Contoh Proposal Penelitian

Ada berbagai contoh proposal penelitian ilmiah, skripsi, tentang pendidikan, kesehatan, sosial sederhana, kualitatif dan kuantitatif lengkap yang bisa kalian temukan dalam bentuk file doc pdf maupun cetak.

Bagi seseorang yang sudah terbiasa melakukan penelitian, proposal penelitian bisa juga digunakan untuk mendapatkan dana sponsor dari pihak yang memiliki kepentingan terhadap hasil penelitian.

Bagi teman-teman yang baru memulai “kenalan” dengan proposal karya ilmiah, baiknya perlu memahami terlebih dahulu seluk beluknya.

Tujuannya, agar teman-teman dapat membuat karya proposal penelitian ilmiah yang baik, memiliki sistematika penulisan proposal runtut dan benar.

Pengertian Proposal Penelitian

apa itu pengertian proposal penelitian - bosmeal.com
Gambar apa itu pengertian proposal penelitian ilmiah

Proposal penelitian adalah dokumen tertulis dari peneliti yang berisi strategi untuk memecahkan masalah sebagai bentuk usulan mengadakan penelitian.

Dokumen proposal penelitian dibuat untuk dikomunikasikan kepada pembimbing, penyandang dana,atau sponsor-sponsor penelitian guna mendapatkan persetujuan pembuatan.

Dalam membuat proposal penelitian harus jelas menjawab pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, dan bilamana tentang penelitian yang akan dilakukan. 

Adapun bahasa penulisan dalam proposal penelitian menggunakan bahasa baku, ringkas, langsung, serta tidak bermakna ganda, agar tidak menimbulkan salah pengertian dari pembacanya.

Fungsi dan Tujuan Proposal Penelitian

Contoh Proposal Penelitian Fungsi Proposal Penelitian
Contoh Fungsi Proposal Penelitian

Fungsi Proposal Penelitian:

  1. Untuk meyakinkan orang lain bahwa penelitian yang akan dilakukan itu penting untuk dikerjakan.
  2. Menunjukkan keintiman peneliti terhadap bidang yang diteliti dan kemampuan peneliti dalam menyelesaikan penelitian yang akan dilakukannya
  3. Sebagai dokumen “kontrak” kesepakatan informal peneliti dengan penyandang dana tentang ruang lingkup kegiatan penelitian yang akan dilakukan.
  4. Sebagai jaminan semua aspek penelitian telah dipertimbangkan secara matang.
  5. Menjadi kerangka acuan bagi peneliti dalam melaksanakan proyek penelitiannya, sehingga dapat dikendalikan dan berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Sedangkan tujuan proposal penelitian secara garis besar untuk mendapatkan dukungan dan persetujuan dari penerima proposal dalam melangsungkan penelitian yang akan dilakukan.

Struktur Proposal Penelitian

Struktur proposal penelitian umumnya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan yang ada. Hanya saja pada umumnya susunan proposal penelitian setidaknya memuat hal-hal berikut:

Sampul depan: Judul penelitian, nama peneliti, dan identitas lembaga tempat peneliti berada (untuk mahasiswa : nama Program Studi, Jurusan, Fakultas, dan Perguruan Tinggi), dan bulan serta tahun ketika proposal tersebut diajukan. Dapat juga mencantumkan logo lembaga kalian.

Bab 1 : Pendahuluan

A. Latar belakang masalah

B. Identifikasi masalah (Sifatnya tambahan, sehingga dapat dilewati ke Butir C)

C. Rumusan masalah

D. Tujuan penelitian

E. Pembatasan masalah

F. Penjelasan istilah (batasan istilah)

G. Manfaat penelitian

Bab 2 :  Kajian Pustaka (Kajian Teoritis, atau Landasan Teoritik)

A. Hal-hal teoretik dan informasi-informasi mendasar terkait dengan masalah yang akan dikaji (bisa sampai beberapa sub-bab)

B. Kerangka berpikir

C. Hipotesis penelitian (kalau ada)

Bab 3 : Metode Penelitian

A. Jenis penelitian

B. Subjek penelitian (Pada penelitian kuantitatif yang akan menggeneralisasikan hasil penelitian dari sampel ke populasi : Populasi dan sampel penelitian)

C. Objek Penelitian

D. Variabel-variabel Penelitian (Penjelasan variabel-variabel  dalam penelitian. Dapat dibedakan menjadi variabel bebas dan variabel terikat).

