Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Qurban

Setelah kita menjalankan shalat dan menyimak khutbah idul adha singkat, selanjutnya kita akan menjalankan ibadah penyembelihan hewan dengan membaca doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah.

Hewan qurban yang akan disembelih harus sudah memenuhi syarat hewan qurban untuk hari raya. Hal ini karena penyembelihan hewan qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di hari raya idul adha

Penyembelihan hewan qurban dapat dilakukan sejak tanggal 10 dzulhijjah yakni pada hari raya kurban setelah sholat idul adha hingga selesainya hari tasyrik (11 – 13 Dzulhijjah).

Jika merujuk pada penanggalan masehi tahun 2021, maka hari raya idul adha jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Sementara hari tasyrik jatuh pada tanggal 21 – 23 Juli 2021. 

Supaya lebih afdhol dalam penyembelihan hewan kurban, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui apa pengertian qurban beserta tata cara penyembelihan hewan qurban.

Lantas seperti apa tata cara penyembelihan hewan qurban itu sendiri? Bagaimana juga doa menyembelih hewan qurban? Yuk teman-teman simak penjelasannya di bawah ini.

Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban

Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Qurban
Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Qurban

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika tata cara menyembelih hewan qurban untuk tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Mengapa bisa dikatakan berbeda? Hal ini karena proses penyembelihan hewan qurban pada tahun ini masih dalam masa pandemi.

Sehingga ketika teman-teman akan menyembelih hewan qurban, maka teman-teman tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Adapun tata cara penyembelihan hewan qurban di masa pandemi adalah sebagai berikut:

1. Sebelum  Penyembelihan Hewan Qurban

Pertama, memberikan pengumuman kepada mustahik atau penerima daging qurban untuk tidak mendatangi ke lokasi penyembelihan guna menghindari kerumunan yang terjadi di tempat penyembelihan hewan qurban.

Prosesi menyembelih hewan qurban hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban.

Kedua, panitia penyelenggara harus tetap mengutamakan protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan memastikan jika lokasi penyembelihan hewan qurban layak digunakan.

Ketiga, Jika memungkinkan, panitia dapat bekerja sama dengan rumah penyembelihan hewan qurban yang sudah bersertifikasi halal. 

Keempat, Jika tidak memungkinkan bekerja sama dengan rumah potong hewan, maka penyembelihan dapat dilakukan di lokasi masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Banyak dibaca:  Nama Bayi Laki laki Islami

2. Prosesi Menyembelih Hewan Kurban

Pertama, rebahkan dan hadapkan hewan qurban yang akan disembelih ke arah kiblat, kemudian ikat kakinya dan hadapkan ke sebelah rusuknya yang kiri agar nantinya mudah dijagal. 

Kedua, penyembelih menghadapkan diri ke arah kiblat atau berdiri dibelakang hewan qurban yang akan disembelih.

Ketiga, ketika menyembelih, pastikan untuk memotong urat nadi dan kerongkongan yang ada di kiri dan kanan leher hewan qurban sampai putus agar hewan qurban lekas mati. 

Keempat, ketika menyembelih hewan qurban, penyembelih membaca doa menyembelih hewan qurban ini (penjelasan di bawah atau klik disini)

Kelima, jika hewan qurban yang disembelih memiliki leher yang agak panjang, maka menyembelihnya harus di pangkal leher sebelah atas agar ia lekas mati.

Keenam, jika ternyata hewan yang akan disembelih kabur dan tidak dapat ditangkap, maka tata cara menyembelih hewan qurban ini bisa disembelih dimana saja, walaupun bukan di leher. Asalkan kematian hewan itu disebabkan karena sembelihan, bukan atas sebab lain. 

Ketujuh, Setelah hewan kurban benar-benar mati, barulah boleh dikuliti dan dijagal dagingnya untuk kemudian kita bungkus dalam wadah yang sudah disiapkan.

Sudah Tau Bacaan Niat Puasa Senin Kamis yang Sesuai Sunah?

3. Setelah Menyembelih Hewan Qurban

Pertama, kita siapkan daftar nama orang-orang yang akan mendapatkan daging qurban

Kedua, kita datangi satu persatu rumah-rumah orang yang mendapatkan daging qurban. Jangan lupa juga untuk membawa hand sanitizer atau yang lainnya. Tujuanya adalah untuk menjaga diri kita maupun orang lain agar tidak tertular penyakit.

Ketiga, setelah selesai pembagian daging qurban, segera bersihkan tempat penyembelihan dan juga semprot dengan disinfektan agar virus maupun bakteri yang ada tidak menyebar kemana-mana.

Nah itu tadi tata cara menyembelih hewan qurban di masa pandemi ini. Semoga amal ibadah dan qurban yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT.

Jangan lupa juga teman-teman sehari sebelum hari raya, kita disunnahkan niat puasa arafah bulan dzulhijjah.

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban

Pertama, membaca بِسْمِ اللهِ (Bismillah). Artinya, “Dengan nama Allah”

Lebih baik lagi jika dibaca dengan sempurna, yakni:

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

(Bismillahir rahmanir rahim). Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”.

Kedua, membaca sholawat untuk Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

(Allahumma shalli ala sayyidina muhammad, wa ala ali sayyidina muhammad). Artinya, “Ya Allah, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.” 

Banyak dibaca:  Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha

Ketiga, membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali:

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

(Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, walillahil hamd). Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.” 

Keempat, membaca doa menyembelih hewan qurban:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

(Alahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni yâ karim). Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub ku.” 

Jika dalam menyembelih hewan qurban diwakilkan, maka doa menyembelih hewan qurban yang dibaca adalah

ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ , اﻟﻠﻬﻢ ﻣﻨﻚ ﻭﻟﻚ , اﻟﻠﻬﻢ ﺗﻘﺒﻞ ﻣﻦ ﻓﻼﻥ

(Bismillah, Allahumma minka wa laka, Allahumma taqobbal min fulan). Artinya: “Dengan nama Allah. Ya Allah, ini adalah dari Mu dan untuk Mu. Ya Allah, terimalah dari Fulan”

Adapun untuk kata fulan, kita ganti orang nama orang yang kita wakili atau sesuai dengan nama yang sudah diberikan oleh orang yang berkurban.

Kemudian jika kita ingin menyembelih hewan qurban berupa sapi, kerbau atau unta untuk tujuh orang dengan cara diwakilkan, maka doa menyembelih hewan qurban untuk 7 orang adalah

 ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ , اﻟﻠﻬﻢ ﻣﻨﻚ ﻭﻟﻚ , اﻟﻠﻬﻢ ﺗﻘﺒﻞ ﻣﻦ ﻓﻼﻥو فلان الخ 

Maksudnya adalah kita menyebutkan nama-nama yang sudah diberikan sampai tujuh orang kemudian menyembelihnya. 

Jika tata cara menyembelih hewan qurban di atas dirasa bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya agar mereka juga mengetahui tata cara menyembelih hewan qurban dengan benar.

Kalau masih ada yang belum jelas, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply