Makanan Khas Cilacap Gembus

Makanan Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap – Cilacap adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Salah satu kota yang lumayan banyak dikunjungi oleh wisatawan, menjadikan kota yang memiliki perpaduan antara bahasa Sunda dan Banyumasan ini semakin dikenal.

Beragam budaya juga bisa Kamu temui ketika mengunjungi kota yang menjadi salah satu tempat didirikannya Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas kelas 1 dan LP yang lainnya. Selain budaya, kota ini juga kaya akan wisata alamnya.

Wisata yang ada di kota Cilacap kebanyakan didominasi oleh pantai. Hal ini dikarenakan letak kota Cilacap secara geografis nya memang sangat berdekatan dengan Samudera Hindia. Bahkan setidaknya ada sepuluh pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Dibalik keindahan wisata alamnya, kota ini juga menyimpan surga untuk para pecinta kuliner. Rasanya kurang afdol jika sudah berkunjung kesini namun tidak meluangkan waktu untuk mencicipi makanan khas Cilacap yang dijamin menggetarkan lidah.

Makanan Khas Cilacap

People want honest, flavourful food, not some show-off meal that takes days to prepare.

Ted Allen

Berikut rekomendasi makanan khas Cilacap dari bosmeal.com yang bisa Kamu coba. Semoga artikel ini bisa jadi referensi Kamu sebelum berwisata kesana ya:

1. Karedok

Makanan Khas Cilacap Karedok

Mungkin ketika pertama kali mendengar kata karedok, sudah tak asing lagi buat Kamu karena cukup banyak ditemui di berbagai kota.

Secara umum, karedok Cilacap ini hampir sama dengan karedok dari makanan khas Sunda. Akan tetapi, karedok khas Cilacap ini memiliki cita rasa khas tersendiri terlebih pada bumbu kacangnya.

Seperti kata dari  Albert Einstein yang memiliki arti “Tak ada yang lebih menguntungkan kesehatan dan meningkatkan kesempatan hidup sebagaimana menjadi vegetarian” pepatah tersebut tampaknya sangat cocok untuk penyuka karedok.

Bagaimana tidak? Makanan yang memiliki nama unik ini merupakan sebuah makanan yang berasal dari hasil campuran dari berbagai jenis sayuran. Namun uniknya lagi, sayuran yang digunakan disini adalah sayuran yang masih mentah.

Bahan Dasar Karedok:

  • Wortel
  • Kacang Panjang
  • Kubis
  • Kecambah
  • Saus dari Bumbu Kacang.

Sebagai pelengkapnya, saat disajikan masih ditambah lagi dengan beberapa kerupuk banggi, bawang goreng bahkan jeruk nipis untuk lebih segar lagi. Tak jarang karedok juga disajikan dengan potongan tahu putih yang sudah digoreng juga ketupat.

Karedok ini nyaris mirip dengan ketoprak atau pecel yang menjadi makanan khas Jogja dan berbagai daerah di Jawa Tengah lainnya. Perbedaanya hanya pada jenis sayuran yang digunakan untuk membuat. Jangan lupa untuk mencicipi karedok ya!

2. Brekecek Pathak Jahan

Makanan Khas Cilacap Brekecek Pathak Jahan

Makanan khas Cilacap dari kategori makanan berat yang kedua adalah brekecek. Memang nama dari makanan yang satu ini terdengar aneh dan unik ditelinga kita. Namun sebenarnya nama brekecek tersebut adalah bukan tanpa arti.

Brekecek berasal dari gabungan dua kata yakni brek yang berarti dijatuhkan serta kecek yang memiliki arti dikecek-kecek atau dicampur atau lebih spesifiknya dibumbui. Jadi brekecek berarti sebuah bahan makanan yang dicampur dengan bumbu.

Meskipun namanya cenderung aneh, namun brekecek cukup populer di kalangan masyarakat Cilacap. Bahkan makanan tradisional asli yang berbahan dasar kepala ikan ini menjadi salah satu icon dari kota Cilacap.

3. Mie Goreng dan Nasi Goreng

Makanan Khas Cilacap Mie Goreng

Makanan yang satu ini nampaknya hampir merata ada di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Namun mie goreng serta nasi goreng yang ada di Cilacap ini sangat terkenal akan rasa gurihnya serta nikmat tiada tara.

Bahkan banyak yang menyamakan kedua makanan ini dengan makanan khas asli Purwokerto. Hal tersebut karena persamaan bahan yang digunakan yakni dari mi keriting atau mie yang memiliki bentuk kecil-kecil,

Namun Kamu masih bisa menemukan perbedaannya yakni dilihat dari cara penyajian serta tambahan bumbu-bumbu yang khas dari Cilacap. Ketika Kamu berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mencobanya ya!

