Makanan Khas Kediri Nasi Goreng Arang

Makanan Khas Kediri

Paling enak ketika membahas tentang kekayaan Kota Kediri, selain Kecamatan Pare yang sudah terkenal adalah makanan khas. Sebab kota terbesar ke-3 di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang ini, memliki aneka wisata kuliner yang beragam dan begitu menggoda.

Tentunya bukan tanpa alasan, sebab Kediri memiliki racikan bumbu tradisional yang sebagian besar dipengaruhi makanan khas daerah Jawa, sehingga mampu menciptakan masakan khas yang sangat lezat nan nikmat.

Nama-nama Makanan Khas Kediri

“Makanan adalah simbol dari cinta kompilasi kata-kata tak cukup diungkapkan”

Penasaran makanan khas Kediri apa saja yang harus Kamu coba? Berikut rekomendasinya!

1. Soto Khas Kediri

Makanan Khas Kediri Soto

Jika makanan khas Surabaya ada soto khas Surabaya, maka Kediri juga memiliki soto khas. Menjadi ikon kuliner khas Kediri, racikan bumbu sotonya tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Jika daerah lain kebanyakan menggunakan soto kuah bening, Kediri memiliki soto dengan kuah santan. Sedangkan untuk isiannya terdiri dari tauge, mie, suwiran ayam, serta lainnya.

Jika dilihat, soto Kediri memang sama seperti soto lainnya. Namun yang membedakannya adalah kuah santan, karena menggunakan bumbu rahasia sehingga rasanya lebih nikmat.

Selain itu, biasanya juga ada penjual yang menjajakan soto Kediri bersama dengan ayam bakar untuk lauk pendampingnya.

2. Sate Bekicot, Berani Coba?

Makanan Khas Kediri Sate Bekicot

Mendengar kata sate bekicot mungkin Kamu akan berpikir dua kali untuk mencobanya. Eits, jangan berpikir terlalu lama, sebab sate bekicot khas Kediri ini sangat enak, bakal bikin Kamu ketagihan.

Terkenal juga di kota Perancis dengan sebutan Escargot, sate bekicot khas Kediri ini biasa disebut dengan sate nol dua (02). Dan yang paling terkenal lezat adalah di desa Djengkol yang berada di 10 km dari Kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Selain sate bekicot, di daerah tersebut Kamu juga dapat menemukan olahan bekicot lainnya yang tak kalah lezat lho! Seperti keripik bekicot, krengsengan bekicot, bahkan keripik bekicot.

Perlu Kamu ketahui juga, bahwa harga sate bekicot di luar negeri sangat tinggi, sedangkan untuk makanan khas Kediri ini hanya dijual seharga 15 ribu saja untuk mendapatkan 50 tusuk sate bekicot.

Perlu Kamu ketahui juga, jika berpikir sate bekicot ini kurang sedap, padahal di dalamnya mengandung segudang manfaat bagi kesehatan lho. Beberapa diantaranya yakni:

  • Mengandung tripofan yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati
  • Kaya akan protein, sehingga mampu membangun serta memperbaiki otot
  • Kaya akan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan sistem saraf
  • Tinggi zat besi, sehingga mampu mencegah terjadinya anemia dan kelelahan.

3. Stik Tahu yang Melegenda

Makanan Khas Kediri Stik Tahu

Kamu pasti tahu bahwa Kediri terkenal sebagai kota penghasil tahu dengan kualitas yang baik. Dengan demikian, tentu saja Kediri memiliki makanan khas yang berbahan dasar dari tahu serta kelezatannya tak perlu diragukan lagi.

Yaps, stik tahu menjadi cemilan favorit baik bagi masyarakat Kediri ataupun wisatawan yang berasal dari daerah lain.

Hal ini tentu saja bukan hanya tahu khas Kediri yang memiliki kualitas tinggi saja, namun juga pengolahan stik tahu yang sangat khusus dan masih menggunakan cara tradisional sehingga kelezatannya tiada tara.

Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat stik tahu juga sangat khusus dan rahasia, sehingga menambah kenikmatannya. Karena tekstur tahu ini kering dan renyah, maka cemilan khas Kediri ini bisa Kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

4. Tahu Takwa, Si Tahu yang Unik

Makanan Khas Kediri Tahu Takwa

Selain stik tahu, Kediri juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar tahu, yakni tahu takwa. Mendengar namanya saja sudah sangat unik, tentu rasanya juga sangat lezat dan unik ya.

Ciri khas tahu takwa sendiri yakni berwarna kuning, dengan bertekstur yang sangat kenyal dan lembut. Selain itu, bentuk seperti tahu biasanya yakni berbentuk kotak, namun lebih ramping dari biasanya.

