Makanan Khas Bekasi Bandeng Rorod

Makanan Khas Bekasi

Bekasi bukan hanya menjadi sentral industri di Indonesia, melainkan juga menyimpan sebuah potensi yang tersembunyi. Ya, di bidang kuliner, Kota Patriot ini ternyata memiliki sederet daftar nama makanan khas Bekasi yang lezat.

Pasti Kamu pernah mendengar jokes yang berbunyi, “Bekasi bukan termasuk planet bumi”. Nah, jangan salah, kota ini sebenarnya cukup istimewa dengan ciri khasnya tersendiri.

Mungkin, kamu jarang mendengar perihal makanan khas Bekasi. Untuk itu, tambah referensimu agar tidak bingung memilih oleh-oleh saat berkunjung ke tempat ini.

Ciri Khas Makanan Bekasi Yang Tak Mudah Dilupakan

Jenis Makanan khas Bekasi asli Jawa Barat ini terdiri atas ragam lauk pauk, kue, minuman, dan masih banyak lagi. Silakan catat menu paling menarik untukmu dan cicipi citarasanya.”

Apa sih, yang membuat makanan khas Bekasi layak untuk dicicipi? Tentu saja dikarenakan keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Nah, keunikan apa sajakah? Berikut beberapa yang harus kamu tahu!

  • Jika banyak kota yang memiliki olahan ikan presto atau tulang lunak, Bekasi justru memiliki olahan ikan tanpa duri, lho!
  • Beberapa kudapannya memang agak mirip dengan makanan Betawi. Maklum saja, Bekasi, kan, masih sekitar DKI Jakarta juga!
  • Makanan berkuahnya juga memiliki citarasa yang khas dengan bahan yang tidak terduga seperti tangkar.
  • Kalau Padang punya rendang daging, Bekasi punya rendang ayam!

Penasaran informasi selengkapnya? Langsung saja penjelasan jenis jenis makanan khas Bekasi berikut ini:

Bandeng Rorod

Makanan Khas Bekasi Bandeng Rorod

Bandeng sih, pastinya kamu sudah kerap mendengarnya. Namun, bagaimana dengan Bandeng Rorod? Anyway, makanan khas Bekasi yang satu ini bahkan menjadi ikon kuliner dari kota ini, lho!

Bandeng rorod sendiri cukup berbeda dengan bandeng presto. Yang mana bandeng presto merupakan ikan bandeng dengan duri yang lunak. Namun, Bandeng rorod ini justru merupakan bandeng tanpa duri.

Jika kamu menikmatinya langsung di Bekasi, maka sajian ini akan diolah dengan berbagai bumbu dan condiment yang khas. Sehingga citarasanya semakin mantap.

Silakan membelinya langsungd ari produsen yakni di Jalan Maluku Raya Blok C1 no. 5 Perumnas 3 Bekasi Timur, Aren Jaya, Bekasi Timur.

Catat baik-baik agar kamu tidak menuju ke produsen yang salah, ya! Makanan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan keluarga di rumah.

Kue Rangi

Makanan Khas Bekasi Kue Rangi

Mungkin, banyak yang mengira kalau kue rangi merupakan makanan khas Betawi. Namun, makanan ini juga bisa masuk ke makanan khas Bekasi. Kue dengan bahan dasar kelapa ini sebenarnya sudah lumayan sulit ditemukan. Namun, citarasanya selalu digemari.

For your information, kue rangi ini terbuat dari tepung kanji dan parutan kelapa. Lantas, dicetak dalam cetakan khusus. Bentuk cetakannya sendiri tak jauh beda dengan kue pukis dengan lubang yang lebih dangkal.

Jiika sudah dibuat adonan, maka kue rangi dibakar dan dibaluri dengan saus gula merah. Sehingga, aroma kelapanya semakin harum semerbak. Kamu benar-benar harus mencoba kue rangi di Bekasi utara ini.

Wajik Ketan

Makanan Khas Bekasi Wajik Ketan

Olahan dari beras ketan ini selalu disukai oleh lidah orang Indonesia. Sebab cita rasanya cenderung manis dan legit. Setiap daerah memiliki wajik dengan ciri khasnya masing-masing, lho! Bekasi juga punya.

Nah, di Bekasi, wajik memiliki filosofi yang cukup mendalam yakni sebagai simbol untuk merekatkan silaturahmi. Kue dengan bahan berupa gula merah, campuran beras ketan, serta santan ini sangat cocok untuk menemani kudapan soremu!

Cara mengolah wajik adalah dengan mengukus ketan lalu dimasak lagi dengan gula merah dan santan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Di Bekasi, warung yang menjual wajik ketan yang paling terkenal adalah Warung Mpok Nini.

Kue Duit

Makanan Khas Bekasi Kue Duit

Siapa sih, yang tidak menyukai duit? Eh, salah ding, kalau duit yang satu ini justru bisa dimakan. Sebagai makanan khas Bekasi, kue duit memang memiliki bentuk serupa uang logam. Nah, hal ini pula lah yang menyebabkan kue renyah ini diberi nama duit.

Bahan utama pembuatan kue ini adalah menggunakan tepung. Pengolahannya sendiri dengan digoreng pada minyak yang panas. Tekstur dari kue cukup kering, sehingga cocok dijadikan cemilan.

Dengan rasa yang manis, resep kue duit khas Bekasi menjadi semakin populer. Mau tahu dimana bisa membeli kue ini? Cukup datang saja ke Butri Cake & Bakery atau Dennis Cake. Harganya murah banget, hanya sekitar Rp 15 ribu saja untuk satu pack-nya.

Kue Sagon

Makanan Khas Bekasi Kue Sagon

Kue ini sebenarnya sebelas dua belas dengan kue rangi. Proses pembuatannya cukup mudah dengan bahan dasar berupa tepung beras. Nah, campuran lainnya menggunakan kelapa parut. Hampir sama kan?

Hanya saja, kue sagon ini lebih kering. Sebab, sebelum diolah, tepung akan disangrai terlebih dahulu. Lantas dibentuk persegi panjang, bulat pipih, dan sebagainya.

Kue ini memiliki cita rasa manis gurih dan renyah. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh makanan khas Bekasi. Jika ingin mendapatkannya, Anda bisa menyambangi Veni Bakery atau Roti Sagon Monas. Harga satu pack kue sagon adalah sekitar Rp 15 ribu saja.

Sayur Gabus Pucung

Makanan Khas Bekasi Sayur Gabus Pucung

Dari kue-kuean, mari beralih ke sayur-sayuran. Sebagaimana daerah lain, Bekasi juga memiliki masakan sayur andalan. Disebut dengan sayur gabus pucung karena menggunakan bahan dasar berupa ikan gabus goreng.

Diolah dengan resep dan rempah khusus sehingga menghasilkan rasa yang menakjubkan. Salah satu bahan yang digunakan adalah kluwek. Yang kemudian bisa membuat kuah menjadi berwarna hitam laiknya rawon.

Kamu bisa mengunjungi warung makan terbaik dengan menu sayur gabus pucung di Rumah Makan Udin Kombo yang lokasinya di ujung Harapan Indah. Jangan lupa datangi untuk merasakan menu spesial ini!

Kue Jalabia

Makanan Khas Bekasi Kue Jalabia

Donatnya orang Bekasi ya, Jalabia ini! Yup, bentuknya mirip sekali dengan kudapan asal Amerika tersebut. Bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Bedanya, jalabia menggunakan bahan berupa tepung beras, tepung ketan, gula merah, dan santan.

Sehingga, teksturnya keras dan lengket. Kue ini berwarna hitam dengan citarasa manis. Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh sebagai kudapan teman teh dan kopi panas.

Tertarik untuk memilikinya sebagai buah tangan? Silakan membelinya di Jalabia Po Murnie atau Jalabiya Q. Perbuahnya, kue unik ini dijual dengan harga Rp 2 ribu saja.

Kue Cucur

Makanan Khas Bekasi Kue Cucur

Kue Cucur juga bisa kamu temukan di Bekasi. Meski biasanya dikenal sebagai makanan khas Betawi. Nah, kue ini memiliki bentuk yang cukup unik lho! Yakni bulat dengan bagian tengah yang lebih tebal.

Meski begitu, bagian pinggirnya memilki tekstur yang lebih renyah dan kering. Sehingga kontras dengan bagian dalam yang tebal dan empuk. Pun, bersarang atau memiliki pori-pori yang kenyal.

Bentuknya, sekilas mirip dengan dorayaki. Sedangkan citarasanya manis dan legit. Pastikan kamu mendapat kue cucur makanan khas Bekasi terbaik di Cucur Abah Jatim atau Cucur Kah Feci. Harga per buahnya adalah Rp 2.500,-.

Kue Biji Ketapang

Makanan Khas Bekasi Kue Biji Ketapang

Pernah melihat pohon ketapang? Jika pernah, maka kue ini memiliki bentuk laiknya biji ketapang. Yakni dengan bentuk lonjong serta ujungnya sedikit pipih. Jika dilihat sekilas mirip dengan bola rugby.

Zaman dahulu, banyak orang yang kemudian terinspirasi untuk membuat kue dengan bentuk yang tak jauh beda. Tekstur kue ini agak agak keras sehingga butuh sedikit effort untuk mengonsumsinya.

Silakan cari saja kue biji ketapang di toko-toko kue kering di sekitar Bekasi. Pasti akan banyak yang menjualnya.

Kue Akar Kelapa

Makanan Khas Bekasi Kue Akar Kelapa

Kalau kamu berkunjung ke kediaman orang Betawi, maka kue akar kelapa menjadi salah satu sajian yang istimewa. Bahkan, banyak yang mewajibkan kue ini ada di atas meja tamu.

Keistimewaan kue akar kepa aada pada rasanya yang lezat. Tak hanya itu, bentuknya juga cantik. Sesuai dengan namanya, kue ini mirip dengan akar kelapa yakni panjang serta bergerigi pada sekelilingnya.

Untuk cita rasanta sendiri tidak terlalu manis dan didominasi dengan rasa gurih dan asin. Oh ya, kalau mengonsumsi makanan khas Betawi yang satu ini, Anda perlu melatih rahang dahulu agar tidak ingin mengunyah lagi dan lagi.

Kue Telur Gabus

Makanan Khas Bekasi Kue Telur Gabus

Makanan khas Bekasi memang lebih didominasi dengan kue-kuean. Masih di daftar yang sama, kue telur gabus menjadi sajian yang sangat istimewa. Meksipun Anda sudah banyak menemukan panganan ini di berbagai daerah.

Untuk varian original, kue telur gabus memiliki cita rasa yang gurih dengan rasa asin yang sedang. Namun, saat ini kamu akan mendapati kue dengan varian rasa yang beragam.

Warna dari kue ini adalah putih agak kuning. Untuk teksturnya sendiri laiknya Styrofoam. Pastinya akan membuat Anda susah berhenti mengunyah.

Dodol Betawi

Makanan Khas Bekasi Dodol Betawi

Jika dodol lebih terkenal sebagai makanan khas Bandung, tetapi dodol yang satu ini agak berbeda. Sebab, untuk membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu bisa menjadikan dodol Betawi sebagai oleh-oleh atau bisa juga disajikan saat lebaran.

Kue Kembang Goyang

Makanan Khas Bekasi Kue Kembang Goyang

Bukan kuenya yang bisa bergoyang-goyang kok! Maksud dari kue kembang goyang adalah proses penggorengannya, kue harus digoyang agar bisa lepas dari cetakannya. Ya, memang bentuknya mirip dengan kembang alias bunga.

Citarasanya yang ringan membuat banyak orang ketagihan mencicipinya. Bahkan, kue ini menjadi cemilan paling digemari berbagai kalangan usia. Tekstur kue ini cenderung renyah sehingga bikin nagih saat digigit.

Bahan untuk membuatnya adalah dari tepung beras yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Kamu juga perlu menilik cara pembuatannya yang sangat unik.

Sayur Asem Bekasi

Makanan Khas Bekasi Sayur Asem Bekasi

Sayur Asem bukan lah sebuah sajian yang sangat istimewa. Sebab, bisa ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia. Ya, merupakan olahan berbagai perpaduan sayur dengan citarasa asam yang dominan.

Namun, bedanya sayur asem khas Bekasi adalah rasa asamnya yang lebih kuat. Campuran bahan untuk membuat sayur asem Bekasi diantaranya labu, kacang, sayuran, dan sebagainya.

Sayur asem adalah sajian yang cocok dinikmati saat cuaca terik karena menyebabkan tenggorokan menjadi lebih segar. Kalau mampir ke Bekasi, silakan datang ke Warung Sayur Asem Mama Freza dengan harga per porsi sayur asem senilai Rp 17.000,-.

Kari Umbi

Makanan Khas Bekasi Kari Umbi

Satu lagi sajian lauk pauk dan sayuran yang bisa kamu nikmati di Bekasi. Mungkin, jika berasal dari daerah lain, kamu tidak akan mengetahui makanan macam apa ini. Nah, sebenarnya, Kari Umbi ini bukan nama makanan, melainkan sebuah resto.

Awalnya merupakan toko yang menjual kue kering dan aneka jajan. Tetapi, saat ini juga menjual makanan yang sedap. Mulai dari nasi timbel, bandeng kuah asam, mie tek-tek, sampai bakso campur bisa didapatkan dengan mudah.

Tak hanya sajiannya saja yang menggugah selera, suasana di dalam resto pun sangat mendukung. Nyaman dan tentu saja teduh.

Kamu bisa mengajak serta seluruh keluarga untuk menikmati hidangan di tempat ini. Berbagai menu bisa kamu dapat dengan biaya per porsi mulai dari 30 ribu rupiah.

