Makanan Khas Madiun Bluder Cokro

Makanan Khas Madiun

Makanan Khas Madiun – Salah satu kabupaten di Jawa Timur, yakni Madiun pantas dijadikan sebagai destinasi wisata bagi Kamu yang ngaku sebagai traveler. Namun, pergi ke kota sejuta wisata ini tentu tak akan lengkap bila tak mencicipi kulinernya.

Apalagi makanan khas Madiun terkenal kelezatannya yang mampu menggoyang lidah, dan hanya bisa ditemukan di kota ini saja. Penasaran apa saja daftar nama kuliner khas Madiun yang wajib Kamu coba? Ini dia rekomendasinya, jangan sampai terlewatkan ya!

Macam-macam Makanan Khas Madiun

“Rahasia sukses dalam hidup ialah makan apa yang kamu suka, lalu membiarkan makanan itu berjuang di dalam”.

1. Kue Manco

Makanan Khas Madiun Kue Manco

Baru pertama kali dengar ya?

Padahal, kue manco termasuk jajanan tradisional khas Madiun dimana kue yang satu ini merupakan warisan dari nenek moyang dan konon tidak dapat di daerah manapun selain di desa asalnya yakni desa Tambak Mas.

Mengapa demikian?

Sebab kue manco yang dibuat di desa Tambak Mas-lah yang jika digigit akan membentuk rongga di dalamnya. Ini tentu saja sangat sayang bila Kamu pergi ke Madiun tanpa mencicipi kue unik ini bukan?

Sedangkan untuk cara pembuatannya sendiri, sebenarnya sangat sederhana, yakni dibuat menggunakan bahan tepung ketan yang dicampur menggunakan air hingga membentuk adonan seperti donat.

Kemudian direbus terlebih dahulu, lalu dikeringkan dan dipotong kecil-kecil membentuk segitiga. Baru setelah itu digoreng hingga menggembang dan membentuk rongga di bagian dalamnya.

Yang membuat kue ini menjadi tambah lezat adalah, setelah digoreng akan ditambah dengan cairan gula merah dan taburan wijen, sehingga hanya dalam satu gigitan saja, Kamu bisa merasakan kelezatan yang luar biasa.

Untuk harganya pun sangat murah, yakni hanya 5 ribu sampai 10 ribu saja untuk mendapatkan beberapa potong kue manco.

2. Bluder Cokro

Makanan Khas Madiun Bluder Cokro

Jajanan legendaris khas Madiun yang tak boleh Kamu selanjutnya adalah blunder cokro. Yaps, jajanan yang masuk ke dalam jenis roti ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak tahun 1889.

Dimana awalnya Nyonya Susan memperoleh resep roti blunder cokro dari orang Belanda, yang kemudian dijadikan sebagai usahanya hingga sekarang ini.

Bagaimana dengan rasanya? Tak diragukan lagi, Kamu bisa memilih 14 varian rasa sesuKamu, mulai dari original, keju, kacang, abon, fruity tam, smoked beef, dan lainnya. Selain itu, roti ini juga bisa tahan hingga 6 hari, jadi bisa Kamu jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Jika Kamu tertarik untuk membeli maka bisa kunjungi langsung ke outletnya yang buka mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam. Harganya pun sangat murah, per potongnya mulai dari 8 ribu hingga 10 ribu saja.

3. Brem Mirasa Khas Madiun

Makanan Khas Madiun Brem Mirasa

Hampir seluruh daerah di Jawa Timur memiliki makanan khas berupa brem, termasuk menjadi makanan khas Malang. Untuk brem khas Madiun sendiri diberi nama brem mirasa yang memiliki citra rasa tersendiri.

Pada umumnya, brem merupakan hasil dari sari ketan yang telah difermentasi, sehingga membentuk tekstur yang padat, dan akan langsung lebur menyebar ke mulut ketika digigit.

Meski dibuat dari sari ketan, namun ketan yang digunakan adalah beras ketan segar atau belum menjadi tapi, sehingga sangat aman dikonsumsi.

Selain itu, untuk brem khas Madiun sendiri memiliki bentuk kota pipih dan berwarna putih kekuningan. Sedangkan untuk varian rasanya, ada rasa original, keju, cokelat dan lainnya. Harganya pun sangat murah, yakni per kotaknya mulai 5 ribu hingga 15 ribu saja.

4. Madumongso, Dodol Unik Khas Madiun

Makanan Khas Madiun Madumongso

Kota Madiun memang menyimpan sejuta jajanan khas yang bisa dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang ke kota asal, salah satunya si Madumongso ini. Yaps, termasuk jenis jajanan, madumongso sangat populer dan dijadikan oleh-oleh khas Madiun.

Untuk bahan dasar pembuatannya sendiri yakni menggunakan bahan dasar beras ketan yang difermentasikan menjadi tape. Kemudian dimasak dengan dicampur santan dan gula hingga menjadi dodol.

