Makanan Khas Blitar Jawa Timur

Makanan khas Blitar – Kurang rasanya saat mengunjungi Kota Blitar tetapi tidak menikmati beragam makanan khas Blitar. Banyak diantaranya sangat legendaris dan sudah ada sejak jaman Belanda. Wow!

Kota Blitar adalah kota di Provinsi Jawa Timur yang terkenal karena terdapat pemakaman Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Di dekat makam Bung Karno didirikan museum Bung Karno, yaitu museum berisi peninggalan bersejarah pada masa perjuangan kemerdekaan.

Mengunjungi Kota Blitar, selain wisatanya, kulinernya pun juga sangat beragam dan layak dicoba. Masakan Blitar kebanyakan rasanya perpaduan antara selera Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Blitar yang menggugah selera:

1. Nasi Ampok

makanan khas blitar nasi ampok
hanamirakitche[dot]blospot[dot]com
Nasi Ampok adalah nasi yang terbuat dari jagung. Biasanya dimakan dengan sambal tomat, urap, dan ikan asin. Walaupun sederhana, tapi sangat nikmat sekali. Apalagi harganya murah meriah, cuma empat ribu rupiah.

2. Wajik Kletik

makanan khas blitar wajik kletik
travel[dot]tribunnews[dot]com
Makanan ini sangat khas karena bentuk dan rasanya yang sangat unik. Asal nama Kletik berasal dari bunyi kletik-kletik dari butiran beras ketan. Bungkusnya juga unik yaitu menggunakan klobot atau kulit jagung kering.

Rasanya sangat manis. Teksturnya lunak tapi ketika dimakan ada sensasi seperti beras belum matang dari beras ketannya. Cocok sekali dinikmati para pecinta makanan manis

3. Es Pleret Khas Blitar

makanan khas blitar es pleret
samkuliner[dot]com
Es Pleret ini sangat segar dinikmati di tengah panasnya cuaca Kota Blitar. Pleret terbuat dari tepung beras. Lalu dibentuk bulat kecil.

Cara membuat bulatan kecilnya dengan dipleret seperti membuat bakso. Di dalamnya ada gula merah, yang meletus di dalam mulut saat kita memakannya.

Kuah es pleret hampir sama seperti es dawet. Kuahnya dari campuran santan, daun pandan, dan gula merah.

Rasanya sangat segar dan manis, juga bercampur dengan gurihnya santan. Dijami Es Pkeret ini jarang ditemui di daerah lain selain Blitar.

Salah satu tempat yang paling terkenal menjual Es Pleret adalah es Pleret Bu Sri di Jalan Musi Blitar. Sempatkan mampir untuk mencicipi segarnya es pleret makanan khas Blitar!

4. Es Drop

makanan khas blitar Es Drop Blitar
backpackerblitar[dot]my[dot]id
Es Drop adalah salah satu jajanan es jadul sejak masa kolonial belanda yang masih eksis di Blitar.
Banyak dibaca:  Makanan Khas Gorontalo

Es Drop merupakan es lilin yang panjangnya sekitar 10 cm yang terbuat dari gula merah dan santan yang dibekukan. Ada beberapa varian rasa seperti coklat, kacang, durian, dan vanilla.

Kemasannya sangat mirip sekali dengan jajanan es jaman 90an. Stik esnya dari tusuk yang mirip tusuk sate. Kemasannya pun dari selongsongan kertas yang sangat unik. Pabrik

Biasanya es ini dijual secara keliling dengan sepeda atau jalan kaki di sekitar beberapa kawasan wisata daerah Blitar seperti museum Bung Karno dan Istana Gebang.  Harganya sekitar dua ribu rupiah perbtusuk.

5. Soto Daging Bok Ireng

Makanan Khas Blitar Malam Hari Soto Daging Bok Ireng
makanan khas blitar malam hari Soto Daging

Soto daging Bok Ireng adalah salah satu warung soto yang sangat terkenal dan legendaris di Blitar.

Nama Bok Ireng diambil dari lokasi berjualannya yaitu di Jalan Kelud, di dekat tembok yang bercat hitam atau ireng (bahasa jawa). Soto daging ini sudah ada sejak lebih dari 30 tahun yang lalu.

Sekilas soto ini hampir sama seperti soto daging biasa. Tapi apabila anda memakannya, anda akan merasakan gurihnya yang membuat ingin makan lagi di situ.

Kuahnya menggunakan kuah santan yang dicampur dengan bumbu rempah rahasia warisan turun temurun.

Bumbunya dihaluskan dengan diulek, tidak diblender. Walau sehari bisa menghabiskan 10 kg bumbu, semuanya diulek agar lasanya lebih mantap dan meresap.

Ibu Kayatin, pemilik warung soto ini mengatakan bahwa beliau tetap mempertahankan bumbu dan tempat berjualan sama persis seperti ibunya dulu pertama kali berjualan. Beliau tetap menggunakan angklo dan pikulan tradisional.

Penasaran dengan rasa gurihnya Soto Daging Bok Ireng? Kamu harus mampir disini saat mengunjungi kota Blitar!

6. Uceng Goreng

makanan khas blitar uceng
makanan khas wlingi blitar via blikosda[dot]blitarkota[dot]go[dot]id
Ikan uceng goreng adalah salah satu makanan yang sangat khas di Kota Blitar. Makanan ini jarang ditemui di daerah lain.

Ikan uceng adalah jenis ikan kecil yang biasanya hidup di kali atau sungai. Ikan ini diolah dengan digoreng kriuk dengan tepung. Lalu disajikan dengan nasi hangat, sambel, dan lalapan segar.

Makanan ini sangat cocok disantap saat makan siang. Untuk menambah nikmatnya, bisa juga ditambah dengan sayur lodeh, sesuai selera.

7. Tahu Bumbu Khas Blitar

makanan khas blitar tahu bumbu
ngopibareng[dot]id
Tahu bumbu ini mirip seperti tahu lontong atua tahu tek khas Surabaya. Makan ini terdiri dari dari tahu setengah matang, kacang, bumbu kecap, petis, dan ditaburi bawang goreng dan kucai. Ditambah dengan kerupuk sebagai pelengkap
Banyak dibaca:  Makanan Khas Jombang

Tahu bumbu khas Blitar yang terkenal adalah Tahu Bumbu Lawu yaitu sebuah warung tahu bumbu yang ada di Jalan Lawu. Biasanya buka di malam hari.

Rasanya manis gurih, juga pedas. Biasanya tingkat kepedasan bumbunya boleh direquest. Untuk ada yang suka pedas bisa pesan sangat pedas agar tambah nikmat.

8. Geti

makanan khas blitar geti
geti makanan khas blitar via tokopedia[dot]com
Geti terbuat dari kacang, gula merah dan biji wijen. Rasanya manis dan gurih. Teksturnya agak lengket karena dimasak dengan gula jawa.

Biasanya Geti menjadi suguhan wajib warga Blitar saat Lebaran. Selain itu juga dijadikan oleh-oleh khas Blitar bagi para pengunjung atau pemudik dari Blitar.

9. Nasi Pecel Khas Blitar

makanan khas blitar nasi pecel
mblitar[dot]net
Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini. Pecel sangat popular di Indonesia. Tapi tiap daerah punya makanan pecel dengan ciri khas masing-asing

Nasi Pecel khas Blitar mempunyai cita rasa yang berbeda dari bumbu pecelnya. Sambal pecelnya dibuat dengan tambahan daun jeruk, jadi aromanya sangat khas.

Untuk sayuran yang digunakan sebenarnya hamper sama dengan yang lain, ada tauge, daun singkong, daun sawi putih, dan timun.

10. Jenang Ketan Khas Blitar

makanan khas blitar jenang ketan
tokopedia[dot]com
Jenang khas Blitar terbuat dari campuran gula merah dan beras ketan yang diaduk lama, lalu diberi taburan wijen di atasnya.

Rasanya sangat manis dan agak lengket. Bagi penyuka makanan manis, jenang ketan khas Blitar ini sangat direkomendasikan. Sangat cocok juga dibawa untuk oleh-oleh karena bisa berthan sampai satu bulan.

Di Blitar, ada salah satu tempat wisata yang khusus untuk membuat jenang, namanya Omah Jenang.

Distu, para wisatawan diperlihatkan proses pembuatan jenang. Mulai dari pemilihan bahan, pengadukan, sampai proses akhir. Pengunjung juga bisa ikut membuatnya.

Ternyata banyak makanan khas Blitar yang otentik dan bertahan sejak lama sampai sekarang. Rasanya pun sangat nikmat. Ada yang gurih, berkuah, dingin segar, sampai manis.

Itulah rekomendasi oleh oleh makanan khas Blitar yang bisa Kamu coba. Kamu yang sudah pernah nyoba gimana rasanya? Tulis di komentar ya dan jangan lupa share. 🙂

Leave a Reply