sekilas mirip dengan dorayaki. Sedangkan citarasanya manis dan legit. Pastikan kamu mendapat kue cucur makanan khas Bekasi terbaik di Cucur Abah Jatim atau Cucur Kah Feci. Harga per buahnya adalah Rp 2.500,-.

Kue Biji Ketapang

Makanan Khas Bekasi Kue Biji Ketapang

Pernah melihat pohon ketapang? Jika pernah, maka kue ini memiliki bentuk laiknya biji ketapang. Yakni dengan bentuk lonjong serta ujungnya sedikit pipih. Jika dilihat sekilas mirip dengan bola rugby.

Zaman dahulu, banyak orang yang kemudian terinspirasi untuk membuat kue dengan bentuk yang tak jauh beda. Tekstur kue ini agak agak keras sehingga butuh sedikit effort untuk mengonsumsinya.

Silakan cari saja kue biji ketapang di toko-toko kue kering di sekitar Bekasi. Pasti akan banyak yang menjualnya.

Kue Akar Kelapa

Makanan Khas Bekasi Kue Akar Kelapa

Kalau kamu berkunjung ke kediaman orang Betawi, maka kue akar kelapa menjadi salah satu sajian yang istimewa. Bahkan, banyak yang mewajibkan kue ini ada di atas meja tamu.

Keistimewaan kue akar kepa aada pada rasanya yang lezat. Tak hanya itu, bentuknya juga cantik. Sesuai dengan namanya, kue ini mirip dengan akar kelapa yakni panjang serta bergerigi pada sekelilingnya.

Untuk cita rasanta sendiri tidak terlalu manis dan didominasi dengan rasa gurih dan asin. Oh ya, kalau mengonsumsi makanan khas Betawi yang satu ini, Anda perlu melatih rahang dahulu agar tidak ingin mengunyah lagi dan lagi.

Kue Telur Gabus

Makanan Khas Bekasi Kue Telur Gabus

Makanan khas Bekasi memang lebih didominasi dengan kue-kuean. Masih di daftar yang sama, kue telur gabus menjadi sajian yang sangat istimewa. Meksipun Anda sudah banyak menemukan panganan ini di berbagai daerah.

Untuk varian original, kue telur gabus memiliki cita rasa yang gurih dengan rasa asin yang sedang. Namun, saat ini kamu akan mendapati kue dengan varian rasa yang beragam.

Warna dari kue ini adalah putih agak kuning. Untuk teksturnya sendiri laiknya Styrofoam. Pastinya akan membuat Anda susah berhenti mengunyah.

Dodol Betawi

Makanan Khas Bekasi Dodol Betawi

Jika dodol lebih terkenal sebagai makanan khas Bandung, tetapi dodol yang satu ini agak berbeda. Sebab, untuk membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu bisa menjadikan dodol Betawi sebagai oleh-oleh atau bisa juga disajikan saat lebaran.

Kue Kembang Goyang

Makanan Khas Bekasi Kue Kembang Goyang

Bukan kuenya yang bisa bergoyang-goyang kok! Maksud dari kue kembang goyang adalah proses penggorengannya, kue harus digoyang agar bisa lepas dari cetakannya. Ya, memang bentuknya mirip dengan kembang alias bunga.

Citarasanya yang ringan membuat banyak orang ketagihan mencicipinya. Bahkan, kue ini menjadi cemilan paling digemari berbagai kalangan usia. Tekstur kue ini cenderung renyah sehingga bikin nagih saat digigit.

Bahan untuk membuatnya adalah dari tepung beras yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Kamu juga perlu menilik cara pembuatannya yang sangat unik.

Sayur Asem Bekasi

Makanan Khas Bekasi Sayur Asem Bekasi

Sayur Asem bukan lah sebuah sajian yang sangat istimewa. Sebab, bisa ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia. Ya, merupakan olahan berbagai perpaduan sayur dengan citarasa asam yang dominan.

Namun, bedanya sayur asem khas Bekasi adalah rasa asamnya yang lebih kuat. Campuran bahan untuk membuat sayur asem Bekasi diantaranya labu, kacang, sayuran, dan sebagainya.

Sayur asem adalah sajian yang cocok dinikmati saat cuaca terik karena menyebabkan tenggorokan menjadi lebih segar. Kalau mampir ke Bekasi, silakan datang ke Warung Sayur Asem Mama Freza dengan harga per porsi sayur asem senilai Rp 17.000,-.

Kari Umbi

Makanan Khas Bekasi Kari Umbi

Satu lagi sajian lauk pauk dan sayuran yang bisa kamu nikmati di Bekasi. Mungkin, jika berasal dari daerah lain, kamu tidak akan mengetahui makanan macam apa ini. Nah, sebenarnya, Kari Umbi ini bukan nama makanan, melainkan sebuah resto.

Awalnya merupakan toko yang menjual kue kering dan aneka jajan. Tetapi, saat ini juga menjual makanan yang sedap. Mulai dari nasi timbel, bandeng kuah asam, mie tek-tek, sampai bakso campur bisa didapatkan dengan mudah.

Tak hanya sajiannya saja yang menggugah selera, suasana di dalam resto pun sangat mendukung. Nyaman dan tentu saja teduh.

Kamu bisa mengajak serta seluruh keluarga untuk menikmati hidangan di tempat ini. Berbagai menu bisa kamu dapat dengan biaya per porsi mulai dari 30 ribu rupiah.

Sop Janda (Jawa-Sunda)

Makanan Khas Bekasi Sop Janda (Jawa-Sunda)

Bukan sop yang dibuat oleh seorang janda, ya! Plis, jangan berekspektasi yang tidak-tidak! Janda ini merupakan akronim dari Jawa-Sunda. Yang mana merupakan perpaduan menu dari Jawa dan Sunda.

Nah, bahan utama pembuatan Sop Janda adalah daging dan tulang sapi. Sedangkan bumbunya terbuat dari rempah pilihan dengan cabe ceplak ijo.

Sehingga menjadikan kuahnya sangat harum. Serta citarasanya semakin gurih. Uniknya, sop ini juga memilki cita rasa yang pedas.

Bagaimana, ingin mencoba janda? Eh, maksudnya sop janda! Sambangi saja kedai makan Sop Janda Mama Idah maupun Sop Janda Bu Darmi. Harga per porsinya adalah sebesar Rp 25.000,- saja.

Es Durian Patal

Makanan Khas Bekasi Es Durian Patal

Jika kamu menyukai olahan es, maka Es Durian Patal wajib dicoba saat datang ke Bekasi. Es ini tidak akan kamu temuakn di daerah lain, lho! Selain itu, memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan.

Es durian ini tentu saja terbuat dari durian. Lantas, diberi topping beraneka ragam. Mulai dari keju, kacang, dan cokelat. Namun, kamu juga bisa menyantap rasa originalnya.

Dengan durian asli, sudah pasti rasanya sangat menggoda dengan aroma yang mantap. Es Durian Patal bisa kamu singgahi pukul 13.00 hingga 23.30 di setiap hari. Dapatkan satu porsi es durian dengan harga Rp 10.000,- saja.

Bakmi Abby

Makanan Khas Bekasi Bakmi Abby

Ingin makanan khas Bekasi yang lebih sehat? Datang saja ke Bakmi Abby. Pasalnya, kamu akan mendapatkan seporsi bakmi tanpa menggunakan penyedap rasa artifisial.

Meskipun memiliki tempat yang tidak terlalu besar, restoran ini akan banyak yang mengantre. Jadi, jangan heran, ya! Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, restoran ini sudah berdiri sejak 1993.

Kamu tidak hanya akan mendapatkan pilihan menu berupa bakmi saja, melainkan juga berbagai Chinese food. Silakan datang ke Bakmi Abby pukul 10.00 hingga 22.00. Perporsinya, bakmi dijual seharga Rp 30.000,-.

Soto Tangkar Pak Kus

Makanan Khas Bekasi Soto Tangkar Pak Kus

Tangkar atau iga sapi menjadi salah satu makanan dengan citarasa yang tinggi. Sehingga, menjadi favorit bagi warga Bekasi. Tak heran banyak yang menjual pilihan menu ini di kedai makannya.

Nah, pembuatan soto tangkar ini dengan cara merebus iga sapi dengan berbagai rempah dalam jangka waktu dua jam.

Soto ini bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan, lho! Jika kamu butuh rekomendasi soto tangkar yang enak, jawabannya adalah Soto Tangkar Pak Kus.

Tak hanya sedap dari segi citarasa, tetapi juga ramah di dompet. Hanya dengan Rp 25.000,- saja, perutmu akan terisi dengan semangkuk penuh soto tangkar ini.

Oblok Tongki

Makanan Khas Bekasi Oblok Tongki

Pernah makan atau membuat rendang ayam? Nah, oblok tongki ini dari proses pengolahannya serupa dengan rendang ayam. Hanya saja, bahan baku pembuatannya berbeda yakni menggunakan daging bebek.

Agar daging menjadi lebih lunak, waktu memasaknya cukup lama. Saat disajikan, kau akan mendapati bumbu cabe yang kental. Sehingga menjadikan citarasanya lebih gurih.

Silakan datang ke Oblok bebek Bekasi untuk mencicipi kelezatannya.

Per porsi oblok tongki, kamu hanya perlu membayar senilai Rp 35.000,- saja. Murah kan?

Makanan khas Bekasi sangat beragam. Bahkan, satu pembahasan saja tidak akan rampung. Untuk itu, kalau kamu pernah mencicipi selain yang sudah ada di poin-poin di atas, silakan share pengalamanmu di kolom komentar.

Apa saja menu yang belum kamu cicipi? Lalu, mana saja yang sudah dicoba? Kira-kira mana yang menurutmu paling menarik untuk di jajal? Jangan lupa berikan makanan khas Bekasi untuk keluarga di rumah sebagai oleh-oleh perjalanan, ya!

Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor Doclang

Makanan Khas Bogor – Berburu kuliner memang hal yang menyenangkan, apalagi jika kuliner tersebut enak dan menggugah selera. Tentunya hal ini menjadi sumber semangat meskipun kuliner tersebut harus didapatkan dengan melakukan perjalanan jauh.

Nah, untuk Kamu yang suka dengan kuliner nusantara, ada nih kuliner yang wajib untuk dicicipi dengan rasa yang enak dan menggugah selera. Kuliner ini adalah makanan khas Bogor, sebuah kota dingin yang dekat dengan daerah Ibu Kota.

Nikmat itu ketika kamu bisa mencicipi sebuah aroma makanan yang penuh dengan rasa ditemani dengan dinginnya udara Bogor.

Di Bogor, Kamu bisa menemukan banyak makanan yang enak dan menarik untuk dicoba. Apa si alasan kamu harus mencicipi makanan Bogor?

  • Ada banyak makanna unik dan kekinian yang bisa kamu temukan di sini.
  • Rasnaya juga ngga main-main lho karena dibuat dengan bumbu yang pas.
  • Apalagi dengan suasnaa alamnya yang pas cocok baget untuk pecinta kuliner seperti kamu.

