makanan khas probolinggo nasi glepung

Makanan Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo – Probolinggo, kota yang ada di bagian utara Provinsi Jawa Timur ini ternyata mempunyai kuliner atau makanan khas yang sangat beragam. Soal rasa pastinya sangat enak dan harga ramah di kantong.

Ada makanan laut yang cukup terkenal di Probolinggo, ada juga makanan olahan dari mangrove yang tidak ada di kota lain, dan masih banyak lagi makanan khas dari Probolinggo. Kamu wajib coba ya!

Ini dia daftar makanan khas Probolinggo yang recommended untuk dicoba:

1. Kepiting Olok

makanan khas probolinggo kepiting olok

idntimes[dot]com

Kepiting Olok adalah sebutan untuk kepiting yang masih muda. Makanan khas Probolinggo ini dibuat dengan cara pertama tama- kepiting dikukus, lalu dagingnya dipisahkan dari cangkangnya.

Kemudian, daging kepiting yang sudah dipisahkan diolah bersama udang dan bumbu-bumbu lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting.

Menikmati makanan laut khas Probolinggo ini paling nikmat pakai tangan. Bisa juga ditambah nasi putih hangat agar kamu lebih kenyang.

2. Soto Kraksaan

makanan khas probolinggo soto kraksan

putratravel[dot]net

Kenapa dinamakan Soto Kraksan? Karena soto khas Probolinggo ini berasal dari suatu daerah yang namanya Kraksan di Kabupaten Probolinggo. Warung yang menjual soto kraksan ada di sebelah utara Masjid Agung Ar-Raudlah dandi sebelah timur Rutan Kraksan.

Tampilan soto kraksan sekilas mirip seperti soto ayam pada umumnya. Tapi yang membuat beda adalah kuahnya menggunakan kuah santan. Ayam yang digunakan juga tidak sembarangan, yaitu khusus menggunakan daging ayam jantan.

Soto kraksan disajikan dengan pelengkap irisan kentang yang dikukus dan taburan kerupuk udang di atasnya. Rasanya sangat gurih karena kuahnya menggunakan santan. Kamu wajib coba!

3. Ketan Kratok

makanan khas probolinggo ketan kratok

anomharya[dot]com

Ketan kratok adalah makanan khas Probolinggo yang berasal dari beras ketan yang ditaburi parutan kelapa dan campuran kratok atau kacang koro.

Sebagai tambahan, di atas ketan diberi gula merah yang dicairkan, atau yang biasa disebut dengan “juruh”. Jadi memadukan antara rasa gurih asinnya ketan dan sedikit manis dari gula merah.

Kratok atau kacang koro ini biasanya dimasak untuk campuran isi sayur lodeh. Tapi ternyata rasanya enak juga apabila dicampur dengan ketan.

4. Nasi Jagung Merpati

makanan khas probolinggo nasi jagung merpati

pojokpitu[dot]com

Nasi jagung merupakan makanan yang sangat populer di Probolinggo. Banyak penjual atau warung yang menyediakan menu nasi jagung.

Warung nasi jagung yang paling terkenal di Probolinggo adalah Nasi Jagung Merpati. Warung ini sudah ada sejak tahun 1982 dan menunya hanya satu saja, yaitu nasi jagung yang ditumbuk kasar.

Nasi jagung merpati biasanya disajikan bersama aneka lauk dan sayur yang bisa dipilih, seperti urap, lodeh pepaya, ikan asin, perkedel, balado tongkol sayur, sayur tahu, dan telur dadar. Ada juga menu pelengkap yang paling istimewa di warung merpati yaitu sambel terung.

Harga per porsinya yaitu Rp 9000 saja, terjangkau bukan? Untuk kamu yang meu menimati nasi jagung merpati khas Probolinggo, bisa langsung ke lokasi Jalan Sunan Kaliaja nomor 77 Kecamatan Wayangan, Kabupaten Probolinggo.

Sudah makanan khas daerah lain yang lebih unik hingga paling terkenal di dunia? Simak disini ya:

Makanan Khas Surabaya yang Enak Untuk Oleh oleh
10 Nama Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia
Oleh oleh Makanan Khas Bojonegoro Jawa Timur Selain Ledre

5. Nasi Campur Nyak Nyong

makanan khas probolinggo nasi capur nyak nyong

gotravelly{dot]com

Nasi Campur Nyak Nyong adalah tempat makan di Probolinggo yang terkenal akan kelezatan nasi campurnya. Lokasinya ada di Jalan WR. Supratman, Probolinggo.

Nasi campur nyak nyong khas Probolinggo ini isinya ada nasi putih, serundeng, empal kuah, dan mie dendeng yang disiran kuah santan yang gurih. Harganya per porsi sangat terjangkau, cukup dengan dua belas ribu rupiah saja kamu bisa menyantap nasi campur ini.

