Makanan Khas Semarang Wedang Tahu

Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang – Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat  kepadatan dan kesibukan yang hampir sama dengan beberapa kota besar lain yang ada di Indonesia. Namun, dibalik kepadatan kotanya, ternyata Semarang memiliki wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, buat Kamu yang memiliki rencana untuk pergi ke Semarang atau malah sedang menghabiskan waktu di Semarang, ada beberapa daftar makanan yang sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya makanannya saja, namun ada pula minuman khas Semarang yang mampu menyegarkan tenggorokan dikala cuaca sedang panas-panasnya. Ada pula jajanan khas Semarang yang cocok untuk dijadikan sebagai teman ngemil.

Berbagai macam makanan khas Semarang dibuat dengan menggunakan bumbu rempah Indonesia sehingga rasanya yang kental dengan cita rasa nusantara.

Jika Kamu sudah tak sabar untuk mencicipi aneka makanan dan minuman dari Semarang, berikut daftar makanan dan minuman yang bisa Kamu coba.

Nama Menu Makanan Khas Kabupaten Semarang

“Seseorang tak bisa berpikir dengan jernih, mencintai dengan benar, dan tidur dengan baik jika belum makan dengan baik.”

Virgiana Wolf

Tidak lengkap rasanya jika Kamu sedang berada di Kota Semarang namun tidak menikmati kuliner khas dari daerah tersebut. Semarang sendiri, memiliki banyak sekali kuliner yang wajib untuk Kamu nikmati.

Nah, beragamnya kuliner yang ada di Semarang tentu saja memperkaya makanan khas Indonesia. Lalu, apa saja makanan dari kota yang dijuluki dengan Veneti Van Java yang satu ini? Berikut pembahasannya.

Nasi Goreng Babat

Makanan Khas Semarang Nasi Goreng Babat

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Namun, pernahkah Kamu mencoba Nasi Goreng Babat yang melegenda dari Semarang.

Nasi goreng yang satu ini memang sama dengan beberapa nasi goreng pada umumnya. Akan tetapi, adanya babat sebagai tambahan dari nasi goreng tersebut membuatnya tampak lebih spesial.

Nah, jika Kamu ingin menikmati nasi goreng yang satu ini, Kamu bisa datang langsung ke Warung Pak Sukarmin. Warung Pak Sukarmin ini dibuka sejak tahun 1971 dan menjadi salah satu warung tertua di Semarang yang menyajikan kuliner Semarang dengan rasa yang khas.

Babat akan diolah dengan menggunakan bumbu rahasia sehingga membuatnya menjadi lebih empuk dan bumbu yang lebih meresap. Warung ini berada di Jln. Pemuda (dekat Jembatan Berok), Semarang. Harga per porsinya adalah Rp. 20.000.

Babat Gongso Pak Karmin

Makanan Khas Semarang Babat Gongso Pak Karmin

Gongso merupakan makanan khas Semarang yang sudah sangat terkenal. Gongso sendiri bisa berisi berbagai macam isian seperti daging ayam ataupun babat.

Babat Gongso menjadi salah satu kuliner terbaik yang tidak boleh Kamu lewatkan begitu saja.

Sama halnya dengan Nasi Goreng Babat, Babat Gongso ini bisa Kamu nikmati di Warung Pak Sukarmin. Namun Babat Gongso milik Pak Sukarmin memiliki keunikan tersendiri, yakni sebagai berikut:

  • Dibuat dengan menggunakan bumbu rahasia sehingga memiliki cita rasa yang otentik
  • Tekstur daging yang lebih lembut dan bumbu yang lebih meresap
  • Harga sepiring Babat Gongso Pak Sukarmin hanya Rp 20.000.

Nasi Ayam

Makanan Khas Semarang Nasi Ayam

Nasi ayam Semarang merupakan kuliner yang banyak diburu, baik oleh warga lokal ataupun luar kota. Sama halnya seperti nasi gudeg ketika di Jogja ataupun nasi liwet saat di Solo. Nasi ayam ini sendiri adalah makanan yang sangat ikonik dari Kota Semarang.

Nasi ayam berisi suwiran ayam kampung, telur, tahu dan krecek dengan bumbu yang khas. Kemudian, makanan satu ini akan disiram dengan kuah opor yang gurih dan manisnya sayur labu.

