Makanan Khas Bandung Wajit

Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung – Tak hanya memiliki destinasi wisata yang keren, ternyata Bandung juga terkenal akan wisata kuliner yang tiada duanya. Saat Kamu berkunjung ke Kota Kembang yang satu ini, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah kuliner yang dimilikinya.

Makanan khas Bandung memiliki cita rasanya tersendiri. Dibuat dengan aneka bumbu nusantara asli, membuat makanan kota ini memiliki cita rasa rempah yang sangat kuat.

Tak ayal, jika makanan dari Bandung merupakan salah satu makanan khas Sunda terbaik yang pernah ada.

Nah, buat Kamu yang ingin mencicipi lezatnya makanan dari kota tersebut, ternyata sobat tak perlu menghabiskan banyak uang untuk bisa menikmati semua kuliner yang ada di Kota Paris Van Java.

Meski terkenal dengan kelezatannya, namun siapa sangka jika harga yang harus dibayar untuk berbagai macam kuliner tersebut terbilang cukup terjangkau.

Bagaimana? Apakah Kamu sudah merasa penasaran dan segera ingin mencobanya? Yuk, simak daftar makanan khas Bandung di bawah ini.

Daftar Nama Makanan Berat Khas Bandung

“Orang yang suka makan adalah orang-orang terbaik.”

Julia Child

Bandung memiliki beragam macam makanan berat yang wajib untuk dicoba. Mungkin, Kamu akan berpikir salah satu diantaranya adalah Sate Bandung. Sate Bandung merupakan salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan.

Namun, bukan hanya itu saja. Masih ada makanan khas lainnya yang juga wajib untuk Kamu cicipi. Nah, untuk lebih lengkapnya, Kamu  bisa langsung melihat daftar makanan khas Bandung di bawah ini:

1. Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Bandung Nasi Tutug Oncom

 

Dari namanya saja, mungkin Kamu sudah bisa menebak nasi ini terbuat dari apa. Ya, Nasi Tutug Oncom merupakan nasi yang ditumbuk dan dicampur dengan menggunakan oncom.

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis makanan khas lainnya, Nasi Tutug Oncom ini memiliki beberapa keunikan seperti berikut:

  • Nasi yang akan disajikan ditumbuk dan dicampur bersama dengan oncom
  • Nasi Tutug Oncom ditambah dengan menggunakan lauk pauk yang membuatnya terlihat lebih lezat
  • Harganya sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 8.000an hingga Rp 25.000-an
  • Meski murah, namun makanan khas yang satu ini cukup mengenyangkan.

Jadi, saat Kamu berkunjung ke Kota Bandung jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini ya.

2. Nasi Timbel

Makanan Khas Bandung Nasi Timbel

Makanan khas berikutnya adalah Nasi Timbel. Nah, mengapa disebut dengan Nasi Timbel?

Ternyata makanan yang satu ini cukup unik. Nasi putih akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang sehingga menimbulkan aroma yang sangat khas ketika dibuka.

Untuk menikmati nasi tersebut, Kamu akan ditemani dengan beberapa lauk pauk seperti tempe, tahu, daging atau ikan, lalapan dan tentunya sambal. Nasi Timbel khas Bandung memiliki rasa yang sangat otentik yang tentunya tidak pernah Anda lupakan.

Berapa untuk harga per porsinya? Untuk Nasi Timbel sendiri dibandrol Rp. 4.000-an. Sementara, untuk lauknya mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 15.000-an. Sangat terjangkau bukan?

3. Koredok

Makanan Khas Bandung Koredok

Ternyata, Bandung juga memiliki makanan khas yang lezat dan juga bergizi. Koredok adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari berbagai macam sayuran. Bahkan, makanan tersebut diolah dengan resep khusus sehingga menjaga kesegaran dari makanan yang satu ini.

Buat Kamu yang suka pedas, Kamu bisa mengukur sendiri tingkat kepedasan dari makanan tersebut. Lalu, berapa harga per porsi yang ditawarkan? Harganya sekitar Rp. 10.000-an.

4. Mie Kocok

Makanan Khas Bandung Mie Kocok

Daftar kuliner selanjutnya ada Mie Kocok. Berbeda dengan beberapa kuliner mie yang ada di kota lainnya, Mie Kocok yang ada di Bandung memiliki rasa yang sangat khas sehingga sayang untuk dilewatkan.

Ada beberapa tempat di Bandung yang menjual Mie Kocok dengan rasa yang tidak biasa. Harga per porsinya mulai dari Rp. 23 ribuan.

5. Ulukutek Leunca

Makanan Khas Bandung Ulukutek Leunca Oncom

Ternyata, Bandung memiliki beberapa makanan khas yang menyehatkan. Salah satunya adalah Ulukutek Leunca.

Kuliner satu ini bisa dibilang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh mulai dari kalori, karbohidrat, vitamin dan berbagai senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Rasanya yang gurih, renyah namun agak sedikit pahit dan pedas tersebut membuatnya memiliki rasa yang cukup unik. Dalam satu porsi Ulukutek Leunca ini akan ada tambahan oncom di dalamnya.

Harga dari seporsi Ulukutek Leunca ini juga terbilang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp. 10 ribuan. Sangat terjangkau bukan untuk makanan yang sehat dan mengenyangkan?

6. Gepuk

Makanan Khas Bandung Gepuk

Masih mau mencoba makanan khas Bandung yang lainnya? Nah, Kamu bisa mencoba Gepuk satu ini. Makanan dengan bahan dasar daging sapi tersebut sangat nikmat jika dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat dan juga sambal.

Buat Kamu yang berminat untuk menikmati kuliner satu ini, harga dari seporsi Gepuk dibandrol mulai dari Rp. 18 ribuan.

7. Cuanki

Makanan Khas Bandung Cuanki

Rasanya, kuliner yang ada di Bandung tidak ada habisnya bukan? Selain beberapa kuliner yang telah disajikan di atas, kuliner lainnya yang wajib untuk Kamu coba adalah Cuanki.

Meski tampilan dari bakso yang satu ini sekilas mirip dengan Bakso Malang, namun isian dari Cuanki cukup berbeda. Cuanki berisi bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, bakso goreng dan aci.

Namun, yang unik dari makanan ini ialah kuah bening yang digunakannya membuat makanan tersebut terasa segar. Cuanki akan diberi taburan daun bawang dan seledri sehingga membuat rasanya menjadi lebih lezat.

Harga untuk satu porsi Cuanki adalah Rp. 17 ribuan. Makanan yang satu ini tentu menjadi hidangan yang lezat dan nikmat jika dinikmati saat musim hujan.

Nama Minuman Khas Bandung

Selain makanan, Bandung juga memiliki minuman khas yang tidak boleh Kamu lewatkan. Mungkin, beberapa minuman khas Bandung tidak jauh berbeda dengan beberapa minuman khas yang ada di daerah lainnya.

Akan tetapi, minuman dari Bandung memiliki keunikan tersendiri sehingga buat Kamu yang sedang berkunjung ke kota ini wajib untuk mencobanya. Apa sajakah itu? Berikut daftar minuman khas Bandung yang wajib untuk dicoba:

1. Es Goyobod

Makanan Khas Bandung Es Goyobod

Cuaca Bandung yang panas dan terkadang tidak bersahabat membuat tubuh merasa gerah bukan? Nah, di cuaca yang seperti ini paling cocok menikmati segelas Es Goyobod yang menggoda.

Yang membuat es ini banyak digandrungi oleh sebagian besar orang karena berisi adonan sagu aren yang kenyal dan disiram dengan menggunakan kuah santan yang kental, susu kental manis dan tidak lupa es serut.

Tak hanya itu, untuk membuatnya menjadi lebih nikmat, Es Goyobod ini juga dilengkapi dengan kolang-kaling, kelapa muda, pacar cina, peuyeum, alpukat dan roti tawar. Nah, Kamu bisa menikmatinya mulai dari Rp. 3.000-an.

2. Yoghurt

Makanan Khas Bandung Yoghurt

Mungkin, sebagian dari Kamu akan berpikir bahwa yoghurt ini merupakan minuman khas luar negeri. Hal tersebut memang benar, namun di Bandung sendiri ada juga minuman yang namanya Yoghurt Cisangkuy.

Selain enak, minuman yang satu ini juga baik untuk sistem pencernaan. Agar lebih lezat, Kamu bisa menikmatinya bersama dengan jajanan khas Bandung. Harga dari Yoghurt Cisangkuy ini sekitar Rp. 20 ribuan.

3. Es Oyen

Makanan Khas Bandung Es Oyen

Es Oyen berisi alpukat, kolang-kaling, kelapa muda, nangka, susu kental manis dan es serut. Tak lupa, es yang satu ini juga diberi pacar cina yang berwarna merah sehingga membuat tampilannya terlihat lebih menarik.

Es dengan warna merah muda yang tampak menyegarkan tersebut juga sering disebut sebagai Es Teler karena bahan yang digunakan sama.

4. Es Cincau

Makanan Khas Bandung Es Cincau

Apakah Kamu termasuk penggemar Es Cincau? Es Cincau memang paling nikmat jika diminum saat cuaca sedang terik-teriknya. Bahan utama dari minuman yang satu ini adalah cincau yang terbuat dari rebusan daun cincau yang diambil sarinya.

Tekstur yang mirip dengan agar-agar dan disiram dengan santan cair, sirup merah dan es serut membuatnya sangat cocok dinikmati saat siang hari. Bagaimana? Apakah Kamu tertarik untuk mencobanya?

5. Es Lilin

Makanan Khas Bandung Es Lilin

Saat Kamu masih kecil tentu Kamu pernah menikmati es yang satu ini bukan? Es lilin memang menjadi jajanan yang disukai oleh semua kalangan usia.

Es yang satu ini memiliki bentuk seperti lilin dan terbuat dari gula dan santan yang dimasukkan ke dalam plastik dan diikat dengan menggunakan karet.

Ada berbagai macam jenis Es Lilin yang menyegarkan. Mulai dari Es Lilin Nangka, Es Lilin Kacang Hijau, Es Lilin Pandan dan masih banyak yang lainnya.

6. Es Cendol

Makanan Khas Bandung Es Cendol

Mungkin sebagian dari Kamu mengira bahwa Es Cendol berasal dari Jawa Tengah. Memang, Es Cendol berasal dari Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Banjarnegara. Namun, tahukah Kamu? Ada juga Es Cendol dari Bandung yang tak kalah lezatnya.

Pembuatan dari es cendol ini juga terbilang cukup unik. Cendol akan dibuat dengan menggunakan saringan khusus sehingga menghasilkan bentuk buliran panjang.

Cendol tersebut dari tepung beras dan diberi pewarna alami yang terbuat dari daun suji.

Nah, agar tambah nikmat cendol akan disajikan bersama dengan santan yang sudah direbus bersama dengan pandan, gula merah cari dan tak lupa es serut.

Aneka Jajanan Khas Bandung

Beberapa makanan khas Bandung mungkin bisa dibilang cukup mirip dengan makanan khas Bali. Ini karena beberapa kuliner yang ada di Bandung memiliki cita rasa yang pedas. Namun, ada juga makanan khas Bandung dengan cita rasa manis, asin ataupun gurih.

Penasaran untuk mencicipinya?

Berikut daftar jajanan khas Bandung dengan cita rasa manis, pedas dan gurih yang bisa Kamu jadikan sebagai teman nongkrong.

1. Seblak

Makanan Khas Bandung Seblak

Siapa yang tak kenal dengan seblak? Makanan yang pernah nge-hits beberapa waktu lalu tersebut memang memiliki banyak sekali penggemar.

Seblak sendiri terbuat dari kerupuk basah dengan isian, sayur, daging, telur dan mie yang mengenyangkan. Seblak dibuat dengan menggunakan beberapa bumbu rempah sehingga membuatnya rasa yang sangat khas.

Untuk harga per porsinya mulai dari Rp. 12 ribuan. Sementara, jika Kamu ingin menambahkan toping seperti ceker atau yang lainnya harganya mulai dari Rp. 3.000an.

2. Surabi

Makanan Khas Bandung Surabi

Tak hanya seblak, namun Kamu juga bisa mencoba jajanan Bandung berikutnya yaitu surabi. Surabi asal Bandung hampir mirip dengan makanan tradisional khas Jawa Tengah yaitu serabi.

Dulunya, Surabi Bandung hanya ditaburi dengan topping gula jawa. Namun sekarang, ada berbagai macam topping dari surabi yang bisa Kamu coba. Mulai dari kacang, pandan, nangka dan masih banyak yang lainnya.

