Contoh Proposal Pengajuan Dana

Setelah membaca dengan teliti contoh proposal pengajuan dana untuk usaha maupun kegiatan yang kami sajikan, diharapkan tidak ada lagi kesalahan dalam membuat proposal yang dapat berujung gagal mendapatkan dana.

Dalam mencari donatur terkadang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang merintanginya.

Mulai dari rasa kepercayaan donatur untuk mendonasikan uangnya hingga kemana saja proposal akan mendarat.

Salah satu cara untuk meyakinkan donatur tersebut adalah dengan membuat proposal pengajuan dana kegiatan atau usaha yang baik dan benar.

Dengan membuat proposal pengajuan dana yang baik dan benar maka akan lebih mudah dalam meyakinkan donatur. Bisa download file contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi pdf untuk dibaca offline.

Jika teman-teman masih merasa kebingungan dalam membuat proposal pengajuan dana, tidak perlu khawatir ya.

Berikut ada 6 contoh proposal pengajuan dana baik untuk kegiatan maupun usaha:

1. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba - bosmeal.com
Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba

Buat teman-teman yang sedang membuat kegiatan lomba, akan lebih mudah jika mencari donatur untuk diajak kerjasama.

Hal ini selain teman-teman mendapat suport dana juga berpotensi menambah jaringan dan juga kenalan untuk diajak kerjasama lebih jauh lagi.

Berikut ini adalah contoh proposal pengajuan dana kegiatan lomba futsal tingkat SMA se Kabupaten Blora yang bisa dijadikan referensi.

LOMBA FUTSAL TINGKAT SMA SE KABUPATEN BLORA

A. LATAR BELAKANG

Semakin hari perkembangan di dalam dunia olahraga terus mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini mulai meningkat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Salah satu perkembangan dalam dunia olahraga yang sedang mengalami tren adalah futsal. Banyak para siswa SMA yang menyempatkan diri untuk bermain futsal, dan bahkan sering mengadakan pertandingan persahabatan lintas sekolah.

Akan tetapi sayangnya format pertandingan dalam bentuk perlombaan masih sangat jarang.

Ditambah lagi dengan potensi potensi muda yang terus bermunculan dan jika tidak dibuatkan wadah berupa perlombaan, dikhawatirkan potensi yang ada akan tenggelam oleh zaman.

Salah satu cara untuk menjaga dan bahkan mengembangkan potensi tersebut adalah dengan seringnya membuat kegiatan berupa perlombaan futsal.

Selain itu juga kegiatan lomba futsal ini bisa membuat para pemain lebih untuk mengaktualkan kreativitas dan sportivitas mereka dalam sebuah tournament/kompetisi.

Oleh karena itulah kami OSIS SMAN 1 Blora bermaksud untuk lebih memberikan ruang kepada para pemain untuk mengembangkan bakatnya sehingga kami bertujuan untuk mengadakan perlombaan futsal antar SMA se Kabupaten Blora.

B. LANDASAN HUKUM 

Adapun yang menjadi landasan kegiatan ini adalah : 

  • Program kerja Divisi Olahraga OSIS SMAN 1 Blora masa bakti 2017/2018

C. TUJUAN KEGIATAN

1. Untuk mengembangkan potensi olahraga futsal siswa SMA se Kabupaten Blora.

2. Untuk melatih sportivitas dan kreativitas olahraga futsal siswa SMA se Kabupaten Blora.

3. Untuk menambah/mengakrabkan tim-tim futsal SMA se kabupaten Blora.

4. Untuk melaksanakan program kerja.

D. BENTUK DAN NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diselenggarakan oleh OSIS SMAN 1 Blora dengan nama SAMIN CUP

E. SASARAN KEGIATAN

Adapun untuk sasaran kegiatan ini adalah siswa SMA se Kabupaten Blora

F. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN LOMBA

Hari          : Sabtu – Minggu

Tanggal    :  18 – 19 November 2017

Tempat     :  GOR Mustika Blora

Tempat Pendaftaran: Kantor OSIS SMAN 1 Blora

G. BENTUK KEGIATAN

Pertandingan Futsal

Bentuk atau format pertandingan menggunakan sistem pool pada saat penyisihan dan sistem gugur pada putaran kedua.

Top Score Player

Pemain yang mencetak gol terbanyak dalam pertandingan ini.

The Best Keeper

Keeper yang menjaga gawangnya secara maksimum dalam pertandingan ini.

The Best Player

Pemain yang bermain secara individu dengan baik.

H. PESERTA LOMBA

Untuk peserta lomba futsal tingkat SMA se Kabupaten Blora ini adalah para siswa yang mewakili SMA masing-masing dengan daftar terlampir.

