Contoh Proposal Kegiatan

Contoh Proposal Kegiatan – Kamu ingin mengajukan sebuah kegiatan dengan menggunakan proposal? Namun belum tahu bagaimana cara membuat proposal kegiatan?

Membuat kegiatan sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebelum suatu kegiatan berjalan dibutuhkan sebuah rencana yang matang.

Tahapan sebelum kegiatan itu adalah persiapan. Kita butuh mengetahui lebih banyak contoh proposal kegiatan lengkap agar bisa menguasainya.

Karena kurangnya pengalaman, seringkali membuat teman-teman merasa kebingungan dalam memulai tahapan ini.

Sebenarnya cara yang paling mudah dalam melaksanakan tahapan persiapan kegiatan adalah membuat proposal dengan melihat contoh proposal kegiatan sebelumnya.

Namun, pada sebagian orang membuat proposal merupakan hal yang melelahkan karena membutuhkan banyak hal yang harus dipikirkan.

TIDAK MASALAH! Karena Kamu tidak termasuk.

Semoga membuat proposal akan menjadi mudah setelah membaca berbagai referensi contoh proposal yang Kami bahas dengan rinci dan teliti.

Sebelum menyimak contoh proposal kegiatan beserta cara membuatnya, teman juga bisa belajar membuat contoh proposal pengajuan dana kegiatan seperti video di bawah ini:

NB: Jika Kamu benar benar belum paham proposal dan cara membuatnya, sangat disarankan untuk membaca dengan teliti pada setiap bagian.

Pengertian Proposal Kegiatan

Sudah tahukah teman-teman, proposal merupakan sebuah rencana kegiatan yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang terkonsep.

Proposal kegiatan juga bisa dibilang sebagai sebuah perencanaan kegiatan acara yang sudah tersusun dalam bentuk tulisan.

Dalam membuat perencanaan proposal harus ditulis secara matang, teliti dan juga harus sistematis.

Dalam membuat proposal kegiatan ini bertujuan untuk mengurutkan ide-ide dan konsep yang akan dijalankan selama kegiatan.

Nah salah satu kegunaan proposal, selain berguna untuk menjabarkan ide juga bisa digunakan untuk mengajukan suatu permohonan dana, sponsor serta untuk mengurus perizinan suatu kegiatan dan masih banyak lainnya.

Nah ketika teman-teman membuat suatu kegiatan, peran proposal kegiatan ini tidak dapat dikesampingkan.

Dengan begitu maka teman-teman sebisa mungkin untuk membuat sebuah proposal kegiatan dengan maksimal.

Dari sana dapat disimpulkan bahwa proposal adalah rancangan kegiatan yang sudah disusun secara sistematis dan terperinci sesuai dengan standar pelaksanaan kegiatan yang kemudian diajukan kepada para pihak yang dikehendaki untuk mendapatkan persetujuan, bantuan maupun izin dan yang lainnya.

Artikel Menarik: Contoh Kata Pengantar yang Benar

Fungsi dan Tujuan Proposal

Setelah kita mengetahui pengertian proposal, kita juga harus mengetahui juga fungsi dan tujuan dari proposal kegiatan Suatu proposal dibuat selalu memiliki sebuah tujuan.

Begitu pun dengan proposal kegiatan. Ada berbagai macam tujuan dibuatnya proposal kegiatan, diantaranya adalah

  1. Untuk mendapatkan izin kegiatan
  2. Proposal Kegiatan bertujuan untuk mendapatkan dukungan kegiatan
  3. .Untuk mendapatkan dukungan dana dari sponsor selama kegiatan berlangsung.

Setelah kita mengetahui tujuan dari proposal, kita juga perlu mengetahui fungsi dari proposal itu sendiri. Adapun fungsi dari proposal kegiatan diantaranya adalah

  1. Sebagai pengajuan rencana kegiatan kepada pihak terkait, seperti pemerintah atau yang lainnya.
  2. Proposal kegiatan berfungsi Sebagai pengajuan permohonan dana kepada pihak sponsor
  3. Sebagai data atau pelaporan dalam melakukan kegiatan

Nah itu tadi fungsi dan tujuan dari proposal kegiatan. Bagaimanapun bentuk kegiatan yang teman-teman buat tidak akan bisa terlepas dari ketiga fungsi dan tujuan proposal kegiatan tersebut.

Ciri ciri Proposal Kegiatan

Proposal sendiri memiliki beragam bentuk. Contoh proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal skripsi dan lain sebagainya.

Masing-masing jenis proposal tersebut tentunya memiliki ciri khas tersendiri, begitu pula dengan proposal kegiatan. Berikut ini ciri-ciri proposal kegiatan yang perlu teman-teman ketahui

  1. Proposal terdiri dari latar belakang kegiatan, maksud dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan.
  2. Penulisan proposal dibuat secara terperinci, jelas dan sistematis dalam menjabarkan kegiatan yang akan dilakukan.
  3. Di dalam proposal berisikan tentang gambaran umum event atau kegiatan yang akan dilakukan dan diberikan kepada pihak yang bertanggung jawab maupun pihak sponsor.
  4. Proposal kegiatan biasanya ditulis oleh kelompok maupun perorangan yang mengajukan adanya event maupun kegiatan.
  5. Dalam membuat Proposal kegiatan jauh sebelum kegiatan dilakukan dan dan diserahkan kepada pihak yang terkait maksimal 1 bulan sebelum kegiatan agar tidak mendadaknya persiapan
  6. Proposal kegiatan dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan kegiatan yang akan dijalankan ke depannya.
  7. Di dalam Proposal kegiatan sendiri bersifat persuasif yang artinya sebuah proposal memiliki tujuan untuk meyakinkan banyak pihak maupun sponsor agar turut serta membantu suatu kegiatan tersebut.
  8. Proposal kegiatan sifatnya menjalin kerjasama untuk menyelenggarakan event atau kegiatan yang akan dilakukan.

Nah itu tadi beberapa ciri-ciri proposal kegiatan yang sering dilihat dalam sebuah proposal. Sekarang teman-teman bisa melihat secara langsung bukan ciri-cirinya.

Struktur Proposal

Format Struktur Proposal Kegiatan - Bosmeal.com
Gambar Struktur Proposal Kegiatan Doc

Setelah kita mengetahui bagaimana ciri-ciri proposal kegiatan, alangkah baiknya jika kita pun mengetahui struktur proposal kegiatan.

Dengan mengetahui struktur proposal kegiatan akan lebih memudahkan kita dalam membuat contoh proposal kegiatan sendiri nantinya.

Adapun struktur proposal kegiatan yang harus ada dalam penyusunan proposal adalah sebagai berikut:

1. Halaman Judul

Halaman pertama yang harus ada dalam proposal kegiatan adalah cover atau halaman judul. Dalam halaman judul ini berisikan tentang nama atau judul kegiatan yang akan dilakukan.

Selain nama kegiatan, terdapat juga logo penyelenggara, nama penyelenggara. Untuk lebih mudah memahaminya kita bisa melihat contoh cover proposal kegiatan yang bertebaran di internet

Dalam membuat halaman judul harus dibuat secara rapi, sistematis, dan juga jelas agar tidak membingungkan pihak yang diajak kerjasama..

2. Pendahuluan

Setelah halaman judul, struktur proposal kegiatan selanjutnya adalah Pendahuluan. Dalam pendahuluan ini berisikan latar belakang kegiatan dan tujuan kegiatan.

Latar Belakang Kegiatan

Dalam membuat kegiatan pastinya akan selalu ada hal yang melatar belakangi kegiatan tersebut. seperti contoh latar belakang proposal kegiatan 17 Agustusan

Dalam membuat latar belakang umumnya didahului dengan penjelasan yang bersifat umum kemudian mengerucut ke hal-hal yang bersifat khusus.

Penyusunan latar belakang ini harus dibuat secara runtut agar orang-orang yang akan diajak kerjasama dapat memahami secara utuh bagaimana latar belakang kegiatan yang akan berjalan nantinya.

Tujuan Kegiatan

Setiap sesuatu pastinya memiliki sebuah tujuan, begitu pula dengan sebuah kegiatan. pastinya akan selalu ada tujuan dari sebuah kegiatan.

Tujuan ini merupakan harapan atau keinginan yang tercapai dari adanya suatu event atau kegiatan yang dijalankan.

Nah tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh pihak penyelenggara ini harus dituangkan dalam bentuk proposal agar pihak-pihak yang akan diajak kerjasama dapat paham dengan tujuan penyelenggara.

3. Isi Proposal

Setelah kita membuat Pendahuluan dalam proposal kegiatan, struktur proposal selanjutnya yang harus ada adalah isi proposal.

