Makanan Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo – Pernah mendengar julukan Kota Reog? Ya pasti kamu langsung teringat dengan Ponorogo. Kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini memang terkenal dengan kesenian reog nya.

Selain sebutan kota reog yang disematkan, Kabupaten Ponorogo juga dikenal dengan kota santri, karena terdapat banyak pondok pesantren. Salah satu yang terkenal adalah Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pondok Pesantren Gontor ini terletak di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Ponorogo.  Hal ini yang menjadi salah satu faktor Ponorogo dikunjungi pendatang dari luar daerah selain berkunjung untuk berwisata.

Kunjungan dari masyarakat luar daerah biasanya mencari dan mencoba mencicipi hidangan khas yang terdapat di kota tersebut. Di Ponorogo sendiri terdapat banyak makanan khas yang bisa kamu coba. Nah berikut beberapa diantaranya:

1. Rujak Petis Welirang

makanan khas ponorogo_rujak petis welirang

resepinfo[dot]com

Sepintas, rujak petis welirang akan nampak seperti rujak cingur asli Surabaya. Sama-sama menggunakan sayuran dan sambel kacang yang dicampur dengan petis. Namun jika ditelisik lagi ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Jika rujak cingur asli Surabaya menggunakan cingur sapi, nah untuk rujak petis welirang menggunakan kikil sapi. Tapi jangan salah, kikil sapi yang digunakan sudah direbus hingga empuk sehingga tak alot lagi saat dinikmati.

Nah untuk kamu yang penasaran isian rujak petis welirang, terdiri dari lontong, rebusan sayur-sayuran seperti kacang panjang, tauge, lalu diatasnya ditambahkan irisan kikil sapi dan disiram sambal khasnya.

Rujak petis welirang sangat cocok dinikmati pada siang hari. Ditemani dengan krupuk uli, juga minuman segar karena rujak ini terkenal pedasnya. Ohya untuk kamu yang tak suka pedas, bisa meminta jumlah cabainya sesuai selera loh.

Dinamai rujak petis welirang karena dulunya rujak welirang dijajakan di Jalan Welirang. Namun sekarang kamu bisa menjumpainya di depan Terminal Lama Ponorogo. Selamat mencoba ya.

2. Nasi Pecel Tumpuk

makanan khas ponorogo_nasi pecel tumpuk

galinusantara[dot]blogspot[dot]com

Nasi lengkapi dengan sayuran rebus ditambah dengan siraman sambal kacang mungkin sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Ya nasi pecel, makanan yang sudah familiar buat kita semua bukan?

Namun apakah kamu sudah pernah mencicipi nasi pecel tumpuk khas Ponorogo? Sebenarnya nasi pecel tumpuk masih seperti nasi pecel pada umumnya, hanya saja cara menghidangkannya saja yang berbeda.

Nasi pecel tumpuk nampak seperti dua porsi nasi pecel ditumpuk menjadi satu. Ya nasi, sayuran rebus kemudian ditumpuk dengan nasi lagi dan disiram dengan sambal kacang yang nikmat.

Ada hal lain yang membedakannya nasi pecel Ponorogo dengan nasi pecel lainnya, yaitu jenis sayuran yang dipakai. Terdapat tambahan kenikir, kemangi dan timun yang tidak biasa ada di hidangan nasi pecel lain.

Nasi pecel enak dinikmati kapanpun, baik untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam. Nah paling enak jika dilengkapi dengan gorengan seperti tempe ataupun piya-piya juga rempeyek.

3. Sego Tahu

makanan khas ponorogo sego tahu

kurio[dot]id

Sego tahu atau yang dalam bahasa Indonesia berarti nasi tahu merupakan makanan khas Ponorogo. Sajiannya nampak sederhana namun jangan salah, rasa yang ditawarkan luar biasa.

Dari namanya saja sudah nampak, jika sego tahu berisi nasi, irisan tahu kemudian disiram dengan sambel kecap. Namun untuk menambah kelezatannya ditambahkan kol dan taoge mentah, juga kacang dan bawang goreng diatasnya.

Jika kamu suka dengan seledri, bisa ditambahkan irisan seledri juga loh. Untuk rasanya adalah pedas manis. Sego tahu makin nikmat disajikan menggunakan kerupuk juga segelas es teh manis.

Harga seporsi sego tahu amatlah terjangkau. Kurang dari sepuluh ribu rupiah saja kamu sudah dapat menikmati kelezatannya. Kamu dapat menjumpai sego tahu khas Ponorogo di Jalan 275 Ponorogo.

Sangat menarik untuk dibaca nih!

5 Makanan Khas Surabaya Jawa Timur Untuk Oleh oleh
Daftar Nama Makanan Khas Indonesia dan Daerah Asalnya
Nama Makanan Khas Probolinggo Kota Jawa Timur Paling Enak

4. Tiwul Goreng

makanan khas ponorogo tiwul goreng

idntimes[dot]com

Kamu rindu makanan ndeso? Nah salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah nasi goreng tiwul. Tak usah diragukan lagi, rasanya dijamin enak.

