Makanan Khas Bali Ikan Asap Sambal Matah

Makanan Khas Bali

Bali selalu menggoda untuk selalu disambangi lagi dan lagi. Tak hanya pesona pantai dan destinasi wisatanya, tetapi juga nama makanan khas Bali dan sejarahnya yang selalu terbayang di benak.

Ya, pulau dengan pantai yang terkenal sebagai surf destination-nya ini memiliki sajian istimewa. Tak heran jika banyak makanan tradisional Bali yang mendunia.

Nah, hal ini pula lah yang membuat banyak wisatawan mancanegara menjadikan Bali sebagai tujuan wisata kuliner di kancah Internasional. Setiap tahun, akan muncul restoran dengan sejarah filosofi tersendiri dan ciri khas beragam. Berbagai Euro-Japanese fusion hingga Lebanon.

Namun, hal itu tidak menjadikan nama minumakan dan makanan khas Bali yang terkenal berkurang peminatnya. Turis asing akan getol berburu makanan tradisional yang kaya akan rempah seperti halnya makanan di daerah Jawa Tengah.

Jika kamu sedang di Bali dan ingin menikmati enaknya resep makanan khas yang ada, berikut contoh dan penjelasannya agar tidak ketinggalan apa saja daftar menu kuliner yang enak:

Daftar Nama Makanan Khas Bali yang Terkenal dan Mendunia


Video Review Makanan Khas Bali Legendaris Untuk Para Raja

“Mulai dari ayam betutu hingga sate lilit, makanan autentik Bali tak pernah hilang peminat. Bahkan, warga dunia pun jatuh hati dan berkali-kali merindukan sajian khas dengan rempah yang begitu kaya”

Makanan autentik Bali memiliki ciri khas yang membedakannya dengan daerah yang lain. Sehingga, banyak orang yang kemudian jatuh cinta pada jenis makanan ini. Beberapa keistimewaan dari panganan dari tanah Dewata diantaranya:

  • Kaya akan rempah-rempah. Bumbu khas Bali lengkap disebut juga dengan Base Magenep
  • Pada dasarnya menggunakan bumbu kuning
  • Kuat dengan citarasa pedas

Penasaran apa makanan khas Bali yang mendunia dan terkenal, berikut contoh dan penjelasannya:

Makanan Khas Bali Babi Guling

Makanan Khas Bali yang terkenal adalah Babi Guling

Gambar Makanan Khas Bali dan Sejarahnya yang Mendunia Babi Guling

Sesuai dengan namanya, babi guling ini diolah menggunakan resep makanan khas Bali yang terkenal dengan cara dipanggang utuh-utuh serta diguling di atas arang batok kelapa. Proses pemanggangannya selama kurang lebih 2 jam.

Salah satu contoh makanan khas Bali dan sejarahnya yang terkenal adalah babi guling. Dimana dahulu babi guling  ini disajikan secara istimewa pada upacara adat dan pesta rakyat laiknya kawinan, potong gigi, serta ngaben. Nah, sajian ini juga disebut dengan Be Guling.

Namun, untuk sekarang ini Kamu akan mudah menemukan menu Be Guling di berbagai restoran di Bali.

Beberapa restoran yang menyajikan babi guling diantaranya milik Pak Agus yang ada di Jalan Tangkuban Perahu. Pilihan lainnya ada di Babi Bagus yang letaknya ada di Jalan Bumbak Dauh, Umalas.

Babi Guling di dua tempat tadi memiliki tekstur kulit yang renyah serta memakai pork belly dengan berbagai bumbu rahasia. Rahasia menikmati sajian ini adalah nikmati kulit crispy-nya pada gigitan terakhirmu. Hmm, Yummy!

Perlu diingat dan diperhatikan juga, babi guling merupakan makanan yang tidak halal bagi kaum muslim. Jadi, untuk temen-temen yang muslim, jangan pernah untuk coba coba ya!

Makanan Khas Bali Lawar

Oleh oleh Makanan Khas Bali Halal yang Mendunia Lawar

Gambar Nama Makanan Khas Bali yang Terkenal Lawar

Meskipun memiliki nama Lawar, tetapi masakan ini tidak memiliki kandungan kelelawar, kok! Makanan khas Bali yang satu ini sering dibilang sebagai teman segala lauk.

Anyway, masakan ini terbuat dari berbagai sayuran mulai dari nangka, kacang panjang, sayur mayur, dan parutan kelapa. Keistimewaan Lawar ada pada bumbu khas Bali-nya.

Lawar ini ada berbagai jenisnya, lho! Kamu bisa memilih lawar ayam, lawar kuwir yang berisi daging itik, serta lawar babi.

Nah, yang paling terkenal adalah lawar merah yang mana dicampur dengan darah. Sehingga, cita rasanya menjadi lebih gurih. Memang sedikit ekstrem, tapi cukup untuk menantang jiwa petualangmu, kan!

Selain lawar merah, ada juga lawar putih yang mengandung santan dengan darah. Salah satu rekomendasi tempat makan terbaik yang menyajikan Lawar di Bali adalah Warung Nasi Bali Ketut Nari yang terletak di seberang Pasar Lio Square Kerobokan.

Bebek Betutu

Nama Makanan Khas Bali halal yang terkenal adalah Bebek Betutu

Gambar Makanan Khas Bali Bebek Betutu

Bebek Betutu memang memiliki kepopuleran sebagaimana terkenalnya Pulau Dewata. Nah, makanan khas Bali yang satu ini memang istimewa karena proses memasaknya yang cenderung lebih lama. Bahkan, bisa mencapai lebih dari 24 jam. Proses memasak bebek betutu memang lama ketimbang ayam betutu.

Yang paling khas dari bebek betutu adalah bumbunya yang kaya rempah seperti masakan khas Sunda. Bumbu ini kemudian dilumurkan pada bagian dalam maupun luar dari daging bebek utuh.

Sudah banyak restoran yang menyajikan bebek betutu. Namun, salah satu yang highly recommended adalah di Kafe Batan Waru yang berlokasi di Jalan Dewi Sita, Ubud.

Namun, ada yang perlu kamu perhatikan saat membeli menu ini. Ya, Kamu harus memesan setidaknya satu sampai dua hari sebelum berkunjung. Tidak masalah kan? Mau makan enak harus ada effort-nya dong!

Makanan Khas Bali Ayam Betutu

Oleh oleh Makanan Khas Bali Ayam Betutu Halal yang Mendunia

Gambar Makanan Khas Bali Ayam Betutu

Kalau makanan khas Bali yang satu ini masih saudaraan dengan menu sebelumnya. Hanya saja bahan dasar yang digunakan berbeda. Yang satu menggunakan bebek dan yang satu lagi menggunakan ayam.

Nah, untuk betutu sendiri merupakan bumbu yang khas dari Bali dengan komposisi berupa bawang merah, jahe, kemiri, kunyit, salam, dan sebagainya.

Tak jauh beda dengan bebek betutu, bumbunya dimasukkan dalam rongga ayam supaya bisa meresap sempurna dalam daging. Setelah itu, baru dimasak dengan dua metode.

Jenis yang pertama yakni betutu basah yang diolah dengan cara direbus, dan betutu kering yang diolah dengan cara direbus. Kamu bisa menemukan dua metode memasak betutu ini di Gilimanuk.

Untuk restoran di Bali yang menawarkan ayam betutu dengan cita rasa yang pedas, silakan kunjungi Ayam Bu Oki yang terletak di Jimbaran. Pokoknya, sekali mencoba, akan menggoyang lidahmu.

Makanan Khas Bali Sate Plecing

Nama Makanan Khas Bali yeng Mendunia Sate Plecing

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Bali yang Terkenal Sate Plecing

Kalau lidahmu tidak cukup kuat menahan serangan cabe dengan rasa panas nan membakar. Jangan coba-coba menjajal makanan khas Bali yang satu ini. Ya, meskipun memiliki nama sate, tetapi menu ini berbeda dengan sate pada umumnya.

Hal ini dikarenakan tambahan berupa sambal plecing. Meskipun bentuk satenya tidak ubahnya seperti sate Madura, tetapi bumbu plecingnya membuat menu jadi istimewa.

Sebab, sambal plecing dibuat dengan bahan berupa tomat, terasi, kemiri, dan bawang putih yang diulek. Sehingga, cita rasa dan aromanya lebih terasa kental ketimbang bumbu kacang dari Jawa.

Jenis daging yang digunakan untuk membuat sate plecing juga beragam. Ada yang terbuat dari ayam, sapi, kambing, hingga babi. Kamu tinggal memilih jenis daging yang paling disukai.

Penasaran dengan rasanya? Silakan datang ke Sate Plecing Arjuna yang bisa Anda temukan di Jalan Arjuna Nomor 47, Denpasar Utara.

Bisa juga menyambangi Sate Plecing Mak Luk Luk yang menawarkan sate plecing dengan harga yang lebih murah. Alamatnya ada di Jalan Raya Puputan Nomor 210.

Serombotan

Resep Makanan Khas Bali Halal yang Terkenal adalah Serombotan

Gambar Resep Makanan Khas Bali Halal Serombotan

Kalau kamu senang mengonsumsi urap, maka Serombotan bisa dipertimbangkan untuk kamu konsumsi saat berada di Bali. Tidak jauh berbeda sih, masakan khas Bali yang berasal dari Klungkung ini juga terdiri atas beragam sayuran.

Mulai dari bayam, kangkung, kecambah, kacang panjang, kelapa parut, terong bulat, bayam, pare, dan sebagainya.

Sayuran tersebut kemudian direbus setengah matang saja lalu disiram menggunakan sambal pedas dengan tekstur yang encer. Dijamin akan menambah selera makan Anda.

Penyajian Srombotan biasanya digado layaknya salad. Atau bisa juga disajikan bersama dengan nasi dan ketupat (di Bali dikenal dengan tipat).

Kamu akan lebih mudah menemukan Srombotan jika meng-explore pasar tradisionalnya. Seperti di Pasar Batubulan, Pasar Kreneng, serta Pasar Sukawati.

Harga satu porsi Srombotan juga sangat murah. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 3 ribu sampai 7 ribu rupiah saja.

Salah satu tempat berjualan yang paling difavoritkan oleh pelancong adalah di warung Ibu Nengah Purnawati. Lokasinya ada di Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar. Warung ini sudah ada sejak 25 tahun yang lalu. It’s legend!

Tipat Blayag

Resep Makanan Khas Bali yang Terkenal adalah Tipat Blayag

Gambar Makanan Khas Bali Halal dari Sayuran Tipat Blayag

Sebenarnya, banyak makanan khas Bali yang ada kemiripannya dengan makanan khas daerah lain. Seperti tipat blayag ini.

Makanan ini hampir sama dengan lontong sayur. Dalam satu porsi Tipat Blayag, kamu bisa merasakan telur yang legit, lawar yang gurih, ayam suwir yang lezat, serta sambal yang pedas.

Sajian ini kemudian disiram menggunakan kuah santan yang manis-manis gurih. Jika dicecap, rasanya juga sedikit sama dengan curry.

Kuliner tipat Blayag sendiri berasal dari Buleleng, Bali Utara. Tepatnya dari daerah Singaraja. Meski begitu, kamu tidak perlu ke Buleleng, sebab, menu ini ada di seluruh sudut Pulau Dewata.

Makanan tipat blayag juga sudah sangat terkenal, tetapi satu restoran yang paling direkomendasikan adalah Warung Bu Agus.

Lokasinya ada di Jalan Tukad Yeh Aya, Renon. Kamu bisa datang mulai pukul 4 sore hingga 2 pagi. Selamat berburu kuliner malam Bali yang menggoda!

Tipat Cantok

Oleh oleh Makanan Khas Bali Halal dari Sayuran yang enak Tipat Cantok

Gambar Makanan Khas Bali Halal Tipat Cantok

Kamu gemar mengonsumsi gado-gado. Namun, juga menyukai ketoprak sebagai menu andalan?

Tidak perlu khawatir, sebab, kamu bisa menikmati dua sajian tersebut bersamaan dalam satu piring. Ya, semua itu tersaji dalam resep makanan khas Bali halal dari sayuran bernama Tipat Cantok.

Tipat cantok ini menggunakan topping yang terdiri atas sayuran rebus. Ada tauge, kacang panjang, kangkung, potongan tahu goreng, dan sebagainya. Ditambah dengan bumbu kacang, untuk menyempurnakan rasa. Di atasnya masih ada tambahan berupa bawang tabur dan kacang goreng.

Nikmatnya tiada tara! Coba kamu jelajahi food street Bali untuk merasakan Tipat Cantok ini. Sebab, menu ini tersedia di gerobak keliling dan juga kaki lima yang bertebaran di seluruh pulau.

Atau… untuk lebih cepatnya lagi, kamu bisa langsung menuju ke daerah Sesetan Denpasar. Cari saja warung Ibu Kadek Kartini, salah satu warung yang sudah berjualan Tipat Cantok selama lebih dari belasan tahun. Catat alamatnya, ya!

Nasi Sela

Resep Makanan Khas Bali halal dari Nasi Sela

Gambar Makanan Khas Bali Halal Nasi Sela

Nama makanan khas Bali dan sejarahnya saling berkaitan erat. Seperti nasi sela yang mulai ada sejak tahun 1970-an. Yang mana pada saat itu masyarakat tengah mengalami kesulitan ekonomi yang teramat.

Masyarakat Bali mulai mencampurkan cacahan ketela (dalam Bahasa Bali disebut Sela) serta ubi jalar yang bertujuan untuk menyuplai kekurangan nasi pada masa-masa krisis. Sampai saat ini, nasi sela menjadi makanan khas Bali yang terkenal khususnya di daerah Timur.

Nasi Sela sendiri kemudian diberi campuran berupa Jukut atau sayur bejek, kacang tanah, grago atau udang kecil, bumbu kalas yang terdiri dari daging, santan, serta basa gede, ayam betutu yang disuwir, sambal bongkot, dan diberi tambahan sambal matah.

Ya ampun, membayangkannya saja sudah membuat saliva terbit dengan sendirinya! Nagih banget pokoknya! Salah satu warung yang menyajikan nasi sela terbaik ada di Warung Mek Luh yang ada di depan RSUD Karangasem.

Dari makanan ini, kamu juga bisa mengambil pelajaran, loh! Kesulitan yang dihadapi manusia pasti ada hikmahnya. Kamu dibekali otak dan kreatifitas untuk menciptakan sesuatu.

Buktinya, nasi sela yang lahir dari keadaan sulit segala-galanya bisa menjadi makanan favorit yang diburu wisatawan di Bali. Serta menambah khazanah kuliner Nusantara yang begitu kaya!

Oleh oleh Makanan Khas Bali Kue Laklak

Oleh oleh Makanan tradisional Khas Bali Kue Laklak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Bali Kue Laklak

Kamu pasti sering menikmati kue serabi? FYI, kamu juga bisa menemukan kue serabi khas Bali. Namanya, laklak.

Oleh oleh makanan khas Bali halal yang satu ini diolah menggunakan sebuah kendi! Selain itu, cara memasaknya menggunakan api besar. Lantas, ditutup sampai adonan bisa mengembang sempurna. Wah, memang persis dengan cara membuat serabi, ya!

Dikarenakan teknik memasaknya sangat unik. Menjadikan laklak memiliki ketebalan yang cukup besar. Sehingga tekstur kue ini cukup kontras antara bagian luar dan dalamnya.

Laklak dari luar terasa crispy. Namun, saat mengunyahnya, kamu akan merasakan kelembutan yang nikmat. Agak berbeda dengan serabi, ya!

Nah, perbedaan lainnya ada pada toppingnya. Jika serabi menggunakan kuah santan, maka laklak ditaburi menggunakan parutan kelapa serta sirup gula merah. Laklak akan menjadi dessert tradisional yang akan membuat kamu ketagihan!

Penasaran ingin menjajalnya? Datang saja ke Dapoer Buleleng yang ada di Jalan Teuku Umar Barat. Jangan salahkan penulis kalau kamu jadi terbayang-bayang dengan menu ini, ya!

Sate Lilit

Oleh oleh Makanan Khas Bali Sate Lilit

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Bali Sate Lilit

Sate lilit agak berbeda dengan sate pada umumnya. Daging tidak ditusukkan pada tusuk sate, melainkan dililit pada batang bambu atau tangkai serai. Kok bisa? Bisa dong! Soalnya dagingnya tidak diolah utuh, melainkan digiling dulu.

Nah, nama makanan khas Bali sate lilit memang menjadi idola. Soalnya, kamu bisa memadukannya dengan ragam nasi campur yang berasal dari Bali. Tentu saja akan membuat makan besar mu terasa lebih sempurna dari segi cita rasa.

Namun, kamu juga bisa menjadikannya sebagai cemilan atau oleh oleh makanan khas Bali. Sebab, banyak yang dijual sebagai dish tersendiri. Tentunya dengan tambahan sambal matah yang terkenal sejagad raya. Istimewa!

Kue Lupis

Oleh oleh Makanan Khas Bali yang Enak Kue Lupis

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Bali Halal Kue Lupis

Banyak yang mengatakan kalau kue lupis merupakan makanan yang berasal dari Betawi. Ada juga pendapat yang menyatakan kalau kue lupis berasal dari Jatim.

Issh, meski masih diperdebatkan, tetapi kue lupis ini adalah dessert yang paling terkenal di Bali. Nah, kue lupis ini juga kerap dipartner-kan dengan laklak. Soalnya, kedua makanan ini dibuat dari bahan dasar yang sejenis.

Ya, ketan rebus menjadi bahan utamanya. Lantas, dilumuri dengan gula merah dan parutan kelapa. Kue lupis adalah perpaduan yang seimbang bagi rasa gurih, manis, dan ketan yang legit. Pokoknya jangan bilang pernah ke Bali kalau belum icip-icip makanan ini.

Rekomendasi?

Oke deh, silahkan catat dua nama kedai ini untuk menikmati rasa kue lupis yang paripurna. Dapoer Buleleng dan Teh Piring Daun. Yang masing-masing beralamat di Jalan Teuku Umar Barat serta Brawa, Canggu.

Masukkan di list tujuan wisata kulinermu, ya!

Ikan Asap Sambal Matah

Oleh oleh Makanan Khas Bali Halal yang mendunia Ikan Asap Sambal Matah

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Bali yang disajikan dengan Sambal Matah Ikan Asap

Masih banyak destinasi tersembunyi yang menawarkan keindahan wisata di Bali. Salah satunya adalah Pulau Serangan. Meski belum se-terkenal Ubud, tetapi Pulau Serangan layak untuk dikunjungi. Salah satunya karena masakan khasnya yang super-endeuss!

Dengan nama ikan asap sambal matah, lidahmu akan dimanjakan dengan hasil tangkapan laut segar yang diolah dengan cita rasa pedas membakar lidah.

Kamu bisa memilih tuna, tongkol, hingga kerapu yang diasap menggunakan pembakaran sabut kelapa. Sehingga, kamu akan merasakan aroma sabut yang khas.

Tekstur dagingnya pun menjadi kian empuk serta bumbu masakan menjadi lebih meresap dalam daging ikan. Oh iya, Ikan asap merupakan makanan khas Bali yang disajikan dengan sambal matah sehingga memiliki rasa yang enak tiada duanya.

Proses pengasapan pun cukup lama dengan bumbu yang terdiri atas rempah yang berlimpah. Ada bawang merah, bawang putih, serta kunyit dan cabai. Jika sudah matang, akan disajikan dengan nasi serta sambal matah.

Sambal ini terbuat dari bawang, cabe rawit, bawang, serta serai yang dirajang serta dicampur dengan garam dan petis. Rasa pedasnya akan melengkapi daging ikan yang empuk dan gurih.

Sebuah cita rasa yang paripurna!

Itulah 13 nama makanan khas Bali yang terkenal mendunia dan patut Anda cicipi saat mengunjungi tempat wisata. Oh, ya, bagi wisatawan Muslim, perhatikan apa nama menu minumakan dan makanan khas Bali halal dengan melihat sertifikat halal-nya.

Sudah banyak kok, restoran yang memiliki label tersebut. Jadi, selamat liburan ke Bali dan jangan lupa mengunjungi beberapa rekomendasi kedai dan restoran makanan khas Bali terbaik, ya!

Leave a Reply