Makanan Khas Pontianak Chai Kwe

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak – Pontianak menjadi salah satu daerah di pulau Kalimantan yang sangat terkenal. Ibukota provinsi Kalimantan Barat ini memiliki bentang alam yang sangat indah dan sering menjadi destinasi wisata Indonesia yang sangat ramai.

Tidak hanya itu, daya tarik lain dari daerah ini adalah makanan khas-nya. Ya, ada cukup banyak makanan khas Pontianak yang begitu menggugah selera.

Bagi teman-teman yang menyukai jelajah kuliner, Pontianak bisa dikatakan sebagai salah satu surga yang tidak boleh dilupakan.

Hampir semua menu mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam tersedia dengan keunikan tersendiri yang selain layak dicoba, juga tidak akan ditemukan di daerah lainnya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam makanan khas yang ada di Pontianak yang mungkin bisa menjadi inspirasi jelajah kuliner saat Kamu berada di Pontianak. Apa saja pilihan makanan khas yang tersedia? Simak ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Pontianak Istimewa

Pontianak menghadirkan menu makanan dengan cinta. Itulah kenapa kelezatan makanan yang disajikan tidak hanya bisa dirasakan lidah, namun juga turun ke hati.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak variasi makanan khas dari Pontianak yang memang menggoda untuk dicoba. Kamu yang suka dengan wisata kuliner pasti akan terbantu dengan banyaknya rekomendasi tersebut.

Nah, untuk membantu kamu menemukan sajian spesial khas kota ini agar tidak bingung saat berkunjung, ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba. Adapun beberapa rekomendasi makanan khas Pontianak untuk kamu coba adalah:

  • Bubur Pedas Khas Pontianak
  • Chai Kwe
  • Pengkang
  • Bubur Ikan
  • Bakmi Kepiting
  • Sotong Pangkong
  • Burung Punai
  • Sagu Gunting
  • Es Krim Petrus
  • Lek Tau Suan
  • Mie Tiaw
  • Cokelat Wijen
  • Kembang Tahu.

Tentu, masih ada banyak pilihan sajian khas lain selain beberapa rekomendasi dalam poin tersebut. Namun, tentu kamu tidak boleh melupakan untuk menyantap pilihan dalam list di atas. Untuk penjelasannya, cek ulasan di bawah!

1. Bubur Pedas Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak Bubur Pedas Khas Pontianak

 

Suka dengan menu bubur saat sarapan di pagi hari? Nah, Pontianak memiliki menu bubur pedas yang begitu istimewa. Berbeda dengan bubur ayam yang sudah sangat mainstream, bubur pedas menawarkan cita rasa yang unik di lidah.

Seperti namanya, rasa pedas menjadi hal yang paling dominan dalam menu yang satu ini. Selain itu, apa yang menarik dari bubur pedas khas Pontianak adalah rasa rempah yang begitu terasa dan campuran kacang serta teri goreng sebagai topping di atas bubur.

Makanan yang masuk dalam opsi makanan tradisional ini sangat cocok untuk dicoba.

2. Chai Kwe

Makanan Khas Pontianak Chai Kwe

Chai Kwe adalah salah satu makanan khas Pontianak yang terpengaruh budaya Tionghoa. Ini adalah snack pagi yang bisa dijadikan opsi sarapan ketika Kamu merasa sedikit malas untuk mengkonsumsi makanan berat.

Apa yang menarik dari kue khas Tionghoa ini adalah isian yang digunakan. Ya, dalam kue yang terbuat dari adonan tepung beras ini terdapat beberapa jenis isian, seperti kucai, kacang, rebung, talas dan juga bengkuang.

Semuanya dibungkus dengan kulit tepung beras dan diberikan taburan bawang goreng yang mantap.

Kue ini disajikan dengan cara dikukus ataupun digoreng. Menikmati salah satu makanan khas Kalimantan ini dengan teh hangat di pagi hari tentu sangat nikmat!

3. Pengkang

Makanan Khas Pontianak Pengkang

Pontianak adalah kawasan yang cenderung dekat dengan pantai. Lokasinya yang berada di pesisir turut menghadirkan menu makanan khas ala pesisir yang sangat menarik. Salah satu makanan khas Pontianak ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang di dalamnya diberikan campuran ebi.