Daftar Nama Makanan Khas Bogor yang Terkenal

Mau tahu apa saja nama makanan khas Bogor tersebut? Yuk langsung saja penjelasannya di bawah ini;

Toge Goreng

Makanan Khas Bogor Toge Goreng

Kuliner pertama yang bisa Anda cicipi jika berada di Bogor adalah Toge Goreng. Ini adalah makanan yang hanya bisa Kamu temukan di Bogor saja.

Bahkan, untuk menemukan makanan ini di kota lain sangatlah sulit, kecuali ada orang asli Bogor di kota tersebut yang memang membuatnya.

Nama toge goreng pada dasarnya hanyalah sebuah nama saja. padahal makanan ini dibuat dengan cara sayur toge direbus kemudian dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu.

Kemudian baru deh disiram dengan menggunakan bumbu yang dibuat dengan bahan tauco dan oncom serta kecap manis. Rasa makanan ini tentunya sangat khas dan wajib untuk Kamu cicipi.

Laksa Bogor

Makanan Khas Bogor Laksa Bogor

Selain toge goreng, di Bogor Kamu juga bisa menemukan makanan khas Bogor lainnya yang disebut dengan laksa Bogor.

Laksa Bogor adalah makanan yang sangat enak dimana hampir mirip dengan laksa betawi bedanya adalah adanya campuran oncom di dalamnya dan tidak ada mie di sana.

Makanan ini memiliki tekstur yang agak kasar karena ada parutan kelapa di dalamnya. Namun, untuk masalah rasa tentunya sudah tidak diragukan lagi. sebab, makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih.

Laksa Bogor juga ditambah dengan toping lain seperti tahu kuning, serundeng, dan juga telur rebus. Hal inilah yang membuat rasanya semakin enak.

Jika Kamu penasaran dengan makanan yang satu ini, tentu saja Kamu harus mencicipinya jika sedang berada di Bogor.

Bapatong

Makanan Khas Bogor Bapatong

Nama makanan khas Bogor yang satu ini cukup unik dimana namanya adalah bapatong. Nah, bapatong adalah sebuah singkatan dari bakso kupat gentong.

Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah makanan yang terdiri dari bakso dan juga kupat yang sudah dipotong dadu lalu ada iga sapi dan disiram dengan kuah yang diambil dari gentong.

Gentong sendiri merupakan sebuah tempat atau wadah yang dibuat menggunakan dengan tanah liat yang digunakan untuk menyimpan kuah setelah dimasak.

Makanan yang satu ini tentunya sangat enak. Jika Kamu ingin mencicipi bapatong di Bogor, maka Kamu bisa membelinya di jalan Pangrango Nomor 1 Bogor.

Doclang Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor Doclang

Doclang menjadi salah satu makanan khas Bogor yang terkenal. Bahkan cara membuatnya juga sangat mudah dan Kamu bisa menemukan resepnya dengan mudah di internet. Jika dilihat secara sekilas, doclang ini memiliki bentuk seperti lontong sayur atau kupat tahu.

Dalam satu porsi, Kamu bisa menemukan isian yang terdiri atas ketupat, kentang rebus goreng, irisan tahu goreng, telur rebus, penging tangkil. Bumbu kacang, kerupuk dan juga kecap.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Biasanya, masyarakat Bogor banyak mengonsumsi doclang untuk dijadikan menu sarapan untuk mengawali hari. Di Bogor Kamu bisa menemukan penjual makanan ini dengan sangat mudahnya.

Ngo Hiang

Makanan Khas Bogor Ngo Hiang

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Ngo Hiang. Sebuah makanan yang tidak halal atau haram untuk umat muslim. Mengapa?

Sebab, makanan ini dibuat dengan menggunakan udang, campuran daging babi dan juga sagu yang kemudian digulung seperti rolade.

Untuk membuat Ngo Hiang, maka dibutuhkan lima macam bumbu yang biasanya disajikan dengan tahu dan juga kentang lalu disiram dengan menggunakan kuah kental manis dan gurih.

Biasanya makanan ini juga dicampur dengan acara lobak, timun dan wortel. Jika Kamu suka, tentunya Kamu bisa mencicipi makanan ini di Bogor.

Cungkring

Makanan Khas Bogor Cungkring

Kebanyakan orang menyebut cungkring sebagai perumpamaan untuk orang-orang yang berbadan kurus. Namun, di Bogor khususnya daerah Sunda, cungking ini memiliki makna kikil sapi.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan potongan kikil dan bagian dari kepala sapi yang kemudian dimasak. Bumbu yang digunakan adalah bumbu kuning yang kemudian disiram dengan kecap manis.

Makanan ini juga sudah matang sekilas akan mirip dengan sate, hanya saja tidak ditusuk.

Akan lebih enak jika makanan ini dimakan dengan nasi ketan putih yang dicampur dengan parutan kelapa. Hmm sangat mantap dan cocok untuk dicoba.

Pepes Sagu

Makanan Khas Bogor Pepes Sagu

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi saat jalan-jalan ke sana adalah pepes sagu.

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya pepes. Namun, bagaimana dengan pepes sagu dimana pepes ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu.

Tentunya ini sangat menarik dan bahkan menjadi salah satu sajian kuliner tradisional yang sangat cocok untuk dicicipi. Nah, untuk menemukan makanan ini, Kamu bisa dengan mudah mencarinya di pasar tradisional yang ada di Bogor.

Es Pala

Makanan Khas Bogor Es Pala

Ini adalah minuman khas Bogor yang keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda. Minuman ini dibuat dengan menggunakan irisan buah pala, gula pasir dan juga sedikit garam saja.

Nah, ketiga bahan ini kemudian akan direbus da saat matang akan disajikan bersama dengan es. Es pala juga memiliki rasa yang menyegarkan dengan aroma yang khas. Biasanya minuman ini dijadikan sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit ringan.

Misalnya saja seperti insomnia, nyeri datang bulan, mual, serta melancarkan pencernaan. Nah, bagi Kamu yang penasaran dan ingin mencoba khasiat dari es pala ini, tentunya Kamu bisa berburu es pala dengan langsung datang ke Bogor.

Asinan Bogor

Makanan Khas Bogor Asinan Bogor

Ini adalah makanan khas Bogor yang kerap dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan yang datang berkunjung ke kota dingin ini. asinan ini sendiri merupakan hasil percampuran antara budaya Tionghoa dan Bogor.

Nah, asinan Bogor ini terdiri atas tiga jenis. Pertama adalah asinan buah, asinan sayur dan campuran antara kedua asinan ini. yang pastinya rasanya sangat enak dan Kamu wajib untuk mencobanya saat Kamu datang ke Bogor.

Bolu Lapis Sangkuriang

Makanan Khas Bogor Bolu Lapis Sangkuriang

Makanan berikutnya dari Bogor yang bisa Kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah adalah bolu lapis sangkuriang. Ini adalah salah satu makanan khas Bogor yang sangat terkenal.

Bolu ini juga memiliki rasa yang enak dengan berbagai macam topping lho. Mulai dari keju, rainbow chips, choco, chip dan masih banyak lainnya.

Lebih menariknya lagi, makanan yang satu ini juga bisa tahan sampai empat hari jika disimpan di dalam kulkas.

Yang pastinya jika Kamu datang ke Bogor jangan pernah lupa untuk membeli makanan yang satu ini sebagai buah tangan. Selain rasanya yang enak, bolu ini juga memiliki tampilan yang sangat bagus lho.

Pia Apple Pie

Makanan Khas Bogor Pia Apple Pie

Mau mencari makanan yang sedang hits di Bogor? Jika iya maka pia apple pie ini adalah makanan yang harus Kamu cari. Ini adalah sebuah pie apple yang memiliki bentuk hati dan ukurannya juga relatif besar,

Ia juga memiliki tekstur yang renyah dan garing. Apalagi dipadukan dengan selai apple membuat bagian tengahnya sangat lembut.

Jika Kamu mencari toko yang menjual makanan yang satu ini, Kamu bisa mencarinya di jalan Pangrango Nomor 10, Bogor.

Makaroni Panggang

Makanan Khas Bogor Makaroni Panggang

Bogor juga memiliki makanan yang mirip dengan macaroni schotel, hanya saja nama makanan ini adalah makaroni panggang. Makanan ini memiliki tekstur yang haring di bagian luar dan lembut di bagian dalamnya.

Ukuran sajiannya juga terdiri atas tiga macam, yakni ukuran small, medium dan large. Makanan ini tentunya sangat enak dan gurih banget. Jika Kamu ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, ada baiknya jika membeli yang ukuran large saja.

Kacang Bogor Istana

Makanan Khas Bogor Kacang Bogor Istana

Bogor juga memilih makanan khas yang biasanya dijadikan sebagai camilan atau untuk oleh oleh. Nama camilan ini disebut dengan kacang Bogor istana. Makanan yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dimana bagian dalamnya berwarna ungu.

Lebih unik lagi, camilan yang satu ini hanya ada pada bulan februari sampai bulan April saja. Selain bulan itu Kamu tidak akan bisa menemukan makanan ini.

Kacang Bogor Istana tentunya sangat enak untuk dijadikan camilan saat musim hujan di Bogor. Jika Kamu ingin mencoba camilan ini, pastikan untuk mencarinya di bulan yang tepat.

Rasanya juga sangat enak dan dijamin bakal bikin ketagihan. Bahkan makanan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah lho.

Ubi Bakar Cilembu

Makanan Khas Bogor Ubi Bakar Cilembu

Ini adalah makanan khas Bogor yang termasuk dalam kategori makanan khas tradisional. Makanan yang satu ini bisanya bisa dengan mudah Kamu temukan di daerah puncak.

Ada banyak pedagang ubi bakar cilembu yang bisa Kamu temukan di sepanjang jalan untuk menuju kawasan puncak Bogor. Rasa makanan ini sangat manis dan dijamin bikin Kamu ketagihan.

Roti Unyil

Makanan Khas Bogor Roti Unyil

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini memiliki bentuk yang kecil namun sangat enak. Hal inilah mengapa makanan ini disebut dengan roti unyil. Hanya dengan satu siapa saja Kamu bisa langsung menikmati makanan yang satu ini.

Untuk masalah rasa, tentunya roti unyil memiliki rasa yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi, rasanya sangat enak.

Tidak hanya bisa Kamu cicipi di sana saja, namun roti unyil juga bisa Kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah lho. Sebab, makanan  yang satu ini mudah untuk dikemas dan dibawa.

Mie Glosor

Makanan Khas Bogor Mie Glosor

Salah satu menu makanan khas Bogor yang biasanya dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Mie glosor memiliki ciri khas dimana mienya memiliki warna kuning keemasan dan dibuat dengan menggunakan bahan singkong dan kunyit. Makanan ini juga memiliki rasa yang sangat nikmat.

Yang pastinya jika Kamu datang ke Bogor terutama di bulan puasa, wajib deh untuk mencicipi makanan ini. yang pastinya Kamu akan merasa ketagihan karena rasanya memang sangat enak.

Gepuk Karuhun

Makanan Khas Bogor Gepuk Karuhun

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kebuk karuhun. Ini adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu dengan resep turun temurun.

