Makanan Khas Lombok Ayam Pelalah

Makanan Khas Lombok

Membicarakan kuliner Indonesia, rasanya satu hari satu malam tidak akan cukup. Mengapa? Karena negara ini memiliki banyak sekali kuliner yang enak dan unik. Salah satu kuliner yang menawarkan kelezatan yang luar biasa adalah makanan khas Lombok.

Ya, Lombok merupakan salah satu wilayah yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau yang satu ini menawarkan makanan dengan cita rasa pedas yang sangat cocok untuk Kamu yang gila pedas.

Nama Makanan Khas Lombok Timur, Utara & Tengah

Lombok tidak hanya mengajarkan keindahan alam yang romantis dan eksotis. Namun, pulau ini juga mengajarkan bagaimana cara menikmati sebuah rasa yang terpadu menajdi satu dalam satu lidah.

Rasanya juga tidak hanya pedas lho, namun juga kaya akan rempah-rempah yang khas. Jika Kamu liburan atau memiliki acara di Lombok, jangan pernah lupa untuk mencicipi kuliner di tempat ini.

Apa saja si yang membedakan makanan kahs Lombok dengan makanan lainnya? Mengapa makanan ini snagat enak? Ini karena, makanan Lombok itu,

  • Makanan Lombok menawrakan cita rasa yang begitu kahs dimana hampir semua makanan di sini memiliki rasa yang pedas.
  • Banyak makanan enak dengan cita ras ayang pas di lidah.
  • Dijamin kamu akan ketagihan saat mencicipi makanan ini.

Mau tahu apa saja makanan khas Lombok yang recommended untuk Kamu? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Beberuk Terong

Makanan Khas Lombok Beberuk Terong

Makanan pertama yang bisa Kamu cicipi saat berada di Lombok pertama adalah beberuk terong. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar terong.

Jika kebanyakan orang meremehkan terong untuk dijadikan menu makanan, maka di Lombok Terong adalah bahan makanan yang bisa diolah menjadi makanan yang sangat enak dengan cita rasa pedas dan menyegarkan.

Beberuk terong adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan terong gelatik (terong yang memiliki bentuk bulat kecil dan warnanya putih keunguan.

Terong yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dan memiliki rasa yang langu tetapi tidak sepet ataupun getir.

Beberuk terong ini tidak hadir sendirian, sebab ia akan disajikan dengan kacang panjang dan kemudian disiram dengan sambal tomat. Nah, rasa pedas yang dihasilkan dari makanan ini berasal dari sambal tomat.

Namun, makanan yang satu ini tidak terlalu pedas. Tidak hanya pedas saja, namun makanan ini juga manis dan segar karena ada rempah lain di dalamnya yang membuat makanan ini begitu unik.

Nasi Balap

Makanan Khas Lombok Nasi Balap

Nama menu makanan yang satu ini cukup unik dimana namanya adalah nasi balap. Nasi Balap merupakan makanan khas Lombok yang bisa dengan mudah Kamu temukan di sana. Nah, nasi balap memiliki ciri-ciri dimana rasanya yang pedas.

Untuk Kamu yang belum pernah makan makanan ini adalah nasi putih yang disajikan dengan suwir ayam yang disajikan dengan bumbu pedas, kacang kedelai goreng, kering kentang, dan juga telur.

Nah, rasa pedas yang dihasilkan dari makanan ini berasal dari suwiran ayamnya. Nah, adanya kentang kering dan juga telur ini digunakan untuk menambah cita rasa gurih dan renyah. Sehingga makanan ini semakin terasa lengkap.

Sate Pencok

Makanan Khas Lombok Sate Pencok

Sate pencok merupakan sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kulit sapi atau adonan dari tepung kanji. Nah, pemilihan tepung kanji di ini sangat penting mengingat tepung kanji ini menjadi bahan utama dari makanan yang satu ini.

Tepung kanji ini kemudian dibuat menjadi adonan yang kental dan kemudian dibentuk menjadi persegi lalu ditusuk dengan menggunakan tusuk sate.

Nah, sate ini nantinya akan disajikan dengan bumbu pelalah. Di Lombok Kamu bisa menemukan sate ini dengan mudah karena sudah banyak yang menjual makanan ini.