E. Bentuk data

F. Metode dan instrumen pengumpulan data

1. Metode pengumpulan data

2. Instrumen pengumpulan data (Berisi instrumen dan termasuk cara menentukan validitas dan reliabilitas instrumen)

G. Metode/ Teknik analisis data

H. Langkah-langkah untuk meningkatkan kredibilitas data dan hasil penelitian (khususnya pada penelitian kualitatif)

I. Prosedur pelaksanaan penelitian secara keseluruhan

J. Penjadwalan waktu pelaksanaan penelitian

Daftar Pustaka

Lampiran-lampiran (Jika ada. Misalnya draft instrumen yang sudah dibuat, Rencana Pembiayaan, dsb.)

Jenis Proposal Penelitian

Contoh Proposal Penelitian Jenis Proposal Penelitian
Contoh Jenis-jenis Proposal Penelitian

Jenis jenis proposal penelitian:

1. Proposal Penelitian Kualitatif

Proposal penelitian kualitatif dibuat dengan menggunakan metode pengumpulan data dari latar belakang alami. Pada umumnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk analisis yang bersifat deskriptif.

Sehingga hasil penelitiannya lebih dititik tekankan pada proses dan makna (perspektif subyek) yang ada dan tidak terpaku pada angka-angka prosentase.

Pada penelitian kualitatif, peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian untuk mengungkapkan permasalahan secara menyeluruh sesuai dengan konteks yang ada.

Contoh proposal penelitian kualitatif yaitu Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik Energi Biomassa di Pabrik Gula.

2. Proposal Penelitian Kuantitatif

Proposal penelitian kuantitatif dibuat dengan menggunakan pendekatan deduktif-induktif.

Pendekatan deduktif-induktif merupakan suatu pendekatan yang diawali dari kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya.

Melalui pendekatan tersebut kemudian dikembangkan permasalahan beserta pemecahan yang diajukan. Tujuannya untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.

Adapun bentuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui

3. Proposal Penelitian Pengembangan

Proposal penelitian pengembangan digunakan untuk memecahkan permasalahan yang aktual dengan metode pengkajian penelitian yang sudah ada untuk dikembangkan menjadi rancangan baru.

Jenis proposal ini lebih menitik beratkan kepada teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah yang ada.

Proposal penelitian pengembangan dapat menjadi penghubung atau pemutus kesenjangan antara penelitian dasar dengan penelitian terapan.

Sehingga karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian berorientasi pada hasil berbeda.

4. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

Proposal penelitian kajian pustaka dibuat dengan menggunakan bahan-bahan pustaka yang relevan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Adapun metode yang digunakan dengan mengumpulkan berbagai data dan informasi dari sumber pustaka yang relevan.

Dari situ kemudian bahan-bahan pustaka tersebut dijadikan sumber ide untuk menggali gagasan baru dan sebagai bahan dasar melakukan deduksi dari pengetahuan yang telah ada.

[ BARU ] : Contoh Proposal Kegiatan yang Kreatif

Kumpulan Contoh Proposal Penelitian Lengkap

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Pendidikan
Contoh Proposal Penelitian Pendidikan Kualitatif

1. Contoh Proposal Penelitian Pendidikan

Proposal penelitian pendidikan pada umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu proposal pendidikan kualitatif dan proposal pendidikan kuantitatif. 

Nah berikut ini contoh proposal penelitian pendidikan pdf yang bisa teman-teman kembangkan.

Judul: Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Self Control Remaja Di MA Nurul Azhar Ngawi

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Usia remaja merupakan usia yang berlangsung antara 11 – 13 tahun hingga 18 – 20 tahun dan merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. 

Di kalangan remaja sering kali terdengar atau terlihat kasus perkelahian,tawuran terjadi antar remaja yang tidak jelas sebabnya. 

Agar para remaja yang sedang mengalami perubahan cepat di dalam tubuhnya itu dapat menyesuaikan diri dengan keadaan perubahan tersebut, maka perlu dilakukan berbagai usaha baik dari pihak orang tua, guru maupun orang dewasa lainnya.

Sementara itu konselor yang salah tugasnya sebagai pembimbing adalah untuk mendidik. Demikian juga guru harus membantu murid-muridnya supaya mencapai tahap kedewasaan secara optimal.

Dari fenomena yang terdapat diatas penulis sangat tertarik untuk meneliti bagaimana pendidikan anak dalam keluarga buruh dengan judul “Upaya Guru Bk Dalam Meningkatkan Self Control Remaja Di Ma Nurul Azhar Ngawi”

B. Fokus Penelitian

Agar penelitian ini menjadi lebih fokus, maka penulis memfokuskan penelitian terhadap Guru BK dalam rangka meningkatkan Self Control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi.

C. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah Upaya yang dilakukan Guru BK dalam meningkatkan Self Control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi?
  2. Hasil apa yang dicapai dalam meningkatkan self control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi?
  3. Apa faktor saja pendukung dan penghambat terhadap peningkatan Self Control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi?

D. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan Guru BK dalam angka meningkatkan self control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi.
  2. Kemudian untuk menjelaskan hasil yang diraih dalam meningkatkan self control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi.
  3. Untuk menguraikan faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatan self control siswa di MA Nurul Azhar Ngawi.

E. Manfaat Penelitian

  • Manfaat teoritis

Mampu memetakan tatacara Guru BK di MA Nurul Azhar Ngawi dalam memberikan bimbingan konseling dapat membentuk self control siswa.

  • Manfaat praktis

Dapat menjadi masukan dan referensi di dalam menentukan kebijakan lebih lanjut bagi MA Nurul Azhar Ngawi mengenai peranan Guru BK dalam membantu siswa siswa untuk membentuk self control yang baik.

BAB II

STUDI KEPUSTAKAAN

Untuk memperkuat penelitian, dibutuhkanlah yang namanya studi kepustakaan. Studi kepustakaan ini dilakukan dengan cara mencari serta menemukan teori-teori yang akan dijadikan landasan penelitian

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

A. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif memiliki karakteristik yang alami atau natural setting. Dalam prosesnya, penelitian kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil. 

Proses analisis dalam penelitian kualitatif lebih cenderung menggunakan analisis induktif serta makna merupakan hal yang esensial.

B. Tempat Penelitian

Kegiatan penelitian ini dilakukan di MA Nurul Azhar Ngawi dengan pertimbangan Madrasah Aliyah setingkat dengan SMA memiliki konotasi perilaku yang tidak begitu baik menurut pandangan masyarakat. 

C. Instrumen Penelitian

Adapun instrumen penelitian ini yang menjadi instrumennya adalah peneliti itu sendiri. 

D. Sumber Data

Sumber data penelitian dibagi menjadi dua, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun dalam penelitian ini, sumber data primernya adalah kata-kata dan tindakan. 

Kemudian sumber data sekundernya adalah dokumen, data dan data-data yang mendukung lainnya.

E. Teknik Pengumpulan Data

Dalam mengumpulkan informasi penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. 

F. Teknik Analisis Data

Untuk menganalisis data, dibutuhkan teknik analisis data. Dalam teknik analisis data dibutuhkan pengolahan dan analisa data.

Model spradley sendiri merupakan proses analisis data yang disesuaikan dengan tahapan penelitian berupa pengumpulan data grand tour question kemudian melakukan lapangan.

Dari contoh proposal penelitian pendidikan di atas bisa saja berbeda dengan penelitian kesehatan atau komunikasi.

Akan tetapi yang terpenting point-point penting dalam penelitian adalah tidak mengabaikan sistematika penelitian yang sudah ada.

Bagian Contoh Penutup Makalah yang Penting dan Harus ada

2. Contoh Proposal Penelitian Skripsi

Contoh Proposal Penelitian Skripsi
Contoh Proposal Penelitian Skripsi

Bagi mahasiswa yang sudah mencapai semester akhir pasti akan berhadapan dengan skripsi. Untuk membuat skripsi bisa dibilang gampang-gampang susah. 

Buat yang masih kebingungan, kalian dapat mencari contoh proposal skripsi kualitatif yang bertebaran di internet.

Selain itu kalian juga dapat menyimak proposal penelitian skripsi tentang limbah tebu sebagai bahan bakar di bawah ini.

Banyak dibaca:  Contoh Kata Rujukan dan Kalimat Rujukan

Judul Proposal Penelitian Skripsi : Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik Energi Biomassa Di Pabrik Gula

KATA PENGANTAR

 BAB I 

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Letak industri yang dekat dengan pemukiman membuat mau tidak mau warga akan ikut merasakan dampak dari segi positif maupun negatifnya.

Untuk menanggulangi dampak negatif dari pabrik atau tempat usaha maka perlu memanfaatkan limbah agar menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai jual dan manfaat.

Salah satu cara memanfaatkan limbah pembuatan gula adalah dengan dibuat menjadi sistem pembangkit listrik atau generator biomass yang paling optimal.

Kemudian dihitung penggunaan konsumsi daya pada industri yang dengan secara menyeluruh dengan menggunakan bantuan perangkat lunak yakni HOMER versi 2.68.

Dari hasil analisa aplikasi Homer Energy, total daya yang dihasilkan dari pembangkit 1,2 dan 3 adalah sebesar 15,024,411 kWh/tahun.

