Makanan Khas Kebumen Golak

Makanan Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen – Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan wisata kuliner terlezat adalah kota Kebumen. Kabupaten dengan pemandangan wisata laut yang menakjubkan ini memiliki makanan khas yang sayang dilewatkan dan hanya ada di kota ini saja.

Tertarik mencoba makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang lezat-lezat? Berikut ini rekomendasi dari Bosmeal.com khusus untuk Kamu:

1. Nasi Penggel, yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Kebumen Saja!

Makanan Khas Kebumen Nasi Penggel

“Kegembiraan utama makan tidak pada bumbu yang mahal, atau rasa yang istimewa, tapi juga pada dirimu sendiri”

Dipastikan nasi penggel hanya ada di Kebumen, jadi jangan sampai Kamu melewatkan makanan lezat yang satu ini.

Dimana makanan khas Kebumen yang satu ini, merupakan olahan nasi yang dicampur dengan kikil atau jeroan sapi dan jangan gori atau sayur nangka.

Yang menarik dari makanan ini adalah, bukan hanya diolah dari kelezatan jeroan sapi atau sayur nangka, namun juga penyajiannya sangat unik. Sebab nasi penggel dibuat dengan bentuk seperti bola pingpong,  serta disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Selain itu, umumnya satu pincuknya, berisi 7 hingga 8 nasi penggel yang menggugah selera.

Bagaimana dengan rasanya? Dengan campuran bahan yang lezat dan penyajian yang unik, tentu saja rasanya tak perlu diragukan lagi. Apalagi harganya hanya sekitar 8 ribu hingga 10 ribu. Tentu dengan kocek sedikit, bisa mengenyangkan perut ya.

Oh iya, untuk menikmati kuliner khas Kebumen ini Kamu hanya bisa menemukannya di tempat tertentu saja. Karena memang makanan yang satu ini telah langka, dan jarang yang menjajakannya.

Beberapa rekomendasi yang menjual nasi penggel terlezat yakni:

  • Pemuda No. 52 Kebumen Kidul, Kebumen
  • Raya Sokka, Depok, Pejagoan, Kebumen
  • HM Sarbini No. 120-110, Gunungmuji, Bumirejo, Kebumen
  • Alun-alun Kebumen.

2. Sate Ambal, Sate Unik Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Sate Ambal

Makanan khas Kebumen yang sangat terkenal dan wajib Kamu coba adalah sate ambal. Mengapa disebut dengan sate ambal? Karena asal usul pertama sate ini dibuat di desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.

Secara sepintas, sate ini memang hampir sama dengan sate madura, namun jika Kamu mencicipinya secara langsung pasti akan menemukan perbedaan dari keduanya. Yaps, tentu saja bumbu yang digunakan.

Jika sate Madura biasanya disajikan dengan sambal kacang, sate ambal dari Kebumen ini menggunakan sambal tempe. Yaps, dengan sambal tempe inilah menghasilkan citra rasa sate ambal yang berbeda dengan jenis sate lainnya.

Apalagi pengolahannya juga menggunakan bumbu khas komplit seperti jahe, dan rempah lainnya, tentu aromanya sangat khas dan menggoda.

Selain itu, jika sate pada umumnya disajikan bersama dengan bumbu kacang, maka sate ambal disajikan secara terpisah dengan sambalnya. Sedangkan pelengkapnya tetap menggunakan ketupat atau lontong yang akan mengenyangkan perutmu. Dan untuk harganya juga sangat murah, yakni sekitar 10 ribu hingga 15 ribu.

3. Sale Pisang Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Sale Pisang

Sale pisang memang bisa ditemukan di berbagai daerah atau bahkan menjadi makanan khas daerah tertentu seperti makanan khas Jawa Tengah. Namun, untuk sale pisang khas Kebumen ini tentu memiliki rasa yang berbeda dengan daerah lainnya, sehingga tetap wajib Kamu coba.

Sale pisang oleh-oleh khas Kebumen yang wajib Kamu bawa pulang adalah dari Desa Mangli, Kecamatan Kuwarasan,  Kabupaten Kebumen.  Mengapa harus dari daerah ini? Karena produksi sale terbaik dan terlezat asli Kebumen hanya dari desa ini.

Meski demikian, Kamu tetap bisa menemukannya di daerah lain, karena pemroduksi biasanya akan menyebarkan produksinya ke berbagai pelosok Kebumen.

Untuk keunikan dari sale pisang khas Kebumen sendiri adalah pisang yang akan dibuat sale dipotong sangat tipis, kemudian dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur secara langsung di bawah sinar matahari.

