Makanan Khas Banten Sate Bandeng

Makanan Khas Banten

Indonesia itu indah! Buktinya negara ini memiliki banyak kuliner yang begitu menggugah selera. Seperti rasa yang tak akan pernah pudar dan akan terus ingin dicicipi kembali layaknya kenikmatan makanan khas Banten.

Ada banyak makanan khas daerah Banten yang dibuat dengan menggunakan rempah spesial sehingga rasanya begitu menggugah selera.

Mulai dari makanan yang manis, pedas, gurih, asin bisa Kamu temukan di provinsi ini dengan mudahnya. Ada banyak alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan kahs Banten seperti di bawah ini.

  • Rasanya yang snagat enak dan banyak pilihan.
  • Banyak makanan tradisonal yang bisa kamu temukan di daerah ini.
  • Dibuat dari rmepah-rempah terbaik sehingga menghasilkan rasa yang outentik.

Macam macam Nama Makanan Khas Banten

Penasaran dengan makanan khas Banten yang harus Kamu cicipi? Yuk langsung saja simak contoh makanan khas Banten beserta gambar dan keterangannya berikut ini:

Leumeung

Makanan Khas Banten Leumeung

Makanan khas Banten pertama yang bisa Kamu cicipi adalah Leumeung. Ini adalah makanan yang bisa Kamu temukan di Banten khususnya daerah Palingping, Lebak Selatan.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa. Kemudian adonan beras ketan ini akan dimasukkan ke dalam bilah bambu lalu di bakar pada perapian hingga benar-benar matang.

Saat Leumeung ini matang, Kamu bisa langsung memakannya dalam keadaan hangat. Biasanya makanan ini dimakan dengan telur asin sebagai penggantinya. Ada juga masyarakat yang membuat makanan ini dengan ditambah kacang merah juga lho.

Biasanya makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan yang datang ke Banten. Jika Kamu tertarik, maka Kamu bisa mendapatkannya dengan pergi ke Banten dan rasakan sendiri nikmatnya makanan ini.

Gipang

Makanan Khas Banten Gipang

Makanan khas Banten berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah gipang. Apa itu gipang? Gipang adalah sebuah makanan ringan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan yang dicampur dengan air gula.

Makanan ini memiliki tekstur yang renyah, manis namun sedikit lengket. Biasanya kue ini juga dibuat dengan menggunakan beras ketan merah atau ketan putih. Saat ini sendiri gipang telah dimodifikasi dan memiliki banyak rasa.

Mulai dari rasa pandan hingga rasa original gula merah juga ada. Selain itu, kue ini juga dipoles dengan selai kacang sehingga rasanya menjadi lebih enak dan menggoda. Jika Kamu datang ke Banten, jangan lupa untuk membeli gipang untuk dijadikan oleh-oleh.

Lepet

Makanan Khas Banten Lepet

Tahukah Kamu apa itu lepet? Lepet merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Namun, penghasil lepet yang paling terkenal adalah daerah sunda dan salah satunya ada di Banten.

Jika Kamu datang ke Serang, maka di sini Kamu akan menemukan penjual lepet dengan mudahnya. Lepet sendiri merupakan sebuah jajanan yang mirip dengan nasi.

Hanya saja ia dibuat dengan menggunakan beras ketan dan juga kelapa yang dibungkus menggunakan daun kelapa muda dan selanjutnya dikukus.

Lepet memiliki rasa yang gurih karena adanya campuran kelapa di dalamnya. Ia juga memiliki tekstur yang empuk sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk segala jenis usia.

Meskipun lepet buatan Banten ini memiliki tampilan yang sederhana. Ternyata untuk membuatnya tidak sesederhana yang dibayangkan oleh banyak orang.

Sebab, bungkus lepet haruslah rapi dan membutuhkan keahlian khusus untuk bisa membungkusnya hingga bentuknya sedemikian rupa.

Kue Cucur

Makanan Khas Banten Kue Cucur

Makanan khas Banten berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kue cucur. Mungkin Kamu sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. ini adalah salah satu kue tradisional yang biasanya dijual di pasar tradisional untuk dijadikan camilan.

