Cara Mematikan Antivirus McAfee

McAfee merupakan salah satu antivirus yang sering digunakan untuk melindungi komputer atau laptop dari serangan virus dan malware yang berbahaya. Hanya saja terkadang kalian perlu cara Mematikan atau menonaktifkan Antivirus McAfee agar antivirus tersebut tidak memindai virus di komputer atau laptop secara otomatis.

 Antivirus yang satu ini merupakan produk dari Perusahaan yang berpusat di Santa Clara, California.

McAfee sendiri dibuat oleh John McAfee pada tahun 1987 yang kemudian dijual kepada perusahaan Network General.

McAfee sama seperti Avast yang merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia karena mampu membersihkan virus secara langsung dari file yang terinfeksi dengan cara mengkarantina atau menghapus file tersebut.

Antivirus McAfee akan melindungi perangkat komputer atau Laptop dari berbagai serangan mulai ransomware, malware, dan phising dengan perlindungan 24 jam penuh.

Sehingga sebelum virus menyebar atau menulari file yang lain, McAfee akan langsung membersihkannya. Tentu kelebihan ini akan sangat membantu kalian agar perangkat tidak terkena virus, malware maupun phishing.

Hanya saja dibalik kelebihannya, McAfee juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan antivirus McAfee yakni update virus yang ketinggalan serta ukuran file update yang sangat besar.

Hal ini tentu akan membuat komputer atau Laptop menjadi lemot. Belum lagi buat mereka yang menerapkan proteksi real time tentu akan sangat ketinggalan update data virus terbaru yang telat untuk diatasi. 

Belum lagi terkadang notifikasi pemindaian antivirus McAfee dinilai cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Karena alasan inilah yang membuat banyak orang mengeluh dan mencari cara mematikan antivirus McAfee.

Buat kalian yang mengalami keluhan serupa, kalian bisa mencoba cara mematikan antivirus McAfee untuk sementara waktu dan juga permanen di bawah ini.

Alasan Mematikan Antivirus McAfee

Cara Mematikan Antivirus McAfee Alasan Mematikan Antivirus McAfee
Cara Mematikan Antivirus McAfee

Aplikasi Antivirus McAfee memang memiliki peranan vital dalam membantu pengguna melindungi komputer atau Laptop dari berbagai serangan virus, malware hingga phishing. 

Hanya saja terkadang McAfee malah membuat kita kesal karena dapat membuat kinerja komputer semakin lambat.

Belum lagi terkadang McAfee juga mencekal kita saat ingin download atau membuka situs yang ingin kita kunjungi. Bukan hanya itu saja, antivirus pun juga terkadang mencekal kita pada saat menginstal aplikasi tertentu. 

Banyak dibaca:  Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Lagi Trend Sekarang

Antivirus yang tujuan awalnya kita gunakan sebagai penolong pun malah seolah menjadi penghambat kinerja komputer dan membuat kesal sendiri, bukan? Karena itulah kalian perlu cara mematikan antivirus McAfee sementara atau malah menghapusnya sekaligus di perangkat kalian.

Cara Menonaktifkan McAfee

Cara Mematikan Antivirus McAffe Cara Menonaktifkan
Gambar Cara Mematikan Antivirus McAfee Sementara dan Permanen

Langkah Cara mematikan atau menonaktifkan antivirus McAfee bisa dengan sementara, menonaktifkan pemindaian otomatis dan menghapus dari perangkat Windows 10 dan 11. Adapun caranya yaitu:

1. Cara Mematikan Antivirus McAfee untuk Sementara

Kalian bisa memilih mematikan antivirus McAfee sementara waktu dan menghidupkannya kembali saat ingin McAfee memproteksi komputer kalian lagi.

Adapun cara mematikan antivirus McAfee sementara yaitu:

  1. Langkah pertama kalian buka aplikasi McAfee yang sudah terpasang di perangkat kalian.
  2. Setelah aplikasi terbuka, pilih tab PC Security.
  3. Selanjutnya pilih pilih bagian Real-Time Scanning.
  4. Pilih Turn Off guna menonaktifkan antivirus McAfee pada perangkat komputer kalian.
  5. Langkah selanjutnya atur waktu untuk mematikan antivirus McAfee sementara. Adapun pilihan waktu untuk mematikan antivirus sementara yaitu 
  • 15 menit, 
  • 30 menit, 
  • 45 menit,  
  • 60 menit, 
  • atau hingga saat PC atau Laptop restart kembali. 
  • Ingat, jangan memilih Never jika kalian hanya berniat untuk mematikan McAfee dalam sementara waktu saja. 
  1. Apabila kalian sudah menentukan batas waktunya, langsung saja pilih Turn Off.
  2. Kemudian pilih Done.

Jika bagian Real Time Scanning telah Off maka kalian sudah berhasil menonaktifkan antivirus McAfee untuk sementara waktu.

Kalian juga bisa menonaktifkan bagian lain seperti pada bagian Firewall, automatic updates, scheduled scans, dan sebagainya.

2. Menonaktifkan Pemindaian Otomatis McAfee

Selain mematikan sementara, kalian juga bisa menonaktifkan pemindaian otomatis pada antivirus McAfee.

Aplikasi McAfee akan melakukan pemindaian otomatis pada PC atau Laptop apabila pengguna mengakses aplikasi atau file sehingga notifikasi McAfee scan perangkat tidak akan muncul tiba-tiba.

Nah agar kalian tidak terganggu, kalian bisa menonaktifkan atau mematikan pemindaian otomatis antivirus McAfee dengan langkah-langkah cara di bawah ini:

  1. Pertama kalian buka aplikasi McAfee di perangkat PC atau Laptop. 
  2. Selanjutnya tekan tab ‘My Protection’ di sebelah kiri.
  3. Kemudian tekan ‘Real Time Scanning’, lalu tekan ‘Turn Off’ guna mematikan pemindaian otomatis. 
  4. Terakhir tekan ‘Turn Off’ pada jendela kecil yang muncul. 
  5. Selesai dan McAfee pun tidak akan melakukan pemindaian secara otomatis.

Setelah kalian menonaktifkan pemindaian otomatis, maka komputer sudah tidak lagi terlindungi oleh anti-virus McAfee. Kemudian agar komputer kalian tetap bersih, kalian perlu memindai manual secara berkala untuk membersihkan berkas atau aplikasi yang dinilai mengganggu. 

Banyak dibaca:  Cara Mematikan Antivirus Smadav

3. Menghapus McAfee dari Windows 10 dan 11

Cara ketiga yang bisa kalian adalah dengan menonaktifkan atau mematikan antivirus McAfee secara permanen dari Windows atau dengan kata lain menghapus McAfee.

Kalian tenang saja karena Windows 10 dan 11 sebenarnya sudah dilengkapi dengan anti-virus bawaan, yaitu Windows Defender yang berfungsi layaknya anti-virus pihak ketiga.

Sehingga sebenarnya tak ada masalah serius saat kalian menghapus instalasi McAfee dari Windows 10, karena perangkat PC atau Laptop kalian masih mendapat perlindungan dari Windows Defender. 

Adapun cara menghapus McAfee dari Windows 10 dan 11 sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan langkah menghapus aplikasi lainnya. Adapun caranya yaitu:

  1. Langkah pertama kalian masuk ke pengaturan Masuk ke pengaturan Windows 10 atau 11 dengan cara klik menu ‘Start’ kemudian pilih bagian ‘Apps’.
  2. Selanjutnya cari dan pilih ‘Apps & features’ lalu cari aplikasi McAfee. 
  3. Jika target sudah ketemu, kalian klik ‘Uninstall’.
  4. Kalian ikuti saja setiap instruksi yang muncul di layar laptop hingga prosesnya selesai.
  5. Terakhir restart (mulai ulang) perangkat PC/Laptop.

Sekarang aplikasi McAfee sudah hilang dari perangkat kalian. Perangkat komputer atau laptop kalian sekarang hanya bisa menggunakan antivirus bawaan sebagai perlindungan dari serangan malware dan lainnya.  

Penutup

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mematikan antivirus McAfee untuk sementara waktu dan permanen? Buat pengguna Windows 10 dan 11, kalian tenang saja karena perangkat PC dan Laptop masih dibekali dengan antivirus bawaan yakni Windows Defender.

Walau demikian, kalian juga tidak bisa terlalu lama mematikan antivirus McAfee karena serangan virus bisa kapan saja menyerang komputer kalian hingga dapat menyebabkan kerusakan terhadap file maupun sistem komputer kalian.

Apalagi jika kalian menyambungkan perangkat ke internet yang malah akan membuat perangkat sangat rentan terkena virus di internet.

Bukan hanya itu saja, jika kalian sudah menghapus antivirus McAfee, maka sebaiknya kalian lakukan instalasi antivirus yang mampu melindungi komputer kalian dari virus lokal juga.

Demikianlah penjelasan tentang cara mematikan antivirus McAfee baik sementara maupun permanen. Semoga penjelasan di atas dapat membantu menyelesaikan masalah. sekian dan sampai jumpa.

Leave a Reply