Bahan Kain Toyobo: Jenis, kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Kalian pastinya sudah sering mendengar bahan kain toyobo premium dengan warna dan harga yang lumayan juga, bukan? Atau malah mungkin belum tahu sama sekali? Jika kalian masih belum tahu, bahan toyobo fodu sendiri biasanya dibuat kombinasi untuk membuat gamis yang dijual di pasaran. 

Toyobo sendiri seringkali dikenal dengan nama kain import yang berasal dari Jepang. Kain yang masih dalam jenis katun ini pun sudah cukup terkenal, disamping ada kain sutra, kain lycra, serta kain bahan polyester

Lalu seperti apa kain toyobo ini? Lantas apa bedanya dengan kain katun Jepang? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan Toyobo Seperti Apa?

Kain Toyobo Bahan Toyobo Seperti Apa

Bahan toyobo adalah salah satu jenis kain katun yang berasal dari Jepang dengan tekstur halus, lembut serta tersusun dari serat yang sangat rapat dan membuatnya tidak menerawang.

Mungkin diantara kalian akan sedikit kesulitan dalam membedakan antara toyobo bahan dengan jenis Katun Jepang lainnya.

Jika kalian bandingkan dengan jenis katun Jepang yang biasa, maka kalian akan melihat jika bahan toyobo import memiliki karakteristik khusus yakni sedikit lebih tebal, lebih jatuh dan cenderung glossy. Sehingga kalian tidak lagi membutuhkan furing sebagai tambahannya.

Selain itu, perbedaan mendasar lainnya yaitu katun Jepang merupakan produk lokal sementara Toyobo merupakan produk impor dari Jepang. 

Nama Toyobo sendiri konon katanya diambil dari nama perusahaan tekstil raksasa di Jepang yang bernama Toyo Boseki Kabushiki-gaisha. Perusahaan tersebut diketahui memproduksi banyak produk diantaranya Toyobo, polyester, nilon dan akrilik.

Karakteristik Kain Toyobo

Kain Toyobo Karakteristik Kain Toyobo

Walaupun sama-sama berasal dari jepang, namun bahan toyobo juga memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri. Karakteristik bahan kain toyobo yaitu: 

  1. Memiliki tekstur halus dan lembut saat disentuh.
  2. Terbuat serat alami yang sangat rapat sehingga tidak menerawang.
  3. Kainnya bersifat dingin, bahkan ada yang mengklaim jika bahan katun toyobo premium lebih dingin dibandingkan macam macam kain wolfis atau wollycrepe.
  4. Nyaman digunakan karena sifat kainnya yang cukup tebal, tidak mudah kusut, dan bersifat ‘jatuh’.
  5. Memiliki serat yang rapat sehingga membuatnya tidak menerawang dan tidak membutuhkan tambahan furing serta tidak membentuk lekuk tubuh.
  6. Dapat menyerap keringat dengan baik.
  7. Tampilannya lebih glossy dan terasa sedikit lebih licin jika dibandingkan dengan kain katun Ima premium Jepang.
  8. Umumnya memiliki corak polos.

Dari poin-poin di atas kiranya terdapat karakteristik yang sangat menonjol serta bisa menjadi pembeda dengan katun Jepang lainnya yaitu bahan toyobo tak hanya ditenun dengan serat benang vertikal dan horizontal semata, tapi juga diagonal. Inilah yang membuatnya menjadi lebih rapat dan kaku. 

Tentunya serat ini tidak hanya saling silang seperti kain ima premium slub ataupun maupun garis putus-putus seperti pada kain linen rami

Jenis Kain Toyobo

Ada macam macam kain toyobo yang dijual di pasaran, yaitu:

1. Katun Toyobo Original Import

Kain Toyobo Kain Katun Toyobo Original Import

Gamis kain toyobo original import memiliki karakteristik bahan yang tidak kaku, ringan, halus, tidak menerawang, dingin, namun agak sedikit licin. Pada umumnya kain ini digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan busana gamis, seragam kantor, jilbab, baju koko, dan lain sebagainya. 

Adapun kualitas kain ini termasuk dalam jajaran kategori eksklusif dan premium.

2. Katun Toyobo Fodu Import Premium

Kain Toyobo Kain Katun Toyobo Fodu Import Premium

Toyobo fodu import premium memiliki kualitas yang cukup bagus. Bahan ini memiliki karakteristik serat yang sangat rapat dan sedikit tebal. Selain itu, bahannya pun memiliki permukaan yang mengkilap, sehingga bisa memberikan kesan yang sangat berkelas.

Banyak dibaca:  Kain Fleece: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Bahan

Kelebihan dan Kekurangan Kain Toyobo

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan toyobo, yaitu:

Kelebihan Bahan Toyobo

Kain Toyobo Kelebihan Kain Toyobo

1. Bahan berkualitas

Dari segi kualitas sendiri, kelebihan bahan toyobo premium berada di atas katun Ima. Bahkan kualitasnya sendiri dikatakan berada di urutan teratas terbaik dibandingkan dari jenis-jenis bahan kain katun yang pernah ada.