Di Banten sendiri darah yang memiliki kue cucur pertama adalah darah Sareweh, Lebak, Banten. Adapun kue cucur Banten dengan Betawi juga tidak ada bedanya. Rasa kue ini juga manis dan legit, tidak heran jika banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini.

Kue Pasung

Makanan Khas Banten Kue Pasung

Banyak orang yang menganggap kue pasung adalah kue yang mengerikan. Hal ini karena ada embel-embel nama pasung di dalam kue ini. padahal kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan corong dan tidak semegerikan namanya.

Ia dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras dan gula merah. Kue ini juga memiliki tekstur yang kenyal.

Karena ada gula merah di dalamnya, sehingga rasa dari kue ini adalah manis. Jika Kamu jalan-jalan ke Banten, maka Kamu wajib untuk mencicipi makanan khas Banten yang satu ini.

Kue Jojorong

Makanan Khas Banten Kue Jojorang

Jajanan selanjutnya yang bisa ditemukan di Banten adalah kue Jojorong. Ini adalah salah satu jajanan khas Banten yang memiliki bentuk yang unik. Jenis kue ini juga termasuk kue basah yang memiliki bentuk mungil dengan rasa yang gurih dan teksturnya yang lembut.

Jika Kamu mencari kue ini di Banten, maka Kamu bisa dengan mudah menemukannya di daerah Rangkasibitung.

Ada banyak penjual yang menjual kue jojorang di pasar tradisional. Adapun kue ini dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras, tepung saji, dan juga gula merah.

Kemudian ia akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Untuk menikmati kue ini biasanya Kamu harus menggunakan sendok.

Tujuannya adalah agar lelehan gulanya tidak keluar kemana-mana. Rasanya yang enak membuat siapa saja ingin mencicipi kue yang satu ini.

Balok Menes

Makanan Khas Banten Balok Menes

Salah satu ikon makanan khas Banten yang wajib Kamu coba adalah balok Menes. Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ubi kayu atau singkong. Di luar Banten, makanan ii disebut dengan getuk.

Pada dasarnya, balok menes adalah salah satu jenis getuk. Hanya saja getuk ini masih menggunakan warna asli singkong yakni putih. Rasa dan aroma balok menes ini juga sangat khas lho.

Ia juga akan terasa lebih enak jika dimakan bersama dengan parutan kelapa yang sudah diserundeng. Sehingga rasanya juga akan semakin enak. Untuk menemukan makanan ini, Kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional.

Kue Apem

Makanan Khas Banten Kue Apem

Makanan khas Banten berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kue apem. Kue apem yang ada di Banten adalah kue yang berwarna putih. Kue ini menjadi salah satu kue favorit yang biasanya dan di acara khaul Sultan.

Di Banten sendiri, kue ini biasanya ditemukan di Kampung Kadubumbag yang berada di Kecamatan Cimanuk, Pandenglang.

Kue apem dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras yang kemudian dicampur dengan tape yang sudah difermentasi.

Jika Kamu pernah makan kue apem, maka Kamu akan menemukan rasa asam dari makanan ini. nah, rasa asam ni ternyata yang menjadi ciri khas dari kue apem.

Di Banten, Kue apem disantap bersama dengan gula merah, madu ataupun sirup. Untuk masalah rasa, tentunya kue ini sudah tidak diragukan lagi rasanya.

Emping Melinjo

Makanan Khas Banten Emping Melinjo

Jika Kamu berburu oleh-oleh khas Banten, maka makanan khas Banten yang satu ini harus Kamu coba. Nama makanan ini adalah emping melinjo. Sesuai dengan namanya, emping melinjo dibuat dengan menggunakan olahan buah melinjo.

Biasanya makanan ini digoreng dan dijadikan sebagai camilan seperti kerupuk. Ada rasa khas yang ditawarkan oleh makanan ini seperti ada rasa pahit-pahitnya. Namun, saat ini emping ini sudah dimodifikasi sehingga varian rasanya sudah mulai beragam.

