makanan khas Tulungagung sredek

Makanan Khas Tulungagung

Makanan Khas Tulungagung – Ada yang tahu tidak kalau ternyata Kabupaten dan Kota Tulungagung adalah salah satu daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia? Pasti banyak yang belum tahu karena memang Tulungagung adalah kota kecil yang tidak terlalu padat di Provinsi Jawa Timur.

Selain marmer, ternyata makanan khas Tulungagung juga menjadi andalan untuk menarik minat para wisatawan berkunjung.

Lalu, apa saja daftar nama Makanan khas Tulungagung yang menarik selera? Yuk, simak ulasannya !

1. Sate dan Gulai Kambing

makanan khas tulung agung sate kambing

f12man[dot]blogspot[dot]com

Sate dan gulai kambing memang banyak ditemukan di banyak tempat di Indonesia. Tapi sate dan gulai kambing khas Tulungagung berbeda.

Kata salah satu penjual sate kambing di Tulungagung, rasanya lebih meresap dan lebih gurih dibandingkan sate dan gulai kambing dari daerah lain. Gurihnya sate berasal dari proses pembakarannya yang dicelupkan dulu ke kuah gulai.

Selain itu, penyajiannya juga unik, selain ada kecap manis, ditambah dengan bumbu petis khas Tulungagung. Kecap yang dipakai pun harus kecap merk Kuda.

2. Ayam Lodho

makanan khas tulungagung ayam lodho

dapurlagi[dot[blogspot[dot[com

Ayam Lodho khas Tulungagung biasanya dipanggang dulu sebelum dimasak dan dicampur dengan kuah. Teknik ini digunakan agar aromanya lebih terasa dan rasanya lebih meresap.

Sekilas, ayam lodho kas Tulungagung mirip seperti opor ayam. BIasanya disajikan dengan nasi putih hangat, lontong, atau ketupat.

3. Enting-Enting Kacang

makanan khas tulungagung enting-enting kacang

publikasi[dot]id

Enting-enting kacang khas Tulungagung terbuat dari campuran kacang tanah, wijen, dan gula merah. Rasanya manis dan gurih.

Cemilan ini cocok untuk kamu pecinta makanan manis. Enting-enting kacang khas Tulungagung bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

4. Kue Sagon

makanan khas tulungagung kue sagon

tempatwisataindonesia[dot]id

Kue jadul yang masih ada di Tulungagung salah satunya adalah adalah kue sagon. Seperti namanya, kue sagon terbuat dari tepung sagu dicampur dengan tepung ketan, kelapa, dan tepung kanji. Rasanya manis, gurih, juga renyah.

Kue sagon sebenarnya juga ada di daerah lain khususnya di daerah jawa timur dan jawa tengah. Tapi kue sagon khas tulungagung katanya lebih gurih dan bentuknya pun juga sedikit berbeda. Makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan di rumah atau saat perjalanan.

Sayang untuk dilewatkan:

5 Makanan Khas Surabaya Untuk Oleh oleh
Nama Makanan Khas Jawa Timur dan Daerah Asalnya
Oleh oleh Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Selain Onde onde

5. Gethuk Pisang

makanan khas tulungagung gethuk pisang

daerahwisata[dot]com

Gethuk pisang khas Tulungagung adalah makanan khas Tulungagung yang paling dicari oleh para wisatawan apabila berkunjung.

Bentuknya seperti lontong tapi kecil, dibungkus daun pisang, dan rasanya sangat beda dengan gethuk lainnya. Gethuk biasanya terbuat dari singkong atau ketela, tapi ini dari pisang sehingga rasanya dominan pisang manis dan sedikit asam, sangat khas.

6. Jenang Syabun

makanan khas tulungagung jenang syabun

jatim[dot[idntime[dot]com

Jenang syabun merupakan makanan khas Tulungagung yang legendaris. Konon katanya, jenang syabun ini pertama kali dijual oleh Mbah Saubun yang biasa dipanggil Mbah Syabun. Lalu jenang yang dijual terkenal menjadi Jenang Syabun.

Rasa jenang syabun khas Tulungagung sangat manis legit. Kata orang yang sudah menyantapnya, jenang syaubun terasa licin saat dimakan. Penasarang bagaimana rasanya? Langsung cicipi jenang syaubun khas Tulungagung!

Makanan khas Tulungagung ini banyak dijual di gerai dan toko oleh-oleh. Harganya terjangkau jadi bisa beli banyak untuk oleh-oleh. Ada banyak aneka rasa jenag seperti coklat, durian, dan masi banyak rasa lagi.

7. Jenang Grendol

makanan khas tulungagung jenang grendol

irsyadhamamii[dot]wordpress[dot]com

Bahan baku jenang grendol adalah tepung kanji. Jenang grendol khas Tulungagung disantap dengan kuah santan yang gurih. Jadi rasanya perpaduan antara manis dari jenang dan gurih dari santan.