Adapun isi proposal ini merupakan sebuah gambaran umum dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Berikut ini cakupan isi proposal yang harus ada:

Tema Kegiatan

Isi proposal yang pertama adalah tema kegiatan. Tema kegiatan ini sangat penting agar pihak yang diajak kerjasama dapat mengetahui jenis kegiatan yang akan dilakukan.

Tanpa adanya tema kegiatan akan membuat pihak-pihak yang diajak kerjasama pun enggan untuk menerimanya.

Disamping itu ketika membuat tema harus jelas dan mewakili dari sebuah kegiatan secara utuh.

Sasaran

Setelah kita selesai dengan tema kegiatan, hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam struktur proposal adalah sasaran kegiatan. Sasaran kegiatan ini sendiri meliputi peserta kegiatan.

Dalam membuat sasaran kegiatan sebaiknya dipetakan kriteria-kriteria orang-orang yang akan mengikuti kegiatan tersebut secara jelas. Biasanya sasaran kegiatan disebut juga dengan peserta kegiatan.

Jadwal Kegiatan

Point selanjutnya yang harus ada dalam struktur proposal kegiatan adalah jadwal kegiatan. Jadwal kegiatan wajib ada dalam proposal kegiatan.

Jika jadwal kegiatan tidak ada maka kegiatan ini akan dianggap sebagai kegiatan abal-abal. Pencantuman waktu ini juga berperan penting kepada pihak yang akan kita ajak kerjasama.

Jika kita menyerahkan proposal kegiatan dengan jarak waktu yang mepet, misalnya 3 minggu, maka pihak-pihak yang akan diajak kerjasama akan menolaknya.

Untuk itu sebaiknya teman-teman selesaikan semua urusan proposal maksimal 1 bulan sebelum acara dimulai.

Jarak waktu 1 bulan ini agar pihak-pihak yang diajak kerjasama bisa menyusun jadwal acaranya agar tidak berbenturan waktu dengan acara lainnya.

Susunan Acara

Setelah waktu dan tempat sudah ditentukan, hal lain yang harus ada dalam proposal kegiatan adalah susunan acara kegiatan. Susunan acara kegiatan ini merupakan salah satu hal yang vital dalam proposal.

Hal ini karena susunan acara bisa menjadi gambaran dari tema kegiatan yang sudah dibuat.

Selain itu juga bisa menunjukkan kualitas kegiatan yang akan kita lakukan.

Di dalam susunan acara sendiri terdapat waktu dan tempat acara pelaksanaan, jenis acara serta penanggung jawab acara tersebut.

Susunan Panitia

Setelah susunan acara, struktur proposal kegiatan yang harus ada adalah susunan kepanitiaan.

Susunan kepanitian ini sendiri merupakan orang-orang yang terlibat dalam suatu acara lengkap dengan tanggung jawab dan jabatan masing-masing.

Jika tidak ada susunan kepanitiaan yang dijelaskan dalam proposal kegiatan nantinya dikhawatirkan tidak akan berjalan dengan lancar karena orang-orang yang ada di dalamnya tidak sadar akan tanggung jawabnya.

Selain itu juga ketika mengajak banyak pihak yang terlibat dalam acara akan memudahkan mereka dalam berkomunikasi selama kegiatan.

Anggaran Kegiatan

Hal berikutnya yang harus ada dalam struktur proposal kegiatan adalah anggaran kegiatan.

Anggaran kegiatan sendiri merupakan rincian dana segala kebutuhan yang diperlukan selama kegiatan. Dalam membuat anggaran kegiatan, sebisa mungkin kita buat secara detail dan terperinci

4. Penutup

Point berikutnya dalam struktur proposal adalah adanya sebuah penutup proposal kegiatan.

Adapun isi dari penutup ini adalah harapan dari kita kepada pihak-pihak yang akan diajak kerjasama agar ikut berpartisipasi di dalamnya.

Partisipasi itu bisa bentuk izin, dukungan sponsorship atau pun yang lainnya sehingga acara dapat berjalan lancar tanpa adanya suatu halangan.

Nah itu tadi struktur proposal yang wajib ada ketika membuat suatu proposal kegiatan. Kita bisa menambahkan beberapa poin yang menurut kita itu penting.

Akan tetapi secara umum, struktur proposal yang digunakan banyak orang adalah struktur point di atas.

Jangan Lewatkan: Contoh Kata Penutup Makalah yang Benar

Cara Membuat Proposal Kegiatan

Format Membuat Contoh Proposal Kegiatan - Bosmeal.com
Membuat Contoh Proposal Kegiatan Sekolah PDF

Agar proposal kegiatan kita bisa bernilai, maka kita haruslah bisa menuangkan ide-ide untuk menyusun proposal.

Ide-ide yang ada kemudian dituangkan dalam penyusunan proposal kegiatan. Langkah ini sebagai bentuk contoh proposal pengajuan kegiatan yang akan dilakukan nantinya.

Dalam menyusun sebuah proposal dibutuhkanlah cara membuat proposal yang tepat dan tersampaikan isinya. Adapun cara membuat proposal yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

1. Menentukan Topik

Langkah pertama sebelum membuat proposal kegiatan adalah menentukan topik terlebih dahulu.

Penentuan topik ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menyusun sebuah proposal kegiatan.

Jika topik kita tidak sesuai dengan apa yang diharapkan banyak orang dan kurang menarik maka hampir bisa dipastikan proposal kegiatan kita akan sepi peminat atau bahkan tidak disetujui oleh berbagai pihak.

Untuk itu dalam menentukan topik kegiatan diusahakan untuk dibuat semenarik mungkin serta sejelas mungkin.

Ini bertujuan agar para pihak yang diajak kerjasama dapat menangkap ide atau topik yang kita buat.

2. Menentukan Struktur Proposal

Setelah kita menentukan topik yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan struktur proposal.

Apa artinya jika topik kegiatan dibuat uwaw dan menarik tetapi struktur proposal yang dibuat amburadul.

Sebuah proposal akan menjadi menarik jika kita bisa membuat struktur proposal menjadi menarik.

Dalam membuat struktur proposal, setidaknya di dalamnya kita menyebutkan latar belakang kegiatan, tema kegiatan, tujuan dan manfaat kegiatan, sasaran dan juga rencana anggaran biaya kegiatan.

Dengan minimal struktur proposal tersebut nantinya para pihak yang diajak kerjasama minimal bisa memahami topik atau kegiatan yang akan kita buat.

Nah dalam membuat struktur proposal, semakin lengkap isi strukturnya akan semakin baik.

3. Membuat Outline atau Kerangka Proposal

Setelah struktur proposal kita buat, selanjutnya sebelum kita membuat proposal utuhnya, sebaiknya terlebih dahulu buat outline proposal kegiatan.

Outline proposal kegiatan ini merupakan kerangka ide-ide pokok yang akan dikembangkan dalam proposal.

Pembuatan Outline proposal kegiatan ini bertujuan agar pembahasan dan penyampaian pesan yang tertulis dalam proposal tidak melebar kemana-mana.

Dengan membuat outline atau kerangka proposal maka kita nantinya akan lebih mudah dalam melakukan penyusunan proposal kegiatan.

4. Objektivitas Proposal

Dalam membuat outline kita kita bisa mengarang bebas sesuai dengan apa yang ada dalam ide kita. Ide yang sudah kita buat yang kemudian dijadikan topik lalu dijabarkan.

Penjabaran ide ini melalui yang namanya outline. Dalam membuat outline pun harus berdasarkan pada fakta dan problematika yang terjadi di lapangan.

Jangan sampai teman-teman membuat sebuah proposal berdasarkan karangan pribadi tanpa melihat data dan fakta yang terjadi.

Jika penulisan proposal tidak sesuai dengan data dan fakta maka proposal itu tidak akan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

5. Memperhatikan Format Penulisan

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam pembuatan proposal adalah memperhatikan format penulisan.

Dalam menulis proposal kita harus menggunakan bahasa yang formal dan baku, bukan dengan bahasa yang “gaul”.

Selain itu juga dalam menulis proposal kita harus menyampaikannya seefektif mungkin dan tidak bertele-tele.

Dalam format penulisan proposal kita juga harus menghindari kesalahan ejaan dan kesalahan penulisan.

Jika format penulisan proposal kita sudah benar dan tersusun rapi maka orang-orang yang melihat akan memberikan kesan rapi dan dan mudah dipahami.

6. Membuat Kesimpulan

Setelah proposal kita susun secara terstruktur, sistematis dan menggunakan format penulisan yang sesuai, langkah berikutnya kita harus memberikan kesimpulan.

Apa artinya jika kita menyusun sebuah proposal secara matang tetapi tidak memberikan kesimpulan suatu kegiatan.

Dalam membuat kesimpulan proposal kegiatan nantinya akan lebih memudahkan para pihak yang akan diajak kerjasama dalam melakukan kegiatan.