Harga dari Surabi Bandung ini pun cukup terjangkau, mulai dari Rp. 2.000-an per biji Kamu sudah bisa menikmati rasanya yang manis dan legit.

3. Gehu Jeletot

Makanan Khas Bandung Gehu Jeletot

Apakah Kamu pernah mencoba makanan khas Bandung yang satu ini? Gehu Jeletot merupakan salah satu kuliner yang banyak diburu oleh para pendatang dan juga wisatawan.

Jajanan yang menggunakan tahu sebagai bahan utamanya tersebut memang banyak digandrungi, terlebih Gehu Jeletot memiliki rasa yang pedas dan gurih.

Tak hanya itu, jajanan satu ini juga berisi sayuran di dalamnya seperti irisan wortel dan juga sayur kol. Bahkan, ada pula Gehu Jeletot yang diberi isian daging sapi. Jajanan tersebut akan terasa lebih nikmat jika dinikmati dengan cabai rawit segar.

4. Bandros

Makanan Khas Bandung Bandros

Ingin menikmati camilan yang manis namun gurih? Nah, mungkin Kamu bisa mencoba bandros untuk teman ngemil. Bandros sendiri merupakan kue khas Bandung yang terbuat dari tepung beras serta santan.

Bandros memiliki bentuk yang hampir sama dengan pukis dengan taburan gula pasir di atasnya. Saat ini, bandros sudah bisa Kamu nikmati dengan berbagai macam topping di atasnya mulai dari cokelat, green tea, keju dan lain sebagainya.

Harganya mulai dari Rp. 8000 hingga Rp. 45.000an tergantung dari rasa yang Kamu pilih. jajanan tersebut tentu akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan secangkir teh atau kopi panas.

5. Colenak

Makanan Khas Bandung Colenak

Beberapa orang mengenalnya sebagai tape bakar. Nah, untuk rasa dari colenak ini sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi.

Colenak merupakan  tape singkong yang dibakar matang dan dicocol dengan menggunakan gula merah cair bersama dengan parutan kelapa.

Per bungkusnya, colenak ini dijual dengan harga yang terjangkau. Yakni Rp. 10 ribuan saja. Tertarik untuk mencoba jajanan khas Bandung tersebut?

6. Pisang Bollen

Makanan Khas Bandung Pisang Bollen

Pisang Bollen merupakan jajanan khas Bandung yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya yang luget membuat Pisang Bollen banyak diminati oleh semua orang.

Saat ini, Kamu bisa menikmati Pisang Bollen dengan berbagai macam rasa mulai dari kacang hijau hingga peuyeum. Nah, Kamu bisa memilihnya untuk camilan di rumah.

7. Peuyeum

Makanan Khas Bandung Peuyeum

Tak asik rasanya jika pergi ke Kota Kembang namun tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Peuyeum memang menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli saat Kamu pergi ke Kota Bandung.

Peuyeum sendiri merupakan tape singkong namun memiliki kadar air yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan tape singkong pada umumnya. Hal tersebutlah yang membuat peuyeum lebih awet meski disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, penghasil peuyeum terbaik di Bandung ialah di Desa Citatah, Kampung Cimerang, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Harga dari peuyeum ini sekitar Rp. 15 ribu perkilonya.

8. Wajit

Makanan Khas Bandung Wajit

Beberapa daerah di Bandung ternyata memiliki makanan khasnya masing-masing. Salah satunya yaitu Bandung Barat yang memiliki Wajit Cililin sebagai makanan khasnya. Camilan tersebut terbuat dari beras ketan, kelapa, gula aren dan juga vanili.

Jajanan yang satu ini juga mudah Kamu temukan di pusat oleh-oleh. Wijet dijual dengan harga sekitar Rp. 15.000 per bungkusnya.

Itu dia berbagai macam makanan khas Bandung, minuman dan jajanan yang dimilikinya. Nah, buat Kamu yang sedang berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam kuliner yang ada di sana.

Jika Kamu punya budget pas-pasan, tenang saja karena beberapa tempat di Bandung memiliki kuliner dengan harga yang terjangkau. Bahkan, Kamu bisa menikmati berbagai macam kuliner dengan harga yang sangat murah.

Jadi, jangan lupa sempatkan mampir ke beberapa warung makan untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Bandung dengan cita rasa nusantara yang unik dan tak terlupakan.

Leave a Reply