Pesona Pantai Pulau Merah

Apakah kalian masih beranggapan jika destinasi wisata terbaik ada di Bali? Jika iya, agaknya sekarang kesampingkan dulu deh. Sekarang ini lokasi wisata terutama pesisir sudah ada di berbagai wilayah, salah satunya wisata pantai pulau merah Banyuwangi. Bahkan banyak yang membuat deskripsi jika keindahan destinasi wisata di sini tak kalah dengan Bali. 

Kian hari destinasi wisata di kota yang terkenal dengan sebutan The Sunrise of Java mulai tertata dan banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan Ternyata, destinasi wisata pantai yang mulai tertata di Kota Gandrung membuat beberapa diantaranya kian booming seperti di Pantai Pulau Merah.

Pulau Merah atau Pulo Merah juga dikenal dengan Red Island dan Pantai Boom Banyuwangi merupakan sedikit dari sekian banyak tempat wisata yang terkenal di Banyuwangi. 

Dengan tampilan pantai yang bersih serta debur ombak yang menggoda membuat pantai ini dikenal dengan tempat surfing terbaik di Bumi Blambangan ini.

Selain itu, Pantai Pulau Merah, Banyuwangi juga terkenal akan keberadaan bukit hijau kecil dengan tanahnya yang merah. Nah, di tempat ini juga terdapat pura untuk melakukan upacara Mekiyis bagi warga Hindu. Saat ini, wisata alam Pulau Merah dikelola Perum perhutani unit II Jatim.

Tak hanya keadaan pulau saja yang menjadi magnet utamanya, Sebab, jalur untuk menuju ke lokasi pun menarik untuk dibahas. Pasalnya sangat menantang dan membutuhkan effort lebih. Daripada penasaran, sebaiknya simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Asal Usul dan Sejarah Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Asal Usul dan Sejarah Pantai Pulau Merah

Ada cerita menarik terkait asal usul dan sejarah yang dimiliki destinasi wisata ini. Profil Pantai Pulau Merah di Banyuwangi ini dulunya dikenal oleh warga dengan nama Ringin Pintu.

Nama pantai ini kemudian berubah menjadi Red Island Beach karena para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini menyebutnya dengan Pulau Merah atau Red Island. Akhirnya pemerintah pun mengganti nama Ringin Pintu menjadi Pulau Merah.

Para wisatawan menjuluki demikian tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil di dekatnya. Nah pulau tersebut berwarna merah. Karena itulah kemudian mereka menyebutnya dengan Pantai Pulau Merah Banyuwangi Jawa Timur.

Jika kalian perhatikan memang warna merah ini tidak akan terlihat secara langsung lantaran tertutup oleh pepohonan yang menjulang tinggi.

Disamping pulo yang berwarna merah, julukan ini juga diambil karena pantai pulau merah banyuwangi memiliki keunikan berupa perubahan warna pasir menjadi warna merah pada sore hari.

Perubahan ini karena dipengaruhi oleh air dan paparan sinar senja yang hendak tenggelam. Kalian akan melihat dengan jelas jika mengunjungi rute ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi saat musim kemarau tiba.

Objek Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Ada banyak keseruan yang bisa kalian dapatkan ketika berwisata di Pantai Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Bukan hanya pemandangan saja, tapi juga terdapat berbagai macam pesona. Yang pasti kalian akan puas ketika berwisata di sana. Adapun aktivitas yang bisa kalian nikmati tersebut adalah:

1. Asiknya Olahraga Surfing

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Serunya Surfing

Terkenal dengan spot surfing yang memacu adrenalin, Pantai Pulau Merah, Banyuwangi memiliki ombak yang cukup bersahabat. Kalian yang belum bisa surfing pun tidak perlu risau. Pasalnya di sini sudah ada para pengajar yang siap mengajarkan teknik-teknik surfing kepada wisatawan yang masih baru. 

Di sisi lain, bagi para profesional tentu ombak yang bisa mencapai 5 meter tingginya sangat menarik untuk ditaklukkan. 

Di sini, kalian bisa menyewa peralatan di sekitar lokasi dengan harga yang terjangkau. Pastikan Anda di bawah pengawasan profesional saat melakukan aktivitas ini, ya!

