Resep Kue Mochi

Resep kue mochi – Kalian pasti sudah sering mendengar tentang kue mochi bukan? Yah kue ini memang berasal dari Jepang. Bentuknya yang kecil mirip dengan kue bakpau serta memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Sekarang kue mochi sangat mudah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menghidangkan kue mochi untuk moment santai ataupun untuk acara bersama pastinya sangat menarik teman-teman. Apalagi jika kalian menghidangkan aneka masakan enak seperti membuat resep rujak cingur surabaya tentunya akan lebih menyenangkan sekali pastinya.

Sebenarnya cara membuat kue mochi cukup mudah kok. Kalian persiapkan dulu segala bahan-bahannya. Adapun bahan-bahan untuk membuat resep kue mochi sebagai berikut.

Contents

Bahan-bahan

Tepung Beras

Sebelum membuat resep kue mochi, terlebih dahulu persiapkan aneka bahan-bahannya. Bahan-bahannya bisa kalian pisah terlebih dahulu agar tidak kebingungan. Untuk bahan kue mochi sendiri terdiri dari dua jenis, yakni bahan bagian luar dan bahan isiannya. 

Bahan kue mochi:

  • Tepung beras ketan 100 gram
  • Mentega tawar 1 sendok makan
  • Tepung maizena 18 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Tepung beras biasa 10 gram
  • Garam halus secukupnya
  • Air bersih 125 ml
  • Pasta vanili ¼ sendok teh

Bahan isian:

  • Gula pasir 15 gram
  • Air bersih 1 ½ sendok makan 
  • Kacang tanah 40 gram, sangrai

Untuk bahan isi sendiri sebenarnya bebas ya. Selain diisi dengan kacang, kue mochi juga bisa diisi dengan coklat, nutelle, hingga ovaltine. Selain itu, pun kue mochi bisa dibuat beraneka ragam warna tergantung selera.

Setelah semua bahan-bahan siap, sekarang kalian bisa membuat kue mochi sendiri di rumah. Untuk cara membuatnya seperti berikut ini.

Cara Membuat Kue Moci

Kue Mochi

Setelah semua bahan-bahan siap, sekarang saatnya mempraktekkan resep kue mochi di rumah. Caranya cukup mudah kok, semudah ketika membuat es lilin sendiri di rumah.

Pertama buat dulu bagian luar kue mochi. Adapun cara membuatnya sebagai berikut

  1. Pertama buat dahulu tepung bagian luar untuk lapisan kue mochi agar nantinya mochi tidak lengket dengan tangan ataupun menempel pada moci lainnya.
  2. Kalian persiapkan wajan dan taruh diatas kompor dengan api kecil. Tunggu hingga wajan panas merata.
  3. Setelah panasnya merata, tuangkan tepung maizena ke dalam wajan serta sangrai merata. Jangan lupa untuk membolak-balik serta mengaduk tepung agar tidak gosong dan matang sebagian.
  4. Terus aduk-aduk bahan tepung secara merata sampai matang sempurna lalu angkat dan masukkan dalam wadah. Sisihkan.
  5. Langkah berikutnya siapkan wadah kembali, lalu masukkan tepung beras dan tepung ketan. Aduk sampai tercampur merata,
  6. Selanjutnya siapkan wadah lain lalu masukkan gula pasir, garam, serta air. Aduk sampai tercampur merata.
  7. Setelah itu, masukkan campuran gula garam dan air ke dalam wadah campuran tepung beras dan ketan lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  8. Kemudian masukkan mentega ke dalam adonan lalu aduk-aduk kembali hingga rata. Sebaiknya gunakan sendok kayu untuk mengadunya agar lebih mudah ketika mencampur.
  9. Setelah bahan tercampur merata, siapkan kukusan dan masukkan adonan, lalu kukus selama kurang lebih 10 – 15 menit. Angkat.
  10. Setelah itu, uleni kembali adonan dengan sendok kayu. Kukus kembali adonan sampai matang selama kurang lebih 25 – 30 menit.
  11. Setelah matang, angkat adonan dan diamkan adonan sampai hangat.

Wah walaupun rasanya agak ribet dengan berbagai wadah yang berlu dipersiapkan tetapi jika sudah dijalankan terasa mudah kan? Sambil menunggu bagian luar kue mochi menjadi hangat sebaiknya kalian buat isiannya terebih dahulu.

Cara Membuat Isian

Kue Mochi Isi Coklat

Adonan mochi sudah selesai dibuat, artinya kalian sudah separuh jalan membuat resep kue mochi. Sambil menunggu adonan mochi menjadi hangat, yuk kita buat bahan isian mochi. Nah untuk isi mochi sendiri berupa kacang tanah. Kacang tanah juga bisa untuk membuat resep sambal kacang cilok.

Begini cara membuat isian kue mochi: 

  1. Pertama siapkan wajan bekas sangrai tepung maizena lalu sangrai kacang tanah sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  2. Bila sudah matang, angkat kacang dari wajan kemudian tumbuk sampai lembut. Teman-teman bisa menggunakan ulekan (cobek) lalu ulek sampai teksturnya agak kasar.
  3. Selanjutnya siapkan mangkuk lalu masukkan gula pasir, garam dan air bersih. Kemudian teman-teman aduk hingga tercampur merata.
  4. Setelah itu masukkan kacang yang sudah ditumbuk ke dalam mangkok campuran gula air dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Langkah selanjutnya, ambil adonan mochi yang masih hangat tadi lalu pipihkan kemudian isi dengan adonan kacang pada bagian tengahnya. Setelah itu tutup kembali. 
  6. Bentuk adonan mochi yang sudah diisi kacang menjadi bulat sempurna dengan menggunakan tangan.
  7. Terakhir, jangan lupa untuk menggulingkan adonan mochi kedalam tepung maizena tadi.
  8. Kue mochi siap disajikan

Nah itu tadi cara membuat kue mochi. Cara membuatnya cukup mudah bukan? Kue mochi juga bisa dibuat beraneka warna tergantung selera masing-masing. Kalian bisa menyajikannya di atas piring dan tambahkan saus coklat diatasnya agar kue mochi menjadi lebih menarik.

Kalian sebaiknya perlu berhati-hati juga ketika menikmatinya. Karena tekstur kue mochi yang lembut dan lengket sehingga kue tersebut harus agak lama ketika dikunyah. Kalau terburu-buru menelannya bisa bahaya.

Kalian bisa memotongnya menjadi lebih kecil-kecil agar bisa menikmati kue mochi buatan sendiri sambil menghidangkan resep makaroni keju panggang pastinya menarik. Pastinya akan membuat kalian betah untuk santai-santai di rumah ya.

Leave a Reply