Berdasarkan data-data yang sudah ada di atas, penulis merasa perlu pengkajian lebih jauh terkait dengan pemanfaatan limbah tebu sebagai pembangkit listrik.

Untuk itulah penulis mengambil judul “Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Pembangkit Listrik Energi Biomassa Di Pabrik Gula di PG.Madukismo Yogyakarta”.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik?
  2. Bagaimana analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula?

C. Batasan Masalah

  1. Pengambilan data hanya dilakukan Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta.
  2. Analisis perhitungan daya dan beban hanya terpusat melalui Homer.

D. Tujuan Penelitian

  1. Untuk menghitung potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik
  2. Untuk mengetahui hasil analisa energi biomassa tebu sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan di masyarakat.

E. Manfaat Penelitian

1. Bagi penulis

  • Untuk menambah wawasan bagi peneliti dan juga menjadi pedoman untuk menghadapi masalah bahan bakar yang saat ini sedang dalam kondisi mengkhawatirkan.

2. Bagi Universitas

  • Sebagai bahan referensi akademis dan keinsinyuran untuk pengembangan jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selanjutnya.

3. Bagi Masyarakat dan Industri

  • Dapat dijadikan sebagai penyedia energi listrik terbarukan yang ramah lingkungan.
  • Sebagai bahan referensi energi alternatif yang mandiri dan tidak tergantung pada energi fosil. 
  • Dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang energi alternatif untuk daerah yang tertinggal agar lebih maju dan sejahtera.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Landasan Teoritik

B. Telaah Pustaka

C. Kerangka Pemikiran

BAB III

METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan metode penelitian study research atau penelitian studi pustaka. Adapun caranya adalah dengan cara melihat dan mencari literatur yang sudah ada untuk memperoleh data yang berhubungan dengan analisis pada penulisan tugas akhir.

Selain itu juga dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan langkah field research atau penelitian lapangan.

Itulah contoh proposal penelitian skripsi pdf yang bisa teman-teman buat. Untuk BAB II TINJAUAN PUSTAKA sengaja tidak penulis cantumkan karena data tersebut bersifat pribadi. 

Bagi teman teman pembaca yang kami hormati, dalam membuat tinjauan pustaka bisa melihat kembali catatan yang sudah ada di atas.

Kemudian untuk BAB III Metode penelitian hanya penulis cantumkan secara ringkas saja. Teman-teman bisa mengembangkan sendiri contoh metodologi penelitian seperti yang sudah ada di atas.

Jangan lupa untuk banyak membaca buku-buku pendidikan tentang metodologi penelitian.

3. Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif
Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif Pendidikan

Proposal penelitian kuantitatif berbeda dengan kualitatif. Perbedaan terebut terletak pada hasil penelitian yang bersifat empiris.

Kalian dapat melihat contoh proposal penelitian kuantitatif pdf bertema pendidikan tentang motivasi belajar siswa.

Judul penelitian: Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Pati

A. Latar Belakang Masalah

Keberadaan game online mulai mempengaruhi segala aktivitas sehari-hari para pelajar. Kondisi yang demikian bisa dilihat dari kecenderungan para remaja terutama yang sudah memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game online daripada kegiatan lainnya.

Hal tersebut jelas sangat membahayakan bagi perkembangan individu yang bersangkutan ke depannya. 

Ditambah lagi berdasarkan hasil observasi pra penelitian yang sudah dilakukan pada tanggal 22-24 Februari 2018 di kelas X A-C SMA N 1 Playen ditemukan beberapa permasalahan. 

Prosentase siswa kelas X A-C SMA N 1 Pati 60% para siswa menghabiskan waktunya untuk bermain game online.

Aktivitas tersebut diantaranya bermalas-malasan, tidur, bermain gadget, bercanda maupun berbicara ketika proses belajar mengajar berlangsung.

Oleh karena itu perlu kiranya diadakan penelitian lebih lanjut dengan mengangkat judul “Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Pati”.

B. Pembatasan Masalah

Masalah yang dikaji adalah intensitas bermain game online yang dilakukan oleh siswa kelas X A-C SMA N 1 Pati yang tergolong tinggi, sementara motivasi belajar siswa kelas X A-C SMA N 1 Pati yang tergolong rendah.

C. Rumusan Masalah

Adakah pengaruh aktivitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Pati?

D. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Pati

E. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian yang dilakukan dapat dibagi menjadi dua, yakni manfaat teoritis dan manfaat praktik.

F. Kajian Teori

Melihat latar belakang serta pembatasan masalah yang ada maka dalam proposal penelitian ini perlu kiranya dicantumkan dua teori, yakni motivasi belajar dan game online. 

