Pesona Pantai Payangan

Alamat: Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172, Indonesia

Terletak sekitar 32 km dari kota Jember.

Liburan ke pantai memang menjadi salah satu momen yang menyenangkan. Untuk yang sedang merencanakan liburan, coba deh isi liburan Anda dengan wisata ke Pantai Payangan Ambulu. Ini adalah salah satu pantai yang berada di kabupaten Jember, Jawa Timur. 

Pantai ini sangat populer karena unik dan membuat para pengunjung yang datang terkagum-kagum. Bahwa wisatawan yang datang bukan hanya wisatawan lokal, melainkan banyak diantaranya adalah wisatawan dari mancanegara lho. Wisata Pantai Payangan Jember juga dikenal dengan nama Teluk Love atau Teluk Cinta.

Sebagai sebuah kawasan wisata bertema alam, tentu Pesisir Payangan memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya air lautnya yang terlihat jernih dan alami. Ditambah lagi dengan berbagai paduan warna dan garis yang terbentuk dari garis pantai dan juga pepohonan. 

Anda pun pastinya akan dapat menikmati keindahan pantai secara langsung. Lalu apa saja info terkait destinasi wisata ini? Dimana lokasi pantainya? Apa saja fasilitas yang tersedia di sini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Mitos dan Misteri Pantai Payangan

Pantai Payangan Jember Misteri dan Mitos Pantai Payangan

Pantai Payangan sama seperti Pantai di wilayah selatan yang menyimpan banyak mitos dan misteri, diantaranya:

1. Penguasa Laut Selatan Jawa

Misteri tersebut tak bisa lepa dari cerita Nyi Roro Kidul sebagai penunggu Pantai Selatan. Ada juga mitos lain yang berkembang di masyarakat setempat berupa sosok gaib penunggu pantai payangan Jember yang bernama Nyai Tatram Sari atau dikenal juga dengan Datu Ibrahim.

Sehingga tidak jarang orang-orang di sekitar pantai banyak yang melakukan larung sesaji. Ritual ini berisi kepala kerbau atau hasil bumi lainnya yang kemudian dilarung ke laut. Upacara ini diyakini sebagai penolak bala maupun mendatangkan rezeki.

2. Ada perbukitan mistis

Di sekitaran Pantai Payangan terdapat beberapa bukit kecil. Setidaknya ada empat bukit yang dikenal, yakni Bukit Sroyo (Gunung Wedus), Bukit Samboja, Bukit Seruni, dan Bukit Syarat.

Diantara keempat bukit tersebut, Bukit Syarat lah yang mengandung kisah misteri. Bukit yang terletak diantara Bukit Sroyo dan Bukit Samboja ini terdapat makam tua. Menurut masyarakat sekitar, makam tersebut merupakan makam seorang tokoh bernama Pati Ulung.

3. Terdapat Pulau Gaib

Masyarakat sekitar meyakini adanya pulau gaib yang bernama Pulau Trembini di sekitar Pantai Payangan. Walau memang lokasi keberadaannya belum pasti. Ada yang mengatakan lokasinya di sekitaran Pesisir Payangan dan ada juga yang menyebutkan di dekat Pulau Nusa Barong. Bahkan ada yang menyebutkan di sekitar pantai selatan Jawa, yakni dari Jember hingga Malang.

Mitosnya jika pulau tersebut hanya dihuni oleh kaum hawa dan terlarang untuk kaum Adam. Pulau ini pun juga terlarang untuk manusia. Jika ada yang terjebak atau tanpa sengaja memasukinya, dia tidak akan bisa kembali dalam keadaan hidup. Mitos ini dipercaya oleh masyarakat, terutama para nelayan di sana.

Mitos dan misteri inilah yang membuat banyak warga dari luar daerah yang melakukan ritual hingga menjadi heboh ritual maut di pantai payangan jember tewaskan 11 orang beberapa waktu yang lalu.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Bajul Mati

Tiket Masuk Pantai Payangan Jember

Pantai Payangan Keindahan Wisata Pantai Payangan Teluk Cinta Love Ambulu Jember Pada Saat Malam

Untuk yang ingin liburan ke pantai ini, maka Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000 per orangnya. Dengan membayar harga tiket ini, Anda sudah bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan baik itu tempat makan, gazebo, dan tempat ibadah. Sementara untuk biaya parkirnya, Anda akan dikenai biaya Rp 15.000 per mobilnya.

Hal ini tentunya sangat ekonomis dan murah jika dibandingkan dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Apalagi jika Anda datang bersama dengan rombongan, tentunya pantai ini adalah lokasi yang paling tepat untuk berlibur. Nikmati juga keindahan air terjun Pantai Pelang.

Objek Wisata Pantai Payangan

Liburan di pantai ini tentunya tidak akan mengecewakan. Sebab, ada banyak objek wisata menarik yang ditawarkan oleh pantai ini. mau tahu apa saja objek wisata ini? yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Teluk Love (Teluk Cinta)

Pantai Payangan Jember Teluk Love atau Cinta

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan oleh pantai ini adalah adanya teluk cinta. Teluk ini memiliki simbol seperti hati yang bisa dilihat dengan jelas dari atas bukit. Tidak heran jika pantai Payangan teluk Love menjadi pantai yang paling sering didatangi oleh pasangan. Bahkan, pantai ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi untuk prewedding. Coba juga prewedding di Pantai Peh Pulo Blitar Jawa Timur.

2. Menawarkan Karakteristik Pantai yang Berbeda

Pantai Payangan Keindahan Wisata Pantai Payangan Teluk Cinta Love Ambulu Jember Karakteristik Pantai yang Berbeda

Pada dasarnya, pantai Payangan ini dibagi menjadi tiga bagian pantai. hal inilah yang membuat pantai ini terlihat begitu unik dan juga menarik. Bagian bibir pantai berbentuk melengkung ke arah utara sedangkan pasir pantainya berwarna hitam.

Sedangkan di bagian tengah pantai terdiri atas bebatuan yang unik dan cantik. Sementara di bagian lengkungan bagian selatan terdapat padang rumput yang biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk camping.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai Payangan Keindahan Wisata Pantai Payangan Teluk Cinta Love Ambulu Jember Menikmati Sunset dan Sunrise

Untuk Anda para pemburu sunset dan sunrise, maka Pantai Payangan Jember Teluk Cinta adalah lokasi yang paling tepat. Pemandangan matahari di pantai ini sangat mempesona dan bahkan tampak terlihat romantis karena adanya simbol cinta di sana.

Nah, untuk Anda yang ingin menikmati sunset dan sunrise di pantai ini, maka sangat disarankan untuk melakukan camping di sini. Jangan lupa untuk membawa peralatan camping karena tempatnya sendiri sudah disediakan.

4. Pantai yang Dikelilingi Dengan Perbukitan

Pantai Payangan Keindahan Wisata Pantai Payangan Teluk Cinta Love Ambulu Jember Dikelilingi Dengan Perbukitan

Hal menarik lain yang bisa Anda temukan di pantai ini adalah dimana pantai ini dikelilingi dengan perbukitan. Bukit-bukit ini seolah-olah menjadi pelindung bagi pantai.

Bahkan, dari atas bukit para pengunjung bisa melihat keseluruhan pantai dengan indahnya. Hal inilah yang menjadikan banyak wisatawan yang datang berkunjung merasa betah.

5. Menikmati Indahnya Gemerlap Bintang di Malam Hari

Pantai Payangan Keindahan Wisata Pantai Payangan Teluk Cinta Love Ambulu Jember Pada Saat Malam

Saat Anda bermalam di pantai ini, maka Anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan malam. Langit pantai Payangan ini akan dipenuhi dengan bintang yang gemerlap yang membuat malam tampak terasa lebih romantis. Bahkan, Anda juga bisa melihat aktivitas nelayan yang mencari ikan di malam hari lho.

Fasilitas di Pantai Payangan

Pantai Payangan Keindahan Wisata Pantai Payangan Teluk Cinta Love Ambulu Jember Fasilitas Wisata

Jika anda berlibur di pantai ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan fasilitasnya. Ini adalah pantai yang murah namun menyediakan fasilitas yang lengkap. Bagaimana tidak, di pantai ini Anda sudah bisa menemukan gazebo untuk beristirahat, warung makan untuk mengisi perut yang kosong, kamar mandi, dan juga mushola untuk beribadah.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Karanggongso

Bahkan, tempat parkirnya juga dekat dan nyaman banget. Untuk Anda yang ingin bermalam juga sudah disediakan area camping. Hal inilah yang menjadikan pantai ini begitu diminati oleh para pengunjung yang datang.

Rute Perjalanan dan lokasi pantai Payangan Jember

Pantai Payangan Letak Lokasi Pantai Payangan Ambulu Jember

Dimana letak lokasi Pantai Payangan? Pesisir Payangan berada di Dusun Sido Mulyo, Desa Suberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasinya mudah untuk ditemukan karena berdekatan dengan pantai populer lain seperti pantai Watu Ulo.

Jika Anda datang dari pusat kota Jember, maka Anda hanya membutuhkan jarak kurang lebih 32 kilometer saja untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini. jika Anda datang dari Jember, maka Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke kacamatan Ambulu.

Sesampainya di perempatan Ambulu, Anda hanya tinggal mengikuti arah menuju ke selatan. Nantinya Anda akan tiba di pantai Watu Ulo. Setelah sampai di pantai ini, maka Anda harus melanjutkan perjalanan sedikit lagi untuk tiba di pantai Payangan.

Yang pastinya pantai ini mudah untuk ditemukan. Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan GPS atau bahkan pertama dengan warga setempat. Awas jangan sampai kesasar ke pantai Watu Ulo ya karena untuk menuju ke pantai ini harus melanjutkan perjalanan sedikit lagi. Setelah dari sini, jangan lpa untuk mampir ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Cerita dari Beberapa Wisatawan

Ada beberapa cerita menarik yang disampaikan oleh wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan pantai Payangan. Cerita ini diambil dari review yang diberikan oleh mereka melalui maps. Adapun cerita tersebut diantaranya:

Niat hati mau ke Teluk Love, tapi baru masuk wilayah Pantai Payangan sudah di hadang warga sekitar, disuruh parkir disitu. Okelah kita memang baru pertama kali trip ke Teluk Love jadi masih awam soal sekitar situ. Masyarakat sekitar juga kurang ramah saat menerima kunjungan wisatawan dari luar daerah. Dan yang bikin geleng-geleng kepala parkirnya tidak manusiawi, parkir bus kecil saja 75rb. Bikin kapok dan tidak mau balik lagi.

Wisata pantai murah meriah,. Eksotis pantainya..

Untuk pemandangan dari atas, harus naik ke bukit Sambora.

Tiket 10K saja,. Untuk pantai cukup bayar 15K parkir mobil,.

Dilarang berenang disini karena ombak besar, dan landai dalam pantainya.,

niat mau ke teluk love tapi malah diarahin ke pantai ini sama OKNUM masyarakat setempat🥵 Ati2 aja yg mau kesini, bayar parkir 75k dan orang2nya pada arogan, alias tidak ramahhh

Pantainya jelek banyak pungli masak bayar bus aja 75 ribu dan banyak perlakuan masyarakat sekitar yang kurang baik terhadap pengunjung pantai

Jangan pernah masuk ke pantai ini di sini banyak pungli dan di sini warga sekitar tidak ramah sama sekali dan parkir tidak wajar 75 ribu😤😤😤😤😤😤😤

Niat mau ke teluk love malah di hadang di pantai ini. Apalagi masalah pelayanan tidak menyenangkan, dan pengelolaan masyarakat tidak ramah dan cenderung arogan. Tolong di pantau lebih lanjut lagi untuk dinas pariwisata jember

Dari cerita tersebut tentunya sangat miris bukan? Tentu kejadian seperti ini perlu ditindak lanjuti bersama. Jangan sampai malah membuatnya menjadi sepi.

Di luar itu semua, tempat wisata pantai Payangan ini adalah lokasi yang paling tepat untuk berlibur. Tunggu apa lagi, yuk langsung saja segera rencanakan liburan Anda ke Jember dan jangan lupa untuk singgah ke pantai ini.

Leave a Reply