Makanan Khas Madura Soto Mata Sapi

Makanan Khas Madura

Siapa sih yang tidak mengenal makanan khas Madura? Madura memang begitu terkenal di telinga masyarakat Indonesia, dikarenakan banyaknya kuliner khas dengan cita rasa yang lezat. Soto Madura dan sate Madura merupakan dua kuliner khas yang begitu terkenal di Indonesia.

Saat sedang jalan-jalan di kota-kota besar Kamu dapat dengan mudah menemukan kuliner khas Madura. Cita rasanya juga tidak jauh berbeda dengan kuliner yang ada di daerah Madura. Bahkan para penjual tersebut juga banyak yang berasal dari Madura.

Di bawah ini merupakan nama-nama kuliner khas Madura yang dapat Kamu nikmati saat berjalan-jalan atau bahkan sedang berada di Madura. Dijamin akan membuat Kamu merasa puas akan kelezatannya.

Macam-macam Makanan Khas Madura

1. Soto Madura

Makanan Khas Madura Soto Tapak Siring

Soto merupakan jenis makanan yang dapat dengan mudah ditemui di mana saja. Baik itu di kota-kota besar atau bahkan di pedesaan. Namun, cara mengolah soto dan bahan-bahan yang digunakan berbeda-beda.

Nah, soto Madura ini menjadi kuliner yang banyak disukai oleh masyarakat. Ciri khas soto Madura adalah sebagai berikut:

  • Kuah rempah-rempah yang dimasak menggunakan santan
  • Bahan soto ternyata tidak direbus, melainkan digoreng lalu dicampurkan ke dalam kuah soto yang akan dimakan.

2. Sate Madura

Makanan Khas Madura Sate

Makanan adalah sebuah bentuk paling primitif dari kenyamanan”.

~ Sheila Graham ~

Dengan menikmati kuliner yang lezat, maka Anda akan merasa nyaman, sehingga jiwa dan raga juga lebih sehat.

Selain soto Madura dengan cita rasanya yang maknyus, Kamu juga bisa menikmati kuliner yang satu ini, sate Madura. Saat menikmati kuliner khas Madura tidak lengkap rasanya jika tidak ada sate Madura.

Siapa sih yang tidak tahu sate? Terlebih lagi sate Madura yang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Sate Madura dibuat dengan bahan dasar daging ayam, kemudian disiram dengan saus kacang yang begitu lezat.

Sangat sulit menolak kelezatan sate Madura ini, karena daging ayam sudah terlebih dahulu dibakar dengan bumbu, sehingga semakin nikmat aroma yang tercipta.

3. Bebek Sinjay

Makanan Khas Madura Bebek Sinjay

Ini dia kuliner khas Madura yang selanjutnya, bebek sinjay. Dari namanya pasti Kamu sudah bisa menebak jika kuliner yang satu ini terbuat dari bahan utama bebek. Bebek sinjay menjadi kuliner favorit khas Madura setelah soto dan sate Madura.

Para wisatawan banyak yang rela datang jauh-jauh ke Madura untuk menikmati kuliner khas yang satu ini. Adapun daya tarik dari kuliner yang satu ini ada pada tekstur daging bebeknya yang lembut lalu dicocol dengan sambal yang istimewa.

Daging bebek sinjay ini digoreng sampai kering, namun di dalamnya tetap lembut. Lalu ditambah dengan kremesan dan sambal mangga muda yang terasa pedas asam. Ditambah dengan lalapan yang menjadikan rasanya semakin maknyus.

4. Nasi Serpang

Makanan Khas Madura Nasi Serpang

Makanan khas Madura yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin menikmati kuliner yang lezat sekaligus mengenyangkan. Sebenarnya nasi serpang ini mirip dengan nasi campur, namun bahan-bahan yang digunakan sedikit berbeda.

Untuk satu porsinya Kamu akan mendapatkan nasi campur dengan suwiran daging ayam dan sapi, suwiran telur, sayur oseng buncis, krecek, sambal goreng kentang, oseng tahu, tempe goreng, dan bihun.

Saat berkunjung ke Madura, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Dengan harga yang lumayan murah, Kamu sudah bisa menyantap sajian khas Madura yang mengenyangkan. Nasi serpang juga sangat cocok untuk sarapan di pagi hari.

5. Topak Ladeh

Makanan Khas Madura Topak Ladeh

Opor ayam menjadi kuliner khas lebaran yang menjadi favorit bagi banyak orang. Agar lebih bervariasi maka Kamu bisa mencoba menyajikan Topak Ladeh sebagai kuliner lebaran yang lezat.

Kuliner khas Madura ini bisa jika dilihat sekilas mirip dengan opor ayam, akan tetapi Topak Ladeh memiliki rasa yang pedas dan warna kuah merah pekat. Bahan utamanya juga bukan ayam, akan tetapi daging sapi dan lontong.

Saat lebaran tiba, Topak Ladeh selalu ditemui di rumah-rumah masyarakat Madura. Menikmati Topak Ladeh bersama dengan kerupuk akan terasa semakin nikmat.

6. Kaldu Kokot

Makanan Khas Madura Kaldu Kokot

Selain menikmati makanan khas Surabaya saat berada di Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk menyeberangi jembatan Suramadu untuk pergi ke Madura. Di sana Anda akan menemukan kuliner tradisional khas yang begitu nikmat, yaitu Kaldu Kokot.

Kaldu Kokot merupakan kuliner khas Madura yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak menggunakan kaldu daging dan sumsum. Bisa juga dengan kikil sapi beserta tulangnya.

Aroma Kaldu Kokot begitu menggiurkan, sehingga Kamu akan merasa puas dengan kelezatannya. Daging sapi juga dimasak dengan lembut disertai dengan kuah kaldunya yang kental, berlemak, dan terasa sedap.

7. Bebek Songkem

Makanan Khas Madura Bebek Songkem

Ini dia olahan bebek lainnya khas Madura, Bebek Songkem. Jika dilihat sekilas maka Bebek Songkem mirip dengan bebek yang dipepes. Saat menikmati kuliner yang satu ini maka Anda akan benar-benar menikmati kelezatan rasanya.

Bebek Songkem dibuat dari bebek dengan kualitas terbaik, lalu diberi bumbu rempah-rempah dan cabai yang pedas. Cara memasaknya dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

Aroma yang sedap dan rasa yang nikmat dapat Kamu nikmati dari daging bebek yang rendah kolesterol ini. Selain daging bebek yang lembut, Kamu juga tidak bisa melupakan sensasi rasa gurih dari Bebek Songkem ini.

8. Nasi Jagung

Makanan Khas Madura Nasi Jagung Ampok

Makanan khas Madura yang lezat dan mengenyangkan berikutnya yaitu Nasi Jagung. Di Madura, Nasi Jagung juga sering disebut sebagai Nasi Ampok. Nasi jagung dicampur dengan beras, lalu dimasak sampai pulen.

Nasi jagung yang pulen tersebut lalu disajikan dengan urap, gudangan, pepes ikan, pepes ayam, peyek ikan teri, dan lalapan. Rasanya begitu lezat, sehingga mampu menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya.

Nasi Jagung khas Madura memiliki rasa yang pedas, enak, gurih, dan pastinya akan mengenyangkan perut Kamu yang kelaparan. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga tidak akan menguras banyak isi dompet.

9. Nasi Setan Madura

Makanan Khas Madura Nasi Setan

Makanan khas Madura yang satu ini juga sangat cocok untuk Kamu yang mencari hidangan lezat sekaligus mengenyangkan. Namanya, Nasi Setan, pastinya Kamu sudah bisa membayangkan seperti apa rasa kuliner yang satu ini.

Nasi Setan Madura merupakan kuliner yang terdiri dari nasi putih hangat dengan lauk seperti empal daging, perkedel jagung, oseng tempe, telur goreng suwir, ikan tongkol pindang, oseng kentang, dan juga sambal khas Madura.

Dengan sambal khas Madura yang pedas dan nikmat dijamin akan membuat Kamu tidak akan melupakan kelezatannya. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga Kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menikmatinya.

10. Campor

Makanan Khas Madura Campor

Dari namanya sudah dapat ditebak jika makanan khas Madura yang satu ini terdiri dari beberapa bahan yang dicampur. Keunikan dari Campor ada pada kuah kaldu yang dicampur dengan bumbu kacang.

Seperti apa rasanya jika kuah kaldu dicampur dengan bumbu kacang? Pasti Kamu bertanya-tanya seperti apa cita rasanya? Nah, keunikan ini yang membuat Campor hanya ada di Madura dan tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Saat memesan satu porsi Campor, maka Anda akan mendapatkan singkong rebus yang dipotong kecil, lontong, tulang muda sapi, sumsum, dan bihun. Bahan-bahan tersebut diguyur dengan kuah santan dan bumbu kacang yang panas.