G. Hipotesis

Berdasarkan masalah yang ada dapat diambil sebuah hipotesis jika terdapat pengaruh antara variabel aktivitas bermain game online dengan motivasi belajar siswa kelas X A-C SMA N 1 Pati.

H. Desain Penelitian

Desain penelitian menggunakan desain ex-post facto. Sementara jenis penelitian kuantitatif sehingga menghasilkan data berupa kumpulan angka.

I. Populasi dan Sampel

Untuk menentukan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Artinya peneliti memilih responden secara acak.

J. Instrumen Pengumpulan Data

Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen angket tertutup.

Di dalam angket sudah disusun berbagai macam pertanyaan variabel yang diteliti, yaitu aktivitas bermain game online dan motivasi belajar.

K. Validitas data

Uji validitas data ini menggunakan empat validitas yaitu isi (content), konstruk (construct), konkuren (Concurrent) dan prediksi (predictive). 

Sementara alat ukur yang akan digunakan untuk menguji validitas data penelitian adalah Product Moment dari Karl Pearson.

L. Analisis Data

Teknik analisis data dibagi menjadi dua yakni kegiatan mendeskripsikan data dan melakukan uji statistik (inferensi)

Semoga contoh proposal penelitian kuantitatif pendidikan tentang pengaruh game online terhadap motovasi belajar siswa bisa membantu.

Dalam contoh ini “mungkin” agak berbeda dengan sistematika penulisan proposal penelitian yang ada. 

Akan tetapi jika teman-teman perhatikan kembali, maka sub-sub bab yang ada akan memiliki kesamaan dengan sistematika penulisan di atas.

4. Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif
Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Berikut ini merupakan contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan pdf dari SMK N 1 Wirosari Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.

Judul Proposal penelitian kualitatif: Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Wirosari.

A. Latar Belakang Masalah

Sudah jamak diketahui jika mode pembelajaran di Indonesia kebanyakan masih didukung oleh keaktifan dari guru itu sendiri. 

Sehingga praktis para siswa hanya mendengarkan pelajaran yang ada. Keatifan guru ini seharusnya disambungkan dengan semangat belajar para siswa.

Akan tetapi nyatanya berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI AP 1 dan 2 pada tanggal 1-7 April 2019 ditemukan beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. 

Berdasarkan temuan dalam observasi ini, perlu kiranya dilakukan penelitian mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru.

Agar penelitian ini menjadi fokus maka , maka penelitian ini menggunakan judul “Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 wirosari”.

B. Pembatasan Masalah

Fokus penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang belum bervariasi.

C. Rumusan Masalah

Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Wirosari?

D. Kajian Teori

Terdapat tiga kajian teori utama dalam penelitian ini, yakni strategi pembelajaran,teori tentang metode pembelajaran dan teori tentang guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran

E. Desain Penelitian

Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif.

F. Informan Penelitian

Informan penelitian ini sebagai subjek dalam penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Wirosari tahun ajaran 2018/2019.

Sementara pemilihan subjek penelitian berupa siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran menggunakan teknik snowball sampling.

G. Instrumen Pengumpulan Data

Instrumen yang bisa digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

H. Teknik Analisis Data

Dalam teknik analisis data, peneliti harus menempuh tiga tahapan, yaitu penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan dari data.

I. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data

Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. 

Contoh proposal penelitian kualitatif di atas dibuat dengan sangat sederhana semoga bisa menjadi referensi bagi teman teman semua.

Paling penting, pesan dari proposal tersampaikan dengan jelas tanpa meninggalkan kaidah sistematika penulisan proposal. 

5. Contoh Proposal Penelitian Sederhana

Contoh Proposal Penelitian Sederhana
Contoh Proposal Penelitian Ilmiah Sederhana

Dari beberapa contoh proposal penelitian yang suda ada, mungkin diantara teman-teman merasa bentuknya terlalu panjang.

Agar lebih mudah dipahami, berikut ini contoh proposal penelitian sederhana pdf dengan judul Problem Jurnalis Lingkungan SKH Pontianak Post dalam Memberitakan Kebakaran Kawasan Lahan dan Hutan di Kalimantan Barat.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Hasil industri kehutanan memiliki beragam bentuk mulai dari kertas, kayu lapis, kayu log dan lain sebagainya.

Selain itu hutan juga dimanfaatkan untuk perkebunan seperti kelapa sawit, kopi, karet dan coklat. 

Pemanfaatan hutan menjadi lebih masif dengan alasan untuk peningkatan ekonomi negara, salah satunya di Kalimantan. 