Setelahnya, bahan tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dibakar. Sekilas, tampilan menu khas Pontianak ini seperti nasi bakar dan sangat cocok untuk sarapan.

Tidak hanya itu, Pengkang memiliki rasa gurih yang istimewa dan biasanya disajikan dengan tambahan sambal kerang yang nikmat.

4. Bubur Ikan

Makanan Khas Pontianak Bubur Ikan

Selain bubur pedas yang telah dibahas di awal, Pontianak juga memiliki menu sarapan bubur lain yang patut dicoba, yaitu bubur ikan. Menu ini sangat menarik dengan rasa yang begitu gurih dan khas.

Apa yang menarik dari bubur khas Pontianak ini adalah adanya potongan ikan laut atau ikan sungai yang menjadi pelengkap. Tidak hanya itu, bubur ikan biasanya juga disajikan dengan tambahan sayuran dan telur ayam di dalamnya.

5. Bakmi Kepiting

Makanan Khas Pontianak Bakmi Kepiting

Apakah Kamu suka dengan olahan mi? Bisa dikatakan mi menjadi hidangan alternative nasi yang sangat menarik. Nah, di Pontianak, Kamu bisa menemukan salah satu menu khas yang sangat menarik, yaitu bakmi kepiting.

Dari namanya saja Kamu tentu sudah bisa menebak bagaimana detail menu yang satu ini.

Bakmi kepiting adalah menu olahan bakmi yang sangat lezat. Secara umum, tampilan menu ini mungkin bisa disejajarkan dengan mi ayam. Namun, apa yang membedakannya adalah topping yang digunakan.

Ada beberapa topping seperti kepiting asli, fish cake, bakso ikan dan juga pangsit goreng. Topping inilah yang membuat bakmi kepiting memiliki cita rasa yang sangat istimewa.

6. Sotong Pangkong

Makanan Khas Pontianak Sotong Pangkong

Sotong pangkong adalah makanan unik dari Pontianak yang sangat cocok untuk dicoba saat berkunjung ke kawasan Kalimantan ini. Tentu, Kamu sudah tahu sotong, bukan?

Memang, sotong adalah salah satu bahan pangan yang sudah sangat familiar. Namun, makanan khas Pontianak ini menawarkan cara memasak sotong yang bisa dikatakan unik.

Nah, menu satu ini dibuat dengan bahan dasar cumi yang dipanggang. Sebelumnya, cumi atau sotong tersebut akan dijemur hingga kering, dipanggang dan dipukul hingga teksturnya berubah.

Cumi nantinya akan disajikan dengan pilihan sambal kacang atau sambal pedas manis. Menurut masyarakat, menu ini lebih cocok disantap tanpa menggunakan nasi.

7. Burung Punai

Makanan Khas Pontianak Burung Punai

Pernah mendengar tentang burung Punai? Bisa dikatakan bahwa masih banyak teman-teman yang belum kenal dengan burung yang satu ini.

Di Pontianak sendiri burung Punai adalah salah satu jenis burung dengan populasi yang sangat banyak hingga dijadikan santapan yang begitu khas dan lezat.

Jika dilihat sekilas, burung ini mirip dengan burung merpati namun memiliki bulu dengan warna yang cenderung hijau. Nah, di Pontianak, Kamu akan menemukan olahan burung Punai yang sangat terkenal.

Biasanya, menu burung punai asli makanan khas Kalimantan Utara ini akan disajikan dengan cara digoreng ataupun dibakar. Rasa gurih bercampur pedas akan menjadi menu makan siang yang sangat istimewa.

8. Sagu Gunting

Makanan Khas Pontianak Sagu Gunting

Cuaca di Pontianak cenderung panas karena dilewati garis khatulistiwa. Oleh karena itu, berburu es di kala siang menjelang adalah ide yang sangat menarik. Ada cukup banyak menu es yang terdapat di Pontianak dan bisa menjadi pilihan yang istimewa. Salah satu menu es yang tersedia adalah sagu gunting.

Seperti namanya, bahan utama dari es ini adalah sagu yang kemudian dicampur dengan santan, gula merah dan susu. Selain itu, ada tambahan ketan hitam dan kacang merah.

