Makanan Khas Jember Suwar Suwir

Makanan Khas Jember

Makanan Khas Jember – Setiap berkunjung ke suatu tempat yang baru, pasti Kamu ingin mengetahui objek wisata, kuliner, oleh-oleh, dan souvenir yang ada. Banyak orang yang lebih senang berwisata kuliner, dimana mereka akan mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di suatu daerah.

Untuk Kamu yang memutuskan untuk berkunjung ke Jember, maka menikmati makanan khas Jember menjadi pilihan yang tepat. Berbagai makanan khas yang ditawarkan tersebut memiliki cita rasa yang nikmat dan akan membuat Kamu ketagihan untuk mencicipinya kembali.

Wisata Kuliner Khas Jember

Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini, Jember memang memiliki berbagai obyek wisata dan kuliner khas yang menarik.

Untuk Kamu para pecinta wisata kuliner, berikut ini rekomendasi makanan khas Jember yang bisa Kamu pilih saat berkunjung:

1. Pecel Pincuk Garahan

Makanan Khas Jember Pecel Pincuk Garahan

Siapa nih yang suka jenis kuliner pecel? Rasa pecel yang segar dan lezat ini membuat banyak orang menyukainya. Pecel merupakan makanan khas yang sangat terkenal di Jember.

Jenis pecel yang ada di Jember juga beraneka ragam. Salah satunya adalah Pecel Pincuk Garahan. Berikut ini fakta tentang Pecel Pincuk Garahan:

  • Pecel yang satu ini tergolong unik, karena menggunakan daun pisang untuk menyajikannya
  • Pecel Pincuk Garahan juga memiliki rasa yang pedas pada sambal kacangnya, sehingga akan membuat mata yang mengantuk menjadi melek kembali
  • Rasa asam juga menjadi ciri khas pecel yang satu ini.

2. Pecel Gudeg

Makanan Khas Jember Pecel Gudeg

Seseorang tidak bisa berfikir dengan jernih, mencintai dengan benar, serta tidur dengan lelap jika belum makan dengan baik”. ~ Virgina Wolf ~

Nah, dari sini dapat digambarkan betapa pentingnya makanan untuk tubuh kita.

Masih tentang makanan khas yang terkenal di Jember, pecel. Lebih tepatnya jenis pecel yang kedua, yakni Pecel Gudeg. Dari namanya pasti Kamu sudah bisa menebak jika jenis kuliner yang satu ini merupakan perpaduan antara pecel dan Gudeg.

Benar sekali, Pecel Gudeg ini terdiri dari nasi pecel, gudeg, cecek, rempeyek, potongan daging, kacang panjang, dan tidak lupa sambal pecel dengan cita rasa yang khas.

Pecel yang merupakan makanan khas Jawa Timur, dipadukan dengan Gudeg yang merupakan makanan khas Yogyakarta, wah pastinya akan sangat lezat. Untuk satu porsi Pecel Gudeg Kamu bisa memilih lauknya sendiri sesuai dengan selera.

3. Suwar Suwir

Makanan Khas Jember Suwar Suwir

Suwar Suwir merupakan makanan khas Jember yang terkenal, serta cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, saudara, dan teman-teman Kamu.

Meskipun kuliner Suwar Suwir tidak begitu terkenal seperti pecel yang merupakan makanan khas Jember, namun tetap bisa Kamu jadikan sebagai buah tangan yang enak. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Suwar Suwir adalah tape.

Tape diolah sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur yang sedikit keras dan jika diamati sekilas akan nampak seperti dodol. Suwar Suwir ini dibuat dari tape singkong yang dicampur dengan gula.

Untuk rasa yang disediakan juga beraneka ragam, mulai dari rasa sirsak, susu, kacang, coklat, dan juga strawberry. Saat mencicipinya Kamu akan terpesona dengan kelezatan rasanya.

4. Prol Tape

Makanan Khas Jember Prol Tape

Selain pecel, makanan khas Jember juga banyak menggunakan bahan dasar tape. Selain tadi ada Suwar Suwir yang dibuat seperti dodol, terdapat pula jenis kuliner lainnya yaitu Prol Tape.

Bahkan Prol tape menjadi jenis kuliner yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para sanak saudara di rumah. Seperti namanya, Prol Tape dibuat dari bahan utama tape yang diolah sedemikian rupa.

Rasa Prol Tape yang bisa Kamu pilih juga cukup beragam, mulai dari rasa kismis, coklat, keju, dan original. Prol Tape dibuat dari tape singkong, tepung terigu, margarin, susu, dan telur. Perpaduan rasa manis, asam, dan gurih menjadi ciri khas Prol Tape.

5. Pia Tape

Makanan Khas Jember Pia Tape

Apa yang Kamu bayangkan saat mendengar nama jenis makanan yang satu ini? Yak, benar sekali, Pia Tape merupakan makanan khas Jember yang terbuat dari bahan utama tape yang dibuat menjadi pia.

Pia Tape ini juga dibuat dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa coklat, keju, pisang, strawberry, sampai blueberry. Makanan khas yang satu ini memiliki tekstur yang sedikit keras di bagian luarnya, namun lembut di dalamnya.

Dengan warna yang coklat kekuningan dan rasa manis asli dari tape akan terasa saat digigit. Pia Tape juga menjadi kuliner khas Jember yang bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk saudara dan keluarga di rumah, karena bisa bertahan beberapa hari.

6. Mie Rama

Makanan Khas Jember Mie Rama

Saat berkunjung ke Jawa Timur Kamu akan menemukan berbagai makanan khas Jawa Timur yang unik dan lezat. Salah satunya adalah Mie Rama yang ada di daerah Jember.

Kuliner khas Jember ini dijual di Resto Mie Rama yang ada di Jalan Diponegoro Nomor 28, Jember. Jika dilihat dari luar, resto ini terlihat sederhana serta memiliki nuansa vintage tempo dulu.

Akan tetapi untuk rasa olahan mienya sangatlah lezat, sehingga membuat siapa saja tidak bisa melupakan rasanya. Adapun jenis menu yang disediakan di restoran ini seperti, mi pangsit ayam, pangsit kuah, bakwan, yong tahu, dan beberapa jenis menu lainnya.

7. Martabak dan Terang Bulan King

Makanan Khas Jember Martabak dan Terang Bulan King

Untuk Kamu yang berkunjung ke Surabaya pastinya mencicipi makanan khas Surabaya yang lezat, namun Jember juga memiliki kuliner khas yang tidak kalah lezatnya. Salah satunya adalah Martabak dan Terang Bulan King.

Bagi Kamu yang suka dengan makanan yang manis-manis, maka Martabak dan Terang Bulan King merupakan pilihan yang tepat. Martabak yang satu ini juga memiliki varian rasa dan topping yang banyak, sehingga Kamu dapat memilih sesuai selera.

Martabak dan Terang Bulan King berada di Jalan Karimata Nomor 50 atau di samping Hotel Royal, Jember. Bagaimana? Tertarik menikmati kuliner martabak yang satu ini? Pastinya tertarik kan? Nah, langsung saja kunjungilah dengan datang ke Jember.

8. Roti Bakar Tjiliwoeng Jember

Makanan Khas Jember Roti Bakar Tjiliwoeng

Roti Bakar Tjiliwoeng Jember juga ikut meramaikan jajaran makanan khas Jember yang wajib Kamu coba saat sedang berlibur. Di sini Kamu akan mendapatkan berbagai varian roti bakar dengan rasa yang lezat.

Kamu juga bisa menikmati waktu bersantai dengan teman ataupun keluarga di tempat Roti Bakar Tjiliwoeng ini. Lokasinya sangat strategis, karena berada di tengah Kota Jember.

Dijamin Kamu akan terpesona dengan rasa roti bakar yang ada di kedai ini. Tunggu apa lagi, yuk datang ke kedai yang beralamat di Jalan Ciliwung Nomor 11, Jember ini. Buktikan sendiri lezatnya rasa roti bakar yang disajikan untuk Kamu.

9. Angkringan Joglo 130 Jember

Makanan Khas Jember Angkringan Joglo 130 Jember

Untuk Kamu yang ingin menikmati berbagai makanan khas Jember dengan harga murah, maka datanglah ke Angkringan Joglo 130 Jember ini.

Seperti angkringan pada umumnya, di sini menyediakan menu khas seperti nasi kucing, tempe bacem, tahu bacem, ketan bubur, telur puyuh, gorengan, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menikmati berbagai jenis minuman seperti kopi susu, kopi hitam, bir jawa, teh nasgitel, wedang angjo khas Jember, dan masih banyak lagi.

Angkringan yang buka dari jam 10.30 pagi sampai jam 11 malam ini berada di Jalan Letjen Panjaitan Nomor 130, Sumbersari, Jember. Kamu tidak perlu khawatir, karena semua menu yang ada di sini dijual dengan harga yang sangat murah.

10. Ice Cream Domino

Makanan Khas Jember Ice Cream Domino

Pernah mendengar nama ice cream yang satu ini? Ice Cream Domino merupakan depot ice cream yang sangat terkenal di Jember dan menjadi makanan khas Jember yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke sini.

Depot ice cream ini sudah sangat legendaris di Jember, karena sudah berdiri selama kurang lebih 50 tahun dan sudah dikelola sampai tiga generasi.

Untuk variasi rasanya sangat lengkap, bahkan sampai 40 rasa. Beberapa rasa ice cream yang disediakan seperti rasa coklat, vanila, mocca, strawberry, rainbow, dan lain sebagainya.

Bagi Kamu penggemar ice cream, datanglah ke depot yang berlokasi di Jalan Trunojoyo Nomor 40, Jember ini. Dijamin Kamu akan terpesona dengan enaknya rasa es krim yang ada di sini.

11. Soto Ayam Dahlok

Makanan Khas Jember Soto Ayam Dahlok

Soto menjadi jenis kuliner yang dapat dengan mudah ditemui di mana saja. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menyukainya. Akan tetapi, dari masing-masing daerah tentu saja memiliki soto dengan ciri khas tersendiri.

Saat berkunjung ke Jember maka Kamu akan menemukan Soto Ayam Dahlok yang legendaris. Kedai soto ayam ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Diberi nama Soto Ayam Dahlok karena berada persis di belakang apotek Dahlok.

Di sini terdapat tiga jenis soto, yaitu soto biasa, soto jeroan, dan soto istimewa. Harganya juga sangat murah, hanya dengan Rp 10.000 Kamu sudah dapat menikmati soto yang lezat dan gurih. Kedai ini berada di Jalan Fatahillah Nomor 1, Jember.

12. Bakso Kabut

Makanan Khas Jember Bakso Kabut

Rupanya di Jember banyak terdapat makanan khas yang berkuah, salah satunya adalah Bakso Kabut ini. Pastinya Kamu menebak-nebak seperti apakah Bakso Kabut ini? Pastinya bakso yang satu ini juga tidak kalah unik dengan makanan khas Jember lainnya.

Jika biasanya Kamu akan menemukan bakso yang berisi telur, maka berbeda dengan Bakso Kabut, dimana baksonya terdapat di dalam telur. Kok bisa ya?

Jika penasaran langsung datang saja ke kedai Bakso Kabut yang berada di Jalan Ramasala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember. Bakso Kabut ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 5 -15 ribu saja.

13. Ayam Panggang Sari Jaya

Makanan Khas Jember Ayam Panggang Sari Jaya

Olahan ayam memang menjadi jenis kuliner yang banyak diminati oleh masyarakat. Salah satunya adalah ayam panggang. Jika Kamu sedang berada di Jember, maka sempatkan waktu untuk datang ke Ayam Panggang Sari Jaya.

Di rumah makan ini, ayam panggang merupakan menu andalan yang disukai banyak orang. Daging ayam dipanggang, kemudian diberi bumbu kecap yang menggugah selera siapa saja. Resto ini berada di Jalan Sultan Agung Nomor 124, Jember.

14. Nasi Langgi

Makanan Khas Jember Nasi Langgi

Untuk Kamu yang suka kuliner enak sekaligus mengenyangkan, maka Nasi Langgi ini merupakan pilihan yang tepat. Nasi Langgi terdiri dari nasi, daging sapi, sambal goreng, telur asin, petis, abon sapi, dan juga mentimun.

Kamu dapat dengan mudah menemukan Nasi Langgi ini di seluruh penjuru Jember. Rasanya yang lezat membuat banyak orang menyukai kuliner yang satu ini.

Jawa Timur memang memiliki berbagai jenis kuliner yang unik dengan rasa yang lezat. Selain makanan khas Jember yang mampu menggugah selera, Kamu juga bisa berkunjung ke Malang lalu menikmati makanan khas Malang yang tidak kalah enak.

Leave a Reply