Akan tetapi pemanfaatan hutan tersebut tanpa diiringi dengan aspek keberlangsungan yang berupa pelestarian hutan. 

Akibatnya wilayah Kalimantan sering mengalami kebakaran hutan, terutama di Provinsi Kalimantan Barat.

Kerusakan yang terjadi patut untuk diberitakan secara masif karena menyangkut hidup banyak orang. 

Pemberitaan ini dilakukan oleh jurnalis yang memang sudah berkecimpung di bidangnya. Namanya adalah jurnalis lingkungan.

B. Rumusan Masalah

Apa permasalahan yang dihadapi oleh jurnalis lingkungan dari Pontianak Post dalam memberitakan kerusakan dan kebakaran lahan di Kalimantan Barat?

C. Tujuan Penelitian

Untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi oleh jurnalis lingkungan dari Surat Kabar Harian (SKH) Pontianak Post dalam memberitakan kerusakan dan kebakaran lahan di Kalimantan Barat.

D. Manfaat Penelitian

  • Manfaat Teoritis

Sebagai informasi lebih mendalam terkait jurnalisme lingkungan

  • Manfaat Praktis

Sebagai bahan untuk penelitian dalam bidang Jurnalisme Lingkungan di media massa Indonesia.

Banyak dibaca:  KONJUNGSI TEMPORAL: Pengertian, Macam, dan Contoh Konjungsi

E. Metodologi Penelitian

1. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.

2. Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Tujuannya untuk menganalisis data seakurat mungkin yang mendekati kondisi aslinya.

3. Metode Pengumpulan Data

Data-data yang ada dibagi menjadi dua, yakni data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan. Sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber lain.

4. Lokasi Pengumpulan Data

Lokasi pengumpulan data ini mengambil dari Surat Kabar Harian Pontianak Post di Kalimantan Barat, Jalan Gajah Mada No. 2-4, Pontianak Selatan.

5. Objek Penelitian

Objek penelitian dalam penelitian ini adalah problem yang dihadapi Jurnalis Lingkungan dari SKH Pontianak Post dalam meliput konflik lahan dan kebakaran hutan di Kalimantan Barat.

6. Metode Analisis Data

Cara untuk menganalisis data dengan cara reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan.

Banyak Dicari: Contoh Surat Keterangan Kerja Terbaru

6. Contoh Proposal Penelitian Kesehatan

Contoh Proposal Penelitian Kesehatan
Contoh Proposal Penelitian Kesehatan Anak

Buat kalian yang masih bingung dalam membuat proposal penelitian kesehatan, silahkan simak saja contoh proposal kesehatan anak remaja di bawah ini:

A. Judul Proposal 

Penelitian Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Kesehatan Mata Siswa Kelas X SMA N 1 Blora. 

B. Latar Belakang Masalah 

Semakin hari keberadaan game online cenderung mempengaruhi aktivitas keseharian kalangan remaja usia sekolah. 

Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan sebelumnya pada 5-6 November 2018 di kelas X A-D SMAN 1 Blora ternyata terdapat temuan-temuan permasalahan.

Diantaranya adalah 60% Siswa kelas X A-D SMAN 1 Blora lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain game online.

Fakta ini jelas mengkhawatirkan terutama bagi kesehatan mata siswa itu sendiri. Seperti yang sudah diketahui bersama layar gadget memancarkan cahaya yang dapat merusak kesehatan mata.

Jika sudah demikian maka segala rutinitas keseharian siswa akan menjadi terhambat.

Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan judul “Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Kesehatan Mata Siswa Kelas X SMA N 1 Blora”. 

C. Pembatasan Masalah 

Intensitas bermain game online siswa kelas X A-D SMAN 1 Blora yang tergolong tinggi 

D. Rumusan Masalah 

Bagaimana pengaruh aktivitas bermain game online terhadap kesehatan mata siswa kelas X A-D SMAN 1 Blora?? 

E. Kajian Teori 

Terdapat dua teori untuk penelitian ini, yaitu game online dan kesehatan mata. 

F. Hipotesis 

Aktivitas bermain game online yang dilakukan siswa kelas X A-D SMAN 1 Blora menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan matanya.

G. Desain Penelitian 

Desain penelitian ini adalah ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. 

H. Populasi dan Sampel 

Populasi adalah seluruh siswa kelas X A-D SMAN 1 Blora yang berjumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini akan mengambil 30 siswa dari masing-masing kelas.

Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah dengan teknik simple random sampling. 

I. Instrumen Pengumpulan Data

Pengumpulan data dari responden menggunakan instrumen angket tertutup.

J. Validitas Data 

Pengujian data menggunakan empat validitas yaitu isi (content), konstruk (construct), konkuren (Concurrent) dan prediksi (predictive). 

Dari empat validitas tersebut kemudian oleh peneliti akan mengukurnya alat ukur Product Moment dari Karl Pearson.

7. Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah
Contoh Proposal Penelitian Karya Ilmiah Biologi

Karya ilmiah memiliki berbagai contoh proposal penelitian ilmiah biologi dengn judul pengaruh MSG terhadap pertumbuhan tanaman jagung.

Judul Proposal Penelitian Ilmiah: PENGARUH MSG (MONOSODIUM GLUTAMAT) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah

Ilmu biologi merupakan rumpun ilmu Biologi yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Di dalam ilmu biologi, terdapat salah satu pembahasan tentang pertumbuhan dan perkembangan.

Isinya adalah berkaitan dengan bagaimana makhluk hidup itu mengalami pertumbuhan dan perkembangan

Salah satu makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang adalah tanaman. Adapun pada karya ilmiah ini, penulis akan mencoba meneliti bagaimana faktor eksternal dapat mempengaruhi pertumbuhan jagung atau tidak.

Adapun faktor eksternal yang dimaksud penulis adalah dengan menggunakan MSG. Apakah nantinya MSG itu menghambat pertumbuhan jagung atau malah menyuburkannya.

B. Rumusan masalah

Bagaimana perbedaan tanaman yang tidak mendapatkan MSG dengan tanaman yang mendapatkan takaran MSG dengan jumlah banyak dan sedikit?

Adakah faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tanaman jagung tersebut?

C. Tujuan penelitian

  1. Untuk mengetahui adakah perbedaan antara tanaman yang tidak diberi MSG dengan tanaman yang diberikan MSG baik sedikit maupun banyak.
  2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam kecepatan pertumbuhan tanaman jagung

D. Pembatasan masalah

Seberapa jauh pengaruh MSG dalam pertumbuhan tanaman jagung serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.

E. Penjelasan istilah

a. Perkembangan dan Pertumbuhan

Perkembangan merupakan perubahan menuju keadaan yang lebih dewasa. Sementara pertumbuhan merupakan peningkatan ukuran, bobot serta jumlah sel yang sifatnya tidak dapat kembali ke asal (irreversible).

b. Tanaman Jagung

Jagung sendiri di beberapa wilayah Indonesia dijadikan sebagai makanan pokok di sana. Disamping itu jagung juga digunakan pakan ternak, diambil minyaknya, dibuat tepung, dan bahan baku industri.

c. Monosodium Glutamat (MSG)

Monosodium glutamat sering dikenal juga dengan MSG atau Sodium Glutamat. MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat. Zat ini merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.

Contoh MSG yang banyak dijual di pasaran adalah AJI-NO-MOTO®, Vetsin, dan Ac’cent.

F. Manfaat penelitian

  1. Meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan jagung yang ditambahkan MSG maupun tidak.
  2. Mampu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan jagung.

G. Hipotesis penelitian

  1. Ada perbedaan yang jelas antara jagung yang ditambahkan MSG dengan tidak.
  2. Terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi  laju pertumbuhan jagung.

H. Metode Penelitian

a. Tempat dan Waktu Penelitian

Alamat: belakang SMAN 2 Demak

Hari/Tanggal: Sabtu, 14 september 2019

Pukul: 10:15 WIB

b. Alat dan Bahan

  • 3 buah Polybag
  • Tanah secukupnya
  • Benih jagung
  • Air
  • air msg
  • Alat tulis
  • Mistar

c. Cara Kerja

  • Sediakan semua alat dan bahan yang dibutuhkan
  • 1 polybag tanpa MSG, 1 polybag dengan sedikit air MSG dan 1 polybag dengan air MSG cukup banyak.
  •  Masukkan benih jagung ke dalam masing-masing polybag yang sudah disediakan.
  • Menyirami tanaman setiap hari agar benih dapat tumbuh dengan baik.
  • Melakukan pengukuran benih untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan benih setiap hari.

d. Unit Percobaan

Untuk mengetahui perbedaan masing-masing tanaman, disini menggunakan 3 buah polybag.

e. Variabel

  1. Variabel bebas: msg
  2. Variabel terikat: pertumbuhan jagung
  3. Variabel antara: air, tanah, cahaya
  4. Variabel terkontrol: yang tidak diberi msg

8. Contoh Proposal Penelitian Sosial

Contoh Proposal Penelitian Sosial
Contoh Proposal Penelitian Sosial

Judul Proposal Penelitian: Penanggulangan Kenakalan Remaja Pada Pelajar di Kecamatan Cepu

A. Latar Belakang

Di Indonesia, tingkat kenakalan remaja tergolong tinggi. Ada banyak kasus yang dilakukan oleh para remaja, diantaranya tawuran pelajar, hubungan seks di luar nikah, pencurian, bullying.