Kombinasi bahan menghasilkan es yang tidak hanya segar, namun juga bisa menjadi desert manis yang begitu spesial.

9. Es Krim Petrus

Makanan Khas Pontianak Es Krim Petrus

Menu es lain yang menjadi makanan khas Pontianak adalah es krim Petrus. Ya, ini adalah menu es krim unik yang wajib Kamu coba saat berada di Pontianak.

Apa yang unik dari menu es satu ini adalah penyajiannya yang menggunakan batok kelapa yang masih lengkap dengan kelapa muda-nya. Penggunaan batok kelapa ini membuat rasa es krim menjadi lebih gurih dan spesial.

Tidak hanya itu, ada beberapa rasa es krim yang tersedia seperti vanilla, stroberi, cokelat dan durian. Penasaran? Coba es yang sudah menjadi legenda ini dan rasakan kelezatan rasanya!

10. Lek Tau Suan

Makanan Khas Pontianak Lek Tau Suan

Dari namanya saja Kamu pasti tahu bahwa makanan satu ini terpengaruh oleh budaya Tionghoa. Ya, Lek Tau Suan memang menjadi salah satu makanan Tionghoa yang diadaptasi oleh masyarakat di Pontianak.

Nah, makanan ini berupa kacang kuah dengan rasa yang nikmat. Bahan dasar pembuatannya adalah kacang hijau yang dimasak dengan campuran tepung tapioka, gula pasir dan daun pandan.

Selanjutnya, di bagian atas ditambahkan topping cakwe goreng yang membuat rasa menu ini lebih nikmat. Makanan khas ini cocok untuk menghilangkan rasa dingin di malam hari.

11. Mie Tiaw

Makanan Khas Pontianak Mie Tiaw

Mie tiaw bisa dijadikan salah satu sajian makan malam yang istimewa saat di Pontianak. Salah satu makanan favorit di Banjarmasin ini dibuat dengan bahan yang cukup familiar, yaitu mi gepeng dan ditambahkan dengan aneka topping, seperti kulit, jeroan, daging sapi, daun sawi dan juga taoge.

Rasa mie tiaw yang gurih, kering dan pedas sangat menggoda selera. Selain mie tiaw dalam bentuk goreng, mie tiaw juga hadir dalam bentuk rebus yang cocok untuk menghalau udara dingin di Pontianak.

12. Cokelat Wijen

Makanan Khas Pontianak Cokelat Wijen

Perlu snack di malam hari untuk teman minum kopi? Cokelat wijen adalah salah satu opsi yang tepat untuk dipilih.

Salah satu makanan khas Pontianak ini memang menjadi salah satu snack yang sangat menarik dengan paduan rasa manis dan gurih. Jika dilihat, snack yang satu ini mirip dengan martabak manis.

13. Kembang Tahu

Makanan Khas Pontianak Kembang Tahu

Kembang tahu adalah jajanan unik yang ada di Pontianak. Panganan yang satu ini bisa dijadikan panganan alternatif untuk disantap di malam hari, terutama jika Kamu ingin mencari panganan yang menyegarkan.

Seperti namanya, panganan ini memang dibuat dengan bahan dasar tahu namun sangat halus dan lembut. Tahu yang bisa dikatakan mirip bubur ini nantinya akan dicampur dengan kuah gula merah yang ditambahkan jahe.

Rasa hangat akan begitu kental saat menyantap sajian ini. Uniknya, kembang tahu juga bisa disajikan dengan tambahan es. Sangat menarik, bukan?

Nah, beberapa poin di atas adalah makanan khas Pontianak yang tersedia dan bisa menjadi pilihan kuliner istimewa saat Kamu berkunjung ke Pontianak. Tentu, menyantap sajian khas akan membuat Kamu lebih kenal dengan ibukota Kalimantan Barat ini.

Ada cukup banyak sajian khas yang memang hanya ada di kota ini sehingga kamu harus mencobanya. Tidak hanya itu, penggunaan bumbu khas Pontianak untuk aneka sajian kuliner tentu akan menambah kesan liburan yang menyenangkan.

Jadi, mana menu khas yang akan Kamu coba saat berada di Pontianak? Selamat berburu kuliner!

Leave a Reply