I. PELAKSANA KEGIATAN

Adapun pelaksana kegiatan ini berada dibawah naungan OSIS SMAN 1 Blora dengan susunan panitia terlampir

J. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Adapun rencana anggaran biaya kegiatan lomba futsal tingkat SMA se Kabupaten Blora ini sebesar Rp 10.000.000 dengan rincian terlampir.

K. PENUTUP

Demikian proposal pengajuan dana kegiatan lomba ini kami buat dengan sebenar-benarnya. kami berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Atas segala bantuan baik moril maupun materil yang sudah diberikan bapak/ibu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hanya Tuhan Yang Maha Esak Allah swt yang dapat membalas segala kebaikan dan semoga menjadi suatu amalan yang bernilai tinggi di hadapan-Nya.

Akhir kata kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga dengan pengajuan ini kita dapat mengikuti lomba dan dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan.

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana futsal yang bisa teman-teman jadikan acuan. Untuk contoh proposal kegiatan yang lain bisa ke kumpulan contoh proposal.

Atau mungkin teman-teman punya agenda contoh proposal pengajuan dana kegiatan sekolah? Yuk silahkan berbagi ya.

2. Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Usaha

Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Usaha - bosmeal.com
Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Usaha

Siapa bilang proposal pengajuan dana hanya bisa digunakan untuk kegiatan. Contoh proposal pengajuan dana pun juga bisa digunakan untuk usaha.

Berikut ini contoh proposal pengajuan dana untuk usaha pengembangan bisnis jajanan pasar.

Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha Bisnis Jajanan Pasar

A. Latar Belakang

Salah satu permasalahan bagi para pelaku usaha mikro dan juga pelaku usaha kecil adalh terbatasnya modal usaha.

Keterbatasan akan modal ini bukan hanya sewaktu akan memulai usaha, tetapi juga ketika akan melakukan ekspansi bisnis.

Karena itulah dibutuhkan peran investor atau pemilik modal agar pelaku usaha mikro atau pelaku usaha kecil dapat berkembang.

Selanjutnya salah satu kelompok usaha yang pada saat ini membutuhkan bantuan modal usaha adalah kelompok ibu-ibu RT 004 RW 006 Kelurahan Jetis Kecamatan Blora Kabupaten Blora.

Kelompok usaha kecil ini sedang berusaha mengembangkan bisnis jajanan pasar dan terkendala keterbatasan modal, sehingga rencana pengembangan usaha pada saat ini tidak dapat dilanjutkan

B. Profil Usaha

Kelompok ibu-ibu RT 004 RW 006 Kelurahan Jetis Kecamatan Blora Kabupaten Blora dalam menjalankan bisnis jual beli jajanan pasar sudah berlangsung sejak 2019. 

Pada awalnya produksi jajanan pasar ini hanya memiliki satu tempat usaha dan produksi.

Akan tetapi kini sudah memiliki empat cabang usaha dengan tempat yang berbeda-beda dan tersebar di dua kecamatan.

Pada saat ini kelompok ibu ibu ini memiliki konsumen dengan jumlah sudah cukup banyak yang omzet hariannya mencapai Rp 5.000.000

Menariknya, para konsumen jajanan pasar ini cukup beragam. Mulai dari perorangan hingga kelompok selalu menikmati jajanan pasar ini. Bahkan tidak jarang pula jajanan pasar ini dibeli untuk dijual kembali oleh pengecer.

Hal ini menjadikan bisnis jajanan pasar yang dijalankan oleh  kelompok ibu-ibu RT 004 RW 006 Kelurahan Jetis berpotensi untuk menambah angka penjualan.

C. Permasalahan

Dengan melihat grafik penjualan bulanan yang stabil bahkan naik, maka kelompok usaha kecil ini memiliki tujuan ingin menambah produksi.

Akan tetapi dikarenakan keterbatasan dana,maka hal tersebut urung dilakukan.

Adapun kendala yang terjadi antara lain peralatan yang kurang memadai sehingga modal membeli bahan baku yang tidak banyak.

D. Perkiraan Kebutuhan Dana

Untuk mengembangkan proyeksi pertumbuhan usaha selama satu hingga empat tahun kedepan maka kami lampirkan perkiraan kebutuhan dana.

Selain itu juga kami cantumkan gambaran keuntungan yang bisa didapatkan investor sebagai hasil investasi dengan rincian terlampir.

E. Penutup

Demikian proposal ini kami buat untuk diajukan. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu mempertimbangkan permohonan tersebut sehingga kelompok usaha ini dapat terus berkembang. 

Semoga Allah swt Tuhan Yang Maha Esa membalas semua bantuan usaha yang telah bapak/ibu berikan kepada kami.

Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana untuk usaha yang bisa dijadikan referensi. Untuk yang lebih lengkap lagi bisa ke contoh proposal usaha.

Jika teman-teman mencari contoh cover proposal pengajuan dana secara lengkap bisa dilihat dan download pada link yang tersedia.

3. Contoh Proposal Pengajuan Dana Ke Perusahaan

Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan - bosmeal.com
Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan

Selain contoh proposal pengajuan dana untuk usaha, teman-teman juga bisa menggunakan proposal pengajuan dana ke perusahaan untuk membantu usaha agar lebih berkembang. 

Seperti apa bentuk contoh proposal pengajuan dana ke perusahaan? Simak dibawah ini ya.

PROPOSAL PENGAJUAN DANA KE PT BIOFARMA

A. PENDAHULUAN

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia. Di Bandung sendiri memiliki banyak tempat wisata, salah satunya adalah Teras Cihampelas.

Tempat wisata Cihampelas sendiri beralamatkan di Jl. Cihampelas No.162, Cipaganti ini memiliki daya tarik yang sangat kuat baik bagi pembeli maupun penjual.

Banyaknya penjual di Teras Cihampelas yang menawarkan berbagai macam produk unggulan seperti kaos souvenir, tas, oleh oleh khas Bandung, dan juga kuliner memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Para pelaku usaha yang lumayan banyak ini membuat mereka berlomba lomba untuk menarik konsumen dengan berbagai macam cara.

Walaupun memiliki manfaat, tetapi tidak dipungkiri jika usaha ini membuat sebagian pelaku usaha yang lain meredup sehingga membutuhkan inovasi yang berbeda dengan pelaku usaha yang lain.

Di sisi lain, tidak jarang pula bagi sebagian pelaku usaha memiliki kendala lain, salah satunya adalah kendala akan modal usaha yang terbatas.

Maka dari itulah kami mengajukan permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha teman saya di Teras Cihampelas

B. LATAR BELAKANG

Di Teras Cihampelas sendiri dengan banyaknya penjual dan tidak jarang pula mereka menjual produk yang sama persis seperti yang lainnya.

Adapun tujuan saya mengajukan proposal ini adalah untuk membantu teman saya yang berjualan di komplek wisata Teras Cihampelas agar bisa mengembangkan usaha souvenir khas Bandung sehingga bisa menghidupi kebutuhannya sehari-hari.

Saya sendiri adalah seorang laki-laki berusia 27 tahun dan teman saya ini adalah seorang perempuan berusia 25 tahun.

Dia tinggal bersama neneknya di sebuah rumah kontrak di Jl. Cihampelas GG. Cimaung RT. 07/07 kelurahan tamansari kecamatan bandung wetan.

Sejak kecil dia sudah bersama neneknya dikarenakan kedua orang tuanya sudah meninggal karena kecelakaan.

Banyak dibaca:  Contoh Teks Eksposisi

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, dia masih bersyukur karena masih bisa tercukupi, walaupun dengan keadaan yang sederhana.

Walaupun demikian dia tidak putus asa dan terus berusaha lebih karena kebutuhan hidup semakin hari semakin tinggi. 

Maka dari itulah saya berkeinginan membantu teman saya dengan mengajukan mengajukan proposal permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha yang dijalaninya.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan dari permohonan dana bantuan ini adalah untuk mengembangkan potensi usaha di Teras Cihampelas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi anggota keluarga

D. USAHA

Adapun jenis usaha yang saya ajukan untuk teman saya ini adalah usaha oleh-oleh souvenir khas Kota Bandung.

Di Komplek yang digunakan oleh teman saya ini, usaha souvenir sendiri masih belum banyak yang menyamainya.

Dengan sentuhan inovasi penjualan dan masih jarangnya orang yang berjualan souvenir maka saya merasa ini merupakan sebuah peluang bagi teman saya dalam menciptakan sebuah inovasi yang berbeda dengan pelaku usaha lain. 

Selain usaha souvenir oleh-oleh khas Bandung, di situ juga terdapat aneka minuman dengan harga yang murah dan juga ditunjang dengan spot foto sehingga kedepannya usaha tersebut akan semakin berkembang.

E. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Adapun rencana anggaran dana yang diajukan adalah sebesar Rp 7.500.000 dengan rincian terlampir

F. PENUTUP

Demikianlah proposal pengajuan dana ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar proposal pengajuan dana ini menjadi sebuah pertimbangan untuk kemudian direalisasikan. 

Semoga niat dan usaha baik ini mendapat kemudahan dan keridlaan dari Allah swt Tuhan Yang Maha Esa.

Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana ke perusahaan yang bisa menjadi pertimbangan. Bagaimana cara membuatannya, mudah bukan?

4. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Organisasi

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Organisasi - bosmeal.com
Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Organisasi

Buat teman-teman yang menjadi pengurus baru karang taruna pasti membutuhkan satu kebutuhan yang namanya seragam.

Walaupun kelihatannya sepele, tetapi seragam merupakan salah satu identitas wajib yang harus ada dalam karang taruna.

Nah dalam membuat seragam sendiri teman-teman bisa membuat proposal proposal karang taruna pengajuan dana seragam.

Bila teman-teman masih kebingungan silahkan dilihat contoh proposal proposal karang taruna pengajuan dana seragam berikut ini.

PROPOSAL

KARANG TARUNA DHARMA KENCANA

DUKUH BANGOAN DESA JIKEN KECAMATAN JIKEN

Sekretariat: Bangoan RT 04 RW 08, Jiken, Jiken Telp. 082328676328

 

 

 

TAHUN 2019

 

KARANG TARUNA DHARMA KENCANA

DUKUH BANGOAN DESA JIKEN KECAMATAN JIKEN

Sekretariat: Bangoan RT 04 RW 08, Jiken, Jiken Telp. 082328676328

 Nomor             : 001/KT-DK/P/XI/2019                                   Jiken, 30 November 2019

Lampiran         : 1 (satu) proposal

Hal                   : Permohonan Bantuan

 

Kepada Yth.

Ibu Kepala Desa Jiken

 di tempat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dalam rangka untuk menciptakan kerapian serta kekompakan dari Karang Taruna “Dharma Kencana” dalam berbagai kegiatan maka kami dari pengurus Karang Taruna “Dharma Kencana dukuh Bangoan Desa Jiken memohon kepada ibu kepala desa untuk membantu kami dalam hal pengadaan seragam tersebut.

Adapun total biaya yang kami perlukan untuk pengadaan seragam tersebut adalah Rp 4.000.000,00 (Empat Juta Rupiah) dengan rincian terlampir dalam proposal 

Demikian surat pengantar proposal yang bisa kami buat dan kami sampaikan, atas partisipasi dan bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Mengetahui

Ketua Karang Taruna

Ahmad Faizin

Ketua RT 04

Tugiman

Ketua RT 05 

Wakimin

Menyetujui,

Ketua RW 08

Sugiyono

A. PENDAHULUAN

Organisasi karang taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda untuk bergerak di bidang sosial agar semakin menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran dan tanggung jawab sosial dari,oleh, dan untuk masyarakat. 

Di setiap tempat, karang taruna memiliki tugas pokok untuk menanggulangi kesejahteraan sosial yang  dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitative maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Dalam menjalankan tugas pokoknya hampir selalu berjalan bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya

Karang taruna Dharma Kencana sendiri merupakan bagian kelompok dari karang taruna desa jiken dengan anggota pemuda pemudi RT 04 dan 05 RW 08 Dukuh Bangoan Desa Jiken.

Dengan sebagian besar pengurus berasal dari keluarga berekonomi pas pasan cenderung rendah sehingga kurang mampu untuk membeli seragam untuk keperluan sinoman dan kegiatan kepemudaan lainya. 

Maka dari itulah kami memiliki maksud dan tujuan memohon dukungan dana untuk memenuhi kebutuhan prasarana kami.

Selain itu juga untuk meningkatkan semangat dan kekompakan para pemuda dalam berkontribusi pembangunan kampung kami.

B. LANDASAN KEGIATAN

Adapun landasan kegiatan pengadaan seragam ini berdasarkan pada hasil musyawarah pembina dan pengurus karang taruna RT 04 dan 05, RW 08 Dukuh Bangooan Desa Jiken pada tanggal 17 Oktober 2019 mengenai “Perencanaan pelaksanaan pengadaan seragam karang taruna Dharma Kencana Dukuh Bangoan Desa Jiken”.

C. TEMA

Adapun tema kegiatan pengadaan karang taruna yaitu:

“Keserasian dan Kekompakan sebagai bagian dari persaudaraan”.

D. TUJUAN

Adapun tujuan pengadaan seragam karang taruna ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk menciptakan kerapian anggota karang taruna saat melakukan kegiatan sosial / kemasyarakatan.

2. Untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antar anggota karang taruna Dharma Kencana, RT 04 dan 05 RW 08 Dukuh Bangooan Desa Jiken.

3. Untuk membuat para anggota lebih bertanggung jawab dan berdisiplin tinggi dalam berbagai kegiatan.

4. Untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap anggota karang taruna Dharma Kencana dalam menghadapi era globalisasi yang semakin berkembang pesat.

