Resep Singkong Goreng

Resep singkong goreng – Kalian sudah sering mendengar singkong goreng bukan? Menu ini pastinya sangat familiar dimanapun tempatnya. Rasanya empuk dan gurih membuat kalian pasti tidak akan bosan untuk menikmati singkong goreng.

Singkong goreng sangat cocok dinikmati di sore hari untuk teman minum  teh ataupun kopi. Apalagi jika hujan melanda, pastinya singkong goreng bisa menjadi cemilan yang tidak bisa ditolak ya. Selain itu, singkong goreng juga cocok digunakan sebagai menu takjil cara membuat menu buka puasa.

Wah, kelihatannya mudah banget ya cara membuatnya. Tinggal di goreng singkongnya selesai. Eits, kalian jangan salah sangka, walaupun membuat singkong goreng terlihat mudah, tetapi jika tidak tau trik dan tipsnya akan percuma. 

Berikut ini resep singkong goreng yang enak, renyah dan pastinya membuat kalian ketagihan. 

Bahan-bahan

Bahan Singkong Goreng

Untuk membuat resep singkong goreng, kalian persiapkan dahulu bahan-bahannya. Pasti kalian sudah tahu bukan bahan utamanya. Yups, apalagi kalau bukan singkong. Selain singkong masih ada lagi bahan-bahan yang lain lo. Berikut ini bahan-bahannya:

  • 3 buah singkong 3 buah, kupas hingga bersih dan potong sesuai selera.
  • Air mineral 1 liter
  • Air es 1 liter
  • Bawang putih 2 siung
  • Daun pandan 1 lembar
  • Margarin 1 sendok makan
  • Kunyit 3 sm, haluskan/peras airnya
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar secukupnya, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Bagaimana, cukup mudah dicari bukan cara membuatnya. Tinggal berangkat ke pasar urusan sudah beres, bukan? Kalian juga bisa membeli kunyit lebih banyak untuk dibuat masak resep ayam laos goreng pastinya enak tuh.

Cara Membuat Singkong Goreng

Resep Singkong Goreng

Setelah semua bahan-bahan siap, sekarang kalian bisa membuat resep singkong goreng yang renyah dan bikin nagih. Berikut cara membuat singkong goreng spesial:

  1. Langkah pertama, siapkan panci lalu rebus singkong, daun pandan dan garam dengan air mineral. Aduk rata dan masak 15 menit hingga setengah matang.
  2. Selanjutnya haluskan bawang putih, kunyit dan ketumbar, lalu masukkan ke dalam wadah dan tambahkan air es, kemudian masukkan singkong yang masih panas dan rendam selama 15 menit.
  3. Setelah itu, angkat singkong dan tiriskan sebentar.
  4. Selanjutnya panaskan minyak dan lelehkan margarin ke dalamnya.
  5. Goreng singkong yang telah direndam bumbu dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. 
  6. Berikutnya angkat singkong yang telah matang, lalu tiriskan dengan pakai tisu agar minyak bisa terserap dalam tisu 
  7. Jika singkong sudah tidak berminyak baru sajikan diatas piring saji.
Banyak dibaca:  Resep Puding Sutra

Bagaimana, caranya cukup mudah bukan? Walaupun mudah tetapi terkadang dalam membuat singkong goreng dengan step diatas tetapi masih saja tidak empuk serta tidak bisa mekar. Semuanya tenang saja ya, berikut tips agar singkong goreng bisa mekar dan empuk ketika dimakan.

Trik Agar Singkong Goreng Empuk dan Enak

Singkong Keju

Ternyata dalam memilih singkong untuk resep singkong goreng butuh tahapan serta trik. Tidak bisa asal menggunakan singkong.

Kalian penasaran? Berikut ini trik agar singkong goreng empuk dan bisa mekar:

  1. Pertama gunakan singkong yang empuk dan tidak terlalu tua ya. Pilih yang jenisnya putih. Kalau yang agak kekuningan biasanya kurang empuk.
  2. Ketika mengupas singkong, sebaiknya dikupas hingga bersih supaya terhindar dari rasa pahit ataupun getir. Setelah itu kerok singkong tipis-tipis supaya rasa pahitnya hilang.
  3. Ketika kalian merendam singkong, gunakan air garam lalu masukkan singkong ke dalam air garam dan diamkan hingga mengembang kemudian ditiriskan. Tujuannya agar singkong empuk dan mekar.
  4. Sebelum digoreng, tiriskan potongan singkong. Susun di dalam sendok peniris agar tidak berantakan atau tetap utuh saat digoreng. 
  5. Selanjutnya ketika kalian menggoreng singkong, panaskan minyak banyak dalam wajan dengan api sedang. Nah, goreng potongan singkong hingga terendam minyak selama 30 menit, sampai singkong kekuningan. Lalu angkat dan tiriskan.
  6. Terakhir untuk variasinya, singkong goreng ini bisa ditambahkan susu kental manis dan keju cheddar parut, selain itu bisa juga ditambahkan dengan bubuk balado dan barbecue.

Bagaimana, sekarang sudah tahu bukan cara membuat singkong goreng agar bisa empuk dan mekar saat digoreng. Ternyata sangat mudah bukan? Sekarang kalian bisa menentukan singkong yang bagus untuk digoreng. Menarik bukan?

Singkong goreng juga bisa dijadikan makanan penutup ketika kalian manyajikan resep sambal pete teri nasi. Lumayan untuk mengurangi rasa pedasnya lho. 

Selain agar bisa mekar dan empuk, singkong juga bisa digoreng crispy lo. Pastinya asik ya makan singkong goreng crispy. Berikut ini proses pembuatannya.

Resep Singkong Goreng Crispy

Resep Singkong Goreng Keju

Resep singkong goreng selain bisa dibuat merekah dan empuk juga bisa digoreng crispy lo. Yang namanya gorengan, terkadang kalau nggak crispy rasanya seperti ada yang kurang. Cara membuat singkong goreng crispy pun sangat mudah lo. Berikut ini bahan yang harus disiapkan.

Bahan-bahan:

  • Singkong 800 gram. rebus , potong memanjang
  • Tepung terigu 100 gram
  • Tepung beras 100 gram
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air 300 ml
  • Minyak secukupnya
Banyak dibaca:  Resep Putu Mayang

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih singkong kemudian rebus hingga setengah matang. Setelah itu potong singkong secara memanjang.
  2. Selanjutnya campurkan tepung, garam, gula, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan mengental. Setelah itu masukkan singkong ke dalam adonan tepung.
  3. Kemudian kalian siapkan wajan lalu panaskan minyak lalu goreng singkong yang sudah dibalut adonan tepung hingga matang dan berwarna coklat keemasan.
  4. Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi masih hangat

Nah itu tadi resep singkong goreng crispy yang bisa dibuat di rumah. Lebih nikmat lagi disajikan dengan secangkir teh ataupun kopi. Pasti sangat pas dinikmati saat santai.

Leave a Reply