Proses pengeringan ini sebenarnya juga bertujuan untuk mengawetkan si sale, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Untuk perbedaannya dengan sale lain sendiri, yakni untuk cara menggorengnya tanpa menggunakan tepung terigu, sehingga citra rasa dari pisang benar-benar sangat khas.

4. Soto Tamanwinangun, Sotonya Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Soto Tamanwinangun

Hampir semua daerah dipastikan memiliki soto khas misalnya soto kudus: makanan khas Semarang. Nah, untuk soto khas Kebumen ini adalah soto tamanwinangun, yang bila diadu kelezatanya tak akan kalah.

Memiliki nama soto tamanwinangun, karena memang soto khas ini yang paling enak berasal dari Kecamatan Tamanwinangun, Kebumen. Selain itu, ada yang membedakan soto ini dengan soto lainnya lho. Apa bedanya?

Jika biasanya soto lain menggunakan daging ayam atau sapi, beda lagi dengan soto tamanwinangun, yakni menggunakan daging enthog atau itik. Yaps, bisa Kamu bayangkan sendiri setiap suwiran dari daging itik ini, tentu sangat khas dan lezat.

Selain itu, racikan bumbunya juga berbeda dengan soto lainnya, terutama bagian daging itik. Sebab daging itik yang dijadikan suwiran ke dalam soto diolah terlebih dahulu hingga bumbu benar-benar meresap, kemudian baru digoreng dan disuwir.

Satu lagi perbedaan soto tamanwinangun dengan soto lainnya, yakni kuahnya tidak bening, namun menggunakan kuah santan. Dan tak lupa juga, kaldu yang tadi digunakan untuk memasak daging itik juga dimasukkan ke dalamnya, sehingga rasanya lebih lezat dan nikmat.

Tertarik untuk mencobanya bukan? Untuk menambah rasa kenyang, biasanya juga disajikan dengan lontong atau ketupat, sayur-sayuran dan ada kerupuknya.

5. Yutuk Goreng Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Keripik Yutuk Goreng

Wisata laut Kebumen pun mampu menghadirkan kuliner yang sayang dilewatkan. Yaps, yutuk sendiri ialah sejenis hewan laut yang biasanya ditemukan di pantai Kebumen, khususnya di pantai Petanahan.

Untuk bentuknya sendiri, yutuk mirip dengan undur-undur, namun ukurannya lebih besar, mencapai ukuran kepiting. Oleh masyarakat Kebumen, yutuk diolah menjadi keripik, sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Jadi tak heran, jika cemilan khas Kebumen ini juga disebut dengan rempeyek undur-undur.

Citra rasa dari si keripik yutuk ini tentu saja sangat lezat dan gurih, serta sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap ketika menyantap makanan khas Kebumen lainnya.

Untuk menemukannya tentu tak harus di pedagang yang ada di sekitar saja, namun kamu juga bisa menemukannya di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Kebumen.

Oh iya, selain dijadikan rempeyek, yutuk biasanya juga dibuat menjadi bakwan. Tentu rasanya tak kalah lezat, bisa dijadikan hidangan ketika musim hujan bersama secangkir kopi ya!

Jika dipikir-pikir rempeyek undur-undur ini juga menjadi makanan khas Jogja ya, karena memang kedua kota ini memiliki banyak laut yang menghasilkan yutuk.

6. Kethek, Makanan Favoritnya Orang Kebumen

Makanan Khas Kebumen Kethek

Jika mendengar nama makanan khas Kebumen yang satu ini memang agak lucu dan berbau negatif ya. Namun jangan salah menilai, sebab rasanya sangat lezat, dijamin Kamu akan ketagihan.

Makanan yang berbahan dasar blondo, atau yang berasal dari perasan ampas minyak kelapa ini, mempunyai rasa yang sangat enak nan gurih

 Hal itu karena, telah diolah menggunakan bumbu komplit, seperti bawang, salam, cabai, kencur, serta bumbu tradisional lainnya sehingga akan membuat citra rasa khas. Penasaran untuk mencobanya bukan?

7. Soto Petanahan yang Sangat Lezat

Makanan Khas Kebumen Soto Petanahan

Selain soto Tamanwinangun, di Kebumen juga ada soto lezat yang sayang dilewatkan yakni soto petanahan. Yaps, selain rempeyek undur-undur yang menjadi ciri khas daerah Petanahan Kebumen, soto khasnya juga memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu rekomendasi soto terlezat di daerah ini adalah soto sukarman atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Kored.

