Contoh Surat Lamaran Kerja

Setiap hari tidak jarang kita akan menemukan iklan lowongan pekerjaan diberbagai media. Jika lowongan tersebut sesuai dengan kita, maka kita akan membuat lamaran kerja.  Contoh surat lamaran kerja di PT, dan lain sebagainya.

Akan tetapi apakah semudah itu kita mendapatkan pekerjaan? Walaupun sudah ada lowongan pekerjaan, tetapi di satu sisi orang-orang yang menginginkan pekerjaan tersebut lebih banyak daripada kebutuhan. 

Hal ini membuat persaingan untuk melamar kerja guna mendapatkan pekerjaan tersebut semakin berat lagi.

Oleh karenanya selain melampirkan ijazah, kita juga harus membuat atau bikin contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar serta melampirkan segala macam syarat-syarat yang dibutuhkan.

Dalam membuat sebuah lamaran kerja sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Akan tetapi karena itulah terkadang membuat kita luput bahwa hal yang esensial bukan hanya soal ketertarikan kita pada pekerjaan yang dilamar tersebut.

Akan tetapi ada banyak yang menjadi pertimbangan dalam isi surat lamaran kerja tersebut. Penasaran seperti apa? Yuk kita simak penjelasan dari bosmeal.com tentang contoh surat lamaran kerja yang benar berikut ini.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Contoh Surat Lamaran Kerja Apa iu Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja Apa iu Lamaran Kerja

Sebelum kita bersama melihat contoh surat lamaran kerja yang benar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu surat lamaran kerja. 

Surat lamaran kerja atau pekerjaan sendiri merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan dan ditujukan kepada orang, pejabat atau yang lainnya yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. 

Dengan surat lamaran kerja inilah pelamar kerja atau pencari kerja atau disingkat dengan pencaker meminta agar supaya diberi pekerjaan.

Adapun untuk sifatnya, surat lamaran kerja merupakan salah satu contoh surat resmi atau formal sehingga dalam pembuatannya harus menggunakan bahasa formal.

Selain itu juga buat kita yang memiliki keinginan untuk melamar kerja sebaiknya sebutkan juga sumber informasi dari mana kita mendapatkannya. 

Penyebutan sumber informasi tersebut berada pada alinea pertama atau paragraf pembuka surat lamaran kerja.

Selanjutnya dalam membuat surat lamaran pekerjaan, kita harus membuatnya semenarik mungkin. Dalam hal ini, surat lamaran kerja yang menarik akan mendapatkan perhatian dari pimpinan perusahaan tempat kita melamar pekerjaan, sehingga peluang diterimanya menjadi lebih besar.

Kemudian jika sudah tertarik dengan surat yang kita buat, maka kita pun akan dipanggil untuk melakukan interview atau wawancara.

Nah dalam wawancara inilah yang akan menentukan apakah kita diterima kerja atau tidak. Hal ini karena kebanyakan dari perusahaan atau tempat kerja lainnya tidak hanya melihat skil yang kita punya, tetapi juga sikap (attitude) yang kita miliki.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah kita bersama mengetahui apa itu surat lamaran kerja, selanjutnya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja itu sendiri.

Surat lamaran kerja sendiri pada umumnya memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya.

Kesamaan tersebut terletak pada format lamaran yang diajukan, baik itu surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

Adapun langkah-langkah membuat surat lamaran kerja sebagai berikut:

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.

3. Alamat lengkap perusahaan lengkap dan tidak boleh dilewatkan.

4. Salam pembuka

5. Kata pengantar/pembukaan

Ketika kita membuat kata pengantar atau pembuka, maka sebaiknya kita mencantumkan darimana mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. 

Kita pun harus menulis informasi tersebut dengan jujur dan apa adanya. Ini bisa menjadi penilaian attitude atau sikap kita kedepannya. 

Selanjutnya yang jangan dilewatkan juga, sebaiknya kita mengisi posisi apa yang akan ditempati pada perusahaan atau tempat kerja tersebut.

Apalagi jika perusahaan atau tempat kerja tersebut membutuhkan banyak karyawan baru di berbagai posisi, maka penulisan posisi yang dilamar menjadi wajib.

6. Biodata pribadi

Dalam membuat biodata diri, kita wajib menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail.

Kemudian untuk penulisan jenjang pendidikan baik itu non formal maupun formal serta pengalaman non pekerjaan sifatnya tidak wajib.