Nah selain langkah-langkah diatas, teman-teman pun juga membutuhkan lembar pengesahan. Teman-teman bisa mencari contoh lembar pengesahan proposal kegiatan yang bertebaran di dunia maya.

Contoh Proposal Kegiatan

Setelah kita mempelajari berbagai macam hal yang berkaitan dengan proposal kegiatan, akankah lebih mudah jika kita membuat contoh proposal kegiatan secara rinci.

Tujuan contoh ini agar teman-teman bisa memahami cara membuat proposal kegiatan secara utuh. Berikut ini beberapa contoh proposal kegiatan  lengkap yang dapat dipelajari bersama:

 1. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Format Contoh Proposal Kegiatan Sekolah - Bosmeal.com
Download Contoh Proposal Kegiatan Sekolah PDF

kegiatan sekolah memang mengasyikkan bukan teman-teman. Apalagi jika kegiatan sekolah tersebut didukung oleh banyak pihak. Tentunya kegiatan itu akan menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Nah agar kegiatan teman-teman bisa didukung banyak pihak sebaiknya teman-teman membuat proposal kegiatan sekolah lengkap.

Berikut ini contoh proposal kegiatan sekolah yang bisa teman-teman buat acuan.

Proposal Kegiatan Pentas Seni dalam Rangka HUT SMA Bhakti Mulia 2 ke 19 

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kegiatan Pentas Seni merupakan sebuah kegiatan yang menampilkan kreasi maupun bakat dari setiap siswa baik secara individu maupun berkelompok.

Dengan menampilkan berbagai kreasi maka akan dapat ditemukan bakat-bakat terpendam dari para siswa yang tidak akan bisa didapatkan melalui mata pelajaran setiap harinya. 

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Bhakti Mulia 2 merupakan penyelenggara dari kegiatan pentas seni ini.

Pentas seni ini selain ditujukan kepada siswa SMA Bhakti Mulia 2 juga ditujukan kepada seluruh masyarakat sekitar.

Selain itu juga pentas seni ini diadakan untuk memperingati hari kelahiran SMA Bhakti Mulia 2 yang ke 19.

Maka dari itu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Bhakti Mulia 2 bermaksud untuk memperingati hari ulang tahun SMA Bhakti Mulia 2 dengan cara mengadakan pentas seni di lingkungan sekolah.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan ini adalah

  1. Menggali potensi dan bakat Siswa SMA Bhakti Mulia 2.
  2. Meningkatkan kreativitas siswa SMA Bhakti Mulia 2.
  3. Memperingati Hari Ulang Tahun SMA Bhakti mulia 2 yang ke 19.

ISI PROPOSAL 

A. Tema Kegiatan 

Adapun kegiatan pentas seni ini mengambil tema “Seni Budaya Kesenian Bersama”.

Dengan tema ini kemudian bersama-sama mengajak para siswa untuk mencintai seni dan budaya mereka.

B. Sasaran Kegiatan

 Adapun sasaran kegiatan pentas seni ini adalah para siswa SMA Bhakti Mulia 2 secara menyeluruh, baik individu maupun kelompok

C. Jadwal Kegiatan

Adapun jadwal kegiatan pentas seni ini akan berjalan selama 3 hari dimulai dari

Hari: Senin – Rabu 

Tanggal: 9 – 11 November 2020

D. Susunan Acara 

Adapun susunan acara yang akan berjalan nantinya sebagai berikut:

Hari Senin, 9 November 2020

07.00-08.00 Registrasi peserta

08.00-09.00 Opening Ceremony

09.00-10.00 Pembukaan

10.00-12.00 Persiapan Lomba

12.00-13.00 ISHOMA

13.00-15.00 penampilan Pentas Seni Kategori Individu

15.00 istirahat dan pulang 

Hari Selasa, 10 November 2020

07.00 – 08.00 Persiapan lomba hari kedua

08.00-12.00 Penampilan Pentas Seni Kategori Individu

12.00-13.00 ISHOMA 

13.00-15.00 Penampilan Pentas Seni Kategori Kelompok

15.00 Istirahat dan pulang

Hari Rabu 11 November 2020

07.00-08.00 Persiapan Pentas Seni Hari ketiga

08.00-12.00 Penampilan Pentas Seni Kategori Kelompok

12.00-13.00 ISHOMA

13.00-15.00 Penutup dan penampilan pemenang Lomba masing-masing kategori

E. Susunan Panitia

Acara ini tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya susunan panitia kegiatan. Adapun susunan panitia Pentas Seni SMA Bhakti Mulia 2 Sebagai berikut:

Pelindung:

    1. Kepala Sekolah
    2. Waka Kesiswaan

Penanggung Jawab:

    • Ketua OSIS SMA Bhakti Mulia 2

Ketua:

    • Candra Mukti

Wakil Ketua:

    • Dina Pratiwi

Sekretaris:

    1. Wahyu Pratama
    2. Oktaviana

Bendahara:

    1. Angga Saputra
    2. Sofiana

Seksi Acara:

    1. M. Yuda 
    2. Arina Manasikana

Seksi Humas:

    • Dika Pradana

Seksi Konsumsi:

    1. Anggi Widya
    2. Lailatun Nafi’ah

Seksi Perlengkapan:

    • Puguh Ariadi

Seksi Dekorasi Dokumentasi:

    • M. Nur Hasan

Seksi Keamanan:

    • Anang Rifa’i

F. Anggaran Kegiatan

untuk menunjang kegiatan Pentas seni dalam rangka perayaan hari ulang tahun SMA bhakti Mulia 2 maka setidaknya dibutuhkan pembiayaan.

Pembiayaan ini dimaksudkan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan meriah.

Adapun anggaran kegiatan ini sebesar Rp. 17.800.000 dengan rincian sebagai berikut:

Kegiatan ini mendapatkan dana dari sebagai berikut.

Rincian Pemasukan

1. Kas SMA Bhakti Mulia 2 : Rp. 2.000.000

2. Dana Iuran Siswa SMA Bhakti Mulia 2 : Rp. 3.500.000

3. Dana donatur wali murid SMA Bhakti Mulia 2 : Rp. 1.500.000

4. Dana pihak sponsor Utama : Rp. 6.000.000

5. Dana pihak sponsor lainnya: Rp. 2.000.000

6. Sumbangan lain yang tidak mengikat : Rp. 3.000.000

Total : Rp. 18.000.000

Biaya Pengeluaran

  1. Kesekretariatan
    • ATK: Rp. 500.000
  1. Acara
    1. Kostum dan make up : Rp. 1.250.000
    2. Honorarium Dewan juri (3 orang) : Rp. 900.000
  1. Konsumsi
    1. Snack: Rp. 1.500.000
    2. Makan siang: Rp 4.500.000
  1. Humas
    • Transport: Rp. 300.000
  1. Perlengkapan
    1. Panggung : Rp. 1.200.000
    2. Sound system : Rp. 2.500.000
    3. Stand untuk jualan : Rp. 450.000
    4. Alat musik : Rp. 900.000
  1. Dekorasi Dokumentas
    1. Banner : Rp. 250.000
    2. Sewa Foto dan Video: Rp. 1.250.000 
    3. Lampu sorot : Rp. 900.000
  1. Keamanan
    • Barikade (pagar pembatas) : Rp. 700.000
  1. Lain-lain : Rp. 700.000

Total : Rp. 17.800.000

G. Penutup

Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga acara ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Atas bantuan dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.

Jepara, 5 September 2020

Proposal Kegiatan Pentas Seni dalam Rangka HUT SMA Bhakti Mulia 2 ke 19 

 

Candra Mukti

Ketua Panitia

Wahyu Pratama

Sekretaris

Mengetahui

 

Abdul Ghofar

Ketua OSIS

Nah itu tadi contoh proposal kegiatan sekolah tentang pentas seni. Teman-teman juga bis menggantinya dengan kegiatan lainnya kok.

Bagaimana teman-teman cukup mudah ditiru bukan contoh proposal kegiatan sekolah di atas?

2. Contoh Proposal Kegiatan Desa

Format Contoh Proposal Kegiatan Desa - Bosmeal.com
Membuat Contoh Proposal Kegiatan Desa

Buat teman-teman yang sudah bersentuhan dengan masyarakat desa pastinya sudah tidak asing dengan berbagai kegiatan di dalamnya.

Berbagai kegiatan itu tentunya membutuhkan perizinan dan juga pendanaan.

Nah agar kegiatan berjalan lancar, langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah membuat proposal kegiatannya.

Jika teman-teman masih bingung bagaimana cara membuat proposal kegiatan desa, berikut ini contoh proposal kegiatan desa dengan judul kegiatan kegiatan bersih desa.

