Makanan Khas Banjarmasin Mandai

Makanan Khas Banjarmasin

Makanan Khas Banjarmasin – Salah satu kota di Kalimantan yang sangat terkenal sekaligus menjadi Ibukota Kalimantan Selatan ini dikenal sebagai kota seribu sungai karena banyaknya sungai yang ada di sana.

Sungai yang mengalir tersebut menjadi faktor keindahan Banjarmasin yang diakui dunia. Tidak hanya itu, ada pula makanan khas Banjarmasin yang bisa jadi buruan para pecinta kuliner.

Jika Kamu penasaran dengan kuliner nusantara, maka menjajal sajian khas di Banjarmasin adalah salah satu pilihan yang tepat. Ya, ada aneka makanan yang tersaji untuk disantap dengan lahap. Tidak hanya itu, ada pula oleh-oleh khas yang tersedia yang bisa dibawa pulang ke rumah.

Apa saja ragam panganan khas Banjarmasin yang menarik ini?

Beragam Makanan Khas Banjarmasin yang Menarik Untuk Dicoba

Banjarmasin adalah kota yang mengubah pepatah cinta berasal dari mata turun ke hati menjadi dari rasa turun ke hati karena aneka kuliner yang dimilikinya.

Berbincang tentang ragam makanan khas Kalimantan, terutama di kawasan Banjarmasin, teman-teman akan menemukan banyak sekali sajian unik yang sepertinya cenderung susah untuk ditemukan di tempat lainnya.

Dengan demikian, tidak dimungkiri bahwa akan ada pengalaman liburan yang baru ketika berkunjung ke Banjarmasin.

Sebelum membahas tentang makanan khas Banjarmasin secara detail, ada beberapa fakta menarik terkait kuliner yang disediakan. Beberapa fakta tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Makanan khas yang ada di Banjarmasin cenderung dibuat dengan rempah yang kaya sehingga rasa yang diberikan cenderung lebih pekat
  • Kebanyakan makanan khas yang dibuat disajikan dengan kuah yang kental dan menyegarkan
  • Karena banyaknya sungai di Banjarmasin, olahan dengan ikan sungai dan jenis hewan sungai lainnya mendominasi menu yang ada.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa sajian khas Banjarmasin cukup banyak disajikan dengan kuah yang kental dan istimewa.

Oleh karena itu, makanan dengan kuah berikut ini menjadi rekomendasi pilihan Bosmeal.com yang sebaiknya Kamu jajal saat berada di Banjarmasin:

1. Soto Banjar

Makanan Khas Banjarmasin Soto Banjar

Salah satu makanan yang wajib dicoba saat berada di Banjarmasin adalah Soto Banjar. Ini adalah menu khas yang sudah sangat terkenal, bahkan hingga di wilayah Indonesia.

Nah, sebagaimana menu soto lainnya, makanan khas ini dibuat dengan bahan mi, ayam suwir, aneka sayuran dan lainnya.

Namun, apa yang membedakan Soto Banjar dengan soto lainnya adalah adanya tambahan lontong dan telur asin. Tambahan ini selain membuat Soto Banjar terasa begitu nikmat juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih.

2. Cacapan Asam

Makanan Khas Banjarmasin Cacapan Asam

Cacapan Asam termasuk salah satu makanan khas Banjarmasin yang bisa dinikmati di siang hari yang panas. Ya, panganan ini adalah buah-buahan yang disajikan dengan aneka bumbu dan kuah. Rasa asam, pedas dan manis akan terasa di lidah yang membuatnya begitu istimewa.

Panganan khas ini menggunakan aneka bumbu seperti garam, asam Jawa, bawang merah, cabai rawit dan lainnya. Selain dinikmati sebagai alternatif seperti asinan di Jawa, Cacapan Asam juga kerap kali dijadikan pendamping main course dalam menu makanan.

3. Lontong Orani

Makanan Khas Banjarmasin Lontong Orari

Suka sarapan dengan menu lontong? Nah, Banjarmasin memiliki Lontong Orani yang bisa dijadikan menu sarapan yang nikmat.

Salah satu makanan khas Kalimantan Tengah ini, secara umum memang mirip dengan menu lontong sayur yang dijajakan di mana potongan lontong akan ditambahkan kuah yang gurih dan pedas.

Namun, apa yang membuat Lontong Orani khas Banjarmasin ini menarik adalah hidangan pendampingnya yang cukup lengkap.

Ada paduan irisan labu, buncis, ikan gabus dan juga telur yang dimasak dengan bumbu merah. Panganan khas ini cukup mudah ditemukan di beberapa tempat di Banjarmasin.

4. Ketupat Kandangan

Makanan Khas Banjarmasin Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah menu lain yang juga bisa dijadikan pilihan sarapan yang nikmat. Seperti namanya, highlight utama dari menu sarapan ini adalah ketupat yang dipotong dan ditambahkan dengan kuah bersantan.

Mirip dengan menu lontong yang dibahas sebelumnya, Ketupat Kandangan ini juga dipadukan dengan ikan gabus sungai Banjarmasin.

Ada cukup banyak penjual Ketupat Kandangan yang menjajakan dagangannya di pagi hari. Tidak hanya itu, harga menu ini cukup terjangkau dan ramah untuk semua kalangan.

5. Gangan Paliat

Makanan Khas Banjarmasin Gangan Paliat

Gangan Paliat menjadi pilihan makanan khas Banjarmasin lainnya yang cocok untuk dinikmati. Nama makanan khas ini memang unik dan cenderung kurang familiar. Namun, Kamu tidak perlu menanyakan rasanya karena olahan daging ikan ini sudah pasti lezat dan nikmat.

Menu Gangan Paliat dibuat dengan bahan dasar ikan baung, salah satu jenis spesies ikan yang sangat banyak di sungai Banjarmasin.

Ikan tersebut diolah dengan aneka bumbu dan disajikan dengan kuah santan kental. Secara umum, menu ini tampak seperti opor yang cocok untuk sarapan.

6. Nasi Itik Gambut

Makanan Khas Banjarmasin Nasi Itik Gambut

Salah satu kuliner khas Banjarmasin yang wajib dicoba adalah Nasi Itik Gambut. Ini adalah olahan nasi yang dipadukan dengan daging itik.

Tidak hanya itu, ada aneka bumbu khas yang digunakan untuk membentuk cita rasa yang cenderung pedas dan manis hingga meresap ke dalam daging itik. Tidak hanya itu, makanan khas ini disajikan dengan bungkus daun pisang yang selain khas juga higienis.

Meskipun, seringkali orang-orang menganggap cara bungkus ini kurang modern dan lebih ribet. Nasi Itik Gambut sering menjadi pilihan makanan siang atau malam yang sangat lezat.

7. Patin Baubar

Makanan Khas Banjarmasinn Patin Baubar

Ikan patin memang menjadi salah satu jenis ikan yang sering diolah dan disajikan menjadi beragam jenis menu makanan. Nah, salah satu makanan khas Banjarmasin yang dibuat dari bahan dasar ikan ini adalah Patin Baubar.

Bisa dikatakan jika Patin Baubar adalah salah satu kuliner yang paling diburu di kota seribu sungai ini.

Apa yang menarik dari Patin Baubar adalah cara masak yang cukup rumit. Ada beragam rempah yang dijadikan bumbu dan kemudian ditambahkan hingga menutupi daging ikan.

Selanjutnya, ikan di pepes hingga matang dan akan dibakar setelahnya. Proses yang cukup lama ini menghadirkan rasa ikan yang lembut dan lezat

8. Mandai

Makanan Khas Banjarmasin Mandai

 

Mandai adalah kuliner unik yang ditemukan di Banjarmasin. Sekilas, panganan ini seolah dibuat seperti dengan bahan dasar mi. Padahal, sebenarnya, Mandai adalah menu khas yang dibuat dari bahan dasar kulit cempedak yang diawetkan.

Rasa gurih dan asam menjadi paduan khas yang membuatnya digemari banyak wisatawan.

Rasa gurih tersebut berasal dari bumbu dan kaldu yang digunakan. Jika Kamu suka dengan makanan khas yang terkenal karena kaldu-nya, maka coba makanan yang satu ini!

9. Sate Tulang

Makanan Khas Banjarmasin Sate Tulang

Sate umumnya dibuat dengan bahan dasar daging, baik dari daging ayam, kambing, sapi atau lainnya. Namun, di Banjarmasin, Kamu akan menemukan menu yang unik yaitu sate tulang. Kuliner ini menjadi pilihan khas yang biasanya banyak ditemukan di sore atau malam hari.

Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya, sate tulang tidak benar-benar dibuat dengan bahan dasar tulang. Menu sate ini dibuat dengan bahan dasar leher ayam, kulit dan lemak.

Seolah, sate ini dibuat dengan bagian yang jarang terpakai dari ayam. Meskipun demikian, bumbu kacang yang kental dan manis menghadirkan olahan sate yang begitu nikmat.

10. Sayur Kemang Tigarun

Makanan Khas Banjarmasin Sayur Kemang Tigarun

Bisa dikatakan jika Sayur Kemang Tigarun adalah makanan khas Banjarmasin yang sangat sederhana. Tumis ini memang tampak seperti tumis kangkung biasa. Namun, perlu Kamu ketahui bahwa Sayur Kemang Tigarun dibuat dengan bahan yang bisa dikatakan cukup langka.

Ya, Kemang Tigarun adalah salah satu jenis tanaman yang cukup langka di Banjarmasin. Sayuran ini memiliki rasa yang cenderung pahit namun juga gurih. Sayur yang satu ini cocok untuk pelengkap makan, terutama untuk menu ikan goreng dan sambal.

11. Rabuk Ikan Haluan

Makanan Khas Banjarmasin Rabuk Ikan Haruan

Salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang sangat terkenal adalah rabuk ikan haluan. Ini adalah oleh-oleh yang mirip dengan abon namun dibuat dengan bahan dasar ikan haluan yang banyak ditemukan di perairan sungai Banjarmasin. Rasa abon ikan haluan ini begitu gurih dan cocok untuk alternative lauk.

Ada beberapa variasi rasa yang kini muncul dari produk ini. Kamu tidak hanya akan menemukan abon ikan haluan dengan rasa original, namun juga ada yang ditambahkan dengan rasa pedas yang unik. Selain itu, harga rabuk ikan haluan juga cenderung terjangkau.

12. Amplang Ikan Pipih

Makanan Khas Banjarmasin Amplang Ikan Pipih

Oleh-oleh khas lain dari Banjarmasin yang sangat menarik adalah Amplang Ikan Pipih. Oleh-oleh ini adalah kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar ikan pipih. Rasa kerupuk ini cukup lezat dan gurih.

Penggunaan ikan pipih ini juga sangat menarik karena ikan ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan camilan bergizi di rumah.

Selain itu, ikan pipih adalah salah satu jenis ikan yang melimpah di Banjarmasin sehingga panganan ini selain mudah ditemukan juga cukup terjangkau secara harga.

13. Wadai Rangai

Makanan Khas Banjarmasin Wadai Rangai

Wadai Rangai adalah semacam kue kering khas Banjarmasin yang sangat menarik. Kue ini dibuat dengan bahan dasar sagu dan juga kelapa.

Jika dilihat sekilas, maka kue ini memang terlihat biasa saja dan cenderung tidak menarik. Namun, ketika dicicipi, Kamu akan merasakan rasa kue yang begitu lezat dan gurih.

Panganan khas ini sangat cocok untuk dijadikan camilan ketika menikmati segelas kopi atau teh hangat. Tidak hanya itu, harga oleh-oleh ini cukup terjangkau untuk dibawa pulang. Kamu bisa membeli Wadai Rangai sekaligus banyak untuk dibagi-bagikan di rumah.

14. Ikan Saluang

Makanan Khas Banjarmasin Ikan Saluang

Pernah mendengar nama ikan yang satu ini? Ikan Saluang adalah jenis ikan yang cukup banyak ditemukan di Kalimantan.

Oleh karena itu, selain menjadi makanan khas Banjarmasin, ikan ini juga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang cukup terkenal.

Nama Ikan Saluang memang cukup asing. Namun, di Jawa, masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama ikan wader.

Nah, kuliner ini sangat nikmat karena Ikan Saluang yang digoreng hingga kering menghasilkan rasa ikan yang sangat gurih. Oleh-oleh ini selain bisa dijadikan camilan juga bisa menjadi alternative lauk makan yang nikmat dengan campuran sambal.

Bisa disimpulkan bahwa Banjarmasin adalah kota yang sangat kaya akan pilihan kuliner. Beragam kuliner dengan bahan yang berbeda-beda dan rasa yang begitu menggoda tersaji untuk disantap.

Selain menyantap sajian yang ada di Banjarmasin, jangan lupa membeli oleh-oleh panganan unik untuk keluarga di rumah. Selamat berlibur!

Leave a Reply