Tambahan toping daun bawang di atasnya menjadikan Campor memiliki cita rasa sangat lezat yang tidak ada duanya. Harga Campor juga sangat murah, hanya dengan Rp 7.000 Kamu sudah bisa menikmatinya.

11. Rujak Cingur Madura

Makanan Khas Madura Rujak Cingur

Saat sedang berada di Banyuwangi Jawa Timur dan menikmati makanan khas daerah Banyuwangi, maka tidak ada salahnya untuk menuju Madura yang berseberangan. Di Madura Kamu akan menemukan Rujak Cingur Madura yang mampu menggugah selera.

Sebenarnya Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya, akan tetapi berbeda dengan Madura yang memiliki Rujak Cingur dengan sensasi rasa yang berbeda.

Untuk bahannya sama dengan Rujak Cingur Surabaya, yakni cingur sapi, timun, lontong, kedondong, mangga, kangkung rebus, bengkoang, tempe, tahu, kerupuk, dan taoge.

Sedangkan yang membedakan ada pada bumbu Rujak Cingur Madura yang menggunakan petis dari ikan pindang. Petis dari ikan pindang membuat rasanya menjadi lebih gurih.

Dijamin Kamu akan terpesona dengan kelezatan rasa dari Rujak Cingur Madura. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga tidak akan menguras isi dompet.

12. Sate Laler Pamekasan

Makanan Khas Madura Sate Laler Pamekasan

Eitss, jangan berfikir yang aneh-aneh dulu saat mendengar nama Sate Laler. Bukan berarti Kamu akan mengkonsumsi sate yang terbuat dari lalat. Namun, Sate Laler Pamekasan ini dibuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil.

Ukuran dagingnya sebesar lalat, sehingga disebut dengan sate laler. Pastinya untuk kualitas rasa tidak perlu diragukan lagi. Daging sapinya yang empuk ditambah dengan bumbu kacangnya yang lezat membuat Kamu tidak akan melupakan rasanya.

Untuk satu porsinya, Sate Laler dijual dengan harga Rp 9.000 saja, sangat ramah dikantong ya dan pastinya Kamu akan puas dengan rasa yang ditawarkan.

13. Soto Mata Sapi

Makanan Khas Madura Soto Mata Sapi

Makanan khas Madura yang tidak boleh ketinggalan untuk dinikmati adalah Soto Mata Sapi. Kuliner ini tidak menggunakan telur mata sapi, namun mata sapi sungguhan yang dibuat menjadi soto yang lezat.

Soto Mata Sapi khas Bangkalan ini menyajikan mata sapi yang berbalut tulang. Dipadukan dengan bumbu khas Madura yang nikmat, dijamin akan menggugah selera siapapun untuk menyantapnya.

Soto Mata Sapi sangat cocok dinikmati saat udara sedang dingin serta saat soto masih panas. Untuk harganya juga sangat bersahabat, dengan merogoh kocek Rp 12.000 saja Kamu sudah bisa menikmati Soto Mata Sapi yang fenomenal ini.

14. Nasi Petis

Makanan Khas Madura Nasi Petis

Kuliner Nasi Petis ini bukan berarti Kamu akan mendapatkan nasi yang dicampur dengan petis. Akan tetapi, Nasi Petis merupakan kuliner khas Bangakalan dengan porsi jumbo dengan lauk yang melimpah.

Dalam Nasi Petis biasanya terdapat nasi dengan separuh telur rebus, jeroan sapi, dendeng, limpa, dan hati sapi yang berukuran besar. Sedangkan untuk petisnya terdapat dalam kuah santan yang kental.

15. Tajin Sobih

Makanan Khas Madura Tajin Sobih

Tajin Sobih jika dilihat sekilas mirip dengan bubur sumsum. Akan tetapi ketika diamati dan dinikmati maka terdapat perbedaan mendasar dengan bubur sumsum.

Tajin Sobih dibuat dari campuran tepung ketan dan tepung terigu yang disiram dengan gula merah cair. Kuliner yang disajikan di atas pincuk daun pisang ini memiliki rasa yang manis dan legit.

Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk menikmati kuliner khas Madura tersebut?

Datanglah ke Madura untuk menikmati kuliner khasnya secara langsung. Selain menikmati makanan khas Madura Anda juga bisa menikmati makanan khas Malang yang kelezatannya juga tidak perlu diragukan lagi.

Leave a Reply