Jika dilihat secara sekilas, makanan ini mirip dengan empal, hanya saja cara mengolahnya sangat berbeda. Jika Kamu penasaran dengan makanan ini, maka Kamu bisa mencarinya di Bogor dan mencicipinya sekarang juga.

Lumpia Basah

Makanan Khas Bogor Lumpia Basah

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya lumpia. Namun ketika di Bagor, Kamu akan menemukan lumpia unik yang biasa disebut lumpia basah. Salah satu makanan ringan khas Bogor yang memiliki rasa begitu enak dan unik.

Adapun lumpia basah memiliki isian taoge, bengkuang, tahu, ebi giling dan juga telur. Tidak seperti pada umumny, lumpia basah tidak digulung ataupun digoreng. Hanya disajikan dengan adonan kulitnya saja.

Jika Kamu ingin mencoba lumpia ini, Kamu bisa membelinya di depan resto Ngo Hiang yang ada di jalan Surya Kencana Nomor 307 mulai dari pukul 9 sampai 6 sore.

Soto Mie Khas Bogor

Makanan Khas Bekasi Soto Mie Khas Bogor

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi jika sedang hunting kuliner di Bogor adalah soto mie khas Bogor, makanan yang satu ini hanya bisa Kamu temukan di sekitar jalan Surya Kencana saja.

Adapun makanan ini dibuat dengan menggunakan campuran antara mie kuning dan mie bihun. Kemudian ditambah dengan daging sapi, risol dan jeroan.

Nantinya makanan ini akan disiram dengan kuah soto bening. Pastinya rasa makanan ini sangat enak dan Kamu wajib untuk mencicipinya.

Dodongkal

Makanan Khas Bogor Dodongkal

Makanan berikutnya yang bisa Kamu temukan di Bogor adalah dodongkal. Dodongkal adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren.

Makanan ini cukup sederhana namun memiliki rasa yang lezat dan gurih, biasanya makanan ini kerap disajikan sebagai camilan ketika ada tamu.

Jika Kamu tertarik, Kamu juga bisa membuatnya tanpa harus jauh-jauh ke Bogor lho, hanya saja rasanya kadang berbeda.

Brownies Pisang

Makanan Khas Bogor Brownies Pisang

Bisa dikatakan ini adalah makanan khas Bogor yang belum seterkenal makaroni panjang. Meskipun demikian brownies pisang juga menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk Kamu cicipi jika berada di Bogor.

Bahkan, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah. Sesuai dengan namanya, brownies ini dibuat dengan mencampurkan buah pisang.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi makanan ini, Kamu bisa membelinya di d’fla cake house yang berada di jalan pangrango nomor 3 dekat dengan taman kencana.

Untuk masalah rasa tentunya makanan ini sudah tidak diragukan lagi karena rasanya sangat enak. Selain itu ia juga memiliki tekstur yang lembut. brownies yang satu ini juga hadir dalam tiga rasa yaitu rasa pisang original, green tea dan juga keju.

Papapia

Makanan Khas Bogor Papapia

Papapia merupakan makanan khas Bogor yang sudah ada sejak tahun 2008. Makanan ini juga hadir dengan resep warisan keluarga. Bentuknya memang mirip seperti bakpia namun berbeda.

Makanan camilan atau oleh oleh papapia sangat enak dan rasanya juga sulit untuk dilupakan.

Jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan ini, Kamu bisa datang ke Jalan Dalurung I Nomor 16, Bantarjati, Bogor. Biasanya satu box papaia dijual dengan harga Rp. 25 ribu sampai Rp. 30 ribu saja.

Selain sebagai tempat wisata, ternyata Bogor juga memiliki banyak kuliner yang enak dan bisa Kamu cicipi. Yang pastinya kuliner ini sangat menarik untuk dicoba.

Kamu bisa mencoba semua makanan di atas dan bisa juga dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. so, jangan lupa untuk berburu makanan khas Bogor jika Kamu datang ke kota dingin ini.

Makanan Khas Banten

Makanan Khas Banten Sate Bandeng

Indonesia itu indah! Buktinya negara ini memiliki banyak kuliner yang begitu menggugah selera. Seperti rasa yang tak akan pernah pudar dan akan terus ingin dicicipi kembali layaknya kenikmatan makanan khas Banten.

Ada banyak makanan khas daerah Banten yang dibuat dengan menggunakan rempah spesial sehingga rasanya begitu menggugah selera.

Mulai dari makanan yang manis, pedas, gurih, asin bisa Kamu temukan di provinsi ini dengan mudahnya. Ada banyak alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan kahs Banten seperti di bawah ini.

  • Rasanya yang snagat enak dan banyak pilihan.
  • Banyak makanan tradisonal yang bisa kamu temukan di daerah ini.
  • Dibuat dari rmepah-rempah terbaik sehingga menghasilkan rasa yang outentik.

Macam macam Nama Makanan Khas Banten

Penasaran dengan makanan khas Banten yang harus Kamu cicipi? Yuk langsung saja simak contoh makanan khas Banten beserta gambar dan keterangannya berikut ini:

Leumeung

Makanan Khas Banten Leumeung

Makanan khas Banten pertama yang bisa Kamu cicipi adalah Leumeung. Ini adalah makanan yang bisa Kamu temukan di Banten khususnya daerah Palingping, Lebak Selatan.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa. Kemudian adonan beras ketan ini akan dimasukkan ke dalam bilah bambu lalu di bakar pada perapian hingga benar-benar matang.

Saat Leumeung ini matang, Kamu bisa langsung memakannya dalam keadaan hangat. Biasanya makanan ini dimakan dengan telur asin sebagai penggantinya. Ada juga masyarakat yang membuat makanan ini dengan ditambah kacang merah juga lho.

Biasanya makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan yang datang ke Banten. Jika Kamu tertarik, maka Kamu bisa mendapatkannya dengan pergi ke Banten dan rasakan sendiri nikmatnya makanan ini.

Gipang

Makanan Khas Banten Gipang

Makanan khas Banten berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah gipang. Apa itu gipang? Gipang adalah sebuah makanan ringan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan yang dicampur dengan air gula.

Makanan ini memiliki tekstur yang renyah, manis namun sedikit lengket. Biasanya kue ini juga dibuat dengan menggunakan beras ketan merah atau ketan putih. Saat ini sendiri gipang telah dimodifikasi dan memiliki banyak rasa.

Mulai dari rasa pandan hingga rasa original gula merah juga ada. Selain itu, kue ini juga dipoles dengan selai kacang sehingga rasanya menjadi lebih enak dan menggoda. Jika Kamu datang ke Banten, jangan lupa untuk membeli gipang untuk dijadikan oleh-oleh.

Lepet

Makanan Khas Banten Lepet

Tahukah Kamu apa itu lepet? Lepet merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Namun, penghasil lepet yang paling terkenal adalah daerah sunda dan salah satunya ada di Banten.

Jika Kamu datang ke Serang, maka di sini Kamu akan menemukan penjual lepet dengan mudahnya. Lepet sendiri merupakan sebuah jajanan yang mirip dengan nasi.

Hanya saja ia dibuat dengan menggunakan beras ketan dan juga kelapa yang dibungkus menggunakan daun kelapa muda dan selanjutnya dikukus.

Lepet memiliki rasa yang gurih karena adanya campuran kelapa di dalamnya. Ia juga memiliki tekstur yang empuk sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk segala jenis usia.

Meskipun lepet buatan Banten ini memiliki tampilan yang sederhana. Ternyata untuk membuatnya tidak sesederhana yang dibayangkan oleh banyak orang.

Sebab, bungkus lepet haruslah rapi dan membutuhkan keahlian khusus untuk bisa membungkusnya hingga bentuknya sedemikian rupa.

Kue Cucur

Makanan Khas Banten Kue Cucur

Makanan khas Banten berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kue cucur. Mungkin Kamu sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. ini adalah salah satu kue tradisional yang biasanya dijual di pasar tradisional untuk dijadikan camilan.

Di Banten sendiri darah yang memiliki kue cucur pertama adalah darah Sareweh, Lebak, Banten. Adapun kue cucur Banten dengan Betawi juga tidak ada bedanya. Rasa kue ini juga manis dan legit, tidak heran jika banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini.

Kue Pasung

Makanan Khas Banten Kue Pasung

Banyak orang yang menganggap kue pasung adalah kue yang mengerikan. Hal ini karena ada embel-embel nama pasung di dalam kue ini. padahal kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan corong dan tidak semegerikan namanya.

Ia dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras dan gula merah. Kue ini juga memiliki tekstur yang kenyal.

Karena ada gula merah di dalamnya, sehingga rasa dari kue ini adalah manis. Jika Kamu jalan-jalan ke Banten, maka Kamu wajib untuk mencicipi makanan khas Banten yang satu ini.

Kue Jojorong

Makanan Khas Banten Kue Jojorang

Jajanan selanjutnya yang bisa ditemukan di Banten adalah kue Jojorong. Ini adalah salah satu jajanan khas Banten yang memiliki bentuk yang unik. Jenis kue ini juga termasuk kue basah yang memiliki bentuk mungil dengan rasa yang gurih dan teksturnya yang lembut.

Jika Kamu mencari kue ini di Banten, maka Kamu bisa dengan mudah menemukannya di daerah Rangkasibitung.

Ada banyak penjual yang menjual kue jojorang di pasar tradisional. Adapun kue ini dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras, tepung saji, dan juga gula merah.

Kemudian ia akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Untuk menikmati kue ini biasanya Kamu harus menggunakan sendok.

Tujuannya adalah agar lelehan gulanya tidak keluar kemana-mana. Rasanya yang enak membuat siapa saja ingin mencicipi kue yang satu ini.

Balok Menes

Makanan Khas Banten Balok Menes

Salah satu ikon makanan khas Banten yang wajib Kamu coba adalah balok Menes. Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ubi kayu atau singkong. Di luar Banten, makanan ii disebut dengan getuk.

Pada dasarnya, balok menes adalah salah satu jenis getuk. Hanya saja getuk ini masih menggunakan warna asli singkong yakni putih. Rasa dan aroma balok menes ini juga sangat khas lho.

Ia juga akan terasa lebih enak jika dimakan bersama dengan parutan kelapa yang sudah diserundeng. Sehingga rasanya juga akan semakin enak. Untuk menemukan makanan ini, Kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional.

Kue Apem

Makanan Khas Banten Kue Apem

Makanan khas Banten berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kue apem. Kue apem yang ada di Banten adalah kue yang berwarna putih. Kue ini menjadi salah satu kue favorit yang biasanya dan di acara khaul Sultan.

Di Banten sendiri, kue ini biasanya ditemukan di Kampung Kadubumbag yang berada di Kecamatan Cimanuk, Pandenglang.

Kue apem dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras yang kemudian dicampur dengan tape yang sudah difermentasi.

Jika Kamu pernah makan kue apem, maka Kamu akan menemukan rasa asam dari makanan ini. nah, rasa asam ni ternyata yang menjadi ciri khas dari kue apem.

Di Banten, Kue apem disantap bersama dengan gula merah, madu ataupun sirup. Untuk masalah rasa, tentunya kue ini sudah tidak diragukan lagi rasanya.