Ayam Rarang

Makanan Khas Lombok Ayam Rarang

Makanan khas Lombok yang menggunakan bahan utamanya ayam selanjutnya adalah ayam rarang. Salah satu kuliner tradisional paling enak yang berasal dari suku Sasak.

Resep dan rasa ayam rarang juga sangat terkenal, bahkan menjadi salah satu makanan yang wajib untuk Kamu cicipi ketika berada di Lombok.

Adapun kuliner ayam rarang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ayam kampung yang dimasak dan kemudian digoreng sebelum disajikan. Sama seperti makanan khas Lombok lainnya, ayam rarang juga menawarkan cita rasa yang pedas.

Bahkan, ayam ini dibuat dengan menggunakan cabai rawit yang terlihat begitu pedas dan menantang. Padahal, untuk rasanya sendiri tidak sepedas tampilannya. Karena itu, untuk Kamu yang tidak begitu suka pedas juga bisa mencicipinya lho.

Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok Ayam Taliwang

Bisa dikatakan bawah ayam taliwang adalah makanan khas Lombok yang sudah terkenal sampai ke berbagai penjuru Indonesia. Bahkan, hanya sedikit orang saja yang belum pernah mendengar nama makanan yang satu ini.

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini dengan mudahnya di Lombok. Mulai dari warung makan biasa hingga kelas restoran menyediakan menu makanan yang satu ini.

Nah, makanan yang satu ini juga memiliki beberapa jenis lho. Mulai dari ayam taliwang pedas manis, pelecingan, sambal lima, bakar kecap, goreng asam, bakar madu dan juga goreng biasa juga ada lho.

Dalam penyajiannya ayam ini akan disajikan dengan nasi hangat dan juga plecing kangkung yang dikombinasikan dengan kacang tanah, taoge, kelapa parut dan juga sambal.

Hmm, untuk masalah rasa, makanan yang satu ini tentunya sudah tidak diragukan lagi.

Bebalung

Makanan Khas Lombok Bebalung

Di Lombok, Bebalung menjadi salah satu makanan khas yang memiliki fungsi untuk menambah tenaga dan penumbuhan vitalitas bagi pria. Dalam bahasa Sasak, bebalung sendiri memiliki makna tenaga.

Jika dilihat dari tampilannya, makanan yang satu ini mirip dengan soto daging. Biasanya makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan tulang iga, karena itu disebut dengan bebalung sapi.

Selain menggunakan iga sapi, bebalung juga dibuat dengan menggunakan iga kerbau. Kemudian makanan ini akan diracik dengan menggunakan bumbu halus yang terdiri atas lengkuas, cabai rawit, kunyit, jahe, bawang putih dan juga bawang merah.

Masyarakat Sasak sendiri menyebut bumbu ini dengan nama ragi rajang. Adapun bebalung akan semakin nikmat jika disajikan dalam keadaan yang masih hangat. Kemudian makanan ini disantap dengan nasi putih, sambal dan juga plecing.

Sayur Ares

Makanan Khas Lombok Sayur Ares

Makanan khas Lombok berikutnya yang harus Nada cicipi adalah sayur Ares. Ini adalah makanan yang sangat enak dan bahkan kenikmatannya melebihi makanan yang dibuat dengan bahan dasar non sayur.

Nah, sayur ares sendiri adalah sayur yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar pelepah pisang yang masih muda. Kemudian pelepah pisang ini diolah dan dimasak dengan menggunakan santan yang menjadikan rasanya gurih dan juga enak.

Makanan ini dimasak dengan bumbu khas yang meliputi ketumbar, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, jintan dan juga lengkuas. Biasanya dalam penyajiannya, sayur ini dimasak dengan daging.

Adapun sayur ares sendiri menjadi makanan favorit suku Sasan. Bahkan, ini adalah salah satu makanan yang biasanya disajikan pada acara pernikahan. Meskipun demikian, Kamu bisa menemukan makanan ini dengan mudah saat berada di Lombok.

Sate Bulayak

Makanan Khas Lombok Sate Bulayak

Satu Bulayak atau disebut juga dengan sate pencok adalah salah satu makanan khas Lombok yang wajib Kamu cicipi. Ini adalah sate yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging ayam, daging sapi dan juga jeroan yang ditusuk seperti sate lainnya.

Yang membuat sate ini berbeda dengan sate lainnya adalah adanya bulayaknya. Nag, bulayak sendiri adalah lontong yang dibungkus dengan daun aren atau enau.