Jika ombak di kawasan ini terlalu berbahaya, kalian bisa memilih pantai plengkung untuk aktifitas surfing. Alasannya karena ombak di Pantai Plengkung lebih bersahabat dan mudah ditaklukkan jika dibandingkan dengan ombak di Red Island. Penasaran seperti apa sensasinya? Silahkan kalian datang sendiri dan rasakan perbedaan keduanya.

Jika ombaknya kurang dari 2 mater, kalian bebas bermain dan berenang di laut. Akan tetapi jika ombaknya setinggi 2 meter lebih atau bahkan lebih dari 5 meter para petugas akan melarang kalian bermain di laut. Sehingga kalian yang masih pemula dalam surfing sebaiknya ikuti himbauan petugas.

Beda lagi jika kalian memang peselancar profesional maka silahkan saja bermain-main dengan ombak. Tapi tetap jaga keselamatan ya. 

2. Snorkeling

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Serunya Snorkeling

Keindahan biota bawah laut Pantai Pulau Merah Banyu Wangi memang sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak biota laut seperti ubur-ubur, bintang laut, dan berbagai ikan dengan ukuran yang berbeda. Pun, menyaksikan mereka berteduh di dalam terumbu karang yang masih terjaga keberadaannya.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Gemah

Namun kembali lagi, karena ombaknya yang terkadang cukup besar, kalian tidak disarankan untuk melakukan aktivitas snorkeling di sini. Jika kalian ingin melakukan kegiatan snorkeling maupun diving, para petugas pantai pulau merah akan mengarahkan ke tempat wisata serupa yaitu lokasi Pantai Wedi Ireng karena di sana ombaknya lebih ramah dan tidak besar.

3. Memancing 

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Memancing

Aktivitas lain yang bisa kalian lakukan di sini adalah memancing. Silakan menyewa perahu nelayan dan minta panduan dimana lokasi yang paling cocok untuk mencari ikan. Jika beruntung kalian bisa mendapatkan ikan dengan ukuran hampir 10 kg di tempat ini.

Namun, kalian perlu membawa sendiri alat pancingnya. Sebab, tidak tersedia tempat penyewaan peralatan pancing di lokasi.

4. Serunya Naik Bukit

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Serunya Naik Bukit Pulau Merah

Ketika air laut mulai surut, kalian bisa mendaki bukit yang lokasinya tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Jika memungkinkan, kalian bisa naik ke atas bukit dan menikmati keindahan pesona laut di atas bukit yang hijau. Tentu akan menjadi sensasi yang berbeda.

Pulau yang terletak sekitar 50-100 meter dari bibir pantai ini tidak terdapat penghuninya. Kalian bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki pada saat air laut sedang surut. Namun pada saat air laut sedang pasang, kalian perlu menggunakan perahu untuk mengunjunginya. Jika sedang pasang, air laut bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter tingginya. 

Sebaiknya jika ingin mendaki bukit ini, kalian perlu membawa pemandu lokal. Alasannya karena medan Pulau Merah terkenal cukup terjal dan berliku. Selain itu pada saat musim hujan, Pulau merah akan tertutup dengan hijaunya pepohonan.

Sementara pada saat musim kemarau, daun-daun akan menjadi kering dan berguguran sehingga pulau merah akan terlihat ciri khasnya yang berwarna merah bata. Warna merah ini akan sangat kelihatan jika kalian mengunjungi pulaunya.

Selain itu, kalian pun bisa melihat ikan-ikan kecil bintang laut, ubur-ubur dan masih banyak lagi. Tentu sangat mengasyikkan, bukan?

5. Spot Foto Instagenic

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Spot Foto Instagenic

Ini nih aktivitas paling seru di Pantai Pulau merah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, apalagi kalau bukan mengambil foto dan gambar. Aktivitas berfoto sama sekali tak boleh kalian lewatkan selama berada di Pantai Pulau Merah. Siapkan kamera terbaik saat berkunjung ke destinasi wisata ini.

Salah satu spot terbaiknya adalah di antara batu karang. Pastikan eksotisnya Pulau Merah masuk pada frame foto kalian. Berfoto di bawah gazebo juga cukup menarik untuk dilakukan. Sembari merasakan segarnya kelapa muda, pasti kalian akan mendapatkan liburan yang sempurna!

6. Mengunjungi Pura

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Pura Tawang Alun

Selain menikmati keindahan alam, kalian juga bisa menikmati keindahan Pura Tawang Alun. Pura yang dibangun semenjak  tahun 1980-an dan termasuk yang dituakan di kawasan Banyuwangi. Uniknya Pura ini tidak mengalami kerusakan berarti pada saat diterjang tsunami yang melanda Banyuwangi pada tahun 1994.

Pura ini masih aktif sampai sekarang sehingga sering digunakan untuk melakukan ritual keagamaan Hindu. Bahkan para umat hindu juga menggelar upacara melasti di Pura Pantai Pulau Merah Banyuwangi Regency.

Selain dari sisi religinya, Pura Tawang Alun juga merupakan salah satu spot yang fotogenic di wilayah pesisir Banyuwangi ini. Sehingga jangan sampai kalian tidak mengambil gambar atau foto dengan baground Pura Tawang Alun ini. Silahkan datang ke lokasi untuk membuktikan sendiri keindahannya.

7. Berburu Sunset Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Berburu Sunset Pantai Pulau Merah

Satu hal yang tidak boleh terlewat di sini adalah menunggu senja di pinggir pantai. Lokasi wisata ini merupakan tempat terbaik untuk untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di Banyuwangi.

Menyaksikan bias jingga di langit yang mulai meredup akan membuat buncah di hati terasa teduh kembali. Umumnya para wisatawan akan berkunjung di waktu senja untuk bisa menikmati terbenamnya sang surya sembari duduk santai di kursi pantai. 

Untuk bisa menikmati panorama seindah ini maka sebaiknya kalian datang di bulan Desember hingga April. Pada bulan-bulan ini matahari lebih condong ke selatan sehingga panorama sunset akan terlihat lebih istimewa.

Nikmati detik demi detik langit menggelap sempurna dan menunggu matahari yang tak pernah ingkar janji akan menjadi momen tak terlupakan seumur hidup. Jangan lupa abadikan dalam potret kecil! Kunjungi pula Pantai Rongkang Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

8. Wisata Kuliner

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Kuliner di Pulau Merah

Kurang puas rasanya liburan tanpa mencicipi kuliner makanan khas Banyuwangi. Terlebih lagi sebagai penyempurna liburan, kalian bisa menjajal berbagai kudapan olahan laut dengan cita rasa khasnya. Ditambah dengan rempah khas Banyuwangi akan membuat saliva terbit begitu saja.

Selain seafood, Anda juga bisa menikmati rujak soto, rawon, rujak bakso, dan masih banyak lagi. Siapkan saja perut Anda agar muat menerima berbagai makanan enak tersebut. Lihat juga potensi alam di Pantai Sendang Biru.

9. Camping dengan aman 

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Camping di Pulau Merah

Aktivitas lain yang bisa kalian lakukan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi Regency, East Java yaitu bermalam atau camping. Buat kalian yang ingin bermalam atau camping, sebaiknya lapor kepada petugas terlebih dahulu.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Bajul Mati

Setelah itu kalian pun akan diarahkan ke lokasi camping yang telah disediakan. Lokasi yang tersedia cenderung aman dari terjangan ombak serta dekat dengan fasilitas umum, seperti toilet dan mushola.

10. Serunya Menaiki Perahu Lokal

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Objek Wisata Keliling dengan Perahu Nelayan

Hal menarik lainnya yang bisa kalian rasakan yaitu sensai keliling pulau dengan menaiki perahu tradisional milik para nelayan lokal. Aktivitas ini akan sangat pas jika kalian berwisata dengan rombongan maupun keluarga. 

Perahu yang tersedia bisa kalian gunakan dengan membayar uang sewa kepada nelayan. kalian bisa langsung melakukan tawar menawar dengan nelayan lokal untuk bisa mendapatkan harga yang sesuai. 

Setelah harganya cocok, kalian bisa memanfaatkannya untuk berkeliling pantai maupun memancing ikan di lautan. 

Umumnya maksimal penumpang satu perahu berjumlah 8 sampai 10 orang saja. Jadi tetap perhatikan kapasitas maksimal dalam perahu ya.

Tiket masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Tiket masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi terbilang murah. Kalian hanya perlu membayar 10 ribu rupiah, baik itu weekdays (hari biasa) dan weekend (akhir pekan).

Selain tiket masuk, kalian juga perlu membayar biaya parkir 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, 5 ribu rupiah untuk roda empat dan 10 ribu rupiah untuk roda enam. Sangat murah, bukan? Dengan adanya biaya parkir tentu akan membuat kalian semakin tenang berwisata tanpa perlu memikirkan kendaraan akan hilang atau terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. 

