Makanan Khas Sumatera Barat Rendang Sapi

Makanan Khas Sumatera Barat

Nama makanan khas Sumatera Barat selain rendang dan yang terkenal sangat enak. Hmm, ada banyak juga lho.

Sebenarnya tidak hanya masakan, tapi rumah adat dan pakaian adat Minangkabau juga yang terkenal. Hanya saja, kali ini kita bahas yang mana sebagian dari temen-temen mungkin belum banyak yang tau.

Iya, langsung saja. Beberapa rekomendasi daftar nama makanan khas Sumatera Barat yang terkenal sangat enak beserta gambar dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

Kacimuih

Makanan Khas Sumatera Barat Kacimuih

Kacimuih adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang sudah menjadi legenda. Makanan khas yang satu ini bisa dikatakan sebagai sajian sangat sederhana dengan bahan dasar singkong. Meskipun demikian, rasa dari Kacimuih ini sangat nikmat dan cenderung gurih.

Dalam pembuatannya, singkong yang menjadi bahan dasar pembuatan Kacimuih akan dicampur dengan gula merah dan juga parutan kelapa.

Kemudian, singkong tersebut akan diselimuti dengan campuran kelapa serta gula tadi. Biasanya, Kacimuih dijadikan camilan yang dipadukan dengan segelas teh manis ataupun kopi.

Gajeboh

Makanan Khas Sumatera Barat Gajeboh

Pilihan makanan khas Sumatera Barat lain adalah Gajeboh. Nama makanan khas ini memang cenderung unik. Namun, saat Kamu menemukannya, tentu saja Kamu pasti akan terkesan dan sangat menikmati rasa dari olahan yang satu ini.

Gajeboh sebenarnya adalah gulai yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi. Uniknya, daging sapi yang digunakan adalah bagian punuk.

Perlu diketahui bahwa bagian punuk sapi adalah bagian yang memiliki lemak cukup banyak sehingga rasa gulai khas ini cenderung lebih gurih. Nah, Gajeboh dilengkapi dengan kuah gulai yang tak kalah unik pula.

Kuah Gajeboh dibuat dengan asam tanpa menggunakan santan. Dengan demikian, kuah Gajeboh bisa dikatakan cenderung lebih bening.

Asem Pandeh Daging

Makanan Khas Sumatera Barat Asem Pandeh Daging

Jika Kamu menyukai olahan daging, maka Asem Pandeh Daging adalah makanan khas Sumatera Barat yang harus Kamu coba. Ya, ini adakah makanan yang sangat unik di Sumatera Barat.

Makanan ini awalnya dibuat dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar. Hanya saja, saat ini ada cukup warung makan yang mencoba membuat sajian ini dengan daging ikan dan ayam.

Seperti namanya, Asem Pandeh Daging menawarkan olahan khas dengan rasa yang asam bercampur dengan pedas.

Jika masakan ini dibuat dengan bahan dasar daging sapi, maka secara umum, tampilan menu ini mirip dengan rendang. Hanya saja, Asem Pandeh Daging akan diberi tambahan tomat untuk menambah cita rasanya.

Lompong Sagu

Makanan Khas Sumatera Barat Lompong Sagu

Lompong Sagu adalah salah satu kue khas yang ada di Sumatera Barat. Kue ini termasuk yang kini sudah cukup langka dan hanya ditemukan di beberapa tempat saja. Seperti namanya, Lompong Sagu dibuat dengan bahan dasar tepung sagu.

Selain itu, ada tambahan bahan lain berupa parutan kelapa, santan, gula merah dan pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang raja atau pisang kepok.

Beragam bahan tersebut akan dihaluskan dan dicampur hingga merata. Adonan Lompong Sagu selanjutnya akan dipanggang.

Adonan yang dipanggang memiliki cita rasa yang nikmat. Ditambah parutan kelapa di bagian atasnya, Lompong Sagu juga terasa begitu gurih.

Sate Padang

Makanan Khas Sumatera Barat Sate Padang

Pergi ke Sumatera Barat tidak lengkap rasanya tanpa mencoba sate Padang. Ya, sate Padang menjadi makanan khas Sumatera Barat yang sangat diburu karena kelezatan rasanya. Sate ini dibuat dengan bahan dasar daging sapi.

Bahkan, ada bagian lidah sapi yang digunakan. Juga, beberapa bagian sapi seperti jeroan pun ditambahkan.

Apa yang menarik dari sate Padang adalah bumbu kental yang ditambahkan. Bumbu ini dibuat dengan aneka rempah yang sangat banyak. Kemudian, saat dimasak, bumbu tersebut ditambahkan tepung beras hingga hasilnya lebih kental.

Sate Padang cukup banyak dijajakan di pinggir jalan. Dalam penyajiannya, makanan khas Sumatera Barat ini sering disajikan bersama dengan ketupat.

Sate Lokan

Makanan Khas Sumatera Barat Sate Lokan

Selain sate Padang, ada menu sate lain yang sangat cocok untuk dicoba, namanya adalah Sate Lokan. Nah, pernahkah Kamu mendengar nama sajian kuliner yang satu ini?

Sate Lokan adalah makanan khas Sumatera Barat yang dibuat dengan bahan dasar kerang hijau. Nah, setelah dimasak, warna hijau pada kerang tersebut akan berubah menjadi orange.

Dalam pembuatannya, keran akan direbus dengan campuran bumbu rempah yang sangat banyak hingga matang. Setelah itu, daging kerang akan dikeluarkan dan ditusuk. Daging-daging yang sudah ditusuk tadi kemudian akan dibakar hingga matang.

Nah, sate kerang akan disajikan dengan kuah kental dan tambahan bawang goreng yang lezat.

Rendang Sapi

Makanan Khas Sumatera Barat Rendang Sapi

Tidak dimungkiri bahwa rendang sapi adalah nama makanan khas Sumatera Barat yang terkenal sangat enak hingga level dunia. Rendang dianggap sebagai salah satu makanan paling lezat dan menggugah selera.

Oleh karena itu, saat berkunjung ke Sumatera Barat, terutama Padang, jangan melewatkan untuk mencicipi makanan khas yang satu ini.

Makanan ini umumnya dibuat dengan bahan dasar daging sapi. Hal ini dikarenakan daging sapi memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah hancur saat proses pembuatan rendang yang terbilang lama. Namun, beberapa kalangan juga menggunakan daging kerbau sebagai bahan dasar.

Rendang dimasak dengan aneka rempah yang sangat kaya dalam proses yang cukup lama. Tidak hanya waktu yang lama, ada proses yang cukup rumit dan membutuhkan teknik tersendiri untuk dilakukan.

Proses yang tidak mudah ini nantinya akan menghasilkan rendang yang sangat enak untuk disantap dengan nasi putih hangat.

Rendang Paru

Makanan Khas Sumatera Barat Rendang Paru

Masih tentang rendang, selain rendang daging yang sudah sangat terkenal, Rendang Paru juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang tentu tidak boleh dilewatkan. Seperti namanya, rendang ini dibuat dengan bahan dasar paru sapi.

Untuk Kamu yang suka dengan olahan jeroan, maka menu yang satu ini sangat menarik untuk dicoba.

Rendang Paru memiliki karakteristik yang cenderung lebih lunak dan basah dibandingkan dengan rendang daging. Namun, secara umum, proses pembuatan Rendang Paru tidak berbeda begitu jauh dari rendang daging.

Hanya saja, takaran santan yang digunakan untuk membuat Rendang Paru lebih banyak 1,5 kali dibandingkan dengan rendang daging.

Galamai

Makanan Khas Sumatera Barat Galamai

Makanan khas Sumatera Barat lain yang cocok untuk disantap di waktu luang adalah Galamai. Sekilas, Galamai mirip dengan dodol yang ada di Jawa Barat.

Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat Galamai juga mirip dengan dodol, seperti tepung beras ketan, gula aren, santan dan kacang tanah. Hanya kacang tanah saja yang menjadi ciri khas Galamai yang berbeda dari dodol.

Untuk pembuatannya, Galamai dibuat dengan waktu yang cukup lama sekitar 4 jam. Setelah adonan yang dimasak tersebut matang, maka Galamai akan dipotong dengan ukuran kecil-kecil sesuai keinginan.

Bareh Randang

Makanan Khas Sumatera Barat Bareh Randang

Bareh Randang juga termasuk salah satu makanan khas Sumatera Barat yang sangat menarik untuk dicoba. Makanan khas ini memiliki rasa gurih dan manis yang sangat menarik.

Bareh Randang dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang dimasak dengan cara sangrai dan dicampur dengan santan dan cairan gula.

Proses dan cara membuatnya tersebut dilakukan agar dapat menghasilkan Bareh Randang dengan permukaan luar yang kasar namun bagian dalam yang cenderung lunak.

Nah, Bareh Randang dipotong dengan bentuk lingkaran dan persegi sesuai keinginan. Seringkali, Bareh Randang menjadi salah satu panganan yang dibuat khusus untuk penyelenggaraan acara adat di Sumatera Barat.

Sala Lauak

Makanan Khas Sumatera Barat Sala Lauak

Sala Lauak adalah makanan khas Sumatera Barat yang berasal dari daerah pesisir. Makanan unik ini dibuat dengan bahan dasar ikan sungai yang banyak terdapat di Sumatera Barat.

Nah, ikan yang sudah dibersihkan tersebut nantinya akan digiling hingga lembut dan dicampur dengan menggunakan tepung.

Campuran daging ikan dan tepung serta bumbu tadi kemudian akan dibentuk dengan bentuk bulatan atau lingkaran. Kemudian, adonan Sala Lauak akan digoreng hingga matang. Rasa Sala Lauak begitu gurih dan renyah.

Tidak hanya itu, karena dibuat dengan bahan dasar ikan, kandungan gizi pada makanan ini pun cukup banyak.

Nasi Sala

Makanan Khas Sumatera Barat Nasi Sala

Jika Kamu sedang berada di daerah Pariaman, maka Kamu harus mencoba menu yang satu ini. Nasi Sala adalah makanan khas Pariaman yang sangat menarik.

Secara umum, menu ini adalah nasi yang dipadukan dengan ikan goreng. Meskipun sederhana, ada keunikan dari menu yang satu ini.

Ikan yang digunakan untuk menu ini adalah ikan gembung yang cukup langka di daerah lainnya. Ikan gembung tersebut akan dibersihkan dan diberikan beberapa bumbu sebelum digoreng hingga kering.

Hal menarik lain dari menu Nasi Sala ini adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang seukuran genggaman orang dewasa.

Dalam penyajiannya, nasi tersebut akan disajikan dengan ikan gembung dan juga sambal pedas dan daun ketela rebus.

Lamang Tapai

Makanan Khas Sumatera Barat Lamang Tapai

Lamang Tapai adalah sejenis jajanan pasar yang menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang sangat digemari.

Makanan lamang tapai ini berasal dari Minangkabau dan sering menjadi makanan yang disajikan untuk acara-acara budaya tertentu.

Ada keunikan mengenai cara memasak Lamang Tapai ini. Ketan hitam menjadi bahan utama untuk membuat menu ini.

Nah, ketan hitam akan dikukus dan kemudian difermentasikan. Apa yang menarik dari proses fermentasi ini adalah penggunaan bambu sebagai media.

Jadi, ketan hitam akan dibungkus memanjang dengan daun pisang. Setelah ditambahkan obat fermentasi, adonan tape tersebut akan dimasukkan ke dalam lubang bambu hingga proses fermentasi terjadi.

Lamang Katan

Makanan Khas Sumatera Barat Lamang Katan

Lamang Katan memang memiliki kemiripan dengan menu yang dibahas sebelumnya. Hanya saja, untuk menu Lamang Katan, tidak ada proses fermentasi yang dilakukan.

Nah, Lamang Katan dibuat dengan bahan dasar ketan hitam dan diproses layaknya akan membuat lemang pada umumnya, yaitu menggunakan media bambu sebagai bagian pembuatan.

Nah, apa yang menarik dari menu Lamang Katan ini adakah tambahan bahannya, Jadi, saat ketan dibungkus akan ditambahkan beberapa bahan perasa. Ada rasa manis, asin dan asam yang tersedia dalam menu ini.

Bahkan, ada beberapa kalangan yang menambahkan selai di tengah Lamang Katan untuk mendapatkan rasa manis yang cenderung unik.

Karupuak Sanjai

Makanan Khas Sumatera Barat Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai merupakan makanan khas Sumatera Barat berupa kerupuk. Kerupuk khas ini berasal dari daerah Bukittinggi dan sudah terkenal sebagai panganan yang nikmat.

Meskipun dinamakan kerupuk, namun olahan ini dibuat dari bahan dasar singkong sehingga cenderung lebih cocok untuk disebut keripik.

Nah, menu Karupuak Sanjai hadir di pasaran dengan aneka rasa yang berbeda. Beberapa rasa seperti original, balado ataupun asin tersedia untuk Kamu pilih.

Nah, Karupuak Sanjai adalah jajanan yang merakyat yang bisa didapatkan dengan harga yang begitu terjangkau.

Bubur Kampiun

Makanan Khas Sumatera Barat Bubur Kampiun

Suka dengan olahan bubur? Nah, saat berada di Sumatera Barat, cobalah mencari Bubur Kampiun.

Ya, Bubur Kampiun adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang begitu nikmat dan menjadi buruan. Pasalnya, bubur ini unik dengan campuran aneka bubur menjadi satu.

Dalam satu mangkuk Bubur Kampiun terdapat aneka campuran, seperti kukusan ketan putih, bubur ketan hitam, bubur ketan putih, bubur kacang hijau, ubi dan kolak pisang.

Aneka bahan yang dicampur ini akan menghasilkan cita rasa Bubur Kampiun yang nikmat, manis namun tidak enek.

Biasanya, menu ini lebih banyak tersedia saat bulan puasa sebagai pilihan menu berbuka yang tepat. Namun, saat ini, di luar bulan puasa pun Bubur Kampiun cukup banyak tersedia di Sumatera Barat.

Martabak Kubang

Makanan Khas Sumatera Barat Martabak Kubang

Suka dengan menu martabak? Sumatera Barat memiliki Martabak Kubang yang wajib untuk Kamu coba.

Martabak memang menjadi panganan favorite dengan rasa yang nikmat, terutama untuk disantap di malam hari. Nah, lantas, apa keunikan dari Martabak Kubang yang menjadi makanan khas Sumatera Barat ini?

Secara umum, Martabak Kubang sama dengan martabak gurih lainnya di mana dibuat dengan kulit tepung dengan isian daging sapi dan juga daun bawang. Hanya saja, ada keunikan tersendiri dari Martabak Kubang ini terutama dalam penyajian.

Martabak Kubang dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga 1 martabak bisa untuk 1 orang. Selain itu, martabak yang sudah matang akan ditambahkan dengan kuah asam pedas dengan jumlah yang cukup banyak.

Mungkin, inilah inspirasi dari nama Martabak Kubang yang seolah memiliki kubangan dari kuah yang ditambahkan.

Dari beberapa poin di atas bisa dilihat jika bukan hanya rendang dan makanan Padang yang menjadi sajian kuliner khas di Sumatera Barat.

Beragam kuliner dengan bahan yang berbeda tersedia dengan rasa yang begitu nikmat. Cobalah beberapa kuliner Sumatera Barat sebagai bagian kekayaan Indonesia!

Leave a Reply