Nama jenis sayur sayuran hijau

Jenis Sayur Sayuran

Aneka jenis sayur sayuran sehat yang ada di Indonesia ada berbagai macam. Biasanya kalau bahas sayuran, yang terbesit adalah jenis sayuran daun. Padahal semua bagian dari tumbuhan dapat di golongkan jenis sayuran.

Misalnya saja contoh sayuran buah. Ada tomat, terung atau terong (sayuran terong ada banyak macamnya juga lho), mentimun, gambas atau oyong, pare, cabai, tongkol jagung atau jagung yang masih muda dan labu siam.

Jenis sayuran dari bagian bunga, ada bunga pepaya, brokoli, kecombrang, kembang turi, bunga kol, bunga genjer, bunga pisang atau jantung pisang, dan bungan bawang.

Ada juga sayuran dari jenis akar atau bagian umbi yaitu akar teratai, wortel, ubi jalar, lobak, bawang (ada banyak jenis bawang ya), buah bit, jahe, kunyit, kentang, taoge atau toge dan adas.

Kalau dari bagian daun, rasanya hampir mayoritas kita sehari harinya lebih banyak memasak atau mengkonsumsi bagian ini.

Ternyata memang baik. Karena sayur sayuran banyak mengandung serat, protein nabati, mineral, kalsium, antioksidan, folat magnesiaum dan vitamin mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan K.

Bahkan, tidak sedikit orang yang mengkonsumsi resep sayur sayuran sebagai menu diet atau program menurunkan berat badan. Namun, bukan semua jenis sayuran ya. Melainkan hanya memilih sayuran tertentu saja.

Sayangnya, banyak sayur sayuran yang cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Sementara kita yang tinggal daerah dataran rendah hanya bisa menanam lebih sedikit jenis sayuran. Tapi masih bisa diakali dengan cara hidroponik atau kalau mau yang lebih instan ya beli di pasar.


Video Jenis Nama Sayur Sayuran dalam Bahasa Inggris

Nah, berikut ini berbagai jenis nama dan gambar sayur sayuran hijau yang biasa diolah untuk menu makanan sehari-hari:

Bayam Hijau

Nama jenis sayur sayuran bayam hijau
Gambar sayur sayuran hijau bayam

Termasuk salah satu jenis sayur mayur yang mudah kita temukan sehari hari dan dapat diolah berbagai macam masakan.

Di Indonesia, kita bisa menemukan dua vairan bayam hijau. Pertama ada bayam cabut. Cirinya pada daun yang berukuran kecil dan memiliki batang yang bisa kita makan.

Biasanya, bayam cabut ini sering kita olah menjadi resep sayur bening atau sayur bayam yang kita campur dengan jagung muda atau baby corn atau oyong maupun sayuran lain.

Sedangkan untuk bayam petik, biasanya memiliki daun yang lebar dengan pohon yang tegak. Akan tetapi untuk batang pohonnya tidak dapat kita makan karena seratnya yang kuat.

Nah, daun bayam petik ini yang sering kita buat menjadi kripik bayam. Bisa juga sebagai campuran untuk pecel, urap atau gado-gado.

Untuk manfaat sayur bayam hijau, terdapat beberapa nutrisi yakni:

  1. Mencegah kanker karena kandungan klorofil yang dimiliki oleh hijau daun bayam.
  2. Dapat menjaga daya penglihatan karena mengandung beta-karoten yang bagus untuk mata.
  3. Baik dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung folat yang bagus untuk bayi.
  4. Kandungan asam alfa-lipoat atau antioksidan dapat menurunkan gula darah sehingga dapat mengelola diabetes.
  5. Adanya koenzim yang membantu memompa aliran darah ke seluruh tubuh, dapat menjadikan otot kuat. Wah, ternyata kartun popeye benar juga ya.

Bayam Merah

Nama jenis sayur sayuran bayam merah
Gambar sayur sayuran bayam merah

Banyak orang yang saat ini sudah familiar dengan sayur sayuran bayam merah atau biasa juga disebut bayam cina. Akan tetapi masih jarang yang membuat resep sayuran bayam merah.

Padahal bayam merah ini dapat kita masak olah dengan resep sayur bening juga atau sebagai lalapan, bahkan salad.

Secara rasa, bayam merah memiliki rasa yang hampir sama dengan bayam hijau. Kelebihannya pada zat warna yang memiliki kandungan antioksidan lebih baik dari bayam hijau. Hal ini juga yang menjadikan tanaman bayam merah lebih mahal.

