Contoh Proposal Sponsorship

Contoh Proposal Sponsorship – Ketika kita membuat sebuah acara atau kegiatan yang melibatkan banyak orang maupun tidak, pasti akan membutuhkan biaya operasional.

Nah biaya operasional ini sangat berguna untuk men-support suatu acara atau kegiatan agar berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

Untuk mendapatkan biaya operasional pendanaan, pada umumnya dilakukan iuran antar anggota atau peserta kegiatan dan pencarian sponsor dengan membuat proposal sponsorship.

Dalam mencari sponsor, kita sebagai Event Organizer atau yang biasa dikenal dengan pembuat acara harus memberikan tawaran dan tujuan sama-sama mendapatkan manfaat di dalam proposal

Pihak sponsor tidak akan merasa dirugikan karena dana yang dikeluarkan digunakan dengan semestinya. Begitu juga pihak EO akan sangat terbantu dengan sponsor yang sudah diberikan.

Hal inilah yang akan membuat kita sebagai EO dalam sebuah acara tidak akan merasa kesulitan mencari sponsor karena para pihak sponsorship percaya bahwa kita tim yang jujur. 

Agar proposal sponsorship yang kita buat terlihat lebih menarik, yuk kita simak contoh desain proposal sponsorship kegiatan pada video ini.

Video Tips Membuat Desain Proposal Sponsorship yang Menarik

Tujuan Proposal Sponsorship

Tujuan Proposal Sponsorship - bosmeal.com
Gambar Tujuan Proposal Sponsorship

Dalam membuat contoh proposal sponsorship pastinya memiliki berbagai macam tujuan. Adapun tujuan dari proposal sponsorship adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mendapatkan dana dari pihak sponsor.
  2. Untuk memperoleh dukungan  akan  suatu kegiatan yang akan dilaksanakan.
  3. Sebagai landasan dalam suatu pelaksanaan. 
  4. Untuk menginformasikan hal hal yang penting bagi pihak pihak dari suatu kegiatan.
  5. Untuk memperoleh informasi suatu kegiatan yang dilaksanakan.
  6. Untuk memudahkan penyelenggara dalam mendapatkan dukungan informasi.

Dengan mengetahui tujuan proposal sponsorship tentunya akan lebih memudahkan kita dalam membuat contoh proposal sponsorship event lomba misalnya.

Artikel Terkait: Contoh Proposal Kegiatan

Manfaat Proposal Sponsorship

Manfaat Proposal Sponsorship - bosmeal.com
Manfaat Proposal Sponsorship

Dalam membuat proposal sponsorship memiliki manfaat diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai rencana untuk mengarahkan panitia dalam melaksanakan aktivitas atau kegiatan yang akan dilaksanakan.
  2. Sebagai media informasi kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan yang akan dilaksanakan, informasi ini baik disampaikan secara tertulis maupun tidak.
  3. Untuk meyakinkan para sponsor supaya mereka memberikan dukungan baik dukungan material maupun finansial demi mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.

Besarnya manfaat yang di dapatkan dari contoh proposal sponsorship akan sangat membantu kita dalam membuat event kegiatan yang membutuhkan dukungan lumayan banyak.

Dengan begitu beban kerja kita sebagai panitia akan sangat terbantu sekali karena adanya contoh proposal sponsorship.

Cara Membuat Proposal Sponsorship

Cara Membuat Proposal Sponsorship - bosmeal.com
Cara Membuat Proposal Sponsorship

Dalam membuat proposal sponsorship, ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan dana dari sponsor, tetapi juga mencari pemasukan lain agar tidak muncul kesan yang aneh-aneh dari pihak sponsor”

 Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai contoh proposal sponsorship, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara membuat contoh proposal sponsorship itu sendiri.

Dalam membuat proposal sponsorship kita harus memperhatikan hal-hal berikut, yaitu:

  1. Menggunakan bahasa yang jelas dan tegas, bukan bahasa yang bertele – tele sehingga pihak sponsor tidak kebingungan membaca proposal kalian.
  2. Menonjolkan keunggulan dari kegiatan yang kita buat dengan cara membuat rancangan kegiatan yang bisa menampung banyak orang atau peserta.
    Ini akan membuat donatur memiliki pertimbangan bisa atau tidaknya para peserta atau pengunjung membeli produk milik sponsor. Contoh proposal sponsorship event musik.
  3. Menentukan bentuk kerja sama dengan pihak sponsor. Kerja sama dengan pihak sponsor biasanya dalam bentuk menjualkan produk sponsor dengan target tertentu.

Selain itu juga terkadang kerjasama itu berupa pemasangan logo brand atau merek sponsor di poster, spanduk, banner, dll.

Sebagai catatan ketika mencari sponsor. Jika anggaran kegiatan yang kita buat membutuhkan budget yang cukup besar, biaasanya pihak sponsor atau donatur pun akan meminta timbal balik.

Bisa dengan cara menjualkan produk mereka dengan mendirikan stand di lokasi kegiatan atau bisa jadi sebagian sponsor berupa produk.

Akan tetapi jika anggaran kegiatan yang kita buat sedikit, maka biasanya pihak sponsor atau donatur tidak akan menuntut timbal balik yang besar.

Biasanya pihak sponsor akan meminta pemasangan logonya atau brand di kegiatan yang akan kita lakukan.

Disamping itu, dalam membuat proposal sponsorship, kita jangan berbohong dan mengada-ada kegiatan yang muluk-muluk. Apalagi membuat anggaran kegiatan yang dilebih-lebihkan dalam proposal. 

kita lebih baik membuat anggaran dana di dalam proposal sponsorship yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

Hal ini karena kebanyakan pihak sponsor akan meminta Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kegiatan beserta belanja kegiatan dari kita.

Dikarenakan perhitungan uang perusahaan dibuat dengan sangat rinci, maka jika kita tidak bisa melaporkan kegiatan beserta laporan keuangan, bukan tidak mungkin kita akan dituntut oleh pihak sponsor.

Baca Juga: Contoh Proposal Pengajuan Dana

Langkah langkah Membuat Proposal Sponsorship

Langkah langkah Membuat Proposal Sponsorship - bosmeal.com
Langkah langkah Membuat Proposal Sponsorship

Dalam membuat contoh proposal sponsorship dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Bahasa yang digunakan harus sopan, jelas, lugas dan juga detail. 

Agar proposal sponsorship yang kita buat menjadi menarik, maka kita harus membuat proposal sponsor dengan menggunakan jelas, lugas, sopan dan tidak bertele-tele agar mudah dipahami.

Dalam membuat proposal sponsorship, kita harus memilih kosakata yang tepat dan diusahakan tidak banyak kesalahan pengetikan.

Penggunaan bahasa yang jelas, lugas dan tidak bertele-tela karena kebanyakan pihak yang dituju akan membaca secara scanning dahulu, 

Baru kemudian jika proposal sponsorship yang kita buat dirasa menarik dan juga cocok dengan keinginan mereka, baik sebagai individu maupun perusahaan, maka pihak yang kita tuju akan membaca kembali proposal sponsorship.

Disamping itu juga pihak perusahaan yang akan kita berikan proposal sponsorship pun sudah banyak mendapatkan pengajuan proposal.

Sehingga kita harus membuat proposal sponsorship dengan detail dan tidak menimbulkan banyak tanda tanya dari pihak sponsor dan akhirnya mereka tidak ragu untuk memberikan dana acara. 

2. Membuat proposal yang berbeda dengan proposal orang lain.

Dalam menulis proposal sponsorship untuk ditujukan kepada perusahaan, pastikan kita memberikan penawaran yang menarik kepada perusahaan yang dituju.

Hal ini karena pihak perusahaan pastinya telah banyak menerima proposal sponsorship dan kebanyakan hanya tertuju pada iya atau tidaknya memberikan dana.

Maka dari itulah ketika kita membuat proposal sponsorship, kita pun juga harus menawarkan timbal balik yang mewakinkan seperti menampilkan brand perusahaan untuk iklan, tanda pengenal, buka stand atau bahkan menghadirkan maskot perusahaan di acara tersebut.

Dengan begitu pihak perusahaan akan senang hati melanjutkan kerjasama kegiatan dengan kita selaku pembuat acara kegiatan. 

3. Memberikan lampiran atau kolom khusus untuk menulis keinginan sponsor. 

Kebanyakan orang dan mungkin sebagian dari kita ketika mengajukan proposal sponsorship sudah mengunci pihak sponsor hanya mendapatkan A, B,C, dan D saja.

Hal ini kadang malah membuat pihak perusahaan tidak mau memberikan dana kepada EO.

Agar proposal sponsorship yang kita buat memiliki peluang lebih besar untuk dilirik perusahaan, maka kita harus membuat proposal menjadi berbeda dengan yang lain.

Kita harus memberikan lampiran atau kolom khusus untuk menulis apa yang diinginkan sponsor atau perusahaan di dalam acara yang kita buat. 

Dengan begitu proposal kita memiliki peluang untuk terjadi kerjasama berikutnya. Karena memang proposal sponsorship sangat jarang yang open perjanjian dengan pihak sponsor. 

4. Menunjukkan profesionalitas dan totalitas kepada pihak sponsor.

Buat kita yang masih baru dalam hal Event Organizer atau EO, kita pun harus mematangkan konsep acara secara internal atau dari dalam. 

Kita tidak boleh malu untuk belajar, membaca dan bertanya kepada ahlinya. Kita tidak bisa belajar dari pengalaman pribadi, karena tingkat keberhasilan dan kesuksesan kita masih belum bisa diprediksi.

