Pesona Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna Malang Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Malang. Sebagaimana diketahui, Malang memang menjadi daerah tujuan wisata di Jawa Timur. Daerah ini memiliki Kota Batu dan apel sebagai ikon yang sangat terkenal. Namun, di samping itu, ada gugusan pantai yang indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dari namanya saja, kalian pasti sudah tahu bagaimana kondisi pantai ini, bukan? Ya, sesuai namanya, Pantai Tiga Warna Malang merupakan pantai yang memiliki 3 warna yang berbeda dan unik. Warna-warna pantai ini muncul karena perbedaan kedalaman yang ada.

Tiga warna ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak mengherankan jika grafik pengunjung selalu naik dari waktu ke waktu.

Lalu Pantai Tiga Warna Dimana? Bagaimana jalan menuju ke sana? Apakah benar harus reservasi terlebih dahulu? Lalu bagaimana cara bookingnya? Simak info selengkapnya di bawah ini.

Cara Booking atau Reservasi Pantai Tiga Warna di Malang

Pantai Tiga Warna Malang Cara Booking atau Reservasi Pantai Tiga Warna di Malang

Ciri khas dari Pantai Tiga Warna Malang 2017, 2019 karena adanya kesan air laut dengan 3 warna yakni biru, hijau, dan kuning. Munculnya perpaduan warna ini karena kedalaman yang berbeda serta banyaknya jumlah alga di dasar pantai.

Pantai ini tergolong baru dan mulai dipublikasikan sejak tahun 2014. Lokasinya masih satu wilayah dengan Pantai Clungup dan Pantai Gatra.

Ketiga pantai ini masih dalam satu bagian dari kawasan Clungup Mangrove Conservation. Karena dalam kawasan konservasi Mangrove, sehingga terdapat beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh pengunjung. 

Aturan kunjungan di Pantai Tiga Warna Malang booking maksimal 100 orang, serta ketika masuk harus melalui sistem reservasi atau booking terlebih dahulu. Bukan hanya itu saja, pengunjung wajib membawa kembali sampah dari makanan yang telah dibawa masuk guna menjaga kebersihan dan keasrian lokasi wisata.

Adapun untuk kalian yang ingin berwisata ke sini, maka harus melakukan booking terlebih dahulu. Adapun cara booking atau reservasi Pantai Tiga Warna Malang dengan menggunakan Format:

nama_tanggal kedatangan_nomorhandphone_jam kedatangan_jumlahpeserta Kirim ke 081333777659

keterangan

  • Karena lahan konservasi maka harus ada pemesanan kunjungan minimal 2 minggu sebelumnya
  • Tidak melayani pemesanan apabila sudah terpenuhi kuota 100 orang/hari 
  • Dibatasi hanya 2 jam sekali kunjungan
  • Lahan camping adalah Pantai Gatra

Seluruh kawasan Clungup Mangrove Conservation termasuk di dalamnya ada Pantai Tiga Warna, Clungup, Gatra, Sapana, Batu Pecah, dan Pantai Mini TUTUP KUNJUNGAN mulai tanggal 23 Desember 2022 – 2 Januari 2023 guna Pemulihan Ekologi dan Budaya Toleransi.

Aturan Kunjungan ke Pantai Tiga Warna Kab Malang

Pantai Tiga Warna Malang Aturan Pantai Tiga Warna

Adapun Aturan yang harus diketahui pengunjung yaitu:

  • Untuk berkunjung harus reservasi terlebih dahulu
  • Pengunjung harus didampingi oleh guide
  • Pengunjung dibatasi 100 orang perhari dengan lama kunjungan maksimal 2 jam
  • Pantai ini bisa dijangkau dengan jalan kaki selama 30 menit
  • Terumbu karang dan biota lautnya masih terjaga, sehingga pengunjung yang snorkeling harus memakai pelampung, guna menghindari menginjak terumbu karang
  • Setiap barang bawaan harus di cek dan sampah yang dihasilkan harus dibawa keluar lagi
  • Waktu Reservasi / Booking jam 08.00-16.00
  • Maximal 1 Reservasi / Booking 
  • 1 reservasi 1 rombongan
  • 10 orang / 1 rombongan
  • Mohon maaf tidak terima NEGOSIASI ketika kuota sudah penuh (full booked) untuk tanggal tertentu.
  • Tiket yang kalian bayar sebagai sebuah donasi untuk 1 bibit mangrove

Nah selain peraturan di atas, pada saat kalian sampai di pos pengecekan, barang-barang bawaan kalian akan di cek, terutama yang menjadi potensi sampah seperti snack, air minum kemasan, masker, plastik, dll. Semuanya akan dihitung kemudian nanti pada saat pulang akan di cek ulang dan jumlahnya harus sama.