Proposal Kegiatan Bersih Desa di Desa Sidomulyo

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan merupakan kunci dari kesehatan. Dengan menjaga kebersihan maka akan bisa meminimalisir penyakit yang ditimbulkan.

Menjaga kebersihan terkadang menjadi hal yang memberatkan karena kebiasaan buruk manusia yang selalu menunda-nunda pekerjaan.

Padahal menjaga kebersihan bisa dilakukan melalui hal-hal yang mudah dan sederhana, misalnya menyiapkan tempat sampah di setiap rumah. 

Untuk bisa menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan berbagai banyak hal, seperti pembuatan bank sampah ataupun daur ulang sampah menjadi hal-hal yang berharga.

Maka dari itu kami karang taruna desa Sidomulyo mencoba membuat kegiatan bersih desa yang nantinya pada akhir tahun akan ditentukan pemenangnya.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan bersih desa di Desa Sidomulyo ini adalah agar terciptanya desa yang bersih serta mampu memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berharga

Isi Proposal

A. Tema Kegiatan

Adapun kegiatan bersih desa ini mengambil tema “desa yang bersih dan kreatif”.

Dengan tema ini kemudian bersama-sama mengajak para masyarakat untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan kreativitas masyarakat.

B. Sasaran Kegiatan

 Adapun sasaran kegiatan pentas seni ini adalah para masyarakat di Desa Sidomulyo 

C. Jadwal Kegiatan

Adapun kegiatan bersih desa ini dilakukan selama kurun waktu 3 bulan yakni selama bulan 1 Juni sampai dengan 30 Agustus 2020. Untuk kegiatan puncak akan dilakukan pada 31 Agustus 2020

D. Susunan Acara

Adapun Susunan acara yang akan berjalan nantinya sebagai berikut:

Hari Senin 1 Juni – Minggu 30 Agustus 2020

Kegiatan kebersihan dan pendaur ulangan sampah

Senin 31 Agustus 2020

07.00-08.00 Registrasi peserta

08.00-09.00 Opening Ceremony

09.00-10.00 Pembukaan pameran lomba daur ulang sampah

10.00-18.00 Pameran lomba daur ulang sampah

18.00-19.00 ISHOMA

19.00-21.00 Hiburan dari pemuda karang taruna Desa Sidomulyo

21.00 – Selesai penutup dan pengumuman pemenang lomba

E. Susunan Panitia

Acara ini tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya susunan panitia kegiatan.

Adapun susunan panitia Bersih Desa dan Lomba Pendaur ulangan sampah di Desa Sidomulyo adalah sebagai berikut:

Pelindung

  • Kepala Desa

Penanggung Jawab

  • Ketua Karang Taruna Desa Sidomulyo

Ketua

  • Niken Anis

Wakil Ketua:

  • Dian Angga Putra

Sekretaris:

  • Wahyu Pradana

Bendahara:

  1. Anggi Widya
  2. Sofia Ainiyah

Seksi – Seksi

1. Seksi Acara: M. Syaiful Huda

2. Seksi Humas dan Publikasi: Ahmad Saiful Mujib

3. Seksi Konsumsi: Nisaul Falah

4. Seksi Perlengkapan: Puguh

5. Seksi Dekorasi Dokumentasi: Muwafi Nur Huda

6. Seksi Keamanan: Angga Saputra

F. Anggaran Kegiatan

untuk menunjang kegiatan bersih desa dan juga lomba pendaur ulangan sampah di Desa Sidomulyo maka setidaknya dibutuhkan pembiayaan.

Pembiayaan ini dimaksudkan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan meriah.

Adapun anggaran kegiatan ini sebesar Rp. 10.750.000 dengan rincian sebagai berikut:

Kegiatan ini mendapatkan dana dari sebagai berikut.

Rincian Pemasukan

Kas Karang Taruna Desa Sidomulyo : Rp. 4.000.000

Dana iuran sukarela dari warga Desa Sidomulyo : Rp. 5.000.000

Sumbangan lain yang tidak mengikat : Rp. 2.000.000

Total : Rp. 11.000.000

Biaya Pengeluaran

  1. Kesekretariatan
    • ATK: Rp. 700.000
  1. Acara
    • Honorarium Dewan Juri (3 orang) : Rp. 900.000
  1. Konsumsi
    1. Snack: Rp. 2.000.000
    2. makan tamu undangan (30 orang) : Rp 20.000 x 30 = Rp 600.000
  1. Humas dan Publikasi
    • Transport: Rp. 150.000
    • Brosur : Rp. 250.000
    • Banner publikasi (3 buah) : Rp 60.000 x 3 = Rp. 180.000
  1. Perlengkapan
    1. Panggung : Rp. 700.000
    2. Sound system : Rp. 1.500.000
  1. Dekorasi Dokumentasi
    1. Banner acara : Rp. 250.000
    2. Sewa Foto dan Video: Rp. 1.250.000 
  1. Keamanan
    • Barikade (pagar pembatas) : Rp. 700.000
  1. Hadiah Lomba
    1. Piala 1 set: Rp. 350.00
    2. Cinderamata pemenang lomba: Rp 520.000
  1. Lain-lain : Rp. 700.000

Total : Rp. 10.750.000

G. Penutup

Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga acara ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Atas bantuan dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.

Sidomulyo, 5 Mei 2020

Proposal Kegiatan Bersih Desa dan Pendaur Ulang Sampah Desa Sidomulyo 

 

Niken Anis

Ketua

Wahyu Pradana

Sekretaris

 

Mengetahui

 

Reza Surya

Ketua Karang Taruna

Itu tadi contoh proposal kegiatan desa yang bisa dijadikan acuan. Bagaimana teman-teman tertarik ?

Atau mungkin teman-teman punya contoh proposal kegiatan lainnya? Yuk saling berbagi teman-teman.

Penting Banget: Contoh Surat Keterangan Kerja yang Benar

3. Contoh Proposal Kegiatan Kampus

Format Contoh Proposal Kegiatan Kampus - Bosmeal.com
Gambar Contoh Proposal Kegiatan Kampus PDF

Dunia perkuliahan memang penuh tantangan. Dalam perkuliahan tidak hanya diajarkan tentang mata kuliah, tetapi juga bagaimana membangun sebuah jaringan dan juga ruang kebebasan berekspresi. 

Kebebasan dalam berekspresi itu bisa diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang bisa dirasakan oleh banyak orang, seperti contoh kegiatan kampus lomba menulis essay.

Berikut ini contoh proposal kegiatan kampus:

Proposal Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Indonesia ditetapkan oleh BNN sebagai darurat narkoba. Gerakan islam radikal pun tidak bisa dipandang sebelah mata, dikarenakan mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Salah satu indikasinya adalah gerakan- gerakan yang ingin mendirikan khilafah islamiyah.

Tradisi baca dan tulis menulis pun di lingkungan kampus STAI Khozinatul Ulum masih relatif rendah.

Karena itu perlu dicarikan stimulus agar minat baca dan tulis menulis mengalami sedikit perkembangan.

Dalam menumbuhkan  minat baca dan tulis menulis kepada Mahasiswa, perlu diadakan sebuah kegiatan yang dapat memancing minat baca dan kreativitas menulis para Mahasiswa.

Salah satunya dengan mengadakan acara lomba penulisan essay. Maka dari itu kami anggap penting kegiatan ini.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan lomba essay tingkat internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora adalah untuk meningkatkan minat membaca dan kreativitas menulis mahasiswa di tingkatan internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora

Isi Proposal

A. Nama Kegiatan

adapun nama kegiatan ini adalah Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora dengan mengambil tema kegiatan “Menulis membuka Jendela Dunia”.

Tema ini memiliki harapan agar para mahasiswa di STAI Khozinatul Ulum semakin mengembangkan minat baca yang kemudian bisa dituangkan dalam sebuah karya ilmiah.

B. Tema Lomba

Tema Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora yaitu:

  1. Indonesia Darurat Narkoba
  2. Terorisme/ Islam Radikal/ Radikalisme di Indonesia

C. Waktu dan Tempat

  1. Waktu pengumpulan terakhir naskah Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora pada tanggal 23 Februari 2019
  2. Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora bertempat di Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora.

D. Peserta

Adapun peserta dalam Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora adalah Mahasiswa STAI Khozinatul Ulum Blora.

E. Susunan Panitia

Adapun kepanitiaan ini langsung dipegang oleh Departemen Komunikasi Informasi Dan Pers BEM STAI Khozinatul Ulum Blora dengan susunan anggota sebagai berikut:

  1. Siti Iklima (Koordinator)
  2. Nurul Munjiah (Bendahara)
  3. Siti Musyarofah (Anggota)
  4. Nur Rohmad (Anggota)

F. Kebutuhan Lomba

Adapun kebutuhan Lomba Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora terlampir.

