Niat Puasa Senin Kamis

Begitu istimewanya Agama Islam dalam memandang hati, ketika baru memiliki Niat Puasa Senin Kamis saja sudah bernilai ibadah dan mendapatkan satu pahala.

Padahal, puasa sunah senin kamis tersebut jika dilakukan maka orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala, tetapi jika di tinggalkan tidak akan mendapatkan dosa.

Untuk puasa sunah, sebenarnya ada berbagai macam. Ada yang namanya puasa sunah 6 hari bulan Syawal, puasa tasu’an, puasa hari Arafah, puasa ayyamul bidh, puasa asyura’ ataupun puasa daud.

Dari beberapa puasa sunah, yang menarik untuk dibahas kali ini adalah puasa sunah senin dan kamis. Dimana puasanya diamalkan pada hari senin dan kamis.

Keutamaan puasa sunah sudah banyak dijelaskan dalam hadist. Selain itu, amalan puasa sering dikerjakan oleh Rasulullah SAW.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Niat Puasa Senin Kamis Latin dan Arab - Bosmeal.com
Niat Puasa Senin Kamis Latin dan Arab

Sebelum kita mengetahui keutamaan dari amalan puasa ini, terlebih dulu baiknya kita ketahui bagaimana bacaan niat puasa senin kamis latin dan arab itu sendiri.

Untuk melakukan doa niat puasa senin kamis sendiri bisa dengan menggunakan bahasa Arab, latin Indonesia atau terjemahannya.

Perlu diketahui niat puasa senin kamis di bulan rajab sebenarnya sama saja dengan puasa senin dan kamis di bulan lain.

Hanya saja, apabila kita juga memiliki niat puasa sunnah rajab, kita bisa mendapatkan pahala double atau berkali lipat.

Kemudian melakukan bacaan niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan merupakan hal yang tidak dibenarkan.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan para ulama bahwa menggabungkan bacaan niat puasa senin kamis dan qadha bayar hutang puasa termasuk menggabungkan suatu amal wajib dengan sunnah sekaligus.

Dimana amal wajib dan sunah harus diniatkan secara terpisah atas dasar perbedaan hukum fikihnya.

Berbeda apabila kita menggabungkan niat puasa senin kamis dengan puasa ayyamul bidh. Hal ini dibolehkan karena amal yang dilakukan sama sama amal sunnah.

Bagaimana Agar Saat Qadha Sekaligus Bayar Hutang Puasa Ramadhan mendapatkan pahala niat puasa senin kamis juga?

Para ulama kita mengajarkan bahwa, kalau sedang membayar hutang puasa ramadhan ya kita lakukan di hari senin dan kamis. Namun tetap satu niat yakni: qadha puasa atau membayar hutang puasa.

Terus pahala niat puasa sunah pada hari senin dan kamis gimana?

Insya Allah untuk pahala, ALlooh lebih mengetahui pahala terbaik yang akan diberikan kepada kita sebagai hamba-Nya.

Berikut bacaan niat puasa senin kamis latin dan arab:

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin

Berikut niat puasa hari senin arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Berikut niat puasa hari senin latin:

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’aalaa

Artinya:

Saya niat berpuasa hari senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Kamis

Sedangkan niat puasa hari kamis arab adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat puasa hari kamis latin adalah:

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatal lillahi ta’aalaa

Artinya:

Saya niat puasa hari kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Untuk cara niat puasa senin kamis sendiri tidak diwajibkan melafalkan pada malam hari atau sebelum terbit fajar. Berbeda dengan puasa wajib seperti puasa ramadhan yang harus diniati sebelum terbit fajar.

Dengan demikian puasa ini juga bisa dilakukan oleh anak yang sedang belajar berpuasa.

Walaupun niat puasanya sendiri boleh di kerjakan pada pada pagi hari, tetapi tetap ada syarat yang tidak boleh dilewatkan yaitu belum makan atau minum dan belum mengerjakan hal hal yang membatalkan puasa.

Bacaan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Setelah kita melakukan niat puasa senin kamis tentunya selama seharian kita menjalankan puasa.

Nah pada saatnya berbuka kita disunahkan berdoa buka puasa terlebih dahulu. Adapun untuk doa berbuka puasanya sama dengan doa buka puasa wajib yaitu:

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Untuk artinya sebagai berikut:

Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rizkiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu ya Allah wahai zat yang maha pengasih.