Emping Melinjo

Makanan Khas Banten Emping Melinjo

Jika Kamu berburu oleh-oleh khas Banten, maka makanan khas Banten yang satu ini harus Kamu coba. Nama makanan ini adalah emping melinjo. Sesuai dengan namanya, emping melinjo dibuat dengan menggunakan olahan buah melinjo.

Biasanya makanan ini digoreng dan dijadikan sebagai camilan seperti kerupuk. Ada rasa khas yang ditawarkan oleh makanan ini seperti ada rasa pahit-pahitnya. Namun, saat ini emping ini sudah dimodifikasi sehingga varian rasanya sudah mulai beragam.

Anda bisa menemukan rasa mulai dari balado, manis, original dan masih banyak lainnya. Jika Kamu suka dengan makanan ini atau penasaran, maka Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Banten.

Rabeg

Makanan Khas Banten Rabeg

Rabeg merupakan makanan khas Banten yang dikombinasikan dengan makanan arab. Makanan ini dibuat dengan menggunakan daging atau jeroan kambing. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika disajikan bersama dengan asi hangat.

Rabeg juga memiliki cita rasa yang sangat kaya dimana rasanya pedas dan manis. Jika dilihat, rabeg sekilas sangat mirip dengan semur yang dicampur dengan tongseng. Hanya saja rempah-rempah yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah cabai merah, jahe dan lada.

Untuk tingkat kepedasan makanan ini juga biasanya cukup, namun ada juga yang sangat pedas sesuai dengan selera Kamu.

Jika Kamu ingin mencicipi makanan ini, Kamu bisa jalan-jalan ke Banten untuk mencicipinya. Jangan lupa siapkan minum yang banyak, terlebih jika Kamu tidak kuat pedas.

Nasi Sumsum

Makanan Khas Banten Nasi Sumsum

Di Serang, Ada bisa menemukan makanan khas Banten yang disebut dengan nasi sumsum atau disebut juga dengan nasi bakar sumsum.

Makanan yang satu ini sudah ada pertama kali pada tahun 1941. Meskipun merupakan makanan zaman dahulu, namun popularitas dari makanan ini masih tetap terjaga hingga saat ini.

Pada dasarnya, nasi sumsum merupakan nasi biasa, hanya saja ia dicampur dengan sumsum tulang yang kemudian dibakar.

Karena ada sumsum di dalamnya membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat. Jika Kamu datang ke Banten, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Sate Bandeng

Makanan Khas Banten Sate Bandeng

Jika biasanya ikan bandeng diolah dengan cara digoreng atau dibakar dalam keadaan yang utuh.

Maka di Banten Kamu akan menemukan ikan bandeng yang hadir dalam keadaan di sate. Makanan yang saat ini bisa Kamu temukan di daerah Serang.

Sate bandeng sendiri diperkenalkan pertama kali pada abad ke 16. Sate ini menjadi salah satu solusi untuk Kamu yang ingin makan ikan bandeng namun tidak ingin repot dengan durinya.

Nah, ikan bandeng yang akan dijadikan sate harus melalui proses pembersihan sisik terlebih dahulu. Kemudian dagingnya akan dihancurkan hingga terpisah dari kulitnya. Setelah itu ia akan dicampur dengan santan kental dan dicampur dengan bumbu.

Setelah itu, ikan akan dibuat seperti sate dan ditusuk pada bambu, baru deh ikan ini akan dibakar lalu dihidangkan.

Rasanya sangat enak lho, jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan ini, Kamu bisa berburu sate bandeng ini dengan datang langsung ke daerah Serang.

Sambel Burog

Makanan Khas Banten Sambel Burog

Kebanyakan makanan khas Banten yang banyak dikenal masyarakat luas adalah makanan yang berasal dari kota Serang.

Termasuk sambal burog khas Banten yang satu ini. Sambel burog merupakan sebuah sambal yang dibuat dengan bahan dasar kulit melinjo. Dalam bahasa masyarakat Banten, kulit melinjo ini disebut dengan kulit tangkil.

Sambal burog juga memiliki rasa yang pedas, karena dicampur dengan cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam dan juga kemiri.

Sambal burog akan lebih mantap jika disantap dengan nasi yang masih hangat. Biasanya sambel burog akan diberikan kepada jamaah yang menghadiri acara pengajian sebagai oleh-oleh.

Gerem Asem

Makanan Khas Banten Gerem Asem

Makanan khas Banten yang tidak kalah enak dan harus Kamu coba adalah Gerem Asem. Apa itu gerem Asem? Ini adalah salah satu makanan yang menawarkan rasa pedas yang tak tertandingi.

Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah daging ayam atau daging bebek. Kemudian daging ini akan dipanggang dan dijadikan dengan sayuran.

Oh iya, rasa pedas dari daging ini sudah meresap hingga ke bagian dalamnya lho. Jadi, untuk Kamu yang suka pedas tentunya wajib untuk mencoba Gerem Asem ini.

Sate Bebek Cibeber

Makanan Khas Banten Sate Bebek Cibeber

Sate bebek Cibeber juga merupakan makanan khas Banten yang berasal dari kota Serang. Lebih khususnya lagi makanan sate ini berasal dari daerah Cibeber yang masuk dalam kabupaten Cilegon. Sate bebek cibeber secara umum tidak jauh berbeda dengan sate lainnya.

Hanya saja bahan utama yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging bebek. Kemudian ia akan dikombinasikan dengan kuah tepung atau kacang yang sudah dicampur dengan berbagai macam bumbu rahasia.

Adapun bumbu yang digunakan untuk membuat kuah sate ini seperti ketumbar, gula merah, kunyit, kemiri, serai, lada hitam dan masih banyak bahan lainnya. Nah, bumbu ini akan dicampur pula dengan daging bebek sehingga lebih meresap.

Adapun makanan ini juga memiliki rasa yang enak. Bahkan, ia dijual dengan harga Rp. 30.000 per porsinya. Dalam satu porsi Kamu akan menemukan 10 tusuk sate.

Meskipun cukup mahal, namun Kamu tidak akan menyesal dengan rasa yang disajikan. Jika Kamu tertarik dengan makanan ini, Kamu bisa mencobanya dengan langsung datang ke Banten.

Ketan Bintul

Makanan Khas Banten Ketan Bintul

Ketan Bintul adalah makanan yang sangat cocok disantap untuk berbuka puasa. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan ketan yang menawarkan rasa yang gurih. Makanan yang satu ini disukai oleh Sultan Banten yang sangat terkenal di Kota Serang dan sekitarnya.

Ketan bintul menjadi makanan yang mudah untuk dibuat. Bahkan, Ada bisa mencari resep makanan ini di internet dan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Jika Kamu penasaran dan tidak semat ke Banten untuk mencicipinya, yuk langsung saja buat makanan ini sekarang juga di rumah.

Pecak Bandeng

Makanan Khas Banten Pecak Bandeng

Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan bandeng. Pencak sendiri dalam bahasa Banten memiliki makna pedas sedangkan bandeng berarti ikan bandeng. Sehingga makanan ini memiliki rasa yang pedas.

Pecak bandeng menjadi kuliner khas Banten yang banyak disukai oleh masyarakat setempat ataupun wisatawan yang datang, makanan ini memiliki rasa yang enak dan bahkan sudah banyak warung makan yang menjual pecak bandeng.

Jika Nada tertarik dengan makanan ini, maka Kamu bisa datang langsung ke Bandeng dan menemukannya dengan mudah.

Oh iya, untuk masalah harga, pecak Bandeng dijual dengan harga Rp. 20.000an saja per porsinya, bukankah sangat murah dan yang pastinya Kamu tidak akan kecewa dengan rasanya.

Nasi Belut

Makanan Khas Banten Nasi Belut

Suka daging belut? Jika Kamu suka, maka Kamu bisa mencicipi nasi belut yang ada di Banten ini. di Banten, nasi Belut menjadi makanan yang sangat terkenal dan bahkan menjadi makanan favorit masyarakat Serang.

Nasi ini menawarkan rasa yang gurih dan enak. Apalagi dengan teksturnya yang renyah karena digoreng kering membuat ia sangat mantap untuk dicicipi.

Akan lebih enak lagi jika nasi ini disantap bersama dengan sambal dan nasi hangat. Hmm, dijamin deh bikin ngiler, untuk Kamu yang penasaran, Kamu bisa langsung mencicipinya.

Ada banyak makanan khas Bandeng yang bisa Kamu cicipi. Tentunya makanan ini sangat enak dan bikin idah ingin mencobanya.

Jadi, untuk Kamu yang datang ke Banten, jangan lupa untuk berburu kuliner yang sudah disebutkan di atas dan rasakan sendiri rasanya.

Makanan Khas NTB

Makanan Khas Lombok Ayam Taliwang

Menikmati setiap rasa itu harus dengan lidah yang sehat. Karena sebuah rasa yang indah akan tercipta dari pilihan rempah terbaik. Salah satunya adalah makanan khas NTB yang rasnaya selalu ingin dikenang.

Salah satu makanan daerah yang bisa Kamu cicipi dengan keunikan dan kelezatan khas adalah makanan khas NTB. NTB atau Nusa Tenggara Barat adalah salah satu daerah yang menawarkan kuliner dengan cita rasa pedas.

Rasa pedas menjadi rasa yang wajib ada hampir pada setiap makanan yang berbeda dari provinsi NTB. Jika Kamu sedang berada di lombok baik untuk keperluan bisnis ataupun liburan, maka wajib Kamu cobain deh.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan kahs NTB:

  • Sangat cocok untuk kamu yang doyan banget pedas, karena makanan di sini hampir semuanya pedas.
  • Rasnaya yang enak dan cocok dengan lidah manapun.
  • Dibuat dengan menggunakan rempah-remah pilihan kahs NTB.

Daftar Nama Makanan Khas NTB yang Terkenal

Mau tahu apa saja rekomendasi makanan khas NTB yang selalu bikin nagih? Daripada penasaran, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

Plecing Kangkung

Makanan Khas NTB Plecing Kangkung

Bisa dikatakan plecing kangkung adalah salah satu makanan yang wajib ada di setiap rumah masyarakat di NTB.

Bahkan, makanan yang satu ini juga sangat terkenal dan bisa dengan mudahnya Kamu temukan di berbagai tempat, mulai dari warung makan hingga restoran juga ada.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dari kangkung lombok. Sayur kangkung ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kangkung lainnya.

Makanan plecing kangkung juga sebenarnya sangat sederhana, namun untuk masalah rasa sudah tidak diragukan lagi.

Nah, plecing kangkung dibuat dengan menggunakan sayur kangkung yang dicampur dengan sambal tomat pedas dan resep khas Lombok lainnya. Biasanya makanan yang satu ini akan disajikan dengan nasi hangat dan sate rembige.

Untuk Kamu yang penasaran dengan menu khas NTB yang satu ini, pastikan bahwa Kamu mencicipinya saat berada di NTB. Dijamin deh rasanya akan sangat cocok di lidah, terlebih bagi Kamu yang suka dengan makanan pedas.

