Makanan Khas Bogor Doclang

Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor – Berburu kuliner memang hal yang menyenangkan, apalagi jika kuliner tersebut enak dan menggugah selera. Tentunya hal ini menjadi sumber semangat meskipun kuliner tersebut harus didapatkan dengan melakukan perjalanan jauh.

Nah, untuk Kamu yang suka dengan kuliner nusantara, ada nih kuliner yang wajib untuk dicicipi dengan rasa yang enak dan menggugah selera. Kuliner ini adalah makanan khas Bogor, sebuah kota dingin yang dekat dengan daerah Ibu Kota.

Nikmat itu ketika kamu bisa mencicipi sebuah aroma makanan yang penuh dengan rasa ditemani dengan dinginnya udara Bogor.

Di Bogor, Kamu bisa menemukan banyak makanan yang enak dan menarik untuk dicoba. Apa si alasan kamu harus mencicipi makanan Bogor?

  • Ada banyak makanna unik dan kekinian yang bisa kamu temukan di sini.
  • Rasnaya juga ngga main-main lho karena dibuat dengan bumbu yang pas.
  • Apalagi dengan suasnaa alamnya yang pas cocok baget untuk pecinta kuliner seperti kamu.

Daftar Nama Makanan Khas Bogor yang Terkenal

Mau tahu apa saja nama makanan khas Bogor tersebut? Yuk langsung saja penjelasannya di bawah ini;

Toge Goreng

Makanan Khas Bogor Toge Goreng

Kuliner pertama yang bisa Anda cicipi jika berada di Bogor adalah Toge Goreng. Ini adalah makanan yang hanya bisa Kamu temukan di Bogor saja.

Bahkan, untuk menemukan makanan ini di kota lain sangatlah sulit, kecuali ada orang asli Bogor di kota tersebut yang memang membuatnya.

Nama toge goreng pada dasarnya hanyalah sebuah nama saja. padahal makanan ini dibuat dengan cara sayur toge direbus kemudian dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu.

Kemudian baru deh disiram dengan menggunakan bumbu yang dibuat dengan bahan tauco dan oncom serta kecap manis. Rasa makanan ini tentunya sangat khas dan wajib untuk Kamu cicipi.

Laksa Bogor

Makanan Khas Bogor Laksa Bogor

Selain toge goreng, di Bogor Kamu juga bisa menemukan makanan khas Bogor lainnya yang disebut dengan laksa Bogor.

Laksa Bogor adalah makanan yang sangat enak dimana hampir mirip dengan laksa betawi bedanya adalah adanya campuran oncom di dalamnya dan tidak ada mie di sana.

Makanan ini memiliki tekstur yang agak kasar karena ada parutan kelapa di dalamnya. Namun, untuk masalah rasa tentunya sudah tidak diragukan lagi. sebab, makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih.

Laksa Bogor juga ditambah dengan toping lain seperti tahu kuning, serundeng, dan juga telur rebus. Hal inilah yang membuat rasanya semakin enak.

Jika Kamu penasaran dengan makanan yang satu ini, tentu saja Kamu harus mencicipinya jika sedang berada di Bogor.

Bapatong

Makanan Khas Bogor Bapatong

Nama makanan khas Bogor yang satu ini cukup unik dimana namanya adalah bapatong. Nah, bapatong adalah sebuah singkatan dari bakso kupat gentong.

Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah makanan yang terdiri dari bakso dan juga kupat yang sudah dipotong dadu lalu ada iga sapi dan disiram dengan kuah yang diambil dari gentong.

Gentong sendiri merupakan sebuah tempat atau wadah yang dibuat menggunakan dengan tanah liat yang digunakan untuk menyimpan kuah setelah dimasak.

Makanan yang satu ini tentunya sangat enak. Jika Kamu ingin mencicipi bapatong di Bogor, maka Kamu bisa membelinya di jalan Pangrango Nomor 1 Bogor.

Doclang Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor Doclang

Doclang menjadi salah satu makanan khas Bogor yang terkenal. Bahkan cara membuatnya juga sangat mudah dan Kamu bisa menemukan resepnya dengan mudah di internet. Jika dilihat secara sekilas, doclang ini memiliki bentuk seperti lontong sayur atau kupat tahu.