Tak hanya rasanya saja yang lezat, yang unik dari makanan khas Madiun ini adalah pengemasannya yakni dibungkus menggunakan kertas warna-warni sehingga semakin menggugah selera.

5. Mimosa Lemon, Minuman Menyegarkan Penghilang Dahaga

Makanan Khas Madiun Mimosa Lemon

Minuman khas Madiun yang tak boleh Kamu lewatkan adalah mimosa lemon. Yaps, minuman legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu ini memiliki rasa yang menyegarkan mirip seperti minuman saritemu yang juga terkenal sejak zaman dulu.

Untuk memberikan tambahan rasa nikmat ketika diminum, paling direkomendasikan untuk dicampur dengan air es dan biji selasih. Untuk harganya sendiri sangat murah, yakni per botolnya hanya 12 ribu saja.

6. Sambal Pecel Khas Madiun

Makanan Khas Madiun Sambel Pecel

Hampir di semua wilayah Indonesia pasti memiliki kuliner sambal pecel. Namun untuk makanan khas Madiun ini tentu saja memiliki citra rasa yang berbeda dari daerah lainnya. Bahkan bumbu-bumbu yang digunakan pun sangat berbeda.

Beda dengan daerah lainnya, sambal pecel khas Madiun dibuat dari bahan dasar kacang tanah, yang dicampur dengan cabai, gula aren, dan yang membedakannya adalah menggunakan bumbu rempah-rempah komplit seperti jahe, kunyit, dan bumbu rahasia lainnya.

Dengan bumbu rahasia khas orang Madiun, tak heran jika Kamu mencobanya pasti akan merasakan sensasi rasa sambal yang berbeda dari lainnya.

7. Kue Semprong

Makanan Khas Madiun Kue Semprong

Seperti makanan khas Kediri, Madiun pun memiliki cemilan khas berupa kue semprong, Untuk rasanya sendiri tentu saja tak kalah enak dan lezat. Dimana kue kering yang dibuat dari bahan tepung tapioka, kelapa dan gula merah ini diolah secara khusus hingga menghasilkan kue yang sangat renyah dan nikmat.

Dengan rasa yang mirip seperti eggroll, untuk harganya pun sangat murah, per kemasannya mulai 20 ribu hingga 30 ribu saja. Dan ketahanannya pun cukup lama, yakni mampu bertahan sampai 8 bulan jika dikemas secara benar.

8. Keripik Tempe

Makanan Khas Madiun Keripik Tempe

Makanan khas Madiun keripik tempe ini berbeda dengan daerah lainnya ya. Dimana jika di lain misalnya yang menjadi makanan khas Surabaya, tempe hanya ditepungi saja, maka keripik tempe khas Madiun ini diolah secara berbeda.

Yaps, sudah ada sejak zaman dulu, keripik tempe khas Madiun ini tidak diselimuti tepung, melainkan hanya berbahan dasar tempe yang diolah dan dibumbui dengan bumbu khusus, sehingga menghasilkan baik tekstur maupun rasa keripik yang spesial.

Harganya pun sangat murah, yakni per pack-nya hanya sekitar 20 ribu saja.

9. Nasi Pecel Madiun Rasanya Juara!

Makanan Khas Madiun Nasi Pecel

Nasi pecel memang menjadi primadona di setiap daerah, apalagi yang dijajakan di pedagang kaki lima. Nah, untuk makanan khas Madiun ini memiliki citra rasa yang berbeda dari daerah lainnya, karena memiliki tambahan bahan yang hanya ada di Madiun.

Apa itu? Untuk nasi pecel khas Madiun ditambah dengan bahan berupa kembang turi dan lempeng, sehingga kenikmatannya akan semakin lengkap. Kamu tentunya belum pernah mencicipi bagaimana rasa kembang turi dan lempeng bukan?

Tak hanya itu saja, nasi pecel khas Madiun juga dilengkapi dengan jeroan dan empal, sehingga akan semakin lezat dan menggoyang lidah. Dengan kelezatan dari perpaduan semua bahan ini, tentu saja Kamu wajib mencobanya jika main ke kota Madiun.

10. Pentol Corah

Makanan Khas Madiun Pentol Corah

Untuk makanan khas Madiun yang satu ini tentu saja hanya ada di daerah ini saja. Berbeda dengan pentol yang ada di daerah lainnya.

Cara pembuatannya yakni tepung kanji ditambah dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, merica, garam, dan bumbu khas lain, kemudian diuleni.

Nah, yang berbeda dengan pentol lainnya adalah, adonan yang telah dibuat tadi kemudian dimasukkan ke dalam tahu, setelah itu baru dikukus. Untuk penyajiannya, pentol yang telah dikukus tadi dipotong membentuk dadu atau sesuai selera.