Buat Kamu yang tidak sabar untuk mencicipi lezatnya nasi ayam, Kamu bisa langsung datang ke Nasi Ayam Bu Wido yang berada di Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang. Warung dibuka mulai jam 5 sore hingga jam 11 malam. Untuk harga per porsinya yaitu Rp. 10.000.

Tahu Gimbal

Makanan Khas Semarang Tahu Gimbal

Mendengar namanya saja pasti Kamu sudah tahu apa bahan utama yang digunakan pada makanan tersebut.

Ya, tahu merupakan bahan utama dari kuliner khas Semarang yang satu ini. Makanan dengan bumbu petis ini memang memiliki cita rasa yang unik dan cocok di lidah semua orang.

Jadi, tak heran jika tahu gimbal menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari.

Isian dari tahu gimbal ini sendiri ialah tahu yang telah digoreng, potongan lontong, irisan kol, tauge dan bakwan udang (gimbal).

Tentunya, agar lebih nikmat, makanan tersebut disiram dengan menggunakan saus kacang bumbu petis yang gurih.

Ada banyak tempat yang menjual makanan khas satu ini. Akan tetapi, salah satu tempat terbaik yang menjual tahu gimbal dengan cita rasa yang kuat ialah Tahu Gimbal Pak Edi yang berada di Jln. Menteri Supeno, Mugassari, Semarang (samping kantor Gubernur).

Harga per porsinya pun terbilang cukup murah. Yakni hanya sekitar Rp. 14.000. Meski terjangkau, namun sepiring tahu gimbal sudah bisa membuat perutmu terasa kenyang.

Burung Belibis Pak No

Makanan Khas Semarang Burung Belibis Pak No

Pernahkah Kamu menyantap olahan daging burung? Nah, jika Kamu sedang berada di Semarang, Kamu bisa menikmati berbagai macam olahan daging burung di Warung Pak No. Salah satu olahan daging burung yang wajib untuk Kamu coba adalah burung belibis.

Jika Kamu belum pernah mencoba olahan daging yang satu ini, burung belibis memiliki tekstur seperti daging ayam namun lebih empuk. Itu karena daging belibis dimasak dengan menggunakan api kecil dan dalam waktu yang lama.

Ada berbagai macam variasi bumbu yang bisa Kamu coba. Untuk bisa menikmatinya langsung, Kamu bisa datang ke Warung Pak No yang berada di Jln. Sawajajar I No. 44 Semarang. Harga per ekor dari daging burung belibis satu ini adalah Rp. 25.000.

Nasi Pindang

Makanan Khas Semarang Nasi Pindang

Pindang merupakan salah satu jenis ikan laut yang banyak ditemukan di beberapa daerah. Mungkin, Kamu juga bisa menemukan pindang di warung dekat rumah.

Nah, di Semarang nasi pindang sendiri bukanlah nasi yang dicampur dengan menggunakan ikan pindang.

Melainkan, kuliner yang satu ini merupakan campuran dari daging sapi dengan kuah kluwek dan daun melinjo. Nasi pindang ini mungkin tampak sama dengan nasi rawon dari Jawa Timur. Akan tetapi, nasi pindang memilih kuah yang lebih segar dan tidak terlalu pekat.

Warung Pak Ndut merupakan tempat terbaik untuk menikmati nasi pindang. Dibuka sejak tahun 1973 membuat warung tersebut sangat melegenda dan banyak didatangi oleh para pecinta kuliner.

Warung Pak Ndut ini berada di Jln, Stadion Selatan (depan Badan Kepegawaian Daerah), Karangkidul, Semarang. Untuk harga per porsinya pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 11.000.

Sate Buntel

Makanan Khas Semarang Sate Buntel

Masih belum puas dengan makanan khas Semarang yang sudah disajikan di atas? Tenang, karena masih ada kuliner lainnya yang wajib untuk Kamu coba. Kuliner tersebut adalah sate buntel.

Sate buntel sendiri terbuat dari daging kambing yang dicacah lalu kemudian dibalut dengan menggunakan gajih tipis dan dibakar seperti sate. Hanya membayangkannya saja tentu sudah membuat Kamu ngiler kan?

