Makanan Khas Bengkulu Pendap

Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu – Bengkulu identik dengan raflesia arnoldi-nya. Ya, si Bunga raksasa yang legendaris. Selain itu, ada juga destinasi wisata yang menarik perhatian. Lebih jauh mengenal Bengkulu, tentunya Kamu juga ingin tahu tentang kulinernya.

Makanan khas Bengkulu bisa Kamu santap saat mengunjungi provinsi ini. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari street food hingga makanan rumahan. Makanan-makanan ini juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Kamu bisa menjajal kue kering khas Bengkulu, minuman khas Bengkulu, hingga makanan berat dari kota tersebut.

Keistimewaan Makanan Bengkulu

Jangan remehkan makanan dari Kota Raflesia Arnoldi ini. Meskipun jarang terdengar di kancah nasional, tetapi keistimewaan masakannya tak perlu diragukan lagi. Kelezatan makanan khasnya akan membuat kamu ketagihan!

Kuliner Bengkulu memang tak terlalu terkenal. Namun, kamu wajib tahu untuk menambah referensi wisata.

Nah, sebelum masuk ke ragam makanannya, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu apa saja keistimewaan yang membuat makanan khas Bengkulu menjadi khas:

  • Didominasi oleh makanan berbahan dasar ikan
  • Memiliki citarasa pedas dan gurih yang kuat
  • Kudapan ringan lebih banyak memiliki citarasa manis
  • Sambalnya mantap.

Untuk menambah referensi wisatamu, sila simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kue Tat

Makanan Khas Bengkulu Kue Tat

Citarasa Kue Tat sangat mirip dengan kue bolu. Namun, bentuknya cukup berbeda. Kue ini memiliki rasa manis dan gurih yang dominan. Biasanya, Kue Tat disajikan oleh warga Bengkulu pada momen spesial laiknya Idul Fitri.

Makanan khas Bengkulu yang satu ini juga menjadi suguhan utama bagi tamu yang datang ke rumah. Dulunya, Kue Tat hanya bisa dikudap oleh seorang raja saja. Namun, saat ini, Kamu bisa menikmatinya.

Kue Tat juga bisa menjadi opsi oleh-oleh yang enak dan menarik sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tempoyak

Makanan Khas Bengkulu Tempoyak

Dari ujung barat sampai timur, Indonesia memiliki ragam sambal yang menggoda lidah. Termasuk diantaranya Bengkulu yang memiliki sambal tempoyak. Namun, tempoyak ini bukan sambal biasa, lho!

Pasalnya, Kamu akan menemukan sebuah bahan yang unik di dalamnya. Yakni, durian! Ya, durian memang biasa dikonsumsi langsung atau dibuat es dan dessert manis lain. Namun, durian di sini menjadi campuran sambal.

Durian ini difermentasi terlebih dahulu. Baru kemudian dimasak dengan sambal. Nah,  tempoyak paling cocok sebagai teman makan olahan ikan patin. Lalu, bagaimana rasanya, ya? Buktikan sendiri saja deh!

Rebung Asam Kepala Ikan

Makanan Khas Bengkulu Rebung Asam Kepala Ikan

Bengkulu terkenal dengan hasil laut berupa ikan. Sehingga, jangan heran kalau banyak sekali makanan khas Bengkulu berbahan dasar ikan. Salah satunya yakni rebung asam kepala ikan.

Sajian ini sekilas kemang mirip dengan asam padeh. Namun, di dalamnya terdapat campuran berupa irisan rebung. Kemudian, ikan dan rebung dimasak menggunakan kuah dengan citarasa gurih, asam, dan pedas.

Satu fakta yang unik mengenai rebung asam kepala ikan ini. Yakni rasa asam yang ada dalam masakan bukan berasal dari asam jawa atau cuka atau air perasan jeruk. Asam ini keluar karena perendaman rebung yang dilakukan semalam penuh.