Kita harus profesional dengan belajar dari mereka yang sudah ahli kemudian amati, tiru serta modifikasi baik proposal maupun kegiatannya.

Selain itu juga kita harus meniru cara mereka bekerja, fast respon, aktif dan terus bergerak. Selanjutnya kita pun juga harus menunjukkan totalitas kita dalam bekerja membuat event kegiatan.

Hal ini akan membuat pihak sponsor yakin dengan kita dan kita memang pantas untuk dipercayai dan memiliki hak untuk menerima dana acara dari contoh proposal sponsorship yang sudah kita buat.

Format Penulisan Proposal Sponsorship

Format Penulisan Proposal Sponsorship - bosmeal.com
Format Penulisan Proposal Sponsorship

Setelah kita bersama mengenal tata cara serta langkah-langkah dalam membuat proposal sponsorship, kita pun juga harus mengetahui format proposal sponsorship yang akan kita buat.

Untuk format sponsorship sendiri ada berbagai macam. Berikut ini salah satu format contoh proposal sponsorship yang dapat kita pelajari:

1. Halaman Judul / Cover

Format pertama dalam pembuatan proposal sponsorship adalah halaman judul atau cover.

Sebaiknya teman-teman membuat halaman judul dengan background putih. Kita juga harus menyesuaikan font yang memang sudah menjadi pilihan branding Anda. 

Selain menggunakan warna baground putih, kita juga bisa menggunakan baground warna biru untuk menunjukkan kesan kejujuran.

Kemudian kita juga bisa menggunakan baground warna orange jika kita ingin menonjolkan kesan menariknya suatu acara. 

Setiap warna selalu memiliki makna tersendiri. Maka dari itu kita perlu mempelajari terlebih dahulu serta memilih warna yang sesuai dengan konsep acara.  

2. Latar Belakang

Format selanjutnya adalah membuat latar belakang masalah yang menarik dan sesuai dengan kegiatan acara. 

Jika latar belakang pembuatan kegiatan kita memang sesuai dan juga menarik, maka pihak sponsor akan menjadi respek dengan kegiatan acara yang akan kita jalankan.

Di dalam latar belakang sendiri terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup, serta gambaran sketsa mini acara yang akan kita selenggarakan. 

Untuk membuat latar belakang sendiri sebaiknya kita menggunakan metode umum ke khusus. 

Hal ini untuk memudahkan pihak sponsor agar dapat menyimpulkan bahwa acara kita  memang cocok dengan branding mereka atau tidak. 

3. Tujuan Kegiatan

Untuk membuat tujuan kegiatan, kita harus menjabarkan tujuan kegiatan yang akan kita buat dengan spesifik.

Semakin jelas dan spesifik tujuan dan market kegiatannya maka akan semakin terbuka juga peluang pihak sponsor untuk menyetujui proposal kita. 

4. Nama dan Tema Kegiatan

Agar pihak sponsor menjadi lebih yakin dengan kegiatan yang akan kita buat, maka kita juga perlu ,membuat nama dan tema kegiatan yang sesuai dengan latar belakang serta tujuan kegiatan acara.

Untuk nama kegiatan sendiri berfungsi sebagai sebuah gambaran umum sedangkan tema kegiatan merupakan arah tujuan dari nama tersebut.

Dengan nama dan tema yang sesuai maka pihak sponsor akan dapat memberikan pertimbangan dan penilaian penilaian acara yang kita buat cocok untuk produk dan brand awareness pihak sponsor atau tidak

5. Bentuk Kegiatan

Hal penting selanjutnya yang harus ada dalam proposal sponsorship adalah bentuk atau desain kegiatan.

Kita harus menjelaskan secara rinci dan menuliskan secara lengkap kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Kegiatan itu bisa berbentuk seminar, workshop, lomba seni, pameran lukisan, dan lainnya. 

Dengan begitu maka pihak sponsor akan mengetahui kegiatan apa yang akan kita buat sehingga pihak sponsor dapat menilai dan tidak ada kesan untuk menjatuhkan pihak sponsor nantinya. 

6. Peserta

Selain menjelaskan bentuk kegiatan yang akan berjalan, kita juga harus menuliskan ada berapa peserta yang hadir pada acara nantinya.

Untuk meyakinkan pihak sponsor, kita bisa menuliskan minimal serta maksimal peserta yang akan hadir pada acara tersebut.

Penulisan peserta ini selain memberikan gambaran acara kepada sponsor juga sangat membantu kita dalam menentukan besaran biaya yang kita butuhkan dalam acara tersebut.

7. Penyelenggara

Agar acara yang akan kita buat nantinya tidak dikatakan fiktif atau abal-abal, kita juga harus menuliskan penyelenggara atau panitia pelaksana di dalam acara tersebut serta siapa saja yang terlibat dan berkepentingan di dalamnya.

8. Jadwal dan Lokasi Kegiatan

Selain menjelaskan siapa saja penyelenggara serta panitia yang terlibat, kita pun juga harus menyebutkan hari, tanggal, waktu acara dan lokasi dengan jelas.

Dengan jadwal dan lokasi yang jelas maka akan membuat pihak sponsor menjadi lebih mudah untuk memberikan konfirmasi kesanggupan untuk berpartisipasi di dalam acara yang akan kita jalankan.

Kemudian jika terjadi sesuatu yang tidak terduga seperti bencana alam, penundaan acara dengan suatu alasan yang kuat, maka kita harus secepatnya menghubungi pihak sponsor.

9. Susunan Kegiatan

Tahap selanjutnya kita harus menjelaskan susunan kegiatan secara jelas dan mendetail, bahkan estimasi waktu kegiatan berjalan kepada pihak sponsor mulai awal hingga akhir.

11. Rencana Anggaran

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam format pembuatan proposal adalah rencana anggaran kegiatan. Untuk membuat rencana anggaran kegiatan, kita harus membuatnya dengan rinci serta tidak perlu dilebih-lebihkan angkanya. 

Bisa jadi dengan anggaran yang dibuat lebih malah akan membuat pihak sponsor menarik diri untuk berkontribusi dalam acara yang akan kita buat nantinya.

12. Penutup

Untuk membuat penutup, kita harus menuliskan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak sponsor dan juga permohonan maaf jika terdapat kesalahan baik itu disengaja maupun tidak. Contoh Proposal Usaha.

1. Contoh Proposal Sponsorship Event

Contoh Proposal Sponsorship Event - bosmeal.com
Contoh Proposal Sponsorship Event

Setelah bersama kita mengetahui cara membuat serta format dari proposal sponsorship, alangkah baiknya jika kita bersama mengetahui contoh proposal sponsorship event kegiatan dengan judul Seminar Kepemudaan.

PROPOSAL SEMINAR KEPEMUDAAN

A. Latar Belakang

Pemuda merupakan salah satu pilar peradaban dan juga  penerus bangsa. Yang mana sebuah bangsa dan juga peradaban tidak akan bisa terlepas dari yang namanya pemuda.

Untuk itulah jika menginginkan kemajuan bangsa maka para pemudanya pun juga harus mempunyai karakter pemimpin masa depan, baik itu ideologi, intelektualitas, dan juga kepribadian.

Mengutip dari pernyataan Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno bahwa “berikan aku sepuluh orang pemuda, niscaya mereka akan mampu mengubah dunia”.

Kata pemuda menjadi kunci untuk memajukan suatu peradaban dan bangsa serta dengan kedasyatan kekuatan seorang pemuda maka mereka akan dapat melahirkan karya cemerlang.

Akan tetapi harapan yang ada tidak sesuai dengan kondisi para pemuda terkini. Para pemuda Indonesia harus diakui jika mereka masih jauh dengan kata “pemuda ideal”.

Masih banyak para pemuda yang acuh tak acuh dengan isu-isu sosial yang terjadi di sekitar mereka. Banyak aktivitas-aktivitas yang tidak produktif dan terbuang percuma.

Jiwa kepemimpinan yang kurang menjadi catatan tersendiri atas rendahnya idealisme para pemuda.

Padahal masa muda sendiri merupakan masa-masa paling produktif dalam kehidupan manusia, baik dari segi ideologi, kepribadian dan juga intelektualitasnya.

Sehingga seharusnya masa muda ini dihabiskan untuk mengoptimalkan keilmuan, memperluas wawasan, mengembangkan potensi diri, dan hal-hal bermanfaat lainnya baik bagi diri sendiri maupun lingkungannya. 

Maka dari itulah untuk membangun para pemuda, kami para mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Masjid At-Tarbiyah di lingkungan STAI Muhammadiyah Malang, menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Menjadi Pemuda Abad 21; Cerdas, Inovatif dan Berkarakter” 

Tujuan dari kegiatan ini adalah berusaha untuk menjawab tantangan tersebut. Selain itu juga event kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam proses pencerdasan dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bangkit dan turut ambil bagian dalam kontribusi membangun bangsa.

B. Tujuan Kegiatan

  1. Untuk memberikan wawasan problematika keIndonesiaan dan andil pemuda sebagai pembawa perubahan yang paling potensial.
  2. Untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang kriteria pemuda yang berkualitas yang mampu menyongsong masa depan, baik dari segi kepribadian, intelektualitas dan ideologi.
  3. Untuk memberikan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk berprestasi dan berkontribusi melalui tokoh-tokoh muda yang telah berkontribusi banyak bagi masyarakat dalam berbagai bidang.
  4. Untuk memberikan arah yang jelas kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya sebagai pemuda dan peran strategisnya dalam upaya perbaikan bangsa.

C. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah Seminar Kepemudaan dengan mengambil teman“Menjadi Pemuda Indonesia Abad 21; Cerdas, Inovatif, dan Berkarakter”

Dalam kegiatan kali ini akan dikupas tuntas bersama para narasumber yang terdiri dari kalangan akademisi, sociopreneur dan entrepreneur.

D. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan ini berupa:

1. Seminar

2. Diskusi Forum

3. Bazar Buku

4. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

5. Pameran Pemenang Lomba Tulis

E. Sasaran Kegiatan

Adapun sasaran dari kegiatan ini terdiri dari

1. Mahasiswa STAI Muhammadiyah Malang

2. Mahasiswa Kampus Se-Kota Malang

3. Masyarakat Umum

F. Target Kegiatan

Estimasi peserta yang hadir pada kegiatan kali ini minimal berjumlah 200 peserta yang terdiri dari berbagai elemen.

Sedangkan maksimal peserta yang hadir berjumlah 700 peserta mulai dari Mahasiswa STAI Muhammadiyah MalangMalang, Mahasiswa se Kota Malang dan juga masyarakat umum

G. Waktu dan Lokasi Kegiatan

Rangkaian kegiatan ini insyaAllah akan dilaksanakan pada:

Hari dan tanggal     : Sabtu – Senin, 10 – 12 Agustus 2019

Waktu                       : Pukul 07.00 WIB- 17.00 WIB

Tempat                     : Aula Gedung C STAI Muhammadiyah Malang

H. Penyelenggara /Panitia Kegiatan

Adapun penyelenggara/panitia kegiatan ini terlampir.

I.. Susunan Kegiatan

Susunan kegiatan seminar kepemudaan terlampir

J. Rencana Anggaran Belanja Kegiatan

Rencana Belanja Kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp 19.197.000 (Sembilan Belas Juta Seratus Sembilan Puluh Tujuh Ribu Rupiah) dengan rincian terlampir

K. Penutup

Demikianlah proposal kegiatan seminar kepemudaan ini kami buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan kami agar bapak/ibu dapat membantu dan mendukung baik dalam bentuk moril maupun materil demi terciptanya kegiatan kepemudaan agar terwujudnya pemuda yang kritis terhadap lingkungan sekitarnya.

Jika ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Mengetahui

Panitia Pelaksana Kegiatan Seminar Kepemudaan

Zaini Maftukhin

Ketua Pelaksana

Siti Muthmainnah

Sekretaris

Lampiran 1. Susunan Kepanitiaan Seminar Kepemudaan

Pelindung : Dr. Abdul Haris, M.Ag (Ketua STAI Muhammadiyah Malang)

Penasehat : Dr. H. Roibin M.H.I  (Ketua Ta’mir Masjid At-Tarbiyah)

Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag (Kabag. Kemahasiswaan STAI Muhammadiyah Malang)

Penanggung Jawab : Ahmad Fuadi (Ketua LDK Masjid At-Tarbiyah)

Steering Committee (SC)

Lukman Hakim

Ahmad Fauzan

Afifatul K

Izzatul A.

Organizing Committee (OC)

Ketua Pelaksana : Zaini Maftukhin Att (082340004060)

Sekretaris : Siti Muthmainnah

Bendahara : Fahrun Nisa

Sie Acara

Subhan Efendi (Koordinator)

Ahmad Ari Sandi

Rizky Maulana

Sie. Pubdekdok

Muwafi Nur Hasan (Koordinator)

Ahmad Dimyati

Dea Ainun Nafis

Ainun Fuadah 

Lailatun Nafi’ah

Sie. Perkap dan Pendanaan

Arif Huda (Koordinator)

Harirotul Husniah

Siti Marfuah

Benny Abdul Madjid

Supangat

Sie. Perlombaan

Ahmad Ubaidillah al Musthofa (Koordinator)

Fatkhur Rifa’i

Anan Nihriroh Millati

Muzayyana

Trisnaji

Sie. Konsumsi

Anis Sahul (Koordinator)

Abdul Ma’ruf

Ma’ruf Amin

Nurul Wahidah

Nur Aini

Sie. Bazar

Khusnul Istiqomah (Koordinator)

Yahya Syaifudin

Ahmad Rizal

Sofia

Salma Annisa

Lampiran 2. Susunan Acara Seminar Kepemudaan 

Sabtu 10 Agustus 2019

07.00 – 08.00 Check in Peserta

08.00 – 08.30 Hiburan (Seni Religius STAI Muhammadiyah Malang)

08.30 – 09.30 Opening Ceremony Sekaligus Pembukaan Bazar 

09.30 – 10.00 Coffy Break

10.00 – 12.30 Seminar dipandu oleh Moderator

Pemaparan oleh Narasumber Pertama

(Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si)

Banyak dibaca:  Sistematika Penulisan Proposal

Pemaparan oleh Narasumber Kedua

(Anies Baswedan, Ph.D)

Pemaparan oleh Narasumber Ketiga

(Dr. Handry Satriago, MBA)

12.30 13.30 Diskusi Interaktif

13.30 – 14.00 ISHOMA

14.00 – 16.00 Diskusi Panel 

16.00 – 17.00 Closing statement

Minggu, 11 Agustus 2019 

08.00 – 09.00 Registrasi Peserta Penulisan Karya Ilmiah

09.00 – 10.00 Opening Ceremony Penulisan karya Ilmiah

10.00 – 12.00 Pengenalan Karya Tulis Ilmiah

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 15.00 Teknik Pembuatan Karya Tulis Ilmiah

15.00 – 15.30 Coffy Break

15.30 – 17.00 Teknik Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Lanjutan

Senin, 12 Agustus 2019

08.00 – 10.00 Praktek Penulisan Karya Ilmiah

10.00 – 10.30 Coffy Break

10.30 – 12.00 Praktek Lanjutan

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 15.30 Presentasi Hasil Karya Tulis Ilmiah

15.30 – 16.30 Penilaian dan Pengumuman Hasil Karya Terbaik

16.00 – 17.00 Penutupan Acara

Lampiran 3. Rincian Rencana Anggaran Belanja Kegiatan Seminar Kepemudaan

1. Estimasi Dana Kegiatan

Jumlah Pengeluaran : Rp 19.197.000

Jumlah Pemasukan : Rp 5.000.000

Kekurangan : Rp 14.197.000

2. Rincian Pemasukan

HTM peserta 200 orang (Harga @Rp 20.000 x 200 orang) : Rp 4.000.000

Kas Panitia : Rp 1.000.000

Total Pemasukan : Rp 5.000.000

3. Rincian Pengeluaran

1. Kesekretariatan

a. Fotocopy : Rp 50.000

b. Amplop : Rp 25.000

c. Penggandaan proposal : Rp 100.000

d. Fotocopy surat menyurat: Rp 25.000

e. ID Card Panitia 15 orang (Harga @ Rp 1.500 X 58 orang) : Rp 870.000

Jumlah : Rp 1.070.000

2. Acara

a. Honorarium Pemateri 3 orang (Harga @ Rp 2.000.000 X 3 orang) : Rp 6.000.000

b. Akomodasi pemateri 3 orang (Harga @ Rp 1.000.000 x 3 orang Rp.   3.000.000

c. Souvenir Pemateri dan Moderator 4 orang (Harga @ Rp 150.000 x 4 orang) Rp      600.000

d. Honorarium Tim Hiburan 1 Group : Rp 350.000

Jumlah : Rp 9.950.000

3. Perlengkapan, Publikasi dan Dokumentasi

a. Banner 2×3 Meter : Rp 120.000

b. Block note 200 pcs (Harga @ Rp 3000 x 200) : Rp 600.000

c. ID Card Panitia 66 orang (Harga @ Rp 2.000 x 66) : Rp 132.000

d. Pamflet 50 lembar (Harga @ Rp 3.500 x 50) : Rp 175.000

e. Roll-Banner 2 buah (Harga @ Rp 120.000 x 2) : Rp 240.000

f. Sewa LCD proyektor 3 hari (Harga @ Rp 50.000 x 3) : Rp 150.000

g. Sewa Sound System 3 hari (Harga @ Rp 100.000 x 3) : Rp 300.000

Jumlah : Rp 1.717.000

4. Konsumsi

a. Snack pemateri dan moderator 4 orang (Harga @Rp 5.000 x 4 orang x 3 hari) :Rp 60.00

b. Snack peserta 200 orang (@Rp 3.000 x 200 orang x 3 hari) : Rp 1.800.000

c. Makan Siang Pemateri dan Moderator 4 orang (Harga @ Rp 20.000 x 4 orang x 3 hari) : Rp 240.000

Jumlah : Rp 2.100.000

5. Fasilitas

a. Sertifikat 200 orang (Harga @Rp. 3.000 x 200 orang) : Rp 600.000

Jumlah : Rp 600.000

6. Bazaar

a. Tenda 4 buah (Harga @Rp 500.000 x 4) : Rp 2.000.000

b. Terpal 4 buah (Harga @Rp 50.000 x 4) : Rp 200.000

c. Kresek 4 pack (Harga @Rp 10.000 x 4) : Rp 40.000

d. Kwitansi 4 pack (Harga @Rp 5.000 x 4)  Rp 20.000

Jumlah : Rp 2.260.000

7. Perlombaan

a. Souvenir hasil pelatihan karya tulis ilmiah terbaik 3 kelompok (Harga @ Rp 500.000 x 3 kelompok) : Rp 1.500.000

Jumlah : Rp 1.500.000 

Total Pengeluaran: Rp 19.197.000

Jangan Lewatkan: Contoh Proposal Penelitian

SPONSORSHIP

SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN 2017

LEMBAGA DAKWAH KAMPUS MASJID AT-TARBIYAH

STAI MUHAMMADIYAH MALANG

A. Kriteria

Agar acara event kegiatan Seminar Nasional Kepemudaan dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan dana sebesar Rp 19.197.000.