Sate Bulayak

Makanan Khas NTB Sate Bulayak

Selai Plecing kangkung, ada juga makanan khas NTB lain yang bisa Kamu cicipi dan tentunya rasanya enak. Nama makanan ini adalah sate Bulayak. Ini adalah makanan khas NTB yang berasal dari wilayah Lombok.

Ini adalah makanan yang berisi dengan sate dan bulayak. Apa itu bulayak? Bulayak adalah sebuah lontong yang dibungkus tidak menggunakan daun pisang melainkan menggunakan daun aren.

Untuk bumbunya juga berbeda dan sangat khas karena dibuat dengan bumbu rempah khas Lombok. Bumbu ini dibuat dengan menggunakan santan kental dan campuran kemiri sehingga rasanya sangat gurih.

Kelaq Batih

Makanan Khas NTB Kelaq Batih

Bisa dikatakan ini adalah kuliner khas NTB yang mulai jarang ditemukan. Sebab, saat ini sudah mulai berkurang penjual yang menjual makanan ini. padahal makanan ini sangat enak dan bergizi.

Adapun kelaq batih ini dibuat dengan menggunakan bahan biji buncis tua yang dimasak dengan daun singkong muda. Kemudian ia ditambah dengan rempah-rempah yang memiliki nama ragi beleq.

Makanan ini juga memiliki rasa yang unik namun tetap diterima di lidah masyarakat Indonesia.

Jika Ada berada di NTB, maka Kamu wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini. hanya saja Kamu perlu bersabar untuk menemukan penjual yang menjual makanan yang satu ini.

Nasi Balap Puyung

Makanan Khas NTB Nasi Balap Puyung

Nasi Balap puyung adalah makanan khas NTB yang berasal dari wilayah Lombok Tengah. Makanan yang satu ini juga bisa dengan mudah Kamu temukan di daerah NTB lainnya.

Adapun nasi balap puyung terdiri atas nasi putih, biji kedelai goreng, campuran sambal daging, kentang goreng kremes yang rasanya pedas namun tetap enak.

Makanan yang satu ini juga dibuat dengan menggunakan bumbu khas suku Sasak. Dijamin deh Kamu akan merasa ketagihan karena nasi ini menjadi salah satu primadona kuliner yang ada di NTB.

Nasi Campur

Makanan Khas NTB Nasi Campur

Anda pastinya tidak asing dengan Gili Trawangan. Jika Kamu sedang berada di tempat wisata ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas NTB yang banyak ditemukan di wilayah ini. nama makanan yang satu ini adalah nasi campur.

Biasanya nasi ini dijual dalam keadaan yang sudah dibungkus baik menggunakan kertas minyak ataupun daun. Bahkan, Kamu bisa dengan mudah menemukan nasi ini di pinggir jalan. Biasanya Kamu nasi ini sangat cocok digunakan untuk sarapan.

Ares

Makanan Khas NTB Ares

Ares atau yang sering disebut dengan sayur Ares adalah makanan khas NTB yang berasal dari daerah Lombok. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang kepok muda.

Kemudian bahan ini akan dimasak dengan bumbu khas Lombok yang membuat ia menjadi sangat nikmat.

Bahkan, dahulunya makanan ini hanya disediakan di acara adat saja. Namun, saat ini Kamu bisa menemukan makanan ini dengan mudah di warung-warung makan di daerah Lombok.

Untuk masalah rasa, Kamu tidak perlu khawatir. Sebab, rasanya sangat enak dan dijamin bikin ketagihan. Karena itu, jika Kamu berada di NTB, maka Kamu wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Sate Tanjung

Makanan Khas NTB Sate tanjung

Untuk Kamu yang suka makanan pedas, maka Kamu harus mencicipi sate tanjung. Ini adalah salah satu sate yang memiliki rasa pedas manis. Makanan yang satu ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar olahan daging ikan.

Biasanya sate ini disajikan bersama dengan urap sayur, lontong dan juga plecing kangkung. Yang membuat makanan ini semakin unik adalah sate ini disajikan di atas opak singkong. Jadi, bagi Kamu yang berada di NTB khususnya daerah Lombok wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Ayam Taliwang

Makanan Khas NTB Ayam Taliwang

Anda tentunya sudah tidak asing dengan kuliner yang satu ini. nama kuliner ini adalah ayam taliwang dimana makanan ini menjadi makanan khas NTB yang sangat populer bahkan tidak hanya di NTB saja.

Sate taliwang sendiri aslinya berasal dari Lombok. Ia dibuat dengan menggunakan resep khas NTB.

Untuk membuat ayam taliwang juga unik lho dimana ayam akan dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Kemudian ia akan disajikan dengan nasi hangat yang membuat Kamu ingin nambah lagi.

Bahkan, banyak warung yang ada di Lombok dan NTB yang menyediakan makanan ini sebagai menu Kamulannya. Jadi, bagi Kamu yang sedang berada di Lombok, NTB wajib untuk mencoba kenikmatan ayam taliwang ini.

Kelaq Sebei

Makanan Khas NTB Kelaq Sebei

Ini adalah makanan khas NTB yang bahan dasarnya dibuat dengan menggunakan bahan cabai rawit hijau. Bahkan tidak tanggung-tanggung cabai rawit yang digunakan untuk sekali masak sekitar satu kilo gram lho.

Biasanya Kelak Sebei ini akan disajikan dengan terong, ikan tongkol atau kacang panjang. Pastinya rasanya mantap banget untuk Kamu yang menyukai makanan pedas. Berani untuk mencobanya saat berada di NTB?

Kelaq Lebui

Makanan Khas NTB Kelaq Lebui

Kelaq lebui atau dikenal juga dengan nama lebui kelaq pangkas adalah salah satu makanan khas NTB.

Cara membuat kelaq lebui dengan menggunakan bahan dasar kedelai hitam yang dicampur dengan bumbu kuah asam. Hal inilah yang menjadikan rasa makanan ini pedas asam dan enak lho.

Ikan Bakar Pantai Nipah

Makanan Khas NTB Ikan Bakar Pantai Nipah

Jika Kamu sedang jalan-jalan di Lombok khususnya di pantai Nipah, maka ada nih salah satu makanan khas NTB yang harus Kamu cicipi. Nama makanan ini adalah ikan bakar pantai nipah.

Ini adalah ikan bakar yang recommended karena rasanya yang sangat nikmat. Bahkan di pantai nipah Kamu bisa menemukan makanan ikan bakar dengan mudahnya. Pastinya soal rasa, sangat nikmat dan bahkan ini menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan.

Beberuq Terong

Makanan Khas NTB Beberuq Terong

Makanan khas NTB berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah beberuq terong. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar terong. Hanya saja terong yang digunakan di sini adalah terong bulat mentah.

Jika ingin menggunakan terong panjang, maka terong tersebut harus dibakar terlebih dahulu. Untuk bumbunya sendiri sama seperti plecing kangkung dimana dicampur dengan sambal tomat dan bumbu khas TB lainnya. Untuk menemukan beberuq terong juga mudah karena makanan ini biasa dijual di warung-warung makan yang ada di NTB.

Kelaq Kelor

Makanan Khas NTB Kelaq Kelor

Makanan khas NTB yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening. Di daerah lainnya daun kelor sering digunakan untuk memandikan mayat.

Namun, di NTB daun kelir diolah menjadi makanan yang sangat menggugah selera makan lho. Apalagi jika kelaq kelor ini disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi khas lombok. Hm, rasanya pasti enak banget dan bikin makan Kamu ingin nambah terus.

Kelepon Kecerit

Makanan Khas NTB Kelepon Kecerit

Ini adalah salah satu jajanan yang ada di NTB yang mirip dengan kelepon yang ada di wilayah Jawa. Yang membuat kelepon ini berbeda dengan yang ada di jawa adalah bentuknya yang memanjang dan runcing.

Sama seperti kelepon di Jawa, saat di makan kelepon kecerit juga akan memberikan sensasi gula merah yang keluar. Hmmm, rasanya enak banget dan sangat cocok untuk menemani waktu santai Kamu.

Jeje Raket

Makanan Khas NTB Jaje Raket

Salah satu makanan khas NTB yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan yang dikukus. Ketan yang telah dikukus akan dibungkus dengan daun pisang hingga bentuknya panjang.

Kemudian ia akan dibakar hingga matang. Makanan jeje raket ini begitu enak. Bisa dengan mudah Kamu temukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Lombok. Bisa juga untuk oleh oleh ya

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Makanan Khas NTB Poteng Jaje Tujan dan Iwel

Makanan khas NTB yang satu ini mungkin hanya bisa Kamu temukan di acara-acara besar seperti lebaran atau upacara adat saja.

Makanan tradisional yang satu ini terdiri atas dua jenis yakni Poteng jaje tujak atau tape. Sedangkan iwel adalah kue yang dibuat dengan menggunakan ketan hitam. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan legit.

Sate Pusut

Makanan Khas NTB Sate Pusut

Jika di Bali memiliki sate lilit yang begitu terkenal, maka di Lombok NTB juga memiliki sate lilit. Hanya saja nama sate ini adalah sate pusut. Sate ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan serpihan kelapa.

Sate ini juga memiliki rasa yang gurih sehingga menawarkan cita rasa yang enak dan mudah diterima. Jika Kamu berada di Lombok jangan pernah lupa untuk mencicipi sate pusut ini karena rasanya sangat enak.

Bebalung

Makanan Khas NTB Bebalung

Bebalung adalah makanan khas NTB yang berasal dari Lombok. Makanan yang satu ini adalah olahan iga sapi atau iga kerbau yang dimasak seperti soto namun dengan menggunakan bumbu khusus.

Yang membuat bebalung ini sangat unik adalah dagingnya yang sangat lunak. Sehingga Kamu akan mudah saat menggigitnya. Selain itu rasanya juga sangat enak dan dijamin Kamu akan ketagihan saat mencicipinya.

Sate Pencok

Makanan Khas NTB Sate Pencok

Di Internet ada dua versi sate pencok yang pertama dalam bentuk sagu yang dipotong dadu dan biasanya dijual di pasar tradisional. Sedangkan versi kedua dibuat dengan menggunakan kulit sapi atau adonan tepung kanji.

Kemudian adonan ini ditusuk menggunakan lidi hingga bentuknya seperti sate. Hal inilah yang menjadikan makanan ini disebut dengan sate pencok.

Ayam Rarang

Makanan Khas NTB Ayam Rarang

Makanan khas NTB berikutnya yang bisa Kamu cicipi karena rasanya yang enak adalah ayam rarang. Apa itu ayam rarang? Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ayam kampung.

Makanan ini memiliki tampilan yang terlihat sangat pedas. Namun, saat dicicipi ternyata rasanya tidak pedas seperti tampilannya. Jika Kamu berada di NTB, maka ayam rarang menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh Kamu lewatkan.

Ayam Pelalah

Makanan Khas NTB Ayam Pelalah

Masih dengan olahan ayam khas NTB, makanan yang satu ini makan yang terinspirasi dari makanan khas Bali. Makanan ini merupakan ayam ruwir bakat yang dimasak dengan bumbu rendaman. Sehingga rasanya enak banget dan bikin Kamu ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi.