Menu berbuka silahkan: Resep Menu Buka Puasa

Fadhilah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Fadhilah Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya - Bosmeal.com
Gambar Fadhilah dan Keutamaan Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Dengan mengetahui fadhilah dan keutamaannya, diharapkan kita akan lebih bersemangat untuk menjalankannya.

Tidak sedikit dan saudara kita kaum muslim yang melakukan niat puasa senin kamis untuk meminta sesuatu hajat kesuksesan, jodoh atau anak.

Hal tersebut boleh boleh saja dilakukan. Akan tetapi, niat puasa senin kamis terbaik ataupun ibadah sunnah lainnya sebaiknya kita perbaiki dan perbarui niat lagi hanya untuk mendapat ridho ALlooh سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى‎.

Lebih indah dan perlu kita yakini lagi bahwa apabila kita melakukan puasa sunnah tersebut, kita telah beramal sesuai dengan sunah Nabi ﷺ.

Sehingga semoga kita termasuk umat yang digolongkan mencintai Nabi ﷺ karena telah melakukan amal yang juga dilakukan oleh Nabi ﷺ.

Kemudian, keutamaan puasa sunah hari senin dan kamis yang lain bisa merujuk pada hadist berikut:

وَقََالَ تُعَرَّضَ الأَعْمَالُ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأَحَبُّ أَنْ يُعَرَّضَ عَمَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ – رَوَاهٌ التِّرْمِذِيْ 

Rasulullah bersabda: “Amal amal itu diperlihatkan kepada Allah pada hari Senin dan Kamis, maka aku senang (gembira) sekali ketika amalku diperlihatkan dan aku sedang berpuasa” Hadis riwayat Imam at-Tirmidzi.

Dari hadis di atas jelas mengenai keutamaan dari puasa senin dan kamis. Dengan puasa sunah ini, kita bisa berperilaku dan lebih berusaha meningkatkan amal amal kita setiap harinya.

Baca Juga Contoh Khutbah Idul Fitri

Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis dalam Kesehatan

Bacaan Doa Niat Puasa Senin Kamis Sesuai Sunnah Rasul dan Manfaatnya - Bosmeal.com
Bacaan Doa Niat Puasa Senin Kamis Sesuai Sunnah Rasul dan Manfaatnya

Ketika menjalankan ibadah puasa pasti kita akan mendapatkan banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Selain mendapatkan pahala, puasa juga bermanfaat terhadap kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat puasa senin dan kamis untuk kesehatan kita.

1. Menurunkan Berat Badan

Pada saat puasa, kita tidak akan makan dan minum selama 12 jam lebih.

Dengan kita tidak makan dan minum dalam kuran waktu tersebut, menurut penelitian yang ada, pada saat berpuasa tubuh akan membakar lemak-lemak dalam tubuh kita secara efektif.

Ini akan lebih efektif daripada hanya dengan melakukan diet biasa. 

Akan tetapi jika pada waktu berbuka kita makan dengan berlebih, bukannya berat badan menjadi turun malah yang terjadi sebaliknya, berat badan akan menjadi naik. Jadi kita harus tetap memperhatikan berat badan.

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Manfaat selanjutnya dari puasa sunah senin dan kamis adalah untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat dan glukosa lebih baik daripada ketika tidak berpuasa.

Dengan melakukan puasa, menurut penelitian insulin akan menjadi lebih efisien dalam memerintahkan sel untuk menyerap glukosa dalam darah sehingga tidak ada penumpukan gula dalam darah.

3. Mempercepat Metabolisme

Melakukan puasa maka secara otomatis selama 12 jam kita tidak makan apa apa dan membuat pencernaan kita beristirahat.

Dengan beristirahatnya pencernaan karena tidak ada makanan yang masuk maka akan membuat energi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori menjadi lebih efisien. 

Jika pencernaan kita buruk karena banyaknya berbagai macam makanan yang masuk, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan metabolisme kita dan juga pembakaran lemak kita.

4. Dapat Memperpanjang Umur 

Pada dasarnya takdir seseorang sudah ditentukan oleh Allah swt, baik itu lahir, jodoh maupun kematian.

Kita manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin untuk selalu hidup dalam jalan kebaikan. 

Salah satu caranya adalah dengan berpuasa sunah. Entah kita percaya atau tidak bahwa dengan sering berpuasa sunah senin dan kamis akan dapat memperpanjang umur kita.