Dari dana tersebut terdapat kekurangan dana sebesar ,-dan dengan kekurangan dana sebesar Rp 14.197.000. 

Maka dari itu dibutuhkanlah kerja sama dan juga partisipasi dari berbagai pihak baik instansi, perusahaan, maupun perorangan.

Adapun jenis bantuan partisipasi yang disediakan sehubungan dengan kegiatan tersebut adalah:

a. Sponsor Tunggal

b. Sponsor Utama

c. Sponsor Pendukung

d. Sponsor Kerjasama lain

e. Donatur

B. Keterangan

1. Sponsor Tunggal

Yang dimaksud dengan sponsor tunggal adalah pihak sponsor yang bersedia menyediakan dana sebesar 85% dari total kekurangan anggaran, yakni Rp 12.067.450.

Adapun dana yang disediakan bisa berbentuk tunai maupun non tunai berupa barang dan dikukuhkan dalam perjanjian tertulis yang tidak dapat diubah tanpa persetujuan kedua belah pihak.

Sponsor tunggal ini mendapatkan hak untuk mempromosikan produknya selama kegiatan berlangsung berupa:

1. Pemasangan spanduk di 5 titik area kegiatan Gedung STAI Muhammadiyah Malang.

2. Pemasangan umbul-umbul sebanyak 10 buah di sepanjang jalan menuju lokasi Bazar (Masjid At-Tarbiyah) STAI Muhammadiyah Malang.

3. Pemasangan nama sponsor pada tiap-tiap fasilitas peserta dan panitia, meliputi Co-Card, Block Note, Sertifikat dan banner utama.

4. Pemasangan nama sponsor pada pamflet dan baliho dengan ukuran sebesar 30% dari luas keseluruhan.

5. Pemberian kenang-kenangan hadiah oleh pihak sponsor

6. Pihak sponsor mendapatkan tempat untuk membuka stand promosi di Area kegiatan.

2. Sponsor Utama

Yang dimaksud dengan sponsor utama adalah pihak yang bersedia memberikan bantuan dana sebesar 50% dari total kekurangan anggaran, yakni Rp 7.098.500.

Sponsor utama sendiri mendapatkan hak berupa mempromosikan produknya selama kegiatan berlangsung Untuk itu sponsor berhak mempromosikan produk usahanya pada:

1. Pemasangan spanduk di 3 titik area kegiatan Gedung STAI Muhammadiyah Malang.

2. Pemasangan umbul-umbul sebanyak 5 buah di sepanjang jalan menuju lokasi Bazar (Masjid At-Tarbiyah) STAI Muhammadiyah Malang.

3. Pemasangan nama sponsor pada tiap-tiap fasilitas peserta dan panitia, meliputi Co-Card, Block Note, Sertifikat dan banner utama.

4. Pemberian kenang-kenangan hadiah oleh pihak sponsor

5. Pemasangan nama sponsor pada pamflet dan baliho dengan ukuran sebesar 15% dari luas keseluruhan.

3. Sponsor Pendukung

Yang dimaksud dengan sponsor pendukung adalah pihak sponsor yang bersedia memberikan bantuan dana sebesar 20% dari total kekurangan anggaran, yakni Rp 2.839.000.

Sponsor pendukung sendiri memiliki hak untuk mempromosikan produk usahanya selama kegiatan berlangsung, berupa:

1. Pemasangan spanduk sebanyak 3 buah di area Gedung STAI Muhammadiyah Malang

2. Pemasangan umbul-umbul sebanyak 5 buah disepanjang jalan menuju lokasi Bazar (Masjid At-Tarbiyah) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

3. Pemasangan nama sponsor pada fasilitas kegiatan yang berupa Co-card, Block Note, dan sertifikat yang digunakan oleh peserta dan panitia

4. Sponsor Khusus

Yang dimaksud dengan sponsor khusus adalah pihak sponsor yang bersedia untuk mengadakan kesepakatan bersama dengan penyelenggara diluar bentuk sponsorship diatas.

Adapun bentuk kerja sama yang kami tawarkan berupa bentuk barang atau jasa yang menjadi produk unggulan perusahaan berupa: 

1. Makanan dan minuman

2. Perlengkapan dokumentasi

3. Fasilitas Peserta

4. Dana Fresh Money

5. Dan Lain-lain

5. Donatur

Selain penawaran di atas, kami juga tidak menutup kemungkinan untuk menerima sumbangan yang sifatnya sukarela dan tidak mengikat dari para donatur, baik perorangan, perusahaan maupun instansi terkait.

KETENTUAN SPONSORSHIP DAN PENAWARAN ACARA

SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN 2019 

LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AT-TARBIYAH STAI MUHAMMADIYAH MALANG

Ketentuan-ketentuan sponsorship

1. Setiap sponsor yang berminat untuk kerjasama harus menandatangani surat perjanjian kerjasama terlebih dahulu.

2. Semua tarif yang dicantumkan di dalam sponsorship sudah termasuk pajak design, ongkos produksi, biaya pemasangan serta pajak reklame.

3. Apabila sponsor tersebut adalah sponsor tunggal, maka panitia memiliki hak untuk membatalkan paket sponsor yang sudah masuk lainnya dan juga mengembalikan seluruh biaya iklan yang telah dibayarkan kepada panitia.

4. Adapun batas waktu untuk materi Iklan, baik itu berupa logo, nama perusahaan atau instansi maupun nama produk, design art, dan lain-lain, paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan.

5. Adapun untuk perjanjian kontrak bisa dilakukan antara pembawa proposal dengan pihak sponsor.

6. Untuk ketentuan lain yang belum diatur dalam ketentuan diatas, termasuk bentuk partisipasi dalam bentuk lain akan diatur atas kesepakatan bersama.

Syarat-syarat pembayaran sponsorship

1. Pembayaran pertama minimal 50% dari kontrak dan atau dilunasi pada saat penandatanganan kontrak.

2. Pembayaran kedua berdasarkan atas kesepakatan bersama mengenai batas akhir pembayaran tersebut

3. Jika sampai batas tanggal yang sudah ditentukan ternyata belum ada pelunasan sesuai dengan kontrak, maka kami berhak untuk  mencantumkan iklan sponsor hanya dengan nilai yang telah dibayarkan saja.

Pembatalan partisipasi

1. Apabila uang muka sudah dibayarkan, maka 80% dari nilai total uang muka menjadi hak panitia.

2. Apabila pembayaran telah lunas, maka 50% dari perjanjian kontrak menjadi hak panitia dan sisanya akan dikembalikan ke pihak sponsor setelah dikurangi ongkos pengiriman.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Sekretariat : Komplek Masjid At-Tarbiyah STAI Muhammadiyah Malang Telp (0341) 565379 – Email : ldkattarbiyah00@gmail.com

Contact Person :

Zaini Maftukhin (Ketua Pelaksana) : 082 340 004 06

Arif Huda (Pendanaan) : 085 457 471 817

Harirotul Husniah (Pendanaan) : 083 857 490 311

Nb: Harap diperiksa terlebih dahulu legitimasi dan identitas pembawa proposal.

Nah itu tadi contoh proposal sponsorship event seminar kepemudaan yang bisa teman-teman buat contoh.

Jika teman-teman mencari contoh desain proposal sponsorship, teman-teman bisa mengunduh contoh proposal sponsorship doc yang kami sediakan.

Semoga bisa berguna untuk bahan referensi kita bersama.

2. Contoh Proposal Sponsorship Lomba

Contoh Proposal Sponsorship Lomba - bosmeal.com
Contoh Proposal Sponsorship Lomba

Buat kita yang sedang mengadakan lomba, kita juga bisa membuat proposal sponsorship lomba dengan contoh sebagai berikut

Contoh proposal sponsorship lomba peraturan baris berbaris antar siswa SMA se kabupaten Blora.

PROPOSAL SPONSORSHIP LOMBA BARIS BERBARIS SISWA SMA

A. Latar Belakang

Salah satu dampak dari Globalisasi informasi di indonesia adalah terjadinya dekadensi terhadap moral para pelajar atau remaja.

Maka dari itulah perlunya ditanamkan semangat kebangsaan, kebersamaan, solidaritas serta disiplin kepemimpinan agar para remaja mampu menghargai perjuangan para pahlawan atau pendahulu bangsa.

Kemerdekaan serta upaya-upaya dalam pembangunan bangsa memiliki berbagai tujuan, salah satunya agar tercipta pemimpin bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian pancasila.

Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI yang ke 75, Perkumpulan BEM Kampus se Kabupaten Blora mengadakan Lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB) antar pelajar SMA se Kabupaten Blora untuk memberikan kesempatan dalam mengembangkan bakat dan minat terhadap kemampuan pelajar di bidang baris-berbaris.

