Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya – Bicara makanan khas Indonesia, ternyata negara ini memiliki banyak kuliner lezat yang menggugah selera makan lho. Mulai dari makanan khas Bali dengan cita rasanya, makanan khas Sumatera, dan hingga makanan khas Jawa.

Nah, kali ini Kamu akan diajak untuk mengenal makanan khas Surabaya, yang mana kota ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia yang letaknya berada di provinsi Jawa Timur. Jika Kamu pecinta kuliner dan sedang berada di Surabaya, maka wajib hukumnya untuk mencoba makanan ini.

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Yang Enak


Video Review Makanan Paling Enak di Surabaya Jawa Timur

Jika hidup itu untuk makan, maka aku akan keliling Surabaya untuk menikmati kenikmatan kuliner di sana

Ada banyak alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan dari Surabaya. Sebuah kota yang terkenal dengan ikon gambar hiu dan buaya ini memang menawarkan kuliner yang sangat nikmat dan menggugah selera. Beberapa alasan yang harus kamu tahu diantaranya sebagai berikut:

  • Banyak makanan unik yang ditemukan di sini, seperti rujak cingur.
  • Rasnaya yang enak dan dibuat dengan rempah pilihan yang pas di lidah.
  • Harganya yang ekonomis
  • Sehat, nergizi dan pastinya halal

Mengapa? Sebab, Surabaya memiliki cita rasa yang khas yang menjadikan makanannya bisa diterima di lidah daerah manapun.

Mau tahu makanan apa saja yang bisa Kamu cicipi di Surabaya? Yuk langsung saja simak beberapa makanan khas Surabaya yang enak ada di bawah ini;

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Makanan Khas Surabaya yang Enak Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya yang Enak Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Jika Kamu mampir ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih. Di sini, Kamu akan menemukan sate kelapa yang dibuat dari bahan dasar daging ayam, sapi, udang, usus dan juga sum-sum.

Sate ini menawarkan rasa yang gurih dan bahkan menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang banyak dicari oleh masyarakat maupun para wisatawan. Sate ini tentunya sangat enak dan khas.

Jika Kamu ingin mencobanya, maka Kamu bisa datang ke jalan Walikota Mustahab No 36. Surabaya, Jawa Timur. Nah, untuk bisa mencicipi makanan ini, Kamu cukup sedia budget antara Rp. 20 ribu sampai Rp. 35 ribu saja.

Kepiting Cak Gundul 1992

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Kepiting Cak Gundul 1992
Gambar Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Kepiting Cak Gundul 1992

Jangan ngaku pecinta seafood jika Kamu belum mencicipi kepiting Cak Gundul ini. ini adalah salah satu seafood yang terkenal di Surabaya dan bahkan sudah buka sejak tahun 1992 lho. Setia harinya, kuliner ini selalu ramai karena terkenal dengan kelezatannya.

Bahkan, abangnya juga sudah dibuka dimana-mana lho. Ciri khas dari makanan yang satu ini adalah ukurannya yang besar dan seafood-nya masih dalam keadaan segar. Sehingga cita rasanya benar-benar lezat dan mantap.

Nah, untuk masalah harga, tenang saja karena di sini harganya sangat bersahabat. Selain kepiting, Kamu juga bisa memesan makanan lainnya di sini seperti ikan kerapu, ayam ataupun udang. Untuk makan di sini, Kamu bisa sedia budget mulai dari Rp. 35 ribu sampai Rp. 150 ribu.

Mie Pecun

Makanan Khas Surabaya Malam Hari Mie Pecun
Gambar Makanan Khas Surabaya Mie Pecun

Nama makanan yang satu ini cukup unik bukan? Lalu apa arti dari nama mie pecun?

Mie pecun merupakan singkatan dari mie pedas beracun. Sesuai dengan namanya, mie ini rasanya pedas dan sangat cocok untuk Kamu yang gila cabai.

Nama makanan di sini unik-unik dan tergolong vulgar. Namun, untuk masalah rasa tenang saja juara dan lezat banget jadi dijamin tidak akan mengecewakan.

Jika Kamu ingin mencicipi makanan yang satu ini, maka Kamu cukup sedia budget antara Rp. 10 ribu sampai Rp. 20 ribu saja. oh iya, alamat mie ini berada di jalan Anjasmoro lebih tepatnya di depan hotel Widodaren.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Makanan Khas Surabaya yang Enak Rujak Cingur Ahmad Jais
Gambar Makanan Khas Surabaya yang Enak Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur memang menjadi makanan khas Surabaya yang sangat melegenda. Nah, untuk Kamu yang ingin mencicipi rujak cingur, maka Kamu bisa mencoba rujak cingur ahmad jais.

Rujak cingur di sini porsi nya lebih besar dan harganya juga terbilang lebih mahal dibandingkan dengan tempat lainnya.

Namun, harga yang mahal ini tentu sesuai dengan rasa yang ditawarkan. Rasanya enak banget, dimana dalam satu porsi ini Kamu akan menemukan irisan tempe, cingur, buah-buah, tahu, bumbu yang khas dan cara membuatnya rujak ini begitu istimewa.

Zangrandi Ice Cream

5 Makanan Khas Surabaya yang Enak Zangrandi Ice Cream
Gambar Makanan Khas Surabaya Jawa TImur Zangrandi Ice Cream

Suka dengan es krim? Jika Kamu datang ke Surabaya, maka Kamu harus mencicipi es krim khas Surabaya yang satu ini. ini adalah es krim yang dibuat homemade dan memiliki cita rasa yang sangat khas.

Kamu juga bisa memilih beberapa rasa yang tersedia seperti macadonia, banana split, tuty fruity dan masih banyak lainnya.

Bahkan, ini juga menjadi salah satu es krim yang legend di Surabaya lho. Jika Kamu ingin mencicipinya, Kamu bisa langsung datang ke Jalan Yos Sudarso No 15 Surabaya.

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Tahu Campur Kalasan

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Tahu Campur Kalasan
Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Tahu Campur Kalasan

Ke Surabaya rasanya belum lengkap jika Kamu belum mencicipi makanan khas daerah tahu campur. Nah, untuk Kamu yang bingung mencari tahu campur Surabaya yang enak, maka Kamu bisa datang saja ke Tahu Campur Kalasan.

Tahu campur kalasan merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang enak dan legend banget dengan kelezatannya. Satu porsi tahu campur ini terdiri atas sayuran, irisan daging, perkedel, taoge, mie kuning, kuah kaldu daging, petis yang membuat rasanya sangat enak.

Tidak hanya rasanya yang enak, namun tahu campur di sini juga terjangkau dan dijamin tidak akan mengecewakan. Jika Kamu ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi kuliner khas Kota Surabaya yang satu ini ya.

Bebek Goreng Sinjay

Makanan Khas Surabaya yang Enak Bebek Goreng Sinjay
Gambar Makanan Khas Surabaya Untuk Oleh oleh Bebek Goreng Sinjay

Suka dengan olahan bebek? Jika Kamu suka maka Kamu harus mencicipi makanan khas Surabaya yang disebut dengan bebek goreng Sinjay.

Pada dasarnya kuliner tradisional ini adalah makanan khas Madura namun cabangnya ada di Surabaya, sehingga Kamu juga bisa mencicipi makanan ini di Surabaya lho.

Olahan bebek yang satu ini tentunya berbeda dengan olahan bebek lainnya. Sebab, daging bebek ini sangat empuk, selain itu tidak ada bau amis dan bahkan bumbunya juga meresap sampai ke tulang-tulang.

Apalagi dipadukan dengan sambal pencit yang mantap sekali menjadikan makanan ini sangat luar biasa untuk dicicipi.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi bebek sinjay ini, maka Kamu bisa saja langsung datang ke jalan Ahmad yani tepatnya di ruko grand Ahmad Yani Blok K No 151.

Makanan Khas Surabaya Rawon Setan

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Rawon Setan
Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Rawon Setan

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya rawon. Namun, sudahkah Kamu mencicipi rawon setan? Jadi, dada makanan khas Surabaya yang sangat enak dan pedas dan bisa Kamu cicipi yang disebut dengan rawon setan.

Rawon ini memiliki rasa yang enak dan mantap, tidak heran jika untuk mencicipinya kadang Kamu harus antre terlebih dahulu. Daging sapi yang ada di sini juga empuk dan besar lho. Hal inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk makan rawon setan.

Nasi Krawu Hj. Sufayah

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Nasi Krawu Hj Sufayah
Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Nasi Krawu Hj Sufayah

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah nasi Krawu. Nah, untuk Kamu yang ingin mencoba nasi krawu yang enak, maka Kamu bisa mencobanya di Nasi Krawu Hj. Sufayah. Nasi krawu di sini memiliki rasa yang gurih pedas dan enak banget.

Selain itu, di sini Kamu juga bisa menemukan beberapa jenis nasi krawu sesuai selera lho. Ada nasi krawu kikil, nasi krawu daging, dan masih ada lagi lainnya. Yang pastinya saat Kamu mencicipi nasi krawu di sini Kamu tidak akan kecewa karena memang rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Roti Tissue di Kedai Sabindo

Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Roti Tissue di Kedai Sabindo
Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Roti Tissue di Kedai Sabindo

Kamu pasti belum pernah mencicipi yang namanya roti tissue. Nah, di Surabaya, Kamu bisa menemukan makanan ini dengan mudahnya. Sesuai dengan namanya, roti ini begitu unik seperti martabak namun berbeda.

Ada banyak rasa yang bisa Kamu cicipi lho, mulai dari manis, gurih dan banyak lainnya. Jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan yang unik satu ini, Kamu bisa langsung datang ke kedai sabindo yang berada di jalan Gayungan Sari Timur.

Bakso Beranak

Makanan Khas Surabaya Malam Hari Bakso Beranak
Gambar Makanan Khas Surabaya Malam Hari Bakso Beranak

Bakso beranak sempat menjadi trending topic atau yang banyak dibicarakan beberrapa waktu lali. Bagi Kamu yang pecinta kuliner bakso, maka Kamu perlu mencicipi bakso beranak yang ada di daerah Surabaya.

Secara umum, bakso ini hampir sama dengan bakso beranak lainnya dimana dalam bakso besar terdapat banyak bakso kecil.

Namun untuk urusan rasa, tentunya sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, harganya yang terjangkau banget, juga ngga akan bikin Kamu berfikir panjang untuk mencoba mencicipinya.

Makanan Khas Surabaya Ta Wan

Makanan Khas Surabaya yang Enak Bubur Ta Wan
Gambar Makanan Khas Surabaya yang Enak Bubur Ta Wan

Untuk Kamu yang sedang berada di Surabaya namun tidak boleh makan nasi atau makanan yang keras, maka di sini Kamu bisa mencoba Ta Wan. Ta Wan ini adalah sebuah bubur enak yang bisa Kamu cicipi.

Rasanya yang khas ini membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan lho. Tidak hanya bubur saja, namun di sini Kamu juga bisa menemukan makanan khas Surabaya lainnya yang tak kalah enak.

Sego Sambel Mak Yeye

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Sego Sambel Mak yeye
Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Sego Sambel Mak yeye

Untuk Kamu yang sedang mencari makanan khas Surabaya malam hari yang pedas, maka Sego sambel Mak yeye ini adalah pilihan yang paling tepat. Untuk bisa makan makanan ini, Kamu bisa datang ke daerah Jagir Wonokromo.

Ada yang unik dari warung ini karena hanya dibuka menjelang tengah malam hari dan akan tutup di waktu subuh. Meskipun demikian, nyatanya setiap harinya warung Segi Sambel Mak Yeye ramai lho. Hal ini karena memang cita rasanya yang enak dan membuat siapa saja ketagihan.

Apalagi untuk Kamu yang kerja di jam malam dan lapar di jam genting ini. Maka, makanan tradisional khas daerah ini adalah solusi paling tepat untuk mengobati rasa laparmu.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Surabaya juga memiliki makanan khas yang disebut dengan lontong balap. Nah, untuk Kamu yang sedang mencari lontong balap yang enak, maka lontong balap garuda Pak gendut adalah solusi yang paling tepat.

Ini adalah sebuah warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 dan menjual lontong dengan rasa yang sama dari generasi ke generasi. Hal inilah yang menjadikan lontong balap garuda Pak Gendut banyak dicari orang, bahkan dari luar kota juga lho.

Tahu Telor dan Tahu Tek Pak Jayen

Makanan Khas Surabaya yang Enak Tahu Telor dan Tahu Tek Pak Jayen
Gambar Makanan Khas Surabaya yang Enak Tahu Telor dan Tahu Tek Pak Jayen

Lagi di Surabaya, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi tahu telor dan tahu tek Pak jayen. Di sini Kamu bisa makan tahu yang dikocok dengan telur dna kemudian digoreng dan dipotong dadu.

Kemudian tahu tersebut dicampurkan dengan tauge, kentang dan disiram dengan saus kacang yang pedas serta dicampur dengan petis. Hmm, tentunya ini enak banget. Tak lupa di bagian atasnya juga ditambah dengan kerupuk udang yang kriuk.

Membayangkannya saja sudah berliur. Nah, jika Kamu ingin mencicipinya, maka Kamu bisa datang langsung ke Jalan Dharmahusada No 112, Mojo, Gubeng, Surabaya. Dijamin deh Kamu tidak akan merasa kecewa karena rasanya memang benar-benar lezat banget.

Soto Lamongan Cak Har

Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Lamongan Cak Har
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Lamongan Cak Har

Mau cari soto lamongan di Surabaya yang rasanya enak?

Kamu wajib datang ke Soto Lamongan cak Har. Di sini, Kamu bisa menikmati lezatnya soto lamongan yang dibuat dengan menggunakan daging ayam kampung lho.

Tidak hanya itu saja, keistimewaan lain dari salah satu makanan khas Jawa Timur yang satu ini adalah Kamu akan menemukan taburan koya yang gurih.

Sehingga akan menambah kelezatan dari makanan ini. Biar lebih mantap. Kamu juga bisa menambahkan sambal lengkap dengan perasan jeruk nipis. Hmm. Jadi pingin deh.

Karena soto ini sangat populer, oleh karena itu jika Kamu ingin mencicipinya pastikan angan sampai jam makan siang ya. Sebab, biasanya soto lamongan ini sudah habis sebelum jam makan siang.

Soto Gubeng Pojok

Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Gubeg Pojok
Gambar Oleh oleh Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Soto Gubeg Pojok

Masih dengan soto di Surabaya, untuk Kamu yang suka dengan soto, maka Kamu bisa mencicipi Soto Gubeng Pojok. Hal yang membedakan soto ini dengan soto milik Cah Har adalah soto ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging dan jeroan sapi.

Kaldu yang mantap dan gurih menjadikan soto ini sangat enak untuk dinikmati selagi panas. Hanya saja porsi soto ini bisa dikatakan sedikit, sehingga Kamu harus pesan dua porsi jika ingin puas menyantap soto ini.

Makanan Khas Surabaya Kupang Lontong Cak Kartolo

Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Kupang Lontong Cak Kartolo
Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Kupang Lontong Cak Kartolo

Masih dengan makanan khas Surabaya. Bagi Kamu yang masih bingung mau kuliner tradisional apa di Surabaya, bisa mencoba Kupang Lontong Cak Kartolo.

Kupang lontong ini terdiri dari lontong dan kupang yang diapudakan dengan kuah campuran dari petis. Kupang ialah binatang sejenis kerang yang berbentuk kecil-kecil berwarna pucat.

Kuliner yang satu ini memang bukan kuliner asli Surabaya. Namun tidak ada salahnya jika Kamu mencicipinya karena letaknya yang berada di Sidoarjo dan cukup dekat kok.

Pastinya Kamu akan dimanjakan dengan kupang yang sangat enak. Jika Kamu tertarik, Kamu bisa datang ke Terminal Larangan, Candi, Sidoarjo.

Bubur Madura Pasar Atom

Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Bubur Madura Pasar Atom
Gambar Makanan Khas Surabaya Tempo Dulu Bubur Madura Pasar Atom

Jika tadi adi atas sudah dibahas makanan khas Surabaya yang berat-berat. Maka, kini saatnya Kamu tahu desert satu makanan penutup yang bisa dicari di Surabaya. Salah satu makanan yang bisa Kamu coba adalah  Bubur Madura yang ada di pasar atom.

Jika Kamu ingin mencicipi maknanya yang satu ini, Kamu bisa datang ke lantai dasar pasar atom tahap II. Di sana Kamu akan menemukan banyak penjual bubur madura, apa sih sebenarnya bubur Madura itu?

Bubur madura adalah bubur sum-sum yang disiram dengan sirup gula merah. Tidak hanya itu, namun juga ditambah dengan ketan hitam, ketan putih, mutiara, klanting, biji salak yang manis membuat rasanya enak dan khas banget.

Bubur ini sangat cocok untuk menemani sarapan Kamu di Surabaya lho. Nah, untuk Kamu yang masih bingung dengan lokasinya, Kamu bisa datang saja ke jalan Bunguran No 45, Bongkaran, Pabean Cantia, Surabaya.

Ada banyak makanan khas Surabaya yang bisa Kamu cicipi saat berkunjung ke Ibukota Jawa Timur. Pastinya makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas sudah dijamin rasanya dan tidak akan membuat Kamu menyesal saat mencoba.

Bahkan, mungkin Kamu akan rindu dan ingin mencicipinya lagi dan lagi. Oh iya, untuk masalah harga, tenang saja makanan di atas harganya masih sangat terjangkau kok.

Selain itu, lokasinya juga mudah untuk ditemukan sehingga Kamu tidak perlu khawatir ngga ketemu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk langsung berburu makanan di Surabaya sekarang juga.

Leave a Reply