Di sisi lain, Indonesia pun sudah memiliki nilai-nilai budaya tersendiri yakni budaya ketimuran yang hakikatnya menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. 

Hanya saja seiring dengan berkembangnya IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), budaya ketimuran tersebut mengalami pergeseran sehingga memunculkan berbagai permasalahan terutama di kalangan remaja.

bentuk permasalah tersebut berupa kejahatan maupun kenakalan remaja yang dapat ditemui di berbagai media. Bahkan bentuk kenakalan remaja dapat dilihat di lingkungan sekitar.

Mengutip dari Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan jika pada tahun 2014 ada 1.851 pengaduan kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak. Angka ini meningkat dibanding tahun 2013 sebanyak 730 kasus.

Sementara mengutip dari Pusat Data Anak dengan Hukum Komnas, ada sekitar 2.879 anak melakukan kekerasan dan harus berhadapan dengan hukum. 

Menurut Kartono, terdapat fakta jika semua semua tipe kejahatan remaja semakin bertambah jumlahnya dengan semakin majunya perkembangan industrialisasi dan urbanisasi”.

Berbagai permasalahan yang sudah disebutkan menunjukan jika teknologi dan pengetahuan yang semakin maju serta masuknya arus global ke Indonesia membuat nilai-nilai luhur bangsa menjadi terkikis.

Arus perubahan tersebut juga terjadi pada anak-anak remaja. Mereka yang masih tidak stabil, agresif, sensitif, dan timbul berbagai konflik antara sikap dan nilai.

Kondisi emosional yang demikian dapat menyebabkan kenakalan pada remaja. Kenakalan remaja ini perlu penanganan serius agar moralitas mereka tidak semakin merosot. Bentuk kenakalan remaja perlu dicarikan jalan keluar sebagai penanggulangan permasalahan remaja. 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana bentuk kenakalan remaja yang dilakukan oleh Pelajar di Kecamatan Cepu?
  2. Apa saja faktor yang menyebabkan pelajar di Kecamatan Cepu melakukan kenakalan remaja?
  3. Bagaimana upaya pemerintah dan sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di Kecamatan Cepu?
  4. Apa saja kendala yang dirasakan oleh pemerintah dan  sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di Kecamatan Cepu?

C. Tujuan Penelitian

  1. Mengidentifikasi bentuk kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di Kecamatan Cepu.
  2. Mengkaji faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di Kecamatan Cepu.
  3. Memetakan upaya pemerintah dan sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di Kecamatan Cepu.
  4. Memetakan kendala yang dirasakan oleh pemerintah dan  sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di Kecamatan Cepu

D. Manfaat Penelitian

  • Secara Teoritis

Dapat memperluas wawasan serta bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sosiologi khususnya tentang teori kenakalan remaja dan upaya penanggulangannya.

  • Secara Praktis
  1. Sebagai salah satu upaya preventif dan persuasif terkait kenakalan remaja oleh Pelajar di Kecamatan Cepu.
  2. Sebagai salah satu referensi dalam manajemen pendidikan untuk mengatasi kenakalan remaja yang dikaji oleh bidang ilmu Sosiologi.
  3. Memberikan pemahaman dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja oleh pelajar di Kecamatan Cepu khususnya dan remaja pada umumnya.

E. Kajian Teori

Untuk dapat menyelesaikan proposal penelitian ini, maka setidaknya perlu mengkaji lebih mendalam tentang teori kenakalan remaja. Ini agar dapat terbentuk landasan teoritis terkait kenakalan remaja menurut berbagai macam ahli.

F. Metode Penelitian

Untuk menganalisis permasalahan pada kenakalan remaja maka penulis menggunakan metode analisis kualitatif pada studi kasus kenakalan remaja oleh para pelajar di Kecamatan Cepu.

Itu tadi contoh proposal karya ilmiah. Untuk contoh tujuan penelitian serta manfaatnya bisa download contoh proposal penelitian pdf, silahkan klik link yang ada.

Buat teman-teman yang masih ingin download contoh proposal penelitian sederhana pdf silahkan klik link yang tersedia ya.

Silahakan dibagikan yaa, Semoga Bermanfaat. Atau kalau ada koreksi, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Leave a Reply