Anda bisa menemukan rasa mulai dari balado, manis, original dan masih banyak lainnya. Jika Kamu suka dengan makanan ini atau penasaran, maka Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Banten.

Rabeg

Makanan Khas Banten Rabeg

Rabeg merupakan makanan khas Banten yang dikombinasikan dengan makanan arab. Makanan ini dibuat dengan menggunakan daging atau jeroan kambing. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika disajikan bersama dengan asi hangat.

Rabeg juga memiliki cita rasa yang sangat kaya dimana rasanya pedas dan manis. Jika dilihat, rabeg sekilas sangat mirip dengan semur yang dicampur dengan tongseng. Hanya saja rempah-rempah yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah cabai merah, jahe dan lada.

Untuk tingkat kepedasan makanan ini juga biasanya cukup, namun ada juga yang sangat pedas sesuai dengan selera Kamu.

Jika Kamu ingin mencicipi makanan ini, Kamu bisa jalan-jalan ke Banten untuk mencicipinya. Jangan lupa siapkan minum yang banyak, terlebih jika Kamu tidak kuat pedas.

Nasi Sumsum

Makanan Khas Banten Nasi Sumsum

Di Serang, Ada bisa menemukan makanan khas Banten yang disebut dengan nasi sumsum atau disebut juga dengan nasi bakar sumsum.

Makanan yang satu ini sudah ada pertama kali pada tahun 1941. Meskipun merupakan makanan zaman dahulu, namun popularitas dari makanan ini masih tetap terjaga hingga saat ini.

Pada dasarnya, nasi sumsum merupakan nasi biasa, hanya saja ia dicampur dengan sumsum tulang yang kemudian dibakar.

Karena ada sumsum di dalamnya membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat. Jika Kamu datang ke Banten, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Sate Bandeng

Makanan Khas Banten Sate Bandeng

Jika biasanya ikan bandeng diolah dengan cara digoreng atau dibakar dalam keadaan yang utuh.

Maka di Banten Kamu akan menemukan ikan bandeng yang hadir dalam keadaan di sate. Makanan yang saat ini bisa Kamu temukan di daerah Serang.

Sate bandeng sendiri diperkenalkan pertama kali pada abad ke 16. Sate ini menjadi salah satu solusi untuk Kamu yang ingin makan ikan bandeng namun tidak ingin repot dengan durinya.

Nah, ikan bandeng yang akan dijadikan sate harus melalui proses pembersihan sisik terlebih dahulu. Kemudian dagingnya akan dihancurkan hingga terpisah dari kulitnya. Setelah itu ia akan dicampur dengan santan kental dan dicampur dengan bumbu.

Setelah itu, ikan akan dibuat seperti sate dan ditusuk pada bambu, baru deh ikan ini akan dibakar lalu dihidangkan.

Rasanya sangat enak lho, jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan ini, Kamu bisa berburu sate bandeng ini dengan datang langsung ke daerah Serang.

Sambel Burog

Makanan Khas Banten Sambel Burog

Kebanyakan makanan khas Banten yang banyak dikenal masyarakat luas adalah makanan yang berasal dari kota Serang.

Termasuk sambal burog khas Banten yang satu ini. Sambel burog merupakan sebuah sambal yang dibuat dengan bahan dasar kulit melinjo. Dalam bahasa masyarakat Banten, kulit melinjo ini disebut dengan kulit tangkil.

Sambal burog juga memiliki rasa yang pedas, karena dicampur dengan cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam dan juga kemiri.

Sambal burog akan lebih mantap jika disantap dengan nasi yang masih hangat. Biasanya sambel burog akan diberikan kepada jamaah yang menghadiri acara pengajian sebagai oleh-oleh.

Gerem Asem

Makanan Khas Banten Gerem Asem

Makanan khas Banten yang tidak kalah enak dan harus Kamu coba adalah Gerem Asem. Apa itu gerem Asem? Ini adalah salah satu makanan yang menawarkan rasa pedas yang tak tertandingi.

Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah daging ayam atau daging bebek. Kemudian daging ini akan dipanggang dan dijadikan dengan sayuran.