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan lomba PBB ini adalah untuk : 

1. Meningkatkan semangat kebangsaan.

2. Menggalang kebersamaan serta solidaritas sosial antar pelajar se kabupaten Blora. 

3. Meningkatkan kedisiplinan dan kepemimpinan anak bangsa

C. Nama dan Tema Kegiatan

Nama dari kegiatan ini adalah Lomba Baris-Berbaris tingkat SMA se Kabupaten Blora tahun 2020. Adapun tema kegiatannya adalah Menumbuhkan Semangat Kebangsaan, Patriotisme dan Cinta Tanah Air 

D. Bentuk Kegiatan

1. PBB

2. Cerdas Cermat

3. Fotografi

4. Video pendek

E. Sasaran dan Target Kegiatan

Adapun sasaran kegiatan ini adalah

1. Siswa siswi SMA/SMK/MA atau sederajat se Kabupaten Blora

2. Siswa dan siswi SD, SMP, SMA atau sederajat se Kabupaten Blora

3. masyarakat umum Blora dan sekitarnya

Untuk target kegiatan ini adalah

1. Minimal peserta yang hadir adalah 500 orang dari siswa siswi dan juga umum

2. Meningkatkan kreatifitas siswa-siswi dalam berkarya

3. Meningkatkan motivasi dalam berlomba, berkreasi, berkarya serta sebagai disiplin bentuk rasa cinta kepada orang tua

F. Waktu dan Lokasi Kegiatan

Rangkaian kegiatan Lomba Baris-berbaris akan dilaksanakan pada:

1. technical Meeting

Hari/Tanggal : Minggu, 12 Juli 2020

Waktu : 13.00-17.00 WIB

Tempat : Gedung GOR Mustika Blora

2. Pelaksanaan Lomba

Hari/Tanggal : Sabtu – Minggu, 15 – 16 Agustus 2020

Waktu : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat : GOR Mustika Blora

G. Susunan Panitia

Adapun susunan kepanitian ini terlampir

H. Susunan Kegiatan

Susunan kegiatan ini terlampir

I. Rencana Anggaran Belanja

Terlampir

J. Penutup

Demikian proposal kegiatan Lomba Baris-berbaris kami buat dengan sebenar-benarnya. besar harapan kami agar bapak/ibu berkenan untuk ikut mensukseskan kegiatan nantinya.

Atas bantuan dan partisipasinya kami haturkan banyak terima kasih.

Mengetahui

Panitia Pelaksana Lomba PBB se Kabupaten Blora

Hanung Nawisworo

Ketua Pelaksana

Nanda Puspitasari

Sekretaris

Lampiran 1. Susunan Panitia Lomba PBB tingkat SMA se Kabupaten Blora

Susunan Panitia Lomba PBB 

Tingkat SMA Sederajat Se-kabupaten Blora

Pelindung: Bupati Blora

Pembina: Hendra Takia, M.Pd

Penanggung Jawab : Taufiqur Rahman

Taufan

Ketua Pelaksana : Hanung Nawisworo

Wakil Ketua : Ahmad Musyafa’

Sekretaris : Nanda Puspitasari

Dzulfawaid Ahmad

Bendahara : Ahmad Muharrir

Eka Novianti

Seksi Acara

Ahmad Mahfudz (Koordinator)

Kholiqul Hadi

Tri Wahyu Ningsih

Seksi Perlengkapan

Ahmad Nur Alimin (Koordinator)

Sri Rahayu puspita Sari

Suwarno

Seksi Konsumsi

Yoga Saputra (Koordinator)

Desiana Nur Aini

Eka Puspitasari

Seksi Humas

Bimasena (Koordinator)

Angga Syaputra

Kurnia Syahputri

Seksi Dana

Handiyanto (Koordinator)

Heriyanto

Imam Samudra

Seksi Keamanan

Yasin Ahmad (Koordinator)

Wahyu Pradana

Angga Putra

Seksi Dokumentasi

Narendra (Koordinator)

Indah Puspita Sari

Baca Lengkap: Contoh Proposal Skripsi

Lampiran 2. Susunan Acara Lomba PBB tingkat SMA se Kabupaten Blora 

1. technical Meeting

Minggu, 12 Juli 2020

13.00-17.00 WIB Technical Meeting

2. Pelaksanaan Lomba

Sabtu, 15 Agustus 2020

08.00 – 09.00 Registrasi Peserta

09.00 – 09.45 Opening Ceremony

09.45 – 10.00 Persiapan Lomba Cerdas Cermat, Fotografi, dan Videografi

10.00 – 12.00 Lomba Cerdas Cermat, Fotografi dan Videografi Tahap 1

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 17.00 Lomba Cerdas cermat, Fotografi, dan Videografi Tahap 2

Minggu 16 Agustus 2020

08.00 – 09.00 Registrasi Peserta

09.00 – 09.30 Opening Lomba PBB

09.30 – 15.00 Lomba PBB

15.00 – 16.00 Rapat Dewan Juri Lomba PBB

16.00 – 16.30 Pengumuman Pemenang Lomba PBB dan Penyerahan hadiah Lomba Cerdas Cermat, Fotografi dan Videografi

16.30 – 17.00 Penutup

Lampiran 3. Rencana Anggaran Belanja Kegiatan

1. Sekretariat

a. ATK : Rp 750.000

b. Tinta Printer 4 buah (Harga @ Rp 40.000) : Rp 160.000

Jumlah : Rp 910.000 

2. Seksi Acara

a. Honorarium Juri Cerdas Cermat 3 Orang (Harga @ Rp 300.000) : Rp 900.000

b. Honorarium Fotografi dan Videografi 3 Orang (Harga @ Rp 500.000) : Rp 1.500.000

c. Honorarium PBB 3 orang (Harga @ Rp 400.000) : Rp 1.200.000

Jumlah : Rp 3.600.000

3. Seksi Perlengkapan

a. Sewa Tenda 3 Set (Harga @ Rp 800.000) : Rp 2.400.000

b. Sewa Kursi 400 set (Harga @ Rp 1.000) : Rp 400.000

c. Sewa Sound System 2 hari (Harga @ Rp 500.000) : Rp 1.000.000

Jumlah : Rp 3.800.000

Seksi Konsumsi

a. Snack Peserta dan Tamu Undangan 800 Dus (Harga @ Rp 3.000) : Rp 2.400.000

b. Snack Dewan Juri 9 Dus (Harga @ Rp 5.000) : Rp 45.000

c. Makan Siang Peserta dan Tamu Undangan 800 Kotak (Harga @ Rp 20.000) : Rp 16.000.000

d. Makan Siang Dewan Juri 9 Dus (Harga @ Rp 30.000) : Rp 270.000

e. Makan Panitia 29 Dus x 2 hari (Rp 20.000) : Rp 1.160.000  

Jumlah : Rp 19.875.000

Seksi Humas

a. Transport pengantaran Surat : Rp 100.000

b. Pos Undangan : Rp 75.000

Jumlah : Rp 175.000

Seksi Dana

a. Penggandaan Proposal Kegiatan 18 Buah (Harga @ Rp 5.000) : Rp 90.000

b. Transport : Rp 75.000

Jumlah : Rp 165.000

Seksi Dokumentasi

a. Banner Acara 3 Buah (Harga @ Rp 100.000) : Rp 300.000

b. Sewa Foto Video : Rp 900.000

c. Editing Hasil Kegiatan : Rp 450.000

Jumlah : Rp 1.650.000

Total : 30.175.000 

Nah itu tadi contoh proposal sponsorship Lomba yang bisa teman-teman tiru. Selain contoh proposal sponsorship lomba, buat teman-teman yang membuat event seperti contoh proposal sponsorship event olahraga.

Kemudian jika teman-teman sedang membuat agenda seminar, sebaiknya buat sebuah proposal sponsorship dengan contoh berikut ini.

3. Contoh Proposal Sponsorship Seminar

Contoh Proposal Sponsorship Seminar
Contoh Proposal Sponsorship Seminar

Buat kite semua terlebih mahasiswa pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya seminar.

Nah jika ada diantara teman-teman yang berniat mengadakan seminar terlebih tingkat nasional, maka sebaiknya teman-teman membuat proposal sponsorship contoh berikut ini.

Contoh proposal sponsorship seminar nasional oleh DEMA STAISA Jakarta.

A. Pendahuluan 

Puji syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, taufiq, hidayah, serta karunia Nya kepada kita semua sehingga dapat merasakan nikmat sehat sehingga bisa menjalankan segala aktivitas tanpa halangan suatu apa pun.

Tidak lupa juga shalawat teriring salam tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Sebagai sebuah organisasi intra kampus, DEMA STAISA Jakarta memiliki kegiatan yang bertujuan untuk menambah kajian wawasan tentang Arah Tujuan Pendidikan Bangsa Indonesia.  

Sistem pendidikan yang acapkali berubah membuat banyak dari kalangan guru dan juga murid yang kebingungan.

Butuh pemahaman yang cukup lama untuk bisa menerapkan program pendidikan Indonesia. 

Maka dari itulah dibutuhkan opini atau wacana yang mengarah kepada sebuah keputusan bersama untuk sama-sama memikirkan nasib pendidikan bangsa.

Dengan mengadakan seminar nasional yang diprakarsai oleh DEMA STAISA Jakarta inilah diharapkan menjadi pijakan awal untuk menentukan arah pendidikan bangsa.

Dengan narasumber yang sudah ahli dibidangnya inilah yang nantinya akan memberitahukan banyak kajian keilmuan buat para guru dan juga mahasiswa pada umumnya, serta khususnya kepada mahasiswa STAISA Jakarta.

Dengan mengangkat kajian Quo Vadis Pendidikan Bangsa ini diharapkan akan sangat membantu untuk pendidikan bangsa kedepannya.

Semoga kegiatan ini pun dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan terhadap pihak-pihak terkait.

Kami berharap semua pihak dapat mendukung kegiatan yang akan kami selenggarakan ini.

Oleh karena itu, saran dan kritik kami harapkan demi kelancaran kegiatan yang akan kami selenggarakan ini.