Jika ternyata jumlah barang pada saat berangkat dan pulang tidak sesuai serta masih ada sampah yang tersisa, kalian bisa terkena denda. Untuk dendanya sendiri kalian bisa memilih antara membersihkan sampah di pantai atau membayar denda sebesar Rp.100 ribu per barang. Jika Kalian ke Pacitan jangan lupa mampir ke Pantai Watu Karung Pacitan.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Slopeng

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna Malang Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Setelah kalian memastikan sudah booking dan sudah mendapatkan kode booking, maka nantinya kalian akan dikenai tiket masuk Pantai Tiga Warna Malang Jawa Timur Indonesia. Namun, harga tiket masuk ini cukup murah dan tentu saja tidak memberatkan.

Tiket dipatok seharga Rp 10.000 saja untuk satu orang baik anak-anak maupun dewasa. Selain membayar tiket masuk, kalian juga diwajibkan untuk menyewa guide ketika berkunjung ke sini. Per 2 Agustus 2022 biaya guide ini Rp.150.000, per grupnya. Untuk satu group maksimal ada 10 orang. Ketahui juga: tiket masuk Pantai Tirang Semarang.

Dengan adanya guide ini akan membuat kalian bisa mengeksplorasi keindahan alam pantai ini dengan jauh lebih maksimal. Kunjungi juga: Pantai Ungapan Malang Selatan.

Jam operasional

Jam kunjungan buka dari jam 07.00-15.00. Waktu tinggal di pantai maks 2 jam, setelah itu jika masih ada waktu akan diantarkan tour guide menuju ke pantai Gatra.

Hal yang Menarik dari Objek Wisata Pantai Tiga Warna Malang

Ada cukup banyak objek wisata di sini yang bisa menjadi alasan kenapa pemandangan Pantai Tiga Warna Sendang Biru dipilih untuk destinasi liburan. Beberapa objek wisata tersebut adalah sebagai berikut:

1) Pantai dengan Pasir Putih yang Asri nan Indah

Pantai Tiga Warna Objek Wisata Pantai dengan Pasir Putih yang Asri nan Indah

Keindahan Pantai Tiga Warna Malang East Java tidak perlu diragukan lagi. Adanya tiga warna berbeda dari pantai adalah hal yang langka dan tidak ditemukan di pantai lainnya.  Warna pasir putih (kadang keliatan kayak coklat terang, kadang pink), lalu gradasi air laut yg biru dan hijau. Pasirnya pun terasa lembut banget. Hanya saja di sini terkadang ombaknya besar, tapi tetap cantik dipandang. 

Selain itu ada juga tebing di sekitar pantai yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan view pantai yang bagus. Uniknya, biar katanya pantai, tapi pantai ini adem. Katanya tempat ini memiliki kadar O² yang bagus. (Koreksi jika salah) Oleh karena itu, setiap pengunjung yang datang pasti akan merasa puas.

Selain tiga warna yang sangat memukau, kondisinya pun sangat bersih. Bentang pantai dan pasir putih yang memanjang menghasilkan kombinasi pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan.

Kalian yang mengajak anak-anak tentu bisa membiarkan anak-anak bermain pasir tanpa khawatir adanya sampah yang membusuk.

2) Pantai dengan Laut 3 Warna

Pantai Tiga Warna Objek Wisata Pantai dengan Laut Tiga Warna

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini memang beneran memiliki 3 buah warna air laut yang berbeda ketika dilihat dari ketinggian.

Kalian bisa membuktikannya dengan melihatnya melalui bukit atau menggunakan Drone. Warna air laut akan terlihat biru muda di daerah pinggir pantai hingga biru tua ke arah laut dalam. 

Pemandangan yang unik dan menarik di sini membuatnya dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Malang Raya Jawa Timur.