Brokoli dan Kembang Kol

Nama jenis sayur sayuran hijau Brokoli dan Kembang Kol
Gambar sayur sayuran hijau Brokoli dan Kembang Kol

Mungkin banyak yang belum tahu kalau sayur sayur sayuran brokoli dan kembang kol ini berasal dari Negara Italia. Itulah canggihnya masyarakat kita dalam menggandakan sehingga mudah dijumpai di pasaran.

Sama-sama yang diolah dari sayuran brokoli dan kembang kol adalah bagian bunga. Perbedaannya, untuk brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol memiliki warna putih. Termasuk tanaman sayur mayur dari suku kubis kubisan.

Beberapa manfaat brokoli dan kembang kol dalam kesehatan:

  1. Baaik untuk jantung karena mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.
  2. Kandungan magnesium pada brokoli dapat mengurangi keasaman pada lambung sehingga bagus untuk kesehatan pencernaan.
  3. Mengandung sulfur dan vitamin c tinggi yang baik untuk mengurangi racun penyebab gatal gatal. Sehingga bagus untuk detoksifikasi tubuh.
  4. Omega-3 dan zat besi yang ada pada brokoli dan kembang kol ini sangat bagus untuk mencegah anemia.
  5. Mineral dan kalsium pada kembang kol dan brokoli lebih mudah diserap tubuh sehingga bagus untuk kesehatan tulang.

Daun Pepaya

Nama jenis sayur sayuran hijau daun pepaya
Gambar sayur sayuran hijau daun pepaya

Meskipun rasa sayur sayuran daun pepaya terkenal pahit, namun tetap banyak yang suka lho. Pantas saja, karena saat ditumis dengan ikan teri dan campuran cabai hijau serta beberapa bumbu lainnya, rasanya enak dan bikin nagih.

Selain itu, ada banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh. Diantaranya:

  1. Dapat menaikkan jumlah trombosit yang turun melalui aliran darah akibat serangan nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah.
  2. Mengurangi nyeri pada wanita yang sedang haid atau menstruasi dengan meminumnya setelah dibuat jus atau dengan cara direbus.
  3. Penjelasan dari buku The Complete Herbal Guide: A Natural Approach to Healing the Body, minum rebusan daun pepaya juga dapat merangsang nafsu makan dan mengurangi mulas pada perut.
  4. Mengandung enzim papain yang dapat mengatasi gangguan saluran pencernaan dan membantu proses pencernaan protein dalam tubuh.

Daun Singkong

Nama jenis sayur sayuran hijau daun singkong
Gambar sayur sayuran hijau daun singkong

Salah satu sayur sayuran murah yang dapat diolah dalam berbagai resep masakan sederhana hingga yang agak sulit. Sayuran daun singkong paling umum kita jumpai ada bersama ketika makan nasi padang.

Dapat juga kita olah menjadi urap atau sayur lodeh yang lezat. Selain itu, daun singkong juga bisa kita buat resep rolade bersama tahu.

Manfaat sayur sayuran daun singkong bagi kesehatan tubuh adalah:

  • Mengandung protein yang membantu produksi enzin dan hormon yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh.
  • Mengganti protein dalam tubuh yang hilang melalui kulit dan rambut.
  • Mengandung serat tinggi yang dapat membantu dalam program diet atau menurunkan berat badan.

Daun Ubi Jalar

Nama jenis sayur sayuran hijau daun ubi jalar
Gambar jenis sayur sayuran hijau daun ubi jalar

Menurut hemat Kami, cuma sayur sayuran daun ubi jalar yang terasa begitu nikmat hanya dengan cara direbus tanpa bumbu apapun. Iya sih memang butuh bumbu lain, sambal. Tapi bukan sambal untuk bakso atau mie ayam ya.

Harus sambel khusus atau bisa seperti sambel penyet. Ditambah nasi putih hangat dan lalapan akan terasa lebih mantap lagi.

Untuk manfaat dalam mengkonsumsi daun ubi jalar adalah:

  1. Memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membantu mengurangsi resiko sakit jantung.
  2. Kandungan nutrisi pada daun ubi jalar 3 kali lebih banyak dari sayuran hijau lainnya.
  3. Mengandung riboflavin 10 kali lebih banyak dan vitamin C lebih banyak 5 kali.
  4. Terdapat vitamin A yang membantu dalam proses pertumbuhan regenerasi kulit.