5. Untuk melatih jiwa berorganisasi, khususnya dalam kepanitiaan dan manajemen kegiatan.

E. SASARAN

Adapun sasaran kegiatan karang taruna ini adalah:

1. Anggota karang taruna Dharma Kencana  Dwi Manunggal, RT 04 dan  05 RW 08 Dukuh Bangooan Desa Jiken.

2. Masyarakat di lingkungan RT 04 dan  05 RW 08 Dukuh Bangooan Desa Jiken

F. ESTIMASI ANGGARAN

Adapun untuk estimasi rencana anggaran belanja sebesar Rp 4.000.000 dengan rincian terlampir.

G. SUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI

Adapun struktur organisasi karang taruna Dharma Kencana RT 04 dan  05 RW 08 Dukuh Bangooan Desa Jiken terlampir

H. PENUTUP

Demikianlah proposal pengajuan dana seragam karang taruna yang bisa kami sampaikan.

Besar harapan kami semoga dengan pengadaan seragam bagi karang taruna ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. 

Oleh karena itulah kami sangat mengharapkan dukungan serta partisipasi dari semua pihak dalam rangka mensukseskan pengadaan seragam karang taruna tersebut.

Atas perhatian dan kerjasama dari semua pihak kami mengucapkan terima kasih dan semoga amal kebaikan Bapak / Ibu mendapatkan pahala dari Allah SWT. Aamiin

Jiken, 30 November 2019

Panitia

Ketua Karang Taruna

Ahmad Faizin

Sekretaris

Supriyono

Mengetahui

Ketua RT 04

Tugiman

Ketua RT 05 

Wakimin

Menyetujui,

Ketua RW 08

Sugiyono

Lampiran I Rencana Anggaran Belanja Seragam

1. Seragam Putra

a). Baju Batik lengan pendek 25 orang ( Harga @ Rp 50.000) = Rp 1.250.000

2 Seragam Putri

a). Baju Batik lengan panjang 25 orang (Harga @ Rp 70.000) = Rp 1.750.000

b). Jilbab / Kerudung 25 orang (Harga @ Rp 20.000) = Rp 500.000

3. Kokard 50 buah (Harga @ Rp 5.000) = Rp 250.000

Total = Rp 3.750.000 

Rancangan Anggaran Biaya

A. Pemasukan

1. Iuran anggota               : Rp 25.000 x 50 = Rp 1.250.000

2. Kas Karang Taruna       : Rp 1.000.000,00

Total Pemasukan            : Rp 2.250.000                                                                                

B. Pengeluaran

1. Seragam                   : Rp 3.750.000                  

2. Kesekretarisan          : Rp 250.000                                                       

Total Pengeluaran        : Rp 4.000.000

Total Kekurangan = Pemasukan – Pengeluaran

   = Rp 2.250.000 – Rp 4.000.000

   = – Rp 1.750.000               

Lampiran II Susunan Struktur Organisasi Karang Taruna Dukuh Bangoan Desa Jiken 

SUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI

Pelindung                   :Bp. Tugiman (Ketua RT 04) dan Bp. Wakimin (Ketua RT 05) 

Penasehat                   : Bp. Kamin

Penanggung Jawab    : Bp. Sugiyono

Ketua I                        : Ahmad Faizin

Ketua II                       : Sunarto

Sekretaris I                  : Supriyono

Sekretaris II                 : Anggita Sari

Bendahara I                 : Lilik Herlina

Bendahara II                : Muhammad Zul Fawaid

Anggota                       :

1. Adi Saputra

2. Sopyan Wahyudi

3. Andika Pratama

4. Sahrul Kurniawan

5. Budi Utomo

6. Nur Alif Wiguna

7. M.Nur Alimin 

8. Alfin Nikmah

9. Maulin Nikmah

10. Imam Utomo

11. Nida Nur Khasanah

12. Nia Arumsari

13. Nur Muliana Mufida

14. Nurul Fadlilah

15. Bina Apriliani 

16. Wulan Intan Purnama

17. Rizka Khubrotun Nisa

18. Meinila Nur Aisyah

19. Siti Sulistyorini

20. Imam Hanafi

21. Sukarjan

22. Aditya setiawan

23. Sigit Purnomo

24. Ninik Rahayu

25. Heriyanto 

26. Dony Saputra

27. Istiqomah

28. Desiana N

29. Siti Maryani

30. Sri Jumiati

31. Slamet Widodo 

32. Dyah purnamawati 

33. Dyah Ayu V

34. Inggit Sukmawati

35. Dewi nur fadila

36. Tutik  Nur Santi

37. Supangat

38. Abdul Mufid

39. Nia Rizki Puspitasari

40. Nila Aprilia

41. Puji Rahayu

42. Eka Puspitasari

43. Indah mayangsari

44. Nur Aeni

45. Nurul Ummah

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana kegiatan pengadaan seragam karang taruna lengkap dengan contoh cover proposal pengajuan dana.

Artikel Terkait: Contoh Proposal Penelitian

5. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Sekolah

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Sekolah - bosmeal.com
Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Sekolah

Buat teman-teman yang menjadi pengurus OSIS di sekolahnya pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kegiatan sekolah.

Ini karena kegiatan sekolah sendiri lebih banyak dipegang oleh OSIS daripada pihak sekolah secara langsung.

Dalam membuat kegiatan sekolah pastinya teman-teman membutuhkan yang namanya proposal terlebih dahulu.

Nah jika teman-teman masih ada yang kebingungan, yuk simak contoh proposal pengajuan dana kegiatan sekolah contoh proposal pengajuan dana kegiatan Pramuka berikut ini

Banyak dibaca:  Sistematika Penulisan Proposal

PROPOSAL PERKEMAHAN AKHIR TAHUN SMA 1 WAKANDA

A. Latar Belakang

Salah satu media untuk dapat membina anak bangsa adalah dengan menggalakan Gerakan Pramuka.

Dengan gerakan pramuka ini dapat melatih generasi penerus yang tangkas, mandiri, berbakat dan bersahaja dalam berbagai kegiatan.

Agar semua niatan dan tujuan tersebut dapat terwujud maka dibutuhkanlah partisipasi aktif siswa.

Karena itulah untuk meneruskan dewan ambalan lama dengan anggota yang baru dibutuhkan calon ambalan yang siap untuk melatih adik-adik siswa. 

Adanya perkemahan inilah yang nantinya akan melantik calon dewan ambalan menjadi ambalan.

B. Tujuan

Adapun tujuan dari perkemahan akhir tahun ini adalah

1. Untuk melatih dan mencari jiwa yang disiplin serta mengenal pramuka dengan baik.

2. Untuk melantik calon ambalan menjadi dewan Ambalan di SMA 1 Wakanda

C. Dasar Hukum

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Program Kerja Tahunan GUDEP 17.105 SMA 1 Wakanda

D. Nama Kegiatan

Perkemahan akhir tahun pelantikan Dewan Ambalan SMA 1 Wakanda

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Tanggal Kegiatan           : 28 – 30 Desember 2019

Tempat kegiatan            : Bumi Perkemahan Wakanda Sumatera Utara

F. Peserta Kegiatan

Para peserta merupakan calon Dewan Ambalan SMA 1 Wakanda dengan jumlah 30 orang peserta

G. Susunan Kepanitiaan

Adapun susunan kepanitian kemah akhir tahun SMA 1 Wakanda terlampir

H. Jadwal Pelaksanaan

Adapun jadwal pelaksanaan perkemahan akhir tahun SMA 1 Wakanda terlampir

I. Anggaran Dana

Adapun rencana anggaran biaya pelaksanaan perkemahan akhir tahun SMA 1 Wakanda adalah sebesar Rp 5.840.000 (Lima Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) dengan rincian terlampir. 

J. Penutup

Demikian proposal pengajuan dana kegiatan pramuka perkemahan akhir tahun SMA 1 Wakanda kami buat dengan sebenar-benarnya.

Besar Harapan kami agar bisa proposal ini menjadi sebuah pertimbangan dan dapat direalisasikan sebagaimana mestinya.

Atas perhatian , bantuan serta dukungan dari bapak/Ibu kami haturkan banyak terima kasih

Wakanda, 2 Oktober 2019

 

Panitia kegiatan perkemahan akhir tahun SMA 1 Wakanda

Ketua

Abdul Qohar

Sekretaris

Dwi Saryanto

Mengetahui

Pembina Osis Gudep 17.105 SMA 1 Wakanda

Nurul Wahidah, M.Pd.