3) Tidak Diperbolehkan Berkemah

Dengan waktu kunjungan maksimal yang hanya 2 jam saja tentu membuatnya tidak diperbolehkan untuk bermalam atau berkemah di sini. Tapi tenang saja, buat kalian yang suka dengan camping di pinggir pantai, kalian bisa mendirikan tenda dan berkemah di pantai Gatra. Lokasinya tidak jauh dengan Pantai Tiga Warna di Malang Selatan dan masih dalam satu kawasan Clungup Mangrove Conservation.

Untuk berkemah di lokasi Pantai Gatra sebaiknya kalian membawa tenda dan perlengkapan dari rumah. Namun, jika tidak sempat, maka ada persewaan tenda di sekitar pantai dengan harga Rp 25.000 semalam dan tambahan Rp 25.000 untuk sewa lahan.

4) Area Berenang dan Snorkeling Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna Objek Wisata Area Berenang dan Snorkeling Pantai Tiga Warna

Pergi ke pantai tentu tidak afdol tanpa berenang. Nah, berenang adalah aktivitas yang mengasyikkan untuk dilakukan di sini. Ombak di kawasan pantai ini bisa dikatakan tidak terlalu besar. 

Bahkan, para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan melihat keindahan bawah laut pantai ini. Sambil Snorkeling, kalian pun bisa mengambil foto dan gambar biota bawah laut Pantai Tiga Warna Dampit dengan kualitas HD.

Ada persewaan alat snorkeling di sekitar pantai yang akan memudahkan kalian. Harga sewanya pun terbilang cukup murah, yakni Rp 10.000 saja.

5) Terumbu Karang yang Asri dan Terjaga

Pantai Tiga Warna Objek Wisata Terumbu Karang yang Asri dan Terjaga

Salah satu alasan pembatasan kunjungan ini karena adanya terumbu karang dan biota lautnya yang masih terjaga. Keindahan alam bawah lautnya masih terlihat sangat alami. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari usaha pihak pengelola dengan membatasi kunjungan dengan waktu singkat agar terhindar dari kerusakan di kemudian hari. 

6) Area Trekking

Pantai Tiga Warna Malang Objek Wisata Area Trekking

Apa yang menarik lainnya adalah area trekking. Nah, di sekitar area pantai ada konservasi hutan mangrove. Di tempat inilah para pengunjung bisa melakukan trekking dengan nyaman. Anda bisa meminta tolong guide untuk memandu saat trekking.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Balekambang

7) Dikelilingi oleh Hutan

Pantai Tiga Warna Objek Wisata Pemandangan Hutan Air Laut Biru

Hal yang menarik lainnya yaitu areanya yang dikelilingi oleh hutan hijau rimbun. Banyaknya hutan dan pepohonan inilah yang membuatnya kaya akan Oksigen. Karena itulah walau kalian berada di kawasan pantai tidak akan kepanasan, malah udaranya terasa sejuk dan segar.

8) Tour Guide yang Ramah

Worthed dengan harga tiket, karena pengunjung dapat guide yang ramah dan memiliki knowledge yang baik terkait konservasi. Banyak stock jokes. Guide berbagi pengalaman tentang lingkungan pantai setempat, dan mengajak pengunjung untuk menjaga lingkungan. Kalian pun nantinya pasti akan puas dengan Guide yang disediakan.

Fasilitas Pantai Tiga Warna di Malang Jawa Timur

Walau secara umum masuk dalam kawasan konservasi dengan waktu kunjungan cuma 2 jam tapi tidak membuatnya menghilangkan segala fasilitas yang ada. Untuk fasilitasnya sendiri terbilang cukup lengkap seperti:

  • Bangku untuk Duduk
  • Toilet walau harus naik ke tebing terlebih dahulu
  • Warung Makan

Tips Wisata Pantai Tiga Warna Batu

Pantai Tiga Warna Malang Tips Wisata Pantai Tiga Warna Batu

Ada beberapa tips yang sebaiknya diketahui sebelum berlibur ke pantai ini. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memutuskan berwisata ke sini artinya kalian sudah siap capek karena harus menempuh jalan yang melelahkan, seperti jalan kaki selama 30 menit.
  • Siapkan banyak budget dan tenaga ekstra
  • Jika kondisi hujan, kalian mesti siap lepas sepatu/sandal alias nyeker.
  • Sebaiknya jangan gunakan sepatu bagus karena jalanan ke pantai ada yang berlumpur
  • Sebaiknya jangan mengajak anak kecil ketika berwisata ke sini karena medan yang harus dilalui cukup berat.
  • Jika tidak siap dengan tenaga dan budget, kalian bisa berkunjung ke lokasi di sekitarnya seperti pantai lain seperti Clungup, Gatra dan Kondang Buntung. 