Biasanya makanan khas Tulungagung ini juga disajikan dengan jenang bening yang terbuat dari tepung beras dan jenang ketan yang terbuat dari ketan hitam. Ada juga yang disajikan dengan singkong rebus yang dipotong kecil-kecil.

Kamu bisa membeli jenang grendol khas Tulungagung di sekitaran pasar tradisional. Harganya murah meriah, kamu wajib coba!

8. Sompil

makanan khas tulungagung sompil

travelingyuk[dot]com

Sompil adalah makanan khas Tulungagung yang sangat recommended untuk para pecinta pedas. Rasanya sangat nikmat apabila bumbunya dibuat pedas.

Ditambah lagi makannya dengan lontong dan tambahan lotho, dijamin menggugah selera. Makanan khas Tulungagung ini sangat cocok dinikmati saat makan siang dan santap malam.

9. Kerupuk Rambak

makanan khas tulungagung krupuk rambak

travelingyuk[dot]com

Kerupuk rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau. Rasannya gurih dan renyah sehingga bisa dijadikan cemilan atau lauk.

Katanya yang membedakan kerupuk rambak khas Tulungagung dari daerah lain yaitu teksturnya lebih renyah dan kriuk di mulut.

10. Kopi Ijo dan Cethe

makanan khas tulungagung kopi ijo dan cethe

rradio[dot]net

Kopi khas Tulungagung yaitu Kopi Ijo. Disebut kopi ijo karena warnanya hijau kehitaman. Warna hijaunya berasal dari bubuk kacang hijau yang dicampur dengan kopi.

Kesukaan masyarakat Tulungagung saat menikmati kopi yaitu dengan mengoleskan endapan kopi ke rokok yang masih menyala apinya. Kopi yang sudah dicelupi rokok tadi namanya kopi cethe. Unik bukan?

11. Botok Jeroan

makanan khas tulungagung botok jeroan

resepnusantara[dot]id

Botok biasanya isinya tempe atau teri. Tapi botok khas Tulungagung menggunakan jeroan sebagai isiannya. Botok Jeroan khas Tulungagung terbuat dari bumbu kuah santan, risan tomat, irisan belimbing sayur,cabai, bawang merah, bawang putih, dan jeroan (biasanya menggunakan jeroan ayam).

12. Nasi Bantingan

makanan khas tulungagung nasi bantingan

travelingyuk[dot]com

Makanan khas Tulungagung yang sekilas tampak seperti nasi rames ini namanya Nasi Bantingan. Isi dari nasi ini adalah berbagai macam pilihan lauk pauk dengan sambal.

Bungkusannya kecil-kecil menggunakan kertas minyak atau daun pisang. Karena dibungkus sangat kecil, harganya jadi murah meriha. Tapi tidak cukup makan satu bungkus kalau mau kenyang.

13. Brondong Ketan

makanan khas tulungagung brondong ketan

carabuatresep[dot]blogspot[dot]com

Brondong ketan adalah makanan yang terbuat dari gabah ketan lalu digoreng di kuali. Setelah digoreng, brondong dibentuk menjadi kepalan dan diberi olesan gula cair. Rasanya manis tapi tidak eneg apabila dinikmati orang yang tidak terlalu suka manis.

14. Capar Tape

makanan khas tulungagung capar tape

tempatwisataindonesia[dot]id

Ini nih makanan khas Tulungagung yang paling unik, namanya capar tape. Makanan khas Tulungagung ini terbuat dari campuran tape ketea pohon dan tauge lalu disiram dengan sambal pecel.

Rasa capar tape khas Tulungagung cenderung asam, manis, dan pedas. Kamu tidak akan menemukan makanan ini di daerah lain. Jadi kamu harus ke Tulungagung untuk menikmati capar tape.

15. Pecel Punten

makanan khas tulung agung pecel punten

boombastis[dot]com

Pecel biasanya disajikan dengan nasi putih dengan sayuran dan bumbu kacang. Namun di tulungagung, ada yang namanya Pecel Punten.

Pecel Punten khas Tulungagung terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus lalu dibumbui santan. Harga makanan khas Tulungagung ini sangat murah meriah. Dengan lima ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati pecel punten lengkap dengan sayurnya.

16. Sredek

makanan khas tulungagung sredek

tempatwisataindonesia[dot]id

Makanan khas Tulungagung ini namanya Sredek. Bahan bakunya adaah gethuk ketela putih yang digoreng. Warga Tulungagung biasanya menikmati sredek dengan tempe goreng dan cabai mentah.

Kamu bisa membeli sredek khas Tulungagung di Warung Sompil dan Nasi Pecel di sekitar daerah Tamanan, Tulungagung. Harganya sekitar Rp3.500 per porsi.

Wow, ternyata cukup banyak makanan khas Tulungagung yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi kota marmer ini. Ada beberapa yang hanya bisa dimakan di tempat, dan sebagian bisa dibawa untuk buah tangan.

Leave a Reply