B. Landasan Kegiatan

1. Tri Dharma Perguruan Tinggi

2. Program Kerja Dewan Eksekutif Mahasiswa STAISA 2013-2015

C. Tujuan

Tujuan yang Kami harapkan dari penyelenggaraan Seminar Nasional 2014 ini adalah

1. Sebagai forum kajian keilmuan antara mahasiswa dan akademisi mengenai Persatuan Mahasiswa Tarbiyah.

2. Memperluas wawasan mahasiswa, akademisi, serta masyarakat umum mengenai Pembacaan Arah Pendidikan Bangsa Indonesia Kedepannya

D. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah “Seminar Nasional” dengan mengambil tema “Quo Vadis Pendidikan Bangsa Indonesia”

E. Waktu dan Tempat

Acara ini akan diselenggarakan pada : 

Hari/Tanggal : Sabtu, 8 Februari 2014

Waktu : 08:00 WIB s.d. selesai 

Tempat : Aula STAISA Jakarta 

F. Target dan Sasaran

Mahasiswa/Pelajar dan Umum 300 orang 

Fasilitas peserta : 

1. Snack

2. Sertifikat

3. Doorprize

G. Susunan Acara

Terlampir 

H. Susunan Panitia

Terlampir 

I. Estimasi Dana

Terlampir 

J. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. kegiatan ini tidak akan bisa berjalan lancar tanpa bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak.

Semoga bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak tersebut dan dengan mengharapkan izin Allah swt semoga acara seminar nasional ini nantinya dapat berjalan tanpa ada halangan suatu apapun.

Kami pun berharap semoga amal ibadah kita selalu tertuju hanya untuk mendapatkan ridho-Nya serta diberi rahmat dan hidayah-Nya. Aamiin.

Mengetahui

Panitia Pelaksana Seminar Nasional

Muhammad Rizki Saputra

Ketua Pelaksana

Budi Gunawan

Sekretaris

Lampiran 1. Susunan Acara Seminar Nasional

Susunan Acara Seminar Nasional

“Quo Vadis Pendidikan Bangsa Indonesia

Sabtu, 8 Februari 2014

07.00 – 08.00 Registrasi Peserta

08.00 – 09.30 Opening Ceremony sekaligus pembukaan seminar

09.30 – 10.30 Presentasi Narasumber 1 oleh Anies Baswedan

10.30 – 11.30 Presentasi Narasumber 2 oleh Samiadji Herdjunanto

11.30 – 13.00 Diskusi panel

13.00 – 13.30 Penutupan

Lampiran 2. Susunan Panitia Seminar Nasional

Susunan Panitia Seminar Nasional Quo Vadis Pendidikan Bangsa tahun 2014

Pelindung : Ketua STAISA 

Penasehat : Waket III STAISA 

Penanggung Jawab  Ketua DEMA

Banyak dibaca:  Contoh Proposal Kegiatan Singkat

Ketua Pelaksana : Muhammad Rizki Saputra

Sekretaris : Budi Gunawan

Bendahara : Fatimah

Seksi Acara 

Fatma Hapsari (Koordinator)

Lisa Sidowati

Dwi Saputra

Seksi Publikasi

Muhammad Rizky Awaluddin (Koordinator) 

Risma Aulia Sari

Muchammad Al Ghazali

Seksi Dekorasi Dokumentasi

Haris Sandi (Koordinator) 

Cahya Umi Lutfiana

Risma Arumsari

Seksi Perlengkapan

Taqiyuddin Ahmad (Koordinator)

Muhimmah

Andrianto

Seksi Konsumsi

Khoirun Nisa (Koordinator)

Rika Ayu Desi Hartatik 

Wahyu Pratama

Lampiran 3. Rencana Anggaran Belanja

Rencana Anggaran Belanja Kegiatan Seminar Nasional

1. Kesekretariatan

a. Proposal 15 Bandel (harga @ Rp 20.000) : Rp 300.000

b. Kertas F4 1 Rim : Rp 60.000

c. Kertas A4 1 Rim : Rp 55.000 

d. Surat Menyurat : Rp 100.000 

e. ATK : Rp 50.000

f. Sertifikat Peserta 300 lembar (Harga @ Rp 5.000) : Rp 1.500.000

Jumlah : Rp 2.065.000

2. Acara 

a. Honorarium Pemateri 2 orang (Harga @ Rp 4.000.000) : Rp 8.000.000

b. Souvenir Pemateri 2 buah (Harga @ Rp 100.000) : Rp 200.000

Jumlah : Rp 8.200.000

3. Publikasi

a. Transport : Rp 100.000

b. Pemasangan baliho 5 Titik (Harga @ Rp 20.000) : Rp 100.000

Jumlah : Rp 200.000 

4. Dekorasi dan Dokumentasi

a. Spanduk Utama 1 Buah : Rp 350.000

b. Pamflet 50 Lembar (Harga @ Rp 5.000) : Rp 250.000

c. X-Banner 2 Buah (Harga @ Rp 60.000) : Rp 120.000

d. Sewa Foto dan Video : Rp 750.000

Jumlah : Rp 1.470.000

5. Perlengkapan

a. Sewa Sound System : Rp 350.000

b. Kas Sewa Kursi 300 buah : Rp 500.000

c. Kas Kebersihan Ruangan : Rp 100.000

d. Konsumsi Penataan Ruangan : Rp 150.000

Jumlah : Rp 1.100.000

6. Konsumsi

a. Snack Peserta 300 Dus (Harga @ Rp 3.000) : Rp 900.000

b. Snack khusus 50 Dus (Harga @ Rp 5.000) : Rp 250.000

c. Snack Panitia 30 Dus ( Harga @ Rp 5.000) : Rp 150.000

d. Makan Siang Peserta 300 Kotak (Harga Rp 20.000) : Rp 6.000.000

e. Makan Siang Tamu Khusus 50 Kotak (Harga @ Rp 30.000) : Rp 1.500.000 

f. Makan Siang Panitia 30 Dus (Harga Rp 30.000) : Rp 900.000

Jumlah : Rp 9.700.000

Total : Rp 22.735.000

Total Pemasukan

Registrasi Peserta 300 orang (Harga @ Rp 30.000) : Rp 9.000.000

Kekurangan 

Pemasukan : Rp 9.000.000

Pengeluaran : Rp 22.735.000

Total : Rp -13.735.000

PENAWARAN SPONSORSHIP 

Kami panitia pelaksana Seminar Nasional “Quo Vadis Pendidikan Bangsa Indonesia” membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua pihak untuk dapat berpartisipasi dalam mendukung suksesnya kegiatan kami. 

Segmen pasar yang luas, momen yang menjanjikan, serta sarana promosi yang menguntungkan kami tawarkan pada semua pihak untuk dapat mempublikasikan dan mempromosikan kegiatan usaha dan bisnis untuk memperluas jaringan. 

Adapun bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah kerjasama Titanium, Platinum, Gold, Silver, dan Bronze dengan rincian ketentuan sebagai berikut : 

1. Kerjasama Titanium

Kerjasama Titanium merupakan kerjasama dimana pihak sponsor bersedia menanggung 100% dari kekurangan dana.

Adapun kerjasama Titanium maka pihak sponsor memiliki hak untuk:

1. berhak untuk melarang sponsor lainnya terlibat kerjasama

2. berhak melarang sponsor kompetitor untuk terlibat kerjasama 

3. mendapatkan 1 stand di lokasi kegiatan

4. promotor dapat melakukan presentasi sebelum atau sesudah acara kegiatan

5. promotor dapat memilih item anggaran

6. dipromosikan nama produk dan brand oleh MC selama acara

7. dipersilahkan memasang sendiri umbul umbul di sekitar lokasi sebanyak 15 buah

8. dicantumkan product dan Brand serta dipublikasikan di media sosia dan juga pamflet

9. dicantumkannya logo pada fasilitas peserta dan juga tamu undangan yakni, ID card, book note

10. dicantumkannya logo dalam X-banner, banner utama.

11. dicantumkannya logo pada sertifikat peserta

12. mendapatkan cinderamata dari penyelenggara

2. Kerjasama Platinum

Yang dimaksud dengan kerjasama platinum adalah kerjasama dimana pihak sponsor bersedia menanggung total 50% dari kekurangan dana.

Adapun hak yang didapatkan oleh sponsor adalah

1. berhak melarang sponsor kompetitor untuk terlibat kerjasama 

2. mendapatkan 1 stand di lokasi kegiatan

3. promotor dapat melakukan presentasi sebelum atau sesudah acara kegiatan

4. promotor dapat memilih item anggaran

5. dipromosikan nama produk dan brand oleh MC selama acara

6. dipersilahkan memasang sendiri umbul umbul di sekitar lokasi sebanyak 10 buah

7. dicantumkan product dan Brand serta dipublikasikan di media sosia dan juga pamflet

8. dicantumkannya logo pada fasilitas peserta dan juga tamu undangan yakni, ID card, book note

9. dicantumkannya logo dalam X-banner, banner utama.

10. dicantumkannya logo pada sertifikat peserta

11. mendapatkan cinderamata dari penyelenggara

3. Kerjasama Gold

Yang dimaksud dengan kerjasama gold adalah kerjasama dimana pihak sponsor bersedia menanggung 30% dari kekurangan dana.

Adapun hak yang didapatkan oleh pihak sponsor adalah

1. berhak melarang sponsor kompetitor untuk terlibat kerjasama 

2. mendapatkan 1 stand di lokasi kegiatan

3. promotor dapat memilih item anggaran

4. dipromosikan nama produk dan brand oleh MC selama acara

5. dipersilahkan memasang sendiri umbul umbul di sekitar lokasi sebanyak 5 buah

6. dicantumkan product dan Brand serta dipublikasikan di media sosia dan juga pamflet

7. dicantumkannya logo pada fasilitas peserta dan juga tamu undangan yakni, ID card, book note

8. dicantumkannya logo dalam X-banner, banner utama.

