Makanan Khas NTT Kolo Khas NTT

Makanan Khas NTT

Makanan Khas NTT – Nusa Tenggara Timur adalah salah satu daerah yang ada di Indonesia yang letaknya berada di sebelah Indonesia bagian Timur. Daerah ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa indah dengan segala keanekaragamannya. Salah satunya dalam hal kuliner.

Ya, ada banyak makanan khas NTT yang tersembunyi dan memiliki rasa yang sangat lezat. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya. Nah, kali ini akan dibahas beberapa jenis makanan dari daerah ini yang mungkin bisa Kamu cicipi ketika berkunjung ke NTT.

Daftar Nama Makanan Khas NTT yang Lezat Bikin Nagih

Tak mengapa harus jauh-jauh mencicipi kuliner dengan pergi ke NTT. Karena di sana, kamu akan menemukan sebuah rasa yang akan selalu dikenang.

Ada banyak sekai lasan mengaa kamu harus mencicipi makanan khas NTT. Beberapa alasan yang bisa kamu tahu seperti di bawah ini:

  • Ada banyak makanan unik di provinsi ini yang tidak bisa kamu temukan di daerah lain.
  • Rasnaya yang kahs dengan bumbu khas menjadikan makanan ini menawarkan rasa yang berbeda.
  • Dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana meskipun jauh dari kata mewah namun tetap nikmat.

Mau tahu apa saja makanan tersebut? Sudah penasaran? Dari pada penasaran, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini;

Jagung Bose

Makanan Khas NTT Jagung Bose

Makanan khas NTT yang pertama bisa Kamu cicipi adalah jagung bose. Sesuai dengan namanya, makanan ini tentunya dibuat dengan menggunakan bahan dasar jagung. Hal ini karena NTT merupakan salah satu daerah penghasil jagung yang cukup tinggi.

Jagung bose adalah olahan makanan yang digunakan oleh masyarakat NTT untuk mengganti nasi. Dalam penyajian makanan ini tidak hanya jagung saja, namun juga ditambah dengan bahan lain seperti kacang-kacangan yang kemudian disantan.

Adapun cita rasa yang ditawarkan oleh makanan ini adalah rasanya yang manis dan gurih. Tidak heran jika jagung bose menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat lokal NTT. Nah, untuk Kamu yang tertarik ingin mencobanya, Kamu bisa langsung mencicipinya dengan datang ke NTT.

Lawar Ikan

Makanan Khas NTT Lawar Ikan

Selain Jagung Bose, makanan khas NTT lainnya yang bisa Kamu cicipi adalah Lawar Ikan. Ini adalah salah satu makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan lawar. Dalam penyajiannya, ikan lawar akan disajikan dalam keadaan mentah.

Ikan lawar sendiri merupakan jenis ikan laut yang diiris tipis-tipis dan direndam menggunakan jeruk nipis dan cuka. Sehingga, bakteri yang ada di dalam ikan ini akan mati.

Dengan demikian, ikan lawar akan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Jika Kamu penasaran dengan rasanya, Kamu bisa langsung mencicipinya dan rasakan sendiri sensasinya.

Ikan Kuah Belimbing

Makanan Khas NTT Ikan Kuah Belimbing

Di NTT juga ada lho kuliner yang menyuguhkan rasa gurih dan menyegarkan. Sebut saja nama kuliner ini ikan kuah belimbing.

Sesuai dengan namanya, ini adalah ikan tongkol yang dimasak dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas NTT.

Beberapa rempah-rempah yang digunakan seperti cabai keriting, bawang merah, jahe, merica, kunyit, serai dan juga garam. Ditambah lagi dengan belimbing membuat masakan ini terasa lebih menyegarkan.

Bahkan, saking enaknya, ikan kuah belimbing menjadi salah satu jenis kuliner yang paling banyak diincar oleh wisatawan asing lho.

Untuk Kamu yang penasaran dengan rasanya, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas NTT yang satu ini jika datang berkunjung.

Sambal Teri khas NTT

Makanan Khas NTT Sambal Teri khas NTT

Mungkin Kamu sudah sangat biasa dan familiar dengan sambal teri. Atau bahkan Kamu sudah sering membuatnya di rumah. Namun, sudahkah Kamu mencicipi sambal teri khas NTT? Sambal teri menjadi salah satu makanan khas NTT yang sangat terkenal lho.

Apalagi ikan terinya adalah ikan teri segar yang memang memiliki rasa yang enak. Jika Kamu ingin mencobanya, coba saja rencanakan liburan ke NTT.

Dijamin deh Kamu akan ketagihan saat mencicipi sambal ini karena cita rasanya sangat khas dan membuat Kamu ingin tambah lagi dan lagi.

Rumpu Rampe

Makanan Khas NTT Rumpu Rampe

Makanan khas NTT berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah rumpu rampe. Ini adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar sayuran yakni bunga pepaya dan daun pepaya.

Biasanya makanan ini dijadikan di rumah makan atau restoran yang ada di NTT. Untuk mengolah makanan ini juga cukup sederhana lho.

Sebab, Kamu hanya perlu menyiapkan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan juga cabai merah saja.

Kemudian rebuslah bunga pepaya dan daun pepaya terlebih dahulu. Setelah itu baru deh dimasak dan rasanya enak kok selain itu Kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Pelepah Manuk

Makanan Khas NTT Pelepah Manuk

Ini adalah salah satu makanan khas NTT yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging burung. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat yang mengganti daging burung dengan menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya.

Proses pengolahannya juga cukup unik dimana daging akan dibakar terlebih dahulu. Setelah daging ini dibakar, selanjutnya daging akan dimasukkan ke dalam bumbu yang sedang ditumis.

Sambil daging ditumis sampai meresap bumbunya, kemudian santan dimasukkan hingga kuahnya mengental. Rasa makanan yang satu ini enak dan khas banget lho. Tidak heran jika Kamu datang ke NTT wajib untuk mencobanya.

Sei’ra Daging Sapi Asap

Makanan Khas NTT Seira Daging Sapi Asap

 

Jika sebelumnya kuliner khas NTT yang sudah disebutkan di atas kebanyakan menggunakan bahan dasar ikan dan ayam. Maka kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi.

Nama makanan ini adalah Se’i daging asap. Proses pengolahan daging asap ini ternyata berbeda dengan daging asap pada umumnya. Yang membuat berbeda adalah kayu yang digunakan untuk proses pengasapan.

Pemilihan kayu juga akan mempengaruhi rasa dari daging sapi ini lho. Adapun kayu yang digunakan untuk memasak daging asap ini adalah kayu kosambi.

Hal inilah yang membuat Se’i daging asap memiliki cita rasa yang khas yang membuat siapa saja ketagihan.

Kolo Khas NTT

Makanan Khas NTT Kolo Khas NTT

Kolo adalah salah satu makanan khas NTT yang pengolahannya dengan cara dibakar. Makanan yang satu ini sekilas mirip dengan nasi bakar. Hanya saja nasi ini akan dimasak di atas api dengan cara dibakar bersama dengan bumbunya.

Biasanya Kolo akan dimakan pada saat perayaan upacara adat yang diselenggarakan di NTT. Makanan tradisional ini akan disajikan bersama dengan sayuran dan lauk pauk lainnya.

Jika Kamu sedang berada di NTT, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini karena rasanya tidak hanya enak namun juga unik.

Catemak Jagung

Makanan Khas NTT Catemak Jagung

Catemak Jagung adalah salah satu makanan khas NTT yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar jagung.

Makanan ini memiliki rasa asin gurih. Tidak hanya jagung saja, namun makanan ini juga dicampur dengan kacang hijau, kacang tanah dan juga labu.

Untuk tata cara pengolahannya sendiri hampir sama seperti Kamu membuat kolak. Biasanya makanan yang satu ini dijadikan sebagai hidangan penutup setelah selesai sarapan atau makan siang.

Karmanaci

Makanan Khas NTT Karmanaci

Masih bingung mencari makanan khas NTT yang enak untuk dicicipi? Jika Kamu masih bingung, maka Karmanaci adalah makanan yang bisa Kamu coba ketika datang ke NTT. Bisa dikatakan bahwa Karmanaci merupakan makanan favorit bagi masyarakat NTT lho.

Tidak heran jika rasanya sangat enak. Bahkan, Karmanaci menjadi salah satu jenis makanan yang banyak diburu oleh wisatawan. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan karmanaci itu?

Karmanaci adalah sebuah makanan yang dibuat dari olahan daging cincang yang kemudian ditumis menggunakan bumbu khas. Namun, sebelum ditumis, daging ini akan direbus terlebih dahulu dengan menggunakan kecap, garam, lada dan juga gula.

Dengan begitu, teksturnya akan jauh lebih empuk. Yang pastinya makanan yang satu ini sangat enak lho.

Karena itu, jika Kamu sedang berada di NTT, maka Kamu wajib untuk mencicipi Karmanaci ini. Dijamin deh Kamu akan ketagihan karena rasanya benar-benar bikin orang ketagihan.

Sambal Lu’at

Makanan Khas NTT Sambal Lu’at

Makanan khas NTT berikutnya yang bisa Kamu coba adalah sambal Lu’at. Ini adalah salah satu jenis makanan yang cocok untuk Kamu yang doyan pedas. Ini adalah salah satu sambal yang memiliki rasa yang khas.

Mengapa? Sebab, sambal ini dibuat dengan menggunakan kemangi dan diberi perasan jeruk. Sehingga aroma kemanginya sangat terasa.

Bahkan, sambal ini juga sangat segar lho. Karena itu, biasanya sambal Lu’at ini disajikan bersama dengan Se’i daging asap atau jagung bose.

Karena itu, sambal Lu’at menjadi salah satu makanan favorit masyarakat lokal NTT. Bahkan, setiap harinya banyak orang yang mengonsumsi sambal ini sebagai pelengkap untuk makanan. Sebab, rasanya memang tidak pernah membosankan dan membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan.

Kue Cucur

Makanan Khas NTT Kue Cucur

Selain makanan berat yang sudah disebutkan di atas tadi, di NTT juga ada makanan khas dalam bentuk makanan ringan yang bisa Kamu cicipi. Sebut saja makanan ini dengan nama kue cucur.

Kue cucur menjadi salah satu jenis kue yang sangat populer di NTT lho. Ini adalah sebuah kue yang memiliki tekstur lembut dengan cita rasa yang manis dan tidak membuat eneg. Makanan yang satu ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh jika ada orang yang pulang kampung lho.

Tidak heran jika kepopuleran nya sangat luar biasa. nah, bagi Kamu yang sedang berada di NTT, maka mencicipi kue cucur bisa dikatakan sebagai sebuah kewajiban. Kamu akan mencicipi bagaimana nikmatnya kue khas NTT yang satu ini.

Muku Loto

Makanan Khas NTT Muku Loto

Nama makanan ini cukup unik yakni disebut dengan Muku Loto. Sesuai dengan namanya yang unik, ternyata Muku Loto merupakan sebuah makanan tradisional yang sudah sangat tua.

Bahkan, makanan ini sudah ada sejak zaman leluhur lho. Biasanya Muku Loto dijadikan sebagai sajian yang dihidangkan pada acara upacara adat. Namun, saat ini Muku Loto bisa dengan mudah Kamu temukan di acara perkawinan di NTT.

Muku sendiri memiliki makna pisang, sedangkan loto artinya adalah hancur. Jadi, Muku Loto adalah pisang yang dihancurkan. Adapun dalam pembuatannya, jenis pisang yang digunakan adalah pisang yang masih mentah.

Biasanya dalam pengolahannya makanan ini dicampur dengan daging babi. Karena biasanya disajikan untuk upacara adat, karena itu agak sedikit sulit menemukan makanan ini di rumah makan yang ada di NTT.

Jawada

Makanan Khas NTT Jawada

Selain kue cucur, NTT juga memiliki camilan khas yang memiliki rasa yang enak. Nama camilan ini adalah Jawada. Jawada sendiri merupakan sebuah camilan yang berasal dari Pulau Flores dan Pulau Alor, NTT.

Bentuk dari camilan ini adalah segitiga dimana ia memiliki aroma khas tepung beras yang digoreng dan kemudian dicampur dengan gula aren atau gula merah.

Tidak hanya itu saja, namun untuk membuat jawada juga biasanya dicampur dengan air nira dan santan.

Jika Kamu memperhatikannya dengan saksama, tekstur dari jawada ini lebih mirip dengan bihun goreng kering lho. Jika tidak makanan yang satu ini juga mirip dengan rambut keriting. Karena itu, jawada juga sering disebut dengan nama kue rambut.

Hanya saja jawada adalah salah satu jenis camilan yang disajikan pada acara upacara adat yang istimewa. Namun, saat ini jawada juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan yang liburan ke NTT lho.

Sehingga ada kesempatan untuk Kamu mencicipi makanan khas NTT yang satu ini. Agar rasanya tetap enak, jawada biasanya dikemas dalam toples kering yang kedap udara.

Untuk mendapatkan makanan ini, Kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar daerah di NTT. Bahkan harganya juga sangat murah yakni hanya Rp. 1000 per buahnya.

Untuk masalah rasa, jawada ini tidak ada tandingannya. Bahkan, saat memakannya Kamu tidak ingin berhenti. Karena itu ia sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan.

Manggulu NTT

Makanan Khas NTT Manggulu NTT

Di NTT juga ada makanan yang memiliki rasa yang manis dan bentuknya hampir mirip dengan dodol. Nama makanan ini adalah Manggulu.

Adapun manggulu sendiri merupakan makanan yang berasal dari daerah Sumba Timur. Manggulu juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang dan juga kacang tanah.

Setelah itu, manggulu akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang kering. Konon katanya daun pisang yang kering ini memiliki nilai sebagai pengawet yang alami.

Tahukah Kamu jika Manggulu di zaman dahulu merupakan makanan favorit para prajurit di zaman Belanda lho.

Bahkan, karena bentuknya yang kecil dan rasa yang manis membuat para prajurit sering membawa manggulu kemana saja untuk mengatasi rasa laparnya.

Moke

Makanan Khas NTT Moke

Jika tadi sudah dibahas makanan khas NTT, maka Kamu juga perlu tahu dan mencicipi minuman khas NTT lho. NTT juga memiliki sebuah minuman yang unik dimana ia memiliki nama Moke.

Nah, Moke adalah sebuah minuman yang dibuat dari endapan nira  dari pohon lontar atau buah enau. Bisa dikatakan juga bahwa Moke merupakan minuman keras yang diracik sendiri oleh masyarakat Flores.

Sehingga Kamu perlu tahu bahwa minuman yang satu ini tidak halal dan pastinya memabukkan. Adapun dalam proses pembuatannya, moke ini mengalami proses penyulingan terlebih dahulu.

Nah, proses penyulingannya terjadi di sebuah priuk yang dibuat dengan menggunakan bahan tanah liat. Kemudian priuk ini dihubungkan dengan sebuah pipa yang dibuat dari bahan bambu.

Untuk warnanya sendiri moke memiliki warna kekuningan. Sedangkan untuk rasanya, moke memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan sopi. So, untuk Kamu masyarakat muslim tidak dianjurkan untuk mencicipi minuman ini.

Namun, untuk Kamu yang non muslim jika ingin mencicipinya tidak masalah. Namun ada baiknya secukupnya saja karena minuman ini adalah minuman keras yang memabukkan. Sehingga jika terlalu banyak mengonsumsi dikhawatirkan Kamu akan mabuk.

NTT memiliki banyak makanan khas yang bisa dicicipi. Mulai dari makanan yang berat hingga makanan yang ringan. Makanan khas NTT juga sangat enak lho dan dijamin akan membuat Kamu ketagihan.

Namun, beberapa makanan yang ada di sini juga tidak halal mengingat masyarakat NTT mayoritas bukan beragama muslim. Namun, untuk Kamu yang mencari makanan di atas dalam bentuk yang halal juga ada lho, Kamu tinggal mencari warung yang halal saja.

Semoga dengan adanya informasi seputar makanan khas NTT ini memberikan banyak wawasan untuk semua. Dengan begitu masyarakat Indonesia lebih cinta dengan kuliner dalam negeri yang ternyata begitu beragam.

Leave a Reply