Dalam satu porsi, Kamu bisa menemukan isian yang terdiri atas ketupat, kentang rebus goreng, irisan tahu goreng, telur rebus, penging tangkil. Bumbu kacang, kerupuk dan juga kecap.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Biasanya, masyarakat Bogor banyak mengonsumsi doclang untuk dijadikan menu sarapan untuk mengawali hari. Di Bogor Kamu bisa menemukan penjual makanan ini dengan sangat mudahnya.

Ngo Hiang

Makanan Khas Bogor Ngo Hiang

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Ngo Hiang. Sebuah makanan yang tidak halal atau haram untuk umat muslim. Mengapa?

Sebab, makanan ini dibuat dengan menggunakan udang, campuran daging babi dan juga sagu yang kemudian digulung seperti rolade.

Untuk membuat Ngo Hiang, maka dibutuhkan lima macam bumbu yang biasanya disajikan dengan tahu dan juga kentang lalu disiram dengan menggunakan kuah kental manis dan gurih.

Biasanya makanan ini juga dicampur dengan acara lobak, timun dan wortel. Jika Kamu suka, tentunya Kamu bisa mencicipi makanan ini di Bogor.

Cungkring

Makanan Khas Bogor Cungkring

Kebanyakan orang menyebut cungkring sebagai perumpamaan untuk orang-orang yang berbadan kurus. Namun, di Bogor khususnya daerah Sunda, cungking ini memiliki makna kikil sapi.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan potongan kikil dan bagian dari kepala sapi yang kemudian dimasak. Bumbu yang digunakan adalah bumbu kuning yang kemudian disiram dengan kecap manis.

Makanan ini juga sudah matang sekilas akan mirip dengan sate, hanya saja tidak ditusuk.

Akan lebih enak jika makanan ini dimakan dengan nasi ketan putih yang dicampur dengan parutan kelapa. Hmm sangat mantap dan cocok untuk dicoba.

Pepes Sagu

Makanan Khas Bogor Pepes Sagu

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi saat jalan-jalan ke sana adalah pepes sagu.

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya pepes. Namun, bagaimana dengan pepes sagu dimana pepes ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu.

Tentunya ini sangat menarik dan bahkan menjadi salah satu sajian kuliner tradisional yang sangat cocok untuk dicicipi. Nah, untuk menemukan makanan ini, Kamu bisa dengan mudah mencarinya di pasar tradisional yang ada di Bogor.

Es Pala

Makanan Khas Bogor Es Pala

Ini adalah minuman khas Bogor yang keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda. Minuman ini dibuat dengan menggunakan irisan buah pala, gula pasir dan juga sedikit garam saja.

Nah, ketiga bahan ini kemudian akan direbus da saat matang akan disajikan bersama dengan es. Es pala juga memiliki rasa yang menyegarkan dengan aroma yang khas. Biasanya minuman ini dijadikan sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit ringan.

Misalnya saja seperti insomnia, nyeri datang bulan, mual, serta melancarkan pencernaan. Nah, bagi Kamu yang penasaran dan ingin mencoba khasiat dari es pala ini, tentunya Kamu bisa berburu es pala dengan langsung datang ke Bogor.

Asinan Bogor

Makanan Khas Bogor Asinan Bogor

Ini adalah makanan khas Bogor yang kerap dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan yang datang berkunjung ke kota dingin ini. asinan ini sendiri merupakan hasil percampuran antara budaya Tionghoa dan Bogor.

Nah, asinan Bogor ini terdiri atas tiga jenis. Pertama adalah asinan buah, asinan sayur dan campuran antara kedua asinan ini. yang pastinya rasanya sangat enak dan Kamu wajib untuk mencobanya saat Kamu datang ke Bogor.

Bolu Lapis Sangkuriang

Makanan Khas Bogor Bolu Lapis Sangkuriang

Makanan berikutnya dari Bogor yang bisa Kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah adalah bolu lapis sangkuriang. Ini adalah salah satu makanan khas Bogor yang sangat terkenal.

Bolu ini juga memiliki rasa yang enak dengan berbagai macam topping lho. Mulai dari keju, rainbow chips, choco, chip dan masih banyak lainnya.

