makanan khas Trenggalek nasi tiwul

Makanan Khas Trenggalek

Makanan Khas Trenggalek – Kamu ingin mencari tempat wisata di Jawa Timur? Kota Trenggalek bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Kabupaten yang terletak di antara Kabupaten Pacitan, Tulungagung, dan Ponorogo ini selain memiliki garis pantai yang panjang juga memiliki makanan khas yang beragam.

Namun untuk kamu yang mencari suasana selain pantai, di Kabupaten Trenggalek ini juga terdapat wisata alam. Diantaranya seperti Bukit Gembes, Bukit Banyon, Gunung Gemblung Durenan.

Mendatangi Trenggalek untuk berwisata atau berkunjung ke sanak saudara tak akan lengkap tanpa menikmati makanan khasnya. Setelah mengunjungi berbagai tempat wisata yang indah di Trenggalek, pasti kamu juga butuh mengisi perut bukan?

Nah untuk kamu yang belum tau apasih yang patut dicoba saat berkunjung ke Trenggalek, berikut beberapa daftar makanan khas Trenggalek untuk menjadi referensimu:

1. Nasi Goreng Anglo

makanan khas trenggalek - nasi goreng anglo
steemitimages[dot]com
Nasi goreng memang sudah menjadi makanan yang ramah di lidah masyarakat Indonesia. Namun di setiap daerah memiliki nasi goreng dengan ciri khasnya masing-masing.

Seperti halnya di Trenggalek, nasi goreng anglo menjadi makanan khas yang banyak disukai. Mendengar dari namanya saja, sudah dapat menebak bukan jika nasi goreng ini dimasak diatas anglo bukan kompor.

Cara masak seperti ini tentu saja dapat menambah rasa nikmat pada nasi goreng yang akan dihidangkan. Kamu yang ingin mencicipinya dapat manjumpai nasi goreng anglo pada sore ataupun malam hari.

Pedagang nasi goreng anglo mulai menjajakannya pada waktu tersebut karena memang nasi goreng cocok dimakan pada waktu tersebut.

2. Nasi Gegog Bendhungan

makanan khas trenggalek_nasi gegog Bendhungan
travelingyuk[dot]com
Nasi Gegog atau warga asli Trenggalek menyebutnya dengan nama sego gegog memiliki citarasa yang pedas. Pedasnya berasal dari sambel teri. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya?

Pembuatan nasi gegog sangatlah sederhana, yaitu nasi setengah matang dan sambel teri yang sudah dicampur dengan parutan kelapa dibungkus menggunakan daun pisang. Kemudian bungkusan nasi gegog dikukus hingga matang dan tercium aroma wangi.

Nasi gegog sangat nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat. Konon katanya dulu nasi gegog dipilih oleh para petani yang harus ke ladang pagi-pagi disajikan untuk sarapan karena cara memasaknya dianggap cepat dan sederhana namun nikmat.

Hingga kini nasi gegog masih dinikmati dan banyak dijajakan sebagai menu sarapan. Kamu yang ingin menikmati kudapan nasi gegog dapat mengunjungi Desa Bendhungan.

Karena di sini nasi gegog mudah dijumpai. Harga yang ditawarkan pun sangat murah meriah, hanya tiga ribu rupiah saja per porsinya.

3. Nasi Ayam Lodho Kudapan Khas Trenggalek

makanan khas trenggalek_nasi ayam lodho
carimakanankhas[dot]blogspot[dot]com
Nasi ayam lodho sepintas akan tampak seperti masakan opor ayam. Namun jangan salah, rasa ayam lodho lebih nikmat dari opor ayam pada umumnya.

Pengolahan ayam lodho lebih panjang, yaitu ayam kampung yang digunakan akan dibakar terlebih dahulu baru kemudian dimasak seperti biasa.

Rempah-rempah yang digunakan juga melimpah hingga rasa yang didapat lebih nikmat. Penggunaan santan dan cabai rawit utuh membuat cita rasa ayam lodho memiliki dominan gurih dan pedas. Penyajian nasi ayam lodho biasanya didampingi dengan urap sayur

Penambahan urap sayur inilah yang membuat nasi ayam lodho berbeda dengan masakan sejenis yang ada di daerah lain.

Kamu yang sedang berada di Trenggalek dapat dengan mudah untuk mendapatkanya. Oh iya jangan sampai terlupa untuk mencicipi makanan khas Trenggalek yang nikmat ini ya.

Sangat menarik untuk dibaca nih! Jangan sampai kena skip ya.

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur yang Enak
Daftar Makanan Khas Jawa Timur dan Penjelasannya
3 Makanan Khas Tulungagung Jawa Timur

4. Nasi Tiwul

makanan khas trenggalek_nasi tiwul
initu[dot]id
Nasi yang berbahan dasar singkong seperti tiwul memang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Singkong yang dikeringkan atau sering disebut gaplek ini diolah sedemikian rupa hingga menjadi nasi tiwul yang enak.

Nasi tiwul berwarna kecoklatan, untuk kamu yang tidak biasa memakannya mungkin akan terasa sedikit panas di perut, namun hal ini bisa diatasi dengan menambahkan nasi beras putih saat memakan nasi tiwul.

Nasi tiwul dapat disantap atau diolah dengan rasa manis ataupun gurih. Jika diolah dengan rasa manis maka pendampingnya adalah parutan kelapa. Namun jika diolah dengan rasa gurih maka lauk pendampingnya adalah sambel teri, urapan, atau lauk lainnya.

Harga yang ditawarkan nasi tiwul sangatlah terjangkau, hanya sekitar tiga ribu hingga lima ribu rupiah saja. Nasi tiwul mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Nah kamu yang belum pernah menyantap nasi tiwul, kamu patut mencobanya saat berkunjung ke Trenggalek.

5. Ikan Asap Prigi

makanan khas trenggalek_ikan asap
Hellofathia[dot]wordpress[dot]com
Terkenal dengan pantainya yang indah, Trenggalek pastinya memiliki makanan khas yang merupakan hasil laut. Salah satunya adalah ikan asap.

Ikan asapa yang terkenal adalah ikan asap prigi. Prigi sendiri merupakan nama salah satu pantai yang ada di Trenggalek.

Ikan yang digunakan untuk pembuatan ikan asap ini bervariasi, bergantung dengan hasil panen yang dibawa oleh nelayan. Biasanya ikan yang dijajakan adalah ikan salem, kakap, tengiri, tuna maupun ikan kerapu.

Nah kamu perlu tau, ikan-ikan diolah dalam keadaan fresh langsung dari nelayan. Kemudian ikan-ikannya dibersihkan dan dijepit dengan jepitan bambu lalu diasap di atas kayu pocung.

Penggunaan kayu pocung dalam pengasapan ditengarai dapat mempengaruhi rasa yang ditimbulkan oleh ikan. Menikmati ikan asap di tepi pantai dengan aroma pengasapan yang sedap, ditemani oleh sambal kecap sebagai pendampingnya.

Terbayang kan rasanya pasti enak. Harga satu tusuk ikan asap bervariasi bergantung jenis ikan yang kita pilih. Nah selamat mencoba, menikmati ikan asap di pinggir pantai nan indah.

6. Aneka Camilan

makanan khas trenggalek_alen-alen
kastarashop[dot]wordpress[dot]com
Nah kurang lengkap bukan, jika hanya makanan berat saja yang disajikan. Kamu juga pasti ingin mencoba camilan yang ada di Trenggalek. Selain sebagai teman berkelana saat wisata di Trenggalek, camilan ini juga cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

Ada banyak jenis camilan khas yang ada di Trenggalek, mulai dari yang asin hingga manis. Jadi kamu bisa memilih camilan sesuai selera. Nah berikut terdapat beberapa camilan yang teman-teman bisa coba:

1. Alen-alen

Alen-alen dalam bahasa Jawa berarti cincin, begitupun makanan ini. Berbentuk melingkar menyerupai cincin.

Nah kamu yang suka camilan, alen-alen ini sangat cocok buat kamu. Rasa gurih yang ditawarkan membuatmu susah berhenti untuk memakannya.

Namun untuk sekarang, alen-alen sudah tersedia berbagai varian rasa, seperti jangung bakar, balado, pedas dan lainnya. Alen-alen banyak dijual di pasaran dalam bentuk kemasan kiloan. Pun saat hari raya, camilan ini menjadi primadona yang banyak dicari orang.

2. Manco

makanan khas trenggalek - manco

Lain dengan alen-alen, manco ini adalah camilan yang rasanya manis. Manco khas Trenggalek ini berbahan dasar tepung ketan. Tepung ketan diolah sedemikian rupa dicampur gula jawa, kemudian dibalut dengan wijen.

Tekstur pada manco ini krenyes legit. Bagi kamu yang menyukai makanan manis sebagai camilan, boleh banget buat mencoba manco.

Selain itu manco juga cocok digunakan sebagai oleh-oleh loh. Manco banyak dihidangkan saat perayaan hari raya.

3. Geti

makanan khas trenggalek_geti

Satu lagi camilan manis yang berasal dari Trenggalek, yaitu geti. Geti yaitu camilan yang berbahan dasar gula jawa dan potongan kacang yang dibalut wijen.

Geti  berbentuk kotak dibungkus dalam kemasan kecil. Hal ini memudahkan untuk memakannya sekali gigit.

Geti tak susah untuk didapatkan, kamu cukup mencari pusat oleh-oleh yang ada di Trenggalek dan di sana akan dijajakan banyak jenis makanan salah satunya geti.

Temasuk makanan yang tahan lama, sehingga awet untuk bekal diperjalanan, pun juga untuk oleh-oleh.

4. Sale Pisang

makanan khas trenggalek - sale pisang
travelingyuk[dot]com
Sale pisang merupakan salah saru camilan yang berbahan dasar pisang. Pisang-pisang kemudian diiris tipis kemudian dikeringkan. Setelah itu pisang diolah sedemikian rupa untuk dijadikan camilan yang nikmat.

Warna kecoklatan dan rasa manis alami yang timbul dari rasa alami pisang inilah yang menjadi salah satu faktor sale pisang ini sangat digemari.

Tekstur yang didapat saat menyantap sale adalah kenyal. Nah kalau kamu mencobanya pastilah bakal ketagihan untuk mencobanya kembali.

5. Keripik Tempe

makanan khas trenggalek_keripik tempe
travelingyuk[dot]com
Camilan yang satu ini selain cocok sebagai teman untuk bersantai, juga cocok untuk lauk saat makan. Rasa gurih yang ditawarkan sangat menggugah selera. Selain itu kriuk saat memakannya juga membuat kita tak mau berhenti ngunyah.

Keripik diolah dengan tempe khusus yang memang dibuat untuk keripik. Kemudian tempe dibalur dengan tepung yang telah dibumbui lalu digoreng. Adanya daun jeruk pada keripik tempe ini juga akan menambah kenikmatannya.

Biasanya keripik tempe digunakan sebagai oleh-oleh. Namun perlu diperhatikan saat hendak membawa keripik tempe ini untuk berhati-hati karena keripik ini mudah hancur.

Demikianlah berbagai makanan khas Trenggalek yang bisa kami bagikan. Berupa makanan berat ataupun camilan. Semoga bisa menjadi referensimu untuk menggugah jiwa wisata kuliner kamu yaa

Selamat mencoba ya.

Leave a Reply