Bolu Koja

Makanan Khas Bengkulu Bolu Koja

Satu lagi kue yang menjadi makanan khas Bengkulu. Ya, Bolu Koja sebenarnya memiliki citarasa mirip dengan bolu dari Palembang. Bedanya, bolu koja ini menggunakan bahan berupa agar-agar sehingga teksturnya menjadi lebih lembut dan kenyal.

Untuk membuat kue terlihat lebih menarik, maka dalam adonan bolu ditambahkan dengan daun pandan dan daun suji. Sehingga, tampilannya berwarna hijau cerah.

Saat ini, Kamu juga akan mendapati tambahan topping tertentu pada bolu koja. Tentunya, topping ini bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari cokelat hingga keju sehingga sajian menjadi lebih istimewa.

Gulai Pisang

Makanan Khas Bengkulu Gulai Pisang

Kreasi warga Indonesia memang tidak pernah mati. Tak hanya ada gulai sapi, kambing, atau ayam saja. DI Bengkulu, ada juga gulai pisang. Nah loh? Terus, bagaimana rasanya?

Gulai Pisang ini memiliki rasa yang gurih, manis, serta beraroma rempah yang melimpah. Nah, jenis pisang yang digunakan adalah pisang yang bertekstur sedikit padat sehingga tidak lembek saat dimasak.

Biasanya menggunakan pisang raja yang saat digigit akan terasa lebih pulen. Sajian ini kemudian disiram menggunakan kuah gulai kuning.

Gulai Pisang bisa Kamu makan saat sedang menjalani program diet. Tanpa nasi pun, Kamu akan merasa kenyang.

Pendap

Makanan Khas Bengkulu Pendap

Lagi, makanan khas Bengkulu berbahan dasar ikan. Berbeda dengan sajian rebung asam kepala ikan, makanan khas Bengkulu Pendap memiliki cara pengolahan yang cukup unik.

Isian daging ikan dibumbui dengan rempah, baru kemudian dibungkus menggunakan daun talas. Setelah itu, Pendap akan dikukus dalam jangka waktu delapan jam.

Tak heran jika bumbu rempahnya benar-benar meresap. Sementara itu, daun talas yang membungkusnya menjadi lebih lembut dan bisa dikonsumsi.

Kamu bisa memakan pendap bersama dengan nasi putih. Oh ya, jangan lupakan sambal tempoyak untuk menyempurnakan citarasa.

Manisan Terong Ungu Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Manisan Terung

Kreasi masyarakat untuk menciptakan jenis makanan baru memang tidak pernah mati. Bahkan, bahan makanan seperti terong pun bisa diolah menjadi manisan. Padahal, biasanya manisan menggunakan buah-buahan yang manis atau asam. Kalau terong?

Ya, terong pun bisa menjadi manisan dengan tekstur yang lembut. Cita rasanya pun legit dan manis. Terung utuh diolah sedemikian rupa hingga menjadi sajian yang menggemaskan.

Manisan terong bisa Kamu beli di pusat oleh-oleh saat menyambangi Kota Bengkulu. Meskipun tampilan manisan terung biasanya ditampilkan dalam keadaan utuh, Kamu harus memotongnya kecil-kecil saat akan mengudapnya.

Per bungkus, camilan dengan  rasa manis legit ini dijual seharga Rp 15.000,-.

Kopi Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Kopi Bengkulu

Pulau Sumatera terkenal menjadi penghasil kopi dengan kualitas yang baik. Sehingga, Kamu harus banget mengonsumsi langsung dari daerah asalnya agar mendapatkan cita rasa otentik. Nah, termasuk juga Kopi Bengkulu ini.

Ciri khas dari kopi Bengkulu adalah aroma yang sedap. Sementara itu, warnanya pun sangat pekat. Jika proses roasting dilakukan dengan benar, maka Kamu akan mendapatkan cita rasa kopi yang istimewa.

Kamu bisa membeli kopi yang masih dalam bentuk biji. Namun, juga bisa memilih jenis kopi bubuk agar lebih praktis. Silakan sambangi pusat oleh-oleh terdekat untuk mendapatkan Kopi Bengkulu yang istimewa.

Gulai Kemba’ang

Makanan Khas Bengkulu Gulai Kembaang - Bosmeal.com

 

Gulai memang menjadi salah satu jenis masakan favorit bagi warga Indonesia. Bengkulu punya salah satu variannya yakni gulai kemba’ang. Nah, gulai ini merupakan sajian yang berbahan dasar iga sapi atau daging.

Penyajiannya sendiri tentu saja menggunakan kuah yang berlimpah. Sehingga cocok untuk menjadi lauk makan. Gulai Kemba’ang sangat populer di bengkulu terutama saat masuk bulan puasa.

Beberapa daerah yang memproduksi gulai kemba’ang dengan cita rasa terbaik di Bengkulu adalah Medang Jaya, Kabupaten Muko-Muko.

Kue Lepek Biniti

Makanan Khas Bengkulu Kue Lepek Biniti

Kue dan kudapan ringan selalu diburu karena bisa menemani berbagai aktivitas sehari-hari. Bengkulu sendiri memiliki kue lepek biniti yang hits dan lezat.

Bahkan, kue tradisional lepek biniti tidak kalah enak dari kue tat. Masyarakat Bengkulu kerap menjadikan makanan ini sebagai jamuan berbuka puasa di Bulan Ramadhan.

Kue makanan khas Bengkulu ini terbuat dari berbagai bahan seperti tepung ketan, santan, garam, lengkuas, daun salam, dan sebagainya. Sebelum dimasak, kue lepek biniti dibungkus dengan daun pisang.

Penggunaan daun pisang ini menjadikan kue lebih harum dari segi aroma. Tentunya akan sangat istimewa saat disajikan ketika berbuka puasa.

Rebung Asam Undak Liling

Makanan Khas Bengkulu Rebung Asam Undak Liling

Selanjutnya, ada rebung asam undak liling. Sebagaimana namanya, makanan ini terbuat dari bahan utama berupa bambu muda alias rebung. Proses pembuatannya dengan cara tradisional sehingga menjadikan cita rasanya menjadi khas.

Yang paling menarik dari proses pemasakannya adalah dari segi waktu. Untuk membuat rebung asam undak liling, membutuhkan waktu hingga beberapa hari. Prose dimulai dengan merendam rebung berhari-hari. Sehingga, akan muncul rasa asam.

Jika sudah, maka rebung akan dimasak bersama dengan keong hitam sawah atau liling. Sehingga, akan menjadikan rasanya semakin lezat. Perpaduan antara asam, pedas, asin, dan gurih.

Makanan khas Bengkulu yang satu ini cocok untuk Kamu yang menyukai jenis masakan ekstrem. Tertantang untuk mencobanya?

Lema

Makanan Khas Bengkulu Lema

Lema merupakan makanan khas Bengkulu yang dibuat dari bahan berupa bambu muda. Sama seperti masakan sebelumnya, rebung ini difermentasi terlebih dahulu selama beberapa hari.

Setelah itu, rebung dicampur dengan olahan ikan dan dibungkus menggunakan daun pisang. Jika sudah, maka masakan ini dibiarkan selama beberapa hari. Sehingga, akan menimbulkan aroma yang menyengat.

Beberapa orang mungkin tidak akan merasa nyaman saat mengonsumsi Lema. Namun, masakan ini sudah menjadi ciri khas tersendiri dan menjadi tradisi bagi masyarakat Bengkulu.

Untuk bisa mendapatkan Lema, Kamu bisa datang ke Kabupaten Rejang.

Bagar Hiu

Makanan Khas Bengkulu Bagar Hiu

Mendengar kata hiu, mungkin Kamu akan merasa sedikit seram. Namun, sebenarnya, ikan ini memiliki citarasa daging yang lezat. Masyarakat Bengkulu bahkan terbiasa untuk mengonsumsinya.

Meskipun daging ikan hiu belum terlalu familiar untuk dikonsumsi, tapi Kamu layak untuk mencobanya di Bengkulu. Salah satu masakan yang terkenal adalah bagar hiu. Masakan ini menggunakan daging hiu jenis punai yang memiliki aroma tidak terlalu amis.

FYI, bagar hiu menjadi salah satu sajian yang paling difavoritkan oleh Proklamator kita yakni Ir. Soekarno. Jadi penasaran, kan? Silakan rasakan sendiri sensasinya saat mengunjungi Bengkulu!

Sirup Kalamasi

Makanan Khas Bengkulu Sirup Kalamasi

Setelah membahas tentang makanannya, sudah saatnya beralih ke minuman khas Bengkulu. Ada sirup kalamasi yang akan dibahas pada poin ini. Sirup Kalamasi merupakan minuman yang dibuat dari bahan berupa jeruk kalamasi dan gula pasir.

Kamu bisa menyajikan sirup kalamasi dengan air putih hangat atau dingin. Tergantung selera saja. Selain menyegarkan, sirup kalamasi juga memiliki berbagai khasiat. Termasuk diantaranya dapat memperlancar sirkulasi darah.

Lontong Tunjang

Makanan Khas Bengkulu Lontong Tunjang

Saat di Bengkulu, lalu Kamu merasa lapar di pagi hari? Mungkin saatnya Kamu menjajal menu sarapan Lontong Tunjang.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bengkulu ini  dibuat dari lontong (diiris), lalu dicampur dengan buncis, gulai nangka, dan juga irisan kikil serta tunjang.

Ditambah pula dengan telur rebus sehingga semakin padat di dalam perut. Tekstur lontong yang lembut dipadu dengan gulai yang gurih akan membuat sajian ini sangat lezat saat disantap.

Tertarik untuk menjajalnya? Silakan datang ke Kedai Lontong Tunjang yang berlokasi di Jalan Bakti Husada No. 13A, Lingkar Barat, Gading Cempaka, Bengkulu.

Gulai Ayam Undak Teghung

Makanan Khas Bengkulu Gulai Ayam Undak Teghung

Makanan khas Bengkulu yang satu ini adalah variasi dari resep gulai dengan rempah yang berlimpah. Masakan ini tergolong sebagai sajian rumahan dengan bahan dasar berupa terong dan daging ayam.

Biasanya, masakan ini dibuat dengan menggunakan jenis terong bulat. Kombinasi rasa dari Gulai Ayam ini sangat beragam. Mulai dari daging ayam yang lembut dengan kuah santan yang legit, serta terong yang gurih.

Kamu bisa mendapatkan sajian ini di rumah makan dengan menu masakan khas Bengkulu.

Sop Tulang Kaki Sapi

Makanan Khas Bengkulu Sop tulang Kaki Sapi

Makanan berkuah memang menjadi andalan bagi warga Bengkulu. Salah satu yang mewarnai kekayaan masakan berkuah Bengkulu adalah Sop Tulang Kaki Sapi. Yang menjadi highlight dari masakan ini adalah tulang dengan sum-sum yang lembut.

Selain itu, dipadu dengan kuah sop yang gurih akan membuat Kamu ketagihan mencobanya. Nah, uniknya, cara mengonsumsi sop tulang kaki sapi adalah dengan menyeruput menggunakan sedotan.

Kamu bisa menyesap gurihnya sumsum sapi di Rumah Makan Pindang Pegagan. Alamat tempat makan ini ada di Jalan Mahoni No. 9 Padang Jati, Ratu Samban, Bengkulu. Yuk, catat alamatnya dan segera capcus menuju lokasi!

Bungkul

Makanan Khas Bengkulu Bungkul

Satu lagi kue dengan citarasa manis yang mewarnai khazanah per-kulineran Bengkulu! Ada Bungkul yang paling dicari saat Bulan Puasa.

Dibuat dengan bahan berupa santan, tepung beras, gula aren, dan sebagainya sehingga rasanya benar-benar alami dan tradisional.