Untuk menambah kelezatannya sendiri, penyajiannya bisa ditambah dengan sambal yang Kamu inginkan. Bisa menggunakan sambal kacang ataupun kuah bening yang segar. Tentu Kamu wajib mencobanya, karena hanya ada di Madiun saja.

11. Soto Madiun

Makanan Khas Madiun Soto

Setiap daerah pasti memiliki racikan soto tersendiri seperti makanan soto khas Kediri dan tak terkecuali soto khas Madiun.

Untuk soto Madiun sendiri memiliki perbedaan yakni pada bagian isiannya. Dimana untuk isiannya terdiri dari tauge, kacang goreng, ampela ati dan ada si kriuk renyah pelengkapnya.

Sedangkan untuk kuahnya sendiri, soto khas Madiun menggunakan kuah bening tanpa santan, sehingga akan lebih segar dan nikmat. Untuk racikan bumbunya tentu menggunakan bumbu khas sendiri sehingga citra rasanya berbeda dari soto lainnya.

12. Lento Madiun

Makanan Khas Madiun Lento

Makanan khas Madiun selanjutnya yang wajib Kamu coba adalah lento. Pernah mendengar nama makanan ini?

Hanya ada di kota Madiun saja, lento merupakan olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut kasar. Kemudian ditambah dengan tempe basi, cabai rawit dan keriting, tepung terigu, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, garam, dan daun jeruk sebagai penambah aroma.

Cara pembuatannya juga sangat mudah, yakni cukup campurkan bahan-bahan tadi menjadi satu, lalu dibentuk menjadi bulat-bulat agak besar, baru kemudian digoreng.

Cemilan khas Madiun ini tentu saja sangat cocok disajikan saat masih hangat dan ketika musim dingin, apalagi ditemani dengan secangkir kopi atau the.

13. Rujak Petis

Makanan Khas Madiun Rujak Petis

Tentu saja rujak petis khas Madiun ini berbeda dengan rujak pada biasanya. Dimana jika rujak biasanya menggunakan campuran buah-buahan, kalau rujak ini menggunakan isian seperti kangkung rebus, tauge, tahu dan tempe goreng, mentimun, lontong, serta pisang kluthuk yang masih mentah.

Yang menambah nikmat dari rujak ini adalah, sambal yang digunakan yakni sambal petis yang ditambahkan dengan perasan air jeruk sehingga rasanya lebih nikmat. Tentu saja Kamu belum menemukan di tempat lain bukan?

Jadi, bagi Kamu pecinta kuliner wajib coba rujak petis khas Madiun ini ya!

14. Dawet Suronatan yang Sangat Menyegarkan

Makanan Khas Madiun Dawet Suronatan

Pernah mendengar nama dawet ini? Dawet suronatan khas Madiun memiliki tampilan penyajian yang sangat unik, yakni penyajiannya menggunakan mangkuk ukuran kecil.

Sedangkan untuk mempercantik sekaligus menambah citra rasa segar, isiannya menggunakan bubur ketan hitam, cendol, bubur sumsum, serta tape.

Sedangkan untuk kuah dawetnya sendiri, tentu saja menggunakan kuah santan yang sangat segar, serta ditambah dengan es batu dan cokelat cair agar lebih nikmat. Jadi, jika Kamu yang sedang panas jalan-jalan di kota Madiun, segerin saja dengan dawet serotan.

15. Sate Ngepos, Satenya Orang Madiun

Makanan Khas Madiun Sate Ngepos

Jika Madura memiliki sate khas yakni sate Madura, maka Madiun memiliki sate ngepos. Apa itu sate ngepos?

Jika dilihat secara sekilas terlihat sama seperti sate biasa.  Namun sebenarnya, sate ngepos ini menggunakan bahan dasar kulit ayam atau jeroan ayam.

Untuk citra rasanya tentu lebih berbeda, sebab tekstur kulit ayam sedikit berminyak sehingga lebih lezat dan nikmat. Makanan khas Madiun yang satu ini tentu sangat cocok untuk mengganjal rasa kenyang di malam hari ya.

Rekomendasi tempat kuliner di Madiun yang bisa Kamu kunjungi untuk mencicipi kuliner terlezatnya yakni:

  • Jiero Wedanga, di Jl. Bali No. 17 Kartoharjo, Kota Madiun
  • Trapesium Café, di kawasan Bunderan Seray, Pandean, Taman, Kota Madiun
  • Garasi Café, di Jl. Slamet Riyadi depan Polsek Kartoharjo Madiun
  • I Club Madiun, Jl. Bali No. 17 Kecamatan Madiun.

Kota Madiun memang tak bisa dilewatkan begitu saja sebagai destinasi wisata baik alam ataupun kulinernya.

Jadi, kalau Kamu berkunjung ke Madiun jangan hanya puas menikmati keindahan alamnya saja, namun juga pastikan nikmati makanan khas Madiun yang sangat lezat dan nikmat ya!

Leave a Reply