Meski berbahan dasar dari singkong gaplek yang diolah menjadi tiwul, tiwul goreng tak kalah lezat dengan nasi goreng pada umumnya.

Kamu yang sedang berada di Ponorogo, bisa mengunjungi Telaga Ngebel Ponorogo untuk menikmati Tiwul Gorengnya. Di sana banyak dijajakan tiwul goreng yang terkenal nikmatnya.

Singkong gaplek yang diproduksi di Ngebel terkenal memiliki kualitas yang bagus, sehingga tiwul yang dihasilkan pun memiliki rasa yang nikmat. Kamu juga bisa menikmatinya bersama ikan ngongok.

Ikan ngongok sendiri merupakan ikan endemik telaga Ngebel, biasanya disajikan dengan cara digoreng. Sudah terbayang kan, menikmati tiwul goreng dengan ikan ngongok di tepian telaga?

5. Sate Kopok

makanan khas ponorogo - sate kopok

gotravelly[dot]com

Di Ponorogo sendiri, sate merupakan makanan khas yang banyak dijumpai. Namun ada yang berbeda dengan yang satu ini, yaitu sate kopok. Sate ayam dengan sambal yang berwarna agak putih.

Sambal yang ada pada sate kopok inilah yang membedakannya dengan sate lain. Sambal yang berasal dari sambal kacang  dicencerkan dengan santan. Untuk rasanya jangan diragukan lagi, sudah pasti enak.

Sudah enak, harganya pun terjangkau. Nah kamu yang ingin mencari sate kopok bisa langsung datang ke Pasar Jetis. Di sana banyak sate kopok dijajakan, selamat mencoba.

6. Gethuk Golan

makanan khas ponorogo - gethuk golan

travelingyuk[dot]com

Makanan berbahan dasar singkong ini memang banyak kita jumpai di Jawa Tengah maupun Jawa Timur, gethuk namanya. Namun di Ponorogo terdapat gethuk yang khas yakni gethuk  golan.

Dinamakan gethuk golan karena memang kita bisa menjumpainya di Desa Golan, Ponorogo. Yang membedakan gethuk golan dengan getuk lainnya adalah penyajiannya yang dibarengi dengan ketan hitam.

Diatas daun pisang yang dipincuk, getuk diiris ditambahkan ketan hitam kemudian ditaburi kelapa parut dan disiram dengan kuah gula jawa.

Rasa manis yang ditawarkan sungguh menggugah selera bukan? Nah untuk menikmatinya tak perlu merogoh kocek dalam, karena harganya hanya berkisar tiga ribu rupiah saja.

7. Jenang Mirah, Makanan Khas Ponorogo

makanan khas ponorogo - jenang mirah

travelingyuk[dot]com

Jenang mirah adalah makanan khas Ponorogo yang memiliki rasa manis nan legit. Lebih sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Ponorogo karena rasanya yang enak juga tahan lama.

Jenang mirah berbahan dasar tepung ketan, santan dan gula merah. Kemudian diolah sedemikian rupa hingga memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna kecoklatan.

Dalam jenang mirah juga biasa ditambahkan wijen untuk memperkaya rasa. Untuk kamu yang menyukai makanan manis, jenang mirah cocok kamu pilih sebagai camilan. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

8. Serabi Santan Ponorogo

makanan khas ponorogo_serabi santan

travelingyuk[dot]com

Pilihan makanan ringan lainnya yang ada di Ponorogo adalah serabi. Serabi yang memiliki rasa gurih ini disajikan dengan kuah santan dan gula jawa yang membedakannya dengan serabi yang ada di daerah lain.

Serabi biasa dijajakan pada pagi hari. Nah untuk kamu yang ingin menikmatinya, sebaiknya dimakan selagi hangat karena akan terasa lebih nikmat.

Namun untuk kamu yang menghindari untuk memakan santan, serabi ini juga bisa disajikan dengan menggunakan parutan kelapa. Rasanya pun akan dominan gurih.

Tinggal pilih, memilih menggunakan santan atau menggunakan parutan kelapa? Sama-sama enak kok, pun harganya juga terjangkau loh. Selamat menikmati serabi santan khas Ponorogo ini ya.

Bagaimana sudah menambah referensi kamu mengenai makanan khas Ponorogo belum?

Selain delapan makanan khas Ponorogo diatas, ada dua lagi menu yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar makanan yang harus dicoba saat mengunjungi Kabupaten Ponorogo. Diantaranya ialah Sate Ayam Ponorogo dan Es Dawet Jabung.

Itulah 10 nama makanan khas Ponorogo Jawa Timur yang paling terkenal. Selamat mencicipi ya.

Leave a Reply