Hal ini karena semakin sedikit makanan yang kita makan akan semakin lama kita hidup di dunia.

Ada sebuah penelitian yang telah membuktikan bahwa pada orang dengan budaya tertentu memiliki usia lebih lama karena diet mereka.

Akan tetapi kita tidak perlu masuk dengan komunitas dan budaya asing untuk bisa memperpanjang usia. Kita bisa juga rutin melakukan amalan puasa sunah pada hari senin dan kamis sebagai salah satu caranya.

Dengan berpuasa maka kita tidak akan mendapatkan asupan makanan sehingga membuat metabolisme tubuh kita menjadi efektif.

Semakin tua usia akan membuat metabolisme semakin lambat, sebaliknya semakin muda maka metabolisme akan semakin cepat dan efisien.

Please Skip: Kumpulan Nama Bayi Laki laki Islami Paling Bagus

5. Meningkatkan Rasa Lapar 

Dengan berpuasa kita akan merasakan lapar yang sesungguhnya.

Sehingga orang orang dengan berat badan berlebih akan kesulitan untuk menerima sinyal rasa lapar yang benar. Dikarenakan sinyal rasa lapar tidak benar membuatnya selalu merasa lapar dan membuat pola makan yang berlebih.

Jika kita renungkan kembali dan mengandaikan puasa sebagai tombol reset, maka semakin sering kita berpuasa akan semakin bagus bagi hormon dalam tubuh kita untuk mengirim sinyalnya.

Dengan kita mengalami rasa lapar, hormon akan mengirimkan sinyal itu dan membuat kita akan menjadi lebih cepat kenyang dan tidak berlebihan ketika makan.

6. Meningkatkan Pola Makan 

Bagi orang orang yang memiliki gangguan pola makan berlebih akan sangat sulit untuk menata ulang pola makan yang berkualitas.

Dengan melakukan ibadah puasa, maka mau tidak mau kita akan menunggu waktu berbuka dan kemudian makan dengan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya tanpa dibebani oleh pekerjaan lainnya.  

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat selanjutnya dari puasa adalah bisa meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena dengan berpuasa akan meningkatkan produksi protein dan sering disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).

Nah BDNF sendiri akan mengaktifkan sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, serta  memicu banyak bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf.

Protein-protein yang diturunkan ini akan melindungi sel-sel otak dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson. 

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas puasa sunah juga dapat mengatur kondisi peradangan dalam tubuh serta membuat sel-sel kanker kelaparan.

Nah jika kita melihat di alam liar, ketika hewan itu sakit, dia akan berhenti untuk makan dan memfokuskan diri untuk beristirahat.

Hal ini merupakan cara utama untuk mengurangi rasa stres pada sistem internal mereka dan sistem kekebalan tubuh akan fokus melawan penyakit atau infeksi.

Sementara manusia merupakan satu satunya spesies yang akan terus mencari makanan walaupun dia sedang sakit dan bahkan dia akan tetap mencari walaupun tidak dibutuhkannya. 

9. Berkontribusi Pada Pencerahan Diri

Point selanjutnya mengenai manfaat dari berpuasa sunah senin dan kamis adalah mampu membuat kita menjadi lebih terhubung dengan kehidupan selama latihan membaca, meditasi, yoga, dan seni bela diri dll.

Tanpa adanya makanan yang masuk dalam sistem pencernaan kita maka akan membuat ruang untuk lebih banyak energi dalam tubuh kita.

Pencernaan sendiri merupakan salah satu penyerap energi yang paling banyak pada sistem didalam tubuh kita. Dengan melakukan puasa maka memungkinkan kita untuk merasa lebih baik, baik secara sadar maupun fisik. 

Kondisi tubuh yang lebih ringan serta pikiran yang lebih jernih, akan membuat kita menjadi lebih sadar dan bersyukur atas hal-hal yang ada di sekitar kita. 

10. Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Pencernaan yang cenderung tidak bekerja maka energi yang biasanya digunakan untuk pencernaan akan memfokuskan diri pada regenerasi sistem lainnya seperti kulit dan sebagainya.

Itulah sedikit manfaat dari menjalankan ibadah puasa sunah yang kita bahas kali ini. Setelah mengetahui manfaat yang sebegitu banyaknya, semoga kita bisa lebih semangat menjalankannya.

Jangan lupa untuk selalu meniatkan puasa kita mengharapkan ridha Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

Leave a Reply