Resep Ayam Goreng Laos

Resep ayam goreng laos – Daging ayam merupakan salah satu menu makanan yang kaya akan protein serta disukai banyak orang. Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, sehingga membuat banyak orang termasuk teman-teman menyukainya.

Ngomong-ngomong soal daging ayam, di Bandung ada makanan yang istimewa, yaitu ayam laos. Menu ayam laos sendiri terlihat seperti ayam goreng bertabur serundeng. Hal ini karena adanya laos yang diparut sehingga menimbulkan serat-serat layaknya serundeng.

Buat yang dari luar Bandung tidak usah berkecil hati ya. Kenapa? Karena teman-teman dapat membuat sendiri ayam laos di rumah. 

Penasaran seperti apa? Berikut resep ayam laos spesial untuk teman-teman.

Bahan Utama:

Resep Daging Ayam Laos
Resep Daging Ayam Goreng Laos

Sebelum teman-teman memasak daging ayam dengan resep ayam laos, terlebih dahulu persiapkan bahan-bahan utamanya. 

Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana kok. Teman-teman bisa mendapatkannya di pasar tradisional di Daerah masing-masing, tidak perlu mencari sampai ke daerah asalnya.  

Adapun bahan-bahan utamanya sebagai berikut:

  • Daging ayam 1 kg, potong 6
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Laos 250 gram, parut
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Daun salam 4 lembar
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Minyak secukupnya.
  • Air 700 ml
  • Bubuk kaldu ayam secukupnya
  • Garam secukupnya

Benarkan, bahan-bahannya sangat mudah dicari. Setelah semua bahan utama siap, selanjutnya teman-teman persiapkan juga bumbu halusnya agar resep ayam laos menjadi sempurna.

Oh iya, laos selain diparut juga bisa diblender, akan tetapi laos yang diblender akan menjadi lebih halus, tidak seperti ketika diparut. Terserah, boleh diparut maupun diblender.

Dari keduanya, yang lebih baik adalah dengan cara diparut, agar ketika digoreng lebih asik tampilannya serta lebih berasa laosnya

Bumbu Halus:

Resep Ayam Laos Bumbu Halus Ayam Laos

Setelah semua bahan utama siap, jangan lupa untuk menyiapkan bumbu halus agar resep ayam laos bisa menjadi aneka resep menu buka puasa di rumah.

Walaupun bumbu utama sudah siap, tetapi jika tidak ada bumbu halus yang menyertai, rasanya pasti akan kemana-mana, tidak tentu arahnya.

Berikut ini bumbu halus yang harus disiapkan:

  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 9 siung
  • Kunyit 1 ½ ruas
  • Jahe 3 cm
  • Serai 2 batang, ambil bagian putihnya
  • Ketumbar 2 sendok makan, sangrai
  • Kemiri 6 butir, sangrai

Bagaimana, bumbu halusnya sangat mudah didapatkan, bukan? Tinggal datang ke pasar tradisional agar lebih mudah menemukan bumbu-bumbunya.

Banyak dibaca:  Resep Udang Balado

Setelah bumbu halus sudah dipersiapkan, maka semua bahan-bahan sudah siap. Sekarang teman-teman bisa mempraktekan resep ayam laos. Agar rasa ayam laos tetap enak, berikut cara membuat ayam laos.

Cara Membuat:

Cara Membuat Resep Ayam Laos
Cara Membuat Resep Ayam Goreng Laos

Teman-teman semua sudah siap bukan untuk mempraktekkan resep ayam laos di tempat masing-masing? 

Perlu teman-teman ketahui, untuk membuat ayam laos membutuhkan kesabaran dan ketelitian mulai dari mempersiapkan daging ayam sampai menggoreng ayamnya. 

Kalau sudah siap, berikut ini cara membuat ayam laos:

  1. Pertama-tama cuci bersih terlebih dahulu daging ayam dengan air mengalir, kemudian tiriskan.
  2. Kemudian lumuri daging ayam dengan air perasan jeruk nipis. Biarkan selama lebih kurang 15 menit untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam.
  3. Selanjutnya, siapkan blender lalu masukkan semua bumbu halus ke dalam blender dan haluskan. Selain dengan blender, teman-teman juga bisa menghaluskan dengan cobek, tetapi butuh tenaga ekstra.
  4. Setelah itu, siapkan wajan serta panaskan minyak.
  5. Jika minyak sudah panas, tumis semua bumbu halus, serta laos parut hingga harum kemudian masukkan daun salam, daun jeruk purut, dan serai, tumis hingga bumbu berubah warna.
  6. Jika sudah, baru masukkan daging ayam dan aduk hingga seluruh permukaannya rata dengan bumbu.
  7. Langkah berikutnya, tuangkan air dalam wajan, kemudian aduk kembali hingga rata.
  8. Jangan lupa menambahkan bumbu garam, lada, dan kaldu bubuk agar masakan tidak hambar.
  9. Setelah semua bumbu masuk, ungkep daging ayam hingga bumbu meresap sempurna serta tunggu hingga air mulai berkurang hingga setengahnya. 
  10. Jika daging ayam sudah lunak, matikan api.
  11. Terakhir, kembali siapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak.
  12. Setelah minyak panas, masukkan daging ayam untuk digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Bagaimana, cukup mudah bukan memasak ayam laos?

Tips Memasak Ayam Laos

Resep Ayam laos Ayam Laos dengan Nasi

Sedikit tambahan, ketika bumbu sudah matang mengambang dipermukaan namun ayamnya belum, segera ambil bumbunya. Tujuannya agar bumbu tidak gosong serta merusak rasa ayam gorengnya.

Memang sih dalam membuat ayam goreng agak lama. Walaupun waktunya lama, teman-teman masih bisa mengakalinya kok. Caranya masak daging ayamnya terlebih dahulu. 

Caranya teman-teman praktekkan mulai nomor 1 sampai 10. Setelah itu simpan dalam kulkas. Baru ketika ingin makan ayam laos langsung ambil daging ayam di kulkas, kemudian langsung masuk langkah 11 sampai 12.

Cukup praktis bukan. Ayam laos sangat nikmat dimakan dengan nasi yang masih hangat. Selain dengan nasi, teman-teman juga bisa membuat resep sambel pete tomat sebagai pelengkap menu makan.

Banyak dibaca:  Resep Sambal Kacang

Masih ada lagi tambahan menu cemilan untuk menikmati sajian resep ayam laos. Untuk cemilannya teman-teman bisa membuat resep mendol tempe pedas lho. Makanan ini tidak bikin kenyang tetapi rasanya begitu pas di lidah.

Ada yang kebingungan gak ya mengenai bahan utama bumbu masak laos? Laos itu sama dengan lengkuas.

Nah itu tadi resep ayam laos. Cukup mudah dibuat kan, teman-teman sekarang sudah bisa membuat ayam laos sendiri tanpa harus repot-repot mencari tempat makan yang menyediakan menu ayam laos.

Leave a Reply