Gambas atau Oyong

Nama jenis sayur sayuran hijau gambas atau oyong
Gambar sayur sayuran hijau gambas atau oyong

Tergolong dalam sayur sayuran buah. Saat berada di pekarangan akan masuk kriteria buah. Akan tetapi ketika telah masuk dapur termasuk dalam jenis sayuran.

Gambas atau oyong biasanya diolah dengan resep sayur sop. Bisa juga ditumis dengan taoge atau dibuat sayur bening bersama dengan bayam.

Bentuknya bulat panjang seperti terong atau mentimun. Memiliki warna kulit hijau dengan tekstur garing dibagian di luar, namun lembut dibagian dalam dan isi atau biji.

Secara kesehatan mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti A, B1, C, kalsium, antioksidan, zat besi dan fosfor. Sehingga gambas atau sayur sayuran oyong memiliki manfaat:

  1. Menjaga daya tahan tubuh.
  2. Melancarkan proses pencernaan dan memudahkan BAB dari kandungan tinggi serat.
  3. Mencegah terjadinya panas dalam dan sariawan.
  4. Membantu kesehatan tumbuh kembang pada tulang dan gigi.
  5. Menambah tenaga karena mengandung karbohidrat dan protein.

Kacang Panjang

Nama jenis sayur sayuran hijau kacang panjang
Gambar sayur sayuran hijau kacang panjang

Salah satu masakan kesukaan mimin ya sayuran kacang panjang ini ketika ditumis. Langsung ambil porsi lebih atau  banyak nambahnya kalau makan. Terlebih lagi saat masih anget anget gitu. Hmm, yummy sekali ya.

Selain ditumis, kacang panjang juga biasa digunakan sebagai lalapan, campuran isi sayur asem atau dibuat sayur lodeh dan jukut bejang yang terkenal sebagai makanan khas Bali.

Dari segi kesehatan, sayur sayuran kacang panjang meyimpan vitamin C, kalium, zat besi, fosfor, folat, magnesium dan mangan. Sehingga dapat bermanfaat:

  1. Menjaga kesehatan jantung, kulit dan dapat menurunkan resiko penyakit kanker.
  2. Meredakan sakit nyeri.
  3. Membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  4. Meningkatkan stamina dan mencegah sakit rematik.

Sayur Sayuran Kangkung

Nama jenis sayur sayuran hijau kangkung
Gambar sayur sayuran hijau kangkung

Sayuran kangkung termasuk sayur sayuran yang mudah kita temukan di pasar pasar. Bahkan saat ini juga sedang ramai komunitas atau perorangan yang menanan kangkung dengan cara hidroponik.

Ada yang menanam dengan bak ember yang cukup besar dengan diisi lele. Kemudian diatasnya di kasih tanaman kangkung yang memanfaatkan gelas bekas air minum kemasan sebagai wadah agar tidak dimakan ikan lele.

Selain mudah ditemukan, kangkung juga dapat diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari ditumis, campuran sayur untuk pecel, diurap hingga dibuat sayur bobor atau lodeh.

Ada salah satu menu makanan khas Lombok bernama plecing kangkung. Tentunya makanan ini menggunakan kangkung sebagai bahan utamanya. Untuk penyajiannya ditambah saus tomat dengan pelengkap kacang panjang taoge dan kacang tanah.

Bagi kesehatan tubuh, kangkung juga menyimpan banyak nutrisi yang penting. Seperti protein nabati, karbohidrat, tinggi serat, vitamin A dan C ada dalam 100 gram sayuran kangkung mentah yang segar.

Tak heran, jika sayur sayuran kangkung memiliki manfaat seperti:

  1. Menjaga kesehatan mata. Ini sudah pasti karena mengandung vitamin A.
  2. Membantu kesehatan tubuh dalam mencegah peradangan yang ditandai dengan pembengkakan dan nyeri.
  3. Menjaga kesehatan organ hati. Sehingga dapat mencegah penyakit liver.
  4. Kandungan zat natrium dan kalium yang ada sangat bagus untuk mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh.

Kol atau Kubis

Nama jenis sayur sayuran hijau kol atau kubis
Gambar sayur sayuran hijau kol atau kubis

Pecinta sayuran mentah, sudah pasti sangat akrab dengan kol atau biasa juga disebut kubis. Selain umum digunakan untuk lalapan, sayuran kol juga bisa dimasak dengan cara ditumis, sayur sop hingga menjadi pilihan menu pada siomay.

Kol atau kubis sendiri memiliki berbagai jenis. Diantaranya, ada kubis napa, kubis savoy, kubis ungu, dan kubi hijau.