Kue Keciput

Makanan Khas NTB Kue Keciput

Makanan khas NTB berikutnya yang tidak boleh ketinggalan untuk Kamu cicipi adalah kue Keciput. Ini adalah kue yang memiliki bentuk seperti onde-onde hanya saja ukurannya lebih kecil.

Tidak hanya itu saja, namun kue ini tidak ada isiannya seperti onde-onde. Hanya saja tampilan luarnya sama persis dimana dihiasi dengan wijen. Biasanya kue yang satu ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan ketika liburan ke Lombok.

Tuak Manis

Makanan Khas NTB Tuak Manis

Jika sebelumnya sudah dibahas makanan khas NTB, maka di NTB juga ada minuman khas yang bisa Kamu cicipi.

Nama minuman ini adalah tuak manis. Minuman ini dibuat dengan menggunakan bahan alami yakni tumbuhan yang ada di hutan namun juga tumbuh di sekitar rumah warga.

Konon katanya minuman yang satu ini memiliki khasiat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit lho. Minuman ini dibuat dari bahan dasar pohon enau yang biasa tumbuh di hutan, salah satunya di hutan Usuk Lestari, Lombok Barat.

Adapun beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan minuman berkhasiat ini adalah kencing manis, kencing batu, encok, memperlancar buang air kecil dan masih banyak lainnya. Jika Kamu memiliki keluhan penyakit tersebut, mungkin Kamu bisa mencoba minuman yang satu ini.

Tumbek

Makanan Khas NTB Tumbek

Tumbek adalah salah satu jajanan tradisional khas NTB khususnya daerah Lombok. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah.

Setelah itu semua bahan tersebut dikukus hingga matang. Kemudian ia akan dimasukkan ke dalam kulit tumbek yang dibuat dengan menggunakan daun kelapa dan dikukus kembali hingga warna daunnya berubah menjadi layu.

Masih ada banyak lagi makanan khas NTB yang bisa Kamu cicipi ketika datang ke provinsi ini. namun, kebanyakan makanan yang terkenal adalah makanan yang berasal dari daerah Lombok mengingat Lombok menjadi kota Kamulan bagi provinsi ini dan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik.

Resep Nasi Tumpeng

Resep Nasi Tumpeng Kuning

Nasi tumpeng biasanya digunakan untuk acara syukuran, selamatan, peresmian ataupun ulang tahun. Beragam acara tersebut biasanya tidak lepas dari masakan dengan resep nasi tumpeng.

Seringkali banyak orang memilih untuk memesan nasi tumpeng karena berbagai faktor. Bisa karena kesulitan membuatnya, atau juga karena memesan langsung jadi akan membuat praktis dan sebagainya.


Video Cara Membuat 7 Lauk Pelengkap Resep Nasi Tumpeng Komplit Enak Sederhana

Padahal Bunda, membuat nasi tumpeng sederhana dan mudah dilakukan. Bunda bisa membuat nasi tumpeng yang merupakan resep makanan tradisional indonesia beserta gambarnya di bawah ini. Bunda tidak percaya? Yuk simak resepnya di bawah ini.

1. Resep Nasi Tumpeng Kuning

Resep Nasi Tumpeng Kuning - Bosmeal.com
Gambar Resep Nasi Tumpeng Kuning Enak Sederhana

Resep nasi tumpeng kuning merupakan makanan hasil kreasi asli Indonesia. Bunda pastinya sudah sering menjumpai nasi tumpeng kuning di berbagai acara seperti acara syukuran, peresmian tempat atau yang lainnya.

Cara membuat nasi tumpeng kuning sendiri sebenarnya sangat mudah dan juga rasanya lebih enak daripada nasi biasa karena adanya bahan campuran rempah-rempah di dalamnya. Berikut Bunda bahan bahan yang diperlukan.  

Bahan bahan 

  • Beras 6 liter, cuci hingga bersih 
  • Santan kental ½ liter 

Bahan bumbu

  • Kunyit 2 sendok makan, parut kemudian rebus dalam air sebanyak 100 ml, lalu saring hingga keluar dari ampasnya 
  • Daun pandan 4 lembar , lalu bentuk menjadi simpul 
  • Serai memarkan 2 batang
  • Daun salam 6 lembar
  • Garam secukupnya (kira kira 2 sendok makan) 

Bahan pelengkap

  • Perkedel dendeng sapi
  • Tumis tempe 
  • Telur dadar yang diiris 

Bahan hiasan

  • Kacang panjang 
  • Tomat 
  • Wortel bentuk bunga di rebus 
  • Cabe merah 
  • Daun pisang 
  • Mentimun 

Cara membuat nasi tumpeng kuning

  1. Pertama Bunda siapkan panci kemudian masukkan santan, kunyit, daun pandan, daun salam , sereh dan juga garam kemudian masak hingga mendidih sambil diaduk aduk agar santan tidak pecah. 
  2. Selanjutnya masak beras dengan cara dikukus dalam panci hingga setengah matang kemudian tuangkan santan yang sudah mendidih hingga menyerap di dalam beras yang sudah di kukus lalu aduk hingga tercampur rata
  3. Setelah itu kukus kembali nasi hingga matang sekitar 20 – 30 menit.
  4. Jika sudah matang kemudian angkat dan taruh pada wadah yang telah disediakan.

Selanjutnya Bunda dapat menghias nasi tumpeng kuning sesuai dengan selera serta kreativitas dari Bunda sendiri. Bunda bisa juga menghidangkan resep pecel madiun jawa timur sebagai menu tambahan.

Baca Juga Makanan Khas Sunda Paling Populer

2. Resep Nasi Tumpeng Mini

Resep Nasi Tumpeng Mini - Bosmeal.com
Gambar Resep Nasi Tumpeng Magicom Sederhana Enak

Resep nasi tumpeng mini merupakan menu nasi tumpeng yang bisa digunakan untuk banyak acara prasmanan beramai-ramai. Nah Bunda cara membuatnya juga mudah. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan.

Bahan bahan

  • Beras putih 750 gram, cuci bersih
  • Daun salam 3 lembar
  • Serai 1 ½ batang
  • Kunyit bubuk 1 ½ sendok teh
  • Penyedap rasa kaldu ayam 1 ½ sendok teh
  • Air jeruk nipis 1 ½ sendok makan
  • Air 535 ml
  • Susu rendah lemak 375
  • Santan kental 225 ml

Bahan ayam goreng

  • Ayam 2 ekor, potong 24 bagian
  • Daun salam 4 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Air 1 liter
  • Penyedap rasa kaldu ayam 4 sendok teh

Bumbu ungkep haluskan

  • Bawang putih 20 siung
  • Kemiri 6 butir, sangrai
  • Lengkuas 6 cm
  • Kunyit 4 cm
  • Ketumbar 4 sendok teh
  • Jahe 2 cm
  • Merica putih bubuk 2 sendok teh
  • Jintan bubuk ⅔ sendok teh

Kering tempe

  • Tempe 400 gram, potong dadu kecil, goreng kering
  • Bawang merah 12 butir, iris tipis
  • Bawang putih 8 siung
  • Cabai merah 6 buah, potong serong
  • Asam jawa 4 sendok teh, larutkan dengan air panas 4 sendok makan
  • Minyak 4 sendok makan, untuk menumis
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Kecap manis 4 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh

Pelengkap

  • Perkedel
  • Telur dadar
  • Tomat
  • Daun kemangi
  • Mentimun

Cara membuat dan resep nasi tumpeng mini sederhana

  1. Pertama-tama Bunda siapkan rice cooker kemudian masukkan beras, daun salam, serai, kunyit, air jeruk nipis, susu rendah lemak, santan, air, dan penyedap rasa kaldu ayam, lalu aduk dan masak hingga matang.
  2. Selanjutnya panaskan minyak, kemudian tumis bumbu ungkep, daun salam, dan serai hingga harum, lalu tambahkan penyedap rasa kaldu ayam dan masukkan potongan ayam. Masak hingga berubah warna.
  3. Setelah itu masukkan air, lalu masak kembali dengan api sedang hingga ayam matang dan air menyusut ¾ bagian kemudian angkat.
  4. Selanjutnya Bunda panaskan minyak, kemudian goreng daging ayam hingga garing dan kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
  5. Jika ayam sudah siap, selanjutnya panaskan minyak, kemudian tumis bawang merah hingga harum. 
  6. Selanjutnya masukkan bawang putih dan cabai merah, lalu aduk hingga rata.
  7. Kemudian tambahkan gula merah dan air asam jawa, lalu aduk rata dan masukkan tempe serta aduk hingga rata. Kecilkan api.
  8. Selanjutnya tambahkan Kecap manis dan garam, lalu aduk rata kemudian angkat dan sisihkan.
  9. Terakhir cetak nasi kuning menggunakan cetakan tumpeng mini lalu letakkan di bagian tengah piring saji dan lengkapi dengan kering tempe, ayam goreng, serta pelengkap lainnya.

Bagaimana Bunda cara membuatnya cukup mudah bukan. Bunda bisa menyajikan nasi tumpeng mini untuk acara perayaan yang praktis dan mudah.

Baca Juga Makanan Tradisional Khas Indonesia Paling Enak

3. Resep Nasi Tumpeng Merah Putih

Resep Nasi Tumpeng Merah Putih - Bosmeal.com
Gambar Resep Nasi Tumpeng Merah Putih Untuk 20 Orang

Resep nasi tumpeng sunda dengan warna merah putih sangat cocok untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Simbol merah putih menunjukkan adanya semangat juang bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaannya. 

Nah Bunda untuk memperingati hari kemerdekaan salah satunya dengan mengadakan selamatan menggunakan nasi tumpeng merah putih berikut ini.

Bahan bahan

  1. Nasi merah
  • Beras merah 450 gram, cuci bersih
  • Serai 1 ½ batang, memarkan
  • Daun salam 2 lembar
  • Kayu manis 4,5 cm
  • Garam 3 sendok teh
  • Cengkeh 3 butir
  • Santan 975 ml
  1. Nasi putih
  • Beras putih 750 gram, cuci bersih
  • Serai 1 ½ batang, memarkan
  • Daun salam 2 lembar
  • Kayu manis 4,5 cm
  • Garam 3 sendok teh
  • Cengkeh 3 butir
  • Santan 2.025 ml
  1. Bahan tempe orek
  • Minyak 1 ½ sendok makan
  • Tempe 1 ½ papan, potong bentuk korek api
  • Kecap 3 sendok makan
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 8 butir
  • Cabe merah besar 4 buah, buang bijinya dan iris halus
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 1 ½ ruas, memarkan
  • Maggi Rasa Ayam 1 ½ blok
  • Lada bubuk secukupnya

Pelengkap

  • Telur dadar iris
  • Sambal nasi uduk
  • Ayam suwir balado
  • Timun
  • Bawang goreng, secukupnya

Cara membuat dan resep nasi tumpeng merah putih

  1. Pertama Bunda rebus santan bersama serai, daun salam, kayu manis, garam, dan cengkeh hingga mendidih.
  2. Selanjutnya masukkan beras merah kemudian masak hingga santan meresap sambil diaduk sesekali. Bunda bisa mengukus beras merah selama 30 menit atau hingga matang, lalu angkat.
  3. Jika nasi merah sudah matang, Bunda bisa melakukan hal sama untuk membuat nasi putih. 
  4. Setelah itu siapkan tempe orek dengan cara panaskan minyak lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, daun salam, dan lengkuas hingga harum.
  5. Kemudian tambahkan kecap, Maggi rasa ayam, dan lada bubuk, lalu aduk hingga rata. 
  6. Setelah itu masukkan tempe, kemudian aduk hingga semua bumbu tercampur rata, lalu angkat.
  7. Selanjutnya saat masih panas cetak dan tempatkan nasi putih di bawah kemudian cetak nasi merah dengan cetakan tumpeng dan letakkan diatas nasi putih dan letakkan diatas nampan yang sudah diberikan alas daun pisang.
  8. Terakhir Sajikan nasi tumpeng merah putih dengan tempe orek, telur dadar iris, sambal nasi uduk, ayam suwir balado, timun, dan taburan bawang merah goreng dan lainnya menurut selera Bunda.

