makanan khas bojonegoro serabi

Makanan Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro – Kabupaten Bojonegoro terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daerah ini terkenal dengan kandungan minyaknya yang cukup banyak, sehinnga perusahaan Exon dari Amerika mendirikan tambang minyak disini.

Selain terkenal dengan minyaknya, Bojonegoro juga punya banyak makanan khas yang enak dan lezat. Ini dia daftar makanan khas Bojonegoro:

1. Ledre

makanan khas bojonegoro ledre
idntimes[dot]com
Jika kamu berkunjung ke Bojonegoro, kamu harus mencicipi Ledre khas Bojonegoro. Makanan ini sudah sangat dikenal sebagai makanan dan oleh-oleh khas Bojonegoro.

Rasanya manis, gurih, dan renyah. Banyak sekali toko dan gerai oleh-oleh yang menjual ledre di daerah Bojonegoro.

Ledre sendiri terbuat dari tepung terigu, tepung beras, gula, dan pisang yang menjadi sumber aroma khasnya.

Cara mencetaknya yaitu dengan cara digapit atau digulung seperti keripik empinh. Sekilas tampilannya seperti egg roll, tapi bedanya egg roll khas Bojonegoro teksturnya lebih renyah dan lebih tipis.

2. Putu

makanan khas bojonegoro putu
azzamaviero[dot]com
Putu memang banyak juga dijajakan di daerah lain. Namun ternyata di daerah Bojonegoro, saking banyaknya penjual putu di sini, maka putu dijadikan makanan khas kabupaten ini.

Bentuk dan rasa putu di Bojonegoro hampir sama dengan daerah lain. Putu terbuat dari tepung beras yang dicampur gula jawa dan parutan kelapa.

Bentuk cetakannya pun sama, di cetak di cetakan yang terbuat dari bambu yang dipotong kecil dan dilubangi. Putu sangat nikmat disantap selagi hangat

3. Klepon

makanan khas bojonegoro klepon
idntimes[dot]com
Klepon sebenarnya juga banyak ada di daerah lain. Tapi karena klepon di Bojonegoro biasanya djual berdampingan dengan kue putu, maka klepon juga bisa dibilang sebagai makanan khas Bojonegoro.

Bahan baku untuk membuat putu dan klepon sama, hanya beda bentuknya saja. Kalau klepon berbentuk bulat isinya gula merah cair, sedangkan putu bentuknya silinder atau tabung di dalamnya juga ada gula merah lumernya.

Rasanya gurih dan manis. Makanan khas Bojonegoro ini cocok untuk dijadikan cemilan sore. Terlebih ketika suasana sedang dingin. Karena putu dan klepon ini jauh lebih enak dimakan saat masih hangat.

4. Keripik Tempe

makanan khas bojonegoro keripik tempe
azzamaviero[dot]com
Perbedaan keripik tempe khas Bojonegoro dengan keripik tempe dari daerah lain yaitu keripik tempenya tidak hanya digoreng biasa, tapi juga ditambah tepung sebagai lapisan, sehingga teksturnya lebih renyah. Harganya pun terjangkau, cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Wedang Tape

makanan khas bojonegoro salak wedi
tempatwisataindonesia[dot]id
Wedang tape adalah minuman hangat yang berisi tape ketan hitam yang dicampur santan panas dan beberapa bumbu rempah lainnya. Rasanya nikmat diminum saat malam hari atau saat cuaca dingin.

Minuman khas Bojonegoro ini sangat diminati oleh masyrakat lokal atau wiatan. Jika kamu ingin mencicipi wedan tape ini, kamu bisa mampir di salah satu warung legendaris di Bojonegoro yang menjual wedang tape sejak tahu 19501-an di Jalan KH. Mansyur, Bojonegoro.

Sudah tau belum? Makanan khas daerah berikut ini, termasuk yang paling banyak dicari wisatawan lho. Jangan sampai kena skip yaa.

Makanan Khas Surabaya Malam Hari yang Enak
Contoh Makanan Khas Jawa Timur dan Keunikannya
Makanan Khas Trenggalek Jawa Timur yang Terkenal

6. Serabi

makanan khas bojonegoro 6 Serabi
lifestyle[dot]okezone[dot]com
Kebanyakan orang tahunya serabi berasal dari bandung atau solo. Tapi ternyata Bojonegoro juga punya serabi yang khas. Rasanya manis dan gurih disajikan dengan taburan kelapa yang telah diparut, di atasnya.

Biasanya serabi khas Bojonegoro dijual pada pagi hari, karena biasanya dijadikan menu sarapan pengganti nasi.

7. Gethuk

makanan khas bojonegoro gethuk
idntimes[dot]com
Gethuk khas Bojonegoro ini terbuat dari singkong (biasa juga disebut pohong). Masyarakat biasa menyebut makanan tradisional ini dengan nama gethuk lindri.

Pada umumnya gethuk lidri diberi warna-warni seperti hijau, kuning, merah muda ataupun putih. Gethuk ini disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

Selain gethuk, ada juga beberapa makanan khas Bojonegoro lain yang terbuat dari pohong. Misalnya seperti lemet, genthilut, sadariyah, gobet, dan jemblem.