G. Penutup

Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya dalam Lomba Essay Tingkat Internal Kampus STAI Khozinatul Ulum Blora.

Selanjutnya kami ucapkan banyak terima kasih atas semua pihak yang membantu terlaksananya Lomba essay tingkat internal kampus STAI Khozinatul Ulum Blora.

 

Blora, 4 Februari 2019

 

Siti Iklima

Departemen Komunikasi Informasi Dan Pers

Abdul Wahab

Presiden BEM

 

Mengetahui,

 

Yunus Bakhtiar R, M.S.I

Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan

Lampiran Kebutuhan Lomba

No Jenis Kebutuhan Satuan Harga Jumlah

1. Hadiah Lomba  

  1. Juara I : Rp. 100.000 
  2. Juara II : Rp. 75.000 
  3. Juara III : Rp. 50.000

2.  Kertas sertifikat (3 lembar) : 3 x Rp. 2.000 = Rp. 6.000 

  Jumlah : Rp. 231.000

 

Siti Iklima

Departemen Komunikasi Informasi Dan Pers

Nani Vidiya Wati

Bendahara BEM

Itulah salah satu contoh kegiatan kampus lomba essay. Dengan banyaknya kegiatan postif, akan membuat kita semakin berkembang. Selamat melakukan aktivitas ya.

4. Contoh Proposal Kegiatan Pramuka

Format Contoh Proposal Kegiatan Pramuka - Bosmeal.com
Membuat Contoh Proposal Kegiatan Pramuka PDF

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan di sekolah.

Walaupun merupakan kegiatan ekstra, nyatanya pramuka memiliki banyak peminat dan juga manfaat.

Agar pramuka bisa tetap eksis, salah satunya adalah dengan melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan itu bisa berbagai macam hal, salah satunya adalah perkemahan.

Untuk membuat kegiatan sendiri, langkah yang paling awal dilakukan adalah menuliskan ide atau konsep kegiatan dalam bentuk proposal.

Buat teman-teman yang masih kebingungan bagaimana proposal kegiatan pramuka, berikut ini ada contoh proposal kegiatan pramuka perkemahan yang bisa dijadikan referensi.

Proposal Perkemahan Penggalang Dalam Rangka Pelatihan dan Evaluasi Kenaikan Tingkat

A. Latar Belakang

Pramuka merupakan suatu organisasi ekstra yang diselenggarakan beriringan dengan pendidikan kepanduan di indonesia.

Perlu diketahui bersama jika dalam pramuka memiliki tingkatan-tingkatan mulai dari tingkat siaga, penggalang, penegak, Bantara, laksana.

Adapun tujuan dari pramuka sendiri adalah untuk mempersiapkan diri serta ikut serta dalam membangun Indonesia dengan cara melatih kedisiplinan,  kreativitas, mandiri dan juga kerja sama.

Pramuka sendiri sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan suatu pelatihan dini atau di tingkat penggalang agar visi misi tersebut bisa menjadi lebih optimal.

Hal ini karena pelatihan dini merupakan salah satu upaya yang efektif dalam membangun karakter – karakter yang cerdas, peduli terhadap sesama, lingkungan serta rasa nasionalisme dan patriotisme yang ada.

Agar usaha tersebut dapat tercapai, dibutuhkan tekad dan juga kegiatan yang menarik, bermutu, serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan peserta didik untuk naik ke tingkat selanjutnya.

Adapun kegiatan itu adalah dengan  Menyelenggarakan “Perkemahan penggalangan”

B. Dasar Pemikiran

Adapun yang mendasari kegiatan perkemahan penggalangan ini adalah:

  1. Program Kerja Penggalang Tahun 2019/2020.
  2. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 4 tentang tugas pokok Gerakan Pramuka yang berbunyi “Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik”.
  3. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 5 tentang fungsi Gerakan Pramuka yang berbunyi “Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga sebagai wadah pembinaan serta pengembangan kaum muda dilandasi Sistem Among, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan”. 
  4. Sebagai bahan evaluasi pramuka penggalang dalam mempersiapkan diri untuk masuk ke tingkat selanjutnya.

C. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakannya perkemahan penggalangan inji adalah:

  1. Untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam diri anggota pramuka.
  2. Agar anggota pramuka dapat berperan aktif dalam mencintai organisasi Kepanduan (Kepramukaan). 
  3. Untuk menjalin persahabatan sesama anggota Pramuka. 
  4. Sebagai sarana untuk menumbuhkan kreativitas anggota di bidang Kepramukaan. 
  5. Untuk menambah serta meningkatkan wawasan para anggota tentang Kepramukaan.
  6. Sebagai pengembangan serta membina minat, bakat dan kemampuan anggota Pramuka. 
  7. Untuk mengenalkan anggota Pramuka terhadap lingkungan, ikut memelihara, menjaga, serta melestarikan lingkungan alam sekitarnya.
  8. Sebagai sarana untuk meningkatkan anggota Pramuka yang disiplin, mandiri dan selalu berpikiran positif.
  9. Untuk menciptakan anggota Pramuka yang berdasarkan dasa darma dan Trisatya.
  10. Untuk menumbuhkan mental dan fisik anggota Pramuka yang baik.

D.  Tema Kegiatan  

Adapun tema kegiatan ini adalah Melalui perkemahan mari wujudkan pramuka yang kompetitif dan kreatif.

Harapan yang dituju dari tema ini adalah untuk terbentuknya anggota pramuka yang benar-benar menguasai kepramukaan tingkat penggalang serta Melatih dan mengevaluasi dalam kenaikan tingkat selanjutnya.

E. Waktu Dan Tempat Kegiatan

Agar kegiatan perkemahan berjalan dengan maksimal maka kegiatan ini dilakukan dengan rincian waktu dan tempat sebagai berikut:

Hari / Tanggal : Sabtu – Minggu, 18 – 19 Juli 2020

Tempat / rute : Lapangan Krida Loka

F. Peserta

Untuk peserta kegiatan ini merupakan seluruh anggota Pramuka Penggalang SMP Islam Al Banjari Blora beserta segenap pengurus OSIS

G. Susunan Panitia  

Agar acara kegiatan perkemahan dapat berjalan dengan lancar, setidaknya dibutuhkan susunan kepanitiaan sebagai berikut:

Penanggung Jawab: M. Amin, S.Ag.

Ketua Pelaksana: M. Imanan

Wakil Ketua: M. Nur Rohim

Sekretaris: Haris Setiawan

Bendahara: Siti Nur Azizah

Koordinator Seksi Acara:

    1. Muhammad Mahfudz
    2. Ahmad Dimyati

Seksi Konsumsi: Nur Istiana

Seksi Keamanan: Denny Indrayana

H. Susunan Acara

Untuk memperlancar kegiatan perkemahan dibutuhkan susunan acara yang terperinci. Adapun susunan acara perkemahan adalah sebagai berikut:

Sabtu, 18 Juli 2020

  1. 12.00 – 13.30 Registrasi Peserta
  2. 13.30 – 15.00 Persiapan dan Pemberangkatan
  3. 15.00 – 15.30 Sholat Ashar
  4. 15.30 – 17.00 Pembukaan acara
  5. 17.00 – 19.30 ISHOMA
  6. 19.30 – 22.00 Sharing dan Ramah tamah
  7. 22.00 – 04.00 Berselancar ke Pulau Kapas

Minggu, 19 Juli 2020

  1. 04.00 – 05.00 Sholat Subuh
  2. 05.00 – 06.30 Sarapan
  3. 06.30 – 08.00 Bersih-bersih
  4. 08.00 – 09.00 Senam bugar
  5. 09.00 – 13.00 Hiking
  6. 13.00 – 15.00 ISHOMA
  7. 15.00 – 17.00 Materi
  8. 17.00 – 19.30 ISHOMA
  9. 19.30 – 22.00 Games
  10. 22.00 Sayonara           

I. Rencana Anggaran Belanja

Untuk menunjang kegiatan perkemahan maka setidaknya dibutuhkan dana kegiatan atau anggaran belanja.

Adapun rencana anggaran belanja ini sebesar Rp. 1.600.000 dengan rincian sebagai berikut:

  1. ATK Rp 450.000
  2. Transportasi Rp. 300.000
  3. Konsumsi Panitia 2 hari Rp. 250.000
  4. Beli bahan makanan (Sayur + Bumbu) Rp. 350.000
  5. Lain-lain Rp. 250.000

Jumlah Rp. 1.600.000

 J. Penutup 

Demikian proposal ini disusun agar menjadi pertimbangan pihak sekolah untuk menjadi sebuah gambaran kegiatan.

Dengan adanya proposal ini kami berharap pihak sekolah, terlebih kepala sekolah memberikan izin kegiatan perkemahan, pelatihan serta evaluasi dalam Kenaikan tingkat selanjutnya.