Sop Janda (Jawa-Sunda)

Makanan Khas Bekasi Sop Janda (Jawa-Sunda)

Bukan sop yang dibuat oleh seorang janda, ya! Plis, jangan berekspektasi yang tidak-tidak! Janda ini merupakan akronim dari Jawa-Sunda. Yang mana merupakan perpaduan menu dari Jawa dan Sunda.

Nah, bahan utama pembuatan Sop Janda adalah daging dan tulang sapi. Sedangkan bumbunya terbuat dari rempah pilihan dengan cabe ceplak ijo.

Sehingga menjadikan kuahnya sangat harum. Serta citarasanya semakin gurih. Uniknya, sop ini juga memilki cita rasa yang pedas.

Bagaimana, ingin mencoba janda? Eh, maksudnya sop janda! Sambangi saja kedai makan Sop Janda Mama Idah maupun Sop Janda Bu Darmi. Harga per porsinya adalah sebesar Rp 25.000,- saja.

Es Durian Patal

Makanan Khas Bekasi Es Durian Patal

Jika kamu menyukai olahan es, maka Es Durian Patal wajib dicoba saat datang ke Bekasi. Es ini tidak akan kamu temuakn di daerah lain, lho! Selain itu, memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan.

Es durian ini tentu saja terbuat dari durian. Lantas, diberi topping beraneka ragam. Mulai dari keju, kacang, dan cokelat. Namun, kamu juga bisa menyantap rasa originalnya.

Dengan durian asli, sudah pasti rasanya sangat menggoda dengan aroma yang mantap. Es Durian Patal bisa kamu singgahi pukul 13.00 hingga 23.30 di setiap hari. Dapatkan satu porsi es durian dengan harga Rp 10.000,- saja.

Bakmi Abby

Makanan Khas Bekasi Bakmi Abby

Ingin makanan khas Bekasi yang lebih sehat? Datang saja ke Bakmi Abby. Pasalnya, kamu akan mendapatkan seporsi bakmi tanpa menggunakan penyedap rasa artifisial.

Meskipun memiliki tempat yang tidak terlalu besar, restoran ini akan banyak yang mengantre. Jadi, jangan heran, ya! Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, restoran ini sudah berdiri sejak 1993.

Kamu tidak hanya akan mendapatkan pilihan menu berupa bakmi saja, melainkan juga berbagai Chinese food. Silakan datang ke Bakmi Abby pukul 10.00 hingga 22.00. Perporsinya, bakmi dijual seharga Rp 30.000,-.

Soto Tangkar Pak Kus

Makanan Khas Bekasi Soto Tangkar Pak Kus

Tangkar atau iga sapi menjadi salah satu makanan dengan citarasa yang tinggi. Sehingga, menjadi favorit bagi warga Bekasi. Tak heran banyak yang menjual pilihan menu ini di kedai makannya.

Nah, pembuatan soto tangkar ini dengan cara merebus iga sapi dengan berbagai rempah dalam jangka waktu dua jam.

Soto ini bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan, lho! Jika kamu butuh rekomendasi soto tangkar yang enak, jawabannya adalah Soto Tangkar Pak Kus.

Tak hanya sedap dari segi citarasa, tetapi juga ramah di dompet. Hanya dengan Rp 25.000,- saja, perutmu akan terisi dengan semangkuk penuh soto tangkar ini.

Oblok Tongki

Makanan Khas Bekasi Oblok Tongki

Pernah makan atau membuat rendang ayam? Nah, oblok tongki ini dari proses pengolahannya serupa dengan rendang ayam. Hanya saja, bahan baku pembuatannya berbeda yakni menggunakan daging bebek.

Agar daging menjadi lebih lunak, waktu memasaknya cukup lama. Saat disajikan, kau akan mendapati bumbu cabe yang kental. Sehingga menjadikan citarasanya lebih gurih.

Silakan datang ke Oblok bebek Bekasi untuk mencicipi kelezatannya.

Per porsi oblok tongki, kamu hanya perlu membayar senilai Rp 35.000,- saja. Murah kan?

Makanan khas Bekasi sangat beragam. Bahkan, satu pembahasan saja tidak akan rampung. Untuk itu, kalau kamu pernah mencicipi selain yang sudah ada di poin-poin di atas, silakan share pengalamanmu di kolom komentar.

Apa saja menu yang belum kamu cicipi? Lalu, mana saja yang sudah dicoba? Kira-kira mana yang menurutmu paling menarik untuk di jajal? Jangan lupa berikan makanan khas Bekasi untuk keluarga di rumah sebagai oleh-oleh perjalanan, ya!

Leave a Reply