Meskipun dapat membuat perut kembung, sayuran kol juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai contoh, karbohidrat, protein, kalsium, folat dan vitamin B1 (thiamin), B6, C dan K.

Sehingga sayuran kol juga mempunyai banyak manfaat, yakni:

  1. Mencegah tumbuhnya sel kanker karena mengadung senyawa antikanker yang berfungsi menghambat enzim berbahaya pendukung sel kanker berkembang.
  2. Probiotik yang terdapat dalam kol, sangat bangus untuk menjaga kekebalan tubuh.
  3. Kandungan serat tinggi pada sayuran kol membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Sayur Sayuran Sawi

Nama jenis sayur sayuran sawi hijau
Gambar sayur sayuran sawi hijau

Setidaknya, di Indonesia sendiri ada empat jenis sayuran sawi yang biasa digunakan untuk memasak. Sawi hijau atau sawi caisim / caisin adalah yang paling sering digunakan. Pecinta bakso dan mie ayam, pasti sudah akrab dengan sawi hijau.

Untuk sawi putih, mungkin yang lebih akab adalah ibu ibu yang suka bikin tumisan. Meskipun bisa juga diolah menjadi sayur berkuah, sawi putih lebih sering diolah menjadi berbagai tumisan.

Selanjutnya ada sayuran sawi yang lebih dikenal dengan sebutan pokchoy. Kalau dilihat sekilas, bentuknya hampir sama dengan caisim. Akan tetapi kalau diperhatikan lagi, akan terlihat perbedaannya.

Ya. Jika dibandingkan dengan sawi hijau caisim, pok choy memiliki bentuk yang lebih kecil dan pendek. Selain itu, pok choy juga memiliki daun yang mirip sendok. Sehingga banyak juga masyarakat yang menyebutnya sebagai sawi sendok.

Kalau jenis sawi yang terakhir ini termasuk sayuran baru di Indonesia. Akan tetapi, sudah banyak petani yang mulai membudidaya. Namanya adalah sayuran kailan.

Tapi jangan salah ucap ya, meskipun “kailan” menggunakan “K”, pengucapannya menggunakan huruf “G” menjadi gailan.

Cita rasa yang agak manis dan legit dengan tekstur yang lebih empuk membuat kailan digemari oleh masyarakat. Aneka jenis tumisan dari kailan juga lebih cocok disantap bersama keluarga ya.

Sayuran Tauge

Nama jenis sayur sayuran hijau tauge
Gambar Nama jenis sayur sayuran hijau tauge

Penggemar makanan khas Sunda bernama asinan bogor mananih suaranya? Sudah pada kenal kenal kan, sayuran tauge?

Selain menjadi salah satu isian dalam asianan bogor, taoge juga menjadi sayur yang harus ada ketika makan pecel sayur. Bukan pecel penyetan salah satu makanan khas Jawa Timur yang terkenal berasal dari Lamongan ya.

Tauge sendiri terkenal dengan sayuran yang bikin tubuh pria menjadi “subur” karena menyimpan banyak vitamin E. Selain itu, ada juga manfaat lainnya seperti:

  1. Meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.
  2. Melancarkan proses pencernaan karena enzin dan serat yang terdapat pada tauge memiliki manfaat penting dalam merangsang asam lambung ketika proses mencerna makanan.
  3. Salah satu menu sayur ketika diet. Meskipun tauge tinggi akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tetapi rendah kalori. Sehingga sangat aman mengkonsumsi tauge walau sedang menjalani proses menurunkan berat badan.
  4. Vitamin C yang terdapat dalam tauge dapat melawan radikal bebas yang membuat rambut tipis, rapuh dan mudah patah.
  5. Meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Sayur Sayuran Wortel

Nama jenis sayur sayuran hijau wortel
Gambar sayur sayuran wortel

Untuk sayuran wortel ini pasti semuanya pasti sudah tahu ya. Sayuran yang sering dibuat minuman jus ini terkenal punya manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Bagi yang kerjanya depan laptop atau PC sering sering ya minum jus wortel.

Selain dibuat jus, sayuran wortel juga menjadi salah satu isian dalam sayur sop, capcay, dan acar. Ada juga yang membuat olahan lain seperti wortel crispy, makaroni wortel, nugget wortel hingga puding wortel.


Video Nama Jenis Sayur sayuran dalam Bahasa Arab

Nah, itu dia teman-teman artikel tentang aneka jenis dan nama sayur sayuran hijau serta manfaat yang terkandung bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bisa bermafaat dan ayo kita sukai sayur sayuran hijau.

Leave a Reply