Oh iya, rasa pedas dari daging ini sudah meresap hingga ke bagian dalamnya lho. Jadi, untuk Kamu yang suka pedas tentunya wajib untuk mencoba Gerem Asem ini.

Sate Bebek Cibeber

Makanan Khas Banten Sate Bebek Cibeber

Sate bebek Cibeber juga merupakan makanan khas Banten yang berasal dari kota Serang. Lebih khususnya lagi makanan sate ini berasal dari daerah Cibeber yang masuk dalam kabupaten Cilegon. Sate bebek cibeber secara umum tidak jauh berbeda dengan sate lainnya.

Hanya saja bahan utama yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging bebek. Kemudian ia akan dikombinasikan dengan kuah tepung atau kacang yang sudah dicampur dengan berbagai macam bumbu rahasia.

Adapun bumbu yang digunakan untuk membuat kuah sate ini seperti ketumbar, gula merah, kunyit, kemiri, serai, lada hitam dan masih banyak bahan lainnya. Nah, bumbu ini akan dicampur pula dengan daging bebek sehingga lebih meresap.

Adapun makanan ini juga memiliki rasa yang enak. Bahkan, ia dijual dengan harga Rp. 30.000 per porsinya. Dalam satu porsi Kamu akan menemukan 10 tusuk sate.

Meskipun cukup mahal, namun Kamu tidak akan menyesal dengan rasa yang disajikan. Jika Kamu tertarik dengan makanan ini, Kamu bisa mencobanya dengan langsung datang ke Banten.

Ketan Bintul

Makanan Khas Banten Ketan Bintul

Ketan Bintul adalah makanan yang sangat cocok disantap untuk berbuka puasa. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan ketan yang menawarkan rasa yang gurih. Makanan yang satu ini disukai oleh Sultan Banten yang sangat terkenal di Kota Serang dan sekitarnya.

Ketan bintul menjadi makanan yang mudah untuk dibuat. Bahkan, Ada bisa mencari resep makanan ini di internet dan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Jika Kamu penasaran dan tidak semat ke Banten untuk mencicipinya, yuk langsung saja buat makanan ini sekarang juga di rumah.

Pecak Bandeng

Makanan Khas Banten Pecak Bandeng

Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan bandeng. Pencak sendiri dalam bahasa Banten memiliki makna pedas sedangkan bandeng berarti ikan bandeng. Sehingga makanan ini memiliki rasa yang pedas.

Pecak bandeng menjadi kuliner khas Banten yang banyak disukai oleh masyarakat setempat ataupun wisatawan yang datang, makanan ini memiliki rasa yang enak dan bahkan sudah banyak warung makan yang menjual pecak bandeng.

Jika Nada tertarik dengan makanan ini, maka Kamu bisa datang langsung ke Bandeng dan menemukannya dengan mudah.

Oh iya, untuk masalah harga, pecak Bandeng dijual dengan harga Rp. 20.000an saja per porsinya, bukankah sangat murah dan yang pastinya Kamu tidak akan kecewa dengan rasanya.

Nasi Belut

Makanan Khas Banten Nasi Belut

Suka daging belut? Jika Kamu suka, maka Kamu bisa mencicipi nasi belut yang ada di Banten ini. di Banten, nasi Belut menjadi makanan yang sangat terkenal dan bahkan menjadi makanan favorit masyarakat Serang.

Nasi ini menawarkan rasa yang gurih dan enak. Apalagi dengan teksturnya yang renyah karena digoreng kering membuat ia sangat mantap untuk dicicipi.

Akan lebih enak lagi jika nasi ini disantap bersama dengan sambal dan nasi hangat. Hmm, dijamin deh bikin ngiler, untuk Kamu yang penasaran, Kamu bisa langsung mencicipinya.

Ada banyak makanan khas Bandeng yang bisa Kamu cicipi. Tentunya makanan ini sangat enak dan bikin idah ingin mencobanya.

Jadi, untuk Kamu yang datang ke Banten, jangan lupa untuk berburu kuliner yang sudah disebutkan di atas dan rasakan sendiri rasanya.

Leave a Reply