Aneka Resep Masakan Rumahan Harian

Memasak memang merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan. Apalagi jika kita bisa membuat aneka resep masakan rumahan sederhana dan murah namun tetap enak dan bergizi.

Dalam memasak makanan tidak perlu dengan beragam menu yang mewah dan sulit dibuat. Kita bisa menggunakan bahan-bahan yang simpel dan mudah ditemui untuk menjadi makanan yang enak dan sehat.

Kemudian yang menjadi kendala adalah ketika bahan-bahan sudah siap tetapi kita tidak bisa memasaknya maka akan menjadi masalah bukan.

Bagi yang sudah mahir memasak, mungkin itu bukan jadi masalah dengan bahan seadanya. Menu Resep masakan apapun pasti akan terasa nikmat.

Akan tetapi bagi yang belum mahir memasak?

Tetap jangan berkecil hati ya. Berikut ini aneka menu resep masakan rumahan harian yang simpel untuk pemula bisa dicoba untuk sehari hari: 

1. Resep Masakan Rumahan Nasi Goreng

Menu Resep Masakan Rumahan Sehari-hari yang Praktis Nasi Goreng

Menu Resep Masakan Sehari hari dirumah

Waktu pagi merupakan waktu yang super sibuk. Kita harus menyiapkan ini itu dan sebagainya sampai kadang tidak sempat untuk masak.

Nah di waktu yang serba mepet, kita bisa memanfaatkan nasi sisa makan malam untuk dibuat masakan dengan resep nasi goreng sederhana dan juga spesial. 

Untuk bahan-bahannya sendiri cukup mudah kok. Kita tinggal menyiapkan cabai merah, bawang merah, bawang putih merica dan juga bumbu-bumbu masak. Untuk nasi dan juga cabainya tergantung selera masing-masing.

Adapun cara memasaknya, pertama kita tumis dulu bumbu di atas yang sudah dihaluskan sampai tercium baru harum kemduian masukkan nasi dan aduk-aduk sampai matang dan tercampur rata.

Untuk menikmati sajian nasi goreng ini, kita bisa menambahkan telur dadar atau pun telur ceplok. Mudah bukan? Untuk membuat nasi goreng spesial restauran bisa dilihat di sini.

2. Aneka Resep Masakan Ayam

Ada banyak sekali menu resep masakan yang mudah dibuat dari bahan utama ayam. Menu resep masakan ayam rumahan yang biasa digunakan untuk sehari hari adalah:

  • Resep Masakan Sederhana Ayam Geprek

Menu Resep Masakan sehari-hari mudah Praktis Ayam Geprek

Menu Resep Masakan Rumahan Ayam Geprek

Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya ayam geprek sambal bawang. Rasanya yang crispy dipadukan dengan rasa pedas harum sambal bawang akan selalu membuat kita ketagihan.

Untuk membuatnya sendiri tidak sulit kok. Kita bisa membuatnya dengan resep ayam geprek yang dengan resep sederhana.

Untuk bahan-bahannya kita hanya membutuhkan daging ayam pastinya kemudian ditambahkan bawang putih ketumbar garam sebagai balutan ayam kemudian kukus selama kurag lebih 1 jam.

Kemudian untuk bahan pelapis, kita tinggal menyiapkan telur, tepung terigu, baking power serta merica. 

Selanjutnya campurkan semua bahan pelapis lalu masukkan daging ayam dan goreng dengan minyak panas dalam jumlah banyak sampai matang.

Terakhir kita bisa menyajikannya ayam geprek dengan sambal bawang yang akan membuat selera makan kita bertambah. Jika masih penasaran dengan resep ayam geprek silakan lihat di sini.

  • Resep  Soto Ayam

Menu Resep Masakan Sehari hari Soto Ayam

Menu Resep Masakan Harian Soto Ayam

Siang hari paling enak makan makanan yang seger-seger. Kita bisa menikmati soto ayam dengan kaldu yang gurih dan bikin nagih.