Sedangkan untuk rasanya sendiri, memiliki rasa gurih, serta tak menimbulkan rasa asam seperti tahu yang dibuat di daerah lainnya.

Nah, untuk tahu takwa yang sudah diolah sendiri, bagian luarnya bertekstur renyah, sedangkan bagian dalamnya bertekstur lembut, sehingga membuat penikmat ketagihan untuk mencoba terus dan terus.

Perlu diketahui juga, bahwa warna kuning dari si tahu takwa ini bukan menggunakan bahan pewarna sintetis ya, namun menggunakan bahan pewarna alami dari kunyit. Untuk penyajiannya agar lebih nikmat, tahu takwa disajikan bersama kucai dan tauge.

5. Nasi Goreng Arang, Bagaimana Kelezatannya?

Makanan Khas Kediri Nasi Goreng Arang

Nasi goreng arang? Apakah nasi yang dicampur arang? Tentu bukan ya. Nah, bila di era modern ini Kamu serba menikmati masakan yang diolah di atas kompor gas, maka saatnya mencoba nasi goreng yang dimasak menggunakan arang.

Yaps, berbeda dengan lainnya, nasi goreng khas Kediri ini diproses menggunakan barang arang, bahkan nasinya pun tak dibumbui bahan penyedap. Hal tersebut tentu saja membuat nasi goreng arang tak hanya lezat dan nikmat saja, namun juga sehat.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi nasi goreng arang, maka yang paling terkenal adalah milik Mbah Man. Bahkan saking ramainya, ketika membeli Kamu harus rela mengantri, atau bahkan Kamu tak berkesempatan mencoba karena kehabisan.

Jadi, pastikan Kamu datang lebih awal untuk mencobanya ya!

6. Nasi Pecel Sambel Tumpang yang Hanya Ada di Kediri

Makanan Khas Kediri Nasi Pecel Sambel Tumpang

Makanan khas Kediri selanjutnya yang tak boleh Kamu lewatkan adalah nasi pecel sambel tumpang.

Nasi pecel khas Kediri ini berbeda dengan daerah lainnya, karena merupakan nasi putih yang disajikan bersama berbagai sayuran pecel, dan yang istimewa adalah sambal tumpang sebagai pelengkapnya.

Kamu pasti penasaran apa itu sambal tumpang bukan? Sambal tumpang merupakan sambal yang dibuat menggunakan tempe lanas atau busuk, serta ditambah dengan bumbu khusus lainnya, sehingga citra rasanya sangat nikmat.

Perlu diketahui, meski tempe yang digunakan telah busuk, namun menurut masyarakat Kediri, tempe yang telah busuk justru mampu menambah nafsu makan.

Dan memang benar, si sambal tumpang ini sebagai buktinya bahwa tempe busuk benar-benar mampu menggoyang lidah dan membuat penikmat ingin terus mencobanya.

7. Sate Emprit

Makanan Khas Kediri Sate Emprit

Jika sate Madura menjadi salah satu makanan khas dari Madura, maka si sate emprit ini menjadi sate khas Kediri. Yaps, oleh masyarakat Kediri si burung emprit atau  pipit ini diolah menjadi sate yang sangat lezat dan nikmat.

Untuk si daging emprit ini sendiri sangat berbeda dengan daging ayam. Dimana jika daging ayam dibakar warnanya akan tetap putih, maka si daging emprit ini juga dibakar warnanya akan berubah menjadi kecoklatan.

Selain itu,  teksturnya pun sangat empuk dan tidak lengket, sehingga ketika digigit, penikmat akan merasakan sensasi rasa yang berbeda.

Tak hanya itu saja, kelebihan daging emprit lainnya adalah tidak berbau amis, serta rasanya sangat gurih karena tak memiliki lemak.

Perlu diketahui juga, bahwa daging emprit ternyata berkhasiat untuk menambah stamina serta mengobati penyakit jantung lemah lho!

Sebagai rekomendasi, untuk menikmati sate emprit yang paling lezat ada di Jl. Wahidin, Kecamatan Guruh, Kediri.

Yakni di warung yang berada di sebelah timur monumen simpang lima gumul. Jadi, setelah kamu menikmati sate emprit, setelahnya bisa menikmati keindahan monumen khas kota Kediri ya!

8. Carang Mas, Jajanan Tempo Dulu yang Menggoda

Makanan Khas Kediri Carang Mas

Makanan khas Jawa Timur memang begitu unik dan layak untuk dicicipi semuanya, termasuk makanan tradisional dari daerah Kediri ini.