Bahkan, ukuran bulayak ini juga lebih kecil dibandingkan dengan lontong. Ia juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang gurih.

Biasanya bulayak ini akan dimakan langsung bersama sate dan juga bumbu kacang. Sate ini juga memiliki rasa pedas manis gurih yang membuat cita rasanya sangat mudah untuk diterima di lidah masyarakat Indonesia.

Sate Rembiga

Makanan Khas Lombok Sate Rembiga

Selain sate-sate yang sudah disebutkan di atas, Lombok juga masih memiliki sat yang enak lho. Nama kuliner ini adalah sate rembiga. Sate rembiga adalah salah satu jenis sate yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar sapi.

Namun, sebelum daging sapi dibakar, maka ia akan ditumbuk terlebih dahulu baru ditusuk dan dibakar. Sehingga sate ini sangat empuk dan bumbunya juga sangat meresap.

Sebab, daging akan direndam dengan menggunakan bumbu selama 2 jam terlebih dahulu sebelum dibakar. Sate ini juga sangat enak jika disantap dengan bulayak.

Jika Kamu ingin mencicipi sate ini, maka Kamu bisa datang ke warung sate rembiga milik Ibu Sinaseh di jalan Rembiga No 4, Mataram Lombok.

Warung sate rembiga milik Ibu Sinaseh merupakan salah satu warung sate yang terkenal dan rasanya enak. Bahkan, setiap harinya warung ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bantal Khas Lombok Timur

Makanan Khas Lombok Bantal

Jika di daerah Kamu bantal adalah alas untuk tidur, maka di Lombok bantal adalah nama sebuah makanan. Di Lombok, Bantal menjadi menu yang biasanya disajikan untuk berbuka puasa. Ini adalah makanan khas Lombok timur dalam bentuk kue yang dibuat dari ketan.

Adapun disebut dengan bantal karena bentuk makanan ini mirip dengan bantal. Kue ini dibuat dengan menggunakan ketan yang ditambah dengan pisang lalu kemudian dibungkus dan dimasak hingga matang.

Namun, semakin majunya perkembangan zaman membuat saat ini sulit untuk menemukan kue yang satu ini. bahkan penjualnya juga sudah mulai langka. Paling Kamu bisa menemukannya dengan mudah ketika bulan Ramadhan tiba.

Sate Ikan Tanjung Khas Lombok Utara

Makanan Khas Lombok Sate ikan tanjung

Di Lombok Utara ada sebuah daerah yang memiliki nama Tanjung. Nah, daerah ini memiliki makanan khas Lombok Utara yang disebut dengan sate ikan.

Hal yang menarik dari sate ikan ini adalah rasanya dan bahkan ia menjadi makanan yang paling banyak diburu oleh wisatawan yang datang.

Sate ini sudah ada sejak tahun 1977 dimana penggagas pertamanya adalah Ibu Salimah. Awalnya ibu ini menjual sate ini pertama ali di jalan utama Tanjung. Karena itu sate ini disebut dengan sate tanjung.

Sate ini memiliki rasa yang berbeda dengan bumbu khas Lombok. Bahkan, sate tanjung sudah pernah dipromosikan di taman Mini Indonesia dan hanya dalam waktu 2 menit saja ribuan sate ini sudah habis terjual.

Kue Keciput

Makanan Khas Lombok Kue Keciput

Cemilan yang biasanya kerap ada pada hari lebaran di daerah Lombok ya kue keciput. Salah satu kue kering yang menjadi makanan khas lombok untuk oleh oleh yang mudah dan hemat.

Kue keciput adalah salah satu makanan khas lombok yang masuk dalam kategori kue kering. Kue ini biasanya dijadikan pada hari lebaran dan bahkan menjadi kue yang wajib ada.

Bentuknya sendiri mirip dengan onde-onde, hanya saja ukurannya kecil. Di bagian luarnya juga terdapat taburan wijen sebagai hiasan.

Keistimewaan kue keciput khas Lombok dengan onde-onde adalah kue keciput tidak memiliki isian di dalamnya. Ia juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan.

Di Lombok, kue keciput dibagi menjadi dua jenis yaitu kue keciput ketan hitam dan ketan biasa. jenis kue ini biasanya menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan. Hal ini karena rasanya yang enak.