Nah, sate buntel terbaik ada di Sate dan Gule Kambing 29 yang berada di Jln. Letnan Jenderal Suprapto, No. 29, Purwadinata, Semarang. Kamu bisa menikmati seporsi sate buntel dengan harga mulai dari Rp. 50.000.

Nasi Gandul

Makanan Khas Semarang Nasi Gandul

Beberapa kuliner dari Semarang hampir mirip dengan makanan khas Magelang. Hal tersebut mungkin karena penggunaan bumbu rempahnya yang hampir sama. Akan tetapi, masakan khas Semarang memiliki cita rasa tersendiri yang tak ditemukan di daerah lain.

Sama halnya seperti nasi gandul yang satu ini. Sekilas, nasi gandul seperti nasi yang disiram dengan menggunakan kuah gulai sapi saja. Namun, setelah Kamu merasakannya, rasanya akan tampak berbeda.

Nasi gandul merupakan nasi panas yang disiram dengan menggunakan kuah gulai yang disebut dengan kuah gandul. Agar lebih lezat, kuliner satu ini disajikan dengan aneka lauk seperti paru, babat, ati dan lidah.

Jika Kamu sedang berkunjung ke Semarang, Kamu bisa langsung pergi ke Nasi Gandul Pak Memed yang berada di Jl. Dr. Cipto, No.12, Kebonagung, Semarang. Nikmati nasi gandul ini dengan harga Rp. 15.000 per porsinya dengan lauk daging.

Minuman Khas Semarang

Tak hanya makanannya yang melegenda, namun minuman khas Semarang juga menjadi salah satu minuman yang sayang untuk Kamu lewatkan. Bahkan, beberapa minuman khas Semarang sulit untuk ditemukan di luar daerah.

Nah, kira-kira apa saja minuman khas Semarang yang cocok untuk Kamu nikmati di tengah panasnya kota tersebut?

Wedang Tahu

Makanan Khas Semarang Wedang Tahu

Pernahkah Kamu mendengar nama minuman khas yang satu ini? Wedang tahu merupakan salah satu minuman yang cukup unik dan jarang ditemukan di daerah lainnya.

Dibalik keunikan yang dimilikinya, ternyata terdapat beberapa fakta unik tentang minuman tersebut:

  • Terbuat dari kembang tahu (sari kedelai), gula jawa dan jahe
  • Selain dapat menghangatkan tubuh, Wedang Tahu berkhasiat untuk melancarkan ASI, memperbaiki metabolisme tubuh,menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Harganya sangat terjangkau dan bisa Anda temukan di setiap sudut Kota Semarang.

Tak cukup sampai disitu saja, bahkan minuman yang satu ini juga tidak membuat kantong kering karena harganya yang terjangkau.

Ingin mencoba wedang tahu dengan rasa yang sangat khas? Kamu bisa mencobanya di Wedang Tahu Pak Pardi.

Wedang Tahu Pak Pardi berada di depan Swiss House Ngaliyan, Semarang. Harga per porsinya juga sangat terjangkau. Yaitu hanya Rp. 6.000 saja. Sangat hemat di kantong bukan?

Es Cong Lik

Makanan Khas Semarang Es Cong Lik

Sama seperti beberapa kota besar yang ada di Indonesia, Semarang juga memiliki cuaca yang cukup panas. Jadi, untuk menyegarkan tubuh, Kamu butuh minuman yang menyegarkan. Salah satunya adalah Es Cong Lik.

Tersedia berbagai macam varian rasa dari es congklik untuk melepas dahagamu. Beberapa varian rasa yang bisa Kamu pilih seperti alpukat, kelapa, cokelat dan durian.

Ingin menikmati lezatnya es cong lik yang tidak biasa? Kamu bisa datang ke warung penjual es congklik yang berada di Jln. Ahmad Dahlan.

Makanan Khas Semarang untuk Oleh-oleh

Tak lengkap rasanya jika Kamu berkunjung ke Semarang namun tidak membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga tercinta bukan? Untungnya, ada banyak sekali jajanan khas Semarang yang bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Beberapa jajanan dari Semarang ini ada yang hampir mirip dengan makanan khas Sunda yang sangat ikonik. Nah, kira-kira apa saja jajanan Semarang yang bisa Kamu cicipi dan dijadikan sebagai oleh-oleh?