9. dicantumkannya logo pada sertifikat peserta

10. mendapatkan cinderamata dari penyelenggara

4. Kerjasama Silver

Yang dimaksud dengan kerjasama silver adalah kerjasama dimana pihak sponsor bersedia menanggung 20% dari kekurangan dana.

Adapun hak yang didapatkan oleh pihak sponsor adalah sebagai berikut

1. mendapatkan 1 stand di lokasi kegiatan

2. promotor dapat memilih item anggaran

3. dipromosikan nama produk dan brand oleh MC selama acara

4. dipersilahkan memasang sendiri umbul umbul di sekitar lokasi sebanyak 3 buah

5. dicantumkan product dan Brand serta dipublikasikan di media sosia dan juga pamflet

6. dicantumkannya logo pada fasilitas peserta dan juga tamu undangan yakni, ID card, book note

7. dicantumkannya logo dalam X-banner

8. dicantumkannya logo pada sertifikat peserta

5 Kerjasama Bronze

Yang dimaksud dengan kerjasama bronze adalah kerjasama dimana pihak sponsor bersedia menanggung 10% dari kekurangan dana.

Adapun hak yang didapatkan oleh pihak sponsor adalah

1. dipromosikan nama produk dan brand oleh MC selama acara

2. dipersilahkan memasang sendiri umbul umbul di sekitar lokasi sebanyak 3 buah

3. dicantumkan product dan Brand serta dipublikasikan di media sosia dan juga pamflet

4. dicantumkannya logo pada fasilitas peserta dan juga tamu undangan yakni, ID card, book note

5. dicantumkannya logo dalam X-banner

Catatan:

1 Bentuk kerjasama selain yang sudah dicantumkan di dalam proposal dapat langsung menghubungi panitia penyelenggara. 

2 Segala bentuk partisipasi serta kerjasama dilakukan dengan mengisi surat pernyataan kesediaan sponsor kerjasama rangkap dua, Surat terlampir.  

3 Hal-hal yang belum diatur di atas akan diatur kemudian.  

informasi lebih lanjut :  

Dewan Eksekutif Mahasiswa STAISA Jakarta

Contact Person:   

Muhammad Rizki Saputra

Handphone/WA (0896-5481-8410) 

Fatimah 

Handphone/WA (0812-8101-9927) 

Atas perhatian, partisipasi serta kerjasama dari semua pihak, kami segenap panitia kegiatan Seminar Nasional “Quo Vadis Pendidikan Bangsa Indonesia” mengucapkan banyak terima kasih.

Nah itu tadi contoh proposal sponsorship seminar pendidikan yang bisa teman-teman contoh.

Jika butuh yang lain seperti contoh proposal sponsorship yang menarik pdf dengan tema seminar bisa diunduh pada link tersebut. Bisa melalui contoh paper.

4. Contoh Proposal Sponsorship Event Pameran

Contoh Proposal Sponsorship Pameran
Contoh Proposal Sponsorship Pameran

Dalam membuat suatu event, entah itu pameran, event lomba, maupun event lainnya, teman-teman sebaiknya membuat contoh desain proposal sponsorship yang menarik.

Apalagi jika event yang teman-teman buat adalah event pameran, pastinya dengan bantuan pihak sponsor akan sangat membantu sekali ya.

Berikut ini contoh proposal sponsorship event pameran seni lukis yang bisa teman-teman buat referensi.

Sponsorship Pameran Seni Tari Kabupaten Lumajang

A. Gambaran Umum

Berbicara soal seni, apalagi seni tari, di setiap daerah memiliki potensi dan ciri khas masing-masing.

Seni sendiri merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Salah satunya adalah seni tari. 

Dalam seni tari, terdapat banyak sekali perkembangan. Masing-masing dari tarian menggambarkan sebuah bentuk dan keindahan masing-masing.

Akan tetapi sayangnya seni tari ini mulai menggerus tarian tradisional yang sudah ada. Sehingga potensi perkembangan seni tari tradisional menjadi terhalang oleh munculnya tari-tari modern.

Dampak ini pun dirasakan di berbagai kota, salah satunya di Lumajang. Lumajang dengan berbagai macam seni tarinya sedikit demi sedikit mulai dilupakan. 

Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin seni tari tradisional Lumajang akan hilang dengan sendirinya.

Maka dari itulah, kami aliansi mahasiswa lumajang bermaksud menggelar pameran seni tari khas Lumajang dengan harapan banyak orang terutama para kaum muda agar mengetahui dan tertarik untuk melestarikan seni tari Lumajang.

B. Dasar Pemikiran

Sebagai warga negara Indonesia hendaknya selalu cinta akan budaya dan produk lokalnya. Sudah menjadi kewajiban bagi warga negara untuk turut serta dalam melestarikan budaya bangsa, termasuk seni tari di dalamnya.

Kita para kaum muda sebagai salah satu generasi penerus bangsa telah diamanatkan untuk tetap menjaga dan membudidayakannya.

C. Tujuan Kegiatan

1. Untuk melestarikan budaya Nusantara pada umumnya dan khususnya di Lumajang

2. Sebagai wadah pengenalan sejarah tari di Lumajang

3. Untuk turut serta mengenalkan budaya tari pada kaum muda di Lumajang

D. Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah “Pameran Seni Tari Lumajang” dengan tema kegiatan “Bersama membangun Budaya Bangsa”

E. Waktu dan Tempat Kegiatan

Pameran ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu – Minggu, 19 – 20 Juli 2019

Tempat : Alun-alun Lumajang

F. Target dan Sasaran Kegiatan

Target kegiatan ini adalah adalah para pelajar mulai dari SMP sampai mahasiswa dan juga masyarakat umum dengan target 1500 pengunjung.

Adapun fasilitas kegiatan ini adalah:

1. Snack lomba

2. Doorprize

3. Ilmu yang bermanfaat

G. Susunan Acara

Susunan acara ini terbagi menjadi 

1. Bazar buku yang bertempat di barat alun – alun

2. Lomba tari remaja bertempat di panggung utama sebelah selatan

3. Pameran seni lukis tari tradisional bertempat di pojok barat alun-alun

4. Seminar tari tradisional bertempat di Pendopo Kabupaten

5. Pengenalan dan pembelajaran singkat tentang tari tradisional bertempat di sebelah timur alun-alun.

Adapun untuk rangkaian utama kegiatan terlampir 

H. Susunan Panitia

Terlampir

I. Estimasi Dana Kegiatan

Terlampir

J. Penutup 

Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan kami agar bapak/ibu berkenan untuk turut serta membantu mensukseskan acara ini.

Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada suatu halangan apapun. Atas bantuan dan dukungannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Mengetahui

Panitia Pelaksana Lomba PBB se Kabupaten Blora

Suratno

Ketua Pelaksana

Avina Nur Amalia

Sekretaris

Lampiran 1. Susunan Acara Kegiatan

Susunan Acara Festival Seni Tari Lumajang

Sabtu, 19 Juli 2019

07.00 – 08.00 Registrasi peserta

08.00 – 09.30 Opening Ceremony

08.00 – 08.10 Pembukaan

08.10 – 08.30 Sambutan Ketua Panitia

08.30 – 08.45 Sambutan Bupati Lumajang Sekaligus membuka Acara

08.45 – 09.20 Pentas Seni Tari Savana

09.20 – 09.30 Penutup

09.30 – 09.45 Persiapan Seminar Sejarah Tari Lumajang

09.45 – 13.00 Seminar Sejarah Tari Lumajang

13.00 – 14.00 ISHOMA

14.00 – 16.30 Diskusi Panel Pegiat Seni Tari Lumajang

16.30 – 18.00 ISHOMA

18.00 – 22.30 Parade Tari Kebudayaan Lumajang

Minggu, 20 Juli 2019

05.00 – 08.00 CFD bersama Pegiat Tari Lumajang

08.00 – 12.00 Konser Kolaborasi Tari Tradisional Lumajang

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 17.00 Lomba Tari Tradisional Lumajang

17.00 – 18.00 ISHOMA

18.00 – 22.00 Lanjutan Parade Tari Lumajang

22.00 – 23.00 Pengumuman dan Penampilan Pemenang Lomba Tari

23.00 – 23.30 Penutup

Lampiran 2. Susunan Panitia Pameran Tari Lumajang

Susunan Panitia Pameran Tari Lumajang Tahun 2019

Pelindung : Bupati Lumajang

Penasehat : Disparbud Lumajang

Penanggung Jawab : M Nur Yudha, M.S.I.