Lebih menariknya lagi, makanan yang satu ini juga bisa tahan sampai empat hari jika disimpan di dalam kulkas.

Yang pastinya jika Kamu datang ke Bogor jangan pernah lupa untuk membeli makanan yang satu ini sebagai buah tangan. Selain rasanya yang enak, bolu ini juga memiliki tampilan yang sangat bagus lho.

Pia Apple Pie

Makanan Khas Bogor Pia Apple Pie

Mau mencari makanan yang sedang hits di Bogor? Jika iya maka pia apple pie ini adalah makanan yang harus Kamu cari. Ini adalah sebuah pie apple yang memiliki bentuk hati dan ukurannya juga relatif besar,

Ia juga memiliki tekstur yang renyah dan garing. Apalagi dipadukan dengan selai apple membuat bagian tengahnya sangat lembut.

Jika Kamu mencari toko yang menjual makanan yang satu ini, Kamu bisa mencarinya di jalan Pangrango Nomor 10, Bogor.

Makaroni Panggang

Makanan Khas Bogor Makaroni Panggang

Bogor juga memiliki makanan yang mirip dengan macaroni schotel, hanya saja nama makanan ini adalah makaroni panggang. Makanan ini memiliki tekstur yang haring di bagian luar dan lembut di bagian dalamnya.

Ukuran sajiannya juga terdiri atas tiga macam, yakni ukuran small, medium dan large. Makanan ini tentunya sangat enak dan gurih banget. Jika Kamu ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, ada baiknya jika membeli yang ukuran large saja.

Kacang Bogor Istana

Makanan Khas Bogor Kacang Bogor Istana

Bogor juga memilih makanan khas yang biasanya dijadikan sebagai camilan atau untuk oleh oleh. Nama camilan ini disebut dengan kacang Bogor istana. Makanan yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dimana bagian dalamnya berwarna ungu.

Lebih unik lagi, camilan yang satu ini hanya ada pada bulan februari sampai bulan April saja. Selain bulan itu Kamu tidak akan bisa menemukan makanan ini.

Kacang Bogor Istana tentunya sangat enak untuk dijadikan camilan saat musim hujan di Bogor. Jika Kamu ingin mencoba camilan ini, pastikan untuk mencarinya di bulan yang tepat.

Rasanya juga sangat enak dan dijamin bakal bikin ketagihan. Bahkan makanan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah lho.

Ubi Bakar Cilembu

Makanan Khas Bogor Ubi Bakar Cilembu

Ini adalah makanan khas Bogor yang termasuk dalam kategori makanan khas tradisional. Makanan yang satu ini bisanya bisa dengan mudah Kamu temukan di daerah puncak.

Ada banyak pedagang ubi bakar cilembu yang bisa Kamu temukan di sepanjang jalan untuk menuju kawasan puncak Bogor. Rasa makanan ini sangat manis dan dijamin bikin Kamu ketagihan.

Roti Unyil

Makanan Khas Bogor Roti Unyil

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini memiliki bentuk yang kecil namun sangat enak. Hal inilah mengapa makanan ini disebut dengan roti unyil. Hanya dengan satu siapa saja Kamu bisa langsung menikmati makanan yang satu ini.

Untuk masalah rasa, tentunya roti unyil memiliki rasa yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi, rasanya sangat enak.

Tidak hanya bisa Kamu cicipi di sana saja, namun roti unyil juga bisa Kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah lho. Sebab, makanan  yang satu ini mudah untuk dikemas dan dibawa.

Mie Glosor

Makanan Khas Bogor Mie Glosor

Salah satu menu makanan khas Bogor yang biasanya dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Mie glosor memiliki ciri khas dimana mienya memiliki warna kuning keemasan dan dibuat dengan menggunakan bahan singkong dan kunyit. Makanan ini juga memiliki rasa yang sangat nikmat.

Yang pastinya jika Kamu datang ke Bogor terutama di bulan puasa, wajib deh untuk mencicipi makanan ini. yang pastinya Kamu akan merasa ketagihan karena rasanya memang sangat enak.