8. Salak Wedi

makanan khas bojonegoro salak wedi
putratravel[dot]net
Salak wedi khas Bojonegoro rasanya manis tapi sedikit berpasir. Itulah sebabnya salak ini dinamakan salak wedi yang artinya dalam bahasa jawa “pasir”.

Petani salak wedi kebanyakan ada di Desa Wedi yang dijadikan sentra penghasil salak wedi. Di sini kamu juga bisa langsung memetik salak sendiri lho!

9. Belimbing Ngringinrejo

Makanan Khas Bojonegoro Belimbing Ngringinrejo
source: inilahtasik[dot]om
Belimbing Ngringinrejo adalah buah blimbing yang berasal dari Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Di daerah ini, ada perkebunan belimbing yang sangat luas. Rasa buahnya manis, segar, dan mempunyai aroma khas.

Sekarang perkebunan blimbing ini juga dijadikan kawasan wisata. Para pengunjung bisa langsung memetik buah blimbing dari pohonnya gratis. Akan tetapi apabila dibawa pulang harus bayar. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi saat musin buah atau panen belimbing.

10. Ender Ender

makanan khas bojonegoro ender ender
choridjfoof[dot]blogspot[dot]com
Ender-ender merupakan salah satu makanan legendaris yang masih eksis di Bojonegoro. Ender-ender khas Bojonegoro terbuat dari ubi jalar. Bentuk makanan khas Bojonegoro ini bulat, pipih, dan lebar. Ada 2 varian rasa, manis dan gurih

11. Peyek Bayam

makanan khas bojonegoro keripik bayam
wisata[dot]kubagi[dot]info
Makanan ini cukup unik karena terbuat dari bayam yang bisa dibuat sayur menjadi peyek atau semacam keripik.

Cara ,membuatnya, pertama-tama bayam dikeringkan, lalu dicampur dengan tepun dan bumbu-bumbu. Setelah diaduk semua, digoreng sampa kering.

Peyek bayem bisa dimakan untuk cemilan atau untuk dijadikan lauk teman makan nasi.

12. Nasi Flambe

makanan khas bojonegoro nasi flambe
wisatakulinerbojonegoroku[dot]blogspot[dot]com
Nasi Flambe ada;ah nasi putih yang disajikan dengan ayam suwir, telur orak-arik, udang goreng, dan sambal trasi yang pedas.

Nasi flambe yang terkenal dijual di Warung Dumi Express yang terletak di Jalan Rajawali, Kelurahan Karang Pacar, tepatnya di dekat SMPN 5 Bojonegoro.

13. Wader Kali

makanan khas bojonegoro wader kali
trendingdunia[dot]net
Wader adalah ikan sungai yang biasanya ditemukan di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo. Bentuk ikan ini sangat kecil, sebesar ruas jari tangan saja.

Namun apabila diolah dan dimasak dengan benar, rasanya sangat enak. Apalagi disantap dengan nasi putih dan sambal.

Warung yang terkenal dengan menu wader kalinya yaitu Warung Wader Kali Jetak. Warung ini terletak di Kelurahan Perak, tepatnya di sebelah utara bundaran Jetak Bojonegoro.

14. Keripik Jahe

makanan khas bojonegoro keripik jahe
putratravel[dot]net
Apakah kamu pernah mencoba keripik yang terbuat dari jahe? Kalau belum, kamu harus coba keripik jahe khas Bojonegoro.

Rasa keripik jahe ini manis dan pedas. Selain enak, makanan khas Bojonegoro ini juga cukup bagus untuk kesehatan karena kandungan jahe yang mempunyakhasiat bagus untuk menjaga stamina tubuh.

Keripik jahe yang terkenal di Bojonegoro adalah Keripik Jahe Pak Eco. Proses pembuatannya sangat alami, tanpa tambahan pemanis dan pengawet buatan. Cemilan ini cocok utuk dijadikan oleh-oleh saat mampir di Bojonegoro.

15. Balung Kuwuk

makanan khas bojonegoro balung kuwuk
idnties[dot[com
Balung kuwuk adalah makanan ringan yang terbuat dari ketela pohon. Rasanya ada yang manis, dan ada yang pedas manis. Teksturnya renyah dan garing, cocok untuk dijadikan cemilan.

16. Unthuk Yuyu

makanan khas bojonegoro unthuk yuyu
idntimes[dot[com
Unthuk yuyu merupakan makanan khas Bojonegoro yang terbuat dari tepung ketan, telur, gula, dan vanili. Di daerah lain, ada juga yang menyebut pertolo atau busa kepiting. Rasanya gurih dan manis.

Biasanya makanan ringan ini menjadi suguhan wajib untuk para tamu apabila ada acara seperti acara pernikahan dan sunatan di daerah Bojonegoro.

Unthuk yuyu dalam bahasa jawa berasal dari kata unthuk yang berarti busa, dan yuyu tang artinya kepiting. Jadi unthuk yuyu adalah busa yang dihasilkan kepiting saat keluar dari liangnya.

Saat kepiting keluar, muncul gelembung yang muncul dari permukaan. Gelembung ini yang menjadi inspirasi nama kue ini. Tampilan kue ini berbentuk gelembung yang tak beraturan seperti unthuk yuyu.

Leave a Reply