Kami pun mengharapkan bantuan serta partisipasi dari semua pihak yang terkait untuk menunjang suksesnya kegiatan ini sesuai dengan harapan semoga rencana ini dapat terlaksana dengan baik dan hasil yang sebagaimana mestinya. 

Selanjutnya kami pun memohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam penyusunan proposal ini.

Kemudian atas dukungan dari berbagai pihak sangat kami harapkan kedepannya.

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Blora, 1 Juni 2020

Pembina Pramuka

 

Amin, S.Ag

 Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

Salim Kasmani, M.S.I

Waka Kesiswaan

 

Ali Mahmudi S.Pd

Nah itulah contoh proposal kegiatan pramuka yang bisa dijadikan acuan. Selamat berkegiatan teman-teman anggota pramuka.

5. Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus Di Masyarakat

Format Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus - Bosmeal.com
Membuat Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustusan di Masyarakat

Sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap hari Kemerdekaan atau 17 Agustus selalu diadakan berbagai kegiatan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dan juga untuk mengisi kemerdekaan.

Ketika mengadakan sebuah kegiatan pastinya diharapkan semua itu berjalan dengan maksimal. Nah agar kegiatan berjalan maksimal dibutuhkan yang namanya proposal.

Buat yang masih bingung bagaimana bentuk proposalnya, berikut ini contoh proposal kegiatan 17 Agustus di Masyarakat yang bisa dijadikan referensi.

Proposal Kegiatan 17 Agustus 2019 Desa Kapuan

A. Latar Belakang

17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena pada tanggal tersebut merupakan hari kemerdekaan negara Indonesia.

Guna memperingati hari kemerdekaan Indonesia, sudah sewajarnya bagi bangsa Indonesia untuk memperingatinya.

Peringatan hari kemerdekaan itu bukan semata untuk bersenang-senang, tetapi mengucapkan syukur dan mengenang perjuangan bangsa.

Butuh perjuangan yang luar biasa untuk bisa memperoleh kemerdekaan Negara. Ada jasa para pahlawan yang rela berkorban baik jiwa raga maupun harta. 

Maka dari itu kita sebagai warga negara berkewajiban untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Dalam meneruskan perjuangan tersebut dengan cara mengisi kemerdekaan yang sudah dicapai dengan hal-hal yang berguna. 

Untuk mengisi kemerdekaan yang sudah tercapai, kita masyarakat Desa Kapuan pun juga turut berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan.

Bentuk atau cara dalam mengisi kemerdekaan bagi kita masyarakat desa Kapuan adalah dengan cara melakukan tasyakuran dan juga berbagai kegiatan lomba. 

Kegiatan-kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita semua.

Maka dari itu kami sebagai panitia kegiatan perayaan 17 Agustus 2019 akan mengadakan tasyakuran dan juga Lomba – lomba bagi bagi masyarakat Desa Kapuan dengan semangat “Menuju Indonesia Maju”.

B. Landasan Kegiatan

Dalam melaksanakan kegiatan peringatan 17 Agustus 2019 di Desa kapuan kami panitia menggunakan landasan kegiatan sebagai berikut:

  1. UUD 1945
  2. Pancasila
  3. Hasil Kesepakatan musyawarah masyarakat Desa Kapuan pada 25 April 2019.

C. Nama dan Tema Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah tasyakuran dan lomba dalam memperingati HUT Republik Indonesia yang ke 74 dengan tema “Menuju Indonesia Maju”.

D. Maksud dan Tujuan kegiatan

Adapun maksud dari diadakannya kegiatan peringatan 17 Agustus 2019 ini adalah 

  1. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita
  2. Sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang sudah didapatkan bangsa Indonesia

Sementara tujuan dari diadakannya peringatan 17 Agustus 2019 ini adalah

  1. Untuk mengajak warga Desa kapuan dalam memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.
  2. Sebagai sarana untuk memupuk rasa cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia
  3. Untuk tetap menjaga silaturahmi antar sesama warga masyarakat Desa Kapuan.
  4. Menumbuhkan rasa sportivitas pada masyarakat Desa Kapuan dalam mengikuti lomba.
  5. Untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, persatuan serta kesatuan terhadap masyarakat di Desa Kapuan

E. Bentuk Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam memperingati HUT RI yang ke 74. Kami selaku panitia pelaksana kegiatan akan mengadakan tasyakuran dan beberapa lomba untuk anak- anak juga ibu- ibu.

Adapun lomba yang akan diadakan nanti adalah sebagai berikut:

Lomba anak – anak kategori individu

  1. Lomba balap kelereng
  2. Lomba balap karung
  3. Lomba pukul air
  4. Lomba makan kerupuk
  5. Lomba pecah balon
  6. Lomba memasukkan paku dalam botol

Lomba anak – anak kategori kelompok

  1. Lomba bakiak
  2. Lomba futsal

Lomba kategori ibu- ibu

  1. Makan kerupuk
  2. Tarik tambang

F. Waktu dan Pelaksanaan Kegiatan

Untuk kegiatan tasyakuran dan lomba peringatan 17 Agustus 2019 akan diadakan pada:

Hari : Jum’at s/d Minggu

Tanggal : 16 s/d 18 Agustus 2019

Tempat : lapangan desa Kapuan

G. Susunan Panitia

Pelindung : Kepala Desa Kapuan

Penanggung Jawab : Karang taruna Desa Kapuan

Ketua Panitia : Roziqin

Wakil Ketua : Maria Ulfa

Sekretaris : Rohana

Bendahara : Gita Aprilia

Seksi Acara:

    1. Nur Alimin
    2. Nila Aprilia

Seksi Perlengkapan:

    1. Ahmad Faizin
    2. Ahmad Rifa’i

Seksi Dokumentasi :

    1. Maftuh
    2. Saifullah

Sie konsumsi:

    1. Nadia
    2. Anung fitriana

H. Rincian Estimasi Biaya Kegiatan

Untuk menunjang kegiatan tasyakuran dan lomba dalam rangka peringatan 17 Agustus 2019 maka setidaknya dibutuhkan dana kegiatan atau anggaran belanja kegiatan.

Adapun rencana anggaran belanja kegiatan ini sebesar Rp. 2.340.000 dengan rincian sebagai berikut:

  1. ATK : Rp 350.000
  2. Tumpengan: Rp 750.000
  3. Bakiak (6 pasang) : 6 x Rp 6.000 = Rp 60.000
  4. Kerupuk (500 biji) : 500 x Rp 100 = Rp 50.000
  5. Balon (50 buah) : 50 x Rp 400 = Rp 20.000
  6. Karung (10 buah) : 10 x Rp 2.000 = Rp 20.000
  7. Kertas kado (5 buah) : 5 x Rp 1.000 = Rp 5.000
  8. Tali tambang (1 buah) : Rp 20.000
  9. Benang/ tali (1 roll) : Rp 5.000
  10. Hadiah : Rp 1.500.000
  11. konsumsi panitia & juri : Rp 200.000
  12. Kelereng (2 pack) : 2 x Rp 5.000 = Rp 10.000
  13. Lain-lain : Rp 100.000

Jumlah Rp 2.340.000

I. Peserta Kegiatan

Untuk peserta kegiatan tasyakuran dan lomba – lomba dalam rangka peringatan 17 Agustus 2019 diikuti oleh warga masyarakat Desa Kapuan.

Sementara lomba-lomba diikuti oleh anak- anak dan juga ibu- ibu dengan cara mendaftar ke panitia pelaksana kegiatan Lomba dan diharap mengikuti alur pendaftaran yang sudah ditentukan.

J. Manual Acara Kegiatan

adapun untuk manual Acara kegiatan tasyakuran dan lomba – lomba dalam rangka peringatan 17 Agustus 2019 sebagai berikut:

Jum’at 16 Agustus 2019

18.30 – 19.30 Doa bersama menyambut hari kemerdekaan

19.30 – 20.00 Persiapan nonton film bersama

20.00 – Selesai Nonton Film Soekarno : Indonesia Merdeka

Sabtu 17 Agustus 2019

07.00 – 09.00 Upacara Kemerdekaan

09.00 – 10.00 Pendaftaran Lomba

10.00 – 17.00 Lomba kategori anak-anak 

Minggu 18 Agustus 2019

07.00 – 08.00 Bersih Desa

08.00 – 17.00 Lanjutan Lomba anak-anak disambung lomba ibu-ibu

17.00 – 18.30 ISHOMA

18.30 – 19.30 Penyerahan hadiah pemenang lomba 

19.30 – Selesai dan Penutupan 

K. Penutup

Demikianlah proposal tasyakuran dan Lomba dalam rangka memperingati 17 Agustus 2019 ini kami buat untuk diajukan agar bisa menjadi bahan pertimbangan dan. Atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Blora, 10 Juli 2019

Mengetahui,

Panitia Tasyakuran dan Lomba Dalam Rangka Memperingati 17 Agustus 2019

 

Roziqin

Ketua 

Rohana

Sekretaris

Kepala Desa Kapuan

Sunyoto

Nah itu tadi contoh proposal 17 Agustusan yang bisa kita jadikan pedoman.