Gepuk Karuhun

Makanan Khas Bogor Gepuk Karuhun

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kebuk karuhun. Ini adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu dengan resep turun temurun.

Jika dilihat secara sekilas, makanan ini mirip dengan empal, hanya saja cara mengolahnya sangat berbeda. Jika Kamu penasaran dengan makanan ini, maka Kamu bisa mencarinya di Bogor dan mencicipinya sekarang juga.

Lumpia Basah

Makanan Khas Bogor Lumpia Basah

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya lumpia. Namun ketika di Bagor, Kamu akan menemukan lumpia unik yang biasa disebut lumpia basah. Salah satu makanan ringan khas Bogor yang memiliki rasa begitu enak dan unik.

Adapun lumpia basah memiliki isian taoge, bengkuang, tahu, ebi giling dan juga telur. Tidak seperti pada umumny, lumpia basah tidak digulung ataupun digoreng. Hanya disajikan dengan adonan kulitnya saja.

Jika Kamu ingin mencoba lumpia ini, Kamu bisa membelinya di depan resto Ngo Hiang yang ada di jalan Surya Kencana Nomor 307 mulai dari pukul 9 sampai 6 sore.

Soto Mie Khas Bogor

Makanan Khas Bekasi Soto Mie Khas Bogor

Makanan khas Bogor berikutnya yang bisa Kamu cicipi jika sedang hunting kuliner di Bogor adalah soto mie khas Bogor, makanan yang satu ini hanya bisa Kamu temukan di sekitar jalan Surya Kencana saja.

Adapun makanan ini dibuat dengan menggunakan campuran antara mie kuning dan mie bihun. Kemudian ditambah dengan daging sapi, risol dan jeroan.

Nantinya makanan ini akan disiram dengan kuah soto bening. Pastinya rasa makanan ini sangat enak dan Kamu wajib untuk mencicipinya.

Dodongkal

Makanan Khas Bogor Dodongkal

Makanan berikutnya yang bisa Kamu temukan di Bogor adalah dodongkal. Dodongkal adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren.

Makanan ini cukup sederhana namun memiliki rasa yang lezat dan gurih, biasanya makanan ini kerap disajikan sebagai camilan ketika ada tamu.

Jika Kamu tertarik, Kamu juga bisa membuatnya tanpa harus jauh-jauh ke Bogor lho, hanya saja rasanya kadang berbeda.

Brownies Pisang

Makanan Khas Bogor Brownies Pisang

Bisa dikatakan ini adalah makanan khas Bogor yang belum seterkenal makaroni panjang. Meskipun demikian brownies pisang juga menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk Kamu cicipi jika berada di Bogor.

Bahkan, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah. Sesuai dengan namanya, brownies ini dibuat dengan mencampurkan buah pisang.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi makanan ini, Kamu bisa membelinya di d’fla cake house yang berada di jalan pangrango nomor 3 dekat dengan taman kencana.

Untuk masalah rasa tentunya makanan ini sudah tidak diragukan lagi karena rasanya sangat enak. Selain itu ia juga memiliki tekstur yang lembut. brownies yang satu ini juga hadir dalam tiga rasa yaitu rasa pisang original, green tea dan juga keju.

Papapia

Makanan Khas Bogor Papapia

Papapia merupakan makanan khas Bogor yang sudah ada sejak tahun 2008. Makanan ini juga hadir dengan resep warisan keluarga. Bentuknya memang mirip seperti bakpia namun berbeda.

Makanan camilan atau oleh oleh papapia sangat enak dan rasanya juga sulit untuk dilupakan.

Jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan ini, Kamu bisa datang ke Jalan Dalurung I Nomor 16, Bantarjati, Bogor. Biasanya satu box papaia dijual dengan harga Rp. 25 ribu sampai Rp. 30 ribu saja.

Selain sebagai tempat wisata, ternyata Bogor juga memiliki banyak kuliner yang enak dan bisa Kamu cicipi. Yang pastinya kuliner ini sangat menarik untuk dicoba.

Kamu bisa mencoba semua makanan di atas dan bisa juga dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. so, jangan lupa untuk berburu makanan khas Bogor jika Kamu datang ke kota dingin ini.

Leave a Reply