Disamping itu, harga tiket ini sudah termasuk pemakaian semua fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan area parkir.  Beda lagi dengan kalian yang ingin menikmati keindahan pulau dengan berkeliling menggunakan perahu, kalian perlu membayar Rp 20.000 per orang terlebih dahulu.

Fasilitas Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Fasilitas Pantai Pulau Merah

Selain objek wisata, kalian akan dimanjakan dengan keberadaan fasilitas pendukung. Tentunya akan membuat liburan terasa lebih nyaman. Apa saja fasilitasnya? Berikut daftarnya!

  • Restoran dan rumah makan dekat Pantai Pulau Merah Banyuwangi seperti Pulo Merah Cafe & Resto
  • Kamar mandi gratis
  • Mushola yang nyaman
  • Menara Pandang
  • Petugas keamanan yang ramah
  • Penyewaan alat surfing
  • Homestay
  • Penampungan ikan
  • Gazebo

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Ada dua rute jalan yang bisa kalian tempuh untuk menuju ke lokasi, yakni dari Banyuwangi sendiri dan dari Jember. Letak lokasinya menurut peta maps berjarak sekitar 70,1 KM dari pusat kota Banyuwangi dan 107 KM dari pusat kota Jember.

Dari Banyuwangi, akses jalannya sangat mudah dan memadai disertai dengan petunjuk jalan pada setiap persimpangan. kalian membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam berkendara.

Setelah itu, lanjut arah selatan menuju wilayah Pesanggaran. Apabila kalian menggunakan angkutan umum, maka pilihlah bus jurusan Pesanggaran baik bagi yang berasal dari Jember atau Banyuwangi. Jika sudah, silahkan naik ojek untuk menuju ke lokasi pantai.

Hotel, Penginapan dan Homestay dekat Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pada saat kalian berkunjung ke kawasan Pulau Merah, tentu sangat disayangkan jika kemalaman di sana. Tapi tenang saja karena ada banyak hotel, penginapan dan homestay di sekitar lokasi wisata, diantaranya

1. Red Island Villa

Pantai Pulau Merah Hotel Penginapan Homestay dekat Pantai Pulau Merah Banyuwangi Red Island Villa

Salah satu penginapan Pantai Pulau Merah Salah yang cukup populer dan menarik untuk kalian kunjungi yaitu Red Island Villa. Lokasinya yang sangat dekat dengan lokasi wisata membuat kalian hanya perlu menyebrang dan berjalan sekitar 4 menit dengan jalan kaki saja.

Penginapan ini beralamat di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Red Island Villa memiliki fasilitas yang lengkap seperti kolam renang outdoor, penyewaan papan selancar, kursus selancar.Di Samping itu, pelayanannya yang sangat ramah.

Adapun biaya untuk penginapan ini di kisaran harga Rp 500.000 per malamnya.

2. One South by Amithya

Pantai Pulau Merah Hotel Penginapan Homestay dekat Pantai Pulau Merah Banyuwangi One South by Amithya

One South by Amithya dikenal sebagai salah satu hotel dekat pantai pulau merah banyuwangi  yang populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Alamat lokasinya berada di Jalan Sumberagung Pesanggaran, Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Ada berbagai fasilitas penunjang yang tergolong lengkap di sini. Para tamu akan dimanjakan dengan berbagai desain ruangan menarik, suasananya nyaman dan pemandangan yang indah. 

Adapun biaya menginap di One South by Amithya mulai dari Rp 48.000,- per malam. 

3. Merah Island Jessi’s Beach Homestay

Pantai Pulau Merah Hotel Penginapan Homestay dekat Pantai Pulau Merah Banyuwangi Merah Island Jessi’s Beach Homestay

Salah satu homestay pantai pulau merah yang bisa kalian pilih untuk bermalam adalah Merah Island Jessi’s Beach Homestay. Lokasi penginapan ini berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Homestay yang satu ini dikenal akan penawaran fasilitas yang lengkap mulai dari kolam renang, restoran, hingga wi-fi gratis.

Siap untuk menjelajah Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Jawa Timur? Pastikan kalian mempersiapkan segala persiapannya terkait dengan keamanan dan kenyamanan selama liburan. Pokoknya, jangan lewatkan berfoto di tempat ini karena spotnya benar-benar super indah. Selamat liburan! Nikmati juga liburan di lokasi Pantai Sanggar Tulungagung.

Leave a Reply