Yaps, carang mas merupakan jajanan jaman dulu khas Kediri yang berbahan dasar ubi jalar dengan citra rasa yang manis, renyah, dan gurih.

Cemilan yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kediri, karena jika disimpan secara benar dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkannya, Kamu bisa membeli di toko oleh-oleh yang ada di Kediri atau pun seluruh Jawa Timur.

Untuk bentuk carang mas sendiri, yakni berbentuk bulat, dengan tekstur yang tidak rapi atau berantakan. Dengan warna kecokelatan yang menggoda, dalam satu gigitan saja, pasti akan membuat Kamu ketagihan.

9. Klepon Khas Kediri

Makanan Khas Kediri Klepon

Asal usul si kue basah bulat hijau ini memang tak diketahui, namun keberadaannya telah menyebar ke seantero negeri.

Perlu untuk Kamu ketahui bahwa, sebagian orang menyebutkan bahwa klepon ternyata berasal dari Kediri, karena penggunaan gula yang dijadikan isiannya berasal dari Kediri.

Dengan demikian, tentu akan lebih nikmat jika Kamu mencoba klepon yang berasal dari daerah asalnya bukan? Oh iya, tekstur dari si klepon ini sangat menggoda, karena ketika digigit si gula merah akan meleleh keluar dan membuat citra rasanya begitu nikmat.

10. Cenil

Makanan Khas Kediri Cenil

Selain klepon, Kamu juga wajib coba jajanan khas Kediri yang melegenda ini. Ypas, meski bisa ditemukan di berbagai daerah, namun cenil khas Kediri ini memiliki citra rasa yang berbeda dan lebih enak.

Dibuat menggunakan sari pati ketela pohon, cenil biasanya berbentuk kotak, dan berwarna-warni.

Untuk menambah kenikmatan, penyajiannya ditambah dengan taburan parutan kelapa dan gula merah cair. Untuk harganya pun sangat murah, yakni sekitar 5 ribu saja untuk per porsinya.

11. Tahu Poo

Makanan Khas Kediri Tahu Poo

Sebagai penghasil tahu, tentu makanan khas Kediri banyak yang terbuat dari bahan dasar tahu. Yaps, selain stik tahu dan tahu takwa, si tahu poo ini juga harus Kamu coba kelezatannya.

Berbeda dengan tekstur tahu keduanya, tahu poo ini memiliki tekstur renyah di bagian luar, sedangkan untuk bagian tengahnya mengembang atau kosong. Dan paling lezat jika si tahu poo ini disajikan bersama sambal petis.

Selain itu, yang membuat citra rasa si tahu poo ini semakin lezat adalah, karena pembuatannya menggunakan bumbu khas. Sehingga baik citra maupun aromanya sangat lezat dan nikmat.

12. Gethuk Pisang Khas Kediri

Makanan Khas Kediri Gethuk Pisang

JIka di daerah lain biasanya gethuk berbahan dasar singkong, maka gethuk khas Kediri ini dibuat dari bahan dasar pisang. Itu tentu saja membuat rasanya lebih manis, legit dan sedikit asam.

Selain itu, gethuk pisang khas Kediri ini juga tidak berbentuk bulat, melainkan berbentuk panjang atau seperti lontong dan dibungkus daun pisang.

Oh iya, ketika membeli gethuk pisang ini, pastikan Kamu pilih gethuk secara cermat ya. Sebab ada yang pedagang nakal yang membungkus gethuk secara tebal agar terlihat besar.

Untuk menemukan gethuk pisang yang lezat khas Kediri ini, Kamu bisa menemukannya di sepanjang jalan Dhoho. Disana ada banyak lapak yang menjual gethuk ini. Harganya pun sangat murah, yakni berkisar 5 ribuan saja.

13. Kerupuk Upil Si Opak Gorengan Wedi

Makanan Khas Kediri Kerupuk Upil

Dari namanya, makanan khas Kediri ini pasti membuat Kamu penasaran. Kerupuk upil menjadi cemilan khas Kediri yang sangat renyah dan lezat, sehingga membuat penikmatnya sangat tergoda.

Dan yang menarik dari si kerupuk khas Kediri ini adalah, jika bisanya kerupuk digoreng menggunakan minyak, maka kali ini digoreng menggunakan pasir panas. Sehingga sangat rendah lemak bukan?

Makanan khas Kediri memang sangat melegenda. Siapa saja yang menikmatinya pasti akan ketagihan mencoba dan terus mencoba.

Jadi bagi Kamu yang main ke Kediri, pastikan coba semua kuliner khas dan jangan lupa untuk membawa pulang juga oleh-oleh khas Kedirinya ya.

Leave a Reply