Bagaimana Bunda, cara membuatnya cukup mudah bukan. Untuk cemilannya Bunda bisa menyajikan resep pisang keju coklat yang enak dan istimewa.

Nah itu tadi Bunda 3 resep nasi tumpeng lengkap dengan aneka ragam isian, semoga bermanfaat ya.

Resep Pisang keju

Resep Pisang Keju Batam

Salah satu buah yang sering dibuat camilan atau jajanan adalah pisang. Sekarang ini sedang tren variasi olahan buah pisang dari resep makanan tradisional menjadi resep pisang keju kriuk crispy istimewa.

Untuk mencoba bikin resep pisang keju Bandung 7 rasa, bunda tidak perlu khawatir. Karena bahan bahan untuk membuatnya mudah kita temukan di pasar. Cara membuatnya pun tergolong mudah.


Video Cara Membuat Pisang Keju Crispy Renyah Langsung dari Penjual

Berikut ini cara membuat resep pisang keju renyah tahan lama untuk jualan atau camilan sendiri di rumah:

1. Resep Pisang Keju Coklat

Resep Pisang Keju Coklat - Bosmeal.com
Gambar Resep Pisang Keju Coklat Untuk Jualan

Resep pisang keju coklat untuk jualan memang sedang booming. Rasa pisang goreng yang enak ditambah lapisan keju dan coklat yang meleleh di dalam dan berasa kriuk diluar. Ah, siapa yang tahan dengan godaan ini.

Rasa dan kelezatan diatas bisa Bunda sajikan di rumah dengan cara yang mudah dan sederhana. 

Untuk pisangnya, usahakan menggunakan pisang yang belum terlalu matang agar hasilnya tidak lembek.

Bahan bahan

  • Pisang 5 buah
  • Tepung terigu 2 sendok makan
  • Tepung roti/panir secukupnya
  • Coklat blok sesuai selera, potong memanjang
  • Keju sesuai selera, potong memanjang
  • Garam ½ sendok makan
  • Vanili ½ sachet
  • Gula 1 sendok makan
  • Air secukupnya

Cara Membuat Pisang Keju Coklat Untuk Jualan

  1. Pertama Bunda siapkan wadah kemudian masukkan vanili,gula,garam dan tepung, lalu masukkan air secukupnya serta aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya kupas pisang kemudian belah di bagian tengah, tetapi jangan sampai terputus.
  3. Setelah itu masukan coklat blok beserta keju kemudian tutup kembali pisangnya.
  4. Selanjutnya masukkan pisang yang sudah diisi coklat dan keju kedalam adonan tepung terigu lalu lumuri dengan adonan panir hingga merata.
  5. Langkah selanjutnya Bunda panaskan minyak kemudian goreng pisang selama kurang lebih 5 menit sampai pisang menjadi sedikit kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.

Bunda bisa langsung menikmati pisang keju coklat. Sebaiknya disajikan selagi masih anget ya.

Selain dinikmati langsung, Bunda juga bisa menambahkan taburan parutan keju dan coklat leleh yang istimewa. 

2. Resep Pisang Keju Batam

Resep Pisang Keju Batam - Bosmeal.com
Gambar Pisang Keju Ala Batam

Bangka belitung memang memiliki beragam olahan, selain martabak Bangka, ada juga pisang keju Batam. Nah Bunda rasanya berbeda dengan pisang coklat diatas ya.

Jika pisang keju coklat diatas menggunakan keju serta coklat sebagai isian, pisang keju Batam menggunakan keju sebagai bahan taburan. 

Untuk lebih jelasnya Bunda bisa simak resepnya dibawah ini.  

Bahan bahan

  • Pisang uli matang 16 buah
  • Tepung terigu 400 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Mentega 50 gram
  • Garam ¼ sendok teh
  • Vanili bubuk sejumput
  • Air secukupnya

Bahan Topping

  • Palm sugar secukupnya
  • Keju sesuai selera
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Resep Pisang Keju Ala Batam

  1. Pertama Bunda siapkan wadah kemudian masukkan tepung terigu, gula, mentega, garam, vanili dan air lalu aduk hingga tercampur rata dan adonan pas, tidak kental dan tidak cair.
  2. Selanjutnya kupas pisang kemudian belah menjadi dua lalu masukkan kedalam adonan.
  3. Setelah itu panaskan minyak kemudian goreng pisang hingga matang dengan warna kuning keemasan lalu angkat dan tiriskan.Goreng pisang hingga matang.
  4. Selanjutnya plating pisang dengan cara tabur palm sugar kemudian tambahkan keju parut dan terakhir tuangkan susu kental manis diatasnya.

Camilan pisang keju Batam siap disajikan. Bagaimana Bunda cara membuatnya cukup mudah bukan.

3. Resep Pisang Keju Crispy Sederhana

Resep Pisang Keju Crispy - Bosmeal.com
Gambar Resep Pisang Keju Crispy Untuk Jualan

Selain dengan isian coklat atau taburan keju, pisang keju juga bisa dibuat crispy. Cara membuatnya juga hampir sama dengan ketika Bunda membuat pisang keju Batam kok.

Berikut resep pisang keju crispy sederhana untuk jualan yang bisa dicoba:

Bahan Bahan

  • Pisang kepok 12 buah
  • Tepung terigu segitiga biru premium 150 gram
  • Tepung beras 2 sendok makan
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Vanili bubuk 2 sendok teh
  • Air secukupnya

Topping

  • Tepung roti secukupnya
  • Susu kental manis coklat sesuai selera
  • Keju cheddar secukupnya

Cara Membuat Resep pisang Keju Crispy Untuk Jualan

  1. Pertama Bunda kupas pisang kemudian potong sesuai selera, bisa dengan memotong memanjang agak tipis lalu sisihkan.
  2. Kemudian Bunda siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu,tepung beras,gula,vanili, serta air dan aduk rata hingga adonan menjadi agak kental.
  3. Setelah itu masukkan pisang pada adonan dan pastikan semuanya terbalut rata.
  4. Selanjutnya siapkan tepung roti kemudian gulingkan pisang diatasnya lalu sisihkan sebentar.
  5. Langkah berikutnya panaskan minyak kemudian goreng pisang hingga coklat keemasan, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Terakhir Bunda siapkan piring saji kemudian susun pisang yang sudah digoreng lalu beri susu kental manis coklat dan taburi keju cheddar parut. 

Pisang keju crispy siap disajikan. Bagaimana Bunda cukup menarik bukan. Bunda bisa menyajikannya sebagai menu penutup sehabis menikmati menu dengan resep pecel madiun lengkap.

4. Resep Pisang Keju Bandung

Resep Pisang Keju Bandung - Bosmeal.com
Gambar Resep Bolen Pisang Keju Khas Bandung

Seperti halnya Jakarta dengan resep kerak telor jakarta, Bandung juga memiliki ikon kuliner yakni pisang keju Bandung. Cemilan yang sudah familiar ini juga biasa disebut bolen pisang keju khas Bandung.

Bunda juga bisa membuat sendiri resep bolen pisang keju khas Bandung sei berikut pertini:

Bahan bahan

  • Kulit pastry siap pakai, ukuran 30×30 cm 2 lembar
  • Pisang raja 6 buah, kukus lalu potong memanjang ukuran 5 cm
  • Keju cheddar 1 kotak, potong memanjang ukuran 5 cm
  • Kuning telur 2 butir
  • Madu 2 sendok teh
  • Keju parut 30 gram, untuk taburan

Cara Membuat Resep Pisang Keju Bandung

  1. Pertama Bunda panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 200 derajat
  2. Selanjutnya siapkan loyang datar lalu alasi bagian atasnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan kulit pastry lalu potong menjadi ukuran 10×10 cm kemudian gilas tipis adonannya.
  4. Selanjutnya pada tiap-tiap kulit adonan tambahkan pisang yang sudah dibelah menjadi dua, lalu selipkan juga keju diantara pisang tersebut.
  5. Langkah  selanjutnya lipat kulit pastry seperti ketika Bunda melipat amplop hingga rapat. Ulangi hingga habis.
  6. Selanjutnya taruh bolen di loyang dengan posisi lipatannya di bawah.
  7. Setelah itu Bunda olesi permukaan bolen dengan kuning telur yang sudah dicampur dengan madu kemudian taburkan keju parut pada bagian atasnya.
  8. Selanjutnya susun bolen pada loyang dengan jarak 1 cm untuk memberi ruang saat pastry mengembang.
  9. Terakhir masukkan bolen ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 20-25 menit hingga berwarna coklat keemasan. 
  10. Jika sudah matang kemudian angkat dan taruh dalam piring saji.

Bolen pisang siap disajikan. Nah itu tadi Bunda kue pisang keju Bandung atau yang dikenal juga pisang bolen keju. Selain keju, Bunda juga bisa menambahkan potongan coklat atau meises.

Bagaimana Bunda tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah? Selamat mencoba dan berkreasi ya Bunda.

Resep Sate Lilit

Resep Sate Lilit Ayam

Pecinta sate tidak afdol kalau belum nyobain sate lilit khas Bali ini. Cara membuat resep sate lilit memang tidak seperti sate pada umumnya.

Jika biasanya sate ditusuk dengan tusuk sate yang terbuat dari bambu, berbeda dengan sate lilit khas Bali yang justru menggunakan batang sereh sebagai tusuk satenya.

Sate lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat unik karena menggunakan daging yang dihaluskan kemudian dibumbui baru direkatkan pada tusuk sate.


Video Cara Membuat Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali

Sebenarnya membuat sate lilit tidak sulit. Jika Bunda tidak memiliki batang sereh, tetap bisa membuatnya dengan tusuk sate seperti biasanya.

Agar Bunda tetap menjadi andalan dalam memasak resep masakan sehat untuk keluarga. Tetapi gunakan tusuk yang agak tebal dan juga pipih ya.

Berikut ini aneka resep sate lilit Bali yang bisa Bunda cobain:

1. Resep Sate Lilit Ayam

Resep Sate Lilit Ayam - Bosmeal.com
Gambar Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali

Mencoba resep sate lilit ayam merupakan salah satu sajian yang menarik dicoba. Daging ayam sendiri bisa diolah menjadi berbagai menu makanan.

Bisa dibakar, di sate seperti biasa atau juga dihaluskan dan dibuat sate. Namanya sate lilit ayam Bali. berikut Bunda bahan yang harus disiapkan.

Bahan bahan

  • Daging ayam 600 gram, giling halus
  • Kelapa parut 12 sendok makan, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua
  • Garam 2 sendok makan
  • Batang serai 20 buah, untuk tangkai sate 
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya, jika suka

Bahan bumbu halus

  • Bawang merah 14 butir
  • Bawang putih 8 siung
  • Cabai merah besar 6 buah, buang isinya 
  • Kencur 10 cm 
  • Jahe 10 cm
  • Kunyit 8 cm
  • Lengkuas 10 cm
  • Kemiri 6 butir, sangrai terlebih dahulu 
  • Merica 1 sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Serai 2 batang, ambil yang putih saja

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Khas Bali

  1. Pertama Bunda siapkan wadah kemudian masukkan daging ayam yang telah digiling, kelapa parut, garam dan bumbu halus lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Selanjutnya cek rasa dan jika sudah pas kemudian ambil sedikit adonan lalu kepalkan serta lilitkan di batang serai yang sudah disiapkan. Ulangi hingga adonan habis.
  3. Setelah itu Bunda panaskan teflon yang sudah diberi sedikit minyak kemudian masak sate lilit hingga matang.
  4. Bunda jangan lupa untuk membolak-balik sate lilit ayam selama proses memasak agar tidak gosong.
  5. Selanjutnya Bunda juga bisa memanggang kembali sate lilit setelah dimasak dengan teflon agar rasanya lebih sedap.

Sate lilit ayam siap disajikan. Bunda dapat menyajikannya bersama dengan sambal matah atau juga sambal kacang.

Oh iya, selain rese sate ayam lilit khas Bali diatas, ada juga variasi lain yaitu resep sate lilit ayam tanpa kelapa ya.

2. Resep Sate Lilit Ikan Tuna

Resep Sate Lilit Ikan Tuna - Bosmeal.com
Gambar Resep Sate Lilit Ikan Tuna

Ngomong-ngomong soal sate lilit, bukan hanya ayam sebagai bahan utamanya. Bunda juga bisa menggunakan daging ikan seperti ikan tuna, ikan tenggiri, ikan gurame ataupun juga fillet ikan dori. Semua sesuai selera Bunda ya.

Bahan bahan

  • Daging fillet ikan tuna 600 gram
  • Santan kental 100 ml
  • Kelapa parut 100 gram
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Daun salam 4 lembar
  • Tusukan bambu pipih atau batang serai secukupnya

Bahan bumbu halus

  • Cabe merah keriting 6 buah
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Jahe 2 ruas jari
  • Terasi 2 sendok teh, bakar – 1 sdt
  • Daun jeruk 2 lembar, dibuang tulang daunnya – 1 lembar
  • Kunyit 4 cm
  • Kemiri 4 butir, sangrai – 2 butir
  • Garam 2 sendok teh
  • Gula merah 1 sendok teh
  • Minyak goreng 2 sendok makan

Cara Membuat Sate Lilit Ikan Tuna

  1. Pertama Bunda panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Selanjutnya masukkan serai dan daun salam, lalu tumis kembali hingga layu kemudian matikan api dan dinginkan.
  3. Setelah itu siapkan alat penghalus, bisa blender, food processor atau chopper lalu masukkan daging ikan, santan, dan kelapa parut lalu haluskan.
  4. Selanjutnya siapkan wadah kemudian masukkan campuran ikan halus dengan bumbu halus lalu aduk hingga tercampur rata. Jangan lupa cek rasanya.
  5. Langkah berikutnya simpan adonan dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar adonan mengental dan mudah dikepal.
  6. Selanjutnya ambil sedikit adonan sesuai selera kemudian kepal-kepal lalu rekatkan pada tusukan sate atau batang serai hingga setengah tinggi tusukan. Ulangi hingga habis.
  7. Setelah itu Bunda siapkan pemanggang sate bisa dengan grill pan atau wajan datar lalu panggang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Sate lilit ikan tuna siap disajikan. Untuk menghidangkannya Bunda bisa menyandingkannya dengan sambal matah beserta nasi hangat dan lawar khas Bali.

Ketika bunda menggunakan batang serai sebagai tusuk sate, memarkan sedikit bagian putihnya agar adonan mudah melekat dan menjadi lebih wangi.

3. Resep Sate Lilit Daging Sapi

Resep Sate Lilit Daging Sapi - Bosmeal.com
Gambar Resep Sate Lilit Daging Sapi

Salah satu kreasi dari olahan daging sapi yang enak dan istimewa ya menu resep sate lilit daging sapi ini. Cara membuatnya juga mudah.

Bahan bahan

  • Daging sapi 500 gram, giling 
  • Lemak sapi 100 gram, cincang halus
  • Tusuk sate atau batang serai 28 batang
  • Merica bubuk ½ sendok teh 
  • Garam 1 sendok teh
  • Kecap asin 1 sendok teh
  • Daun bawang 2 batang, diiris halus 
  • Gula merah 1 sendok teh
  • Pala bubuk ½ sendok teh
  • Kacang tanah 50 gram,  kupas, sangrai lalu cincang halus 
  • Kaldu sapi bubuk ½ sendok teh
  • Kecap manis 3 sendok teh

Bahan bumbu halus 

  • Bawang bombay ½ buah, cincang halus 
  • Cabai merah keriting 4 buah, cincang kasar 
  • Bawang merah goreng 1 sendok makan, remas-remas 
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus 

Bahan olesan

  • Kecap manis 2 sendok teh 
  • Margarin leleh 1 sendok makan 
  • Kecap asin 1 sendok teh

Cara Membuat Sate Lilit Daging Sapi

  1. Pertama siapkan wadah kemudian masukkan daging giling serta lemak sapi cincang kemudian aduk hingga tercampur rata. SIsihkan sementara.
  2. Selanjutnya masukkan bumbu halus lalu aduk hingga tercampur rata dengan daging giling campur dan berlumur dengan bumbu halus.
  3. Langkah selanjutnya tambahkan kecap asin, garam, merica bubuk, gula merah, pala bubuk, daun bawang, kacang tanah kupas, kecap manis, kaldu sapi bubuk, lalu aduk- aduk hingga tercampur rata dan dan semua bumbu melumuri daging.
  4. Selanjutnya Bunda ambil sedikit adonan, lalu kepalkan dengan menggunakan tangan kemudian taruh pada tusuk sate dan padatkan. Ulangi hingga habis.
  5. Langkah selanjutnya siapkan pemanggang kemudian bakar sate lilit sambil diolesi dengan bahan olesan dan dibolak balik hingga sate menjadi kecoklatan dan matang secara merata. 
  6. Jika sate lilit sudah matang kemudian angkat dan taruh pada piring saji.

Sate lilit daging sapi siap disajikan. Bagaimana Bunda caranya cukup mudah dan sederhana bukan? Selain dibuat sate lilit, daging sapi juga dibuat menu lain dengan resep empal goreng empuk dan enak.

4. Resep Sate Lilit Udang

Resep Sate Lilit Udang - Bosmeal.com
Gambar Resep Sate Lilit Udang

Tak hanya ditumis dan digoreng dengan resep peyek udang renyah, tapi juga bisa dibuat sate lilit dengan menggunakan bahan dasar udang. Penasaran seperti apa? Yuk simak resepnya di bawah ini.

Bahan bahan

  • Udang kupas 500 gram, bersihkan, lalu buang kepala dan ekornya
  • Kelapa parut 12 sendok makan
  • Batang serai secukupnya

Bahan bumbu halus

  • Cabai merah 6 buah
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • kunyit 6 ruas
  • jahe 4 ruas
  • kencur 4 ruas
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat Sate Lilit Daging Udang

  1. Pertama Bunda giling udang hingga halus.
  2. Selanjutnya siapkan blender kemudian masukkan semua bumbu halus dan haluskan hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu siapkan wadah kemudian masukkan udang dan bumbu halus lalu aduk hingga tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya tambahkan kelapa parut lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Jangan lupa tes rasa.
  5. Jika rasanya sudah pas, selanjutnya ambil adonan secukupnya lalu lilitkan adonan pada batang serai dan bulatkan sampai teksturnya menjadi padat. Ulangi hingga habis.
  6. Selanjutnya Bunda siapkan pemanggang, bisa menggunakan grill atau teflon lalu panggang adonan dengan api sedang hingga matang. 
  7. Jangan lupa dibolak balik agar dapat matang sempurna
  8. Jika sudah matang kemudian angkat dan taruh dalam piring saji.

Kreasi resep sate lilit udang menarik juga kan? 

5. Resep Sate Lilit Tempe

Resep Sate Lilit Tempe - Bosmeal.com
Gambar Resep Sate Lilit Tempe

Menu makanan berbahan dasar tempe sangat beragam dan merakyat. Bunda sering menemukan tempe yang diolah kering (orek), digoreng biasa ataupun dibuat sayur.

Akan tetapi apa jadinya jika tempe dibuat sate lilit? Jawabannya ada di bawah ini.

Bahan bahan

  • Tempe 700 gram
  • Kelapa parut 100 gram
  • Daun jeruk 6 lembar, iris-iris
  • Tepung tapioka 4 sendok makan
  • Penyedap rasa ayam 2 sendok teh
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Lengkuas 2 cm
  • Margarin 2 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Batang serai secukupnya

Bahan bumbu halus

  • Kunyit 10 cm, kupas
  • Kencur 4 cm, kupas
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 8 siung
  • Cabai keriting 6 buah
  • Cabai merah 6 buah
  • Kemiri 6 buah, sangrai

Cara Membuat Sate Lilit Tempe

  1. Pertama Bunda kukus tempe terlebih dahulu selama 15 menit hingga lembut, lalu haluskan sampai benar-benar halus kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan blender kemudian masukkan semua bumbu halus lalu blender hingga halus dan tercampur rata.
  3. Setelah itu panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus beserta serai 1 batang dan lengkuas hingga harum.
  4. Langkah selanjutnya siapkan wadah kemudian masukkan tempe halus, tumisan bumbu halus, kelapa parut, daun jeruk, dan tapioka, lalu aduk sampai tercampur rata.
  5. Setelah itu tambahkan garam dan gula, lalu aduk kembali sampai rata.
  6. Selanjutnya ambil adonan kira-kira 1 genggam kemudian lilitkan adonan ke batang serai, lalu bulatkan sampai teksturnya memadat. Ulangi hingga habis.
  7. Langkah selanjutnya kukus kembali sate lilit selama kurang lebih 20 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  8. Selanjutnya Bunda panaskan teflon, kemudian masukkan sedikit margarin lalu masukkan sate lilit tempe, dan bakar sampai matang, serta jangan lupa dibolak balik agar tidak gosong.
  9. Jika sudah matang kemudian angkat dan sajikan.

Bagaimana Bunda caranya cukup mudah bukan?

Nah itu tadi aneka resep sate lilit khas Bali yang recommended dan bisa menjadi pilihan menu makan Bunda dan keluarga sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi ya Bunda.