Kita bisa memilih soto ayam bening, soto ayam lamongan, soto ayam kuning dan sebagainya. Hampir di setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. 

Seperti halnya soto ayam bening hampir di setiap tempat ada, seperti di Solo, Semarang dan sebagainya. Kita bisa memilih berbagai macam menu soto untuk makan siang kita.

Selain dengan cara yang praktis, yakni membeli, kita juga bisa memasaknya sendiri dengan resep soto ayam sesuai selera.

Dalam mengolah dengan resep soto ayam, kita harus benar-benar memastikan kematangan dalam menumis bumbu, kalau kurang matang atau kematangan dalam menumis bumbu kuah malah akan membuat soto rasanya menjadi langu.

Kemudian ada sedikit tips ketika membuat soto ayam dengan ayam potong. Sebaiknya air rebusan ayam dibuang saja karena rasanya terlalu amis dan kurang sedap.

Berbeda ketika menggunakan ayam kampung atau ajam jawa. Kita bisa memanfaatkan air rebusan daging menjadi kaldu dan rasanya pasti akan menjadi gurih.

  • Resep Masakan Sehari hari Ayam Kecap

Menu Resep Masakan Rumahan yang Simpel dan Sederhana Ayam Kecap

Menu Resep Masakan Rumahan Sederhana Ayam Kecap

Memasak ayam selain dimasak dengan sambal yang pedas juga bisa dipadukan dengan kecap manis. Kita bisa mengolah daging ayam dengan resep ayam kecap pedas manis yang menggoyang lidah.

Membuat menu resep masakan rumahan ayam kecap sendiri tidaklah sulit. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti bawang bombai, cabai merah, bawang putih tomat dan bumbu dapur lainnya.

Oh iya, jangan lupa disiapkan kecap manis dan juga daging ayam yang sudah dipotong-potong sesuai selera serta di cuci hingga bersih.

Untuk memasaknya sendiri pertama kita tumis terlebih dahulu bahan-bahanya seperti bawang bombay yang sudah dipotong-potong, bawang putih dan sebagainya sampai harum. Kemudian masukkan kecap terlebih dahulu lalu aduk rata.

Selanjutnya masukkan daging ayam dan ditambahkan air lalu masak sampai meresap dan ayam terasa empuk. Ayam kecap pedas spesial siap disajikan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di sini ya.

  • Resep Masakan Rumahan Opor Ayam

Menu Resep Masakan Rumahan Jawa Tengah yang Pedas Opor Ayam

Menu Resep Masakan Rumahan Opor Ayam

Kita pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya opor ayam. Makanan ini lebih sering disajikan ketika waktu lebaran dan menjadi makanan yang wajib ada saat lebaran.

Hidangan dengan kuah ini sangat cocok disajikan bersama dengan ketupat ataupun lontong. Selain disajikan dengan ketupat ataupun lontong, opor ayam juga tetap nikmat disajikan dengan nasi putih dan ditambah dengan taburan bawang goreng. 

Selain momen hari raya, opor ayam pun banyak dijual diberbagai warung. Kita bisa membelinya tanpa harus menunggu hari raya tiba. Selain membeli di warung, kita juga bisa membuat opor ayam spesial sendiri di rumah. 

Untuk cara membuatnya cukup mudah kok. Kita bisa membuat dengan menu resep masakan rumahan opor ayam spesial dan enak dengan resep yang sederhana.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat opor ayam menggunakan berbagai macam rempah serta komposisi bumbu pilihan yang akan membuat rasa opor ayam menjadi istimewa.

6. Resep Masakan Rumahan yang Simpel Seblak

Menu Resep Masakan Rumahan Pedas Sederhana yang Simpel Seblak

Menu Resep Masakan Sederhana yang Simpel Seblak

Kita pastinya sudah mengenal makanan yang satu ini. Namanya adalah seblak. Makanan khas Bandung yang sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia.

Seblak sendiri ada yang bentuk seblak basah dan ada juga seblak kering. Nah untuk seblak basah sendiri ada berbagai macam. Ada seblak makaroni, seblak mie, seblak sosis, seblak ceker dan lain sebagainya. 

Sementara itu seblak kering lebih sering dibuat dari kerupuk seblak dengan bumbu pedas gurih. Untuk membuat seblak basah sebenarnya caranya cukup mudah kok.

Dengan menggunakan resep seblak sendiri kita tinggal menyiapkan bahan-bahan bumbu halus seperti bawang putih, kencur, cabai merah.  

Untuk isiannya, kita bisa menggunakan telor, ceker, makaroni, mie dan sebagainya. Semua tergantung selera masing-masing. Untuk lebih jelasnya bisa lihat resep seblak di sini.

Setelah seblak basah matang sebaiknya langsung dinikmati selagi hangat. Sementara itu untuk seblak kering bisa menjadi cemilan ringan dan juga tahan lama.

7. Resep Donat Kentang

Aneka Resep Masakan Rumahan Untuk Pemula Donat Kentang

Aneka Resep Masakan Rumahan Donat Kentang

Cemilan donat memang enak. Makanan yang satu ini cocok dinikmati segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Donat memiliki tekstur yang lembut dan juga rasanya manis membuat banyak orang suka.

Aneka resep masakan donat sendiri bisa dibuat dari tepung, telur, ragi dan bahan-bahan lainnya. Selain bahan utama dari tepung, resep masakan donat juga dapat dibuat dengan berbahan dasar kentang.

Bahkan, untuk donat yang berbahan dasar kentang biasanya memiliki tekstur yang lebih empuk.

Untuk membuat donat kentang sendiri dibutuhkan bahan-bahan seprerti tepung terigu, kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan, susu, telur, dan juga anek bumbu lainnya.

Selanjutnya aduk dan campur rata semua bahan hingga menjadi kalis, lalu diamkan. Selanjutnya ambil sedikit-sedikit lalu bentuk adonan dan goreng dengan minyak panas.

Setelah donat kentang matang, kita bisa menambahkan meises, gula atau yang lainnya sebagai toppingnya. Jika masih bingung dengan aneka resep masakan rumahan donat kentang bisa dilihat di sini.

8. Resep Brownies Kukus

Aneka Resep Masakan Rumahan Terbaru Brownies Kukus

Menu Resep Masakan Rumahan Terbaru Brownies Kukus

Kue Brownies merupakan kue yang istimewa. Tidak ada yang menolak rasa dari kue brownies ini, apalagi jika dia seorang pecinta brownies.

Kita bisa mendapatkan brownies di berbagai toko kue. Brownies sendiri ada berbagai macam, salah satunya brownies Amanda dengan rasa yang nyoklat banget.

Nah dalam membuat brownies sendiri tidak harus menggunakan oven. Kita juga bisa membuat brownies kukus sendiri kok. Kita bisa juga membuat brownies dengan cara dikukus menggunakan menu resep masakan brownies kukus ala Amanda sederhana. 

Cara membuat brownies kukus sendiri cukup mudah. Kita tinggal menciapkan bahan-bahannya seperti gula pasir, tepung, emulsifier dan sebagainya. Semua bahan-bahan di aduk sampai rata dan dituangkan dalam loyang. 

Mengenai aneka menu resep masakan brownies kukus lengkap bisa dilihat di sini.

9. Resep Masakan Rumahan Kue Kering

Aneka Resep Masakan Rumahan Untuk Pemula Kue Kering

Menu Resep Masakan Rumahan Kue Kering

Kue kering memang identik dengan yang namanya kue lebaran. Jika sudah menjelang lebaran, kue kering akan mengalami lonjakan tajam.

Banyak sekali pesanan kue kering untuk disajikan pada waktu lebaran. Bahkan terkadang karena banyaknya pembeli kue kering, harganya pun menjadi naik.

Padahal membuat kue kering tidaklah sulit. Selain itu juga ketika membuat kue kering sendiri akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan membelinya.

Apalagi jika kita memiliki oven di rumah. Kita bisa berkreasi membuat kue dengan menu resep masakan kue kering mudah dan istimewa.

Salah satu kue kering yang bisa kita buat adalah nastar. Cara membuat nastar cukup mudah. Pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti margarin, butter unsalted, vanila, selai nanas, dan sebagainya.

Cara membuatnya campur semua bahan dan aduk sampai kalis lalu ambil sedikit-sedikit dan bentuk bulat lalu taruh dalam loyang.

Selanjutnya masak dengan cara di oven sampai matang. Cukup mudah bukan cara membuatnya.

10. Resep Masakan Rumahan Mie Ayam

Menu Resep Masakan Rumahan Sederhana Murah Meriah Mie Ayam

Menu Resep Masakan Rumahan Sederhana Mie Ayam

Siapa sih yang tidak kenal dengan mie ayam. Kita sering menemui penjual mie ayam, mulai dari pedagang gerobak keliling, warung pinggir jalan sampai pada restauran.

Rasa dari mie ayam yang cocok untuk semua kalangan membuat orang-orang tidak bosan-bosan untuk menikmati sajian tersebut. 

Selain dari segi rasa, harganya pun juga ramah di kantong. Dengan hanya membayar kisaran lima ribu sampai dengan dua puluh ribu rupiah saja kita sudah merasakan sajian sedap dari mie ayam dengan rasa yang enak.

Selain membeli langsung, kita juga bisa membuat sendiri menu resep masakan rumahan mie ayam enak dan sederhana yang tidak kalah dengan penjual mie ayam.

Yang harus diperhatikan dalam memasak mie ayam adalah bagaimana mengolah mie agar menjadi rasa yang pas, tidak keras dan juga tidak lembek.

Mie yang terasa keras atau terlalu lembek malah akan membuat mie ayam menjadi tidak enak. Agar mie terasa pas, kita bisa memasukkan mie ke dalam air ketika sudah mendidih dan tunggu sampai terasa pas. Setelah itu angkat dan tiriskan sebentar.

Agar ketika ditiriskan mie tidak menggumpal, kita bisa memasukkannya sebentar ke dalam air dingin atau dengan suhu normal selama kurang lebih satu menit.

Hal ini akan membuat mie tidak meggumpal atau menempel satu sama lainnya. Bagaimana mudah bukan cara membuat mie ayamnya. 

11. Resep Masakan Sehari hari Sayur Asem

Menu Resep Masakan Rumahan Murah Meriah Jawa Tengah Sayur Asem

Menu Resep Masakan Rumahan Murah Meriah Sayur Asem

Siapa sih yang tidak kenal dengan sayur asem? Sayur asem sendiri merupakan salah satu dari makanan khas daerah tradisional yang masih eksis sampai saat ini dan juga diminati banyak orang.

Sayur asem sangat cocok di segala tingkatan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Rasanya yang tidak terlalu pedas membuatnya mampu masuk di segala kalangan.

Sayur asem sendiri memiliki beragam variasi. Hampir di setiap kota memiliki cara tersendiri dalam membuat sayur asem.

Adanya berbagai macam isian di dalamnya membuat selera makan menjadi bertambah, apalagi dinikmati di siang hari dengan tambahan sambal terasi. 

Nah cara membuat sayur asem cukup mudah kok. Dengan menggunakan menu resep masakan sayur asem Jawa pastinya akan membuat makan siang kita menjadi bermakna.

Bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat, seperti kacang panjang, labu siam, jagung manis dan sebagainya.

Untuk membuatnya cukup didihkan air panas kemudian masukkan bahan-bahan termasuk sayuran dan masak serta bumbui hingga matang.

Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya?

Nah itu tadi aneka kumpulan resep masakan enak yang mudah dibuat serta praktis yang dapat kita ulas.

Semoga bermanfaat ya. 

Leave a Reply