Untuk pewarnanya sendiri menggunakan daun suji dan pandan. Jika dilihat sekilas, maka kuliner rini serupa dengan bubur sum-sum. Baik dari segi tekstur ataupun rasa. Hanya saja, penyajiannya cukup berbeda.

Kue Bungkul ditaruh di atas gula aren. Lalu dibungkus menggunakan daun pisang serta dikukus hingga matang. Setelah matang, maka Bungkul akan beraroma wangi dengan citarasa yang gurih dan manis.

Kue ini cocok untuk menemani momen di sore hari. Kamu akan mudah menemukan Kue Bungkul saat Ramadhan.

Kelicuak

Makanan Khas Bengkulu Kelicuak

Makanan tradisional Bengkulu yang satu ini menggunakan bahan berupa beras ketan dan pisang. Cara pembuatannya pun cenderung mudah. Yakni dengan menghaluskan pisang dengan beras ketan. Lalu, dibungkus menggunakan daun pisang.

Kamu akan mudah menemui Kelicuak di toko-toko kue daerah Bengkulu. Kamu juga bisa mencarinya di pasar tradisional.

Gelamai

Makanan Khas Bengkulu Gelamai

Serupa dengan dodol di daerah Garut, Gelamai juga merupakan makanan khas Bengkulu yang bahan pembuatannya hampir sama. Biasanya, Gelamai dijadikan makanan yang harus ada saat lebaran.

Bahan-bahan untuk membuat Gelamai terdiri dari santan, tepung ketan, dan juga gula merah. Tak jauh beda dengan dodol, proses memasak Gelamai juga membutuhkan waktu yang relatif lama yakni sekitar 8 jam.

Pembuatan Gelamai selama 8 jam harus terus menerus diaduk sampai benar-benar layak untuk disajikan. Datanglah ke Bengkulu saat lebaran, Kamu pun akan mendapatkan Gelamai di rumah-rumah warga.

Udang Tempoyak

Makanan Khas Bengkulu Udang Tempoyak

Udang Tempoyak merupakan makanan khas Bengkulu dengan perpaduan sempurna antara udang dan sambal tempoyak. Sedangkan bumbu yang digunakan berupa cabe, garam, gula, serta air. Kemudian, bumbu di tumis hingga baunya menguap.

Jika sudah, udang yang telah digoreng lalu dimasukkan dalam bumbu dan kuah. Setelah itu akan dimasak hingga mengental. Hidangan semakin sedap karena perpaduan rasa gurih pedas.

Udang Tempoyak sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Silakan datang ke Rumah Makan Kerapu di Jalan Pariwisata Pantai Indah Berkas, Bengkulu untuk menikmati seporsi Udang Tempoyak yang lezat ini.

Gulai Bungo Sesilo

Makanan Khas Bengkulu Gulai Bungo Sesilo

Variasi gulai di Bengkulu memang sangat kaya. Salah satu yang memiliki cita rasa unik adalah Gulai Bungo Sesilo. Sajian ini menggunakan bahan berupa bunga pepaya. Daerah asal makanan ini adalah Bengkulu Selatan.

Kan pahit? Iya, bunga pepaya memang memiliki rasa yang pahit. Namun, rasa pahitnya justru memberikan sensasi rasa tersendiri. Dengan catatan, bunga pepaya ini direbus terlebih dahulu menggunakan daun jambu biji.

Bunga pepaya kemudian dipadukan dengan kuah gulai yang gurih. Selain itu, gulai pun ditambahkan dengan ikan teri. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di berbagai rumah makan di Bengkulu.

Bagaimana? Tertarikkah Kamu untuk berpetualang kuliner di Kota Raflesia Arnoldi ini?

Cicipi ragam makanan khas Bengkulu dan bawa pulang oleh-olehnya untuk keluarga. Apakah ingin beragam makanan berkuah, kue kering, atau minumannya? Silakan pilih yang paling sesuai selera.

Leave a Reply