Alamat Lokasi Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna Malang Alamat Lokasi Pantai Tiga Warna Malang

Alamat lokasi Pantai Tiga Warna terletak di di Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176. Jarak lokasi dengan kota Malang sekitar 73,4 kilometer.

video pantai tiga warna malang

Rute atau Jalan Menuju Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna Malang Rute Jalan Menuju Pantai Tiga Warna Malang

Perjalanan dari Kota Malang menuju ke Pantai Tiga Warna Malang Selatan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Untuk bisa sampai ke sana, kalian jangan 100% mengandalkan peta Google Maps. Kalau kalian nekat mengandalkan peta maps bisa-bisa nanti malah akan nyasar. Memang, jarak menuju ke pantai ini cukup jauh dan perjalanan akan cukup lama.

Namun, kalian akan disuguhkan pemandangan yang indah selama perjalanan sehingga perjalanan tersebut tidak akan terasa begitu lama. Selain itu, kalian akan disambut dengan keindahan pantai yang luar biasa. Dengan demikian, maka rasa lelah selama perjalanan akan hilang.

Nah, jalan menuju ke Pantai Tiga Warna Malang bisa ditempuh dari rute Pantai Goa Cina yang memang sering diambil oleh para wisatawan. Dari Kota Malang, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Gadang dan kemudian menuju ke Turen.

Dari sini, ikuti jalan yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Ikuti terus jalur tersebut dan kalian akan menemukan persimpangan menuju ke Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru. Ambil jalan ke Pantai Goa Cina dan lurus sekitar 2 kilometer hingga persimpangan. Belok kiri ke arah tempat pelelangan ikan.

Jalan untuk menuju Pantai 3 Warna memang kurang meyakinkan karena jalannya yang kecil. Jika kalian masih ragu, jangan lupa gunakan GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar. 

Dari sini kalian bisa jalan kaki dengan melewati Pantai Gatra. Setelah itu kalian mesti jalan sekitar 15 menit, bisa kurang bisa lebih lalu kalian masih perlu menyusuri kebun. Setelah kurang lebih 10-30 menit jalan, baru sampai di pantai 3 Warna.

Cukup jauh juga bukan? Jika dirasa jalan kaki terlalu berat, kalian bisa naik ojek hingga ke pos pengecekan. Selain naik ojek, kalian juga bisa naik Perahu (ada biaya tambahan) dengan rute lewat selat Sempu, masuk area luar mangrove Kondang Buntung. Bonus view pantai di pinggir Selat Sempu, tidak capek dan waktu lebih singkat.

Estimasi Biaya

Estimasi biaya kunjungan bosmeal.com buat berdasarkan penilaian yang diberikan oleh mereka yang sudah pernah berkunjung ke lokasi wisata Pantai Tiga Warna Kabupaten Malang. 

Tiket MasukRp.10.000,- per Orang
Parkir Sepeda MotorRp.5.000,-
Parkir MobilRp.15.000,-
Tour GuideRp.150.000,- per Group
Naik Ojek ke Pos 1*Rp.5.000,- per Orang
Naik Perahu Lewat Mangrove**Rp.100.000,- per Perahu
Sewa PelampungRp.10.000,- per Orang
Denda jika Buang Sampah SembaranganRp.100.000,- per Barang
Sewa Tenda***Rp.25.000 per Malam
Sewa Lahan Camping***Rp.25.000 per Malam

*Opsional.

**Selain bisa digunakan untuk keliling juga sebagai opsi rute menuju ke lokasi wisata.

***Lokasi Camping/berkemah di Pantai Gatra.

Dengan segala keindahan yang dimiliki, wisata Pantai Tiga Warna Malang Jatim cocok dimasukkan dalam list mengenai pantai indah untuk liburan di Malang. Jadi, tunggu apalagi, segera kunjungi pantai ini dan nikmati liburan kalian!

Leave a Reply