Disusun dengan serat yang halus dan tertata rapi membuatnya menjadi halus dan licin saat disentuh dan digunakan. 

Selain itu, bahan dasar yang berasal dari serat alami berupa kapas sehingga membuatnya tetap adem dan mampu menyerap keringat dengan baik. Sehingga walaupun cuaca sedang panas, kalian pun akan tetap nyaman saat menggunakannya.

2. Tidak Menerawang

Bahan kain dan teksturnya yang cukup tebal membuatnya tidak memerlukan furing pada saat dibuat pakaian. Tentu hal ini akan sangat pas jika dibuat sebagai gamis bahan toyobo ataupun baju koko. Pakaian pun tidak akan terasa berat dan gerah.

3. Terasa Ringan dan Tidak Kaku saat Digunakan

Walaupun memiliki bahan yang tebal namun nyatanya jenis kain ini tetap terasa ringan dan tidak kaku saat digunakan. Tentunya rasa ringan ini juga dipengaruhi karena tidak adanya furing pada bagian dalam pakaian berbahan toyobo. 

4. Tidak Mudah Pudar

Warna kain toyobo jika tidak dilakukan perawatan khusus umumnya akan cepat pudar. Namun hal ini seakan sulit ditemukan pada bahan toyobo.

Walaupun kalian mencucinya dan menjemurnya berulang kali, warna dari pakaian berbahan toyobo akan tetap awet. Hal ini karena ketahanan warnanya sangat baik sehingga kalian tidak perlu khawatir warnanya cepat pudar.

5. Tidak Mudah Melar dan Kusut

Yang menarik dari pakaian berbahan toyobo yakni tidak mudah kusut dan tidak mudah melar. Sehingga walaupun kalian tidak sempat menyetrika, pakaian toyobo pun tidak akan nampak kusut.

Penampilan kalian pun akan terlihat rapi selama seharian dan terkesan mewah karena kain yang sedikit glossy.

6. Tidak Menimbulkan Alergi

Bagi sebagian orang mungkin ada yang alergi dengan bahan-bahan kimia. Namun kalian tidak akan merasa alergi pada saat menggunakan busana toyobo.

Hal ini karena proses pembuatannya menggunakan serat alami sehingga akan aman digunakan oleh setiap orang.

7. Tidak Melekat dan Tidak Memperlihatkan Lekuk Tubuh

Keunggulan bahan toyobo lainnya yakni bahannya yang tidak melekat pada tubuh. Walaupun kainnya tebal namun kalian tidak perlu khawatir bentuk tubuh kalian akan terekspos. 

Tentunya hal ini menjadi sebuah solusi bagi kalian yang memang tidak nyaman dengan pakaian yang press body, menempel pada tubuh maupun tidak nyaman jika lekuk tubuhnya terekspos.

Terlebih lagi bagi seorang wanita muslimah tentunya tidak diperkenankan untuk menunjukkan lekuk tubuhnya pada orang lain yang bukan mahramnya. Pakaian yang digunakan pun harus longgar, tidak melekat dan tidak menampakkan bentuk tubuhnya. 

8. Ada Banyak Pilihan Warna Kain Toyobo

Ada banyak pilihan nama warna kain toyobo. Tentunya hal ini akan mampu mengakomodir banyak orang. Dengan banyaknya pilihan warna maka pastinya bisa membuat kalian tampil menarik dan elegan.

Selain itu, walaupun tampak berkilau, lantas tak membuatnya tampak mencolok. Warna-warna yang melekat pada kain lebih cenderung doff sehingga sangat cocok buat kalian yang memang ingin tampil elegan dan kalem.

9. Bisa Digunakan dalam Segala Acara

Hal menarik lainnya yang dimiliki kain ini yaitu bisa dibuat sebagai bahan dasar busana formal maupun non formal.

Kekurangan Katun Toyobo

Kain Toyobo Kekurangan Kain Toyobo

Selain memiliki kelebihan, namun kain ini juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan bahan toyobo yaitu:

1. Hanya Tersedia Motif Polos

Bahan toyobo yang hadir di pasaran umumnya hanya tersedia warna-warna polos saja. Walaupun warnanya beragam namun kalian akan sangat kesulitan menemukan toyobo dengan motif atau corak tertentu. 

Mangkanya kalian jangan kaget jika toyobo yang dijual hanya warna-warna polos saja. Kalian akan kesulitan atau bahkan tidak menemukan toyobo dengan corak atau motif tertentu.

2. Tingkat Ketahanan Tidak Kuat

Jika kalian bandingkan dengan kain yang berasal serat sintetis, maka kain ini akan terlihat jelas kelemahannya.