Bagaimana teman-teman dengan contoh proposal kegiatan 17 Agustusan di atas? Mudah bukan.

6. Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni

Membuat Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni - Bosmeal.com
Gambar Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni PDF

Buat teman-teman yang masih kebingungan ketika membuat pentas seni di sekolah, terlebih dahulu teman-teman harus membuat proposal. Proposal ini berguna sebagai bahan pertimbangan izin dan gambaran kegiatan yang ada.

Buat yang masih bingung, teman-teman bisa melihat contoh proposal kegiatan yang sudah ada.

Selain itu juga teman -teman bisa melihat contoh proposal kegiatan pentas seni dalam rangka perpisahan siswa siswi kelas XII SMK Muhammadiyah Malang berikut:

Proposal Pelaksanaan Pentas Seni (Pensi) dalam Rangka Perpisahan Siswa-Siswi Kelas Xii SMK Muhammadiyah Malang

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Masa kelulusan bagi siswa siswi kelas XII memang merupakan moment yang sangat ditunggu – tunggu. Setelah berjuang dalam kelas selama kelas X sampai dengan XII akhirnya tiba saatnya merayakan kelulusan.

Moment kelulusan yang sudah ditunggu – tunggu haruslah dilakukan dengan cara yang baik. Cara yang baik dalam merayakan kelulusan itu dengan cara mengembangkan kreativitas kesenian para siswa.

Seni sendiri merupakan salah satu kreatifitas yang patutnya dikembangkan lebih jauh lagi. Adapun salah satu cara untuk mengembaangkan kesenian adalah dengan melalui Pentas Seni.

Untuk melancarkan kegiatan maka OSIS SMK Muhammadiyah Malang akan mengadakan pentas seni yang melibatkan berbagai macam siswa di setiap kelasnya.

pentas seni ini  dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan apresiasi siswa dalam dunia seni dan juga melatih rasa percaya diri yang masih sangat kurang.

Pentas seni ini juga menjadi ajang hiburan bagi siswa yang sebentar lagi akan siap menjalani ujian semester.

Yang lebih penting lagi, kegiatan pentas seni ini ditujukan kepada kelas XII SMK Muhammadiyah Malang yang akan merayakan kelulusannya. Maka dari itulah, OSIS SMK  merasa perlu untuk mengadakan acara ini dengan tema “Parade Seni Budaya”

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan acara kegiatan Pentas seni ini adalah :

  1. Untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama siswa dan siswi dan alumni SMK Muhammadiyah Malang.
  2. Sebagai sarana untuk memupuk semangat bekerja sama dalam satu tujuan baik dalam lingkup sekolah maupun masyarakat.
  3. Untuk meningkatkan kreativitas siswa SMK Muhammadiyah Malang terutama dalam bidang seni
  4. Sebagai sarana hiburan bagi siswa SMK Muhammadiyah Malang.

Isi Proposal

A. Tema

Adapun nama kegiatan ini adalah pelaksanaan pentas seni (pensi) dalam rangka perpisahan siswa-siswi kelas XII SMK Muhammadiyah Malang dengan tema “Parade Seni Budaya” 

B. Macam-macam Kegiatan

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu:

  1. Pentas Drama
  2. Tari Budaya Nusantara
  3. Band

C. Peserta

Untuk peserta kegiatan kali ini adalah para siswa SMK Muhammadiyah Malang mulai kels X sampai kelas XII.

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pelaksanaan pentas seni (pensi) dalam rangka perpisahan siswa-siswi kelas XII SMK Muhammadiyah Malang ini adalah:

  • Hari dan Tanggal : Sabtu, 18 Mei 2019
  • Pukul : 12.30 – 22.30
  • Tempat : Halaman SMK Muhammadiyah Malang

E. Susunan Acara Kegiatan

Adapun kegiatan yang akan berjalan adalah sebagai berikut:

Sabtu 18 Mei 2019

12.30 – 13.30 Registrasi Peserta

13.30 – 14.30 Opening Ceremony

14.30 – 15.00 Persiapan Pensi

15.00 – 17.00 Pentas Drama

17.00 – 18.30 ISHOMA

18.30 – 20.30 Tari Budaya Nusantara

20.30 – 22.00 Pentas Band

22.00 – 22.30 Penutupan Kegiatan 

F. Susunan Kepanitian

Adapun susunan panitia yang akan berjalan pada kegiatan kali ini adalah sebagai berikut:

Pelindung: H. M. Ridwan M.pd (Kepala Sekolah)

Pengarah: Sutrisno, S.Pd

Penanggung Jawab: Imam Asnawi (Ketua OSIS)

Ketua Panitia: Ahmad Heriyanto

Sekretaris: Afiyatus Zuhriyah

Bendahara: Yuliana Suryantik

Seksi acara:

    1. Siti Mustafidah
    2. Imam jauhari

Seksi Humas:

    1. M. Amin
    2. Soim Daiman

Seksi Keamanan:

    1. Aribowo
    2. Imam Bustomi

Seksi Dekorasi dan Dokumentasi:

    1. Ahmad Syadzili
    2. Zaini Maftukhin

Seksi Konsumsi :

    1. Ratna Ayu Ningtyas
    2. Umi Nadzifa

Seksi Perlengkapan :

    1. Ahmad Faizin
    2. Imam Anshori

G. Anggaran Dana

Untuk menunjang kegiatan pelaksanaan pentas seni (pensi) dalam rangka perpisahan siswa-siswi kelas XII SMK Muhammadiyah Malang maka setidaknya dibutuhkan dana kegiatan atau anggaran belanja kegiatan.

Adapun rencana anggaran belanja kegiatan ini sebesar Rp. 10.150.000 dengan rincian sebagai berikut:

Rincian Pemasukan

  1. Dana kas sekolah: Rp. 750.000
  2. Partisipasi siswa: Rp. 1.500.000
  3. Dana sponsor Utama: Rp. 4.500.000
  4. Sumbangan tidak mengikat: Rp. 3.000.000
  5. Dana partisipasi guru: Rp. 500.000

Total: Rp. 10.250.000

Rincian Pengeluaran

1. Sekretaris

    • ATK : Rp 750.000

2. Seksi Humas

    • Transport : Rp. 300.000

3. Seksi Keamanan

    • Penataan Parkir : Rp. 150.000

4. Seksi Dekorasi dan Dokumentasi

    1. Desain dan Penataan Panggung: Rp. 450.000
    2. Sewa Foto dan Video : Rp. 1.000.000
    3. Banner Panggung: Rp. 200.000

5. Seksi Konsumsi

    1. Makan Panitia : Rp. 300.000
    2. Makan Peserta : Rp. 1.500.000
    3. Makan Guru dan Tamu Undangan : Rp. 750.000 

6. Seksi Perlengkapan

    1. Sewa Panggung : Rp. 1.250.000
    2. Sewa Sound System : Rp. 1.500.000
    3. Lampu sorot : Rp. 700.000
    4. Sewa kostum dan  Alat Musik: Rp. 1.300.000

Total: Rp. 10.150.000

H. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Kami mengharapkan dukungan juga partisipasi dari berbagai pihak agar kegiatan ini nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

 

Disahkan

Malang, 5 April 2019

 

Panitia Pelaksana Kegiatan Pelaksanaan Pentas Seni (Pensi) Dalam Rangka Perpisahan Siswa-siswi Kelas XII SMK Muhammadiyah Malang

 

Ahmad Heriyanto

Ketua

Afiyatus Zuhriyah

Sekretaris

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Malang

 

M. Ridwan M.pd

Bagaimana teman-teman contoh proposal kegiatan di atas? Cukup mudah bukan cara membuatnya.

7. Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial

Format Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial - Bosmeal.com
Membuat Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial

Seperti halnya ketika hendak membuat kegiatan bakti sosial maka langkah pertama yang harus teman-teman tempuh adalah sesegera mungkin menyusun proposal. 

Bila teman-teman masih kebingungan dengan cara membuat proposalnya, yuk simak contoh proposal kegiatan bakti sosial tentang santunan anak yatim desa Harjowinangun berikut ini:

Proposal Kegiatan Bakti Sosial Menyambut Bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun

A. Latar Belakang

Bulan puasa sebentar lagi tiba. Banyak orang yang begitu mengharapkan datangnya bulan puasa. Bulan puasa atau yang juga dikenal dengan bulan Ramadhan merupakan bulan yang begitu dinantikan oleh masyarakat Muslim. 