Nah jika kita bermaksud menjelaskan latar belakang pendidikan, sebaiknya tulis saja pendidikan tertinggi yang sudah kita jalani.

7. Kemampuan dan pengalaman kerja

Tahap berikutnya setelah menuliskan biodata secara lengkap, kita bisa menuliskan kemampuan serta pengalaman kerja yang sudah kita punyai.

Lantas buat kita yang masih belum pernah bekerja atau fresh-graduate bagaimana?

Jika kita masih belum pernah bekerja atau fresh-graduate maka kita tulis saja jika belum pernah bekerja.

Selain itu dalam menuliskan kemampuan atau skil, kita perlu menulis kemampuan yang relevan atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tempat kerja tersebut

8. Penutup

Setelah menuliskan semua kebutuhan di atas, selanjutnya kita perlu membuat kalimat penutup yang sesuai.

Yang perlu kita tulis dalam kalimat penutup adalah keinginan besar kita agar bisa diterima di perusahaan atau tempat kerja tersebut.

Selain itu juga kita harus mengucapkan terima kasih dan juga permohonan maaf jika terdapat kekeliruan di dalam surat lamaran yang kita buat.

9. Lampiran surat lamaran kerja

Selanjutnya untuk meyakinkan perusahaan atau tempat kerja yang akan kita tuju, kita pun harus melampirkan segala hal yang dibutuhkan guna menambah nilai kita.

Untuk lampirannya sendiri kebanyakan sudah ditentukan oleh perusahaan atau tempat kerja lainnya. Akan tetapi pada umumnya lampiran dalam surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:

a. Pas foto (sebaiknya gunakan foto terbaru)

b. Fotokopi KTP

c. Daftar riwayat hidup

d. Fotokopi ijazah terakhir

e. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kita ikuti)

Untuk sertifikat kompetensi ini di beberapa perusahaan atau tempat kerja merupakan nilai plus buat kita. 

10. Hormat saya, (Tanda tangan beserta nama lengkap)

Nah itu tadi cara membuat surat lamaran kerja yang bisa kita jadikan acuan. Kemudian untuk lebih mudah di dalam memahaminya, kita bisa melihat contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum
Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Hal : lamaran pekerjaan

Yth.

Bpk. / Ibu Personalia

PT. Surya Darma

Jl. Mayjen Panjaitan No. 15

Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari Grup Facebook Info Lowongan Kerja Bandung pada 5 Februari 2020 bahwa PT. Surya Darma membuka lowongan kerja.

Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Staff Gudang di PT Surya Darma.

Berikut ini adalah data singkat saya,

Nama                           : Ahmad Aris

Tempat / tgl. lahir        : Kebumen, 17 mei 1993

Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen Pemasaran

Alamat                              : Jl. Cempaka lorong 5 Kebumen

Telepon (HP)                  : 0857-6123-4124

Status                                : Belum Menikah

Pada saat ini saya dan keadaan sehat serta dapat mengoperasikan komputer dasar tanpa halangan ditambah lagi saya dapat berbahasa Inggris dengan fasih. 

Prinsip yang saya utamakan adalah kejujuran dengan latar belakang formal maupun non formal yang memuaskan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S1

3. Foto copy transkrip nilai

4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

5. Pas photo terbaru

Besar harapan saya untuk dapat Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya buat, jika ada kata-kata yang kurang pantas saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Atas perhatian dari Bapak / Ibu personalia saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Materai 6000

Ahmad Aris

Contoh surat lamaran kerja umum di atas merupakan salah satu surat yang banyak digunakan oleh orang-orang ketika melamar pekerjaan. Pembuatannya yang simpel seringkali menjadi alasan penggunaan surat lamaran ini.

Akan tetapi sebelum kita memutuskan untuk menggunakan contoh lamaran kerja umum di atas. Kita perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan surat lamaran tersebut.

Adapun kelebihan dari surat lamaran kerja umum diantaranya: 

  1. pembuatannya yang lebih menghemat waktu dan lebih cepat daripada membuat surat lamaran kerja tulis tangan.
  2. Lebih menghemat biaya karena jika terjadi kesalahan dalam pengetikan bisa langsung direvisi dan tidak perlu menulis ulang.

Kemudian dibalik kelebihan tersebut, nyatanya surat lamaran tersebut memiliki kelemahan diantaranya surat lamaran kerja yang diketik ternyata memiliki kekurangan di mata HRD.

Diantara beberapa HRD, ada yang menganggap jika surat lamaran kerja yang diketik itu tidak dibuat dengan sungguh-sungguh. Bisa juga surat lamaran kerja yang diketik pun bukan buatan sendiri, tetapi hasil buatan orang lain.

Apalagi surat lamaran yang diketik pada umumnya hampir mirip dengan yang lain, maka sudah dapat dipastikan jika surat lamaran tersebut akan mengurangi poin kita.

Nah itu tadi contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar dan bisa buat acuan. Selain contoh surat lamaran kerja terbaru di atas, masih ada lagi kok contoh surat lamaran kerja yg baik dan benar di bawah ini.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Di beberapa perusahaan atau tempat kerja terkadang lebih memilih menerima surat lamaran kerja tulis tangan. Nah buat kita yang masih kebingungan, berikut ini contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa kita jadikan referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Di dalam contoh surat lamaran kerja tulis tangan sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa kita abaikan.

Kelebihan dari surat lamaran kerja tulis tangan diantaranya lebih ekonomis, lebih efektif dan lebih bersifat formal.

Sementara kekurangan surat lamaran kerja tulis tangan diantaranya bahasa yang digunakan berbelit-belit, penggunaan tanda baca tidak tepat dan kebanyakan kurang rapi.

Kemudian untuk mengatasi kekurangan surat lamaran kerja tulis tangan, kita perlu juga menyimak tips berikut ini

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Agar contoh surat lamaran kerja tulisan tangan yang kita buat menjadi rapi dan menarik, sebaiknya kita perhatikan point-point berikut ini.

1. Menulis di Kertas Folio Bergaris

Yang pertama adalah sangat disarankan buat kita untuk membuat lamaran kerja yang ditulis di dalam di kertas folio bergaris.

Hal ini karena kertas folio bergaris akan memudahkan kita dalam menulis lamaran kerja serta membuat tulisan kita menjadi lebih rapi.

2. Menulis yang Rapi

Hal yang penting selanjutnya dalam membuat lamaran kerja tulisan tangan adalah ditulis dengan serapi mungkin.

Akan lebih baik lagi jika surat lamaran ditulis dengan  menggunakan huruf tegak bersambung. Tujuan menulis surat lamaran secara rapi adalah agar perekrut lebih mudah untuk membaca tulisan kita.

3. Menghindari Correction Pen

Selanjutnya jika kita melakukan kesalahan menulis atau typo, maka sebaiknya kita mengganti tulisan seluruhnya dengan cara mengambil kertas folio baru dan menulis ulang surat lamaran yang kita buat. 

Hal ini karena surat lamaran  yang terdapat coretan atau correction pen akan terlihat tidak rapi dan kurang nyaman ketika di baca oleh orang lain.

4. Menulis dengan Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.

Seperti yang sudah diketahui bersama jika surat lamaran kerja merupakan surat formal, maka kita juga harus menulisnya dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar serta tidak bertele-tele.

Bagaimana contoh surat lamaran kerja simple tulisan tangan di atas? Tidak sulit bukan cara membuatnya

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT

Buat kita yang berniat kerja di PT dan kebetulan menemukan PT yang cocok dengan kemampuan kita, jangan tunggu lama-lama, langsung saja buat surat lamaran kerjanya.

Buat yang masih bingung cara membuatnya, di bawah ini terdapat contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan yang bisa kita tirukan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT
Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT

 

Jakarta, 10 September 2020

Kepada Yth

HRD Manager PT Nusa Bangsa 

Jl. Banggar no 4 Semarang

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari Instagram Info Loker Updates pada tanggal 9 September 2020 bahwa PT Nusa Bangsa membuka beberapa lowongan pekerjaan.

Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Sales Take Over (TO) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri saya:

Nama: Teguh Prayoga

Tempat/tgl lahir: Salatiga, 17 Maret 1993

Jenis kelamin: Laki laki

Pendidikan terakhir: S1 Manajemen Pemasaran

Alamat: Jl Pasar Sapi no 25 Salatiga

Telepon/HP: 085-225-112-005

Kondisi saya saat ini dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga sudah memiliki pengalaman selama 1 tahun di dalam bidang tersebut.

Selain itu juga saya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Guna melengkapi syarat-syarat lamaran pekerjaan dan supaya menjadi pertimbangan, berikut saya lampirkan data diri sebagai berikut:

1. Foto ukuran 3 x 4

2. Fotokopi KTP

3. Daftar Riwayat Hidup

4. Fotokopi Ijazah terakhir

5. Fotokopi SKCK

6. Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk dipanggil Bapak / Ibu guna wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara detail kepada Bapak / Ibu mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Teguh Prayoga

Di dalam membuat lamaran kerja di PT, kita dapat membuatnya menjadi lebih unik seperti contoh di atas. Hal ini bertujuan agar surat lamaran kita memiliki nilai lebih di mata HRD.

Dengan tampilan surat yang tidak monoton dan terkesan kreatif, bukan tidak mungkin pihak HRD akan melirik  lamaran kerja kita.

Nah itu tadi contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan yang bisa menjadi referensi buat kita. Atau mungkin kalian ingin bekerja di tempat lainnya?

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Buat kita yang memang berkeinginan menjadi guru dan kebetulan menemukan sekolahan yang membuka lowongan pekerjaan dengan jurusan kita, sebaiknya langsung saja buat surat lamaran pekerjaan guru saja. 

Nah buat yang masih agak kebingungan bagaimana contoh membuat surat lamaran kerja guru, yuk simak di bawah ini.  

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru
Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Untuk melamar menjadi guru, kita bisa membuat surat lamaran dengan bentuk yang seperti biasa ataupun dengan contoh surat lamaran kerja guru di atas.

Dengan bentuk surat yang santai tetapi juga unik akan membuat lamaran kerja kita menjadi lebih berpeluang untuk diterima. Jangan lupakan juga untuk melampirkan bakat yang dimiliki selain mengajar.

Hal ini karena di dalam pekerjaan sebagai guru yang tugas utamanya adalah sebagai pendidik, juga dituntut untuk memiliki bakat atau keterampilan lain yang mendukung pekerjaan itu. Seperti kemampuan IT yang mumpuni atau yang lainnya.

Maka dari itu jangan segan-segan untuk menyebutkan skil di dalam surat lamaran tersebut.

kita bisa meniru dan mengunduh contoh lamaran kerja guru yang sudah bosmeal sediakan sebagai tambahan referensi ketika kita melamar kerja baik untuk menjadi guru maupun yang lainnya.

Buat  yang pengen mendaftar guru di SD, SMP atau yang lainnya tinggal mengganti saja contoh surat lamaran kerja guru di atas.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Indomarco

Buat yang berkeinginan untuk bekerja di Indomarco prismatama, kita sebaiknya harus mencari informasi terlebih dahulu. Apalagi jika kita berkeinginan menjadi supervisor trainee program.

Ini karena posisi supervisor trainee program Indomarco atau indomaret memiliki tanggung jawab yang cukup berat. 

Pada posisi ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan pelatihan pada calon staff baru yang akan bekerja di indomaret dan melatihnya selama 3 bulan atau lebih.

Buat yang berminat untuk melamar di indomarco, kita bisa melihat contoh surat lamaran kerja indomarco di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomarco
Contoh Surat Lamaran Kerja Indomarco

Agarkita bisa sedikit lebih unggul di dalam melamar kerja di indomaret, maka kita perlu membuat surat lamaran yang terlihat unik. Persaingan yang cukup besar membuat kita perlu kreatif di dalam membuat lamaran.

Apalagi jika yang dibutuhkan adalah supervisor trainee program, maka kita perlu membuat surat lamaran kerja yang menarik seperti contoh diatas.

Kemudian yang perlu kita perhatikan adalah ketika kita dipanggil untuk interview ata wawancara, maka kita perlu berpenampilan yang rapi dan sopan. Hal ini karena tidak bisa dipungkiri jika penampilan orang akan memberi kesan dengan HRD.

Selanjutnya ketika inverview, jangan lupa untuk membawa berkas lamaran sesuai dengan persyaratan, seperti: 

1. Curriculum Vitae (CV).

2. Fotocopy Ijazah Terakhir

3. Fotocopy Transkrip Nilai.

4. Fotocopy SKCK.

5. Fotocopy KTP.

6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

7. Pas Foto 4×6 2 lembar.

8. Surat keterangan pengalaman kerja, dsb.

Nah itu tadi contoh surat lamaran kerja indomarco prismatama atau yang bisa kita kenal dengan indomaret.

Contoh surat lamaran kerja indomaret di atas bukan hanya untuk supervisor trainee program, tetapi juga bisa buat kasir, kepala toko, pramuniaga atau yang lainnya.

6. Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Bagi yang mempunyai keinginan untuk memasukkan lamaran pekerjaan di pabrik, kita perlu melamar pekerjaan terlebih dahulu.

Selain itu juga kita perlu mengetahui syarat-syarat serta kualifikasi yang digunakan oleh pabrik tersebut.

Nah jika kita sudah masuk ke dalam kriteria tetapi masih kebingungan membuat surat lamarannya, dibawah ini terdapat contoh surat lamaran kerja di pabrik garmen yang bisa kita tirukan.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Perihal: Lamaran Pekerjaan                                                         Kudus, 23 April 2019

Lampiran  : 6 Lembar

Kepada :

Yth. Staff Personalia PT Citra Mulia

Jalan Blora Purwodadi no 18 A Grobogan

di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat lamaran ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di PT Citra Mulia pada posisi operator sewing.

Adapun data diri singkat saya adalah sebagai berikut:

Nama                             : Nurisma Rahma

Tempat, Tanggal Lahir   : Pati, 27 Januari 1998

Umur                             : 21 tahun

Pendidikan Terakhir      : SMK – Tata Busana

No. Telepon                  : 089-999-131-97923

Alamat Rumah              : Jln. Citra Arum Blok A No. 55 Pati

Pada saat ini saya dalam keadaan sehat dan juga sudah memiliki pengalaman kerja pada bagian yang sama selama 1,5 tahun.

Selain itu juga saya tidak pernah terlibat dengan kasus hukum apapun. Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae

2. Fotocopy Ijazah SMK

3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

4. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

5. Fotocopy Surat Pengalaman Kerja di Pabrik Garment

6. Pas Photo 3×4 – 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar diikutsertakan dalam tahapan proses seleksi lanjutan. 

Jika ada tutur kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya

Nurisma Rahma

Nah itu tadi contoh surat lamaran kerja dipabrik yang bisa dijadikan acuan. Bagaimana, mudah bukan?

7. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Di Indonesia sendiri memiliki banyak Bank, bukan hanya Bank BRI semata, tetapi juga ada Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank lainnya.

Dari berbagai bank tersebut akan selalu membuka kesempatan penerimaan pegawai baru setiap tahunnya. 

Nah jika kita tertarik untuk mendaftar pada salah satu bank di atas, tetapi masih kebingungan bagaimana contoh membuat surat lamaran keja di Bank, berikut ini contoh surat lamaran kerja di Bank Mandiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank
Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Contoh di atas merupakan contoh surat lamaran kerja di Bank Mandiri. Dalam melamar pekerjaan di bank, posisis yang kita lamar akan mendapatkan persaingan yang ketat. Dibutuhkan trik dan ide yang mapan dalam mempersiapkan lamaran pekerjaan di Bank.

Adapun salah satunya dengan membuat surat lamaran kerja di Bank menjadi unik dan menarik. Disamping itu juga surat yang dibuat harus sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan atau EYD.

Kemudian kita juga wajib menyertakan dokumen-dokumen yang sudah disebutkan di dalam lowongan. Selain itu juga kita dapat menyertakan dokumen pendukung yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan di Bank.

Adapun dokumen yang dibutuhkan dalam surat lamaran kerja di bank pada umumnya adalah:

1. Pas foto ukuran 4 x 6 cm (pose setengah badan dan full body)

2. Fotocopy Ijazah terakhir

3. Fotocopy KTP

4. Fotocopy Transkip Nilai

5. Daftar Riwayat Hidup

6. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

7. Fotocopy Kartu Pencari Kerja (AK/I)

Buat kita yang memiliki niatan untuk mendaftar di Bank Mandiri, Bank BCA maupun Bank lainnya. Sebisa mungkin kita juga memberikan informasi mengenai personality/keadaan fisik yang bisa menunjang supaya menambah kesempatan diterima.

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Buat lulusan tenaga medis, baik itu dokter, perawat, farmasi maupun yang lainnya dan memiliki keinginan untuk mengabdikan diri di instansi rumah sakit. Maka kita pun harus membuat surat lamaran kerja di Rumah Sakit.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit
Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Malang, 24 Mei 2020

Kepada Yth.

Bpk./Ibu Pimpinan Rumah Sakit Dr. Syaiful Anwar 

Malang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Anung Fitriana

Alamat: Jl. Raya Kambingan, Kambingan, Kec. Tumpang, Malang

Tempat dan Tgl Lahir: Malang, 21 Juli 1996

Pendidikan Terakhir: S1 Jurusan Keperawatan

HP: 087582799241

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai perawat di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya sendiri sudah pernah merasakan sedikit pengalaman menjadi perawat di salah satu klinik di Surabaya ketika mengenyam pendidikan S1 keperawatan di Surabaya.

Besar harapan saya untuk bisa diterima di Rumah Sakit yang bapak/ibu pimpin dan saya siap untuk memberikan kompetensi tenaga dan waktu saya apabila dibutuhkan. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae

2. Foto copy ijazah terakhir yang dilegalisir

3. Foto copy Transkip Nilai yang dilegalisir

4. Foto copy Kartu Kuning

5. Foto copy KTP

6. Foto copy Kartu Keluarga

7. Surat pengalaman Kerja

8. Pas foto berwarna 4 x 6 terbaru 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

 

ttd

 

Anung Fitriana

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Buat kita yang melamar kerja via email, kita harus tetap memperhatikan tata krama dan cara yang benar.

Di dalam contoh surat lamaran kerja lewat email, kita harus membuatnya semenarik mungkin pihak HRD yang membaca email kita menjadi tertarik. Sehingga kemudian kita dipanggil untuk interview atau wawancara.

Nah agar email lamaran kerja kita menjadi menarik, berikut ini contoh surat lamaran kerja via email yang bisa dijadikan referensi

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email
Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

To              : [email protected]

Cc              : [email protected]

Subject    : Staff Administrasi

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang ada di Instagram portal Info loker dan juga dari PT Surya Pro sedang membutuhkan Staff Administrasi.

Maka dari itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Umi Yuliana

Alamat         : Jl Mekarsari no 17 Semarang

TTL              : Demak, 17 Februari 1995

Pendidikan   : S1 Administrasi Perkantoran UNDIP

Bermaksud untuk mengisi posisi pada lowongan pekerjaan tersebut

Saya juga melampirkan data pendukung sebagai bahan pertimbangan:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Scan Ijazah Terakhir

4. Scan Surat Keterangan Dokter

5. Pas Photo format .jpg (1 file)

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya kepada Bapak / Ibu pimpinan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian bapak/ibu saya haturkan banyak terima kasih

Hormat saya,

 

Umi Yuliana

Oh iya, karena ini merupakan contoh surat lamaran kerja lewat email, maka ada baiknya kita menyimak tips di bawah ini,

Tips Melamar Kerja Via Email

Buat kita yang melamar kerja melalui email sebaiknya perhatikan deh cara melamar kerja melalui email berikut ini.

1. Pertama kita scan atau foto semua dokumen pendukung, seperti KTP, KK, PAKLARING, CV DLL kemudian save dan jadikan satu. Jangan lupa untuk diberikan nama yang sesuai dengan isinya.

2. Setelah itu, ketika akan mengirimkan email, pastikan email kita menggunakan nama yang familiar, bukan yang alay seperti [email protected]

3. Tahap selanjutnya ketika menuliskan nama perusahaan atau tempat kerja yang kita tuju, untuk menulisnya secara lengkap baik angka, huruf besar atau kecil. 

Jika ada kesalahan titik, koma atau huruf besar kecil maka email kita tidak akan bisa masuk.

4. Tahap selanjutnya untuk subjeknya, kita harus menuliskan posisi atau bagian atau posisi yang akan kita lamar, seperti waitress, OB, dan lain sebagainya.

5. Setelah itu kita buat kata pembuka untuk lamaran email seperti contoh surat lamaran kerja via email Dear mr/mrs atau bisa juga Kepada yth Bapak/Ibu hrd di tempat. Kemudian tuliskan lamaran seperti biasa.

6. Terakhir setelah lamaran selesai kita tulis, jangan lupa untuk melampirkan file-file pendukung yang sudah kita scan atau foto tadi. Untuk ukuran filenya maksimal 2 Mb saja.

Nah agar ukuran file bisa menjadi 2 Mb tanpa meninggalkan kualitas gambarnya, kita bisa merubah file lampiran menjadi format Pdf terlebih dahulu. Kemudian masukkan dalam handphone lalu screenshot file agar lebih mudah. 

Mudah bukan caranya.

Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan yakin jika lamaran kita akan diterima.

Lalu akankah email yang sudah kita buat akan dibalas oleh HRD atau pihak perusahaan? Jika kita mengikuti panduan diatas, maka email yang kita kirimkan akan lebih banyak diterima dan dibalas daripada tidak. 

Selanjutnya mengutip dari portalinfoloker sendiri ada beberapa alasan mengapa contoh surat lamaran kerja via email tidak mendapatkan balasan, diantaranya

1. Bahasa atau kata-kata yang kita gunakan tidak sopan atau menggunakan susunan kata yang salah.

2. Bahasa penulisan email tidak boleh disingkat dan tidak boleh juga terselip bahasa gaul.

3. Menggunakan bahasa sesuai dengan lowongan kerja yang ada. Jika lowongan kerja atau loker menggunakan bahasa Inggris, maka bahasa penulisan email kita juga menggunakan bahasa Inggris. Begitu juga bahasa Indonesia.

4. Email kurang teliti.

5. File dokumen yang dilampirkan kurang.

6. Membuat CV yang kurang menarik

7. Salah penulisan nama perusahaan, baik itu angka, huruf besar dan kecil serta titik koma.

8. Pengiriman email yang berulang-ulang. Lebih baik lagi jika kita mengirim email saat jam kerja.

9. Subjek/posisi yang dilamar tidak ditulis

10. Tidak menggunakan email nama asli atau nama lengkap seperti [email protected]

Nah itu tadi tips contoh surat lamaran kerja email yang bisa kita jadikan referensi.

Selanjutnya jika kita mendapatkan panggilan interview atau wawancara kemudian sedang menunggu kabar diterima tidaknya, kita jangan menelpon HRD nya ya.

Ini karena kita harus menghargai orang lain, kalau memang diterima ya pastinya kita akan dikabari oleh pihak perusahaan. Jika lebih dari 2 minggu belum ada kabar, kebanyakan memang kita tidak diterima di perusahaan tersebut.

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Semakin lama, perusahaan Asing semakin banyak berdiri di Indonesia. Hal ini tidak menuntut kita untuk turut serta dan mampu menguasai bahasa Asing, terutama Inggris ke depannya.

Nah buat yang berminat untuk bekerja di perusahaan yang berbasiskan bahasa asing, kita perlu membuat contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris yang bisa diunduh secara gratis di sini.

Subject: Application for Employment

Dear.

Mr./ Mrs. Leader

PT Cakra Wicaksana

Street Kali Stone No. 66

Bandung

Sincerely,

Based on job vacancy information from Instagram locker info Bandung on May 5, 2020, I hereby intend to submit a job application as a content creator at PT Cakra Wicaksana.

I am a male, 25 years old, graduated from S1 Indonesian Literature, Gadjah Mada University in 2020 with a GPA of 3.7.

Here is my personal data:

Name: Ahmad Syaifullah

Place / date of birth: Bandung, October 8, 1995

Last Education: S1

Address: Street Pasirkaliki. 78a

Phone (HP): 08566655544

Status: Not married

My current condition is physically and mentally healthy, plus I am also active in organizations and have sufficient English skills. I am also ready to work independently and also in a team.

The following documents are required for consideration:

1. List of CVs

2. Legalized copy of S1 diploma

3. Photocopy of grade transcripts

4. Photocopy of course and training certificates

5. Recent photograph

6. Photocopy of SKCK

7. Finally I made this job application letter in truth.

I really hope to get the opportunity to interview the leaders, so that I can explain in more detail about my potential and abilities for the company that you lead.

Thank you for your attention.

Best regards

 

(Ahmad Syaifullah)

Itu tadi berbagai macam bentuk surat lamaran kerja. Dari isinya sebenarnya sama semua, termasuk juga contoh surat lamaran kerja bahasa inggris fresh graduate atau yang lainnya. Hanya saja terkadang antara satu orang dengan yang lainnya memiliki gaya bahasa yang berbeda.

Jika diantara kita ada yang mencari contoh surat lamaran kerja pdf bisa diunduh di sini. Atau mungkin ada uang lebih suka dengan contoh surat lamaran kerja word ?

Buat yang mencari contoh surat lamaran kerja doc bisa di unduh di sini. Jika diantara teman-teman masih ada yang kebingungan, silahkan saja tanyakan langsung di kolom komentar. Semoga bermanfaat teman-teman.

Leave a Reply