4. Sate Martawi

Makanan Khas Cilacap Sate Martawi

Sate martawi merupakan sate ayam yang memiliki keunikan karena dalam satu buah sate terdapat dua tusuk sate yang digunakan. Dengan cara penyajian yang unik inilah sate martawi menjadi sangat dikenal sebagai makanan khas Jawa Tengah terutama Cilacap.

Namun, selain unik dari segi tusuk satenya ternyata terdapat keunikan lain yakni pemotongan daging yang tergolong besar. Jadi ketika Kamu mencoba sate martawi ini sudah bisa dijamin Kamu akan merasa puas.

Seperti hal nya sate pada umumnya, penyajian sate khas Cilacap ini juga dibarengi dengan bumbu kuah kacang dan campuran rempah. Sebagai pelengkapnya disajikan juga potongan lontong atau nasi putih.

5. Lepet

Makanan Khas Cilacap Lepet

Lepet nampaknya bisa dijadikan sebagai makanan ringan namun bisa juga masuk dalam kategori makanan berat.

Apa itu lepet sebenarnya? Lepet merupakan sebuah makanan khas Cilacap yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Untuk menghasilkan lepet, beras ketan dicampur dengan parutan kelapa kemudian dililit dengan menggunakan janur yang berwarna kuning. Umumnya lepet akan disuguhkan pada sebuah acara penting seperti pernikahan dan syukuran.

Secara umum, makanan yang satu ini hampir mirip dengan lemper. Pada zaman dahulu, banyak sekali pedagang yang menjajakan jenis makanan ini di pasar atau bahkan berkeliling. Penasaran dengan rasa dari lepet ini? Segera kunjungi kota Cilacap ya.

Aneka Jajanan Tradisional Khas Cilacap

Setelah puas melihat jenis makanan berat yang menjadi ciri khas dari kota Cilacap, kali ini giliran berbagai pilihan makanan khas Cilacap yang masuk dalam kategori makanan ringan. Penasaran? Langsung simak ulasan berikut ini;

1. Tahu Brontak

Makanan Khas Cilacap Tahu Brontak

Makanan khas yang berasal dari kota Cilacap memang kebanyakan memiliki nama-nama yang unik, aneh dan lucu seperti yang satu ini yakni tahu brontak. Sebenarnya tak banyak yang membedakan antara tahu brontak dan tahu isi lainnya.

Perbedaannya terletak pada isi dari tahu brontak. Karena dalam tahu ini isiannya cenderung lebih banyak dan penuh. Belum lagi cara pembuatan isian yang ditambahkan dengan cabai sehingga menimbulkan kesan berontak di dalam mulut.

2. Tempe Dages

Makanan Khas Cilacap Tempe Dages

Padahal dasarnya adalah ampas tahu, namun mengapa bisa dinamakan tempe dages? Konon karena warnanya yang ke abu-abuan serta bentuknya yang kotak dan padat sehingga menyerupai tempe. Kalau di daerah lain biasa kita dengar dengan sebutan tempe gembus.

Pembuatan tempe dages ini adalah dengan cara digoreng layaknya mendoan. Rasanya pun tak kalah nikmat dan gurih. Kamu bisa dengan mudah menjumpai tempe dages ini pada penjual gorengan di pinggir jalan bersama dengan tahu brontak dan lain-lain.

3. Gembus

Makanan Khas Cilacap Gembus

Bagi Kamu yang masih cukup asing dengan makanan yang satu ini, makanan ini biasanya disebut juga dengan istilah donat Jawa. Berbahan dasar singkong, kemudian diolah sedemikian rupa dan dibentuk hingga menyerupai donat kemudian digoreng.

4. Tahu Masak

Makanan Khas Cilacap Tahu Masak

Tahu masak merupakan salah satu makanan khas Cilacap yang terbuat dari potongan tahu putih yang sudah digoreng.

Selanjutnya dicampur dengan potongan kubis, kupat, kerupuk banggi serta bumbu khas Cilacap yang padukan dengan kacang tumbuk.

5. Cenil

Makanan Khas Cilacap Cenil

Cenil merupakan sebuah makanan ringan yang terbuat dari pati singkong. Biasanya berbentuk bulat atau kotak kecil yang sengaja diberi warna sesuai dengan selera si pembuat. Untuk penyajiannya cenil di taburi dengan parutan kelapa lalu disiram dengan cairan gula Jawa.

Cenil sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat Kamu sedang santai, teman nonton tv ataupun ketika bercengkrama dengan teman. Untuk bisa menemukan jajanan yang satu ini, dapat dengan mudah Anda jumpai di pasar tradisional.

Oleh-oleh Khas Cilacap

Berbeda dengan makanan ringan, jajanan yang satu ini bisa Kamu jadikan untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Cilacap.

Kebanyakan dari oleh-oleh khas Cilacap ini dibuat oleh industri rumahan untuk memberdayakan masyarakatnya supaya memiliki pekerjaan. Berikut daftar jajanan khas kota Cilacap yang bisa Kamu bawa pulang:

1. Keripik Sukun

Makanan Khas Cilacap Kripik Sukun

Produk yang pertanian yang bisa dijadikan sebagai cemilan salah satunya adalah buah sukun. Di Cilacap, sukun bisa dijadikan sebuah makanan ringan yakni jenis keripik atau stik. Keripik sukun ini memiliki bentuk persegi panjang dan tipis.

Untuk cara pengolahannya adalah dengan cara digoreng. Sedangkan untuk rasanya sendiri adalah enak gurih dan kriuk. Jajanan khas Cilacap yang satu ini bisa dengan mudah Kamu jumpai karena sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia.

2. Lanthing

Makanan Khas Cilacap Lanthing

Sebelum berkelana mengelilingi kota Cilacap, ada baiknya Kamu membeli jajanan yang satu ini yakni lanthing. Cemilan yang satu ini rasanya gurih dan sangat cocok untuk dijadikan teman saat berwisata di Cilacap.

Berbahan dasar singkong, cara pembuatannya adalah dengan membentuk layaknya angka delapan, kemudian digoreng. Setelah digoreng kemudian diberi bumbu baik gurih maupun pedas.

3. Rempeyek Yutuk

Makanan Khas Cilacap Rempeyek Yutuk

Makanan khas Cilacap selanjutnya yang jangan sampai Anda lewatkan adalah rempeyek yutuk. Nama yutuk sendiri diambil dari sebuah nama hewan laut yang memiliki bentuk menyerupai kepiting dan juga udang.

Hewan laut ini lah yang menjadi bahan dasar pembuatan rempeyek yutuk. Daerah yang banyak memproduksi cemilan ini adalah daerah yang berada di sekitaran pantai yang banyak ditemukan hewan yutuk.

Sedangkan untuk rasanya, hampir sama dengan rempeyek pada umumnya yakni gurih, renyah serta terdapat aroma bumbu khas dan juga aroma dari yutuk itu sendiri. Tentunya cemilan yang satu ini akan selalu mengingatkan Kamu dengan kota Cilacap.

4. Kerupuk Tenggiri

Makanan Khas Cilacap Kerupuk Tenggiri

Cemilan khas Cilacap yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Cilacap. Selain bisa dibagikan kepada keluarga dan juga teman, cemilan ini juga cocok untuk melengkapi waktu santai Kamu.

Karena merupakan daerah yang banyak dikelilingi laut, maka tak heran jika hasil lautnya seperti ikan tenggiri ini dijadikan sebuah makanan khas. Dengan pengolahan sedemikian rupa, bisa menjadikan kerupuk tenggiri ini begitu gurih dan lezat.

5. Templeng

Makanan Khas Cilacap Templeng

Oleh-oleh khas Cilacap yang bisa Kamu bawa pulang terakhir adalah templeng. Ketika melihat templeng, mungkin yang pertama terlintas di benak Kamu adalah jenis makanan yang sama. Yap, benar sekali.

Di daerah lain kita biasa menyebut thempleng ini dengan peyek atau rempeyek. Namun di Cilacap sebutan peyek lebih mengacu pada peyek yutuk. Sehingga untuk peyek kacang atau teri, masyarakat biasa menyebutnya dengan templeng.

Oleh-oleh thempleng juga terbuat dari campuran tepung beras dengan bumbu rempah yang kuat, ditambah dengan kacang ataupun jenis lainnya. Selain kacang, templeng juga bisa dibuat dengan rebon, kedelai, teri ataupun kacang hijau.

Nah, itu tadi berbagai deretan makanan khas Cilacap yang bisa Kamu jadikan referensi ketika sedang berkunjung ke kota Cilacap.

Dari makanan berat, makanan ringan dan juga jajanannya pastilah semuanya akan sangat menggoda lidah Kamu bukan? Jika melihat aneka jajanannya apakah terbesit seuatu hal di benak teman-teman?

Ya! Masyarakat Cilacap pandai mengolah hasil pertanian menjadi sebuah jajanan yang bisa dijual sehingga menambah penghasilan. Seperti contoh singkong yang bisa diolah menjadi aneka bentuk oleh-oleh.

Leave a Reply