Ketua Panitia : Suratno 

Ketua I : Imanan

Ketua II: Indrawati Nur Ania

Sekretaris : Avina Nur Amalia

Wakil Sekretaris : Bayu Adi Putra

Bendahara : Nuri Syahbandi

Wanda 

Seksi-Seksi

Seksi Acara

M Wahid Hasyim (Koordinator)

Yohanes Giovanni

Anita Yuliana

Deviana Safara

Seksi Perlengkapan

Ahmad Faizin (Koordinator)

Ilham Ali

Desriana Nuraini

Ahmad Prayoga

Seksi Publikasi

Agus Prayoga (Koordinator)

Syaiful Bahri

Halimatus Sa’diyah

Kevin Pratama

Seksi Dekorasi Dokumentasi

Andik Pamungkas (Koordinator)

Hermansyah

Lutfiana

Indasah

Seksi Keamanan

Yoga Saputra (Koordinator)

Adi Nugraha

Dwi Yuliana

Eka Ariana

Seksi Pendanaan

Nurrizqi Doni Saputra (Koordinator)

Intan Permana

Rindu Denata

Nurul Fadli 

Lampiran 3. Estimasi Dana

Estimasi Dana kegiatan Pameran Seni Tari Lumajang

Persiapan

1. Belanja Bahan

a. ATK : Rp 850.000

b. Bahan Komputer : Rp 700.000

Jumlah : Rp 1.550.000

2. Proposal

a. Pembuatan Proposal Kegiatan : Rp 30.000

b. Penggandaan Proposal Kegiatan 30 Bandel (Harga @ Rp 15.000) : Rp 450.000

Jumlah : Rp 480.000

3. Belanja Barang Non Operasional Lainnya

a. Konsumsi Rapat Persiapan Kegiatan 3 Kali (Harga @Rp 300.000) : Rp 900.000 

b. Konsumsi Petugas Identifikasi Pameran Seni Tari di Lumajang 20 Orang (Harga @ Rp 15.000) : Rp 300.000

c. Konsumsi Petugas Rekrutmen dan Seleksi Seni Tari di Lumajang 20 Orang (Harga @ Rp 15.000) : Rp 300.000

Jumlah : 1.500.000

4. Biaya Perjalanan

a. Transport Petugas Identifikasi Pameran Seni Tari di Lumajang 20 Orang (Harga @ Rp 15.000) : Rp 300.000

b. Transport Petugas Rekrutmen dan Seleksi Seni Tari di Lumajang 20 Orang (Harga @ Rp 15.000) : Rp 300.000

Jumlah : 1.500.000

Acara 

1. Belanja Bahan Non Operasional

a. Pembuatan Banner Acara Utama : Rp 150.000

b. Sewa Sound System 2 Hari (Harga @ Rp 1.200.000) : Rp 2.400.000

c. Sewa Tenda acara 6 Set (Harga @ Rp 1.200.000) : Rp 7.200.000

d. Sewa Panggung : Rp 750.000

e. Sewa Kursi 1000 Buah (Harga @ Rp 1.000) : Rp 1.000.000

f. Konsumsi Tamu Khusus dan Panitia 100 Orang (Harga @ 20.000) : Rp 2.000.000

g. Konsumsi Group Tari 100 Orang (Harga @ Rp 20.000) : Rp 2.000.000

h. Snack 1.500 Kotak (Harga @ Rp 3.000) : 

i. Dokumentasi : Rp 300.000

Jumlah: Rp 15.800.000

2. Biaya Perjalanan

a. Transport Pemateri Seminar 2 Orang (Harga Rp 100.000) : Rp 200.000

b. Transport Dewan Juri 4 Orang (Harga @ Rp 100.000) : Rp 400.000

c. Transport Group Tari 10 Rombongan (Harga @ Rp 400.000) : Rp 4.000.000

Jumlah : Rp 4.600.000    

3. Honorarium

a. Honorarium Pemateri Seminar 2 Orang (Harga Rp 1.500.000) : Rp 3.000.000

b. Honorarium Dewan Juri 4 Orang (Harga @ Rp 1.500.000) : Rp 6.000.000

c. Honorarium Group Tari 10 Group (Harga @ Rp 2.000.000) : Rp 20.000.000

Jumlah : Rp 29.000.000

Laporan Kegiatan

a Pembuatan Laporan Kegiatan : Rp 200.000

b Cetak Laporan Kegiatan : Rp 30.000

c Penggandaan Laporan Kegiatan 10 Bandel (Harga @ Rp 30.000) : Rp 300.000

Jumlah : Rp 530.000 

Total Pengeluaran : Rp 54.960.000

Rencana Pemasukan

Registrasi Peserta Lomba 20 Group (Harga Rp 300.000) : Rp 6.000.000

Kas Anggota : Rp 3.000.000

Total : Rp 9.000.000

Kekurangan : Pemasukan – Pengeluaran

Rp 9.000.000 – Rp 54.960.000

= Rp – 45.960.000

Penawaran Sponsorship

Kami dari panitia Pameran Seni Tari sangat membuka kesempatan seluas luasnya kepada semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan dan melestarikan seni tari yang sudah ada.

Dengan segmen pasar yang luas serta promosi yang kami tawarkan kepada semua pihak dalam mempublikasikan usahanya di berbagai media yang ada.

Ada berbagai manfaat yang saling menguntungkan antara keduanya. Dengan menjadi sponsor acara yang kami tawarkan maka pihak sponsor akan mendapatkan manfaat antara lain:

a. Menggambarkan bahwa perusahaan yang menjadi sponsor peduli terhadap pelestarian budaya dan juga generasi muda. 

b. Mengedepankan dan memperkuat image bahwa produk dan perusahaan yang menjadi sponsor punya representatif disetiap kegiatan.

c. Meningkatkan dan mempertahankan citra yang menjadi sponsor adalah perusahaan yang sukses dan profesional

d. Meraih pemasaran yang luas sebab dipromosikan secara terprogram melalui media cetak, dan jejaring sosial juga Radio.

e. Mendapat atensi langsung dari pengunjung kegiatan Pameran Seni Tari Tradisional Lumajang.

Adapun tawaran kerjasama yang kami tawarkan adalah Sponsor Utama, Sponsor Platinum, Sponsor Gold

1. Sponsor Utama

Yang dimaksud dengan sponsor utama kegiatan ini adalah sponsor tunggal kegiatan.

Dengan menjadi sponsor utama ini akan mendapat bentuk penawaran eksklusif dengan kompensasi pembiayaan 100% dari kekurangan dana yang dibutuhkan yaitu Sebesar Rp.45.960.000.

Untuk perjanjiannya sendiri dikukuhkan dengan perjanjian tertulis yang tidak dapat diubah tanpa persetujuan kedua belah pihak.

Adapun kompensasi yang kami berikan untuk sponsor utama adalah :

1. Nama Kegiatan Menggandeng nama Sponsor Tunggal, seperti : “Pameran Seni Tari Tradisional Lumajang Bekerja Sama dengan (Nama Sponsor Utama)”

2. Promosi dan Penyebutan Nama Sponsor pada jejaring sosial media promosi cetak , radio & Pemasangan Banner di belakang panggung

3. Pemasangan Spanduk di tempat-tempat strategis dan di sekeliling tempat acara berlangsung.

4. Tidak ada space untuk sponsor lain selain sponsor tunggal.

2. Platinum Sponsorship

Yang dimaksud dengan platinum sponsorship adalah Sponsor yang menanggung kompensasi pembiayaan 75% dari kekurangan dana yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 34.470.000.

Untuk perjanjiannya sendiri dikukuhkan dengan perjanjian tertulis yang tidak dapat diubah tanpa persetujuan kedua belah pihak.

Adapun kompensasi yang kami berikan untuk platinum sponsorship adalah :

1. Pencantuman nama sponsor pada spanduk dengan ukuran lebih kecil dari sponsor utama.

2. Promosi dan Penyebutan Nama Sponsor kedua ( Co-Sponsor 1 ) dalam Jejaring sosial dan media publikasi cetak.

3. Diberikan hak memasang spanduk perusahaan sebanyak 10 buah spanduk dengan ukuran 2 x 2 meter.

4. Pencantuman Nama Sponsor pada Tag Panitia dan Tag Peserta dengan ukuran lebih kecil dari Sponsor Utama.

5. Slot waktu iklan 50 % dalam pengiklanan

3. Gold Sponsorship

Yang dimaksud dengan gold sponsorship adalah Adalah Sponsor yang menanggung kompensasi pembiayaan 50 % dari kekurangan dana yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 22.980.000.

Untuk perjanjiannya sendiri dikukuhkan dengan perjanjian tertulis yang tidak dapat diubah tanpa persetujuan kedua belah pihak.

Adapun kompensasi yang kami berikan untuk gold sponsorship adalah :

1. Pencantuman nama sponsor pada 2 spanduk dengan ukuran lebih kecil dari sponsor utama.

2. Promosi dan Penyebutan Nama Sponsor kedua ( Co-Sponsor 2 ) dalam Jejaring sosial dan media publikasi cetak.

3. Diberikan hak memasang spanduk perusahaan sebanyak 5 buah spanduk dengan ukuran 2 x 2 meter.

4. Pencantuman Nama Sponsor pada Tag Panitia & Tag Peserta  dengan ukuran lebih kecil dari Sponsor Utama.

5. Slot waktu iklan 25 % dalam iklan kegiatan.

Bentuk-bentuk kerjasama di atas memiliki tujuan untuk memperlancar proses kerjasama antara panitia dengan pihak partisipan, maka tidak menutup adanya negosiasi-negosiasi yang fleksibel demi kelangsungan acara.

Kami pun juga menyediakan lembar kerjasama khusus yang bisa dibicarakan terlebih dahulu agar kerjasama diantara kedua belah pihak dapat berjalan dengan maksimal.

Untuk keterangan lebih lanjut dan konfirmasi kesediaan silahkan menghubungi :

Suratno (085678990110)

Nuri Syahbandi (085225702900)

Nah itu tadi contoh proposal sponsorship event pameran yang bisa teman-teman jadikan referensi.

Jika masih mencari contoh proposal sponsorship event pdf seperti contoh proposal sponsorship event musik, silahkan download pada link yang tersedia ya.

Nah itu tadi Contoh Proposal Sponsorship pdf yang bisa teman-teman unduh. Semoga teman-teman suka dan semoga bermanfaat untuk kegiatan teman-teman ke depannya.

Leave a Reply