Tahu Pong

Makanan Khas Semarang Tahu Pong

Rupanya, Semarang memiliki berbagai macam kuliner yang berasal dari olahan tahu. Selain tahu gimbal dan wedang tahu, ada pula tahu pong yang bisa Kamu jadikan sebagai camilan.

Nama dari tahu pong berasal dari kata kopong yang berarti kosong. Ini karena tahu pong sendiri bisa dibilang cukup unik, karena bagian tengah atau dalamnya kosong.

Bahkan, ada pula yang menyebutkan bahwa nama dari tahu pong berasal dari bahasa Hokkian Selatan yaitu phong yang berarti menggelembung. Rasanya yang asin membuat tahu pong cocok dinikmati bersama dengan kuah petis.

Lumpia

Makanan Khas Semarang Lumpia

Lumpia merupakan makanan khas Semarang yang sudah sangat ikonik. Jajanan tersebut terbuat dari kulit lumpia yang berisi berbagai macam isian seperti daging atau sayur kemudian digoreng sampai kering.

Namun, lumpia yang masih sangat khas dengan Kota Semarang adalah lumpia yang berisikan rebung di dalamnya. Rasanya yang gurih membuat lumpia tersebut sangat lezat jika dinikmati dengan cabai rawit segar atau saus tomat.

Jika Kamu ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, Kamu bisa membeli lumpia yang belum digoreng.

Tahu Bakso

Makanan Khas Semarang Tahu Bakso

Selain lumpia, tahu bakso juga menjadi jajanan yang sangat khas dan banyak dicari. Tidak sedikit orang yang membawa tahu bakso dari Semarang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sama seperti namanya, tahu bakso ini merupakan tahu yang diisi dengan menggunakan bakso. Tak hanya bisa digunakan sebagai camilan, namun tahu bakso juga bisa dijadikan sebagai lauk saat makan.

Sama seperti lumpia, jika Kamu ingin menjadikan tahu bakso sebagai oleh-oleh, Kamu bisa membeli tahu bakso yang belum digoreng. Harga dari tahu bakso ini juga cukup bervariatif, mulai dari Rp. 15.000an.

Roti Ganjel Rel Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Roti Ganjel Rel

Roti ganjel rel juga menjadi salah satu jajanan khas Semarang yang cukup unik. Dibandingkan dengan beberapa jenis roti pada umumnya, roti ganjel rel ini memiliki tekstur yang agak keras.

Namun sekarang, untuk menemukan roti ganjel rel ini sudah cukup sulit. Beberapa masyarakat Semarang hanya menyajikan makanan yang satu ini saat perayaan Dugderan saja dan menjadi rebutan masyarakat.

Wingko Babat

Makanan Khas Semarang Wingko Babat

Berbeda dengan roti sebelumnya, wingko babat justru akan lebih mudah ditemukan terutama di beberapa toko oleh-oleh khas Semarang. Kue yang terbuat dari beras ketan, kelapa muda dan gula tersebut memiliki rasa yang gurih, legit dan manis.

Jadi, buat Kamu yang ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, wingko babat yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Kue Brillian

Makanan Khas Semarang Kue Brillian

Bukan hanya wingko babat saja yang bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh, namun Kamu juga bisa menjadikan kue brillian sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Yang unik dari kue brillian adalah, meski dibuat tanpa bahan pengawet, namun kue tersebut bisa bertahan hingga 2 bulan lamanya.

Kue legit yang satu ini memiliki berbagai macam varian rasa yang bisa Kamu pilih. Kamu juga bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di beberapa tempat yang ada di Semarang.

Demikian berbagai macam makanan khas Semarang beserta minuman dan jajanannya. Tentu, Semarang memiliki kuliner dengan rasa yang cukup unik dan berbeda dari yang lainnya. seperti Wedang Tahu yang tak hanya menghangatkan namun juga menyehatkan.

Jangan lupa untuk membeli aneka jajanan khas Semarang yang unik dan juga lezat. Tak hanya itu, bahkan makanan khas dari kota tersebut juga sulit untuk ditemukan di kota lain.

Leave a Reply