Pada bulan yang begitu mulia ini merupakan bulan untuk setiap muslim berpuasa. Selain itu juga pada bulan dimana al-Qur’an diturunkan.

Bulan puasa merupakan bulan kemenangan bagi setiap muslim, dimana setiap amal perbuatan dilipat gandakan pahalanya.

Segala sesuatu yang kita kerjakan seperti nafas, berdzikir, bahkan tidur pun bagi orang yang berpuasa akan dinilai ibadah dan mendapatkan pahala yang luar biasa.

Kita sebagai seorang muslim harus mengerti dan memahami setiap keutamaan yang ada dalam bulan puasa. Bulan puasa menjadi kesempatan bagi kita untuk terus meningkat kan amal ibadah dan ketakwaan kita kepada Allah swt.

Salah satu cara untuk meningkatkan ibadah dan ketakwaan itu adalah dengan cara meningkatkan untuk bersedekah.

Untuk itulah kami dari karang taruna desa Harjowinangun mengajak kepada setiap orang untuk bersedekah guna menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

Selain itu juga, ikut merasakan penderitaan saudara kita yang kurang beruntung dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 

B. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah Bakti Sosial Desa Harjowinangun dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2019 dengan tema “Sucikan Diri dengan Berbagi, Pererat Silaturahim”.

C. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun adalah:

  1. Melaksanakan program kerja karang taruna Desa Harjowinangun.
  2. Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap anak yatim dan lansia Desa Harjowinangun.
  3. Sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahim antar sesama warga masyarakat Desa Harjowinangun.
  4. Untuk menambah amal ibadah dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt.
  5. Menambah amal ibadah.

D. Pelaksanaan Kegiatan

Waktu pelaksanaan kegiatan bakti sosial menyambut Bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun pada:

Hari dan Tanggal : Sabtu – Minggu, 4 – 5 Mei 2019 

Tempat : Pendopo Desa Harjowinangun 

E. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun yang akan berjalan adalah sebagai berikut:

  1. Santunan Yatim Piatu
  2. Santunan Lanjut Usia
  3. Training Motivasi

Rincian bentuk kegiatan terlampir.

F. Manfaat Kegiatan

Adapun manfaat kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun yang akan berjalan adalah sebagai berikut:

  1. Agar orang-orang di sekitar kita merasa terbantu dengan uluran tangan kita
  2. Untuk menumbuhkan kepedulian kita terhadap sesama manusia.
  3. Agar jalinan silaturahim kita semakin terjaga.

G. Sasaran Kegiatan

Adapun sasaran kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun yang akan berjalan adalah sebagai berikut:

  1. Anak yatim/piatu/yatim piatu usia SD dan SMP Desa Harjowinangun.
  2. Orang tua lanjut usia Desa Harjowinangun
  3. Para anak-anak sekolah SD sampai SMP

H. Susunan Acara

Adapun susunan acara kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun yang akan berjalan terlampir.

I. Susunan Panitia

Adapun susunan panitia kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun yang akan berjalan terlampir.

J. Rencana Anggaran

Adapun rencana anggaran belanja kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun yang akan berjalan terlampir.

K. Penutup

Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebagaimana mestinya untuk disampaikan dan menjadi pertimbangan banyak pihak yang berkepentingan di dalamnya.

Semoga dengan adanya proposal ini dapat memberikan gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun 2019.

Kami pun sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Atas perhatian dan dukungannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Harjowinangun, 5 April 2019

 

Proposal Kegiatan Bakti Sosial Menyambut Bulan Ramadhan 2019 Desa Harjowinangun

Slamet Riyadi

Ketua

Fitri Nur Jannah

Sekretaris

Mengetahui,

Kepala Desa Harjowinangun

 

M. Ridwan M.pd

Lampiran I Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk acara kegiatan bakti sosial menyambut bulan suci Ramadhan 2019 adalah:

  1. Santunan Anak Yatim/Piatu/ Yatim dan Piatu Se-Desa Harjowinangun
    • Santunan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap anak-anak yatim/piatu/yatim piatu agar beban mereka bisa sedikit lebih ringan dan dapat menunjang kegiatan belajar mereka agar lebih giat dan rajin belajar.
    • Untuk pemberian santunan itu berupa: Peralatan sekolah (tas, buku, sepatu, dll)
    • Untuk penyerahan santunan akan diberikan sebelum kegiatan training motivasi di hari pertama kegiatan.
  1. Santunan Kepada Orang-orang Lanjut Usia Desa Harjowinangun
    • Adapun santunan kepada orang-orang lanjut usia ini memiliki tujuan untuk meringankan beban hidup mereka di masa tuanya.
    • Adapun bentuk bantuan ini berupa paket sembako untuk kebutuhan sehari-hari seperti beras, mie instan, gula, teh, dll.
    • Untuk penyerahan santuan sendiri akan diantarkan langsung ke rumah masing-masing penerima.
  1. Training Motivasi 

Adapun kegiatan selanjutnya adalah training motivasi yang ditujukan kepada anak-anak mulai SD sampai dengan SMP.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat belajar anak-anak agar mencari ilmu setinggi tingginya. 

Lampiran II Susunan Acara 

Adapun lampiran selanjutnya adalah susunan acara kegiatan bakti sosial menyambut bulan suci Ramadhan sebagai berikut:

Sabtu 4 Mei 2019

08.00 – 09.00 Registrasi peserta

09.00 – 10.00 Opening ceremony 

10.00 – 11.00 Penyerahan santuan 

11.00 – 12.00 Training Motivasi season I

12.00 13.00 ISHOMA

13.00 – 15.00 Training Motivasi season 2

15.00 – 15.30 Penutupan acara

Minggu 5 Mei 2019

08.00 – 12.00 Penyerahan paket sembako kepada lanjut usia

Lampiran III Susunan Panitia

Susunan panitia kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan adalah:

Penanggung Jawab:

  • Sukirno selaku Kepala Desa Harjowinangun

Penasehat:

  • Agus Susanto, S.Pd.I  selaku Ketua Karang Taruna Desa Harjowinangun

Ketua Pelaksana:

  • Slamet Riyadi

Wakil Ketua:

  • Anung Fitriana

Sekretaris:

  • Fitri Nur Jannah

Bendahara:

  1. Hanifah Rizki Palupi
  2. Siti  Purwanti

Seksi-seksi

  1. Sie Acara:
    1. Istiqomah 
    2. Ninik Rahayu
  1. Seksi Humas:
    1. Dwi Saputro
    2. Eri Edi Setiawan
  1. Seksi Perlengkapan:
    1. Sutarto
    2. Panijan
  1. Seksi konsumsi:
    1. Eka Arumsari
    2. Fitri Wijayanti
  1. Seksi Dokumentasi:
    1. Taufikur Rahman
    2. Sigit Purwanto

Lampiran IV Rencana Anggaran Belanja

Rencana anggaran belanja kegiatan bakti sosial menyambut bulan Ramadhan adalah sebagai berikut

Pemasukan:

  • Kas Karang taruna : Rp. 3.000.000  

Pengeluaran

  1. ATK : Rp. 300.000
  2. Cetak proposal (10 jilid) : 10 x Rp. 10.000 = Rp. 100.000
  3. Santunan anak yatim piatu (30 Anak) : 30 x Rp 200.000 = Rp. 6.000.000
  4. Paket sembako lansia (50 orang) : 50 x Rp. 200.000 = Rp 10.000.000
  5. Cetak Banner dan pamflet : Rp. 500.000
  6. Honorarium Pemateri : Rp. 300.000
  7. Doorprize training motivasi : Rp. 200.000  
  8. Dokumentasi : Rp. 150.000
  9. Sewa soundsystem : Rp. 300.000  
  10. Transport pendistribusian paket sembako : Rp. 75.000
  11. Lain-lain : Rp 300.000  

Jumlah Pengeluaran : Rp. 18.225.000

Kekurangan Dana

  • Pengeluaran  : Rp. 18.225.000
  • Pemasukan   : Rp.    3.000.000
  • Total              : Rp. 15.225.000

Jumlah dana yg di butuhkan : Rp. 15.225.000

Nah itu tadi contoh proposal kegiatan lengkap yang bisa teman-teman coba. Selain kegiatan santuan, dalam bakti sosial teman-teman bisa juga membuat kegiatan pameran.

Untuk langkahnya sama, teman-teman harus membuat contoh proposal kegiatan pameran agar bisa mengurus izin dengan lebih mudah.

Selain contoh diatas, teman-teman juga bisa download contoh proposal kegiatan sekolah pdf dengan klik link yang tersedia. Jika teman-teman membuat contoh proposal kegiatan lengkap lain bisa share disini juga ya.

Yuk kita berbagi contoh proposal kegiatan kita.

Leave a Reply