Banyak dibaca:  Bahan Kain Spandek: Pengertian, Ciri Khas, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelemahan tersebut berupa ketahanan kain yang lebih lemah dibandingkan serat sintetis. Hal ini kiranya wajar karena memang toyobo dibuat dengan menggunakan serat alami sehingga membuat ketahanannya dibawah serat sintetis. 

Untuk mengantisipasi agar tetap awet, kalian memerlukan perawatan yang tepat agar pakaian tidak mudah rusak.

3. Harga Relatif Lebih Mahal

Selain kain yang tidak terlalu kuat, kekurangan lainnya yakni harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan katun Jepang maupun yang serupa.

Walaupun jika dilihat lagi harganya tidak terpaut jauh namun tentunya tetap memiliki pengaruh yang cukup besar. Apalagi jika kalian membeli bahan toyobo dalam partai besar. 

4. Susah Ditemukan

Walaupun sudah terkenal dan sering digunakan untuk berbagai busana, namun nyatanya sangat sulit mendapatkan bahan katun toyobo asli jepang. 

Kalaupun bisa, kalian harus membelinya langsung dari distributor kain import yang saat ini sudah susah dicari.

5. Riskan Mendapatkan Kain Katun Toyobo KW.

Harga kain toyobo yang mahal, susah dicari serta banyak peminatnya membuat banyak pabrik terutama lokal yang memproduksi toyobo KW. Artinya mereka memproduksi barang yang hampir serupa dengan aslinya.

Hal ini tentu mendatangkan kerugian tersendiri bagi para produsen dan konsumen. Apalagi jika kalian tidak jeli dalam membeli katun toyobo. Kalian yang ingin mendapatkan kain toyobo original namun dengan harga miring ternyata malah palsu. Tentu barang KW atau palsu ini kualitasnya tidak akan mampu menyamai aslinya. 

Penggunaan dalam Busana

Kain Toyobo Penggunaan dalam Busana

Ada beberapa busana yang menggunakan toyobo sebagai bahan dasar pembuatannya, baik itu busana pria maupun wanita. Adapun busana tersebut diantaranya:

1. Kemeja

Tekstur kain toyobo yang halus dan banyak pilihan warna doff yang elegan. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kemeja kantor maupun dalam acara formal.

2. Rok

Belakangan ini, desain rok yang lagi trend yaitu long flared skirt. Kebutuhan rok yang jatuh pun sangat cocok jika dibuat dengan menggunakan toyobo.

Kalian pun tidak perlu menambahkan pelapis karena kainnya sendiri sudah tebal dan bersifat flowy. Selain itu warna kain yang doff dengan sedikit kilauan akan menambah anggun penampilan kalian pada saat menggunakannya.

3. Outer

Untuk mendapatkan tampilan yang stylish, kalian bisa menggunakan outer berbahan toyobo. Ada berbagai macam outer yang tersedia di pasaran, seperti jaket, rompi, blazer, cardigan, dan lainnya. 

Outer ini selain sebagai penghangat tubuh juga sebagai busana pendukung untuk mendapatkan tampilan yang lebih proma. 

Cara Merawat Pakaian Berbahan Toyobo

Mencuci Pakaian Kain Toyobo

Perawatan kain ini tidaklah terlalu rumit dan juga tidak memerlukan perlakuan khusus. Hanya saja kalian juga perlu memperhatikan tata cara merawat pakaian toyobo agar tetap awet. Adapun caranya yaitu:

  1. Pada saat mencuci, sebaiknya jangan campur pakaian berbahan toyobo dengan pakaian yang mudah luntur.
  2. Dikarenakan kain ini yang tidak bagus pada saat kusut, maka pada saat menyetrika, gunakan setrika uap atau sekalian dicuci di tempat laundry.
  3. Sebaiknya gantungkan pakaian setelah disetrika untuk menghindari pakaian kembali lecek.

Nah itu tadi sedikit penjelasan mengenai bahan model baju kain toyobo, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Sekarang kalian bisa memilih dan membeli sendiri secara offline maupun online. 

Jika kalian membelinya secara offline, pastikan untuk memperhatikan betul tekstur kainnya. Jangan sampai salah beli ya. Demikian juga pada saat membeli online, tangan pernah tergiur dengan deskripsi harga murah berkualitas.  Umumnya harga kain toyobo per meter dijual di kisaran harga 30 ribuan.

Buat kalian yang bingung dimana harus membeli kain toyobo polos, cukup klik saja toko di bawah ini:

Cek di Tokopedia

Shopee

Lazada

Atau mungkin kalian sedang menacari kain toyobo motif? Silahkan klik di bawah ini:

Shopee

Lebih baik membeli kain yang sedikit lebih mahal tapi asli daripada murah tapi KW. Atau mungkin kalian sedang mencari informasi tentang kain majun putih? Tenang saja karena bosmeal.com menyediakan banyak informasi terkait jenis kain yang sering dijual di pasaran. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply