Makanan Khas Jogja Bakmi Pentil

Makanan Khas Jogja

Makanan Khas Jogja – Jogja, kota istimewa dengan sejuta pesona memang tidak pernah luput untuk membuat orang terpana. Mendengar kata Jogja, pasti yang ada di pikiran Kamu adalah sebuah kota dengan adat budaya yang masih mengakar di masyarakatnya meski perkembangan zaman terus bertumbuh disana.

Hal tersebut juga yang menjadikan Jogja sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Berbagai macam tempat bersejarah dan tempat wisata alam memang mampu menarik siapa saja, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun, yang menarik dari kota satu ini bukan hanya tentang beberapa tempat indahnya saja. Makanan khas Jogja ternyata juga menjadi wisata kuliner yang banyak digandrungi oleh para wisatawan. Tak terkecuali Kamu bukan?

Mendengar kalimat kuliner Jogja pasti yang terbesit di pikiranmu saat ini adalah gudeg. Memang, gudeg telah menjadi makanan khas kota istimewa tersebut dan belum lengkap rasanya jika ke Jogja tapi tidak mencicipi makanan yang satu ini.

Akan tetapi, bukan hanya gudeg yang menjadi makanan khas Kota Jogja. Masih ada beberapa makanan khas lainnya yang wajib untuk Kamu coba saat mengunjungi kota ini.

Daftar Nama Makanan Khas Jogja

“Aku mendapatkan terlalu banyak kebahagiaan dari makanan enak.”

Elizabeth Olsen

Memang, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja namun tidak menikmati berbagai macam kuliner khas yang dimilikinya. Nah, di Jogja sendiri ada berbagai macam makanan yang bisa Kamu coba.

Untuk rasa tentu sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Berbagai macam masakan khas Jogja memang selalu meninggalkan kesan tersendiri.

Tak heran, jika makanan khas Indonesia tersebut banyak disukai oleh para wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri.

Gudeg

Makanan Khas Jogja Gudeg

Makanan dari Jogja sangat identik dengan rasanya yang manis. Hal tersebut disesuaikan dengan lidah orang Jawa yang kebanyakan lebih menyukai makanan manis.

Gudeg ini tentu sudah bukan menjadi kuliner yang asing di telinga Kamu bukan?

Gudeg sendiri merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan menggunakan santan. Jadi tak heran jika rasa dari gudeg ini juga gurih.

Selain itu, warna coklat dari gudeg itu sendiri merupakan warna dari daun jati yang dimasak secara bersamaan.

Makanan khas Jogja tersebut akan disajikan bersama dengan nasi, telur, ayam kampung, tahu bacem dan sambal goreng krecek. Tak lupa disiram dengan kuah kental yang bernama areh sehingga membuatnya terlihat lebih lezat.

Krecek

Makanan Khas Jogja Krecek

Berikutnya ada krecek. Krecek ini biasanya akan disajikan bersamaan dengan gudeg. Jika gudeg memiliki rasa yang manis dan gurih, berbeda dengan krecek. Krecek terbuat dari kerupuk kulit yang dimasak dengan sambal sehingga menciptakan rasa pedas.

Perpaduan antara krecek dan gudeg merupakan perpaduan yang sangat pas karena akan menghasilkan rasa gurih, pedas, sekaligus manis. Bagaimana? Apakah Kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya?

Oseng-Oseng Mercon

Makanan Khas Jogja Oseng-Oseng Mercon

Beberapa makanan dari Jogja memang agak mirip dengan makanan khas Sunda karena memiliki cita rasa yang pedas. Buat Kamu pecinta kuliner pedas, mungkin Kamu bisa mencoba makanan yang satu ini, yaitu oseng-oseng mercon.

Nah, jika kamu belum pernah mencoba oseng-oseng mercon, berikut ada beberapa hal menarik tentang makanan tersebut yang bisa membuat kamu tidak sabar untuk mencobanya:

  • Makanan tersebut terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan menggunakan sambal atau cabai dalam jumlah banyak
  • Memiliki rasa pedas yang khas namun sangat otentik
  • Menjadi kuliner yang cocok buat kamu para pecinta pedas.

Lalu, bagaimana jika Kamu tidak suka dengan makanan pedas? Tenang saja, karena Kamu bisa memesan oseng-oseng mercon tanpa sambal. Meski tidak pedas, namun rasanya masih lezat dan nikmat.

Sate Klatak

Makanan Khas Jogja Sate Klatak

Pernahkah Kamu mendengar makanan khas Jogja yang satu ini? Mungkin, sebagian dari Kamu cukup asing dengan nama dari sate tersebut. Sate klatak merupakan sate yang terbuat dari daging kambing.

Berbeda dengan sate pada umumnya. Sate klatak terbuat dari daging kambing muda yang ditusuk dengan menggunakan jeruji lalu dibakar di atas bara api.

Bahkan, bumbu yang digunakan pada sate ini juga berbeda dengan bumbu sate pada umumnya.

Tak hanya itu, yang membuatnya lebih spesial jika dibandingkan dengan sate lainnya adalah sate klatak akan disiram dengan menggunakan kuah gulai yang gurih.

Penasaran ingin mencobanya? Nah, Kamu bisa mampir ke Jogja untuk menikmati kuliner khas satu ini.

Sate dan Tongseng Petir

Makanan Khas Jogja Sate dan Tongseng Petir

Dari namanya saja memang terdengar cukup unik bukan? Sate dan tongseng petir adalah makanan khas Jogja dengan cita rasa pedas dan banyak dicari oleh para pecinta makanan pedas.

Makanan khas yang  berada di Ringroad Utara tersebut seakan menjadi kuliner wajib bagi mereka yang suka dengan makanan dengan cita rasa pedas.

Satu porsinya berisi sate dan tongseng kambing yang dicampur dengan bumbu pedas dengan cita rasa yang sangat khas.

Sate Kelinci Mbah Ganis

Makanan Khas Jogja Sate Kelinci Mbah Ganis

Masih belum cukup dengan beberapa daftar makanan khas Jogja yang telah disajikan di atas?

Ada lagi sate kelinci Mbah Ganis yang sudah sangat melegenda. Seperti namanya, kuliner tersebut menggunakan bahan dasar daging kelinci.

Sate makan Mbah Ganis ini berada di Kaliurang dan hanya akan buka pada malam hari. Udara Kaliurang yang dingin akan membuat sate kelinci menjadi semakin nikmat jika dinikmati dengan segelas teh manis hangat.

Bakmi Jogja

Makanan Khas Jogja Bakmi Jowo

Bakmi merupakan salah satu makanan yang beberapa waktu terakhir ini tengah hits di kalangan masyarakat. Namun, pernahkah Kamu mencicipi bakmi Jogja?

Untuk rasanya, tentu bakmi Jogja berbeda dengan beberapa bakmi kebanyakan. Bakmi jogja merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu pilihan sehingga menciptakan rasa kuliner Jawa yang sangat khas.

Saat Kamu sedang berada di Jogja, Kamu tidak hanya bisa menikmati lezatnya bakmi Jogja saja. Namun, Kamu juga bisa menikmati bakmi nyemek yang diberi sedikit air sehingga membuat teksturnya menjadi lebih kental.

Jika Kamu ingin mencicipi lezatnya bakmi Jogja ini, Kamu bisa datang langsung ke Bakmi Pak Pele yang berada di Alun-Alun Kidul.

Nasi Tiwul

Makanan Khas Jogja Nasi Tiwul

Nasi tiwul merupakan salah satu makanan pokok orang zaman dahulu. Bahkan, digadang-gadang nasi tiwul baik untuk kesehatan tubuh.

Biasanya, nasi tiwul akan disajikan dengan parutan kelapa yang telah dicampur dengan sedikit garam.

Sego Abang Jirak

Makanan Khas Jogja Sego Abang Jirak

Berikutnya ada sego abang jirak yang menjadi salah satu makanan khas Jogja. Makanan yang berasal dari Gunung Kidul tersebut merupakan nasi merah yang disajikan bersama dengan sayur Lombok ijo.

Kuliner yang satu ini tentu sangat menyehatkan dan cocok buat Kamu yang sedang menjalankan program diet. Hal tersebut karena nasi merah akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Bakmi Pentil

Makanan Khas Jogja Bakmi Pentil

Selain bakmi Jogja, ada juga bakmi pentil yang memiliki rasa sangat khas. Bakmi pentil ini sendiri bisa dibilang cukup unik. Hal tersebut karena bakmi pentil terbuat dari mie yang berukuran lebih lebar dan besar.

Mie yang digunakan pun sangat khas karena terdiri dari dua warna, yakni putih dan kuning. Selain itu, teksturnya juga lebih kenyal jika dibandingkan dengan mie pada umumnya.

Aneka Jajanan Khas Jogja

Selain makanan, ada pula jajanan khas Jogja yang tidak boleh Kamu lewatkan Kamu begitu saja. Sama seperti beberapa jajanan yang ada di daerah lainnya. Jajanan Jogja juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Kamu coba.

Mendengar nama jajanan Jogja pasti yang terbesit di pikiranmu adalah bakpia pathuk. Bakpia pathuk seakan menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa saat Kamu berada di kota gudeg yang satu ini.

Namun, tahukah Kamu? Masih ada banyak jajanan khas Jogja. Bahkan, beberapa diantaranya mirip dengan makanan khas dari Cilacap. Akan tetapi tentu saja jika jajanan dari Jogja tersebut memiliki rasa yang khas dan unik.

Berikut adalah daftar jajanan Jogja yang wajib untuk Kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah;

Bakpia Pathok

Makanan Khas Jogja Bakpia Pathok

Bakpia pathok seakan menjadi jajanan khas yang wajib untuk Kamu bawa. Rasanya yang manis dan lembut tersebut memang menjadi pilihan banyak orang. Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus membeli bakpia pathuk sebagai oleh-oleh:

  • Jajanan paling populer di Jogja
  • Oleh-oleh yang sangat khas dengan Kota Jogja
  • Rasanya yang manis dan lembut membuat jajanan tersebut memiliki banyak penggemar
  • Terdiri dari berbagai macam varian rasa mulai dari kacang hijau, tela ungu dan keju.

Untuk bisa mendapatkan jajanan khas yang satu ini juga sangat mudah. Kamu bisa mendapatkanya di berbagai macam toko oleh-oleh makanan khas Jogja.

Yangko

Makanan Khas Jogja Yangko

Daftar jajanan berikutnya yang wajib untuk Kamu coba adalah yangko. Yangko sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan dan ditaburi lagi dengan menggunakan tepung ketan.

Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuat yangko agak mirip dengan kue mochi Jepang. Isian dari yangko adalah kacang hijau. Nah, yang membedakan yangko dengan mocha ialah teksturnya mocha yang lebih lembek.

Cilok Gajahan

Makanan Khas Jogja Cilok Gajahan

Walaupun cilok merupakan makanan khas Jawa Barat, namun karena saking terkenalnya hal tersebut membuat cilok gajahan menjadi salah satu kuliner khas Jogja.

Nah, untuk bisa menikmati jajanan yang satu ini tak perlu bingung. Karena banyak penjual cilok gajahan yang berjualan dengan gerobak di pinggir jalan.

Cenil

Makanan Khas Jogja Cenil

Ada banyak makanan khas Jogja yang wajib untuk dicoba. Selain beberapa jajanan yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi makanan lainnya yang bisa Kamu jadikan sebagai teman ngemil.

Cenil adalah makanan  khas Jogja dengan tekstur yang kenyal. Tak hanya di Jogja, cenil juga mudah ditemukan di beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah terutama di pasar-pasar tradisional.

Jajanan tradisional tersebut terbuat dari pati ketela pohon yang dibentuk menjadi bulat-bulat kecil atau kotak.

Agar lebih menarik, adonan tersebut diberi pewarna makanan seperti merah atau hijau. Setelah itu, cenil akan direbus sebelum bisa dikonsumsi.

Biasanya, cenil akan disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Penasaran dengan jajanan pasar yang satu ini? Nah, Kamu bisa menemukan cenil dengan mudah di Malioboro, tepatnya di area Pasar Beringharjo.

Geplak

Makanan Khas Jogja Geplak

Jogja memang identik dengan aneka makanan manisnya. Seperti jajanan yang satu ini, yaitu geplak. Geplak merupakan kue tradisional Jogja yang masih bisa ditemukan dengan mudah hingga saat ini.

Bahkan, Kamu tidak sulit untuk menemukan kue geplak di beberapa pusat oleh-oleh. Geplak terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan tepung dan gula.

Agar lebih menarik, adonan dari geplak tersebut diberi warna makanan seperti, merah, hijau, kuning, coklat dan lain sebagainya.

Gatot Gunung Kidul

Makanan Khas Jogja Gatot Gunung Kidul

Saat Kamu mengunjungi Gunung Kidul, jangan lupa untuk menikmati gatot. Nah, makanan tradisional yang satu ini terbuat dari singkong yang diparut dan dijemur hingga kering.

Agar lebih nikmat, gatot akan disajikan dengan parutan kelapa sehingga membuat rasanya menjadi lebih gurih. Rasa dari gatot ini tergantung pada kualitas dari singkong yang digunakan.

Walang Goreng

Makanan Khas Jogja Walang Goreng

Walang merupakan salah satu nama serangga yang artinya belalang. Dimana serangga ini banyak ditemukan di pantai Wonosari. Adanya kuliner khas yang satu ini karena banyaknya jumlah walang (belalang) di tempat tersebut.

Lalu, bagaimana dengan rasa dari walang goreng?

Walang goreng memiliki rasa yang gurih dan cocok untuk dijadikan sebagai teman ngemil. Tak hanya itu, bahkan kandungan gizi yang ada di dalam walang goreng ini juga cukup tinggi.

Jadi, buat Kamu yang belum pernah mengkonsumsinya, jangan lupa untuk mampir ke Wonosari dan membeli walang goreng sebagai oleh-oleh.

Peyek Tumpuk

Makanan Khas Jogja Peyek Tumpuk

Tenang saja. masih ada banyak jajanan khas Jogja yang bisa Kamu nikmati dan digunakan sebagai oleh-oleh. Peyek tumpuk menjadi salah satu makanan khas Jogja yang wajib untuk Kamu coba.

Rasanya yang gurih membuat Kamu tidak berhenti untuk mengunyahnya. Peyek tumpuk ini merupakan kacang tanah yang digoreng dengan menggunakan tepung dan digoreng dengan cara ditumpuk.

Tak hanya enak untuk dijadikan sebagai teman ngemil, namun peyek tumpuk ini juga cocok untuk dijadikan lauk saat makan. Seperti saat menikmati nasi goreng, bakso atau yang lainnya.

Nah, apakah Kamu ingin langsung mencoba jajanan khas yang satu ini? Untuk bisa mendapatkannya Kamu bisa membeli peyek tumpuk ini secara langsung di pusat oleh-oleh.

Kue Adrem

Makanan Khas Jogja Kue Adrem

Ingin jajanan kue khas Jogja dengan cita rasa tradisional? Kue adrem ini bisa Kamu jadikan pilihan. Kue adrem terbuat dari tepung beras dan juga gula jawa merah yang digoreng.

Tak heran jika kue yang satu ini memiliki rasa yang manis sekaligus gurih dan sedikit legit saat digigit. Kue adrem sangat cocok dijadikan teman ngemil bersama dengan segelas teh atau kopi panas.

Keripik Belut

Makanan Khas Jogja Keripik Belut

Ada beberapa perbedaan antara makanan dari Jogja dengan makanan khas Surabaya. Nah, keripik belut yang satu ini menjadi salah satu jajanan yang wajib untuk Kamu beli.

Belut yang digunakan pada makanan tersebut merupakan belut yang berukuran kecil. Nantinya, belut akan digoreng dengan menggunakan tepung hingga kering. Nah, hal itulah yang membuat keripik belut terasa renyah saat dimakan.

Selain bisa digunakan untuk ngemil, keripik belut ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lauk makan. Keripik belut juga lebih tahan lama jadi cocok dibawa untuk menempuh perjalanan panjang.

Kipo

Makanan Khas Jogja Kipo

Ciri khas jajanan kue yang ada di Jogja adalah rasanya yang legit. Sama seperti kue kipo yang satu ini. Tak hanya legit, kipo juga memiliki rasa yang manis.

Kipo terbuat dari tepung beras yang diberi warna hijau alami dari daun pandan. Agar rasanya lebih khas, kipo dimasak di atas wajan tanah liat dengan menggunakan arang sehingga menciptakan rasa yang lebih unik.

Jadi, mana yang akan Kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta? makanan khas Jogja memang memiliki cita rasa yang sangat khas dan membuat siapa saja yang pernah mencicipinya ingin selalu kembali ke Jogja.

Dari sekian daftar nama makanan khas Jogja yang di atas, gudeg menjadi salah satu kuliner yang selalu dicicipi oleh siapa saja yang datang ke daerah kekuasaan Sri Sultan Hamengkubuwana.

Selain itu, ada juga bakpia pathok yang menjadi jajanan tradisional pilihan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kalau kamu mau bawa pulang yang mana?

Share dulu yukss 🙂

Leave a Reply