6. Proll Tape

makanan khas probolinggo proll tape

oleholehprobolinggo[dot]blogspot[dot]com

Proll tape merupakan makanan khas Probolinggo yang sering dijadikan oleh-oleh. Kue ini terbuat dari tape singkong manis, tepung terigu, garam, margarin, gula pasir, telur ayam, susu sapi cair, dan keju chedar atau kismis untuk taburannya.

7. Sirup Pokak

makanan khas probolinggo sirup pokak

mal[dot]goprobolinggo[dot]com

Sirup biasanya bercita rasa manis. Namun, sirup khas Probolinggo ini beda dengan sirup biasanya. Rasa sirup ini  hanya sedikit manisnya, dan lebih dominan rasa jahe, karena memang bahan utama untuk membuatnya adalah jahe.

Selain jahe, juga ditambah cengkeh, kayu manis, pandan, gula merah, dan jeruk purut. Setelah meminum sirup Pokak khas Probolinggo, badan akan terasa hangat dan bisa mengobati beberapa penyakit seperti batuk, masuk angin, dan menurunkan kadar kolesterol. Sirup ini bisa dinikmati hangat atau dingin, sesuai selera.

8. Keripik Kentang

makanan khas probolinggo keripik kentang

putratravel[dot]net

Keripik kentang khas Probolinggo dibuat menggunakan kentang yang tumbuh di sekitar kawasan Gunung Bromo. Warna keripik singkong ini putih susu, ukurannya lebar, dan renyah. Makanan khas Probolinggo ini sangat disukai dan diminati wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh, karena selain enak juga rendah kolesterol.

Tempat sentra pembuatn keripik kentang yaitu ada di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Probolinggo.Kebanyakan pembuat keripik kentang disini merupakan industri menengah rumahan, sehingga proses pengeringan masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan sinar matahari, bukan dengan alat.

9. Berbagai Makanan Olahan Manggrove

makanan khas probolingggo Olahan Mangrove

putratravel[dot]net

Beberapa waktu ini, tanaman mangrove mulai banyak dikenal di kalangan masyarakat Probolinggo. Bahkan pemerintah Probolinggo pernah mengadakan festival makanan olahan dari mangrove. Banyak antusiasme dari warga Probolinggo untuk mengolah mangrove.

Makanan dan minuman yang sudah berhasil dibuat antara lain ada sirup mangrove, stik mangrove, kue tok mangrove, brownies mangrove, dan aneka kue kering.Mengolah mangrove menjadimakanan memang tidak mudah, karena ukuran dan jumlah mangrove harus proporsional untuk menghasilkan makanan yang enak.

Probolinggo sangat berpotensial untuk menjadikan makanan dari mangrove menjadi produk andalan karena daerah ini terletak di garis pantai utara Jatim yang banyak ditumbuhi mangrove.Namun sayangnya mangrove disini masih belum berkembang baik sehingga banyak yang membeli bahan baku mangrove dari Surabaya.

Harganya pun cukup mahal. Untuk tepung mangrove sekitar empat puluh ribu rupiah per kilogramnya. Hal ini yang menyebabkan makanan olahan dari mangrove di Probolinggo masih cukup mahal harganya.

10. Nasi Glepungan

makanan khas probolinggo nasi glepung

putratravel[dot]net

Nasi glepungan khas Probolinggo isinya terdiri dari nasi putih dicampur nasi jagung yang ditambuk kasar, dan dicampur dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan asin, tahu penyet, tempe penyet, sambal dan lalapan.

Makanan ini nikmat disantap untuk makan siang. Kalau kamu ingin menikmati makanan khas Probolinggo ini, kamu bisa langsung menuju lokasi Nasi Campur Klenteng Nyaknyong, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

11. Anggur Prabu Bestari

makanan khas probolinggo anggur

kpricitrus[dot]wordpress[dot]com

Probolinggo dijuluki sebagai Kota Anggur, karena daerah ini merupakan salah satu sentra anggur unggul terbesar di Indonesia sejak tahun 1980-an. Rasa anggur khas Probolinggo ini sangat manis dan segar.

Namun sayangnya, akhir-akhir ini julukan Probolnggo sebagai Kota Anggur sudah mulai luntur. Hal ini dikarenakan para petani anggur sudah mulai berkurang meskipun produksi anggur prabu bestari khas Probolinggo masih ada dan masih bisa dijadikan oleh-oleh khas Probolinggo.

Itu tadi makanan khas Probolinggo yang wajib dicoba kalau kamu singgah di kota anggur ini. Jangan lupa juga bawa oleh-oleh khas Probolinggo untuk teman dan keluarga di rumah.

Leave a Reply