makanan khas Mojokerto onde onde

Makanan Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto – Orang Indonesia asli, tapi tak mengenal makanan khas nya? Ya memanglah untuk mengenal seluruhnya pastilah tak mudah.

Bayangkan, daerah di Indonesia saja banyak sekali dan tiap daerah tersebut memiliki berbagai macam makanan khas nya.

Tak hanya satu, tapi banyak sekali. Tak ayal jika kamu belum mengenal keseluruhan makanan khas masing-masing daerah di Indonesia. Kali ini kita membahas makanan khas Jawa Timuran khususnya dari Kabupaten Mojokerto.

Kabupaten yang terletak sekitar 50 km dari Kota Surabaya ini selain memiliki tempat wisata sejarah yang terkenal juga memiliki makanan khas yang lezat.

Kamu yang mampir ke Mojokerto untuk berkunjung sanak saudara ataupun untuk berwisata, wajib mencicipi makanan khasnya. Nah berikut ini beberapa makanan khas Mojokerto yang bisa kamu coba:

1. Sate Keong

makanan khas mojokerto sate keong
resepnusantara[dot]id
Sate sudah menjadi makanan khas Indonesia yang banyak dikenal masyarakat. Cara memasaknya dengan dibakar diatas bara api langsung.

Nah untuk jenis sate pastilah banyak macamnya, dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sate khasnya masing-masing. Misalnya di Madura ataupun di Padang, sama-sama memiliki makanan khas sate namun rasa yang disajikan berbeda.

Sate Keong ini sendiri banyak variannya, dari sate sapi, sate kambing, sate ayam, bahkan sate keong seperti yang ada di Mojokerto ini.

Keong-keong yang akan dibuat sate ini sebelumnya dibersihkan lalu dimasak atau direbus terlebih dahulu. Kemudian dituluk pada tusuk sate, dibumbui lalu dibakar diatas bara api.

Setelah sate ini matang sate dapat dimakan sebagai lauk dengan pendamping sambel kecap ataupun sambel kacang sesuai selera saja.

2. Sambel Wader

makanan khas Mojokerto_sambel wader

Makanan yang satu ini mungkin masih asing lagi untuk kalian. Sambel wader akan nampak seperti makanan jenis ikan-ikanan lainnya yang disajikan dengan pendamping sambal juga lalapan.

Namun yang membuat makanan ini patut kamu coba adalah ikan wader yang disajikan. Ikan wader ini adalah ikan air tawar yang memiliki ukuran relatif kecil.

Panjangnya saja tak sampai 5cm, namun jangan salah setelah diolah ikan ini memiliki rasa yang sungguh nikmat. Ikan wader ini juga memiliki nutrisi yang begitu banyak sehingga banyak dikonsumsi khusus oleh ibu hamil sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan.

Ikan wader ini disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung. Rasa renyah kriuk saat matang inilah yang menjadi daya tariknya.

Akan tambah nikmat bila disajikan dengan sambal yang pedas dan nasi hangat. Bagaimana perut sudah terasa keroncongan belum?

3. Bothok Tempe

makanan khas Mojokerto_bothok tempe
resepkoki[dot]id
Rasa gurih pedas sudah terlintas di pikiran saat kita mendengar kata Bothok Tempe. Sudah dapat dilihat dari namanya makanan khas Mojokerto ini berbahan dasar tempe dan kelapa parut.

Namun banyak masyarakat yang mengolahnya dengan campuran teri ataupun udang untuk menciptakan cita rasa yang nikmat pada bothok tempe ini.

Salah satu yang menjadi khas dari bothok tempe ini adalah penggunaan petai cina atau lamtoro yang menjadi campurannya. Semua bahan dicampur tak lupa dengan bumbu rempah yang telah diracik.

Kemudaian setelah tercampur, adonan bothok ini dibungkus menggunakan daun pisang atau ditum kemudian dikukus di dalam panci. Bothok tempe ini sangat nikmat bila dihidangkan dengan nasi putih hangat.

Namun warga asli Mojokerto ini banyak menikmati bothok tempe menggunakan nasi jagung.

Nah kamu yang ingin menikmati kenikmatan bothok tempe ini, kamu dapat mengunjungi kedai- makanan Mbah Parti di depa Masjid Al-Fatah Alun-Alun Mojokerto. Namun kedai Mbah Parti baru buka sore menjelang malam.

Mau tau makanan tradisional khas dari berbagai penjuru daerah di Indonesia? Ulasan sangat menarik berikut ini jangan sampai kelewat ya!