Untuk soto petanahan sendiri hampir sama dengan soto pada umumnya, yakni menggunakan suwiran daging ayam, ditambah dengan toge, kubis dan ketupat, serta tak lupa mi so-un, yang akan mengenyangkan perut.

Namun untuk kuahnya, menggunakan kuah kental yang dibumbui dengan rempah komplit seperti jahe dan kunyit.

8. Klanting, Oleh-Oleh Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Klanting

Makanan khas Kebumen yang satu ini juga disebut dengan nama Klanthing. Bahkan saking khasnya, Kebumen juga biasanya disebut dengan kota Lanting. Hal itu karena memang hampir di semua wilayah Kebumen bisa ditemukan para pembuat klanthing.

Untuk cemilan ini sendiri, memiliki bentuk seperti angka 8, atau jika dimiringkan seperti simbol tak terbatas.

Sedangkan untuk bahan pembuatannya, yakni berasal dari singkong, yang diolah sedemikian rupa, sehingga menghasilkan lanting yang gurih dan renyah.

Pada awalnya, lanting ini hanya memiliki dua rasa saja, yakni original dan bawang goreng. Namun sekarang ini sudah berinovasi sehingga muncul banyak rasa seperti balado, sapi panggang serta bumbu-bumbu lainnya yang akan menambah citra rasa.

Jadi, bagi Kamu yang berkunjung ke Kebumen pastikan bawa pulang lanting, sale pisang dan jipang kacang khas Kebumen.

9. Jipang Kacang Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Jipang

Pada point di atas menyebutkan jipang kacang, tentu Kamu penasaran bagaimana rasanya bukan, mengapa wajib di bawa pulang.

Nah, cemilan khas Kebumen yang satu ini memiliki rasa manis, sedikit renyah dan legit. Dimana bahan dasarnya sendiri menggunakan kacang dan gula merah yang dicairkan.

Untuk pembuatannya sendiri, pertama gula dicairkan, kemudian kacang yang telah digoreng dimasukkan ke dalamnya. Dengan rasa yang legit nan manis, tentu sayang jika tak dibawa pulang untuk oleh-oleh bukan?

10. Golak, Jajanan Tradisional Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Golak

Dipastikan semua daerah memiliki jajanan tradisional khas, termasuk kota Kebumen. Golak yang menjadi jajanan khas Kebumen ini dibuat dari bahan dasar singkong, yang diolah dengan cara digoreng.

Memang hampir sama dengan lanting, namun golak memiliki tekstur yang lebih lembut. Untuk proses membuatnya sendiri, yakni cukup dengan memarut singkong, kemudian ditumbuk terlebih dahulu, baru kemudian dibentuk dan dijemur, lalu digoreng.

Untuk menemukan cemilan khas Kebumen ini, sangat mudah menemukannya, seperti di toko oleh-oleh atau toko biasa. Harganya pun sangat murah, yakni per bungkusnya sekitar 10 ribu saja.

11. Sagon, Buah Tangan Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Sagon

Jalan-jalan ke Kebumen, Kamu juga wajib membawa pulang sagon. Yaps, cemilan ini bertekstur agak keras, dan memiliki rasa manis.

Untuk bahan pembuatannya sendiri, berasal dari kelapa parut yang ditambah dengan tepung ketan dan gula pasir.

Untuk menemukannya, bisa Kamu jumpai di pasar tradisional ataupun toko oleh-oleh. Dikemas secara sederhana, per kemasan biasanya hanya dijual seharga 13 ribu saja per kilonya.

12. Kue Satu Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen Kue Satu

Satu merupakan sejenis kue kering yang memang bisa ditemukan di hampir wilayah Jawa Tengah, termasuk menjadi makanan khas Wonosobo.

Memiliki nama satu, bukan berarti bentuknya seperti angka 1, namun memiliki aneka bentuk seperti kota, bunga dan lainnya.

Untuk bahan dasarnya sendiri, jika daerah lainnya menggunakan tepung beras, satu khas Kebumen menggunakan bahan dasar kacang hijau.

Jadi, kacang hijau ini dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi bubuk, kemudian ditambah gula jawa dan diuleni hingga mampu menggumpal, baru dicetak sesuai cetakannya.

Meski memiliki luas wilayah yang tak luas, namun Kebumen menyimpan wisata alam dan wisata kuliner yang sangat lengkap.

Jadi, bila Kamu berkunjung ke Kebumen jangan hanya mampir di tempat wisatanya yang indah saja, namun juga pastikan cicipi makanan khas Kebumen yang akan membuat Kamu tertarik untuk kembali ke kota ini lagi.

Leave a Reply