Kepala SMA 1 Wakanda

Mohammad Ahsan, M.Pd

LAMPIRAN 1. Susunan PAnitia Perkemahan Akhir Tahun SMA 1 Wakanda

Pelindung         : Kepala sekolah SMAN 1 Wakanda

Penasehat         : Pembina gugus depan

Penyelenggara  : panitia perkemahan SMA 1 Wakanda

Konsultan         : Pembina Satuan

Ketua panitia   : Abdul Qohar

Wakil ketua      : Sulistiyowati

Sekretaris         :Dwi Saryanto

Bendahara I      : Ranta Kumala dewi

Bendahara II   : Umi Ghoniyah

Seksi-seksi

    Sie. Acara                : Saraf Manaf,  Renata Claudia

    Sie. Kesehatan         : Denada Rita, Dewi Dermawan

    Sie. Konsumsi          : Suci Andara,Dewi Ningsih

    Sie. Perlengkapan   : Herman Riyanto, Rosalina

    Sekbid. Dokumentasi : Ahmad Deni, Subhan Andara

    Sekbid. Kedai           : Anjis Riyanto, Hindun Sri Kumala

LAMPIRAN 2. Jadwal Pelaksanaan Perkemahan Akhir Tahun SMA 1 Wakanda

Sabtu, 28 Desember 2019

06.30 – 07.00 Checking peserta Perkemahan akhir tahun

07.00 – 08.00 Upacara pemberangkatan

08.00 – 12.00 Perjalanan menuju Bumi perkemahan Wakanda

12.00 – 13.00 mendirikan tenda

13.00 –13.30 ISHOMA

13.30 – 15.00 Upacara pembukaan yang dilakukan di Bumi perkemahan Wakanda

15.00 – 15.30 ISHOMA

15.30 – 17.00 Materi I 

17.00 –19.00 ISHOMA

19.00 – 19.30 Persiapan Diskusi

19.30 – 20.30 Diskusi efektif 

20.30 – 21.30 Pentas seni Masing-masing peserta

21.30 – 04.00 Istirahat

Minggu, 29 Desember 2019

04.00 – 05.00 Sholat Subuh

05.00 – 06.00 Persiapan upacara

06.00 – 07.00 Upacara pagi

07.00 – 07.30 Umpan lambung di lapangan oleh penegak

07.30 – 13.00 Hiking Peserta

13.00 – 15.00 ISHOMA

15.00 – 17.00 UJI SKU dewan Ambalan

17.00 – 19.30 ISHOMA

19.30 – 20.30 Evaluasi lapangan

20.30 – 21.30 Pentas seni oleh peserta

21.30 – 04.00 Istirahat

Senin, 30 Desember 2019

04.00 – 05.00 Sholat subuh

05.00 – 06.00 Senam pagi

06.00 – 08.00 Apel pagi dan pelantikan

08.00 – 13.00 Wisata Gunung Sibayak

13.00 – 14.00 Upacara penutupan

14.00 – Selesai SAYONARA

LAMPIRAN 3. Rincian Anggaran Biaya Pelaksanaan Perkemahan Akhir Tahun SMA 1 Wakanda

Pengeluaran

1. Alat Tulis Kantor : Rp 150.000

2. Administrasi: Rp 30.000

3. Bisyaroh pembina: Rp 300.000

4. P3K: Rp 60.000

5. Konsumsi peserta dan pembina 50 orang x 3 hari (harga @ Rp 15.000) = Rp 2.250.000

6. Biaya masuk bumi perkemahan Wakanda : Rp 200.000

7. Biaya masuk wisata bromo : Rp 1.000.000

8. Biaya perlengkapan : Rp 150.000

9. Transportasi antar jemput : Rp 1.500.000

10. Cuci tenda : Rp. 100.000

11. Dokumentasi : Rp. 100.000

Jumlah : Rp 5.840.000

Pemasukan

1. Iuran peserta 30 Orang (@ Rp 50.000) : Rp 1.500.000

2. Subsidi Gugus depan : Rp. 1.000.000

Total: Rp. 2.500.000

Total Kekurangan = Pemasukan – Pengeluaran

= Rp 2.500.000 – Rp 5.840.000

= – Rp 3.340.000 

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana kegiatan sekolah pramuka yang bisa teman-teman jadikan referensi. 

Selain contoh proposal pengajuan dana kegiatan sekolah di atas, teman-teman juga bisa membuat ontoh proposal pengajuan dana kegiatan Pramuka lainnya kok. Selamat mencoba teman-teman

6. Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Bupati

Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Bupati - bosmeal.com
Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Bupati

Buat teman-teman yang membutuhkan tambahan dana untuk renovasi mushola maupun masjid, teman-teman bisa juga mengajukan dana ke Bupati kok. 

berikut ini contoh proposal pengajuan dana ke Bupati untuk pembangunan mushola yang bisa teman-teman jadikan referensi.

PROPOSAL RENOVASI MUSHOLLA “BEN TOBAT” WADO KEDUNGTUBAN BLORA

A. PENDAHULUAN

Pada masa sekarang ini pada umumnya para masyarakat, terlebih para kaum muslimin semakin jauh dari norma agama dan mementingkan kepentingan diri sendiri.

Di satu sisi, masih banyak juga kaum muslimin yang tetap menjalankan perintah agama dan  mereka pun juga memenuhi tempat ibadah ketika menjalankan perintahNya. 

Salah satu tempat yang menjadi ruang peribadatan kaum muslimin tersebut adalah mushola “ben tobat di desa Wado Kedungtuban Blora.

Di mana pada mushola tersebut para kaum muslimin melaksanakan kewajibannya sebagai umat Islam.

Dalam menjalankan kewajiban tersebut tentunya diharuskan untuk dalam keadaan suci terlebih dahulu.

Akan tetapi sayangnya di mushola “ben tobat” tempat untuk mensucikan diri (berwudhu) sudah tidak layak pakai sehingga sangat membutuhkan renovasi

B. LATAR BELAKANG MUSHOLLA

Nama Musholla           : Ben Tobat

Alamat                         : Desa Wado Kedungtuban Blora

Luas Bangunan           : ± 180 m2

Jumlah Jamaah         : ± 45 kepala keluarga

Kegiatan                        : 

– Sholat berjamaah 5 waktu

– Jama’ah tahlilan dan berjanji tiap malam Jum’at

– Belajar mengaji tiap-tiap habis sholat magrib

– Kajian keagamaan remaja musholla

C. TUJUAN

Adapun tujuan dari renovasi ini adalah 

1. Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

2. Untuk menumbuhkan dan mengembangan semangat sosial keagamaan dalam masyarakat.

3. Untuk memupuk kebersamaan antara sesama masyarakat.

D. SUMBER DANA DAN RENCANA ANGGARAN

Terlampir

E. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

G. PENUTUP

Demikianlah proposal pengajuan dana ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan kami agar Bapak Bupati Blora berkenan untuk memberikan bantuan dana renovasi ini agar renovasi dapat berjalan dengan lancar.

Semoga segala kebaikan dari Bapak Bupati senantiasa mendapatkan ridla dan keberkahan dari Allah swt.

Atas bantuan dan perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana ke Bupati untuk renovasi/pembangunan musholla. Ada juga Contoh Proposal Sponsorship yang bisa teman teman jadikan referensi.

Bagaimana teman-teman mudah bukan dalam membuat contoh proposal pengajuan dana?

Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana

Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana
Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana

Setelah kita bersama mengetahui contoh contoh proposal pengajuan dana di atas, rasanya masih kurang lengkap jika teman-teman belum menyimak tips membuat proposal pengajuan dana berikut ini.

1. Informatif

Tips pertama dalam membuat proposal pengajuan dana adalah informatif. 

Dalam hal ini ketika teman-teman membuat proposal pastikan untuk memberikan informasi sedetail mungkin terkait dengan maksud proposal pengajuan dana tersebut.

Bila isi dari proposal menggambarkan atau menceritakan sesuatu yang baik dan jelas maka donatur pun tak akan sungkan berinvestasi atau memberikan dana.

2. Profesional

Tips selanjutnya dalam membuat proposal pengajuan dana  adalah lebih mengedepankan logika dan juga profesionalitas kerja.

Perlu diingat juga ketika membuat proposal pengajuan dana untuk tidak mengedepankan emosi atau perasaan. Artinya jangan berharap lebih atau terlalu memaksa jika calon donatur tidak terlalu tertarik.

3. Transparansi

Tips selanjutnya yang tidak boleh teman-teman lupakan adalah menyebutkan berapa total dana yang diperlukan untuk suatu kegiatan atau kepentingan tersebut.

Transparansi atau prinsip keterbukaan sangat perlu diterapkan dan sebisa mungkin berikanlah laporan yang jelas dan lengkap sejak awal.

4. Perlihatkan Performa

Tips selanjutnya dalam membuat proposal pengajuan dana adalah gambaran performa usaha yang baik dan stabil.

Hal ini karena pada umumnya para investor akan lebih tertarik dengan usaha atau bisnis yang memiliki performa bagus dan stabil. 

Maka dari itulah di dalam isi proposal perlu disediakan dan disampaikan performa usaha dengan baik serta jelas.

5. Tawarkan Keuntungan

Hal terakhir yang tidak boleh terlewat dalam contoh proposal pengajuan dana usaha adalah penawaran keuntungan yang didapatkan oleh investor.

Hal ini karena investor tidak akan membuang uang secara percuma tanpa mendapatkan timbal balik dari tindakan tersebut. 

maka dari itulah kita sebagai pihak yang mengajukan dana harus memberikan atau menyampaikan tawaran keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor.

Walaupun memang tawaran tersebut masih dalam bentuk rencana yang dituangkan dalam proposal, tetapi hal itu tidak menjadi soal.

Pasalnya, investor yang berpengalaman biasanya dapat melihat potensi keuntungan secara tepat.

Nah itu tadi contoh proposal pengajuan dana serta tips membuat proposal pengajuan dana yang baik dan benar.

Jika teman-teman masih merasa kebingungan, silahkan saja unduh contoh proposal pengajuan dana pdf pada link tersebut ya.

Leave a Reply