Sudah Tau Cara Membuat Makanan Khas Surabaya yang Enak?
10 Nama Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Beserta Daerah Asalnya
Nama makanan khas Probolinggo Jawa Timur dari Laut

4. Sate Bangil

makanan khas mojokerto_sate bangil

Sudah tak perlu diragukan lagi karena sate bangil ini memang terkenal dengan rasanya yang enak. Namun bagi yang tidak suka daging kambing mohon maaf ya, karena memang sudah bahan bakunya.

Kamu yang ingin mencicipi kenikmatan sate bangil ini kamu dapat mengunjungi kedai sate bangil yang sangat terkenal di Mojokerto, yaitu sate bangil Abah Soleh.

Kedai sate bangil Abah Soleh ini berada di Jalan Mojopahit No 361, Mergelo, Kranggan, Prajurit Kulon, Mojokerto. Disini tak hanya sate saja yang dijajakan, ada gulai kambing, krengsengan, pun nasi kebuli.

Oya sate yang dihidangkannya pun kamu bisa pilih, tak hanya danging kambing saja, namun juga jeroan kambing, ataupun lemak.

Sate kambing yang dihidangkan disajikan bersama sambel kacang yang nikmat. Biasanya satu porsi sate bangil ini berisi sepuluh tusuk sate.

Untuk harganya, tak perlu khawatir masih sama sengan harga sate kambing pada umumnya. Bagaimana, kamu ingin mencobanya?

5. Gulai Menthok

makanan khas mojokerto_gulai menthok

Gulai menthok atau enthok adalah gulai yang berisi daging enthog. Makanan bersantan ini memiliki rasa gurih yang ditawarkan.

Ya tentu saja rasa gurih berasal dari santan juga rempah-rempah yang digunakan. Tak hanya itu, gulai ini menjadi spesial karena kebanyakan enthok yang digunakan adalah enthok yang dipelihara sendiri sehingga kualitasnya terjaga.

Bagi kalian yang menyukai makanan bercita rasa gurih pedas, ini adalah salah satu pilihan untuk memanjakan perutmu.

Gulai ini sangat cocok dinikmati menggunakan nasi hangat juga kerupuk yang kriuk. Nah udah ngiler belum? Tak perlu khawatir gulai enthog ini banyak ditemui di kedai-kedai makanan di Mojokerto.

6. Onde-onde

makanan khas mojokerto_onde onde
suaramuslim[dot]net
Camilan yang sudah sangat akrab dengan masyarat Indonesia ini merupakan makanan khas Mojokerto. Ya onde-onde, panganan berbentuk bulat berlapis wijen ini banyak digemari karena rasanya yang enak.

Dominan rasa manis dari isiannya adalah salah stu hal yang membuat onde-onde banyak dicari. Makanan yang terbuat dari tepung ketan ini, sekarang memiliki banyak varian isian.

Tak hanya berisi kajang hijau saja, namun juga coklat dan rasa lainnya. Ini merupakan inovasi yang menarik bukan, kamu bisa merasakan makan bulat berlapis wijn ini tak hanya dengan rasa kacang hijau saja.

Onde-onde ini sangat cocok sebagai camilan pendamping minum teh ataupun kopi. Apalagi jika onde-onde masih hangat, kulit yang terlapisi wijen ini terasa renyah saat digigit.

Kamu yang ingin mencari makanan onde-onde ini, dapat menjumpainya di pasar-pasar tradisional. Di sana masih banyak ditemui penjual yang menjajakannya.

7. Bubur Sruntul

makanan khas mojokerto_bubur sruntul
idntimmes[dot]com
Bubur sruntul, kamu pernah mendengar nama makanan ini sebelumnya? Nah bubur asli Mojokerto ini memiliki rasa yang manis. Bubur ini sekilas akan nampak dengan bubur candil yang ada di daerah-daerah lain di Indonesia.

Namun yang membedakan bubur sruntul ini dengan bubur lainnya yaitu adanya tambahan ketan hitam dalam penyajiannya. Bubur sruntul sendiri terbuat dari tepung ketan yang diat bulatan-bulatan dan dimasak sedemikian rupa.

Setelah matang, ditambahkan bubur ketan hitam lalu disiram dengan kuah santan dan gula jawa. Bubur ini enak disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Jika dinikmati siang hari, dengan menambahkan es pada bubur akan terasa lebih nikmat.

Kamu yang ingin menikmati bubur ini, dapat mengunjungi kedai Mbah Saodah yang berada di Jalan Mayjend Sungkono, Mojokerto. Kedai bubur Mbah Saodah ini buka dari jam 07.00 pagi hingga jam 02.00 siang.

Sudah mengumpulkan info tentang makanan khas Mojokerto kan?

Sekarang saatnya kamu merencanakan, kapan mau menyantap kuliner ala Mojokerto ini.

Leave a Reply