Ayam Pelalah

Makanan Khas Lombok Ayam Pelalah

Masih dengan makanan khas Lombok, makanan berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah ayam pelalah. Ayam pelalah adalah salah satu makanan yang disajikan dalam bentuk ayam suwir yang dibakar dan dimakan dengan dua bumbu.

Bumbu pertama adalah bumbu rendaman sedangkan bumbu lainnya adalah sambal. Biasanya makanan ini bisa dimakan tanpa nasi ataupun dengan nasi.

Untuk bumbu rendamannya dibuat dengan menggunakan campuran bawang merah, cabai rawit, bawang putih, kunyit, lengkuas, garam dan merah.

Sedangkan untuk sambalnya sendiri dibuat dengan menggunakan cabai merah, tomat, cabai rawit, gula pasir, bawang putih, bawang merah, dan juga perasan jeruk nipis. Makanan yang satu ini sangat lezat dan menyegarkan.

Poteng Jaje Tujak

Makanan Khas Lombok Poteng Jaje Tujak

Dalam bahasa indonesia, Poteng jaje tujak merupakan nama lain dari tape jajan tumbu. Ini adalah salah satu makanan khas Lombok yang biasanya dijadikan sebagai hidangan utama pada saat lebaran.

Nah, poteng jaje tujak ini dibuat dengan menggunakan dua bahan utama yakni tape dan ketan putih. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Lombok, hanya wanita yang suci dan sedang tidak dalam keadaan haid yang bisa membuat makanan ini.

Sebab, jika wanita tersebut dalam keadaan kotor, maka hasil oteng jaje tujaknya akan rusak, yang menarik dari makanan ini adalah dalam pembuatannya.

Kamu tidak perlu menaburkan ragi seperti ketan pada umumnya. Untuk membuat makanan ini juga harus dalam keadaan yang berwudhu lho.

Plecing Kangkung

Makanan Khas Lombok Plecing Kangkung

Ini adalah salah satu makanan yang sudah disebutkan di atas dan sering dijadikan sebagai makanan pelengkap untuk makanan khas Lombok lainnya.

Plecing kangkung khas lombok adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kangkung yang direbus hingga matang. Kemudian, sayur kangkung akan disajikan bersama dengan saus tomat.

Tidak hanya kangkung saja, ada pelengkap plecing lainnya seperti kacang panjang, taoge dan juga kacang tanah goreng. Biasanya makanan ini sering disajikan bersama dengan ayam taliwang.

Nasi Campur Sukaraja

Makanan Khas Lombok Nasi Campur Sukaraja

Di Lombok ada sebuah warung yang sudah menyediakan nasi campur Sukaraja sejak tahun 1970-an.bisa dikatakan ini adalah sebuah warung yang menyediakan nasi dengan rasa terenak.

Seperti namanya, nasi ini disajikan dengan lauk yang dicampur atau beragam. Mulai dari ayam goreng, beberuk, sate lilit dan masih banyak menu lainnya.

Makanan tradisional yang satu ini tentunya menjadi makanan khas Lombok yang mengenyangkan. Karena itu, jika Kamu mampir ke Lombok, maka Kamu harus mencicipi nasi campur ini.

Nasi Puyung Khas Lombok Tengah

Makanan Khas Lombok Nasi Puyung

Bisa dikatakan bahwa nasi puyung adalah hidangan kelas pertama yang bisa Kamu cicipi ketika perut dalam keadaan yang lapar. Nasi Puyung merupakan makanan khas Lombok Tengah yang berasal dari daerah Putung.

Dalam penyajiannya, nasi ini disajikan dengan alas daun pisang. Yang membuat nasi ini istimewa adalah dimana Kamu akan menemukan lauk yang beragam. Mulai dari sambal, suwiran daging, kedelai goreng dan juga taburan kelapa parut juga ada.

Nasi ini juga menawarkan rasa yang sangat pedas. Meskipun demikian, siapa saja yang mencicipinya akan berusaha untuk menghabiskan nasi ini sampai suapan terakhir lho. Tidak heran jika nasi ini sangat enak dan banyak disukai oleh banyak orang.

Ada banyak sekali makanan khas Lombok yang bisa Kamu cicipi ketika berada di sana baik untuk liburan atau kerja. Yang pastinya, makanan di sini tidak akan mengecewakan karena dibuat dengan bumbu pilihan dan bahan terbaik.

Leave a Reply